Manfaat Pepaya untuk Hewan Peliharaan | Drh. Fira Sovica

Buah pepaya sangat bermanfaat bagi hewan peliharaan. Pada musang, pepaya mampu mengobati wasir dan susah buang air besar pada musang. Artikel cara mengobati wasir atau ambeien pada musang bisa anda baca di artikel cara mengobati musang ambeien dengan cara alami.
Manfaat Pepaya untuk Hewan Peliharaan
Image taken from critterlove.com


  • Manfaat buah pepaya bagi hewan peliharaan adalah untuk memperbaiki sistem pencernaan hewan peliharaan. Manfaat pepaya ini terutama sering digunakan untuk memperbaiki saluran cerna pada sugar glider serta memperbaiki sistem pencernaan musang.
  • Manfaat lain dari buah pepaya adalah meminimalisir bakteri dalam saluran cerna. Hal ini membuat buah pepaya efektif mengobati mencret dan diare pada musang dan sugar glider.
  • Manfaat buah pepaya lainnya adalah memperlancar kerja saluran dan sistem pencernaan hewan pencernaan. Hal ini dibutuhkan terutama untuk hewan yang mengalami susah BAB. 

Demikian adalah beberapa

manfaat buah pepaya

untuk hewan peliharaan anda. Semoga artikel singkat ini bisa berguna bagi pembaca sekalian. Saran dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. (FS)

30 Responses to "Manfaat Pepaya untuk Hewan Peliharaan"

  1. Dok sy mau tanya,
    1.kucing sy kok akhir2 ini sering kayak mau muntah tapi nggak jadi muntah (ditelen lg) suaranya *groook *grook gitu, kenapa ya dok?
    2. Sy kasih minum air kelapa bagus ndak? Soalnya td setelah minum beberapa jam stelahnya pupnya mencret.
    3. Air kelapa itu kalo nggak di kulkas tahan berapa lama dok?
    Terima kasih dok....semoga dokter mau mnjawabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas. saya akan coba jawab.
      1. kesulitan bernafas gak? kalau iya, ada kemungkinan infeksi pada saluran pernafasannya. kalau pernafasannya baik2 saja, kemungkinan lain ada gangguan di saluran cernanya
      2 & 3: dikasih minum airr kelapa boleh dicoba. sebaiknya air kelapa segar, tidak hasil didinginkan. kalau toh didinginkan, lebih baik dibiarkan dulu di ruangan terbuka hingga air kelapanya tidak dingin lagi.

      saran saya sih mending bawa ke dokter agar lebih jelas dan tepat penanganannya.. :)

      Delete
  2. Makasih dok udah dijawab
    Tanda2nya sulit bernafas gimana dok? Sepertinya nafasnya seperti biasa,
    Ini td bangun tidur seperti mau muntah lg tp gak jd, terus perutnya bunyi2 kayak orang lg kembung perutnya, mau dbwa k drh dananya nggak ada dok maaf...
    Sy harus gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, coba mas kasih jus pepaya tanpa gula aja ke dia... jangan dikasih makanan lain selain jus pepaya. kalau boleh saya tanya, sebelumnya dikasih makan apa ya mas??
      kasih makan jus pepaya dan kasih minum air kelapa aja. itu treatment dari saya. lakukan selama 4 hari. setelah itu laporkan ke saya ya mas... :D

      sehat terus... :)

      Delete
  3. Maaf dok baru baca, dikasih air kelapa kmren langsung jd mencret dok, makannya slama ini catfood kering sama bubur bayi, soalnya dia doyan banget...oke besok dikasih jus pepaya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh soal jus pepaya tadi rupanya saya salah. sorry, soalnya ada 2 org yang namanya Ryan yang konsul. mas nanya soal kucing, nah ryan yang satu lagi nanya soal musang. sorry, sorry bgt... :D

      Delete
    2. untuk penanganan langsung sebenernya saya menyarankan cek up aja ke klinik hewan terdekat, mas. cek up aja gak mahal biasanya. soalnya takut ada infeksi di saluran pernafasannya....

      Delete
  4. DOK kalo celepuk boleh gak :D biar sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menunggu Balasan Bu Dokterr :D

      Delete
    2. saya kurang ngerti sebenernya dengan pertanyaannya. kalau celepuk boleh gak? boleh nggak apa nih? dikasih pepaya? :D

      Delete
  5. Dok. Musang saya udah 4 hari ini susah BAB. Makan & minum aja susah. Perutnya jadi buncit. Kalo kata dokternya dia bukan kena ambeien. Kamarin sudah ke dokter dan di beri obat pencahar dan suntik vitamin. Tapi sampai sekarang musangnya belum bisa pup. Dok, saya mau minta saranya dan apa yang harus saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba kasih pepaya? kalau belum, coba kasih.
      obat pencahar dari dokter berbentuk apa? apa disuntikkan?

      kasih saya kabar ya mas. :)

      Delete
  6. dokter ini baby musang bulan usia 2blan gk bisa bab dok. perut membesar. sebelumnya saya kasih makan pisang sama nasi blend. apa trlalu kental ya dok. skrag musang saya lemas. gmana penanganannya dok. mohon infonya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang suruh siapa musang umur 2 bulan dikasih nasi? kayaknya sih karena nasi, mas. terlalu berat buat sistem cernanya. \coba kasih jus buah pepaya campur sari kurma sebagai langkah pengobatan dan makanan sehari2nya.

      sekarang gimana keadaannya? saya tunggu ya...

      Delete
  7. dokter ini baby musang bulan usia 2blan gk bisa bab dok. perut membesar. sebelumnya saya kasih makan pisang sama nasi blend. apa trlalu kental ya dok. skrag musang saya lemas. gmana penanganannya dok. mohon infonya. terimakasih

    ReplyDelete
  8. dok mau nanya musang saya umur2 bulanan, susah bab. sudah dikasih pepaya tapi tetep susah. mohon pemcerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...

      sekarang gimana keadaan musangnya?
      setelah dikasih pepaya, sebenernya tinggal tunggu aja beberapa jam.... kalau 3 hari setelah dikasih pepaya dia tetep susah bab, mending bawa aja ke dokter hewan terdekat biar dikasih obat pencahar... :)

      Delete
  9. Dok mau tanya apakah kucing 5bln boleh diberi makan pepaya? Kar kucing saya doyan pepaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. masih bisa dikatakan wajar kok.
      kucing saya, si Anjing, juga kadang makan melon sama semangka...

      Delete
  10. Dok musang saya umur 3 bulanan...
    Mo nanya, awalnya tuh musang saya susah pup, tpi skrng mah udah bisa karena kayanya dipaksain
    Tapi skrng tu setiap dia pup suka ada yang keluar daging gitu... Jadi ada daging gitu dipinggir2 anusnya itu. Dagingnya warna merah gitu.lama2 ilang masuk ke dlm lg, kalo pup lagu ada lagi.. Kira2 knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ambeien mbak.
      silakan baca artikelnya, CARA MENGOBATI AMBEIEN PADA MUSANG.

      treatment dari saya, bisa kasih makan pepaya jus. jus pepaya campur sari kurma. jangan dikasih makanan lain selain jus pepaya itu...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Dok kalo misalkan pepaya+madu atau pepaya+susu gimana?

      Delete
    4. 22nya boleh. tapi saya rekomendasikan, pepaya + madu. pepaya susu sebaiknya jangan. susu (apalagi susu kental manis) kadang bikin sistem pencernaan musang terganggu...

      Delete
  11. Halo dok.. Anak anjing saya suka sekali pepaya dan sayur bayam. Kira2 itu baik untuk anak anjing saya atau tidak ya dok ? Di tunggu balasan nya ya dok. Terima kasih 😊

    ReplyDelete
  12. Dok mau bertanya, musang saya udah dari kemarin ga bisa buang air besar, udah saya kasih pepaya sama pisang tapi tetep gabisa buang air besar, ada saran obat pencahar yang bisa diberikan gak dok? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa hari? kalau belum 3 hari, jangan dikasih obat pencahar. untuk pemberian obat pencahar, mending konsul dulu sama dokter hewan

      Delete
  13. Dok anak kucing saya belum pup selama 4hari.tapi hari ini kucing saya sudah pup dan kotorannya warna hitam (gelap) dan gusinya pucat,perutnya bentuknya bulat dan membesar.itu kira kira kucing saya kenapa ya dok? Apakah cacingan atau sembelit dokcl atau yg lain?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.