Cara Mengobati Musang Pilek | Drh. Fira Sovica

Mengobati musang pilek

patut diketahui oleh sesiapa saja yang memiliki musang sebagai hewan peliharaan. Cara alami mengobati musang yang kena pilek berikut adalah cara mengatasi musang yang kena pilek yang sudah saya praktekkan sendiri kepada musang saya. Oh ya, bagi anda yang ingin tahu cara memelihara musang akar, anda bisa membaca artikel cara memelihara musang akar.
Cara Mengobati Musang Pilek
Image taken from kopilux.de

Penyebab pilek pada musang.
Musang yang pilek biasanya terjadi karena beberapa sebab tertentu antara lain:


  1. Penurunan daya tahan tubuh musang.
  2. Cuaca yang dingin (musim hujan).
  3. Perubahan suhu.
  4. Kondisi kandang yang kurang terjaga kebersihannya.
  5. Makanan yang kurang bergizi.
Penyebab utama pilek pada musang adalah penurunan daya tahan tubuh musang. Hal ini biasanya terjadi karena perubahan suhu yang drastis, kondisi kandang yang kurang terjaga, dan makanan yang kurang bergizi. Bila kemudian terjadi perubahan cuaca atau suhu menjadi dingin, maka besar kemungkinan musang akan menderita pilek. Patut saya tekankan bahwa daya tahan tubuh musang biasanya berbeda satu sama lain. Ada beberapa musang yang memang memiliki daya tahan tubuh kuat, ada pula yang tidak.

Ciri musang yang terkena pilek.
Musang yang menderita pilek biasanya disertai dengan gejala musang kena pilek berikut:
  • Nafsu makan menurun drastis.
  • Musang bersin-bersin.
  • Hidung terlihat basah.
  • Kadang ada liur yang keluar dari mulut musang.
Pengobatan musang yang kena pilek
Musang yang menderita pilek bisa diobati dengan cara alami berikut:
  1. Mandikan musang dengan air hangat. Air mandi yang digunakan sebaiknya hanya hangat-hangat kuku saja, dan jangan terlalu panas. Cara memandikan musang pernah saya bahas di artikel cara memandikan musang.
  2. Setelah dimandikan, musang harus dijemur selama beberapa menit. Hindari sinar matahari langsung kepada mata musang saat menjemur. Musang yang sedang pilek sebaiknya dimandikan sebanyak 2 kali seminggu dan dijemur 3 kali seminggu.
  3. Bersihkan kandang musang secara menyeluruh. Lalu jemur kandang musang selama 10 hingga 15 menit, dan taruh kandang di tempat yang baru (di ruangan lain). Jaga kebersihan kandang, jangan sampai ada kotoran menumpuk di bawah kandang musang.
  4. Taruh kembali musang di kandangnya. Dan berikan air madu sebagai air minumnya.
  5. Berikan buah-buahan sebagai makanan musang yang sedang menderita pilek. Pepaya dan pisang adalah jenis buah-buahan terbaik untuk musang.
Lakukan langkah-langkah pengobatan pilek pada musang di atas selama 1 hingga 2 minggu. Jika dalam 2 minggu tidak ada perubahan, saya sarankan agar musang segera dibawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian adalah

cara mengobati musang pilek

yang penulis tulis berdasarkan pengalaman memelihara musang dan sebagai dokter hewan. Semoga artikel tersebut bisa menjadi penambah wawasan bagi anda. Terima kasih. (FS)

140 Responses to "Cara Mengobati Musang Pilek"

  1. Selamat pagi siang malam dok hehehe
    Saya mau tanya dok
    Udah seminggu ini aku adop muspan yang umurnya 15bulan dok
    Pertama di rumah itu makannya lahap dok sehari 5pisang+nasi mix tongkol minuman bubur sun selalu habis dok
    Tapi semenjak bubur sun aku kasih 1 sendok susu kental manis langsung mencret dok ... Tapi mencretnya udah sembuh dok ... Tapi gak mau makan masihan dok ? Solusinya dok ? Minyak ikan juga gak mau dianya ?
    Mohon bantuannya dokkkk

    ReplyDelete
  2. Selamat pagi siang malam dok hehehe
    Saya mau tanya dok
    Udah seminggu ini aku adop muspan yang umurnya 15bulan dok
    Pertama di rumah itu makannya lahap dok sehari 5pisang+nasi mix tongkol minuman bubur sun selalu habis dok
    Tapi semenjak bubur sun aku kasih 1 sendok susu kental manis langsung mencret dok ... Tapi mencretnya udah sembuh dok ... Tapi gak mau makan masihan dok ? Solusinya dok ? Minyak ikan juga gak mau dianya ?
    Mohon bantuannya dokkkk

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi siang malam dok hehehe
    Saya mau tanya dok
    Udah seminggu ini aku adop muspan yang umurnya 15bulan dok
    Pertama di rumah itu makannya lahap dok sehari 5pisang+nasi mix tongkol minuman bubur sun selalu habis dok
    Tapi semenjak bubur sun aku kasih 1 sendok susu kental manis langsung mencret dok ... Tapi mencretnya udah sembuh dok ... Tapi gak mau makan masihan dok ? Solusinya dok ? Minyak ikan juga gak mau dianya ?
    Mohon bantuannya dokkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tahu bahwa susu kental manis bikin mencret? sebaiknya memang jangan dikasih susu kental manis mas.... cara mengobati musang mncret bisa mas search di bagian cari artikel...
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
  4. Dok saya baru beli musang 5 hari yang lalu umurnya 1,5blnan .. nah sekarang dia sakit.
    Idungnya basah..air liurnya kadang keluar. napsu makan kurang. Sekali pun saya paksa dia muntah.. klo pupnya encer berlendir dok...
    Padahal kemaren mah sehat sempet mau makan sendriri terus gigit becanda. Itu kenapa ya dok... saya kasian ngeliat dia susah makan tidur mulu.. lemes.. saya takut tar tidur selamanya dok.. maaf dok saya masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia tidurnya suka gak tenang saya perhatiin 1 menit pindah kesono... tar 1 menit kemudian pindah ke sini.. saya berfikir mungkin dia sedang menaha rasa sakit... sama halnya dgn manusia.. trus saya sering lihat bagian anusnya serih basah kental tapi bening dan tidak ber bau menyengat...
      Oia boleh gak dok saya ngasih minumnya sejenis air kangen water atau air HDO yg mengandung O2..

      Maaf dok banyak nanya :')
      Udah kasian ngeliat si bhogel mohon pencerahanya dok..

      Delete
    2. lebih baik jangan dikasih air mengandung oksigen dulu. kasih air kelapa aja, dan makanannya kasih pepaya dijus... (jangan dikasih gula)

      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
    3. Udah mendingan dok...
      Tapi sekarang klo makan buah. air minum nya gak di minum. Apa gakpapa dok makan buah tapi dia gak minum?

      Delete
    4. alhamdulillah kalau seperti itu. saya ikut senang.
      gak apa2. buah juga kan mengandung air. kalau mau, air minumnya kasih gula atau madu agar dia mau minum,... :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Dok musang saya abis saya mandiin kemarin ko langsung turun nafsu makan nya ? Sma Lemes bgd ? Bagaimna cara menanganinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis dimandikan mas jemur sebentar gak? sebaiknya dijemur selama 20 menit dibawah sinar matahari mas, sebelum jam 10 pagi. jadi sebaiknya dimandikan pagi aja, biar bisa langsung dijemur....

      air minumnya kasih madu agar daya tahan tubuhnya baik... :)

      Delete
    2. Saya jemur 30 menit dok ?
      Sudah saya kasih madu . Soal nya baru kemarin sabtu saya adop musang ? Apakah setres dok ?

      Delete
    3. kalo 30 menit terlalu lama mas. kalau masih pagi sih gak apa2 30 menit juga, tapi kalau udah siang mungkin dehidrasi....

      warna dan bentuk fesesnya gimana? saya sih yakin masih sehat... :)

      Delete
    4. oh ya. umur musangnya berapa mas?

      Delete
  7. Dok musangku pilek gimana caranya nyembuhinnya usia +-3 bulan

    ReplyDelete
  8. Punya saya 2,5 bulan dok.Apa dimandikan dengan air langsung tanpa dengan semprotan boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gak masalah, dengan syarat:
      1. mandikan saat cuaca cerah (tidak sedang hujan atau saat udara sedang dingin)
      2. pastikan musangnya sedang sehat (fit).
      3. keringkan sesegera mungkin setelah dimandikan dengan mengelapnya dengan handuk kering lalu diangin2kan di dalam ruangan hingga benar2 kering....
      semoga membantu...

      Delete
  9. Muspan saya kenapa bersin" melulu yah, padahal kandang sama makanan nya bersih dan sehat, apa ada obat nya dok ? Mohon penjelasan detailnya , kasian liat nya gak tega nafsu makan menurun

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah sekitar kandangnya bersih?
      coba sering2 dibersihkan kandang dan daerah sekitar kandangnya, terutama dari debu. sering2 dijemur juga musangnya. baca artikel saya cara menjemur musang... :)

      Delete
  10. Dok saya mau nanya,musang saya hidung nya basah dan brsin,,musang saya tdr di ruangan yg ber-ac dok,apa krn itu dy flu,soal nya kl tmpt tdr mya bersih slalu dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sepertinya, mas.
      coba sering2 dijemur dan kalau bisa pindahkan, jangan di ruangan ac... :)

      Delete
  11. Dok musang saya umur 4 bulan, makan'a nafsu banget minum juga, kandang bersih dok tapi dia sering mungkek kaya mau muntah gitu dok itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? tahinya...
      coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      Delete
  12. Tai'a mah coklat kehitaman keras dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa?
      coba kasih makan pepaya atau pisang matang... :)

      Delete
  13. Maaf dok out of topic
    Saya mau konsult . Dugaan burhan saya terkena pilek dok . Karena tiap bernafas dia mangapmangap / ambil nafas lewat mulutnya . Dan sesekali dia bersin dok
    Tu cara mengatasinya gimana ya ?
    Kondisi feses sama nafsu makan normal dok . Aktifitas juga seperti biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau jenis burung hantunya apa. saya tunggu info selanjutnya. sementara ini coba mas sering2 jemur dan makanan pilih yang pakan hidup (seperti bayi tikus dan semacamnya).... usahakan makannya teratur, jangan sampai telat makan. dan jemur minimal 2 hari sekali dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi selama 5 hingga 10 menit.

      saya tunggu kabar selanjutnya.. :)

      Delete
  14. Malam dok, saya baru adopt muspan umur hampir 2 bulanan, Kondisi fesesnya bagus gak mencret, tapi sering bersin dan kadang bersinnya kaya orang yg hidung yg kemasukin air gitu. Nafsu makannya berkurang. Itu kena flu atau ada masalah dengan paru-parunya y dok? terus cara mengatasinya gimana y dok? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sering2 dijemur, minimal seminggu 2x. cara menjemur musang silakan baca di artikel cara menjemur musang... :)

      Delete
  15. Selamat pagi, siang, sore, malam, Dok.
    Saya punya musang pandan umur 6 bulan..
    Dari hidungnya seperti menetes air gitu apa itu pilek? dan kalau di perhatikan seperti terengah engah? nafsu makan normal, pup juga normal dok..
    Bagaimana ya?
    Terus juga di artikel ini tertera musang dimandikan dengan air hangat kuku, maksudnya cuma sekedar air saja atau dimandikan dengan sabun/shampoo baby ya? Terimakasih sebelumnya dok.. maaf kalau terlalu bertele-tele

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk memandikan musang dengan air hangat, itu untuk bayi musang aja. untuk musang dewasa juga gak apa2 pakai air hangat, tapi gak wajib. yang wajib khusus baby musang aja.. cara memandikan bayi musang udah saya tulis kok artikelnya... .

      coba mas sering jemur musangnya. minimal seminggu 2x mas jemur dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 9, selama 15 sampai 25 menit. bagian atas kandangnya mas kasih kain biar sinar matahari gak langsung kena mata....

      lalu makannya. coba perbaiki daya tahan tubuh musangnya. kasih sari kurma campur ke air minumnya... :)

      itu aja dulu. :)

      Delete
  16. Dok saya punya muspan kira" umurnya 2 bulan aja . Dia pilek dok pahal kandamgnya selalu saya bersihin makannya juga bersih terus udah saya jemur juga sekitaran jam 9 . Udah beberapa hati dari awal saya pelihara minggu lalu sampe skrg pileknya dok . Gimana ya solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep rajin bersihkan kandangnya.
      kasih suplemen berupa sari kurma di makanannya atau di air minumnya biar daya tahannya bagus.

      mbak bisa liat ingusnya? coba kasih tau saya warna ingusnya ya. saya tunggu jawabannya..

      Delete
    2. Warnanya sih bening dok kaya air biasa aja gt

      Delete
    3. maaf baru balas, saya baru pulang dinas ke luar kota.
      kalau hanya kayak air biasa aja, masih sehat. namun sebaiknya diobservasi dulu selama 4 hari ke depan. kalau ada perubahan warna ingus, kasih kabar ke saya....

      coba sering jemur... jangan lama2, cukup 5 hingga 10 menit aja dibawah sinar matahari pagi sebelum jam 9...

      Delete
    4. Oh jd kalo bersin mulu terus ingusnya kaya air biasa aja sehat ya dok abisnya sy kira kalo gt sakit dok. Selain sari kurma ada referensi lainnga dok buat vitaminnya? Makasih yah dok membantu

      Delete
    5. itu hanya tebakan saya saja, mas. hehehe. saya liatnya dari warna ingusnya. yah, biar lebih pasti sih sebenernya bawa ke dokter hewan.

      atau kasih sari kurma aja biar daya tahan tubuhnya bisa ngebantu kesehatan dia...

      Delete
  17. Dok musang saya gk terlalu suka makan buah,klo saya kasih pisang jarang dimakan,kesukaanya makan pentol+telur puyuh tpi bubur sun juga mau,gimana dok klo seperti itu?Apakah baik buat musang saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya monofeed dan polifeed pada musang. setelah itu, baca referensi artikel lain: cara agar musang mau makan apa saja.... :)

      jangan dikasih pentol, mas. :D
      ntar dia bisa misuh... :D

      anak surabaya ya mas?

      Delete
  18. Replies
    1. di tuban ada kok komunitas pecinta musang.
      mas bisa cari di facebook. gabung aja. :)

      Delete
  19. permisi doc, tadi kan musangku dikasih minum susu, tapi susunya malah masuk ke idung dia.
    skrg dia jd susah nafas gitu pdhal udah aku keringin idungnya.
    sampe skrg dia masih napas dari mulutnya kasian, harus gmn biar idungnya bener2 bersih? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya?
      harusnya sih gak apa2. coba jemur aja dibawah sinar matahari sebelum jam 10 pagi selama 15 menit... :)

      Delete
    2. udah dijemur dok, skr dia malah ga mau makan pisang sm skali. diberi susu lagi pelan2 tapi masih tetep lemes gitu dok :(
      bole dikasih sedikit panadol gak ya?
      trims..

      Delete
  20. oh ia lupa bilang dia musang rase umur 1 bulan lebih doc

    ReplyDelete
    Replies
    1. bsk coba jemur lagi.
      jangan dikasih panadol... suruh siapa itu musang dikasih panadol?

      Delete
    2. nggak doc cmn nanya..trs makannya dikasih susu aja sampe dia makan sndiri lg? perlu dikasih makanan trtentu gak doc biar cpt smbuh..thanks

      Delete
    3. selain susu, dikasih makan apa biasanya?
      kasih aja makanan lain yang biasa dikasih ke dia... :)

      sekarang gimana keadaannya? :)

      Delete
  21. biasa dikasih pisang tapi 2 hari udah gak mau makan doc..
    maaf tp dia tadi siang meninggal :( sedih bgt aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. :((
      buat pelajaran aja mas kalo kapan2 mas mau pelihara lagi... :(

      Delete
  22. dok musang pandan saya usia kira kira 4 bulanan , saya sering mandiin 3 hari sekali , kandang ,tempat makan sama semua perlengkapan nya sering saya bersihin dan ganti setiap pagi , untuk makanan nya saya biasa kasih daging ayam rebus , telor ,bubur sun rasa pisang minum nya susu campur madu , tadi pagi setelah beres dimandiin musang saya muntah sama pup nya mencret , oh iya setiap mandiin nya saya pake air hangat detol cair pelus sampho manusia apa karena keracunan dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih susu dah berapa lama? baru ya? kalau boleh tau, jenis susunya apa. merknya.
      silakan baca artikel saya cara mengobati musang mencret.

      lalu jenis samponya apa, mas? shampoo bayi yang tidak pedih dimata?

      kayaknya kecil kemungkinan karena keracunan. saya sarankan mas baca artikel yang saya sarankan... :)

      Delete
  23. Selamat malam dok..
    Saya baru pelihara musang sekitar 4 hari lalu..musang umur 2 bln..pas awal saya belu mmusang nya masih galak dan aktif..
    Nah hari ke 2 saya pelihara musang saya jemur di luar...saya tinggal ke warung pas pulang musang nya udah ga ada ilang...terus saya cari2 ternyata ada yg nangkep..mau di sembelih katanya..
    Nah pas saya ambil mudang nya dari yg nangkep ko ga ada perlwanan sama sekali dan lemes banget..berdiri juga lemes..kayaknya kakinya satu ga ada tenaga nya..sempai sekarang musang nya diem aja dan ga mau makan...skrng makannya pake spet dan sudah saya kasih air madu..
    Gmna cara nya biar musang nya sehta lagi ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas. saya sedang di perjalanan pulang kampung, mas. :) kalau kakinya dipegang, dia keliatan kesakitan gak? coba mas pegang dan sentuh. kalau kesakitan, mungkin waktu nangkepnya kasar hingga ada tulang yang patah atau retak. kemungkinan lain, dia sedang stress berat. emang, sementara ini dispet aja dlu. obat yang bisa mas berikan adalah sari kurma. campur air, lalu minumkan agar daya tahan tubuhnya balik lagi. kalau dalam 2 minggu belum baikan juga, mending bawa ke klinik hewan terdekat, mas.... :) saya tunggu kabarnya...

      Delete
  24. Selamat malam dok..
    Saya baru pelihara musang sekitar 4 hari lalu..musang umur 2 bln..pas awal saya belu mmusang nya masih galak dan aktif..
    Nah hari ke 2 saya pelihara musang saya jemur di luar...saya tinggal ke warung pas pulang musang nya udah ga ada ilang...terus saya cari2 ternyata ada yg nangkep..mau di sembelih katanya..
    Nah pas saya ambil mudang nya dari yg nangkep ko ga ada perlwanan sama sekali dan lemes banget..berdiri juga lemes..kayaknya kakinya satu ga ada tenaga nya..sempai sekarang musang nya diem aja dan ga mau makan...skrng makannya pake spet dan sudah saya kasih air madu..
    Gmna cara nya biar musang nya sehta lagi ya dok..

    ReplyDelete
  25. Dok musang umur 1,5 bulan boleh di mandikan aa belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. cukup lap aja pakai handuk dibasahi air hangat... :)

      Delete
  26. Permisi dok saya mau tanya dok . Tadi pagi saya ngecek musang saya terus dia kayak gak semangat gitu dok . Lemas gitu . Terus di kasih makan gak mau lagi dok . Terus tahiknya juga berlendir dok . Itu kenapa ya dok ? Kasian dok :( apa yg harus saya lakukan dok ? Tolong bantuannya dok . Terimakasih dok .

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini kasih makan apa?
      coba kasih air campur sari kurma, mas. untuk makanannya, silakan kasih buah aja. pepaya bagusnya...

      kasih kabar lagi ya mas...

      Delete
  27. Biasanya saya kasih cerelac rasa pisang dok . Terus saya selang selangi dengan buah pisang dan pepaya . Sampai sekarang masih susah makannya . Selain sari kurma apa dok ? Soalnya biasanya malam aktif dok sekarang kurang :(
    Makasi dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup sari kurma aja, mas.
      kalau nafsu makannya berkurang, cek fesesnya mas. cek juga hidungnya. jaga kebersihan kandang dan jaga agar musangnya gak kedinginan.... :)

      Delete
  28. Terimakasih dok . Musang saya sudah kembali normal :) tapi sekarang agak takutan gitu dok hehe .

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas pendekatan lagi sama dia. sering2 ajak main. :)
      kasih saya kabar lagi kalau ada apa2.. :)

      Delete
  29. dok saya mau konsul... saya punya musang tapi masih bayi.. sekitar -+ 2bulan usianya.. makan nya sementara bubur yang masih di pakein dot.. kemarin musang saya terkena air panas yang barusan saya rebus airnya untuk dotnya... sekarang alat vital nya musang saya mulai luka gitu.. kulit telapak kaki dan tangan nya terkelupas... sepertinya air panas nya terkena mata bagian kanan nya juga dok... tapi saya sudah kasih dia bioplacenton... mata sebelah kanan nya jadi sipit.. kadang susah dia buka..apakah musang saya terancam buta sebelah dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuh, kenapa sampe kena air panas sih mbak? :)
      mending hentikan pemberian makanan yang mengandung protein, cukup kasih buah aja. pepaya diblender bagus, kasih sari kurma dikit. lakukan selama 3 hinga 4 minggu ke depan. jaga kebersihan kandang juga....

      inget, no protein ya mbak... :)

      Delete
  30. pas mau di kasih makan dia gak sabaran dok 😢 saya juga sih yang salah naruh rendaman dot nya di bawah... akhirnya dia nyemplung disitu pas saya mau kasih makan... pas noleh tiba-tiba dia udah ada direndaman itu... langsung saya cepat-cepat angkat dia...

    kalo kasih makan buah pisang sama madu gapapa kah dok??

    matanya musang saya jadi berubah putih berlendir menonjol gitu dok... saya gak tega liatnya .. setiap kasih makan dia saya nangis terus 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisang sama madu oke, tapi bagusnya pisang sama sari kurma aja mbak. biar lebih bagus lagi. :)

      kayaknya sih infeksi di matanya. makanya saya menyarankan jangan kasih asupan protein dlu.

      dia suka garuk2 matanya?

      untuk obatnwa alaikum salam. halo tyson.
      owner sebelumnya gak bilang apa2 mengenai kebiasaan si tyson itu mas? saya sih ada tebakan, tapi kayaknya susah kalau gak liat si tyson langsung. cuma tebakan saya loh ya, kayaknya ada masalah di paru2nya. mungkin aja pneumonia, atau pilek juga bisa. hidungnya si tyson gimana? keliatan basah? suka ngiler juga gak si tyson?

      mending sg umur segitu emang lagi "rame-ramenya" kalau dipegang, mas. kemungkinan sih karena dia belum mengenal mas sebagai ownernya. coba baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider. ikuti langkah2 di artikel tersebut ya mas...

      biasanya dikasih makan apa?
      saran saya coba sehari2 kasih bubur bayi promina campur sari kurma, seminggu sekali kasih buah kayak jus pepaya campur sari kurma biar sistem pencernaannya lancar. :)

      dia pipis ya kalau mas pegang? bener? itu wajar kok. sama aja kayak kucing, sg menandai daerah kekuasaan pake urine-nya...
      nafsu makan si tyson gimana? masih rakus?

      gini aja. mending mas kasih sari kurma sebagai suplemen penambah daya tahan tubuh. juga, sering2 jemur kalau pagi ada matahari. cara menjemur musang yang benar ada artikelnya, jangan sembarangan menjemur ya mas. lakukan selama 2 minggu ke depan. kalau belum ada perbaikan, mending bawa ke klinik hewan terdekat....

      masnya domisili dimana?

      saya tunggu kabar si tyson...

      atau gini aja. mbak ke apotik, beli amoxicillin 500mg. 1 tablet mbak potong jadi 6 bagian sama besar, lalu tumbuk sampe benar2 halus. kasih 3 sendok air, dan berikan ke musangnya tiap pagi dan sore.

      pantangannya masih sama, jangan dikasih protein.... oke? :)

      saya tunggu ya mbak kabarnya. maaf baru balas... :(

      Delete
    2. masa dok cuman iritasi? saya liatin matanya keluar kelenjar gitu dok 😢😢😞

      iya dok.. saya baru mau kasih makan pisang campur madu...
      tapi kemarin saya kasih pisang dia jadi susah eeknya dok.. sampe jadi nungging gitu dok... eek nya juga lebih keras ketimbang dia makan bubur pisang sun eeknya enggak keras...

      sekarang musak saya kenapa jadi lemes dok??
      gemeteran gitu dia kayak sakit di perutnya dok

      iya doook gapapa:')

      Delete
    3. dok musang saya si jasper sudah meninggal barusan 😞😞 padahal ini kedua kalinya saya beli musang.. yang pertama si cino alhamdulillah sudah besar

      Delete
  31. Nanya dok.
    Sy punya musbul umuran 4-5 bulan. Akhirakhir ini kok musang sy jdi gk napsu makan ya. Padahal biasanya makannya banyak.
    Sekarang malah sering tidur, sama garukgaruk. Fesesnya jg sekarang lebih sedikit dridpa biasanya dan berwarna terang. Kencingnya berbau menyengat. Sy harus gimana nih dok? Takut klo musang sy kenapakenapa.
    Makasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa?
      coba mas baca artikel saya ramuan kesehatan musang. kasih aja ramuan itu ke musangnya.

      soal pakannya, coba kasih pepaya matang aja. banyakin buah2an. asupan air juga penting.

      kabari saya lagi... :)

      Delete
  32. Biasanya di kasih pisang sama pepaya aja dok. Musang sy jarang minum dok. Klo minum jga paling cuman 3x pipet kecil udah gk mau minum lagi :((
    Trus tdi pagi sy liat hidung nya berair gitu dok. Bersinbersin jga musangnya.
    Oiya. Nama musbul sy oteng dok.
    Sy khawatir dok :""(

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain kasih ramuan kesehatan musang, coba baca artikel di atas juga. praktekkan. :)

      Delete
  33. Kebetulan saya ada musang rase masih 2bulan kena pilek, sarannya gimana yah dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas naro kandangnya di luar rumah ya>? jangan diluar rumah, mas. dalem rumah aja.

      lalu jaga kebersihan kandangnya.

      makannya dijaga, lalu tiap pagi coba jemur dibawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi selama 5 menit.

      makan masih mau? coba kasih info saya mengenai fesesnya... saya tunggu...

      Delete
  34. Dok mau tnya nih aku any punya musang umur 2 bulan ,musang aku pilek gak sembuh sembuh trus kaya nya pileknya mengyumbat hidungnya kaya mampet gtu , pas aku kash antibiotic cefimix dia langsng gemeter padahal sebelum itu aku kasih gak kenapa kenapa , terus langsng aku kasih air gula rada mendingan , gimna caranya dok untuk menghilangkan pilek yg sudah parah berbagai Cara sudah aku coba tapi ngga Ada reaksi , tolong bantuannya dok ,aku sayang musang Ku 😭

    ReplyDelete
  35. Dok mau tnya nih aku any punya musang umur 2 bulan ,musang aku pilek gak sembuh sembuh trus kaya nya pileknya mengyumbat hidungnya kaya mampet gtu , pas aku kash antibiotic cefimix dia langsng gemeter padahal sebelum itu aku kasih gak kenapa kenapa , terus langsng aku kasih air gula rada mendingan , gimna caranya dok untuk menghilangkan pilek yg sudah parah berbagai Cara sudah aku coba tapi ngga Ada reaksi , tolong bantuannya dok ,aku sayang musang Ku 😭

    ReplyDelete
  36. Dok mau tnya nih aku any punya musang umur 2 bulan ,musang aku pilek gak sembuh sembuh trus kaya nya pileknya mengyumbat hidungnya kaya mampet gtu , pas aku kash antibiotic cefimix dia langsng gemeter padahal sebelum itu aku kasih gak kenapa kenapa , terus langsng aku kasih air gula rada mendingan , gimna caranya dok untuk menghilangkan pilek yg sudah parah berbagai Cara sudah aku coba tapi ngga Ada reaksi , tolong bantuannya dok ,aku sayang musang Ku 😭

    ReplyDelete
  37. Dok. Jadi kmaren kan musbul aku filek. Masih filek sampai sekarang dok. Trhitung udah lebih dri 2 minggu fileknya. Padahal tiap hari kandangnya sama sekitarnya udah aku bersihin. Udah aku terapin juga apa yg dokter bilang kmren.
    Tapi pas mau ngasih ramuan kesehatan musang kok musbul aku gk mau minum ya dok. Pake pipet juga gk mau dok udah aku paksa. Tapi pas aku kasih air gula biasa aja dia mau dok.
    Sekarang musbul aku kayaknya tambah parah dok. Tidur mulu, gk gerak dari ujung kandang, jarang makan sama minum. Seharian klo makan juga cuman 3 potong kecil pisang udahan. Kemaren musang aku muntah berbusa gitu dok. Muntahnya warna kuning pucat berbusa.
    Feses nya kurang dri biasanya. Dalam sehari fesesnya cuman satu kali aja dok :((( fesesnya berwarna kuning pucat.
    Aku harus gimana nih dok supaya musang aku balik aktip ceria kaya biasanya?
    Apa kemungkinan musang aku kena penyakit distemper dok?
    Makasih atas perhatiannya dokter.

    ReplyDelete
  38. Dok gimana takaran air madu buat musang nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikira-kira aja. pokoknya asalkan airnya udah terasa manis, udah cukup.. :)

      bagusnya sih jangan air madu, mas. kasih ramuan kesehatan musang ciptaan saya. ada kok artikel cara buatnya...

      Delete
  39. Maaf dok..mau tanya musang saya umur sekitar 3,5 bulan...hidung nya berair seperti pilek...tapi untuk nafsu makan masih seperti biasa,nasi kecap atau sun pasti habis..kmrin habis saya ajak jalan2 naik motor...apa musang saya gk apa2 dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba liat fesesnya, samakan dengan artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

      udara emang lagi gak bagus buat hewan. coba mas kasih ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya... :)

      jemur kalau cuaca lagi bagus, terutama pagi. cukup 5 hingga 10 menit aja...

      Delete
  40. Feses nya normal dok..mksh dok..takut si moli knp2..doain moli cepet sembuh ya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting jangan kedinginan dan coba kasih ramuan kesehatan musang, mas..... banyak musang sakit akhir2 ini karena perubahan cuaca.... :)

      kabari lagi ya mas...

      Delete
  41. ass.wr.wb

    dok mau tanya, kmarin sy baru beli musang di jati negara usia 4 bln, musangnya udah jinak dok. yang saya mau tanyakan apakah musang usia segitu memang suka tidur, bercanda & makan cuma sekali aja ya dok. saya kasih buah2an sprti pisang dan bubur nestle cerelac kok ga mau di makan, tapi pas sy kasih sate mentah & sy rebus setengah mateng baru di makan, itupun makan hanya skali. kondisi musang sy saat ini sdang pilek tapi pups alhamdulillah normal.. mohon pncerahannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana? coba mas cek artikel saya, cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

      selebihnya, biar dia sehat, coba mas cek artikel saya ramuan kesehatan musang. kasih itu.

      kalau makan, coba kasih bubur bayi. jangan diliatin. tinggal aja di kandangnya. karena kadang musang gak mau makan kalau diliatin...

      Delete
  42. Malam dok, saya mau tanya. Beberapa hari lalu saya beli sepasang musang dipasar hewan. Usianya masih baby fullspet besarnya seperti anak kucing. Yang mau saya tanyakan setelah beberapa hari saya rawat baby muspan saya ini seperti flu, terlihat cairan seperti ingus, dan sering bersin2. Apa ada obatnya ? Kalau saya mandikan sesuai cara diatas, apa tidak masalah ? Karna musang saya masih sangat kecil dok. Mohon jawabanya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dimandikan. musang umur segitu, jangan dimandikan. udah pernah mas mandikan sebelumnya? karena bisa jadi dia pilek karena mas mandikan. cukup lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat sebanyak 2 atau 3 kali usapan, terus lap lagi pakai handuk kering

      udah berapa lama pileknya? coba mas baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang. kasih obat yang saya tulis di artikel itu sebanyak setetes setiap hari, insyaallah sembuh pileknya...

      oh ya, selama masa penyembuhan, pisahin kedua musangnya.... jaga juga kebersihan kandang keduanya...

      Delete
  43. Dok mao tanya klo cara menyembuhkan musang yg batuk2 solusinya apa ya dok??
    Oya musang saya umur 2 bulan dok..
    Terimah kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seberapa sering? hidungnya basah/ingusan juga gak mas? dan udah berapa lama?
      mas bisa ikutin cara di atas sih... jaga kebersihan kandang juga...

      Delete
  44. Iya setiap hari dok.. Iya igusan juga dok setiap mao di kasi makan dia malah batuk2 trus dok.. Dari 5 hari yg lalu dok sampai saat ini masi suka kya gtu dok..
    Saya sudah membersihkan kandang hampir 3x sehari dok dan di mandikan juga sudah sesuai dengan artikel di atas tapi masih saja suka kaya gtu dok,apakah ada solusinya dok??
    Terimah kasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kasus mas, mending jangan dimandikan dulu. cukup jangan kedinginan aja. coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang...

      Delete
  45. Dok musang saya umur 4bulanan biasa nya makan lahap,cuma dari kmaren malem sampe sekarang gamau makan dikasih nasi palyam pisang bursun sarikurma hydro coco semunya gamau dok. Badan jadi lemes plus idung nya ingusan encer warna bening. Gimana ya dok cara mengatasinya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih bubur bayi promina dengan cara disepet.
      untuk minumannya, mas kasih larutan air kelapa + sari kurma. kasih 2x sehari...

      kirimin gambar fesesnya...

      Delete
  46. Dok kenapa ya musang saya kaki belakangnya diseret ya, kata orang" mah pincang cara mengobatinya gimana ya dok?

    ReplyDelete
  47. Dok kenapa ya musang saya kaki belakangnya diseret ya, kata orang" mah pincang cara mengobatinya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.... :(
      ada gejala distemper, mas? kayaknya sih iya. coba mas baca artikel saya CARA MENGOBATI MUSANG PINCANG

      Delete
  48. Selamat siang dok..
    Saya mau tanya nih musang saya pilek
    Kalo pagi - sore lemes & ga mau makan. Tapi klo mlm mau makan.
    Cara mengatasinya gimana ya dok??
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuaca emang lagi gak bagus buat hewan...
      fesesnya gimana? mencret nggak?
      mas biasa kasih makan apa?

      oh ya, dan umur musangnya berapa?

      untuk suplemen, mas bisa kasih sari kurma aja. bagusnya sari kurma tetes merk tahniq. beli aja di toko obat. gambarnya ada id artikel saya SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG

      Delete
  49. Dok..apa perlu membersihkan telinga musang..!?klo perlu gimqna cara ngebersihinya..apa sama kaya bersihin telinga kucing..terimakasih..

    ReplyDelete
  50. Dok Kok Musang saya seperti sedang pilek,tapi tidak bersin. Terus klo napas kayak hidungnya tersumbat gitu
    Itu Kenapa Ya Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga agar musangnya gak kedinginan. taro kandangnya di ruangan yang anget (non ac)...

      2 hari sekali bisa jemur pagi2, cukup 15 menit aja, dan jangan kena sinar matahari langsung...

      Delete
  51. Pagi dok , saya punya musang umur kurang lebih 1 bulan . Dan musang saya ini sdang pilek . Saya berniat untuk memberikan madu namun dicampur di bubur sun . Itu aman gak ya dok? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama pilek, mas? :)
      bisa kasih madu campur bubur sun. bagusnya sih kasih sari kurma, jangan madu kecuali madu yang emang bener2 madu asli. :)

      nafsu makan menurun? :)

      Delete
  52. Dok saya punya baby rase sekitar umurnya <3 bulan, mulut dan hidungnya itu berair terus... Kadang bersin bersin, tapi nafsu makannya nambah. Gimana caranya biar dia gak berair terus dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas?
      kandangnya dingin, mungkin? kalau iya, coba pastikan lingkungan tempat memeliharanya nggak dingin

      Delete
    2. fesesnya normal dok. dia sering lari lari ke belakang rak sepatu, abis itu bersin bersin terus idungnya berair, mulutnya juga kadang ikut basah. kalo makan sih normal, nafsu makannya juga gak berkurang dok. kandangnya anget sih dok, tapi kalo hawanya lagi dingin banget saya taroh di kardus terus saya kasih kain gitu dok.

      Delete
    3. nah itu bagus.
      mungkin ada indikasi karena debu aja mas... jadi mending, hindari dari debu...

      nafsu makan gimana?

      Delete
    4. nafsu makannya bagus dok, tapi di bagian mulut sama hidungnya berair terus dok. ntah itu air muncul darimana, saya juga bingung.. gimana solusinya ya dok,

      Delete
    5. selama nafsu makan masih bagus, saya kira dia masih sehat. nggak coba mbak pindahkan aja kandangnya ke yang agak anget? :)

      Delete
    6. Sudah saya pindah dok, btw kemaren malem dia makan cicak dok... Terus sekarang gak mau makan, saya harus gimana dok?

      Delete
    7. setelah makan cicak, fesesnya gimana?
      coba aja kasih super-n aja mbak.

      kabari terus

      Delete
  53. Selamat pagi dok saya mau tanya dok ..
    Sari kurma yang bagus untuk musang itu sari kurma Dengan merek apa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurma tetes tahnik, mas. :)

      kalau yang botolan, banyak sih. saya sih biasanya pake yang merk sahara

      Delete
    2. ouhhh .. kalo yang tetes itu dicampur di air minumnya atau dimakanannya dok ..? soalnya musang saya nafsu makannya kurang + dia jg lagi pilek .. dr kmren cuma tidur doank dok terus bangun makan sedikit terus tdr lagi ..😭

      Delete
    3. dok saya mau tanya lagi koq musang saya tidur ngambi nafasnya kyk cepet gtu ya, saya liat dari pergerakan perutnya ngambi nafasnya cepet bgt .. itu knpa ya dok tapi posisi tidurnya normal ..

      Delete
    4. kalo yang madu tahnik, cukup ditetesin aja sih ke mulutnya, mas. mas biasanya kasih makan apa ke musangnya?

      segera kasih sari kurma ya mas. bisa sesekali kasih air kelapa muda campur sari kurma.. ada yang saya khawatirkan dari nafasnya yang agak terengah-engah, tapi semoga aja saya salah. tapi bisa dicegah dengan cara mas kasih air kelapa muda campur sari kurma

      Delete
    5. saya biasanya kasih nasi di kecapin dok ,saya beli sari kurma di botolan dok dengan merek al-jazira,

      saya kemarin udh coba dok ngasih air kelapa muda dicampur dengan sari kurma tapi gak diminum dok,apa dia gak suka dengan sari kurma yang saya beli ya dok ?

      Delete
    6. selama dikasih nasi dikecapin, fesesnya gimana? apakah mencret? karena kadang ada musang yang sistem pencernaannya lemah, yang nggak menerima zat macam kecap atau susu....

      usahakan agar dia minum ya mas. kalau emang dia kemungkinan dia gak suka sari kurmanya, coba jangan campur sari kurma.....

      Delete
    7. Fasesnya itu sedikit keras dok tp basah gtu warnanya kayak warna kecap dok ,

      saya jejelin dok sari kurmanya ke mulutnya dia kan dia jilat2 pertamanya nah pas dia ngeluarin liadahnya saya gerakin sendok yang ada sari kurmanya kelidahnya dia sambil kadang saya ketawa2 sendiri karna lucu ngeliat muka musang saya :D iia dok saya selalu kasih air kelapa muda setiap sore..tp akhir2 ini diminumnya cuma dikit

      Delete
    8. saya maau tanya lagi nii dok , koq musang saya sering kyk Hidungnya mampet gtu ya dok dan sering jg kyk sesak nafas gtu dok mencoba ngeluarin ingusnya gtu.. itu kira2 knpa ya dok ? saya jadi khawatir dok dari kemarin .. :'(

      Delete
    9. oke. aman berarti. :)

      saya kira dia masih sehat kok, selama masih mau makan (meski sedikit) dan fesesnya gak mencret. air kelapa buat sistem pencernaannya aja. bisa dikasih seminggu dua kali.

      mungkin emang lagi bosen aja sama makanannya. coba kasih makanan yang lebih bervariasi. bubur bayi promina, pisang, pepaya, wetfood...

      oh ya, musangnya umur berapa?
      kalau udah diatas 2 bulan, mas bisa jemur kalau udara pagi pagi cerah. tapi inget, jangan sambarangan jemur. ada caranya: cek artikel saya, cara menjemur musang.... biar nafasnya gak sesak gitu dan biar ingusnya gak banyak...

      Delete
    10. allhamdullilah dokter saya seneng dengernya 😊 saya kasih bubur sun rasa beras merah yg untuk bayi Umur 6bulanan terus saya campur pisang kepok jg tp dia gak mau dok..

      musang saya umurnya sekitar 4 bulanan dok.. ouhhh oke dok coba nanti saya jemur kalo setiap pagi .. oiia dok kalo dia sering aktif dikandang kayak loncat2 gtu dan muter2 gpp kan dok ?
      dan musanh saya jg ada putih2 diujung kupingnya dok itu jamur atau apa ya dok ?

      Delete
    11. selama dia gak suka garuk2 bagian ujung kupingnya, saya kira aman.

      nggak apa2 kok. mungkin lebih sering aja diajak main keluar kandang. main di luar kandang. masnya merokok? kalau mas gak merokok, taro aja kaos bekas pakai mas yang masih bau keringat di atas kandangnya. dilebarkan (kayak gelar karpet gitu). biar dia ingat bau tubuh mas sebagai tuannya... dengan begitu, dia akan tenang nantinya...

      fesesnya oke? nggak mencret kan?

      Delete
    12. iya dok dia gak garuk2 kupingnya koq.. allhamduilah kalo dia gak apa2... :)

      Saya tidak merokok dok.. ouhh... oke dok nanti coba saya taro kaos bekas saya d atas kandangnya mudah2an dia bisa tenang...

      fasessnya kmren sii waktu saya ajak maen keluar agak encer dok fasessnya,dan agak bau..

      Delete
    13. kalau fesesnya agak encer, langsung kasih air kelapa aja, mas. boleh campur sari kurma sedikit air kelapanya. minum pagi dan sore.

      masih dikasih nasi kecap? karena bisa jadi karena itu sebabnya... :(

      Delete
    14. iya dok sekarang sudah mendingan fasesnya tp kmren dia sempet lepas dok terus malemnya saya tangkep lagi tp malah jadi liar dianya ..

      ouhhhh tp sudah saya hentikan koq dok untuk sementara waktu pemberian nasi kecapnya .. skrng cuma saya kasih pisang kepok ajh dok setiap hari .
      allhamdulliah fasesnya keras lagi

      Delete
    15. sip... :)

      kok bisa lepas mas? :D

      coba lebih sering lagi diajak main. kalau masnya gak merokok, bisa taruh kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di atas kandang. dilebarin/dijembreng. biar dia kenal bau tubuh mas. :)

      Delete
  54. Dok musang saya kadang-kadang suka bersin sama hidungnya kayak agak basah gitu tapi:
    -Nafsu makannya bagus
    -Fesesnya normal
    -Geraknya lincah
    -Kandangnya bersih+peralatannya

    Jadi kira kira dia pilek gak dok?makasih ya dok sebelumnya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. pindahkan ke dalam ruangan yang agak hangat, mas. emang cuaca lagi gak bagus buat musang karena suhu agak turun sekarang ini... :)

      Delete
  55. Oh iya dok musang saya itu musang rase yang usianya sekitaran 3 atau 4 bulanan

    ReplyDelete
  56. Dok, punten. Saya baru pelihara musang 2 hari dia flu dok, idung basah, batuk2, bersin, ga napsu makan. Obatnya apa dok? Saya paksa makan ga mau, maunya tidur terus. Saya agak panik karna ga tega liatnya. Langkah pertama penanganan gimana dok ?

    ReplyDelete
  57. Dok sy mau tanya. Sy punya muspan umur 1.5blnan, idungnya ada ingusnya trus kadang bersin"/batuk gitu, makannya pepaya tapi jarang dimakan juga, sy kasih susu juga ngga mau, lebih banyakan tidur juga. Kira" gimana yaa dok??

    ReplyDelete
  58. Selamat malam dok. Saya mau tanya dok , musang saya baby umur 1.5bulan , dia belakangan ini suka bersin2 gitu. Terus tadi saya liat idungnya kaya ada bekas darah yg sudah kering , kayanya bekas mimisan. Cara mengatasinya gimana yah dok? Agar baby musang saya sembuh? Terima kasih dok😊

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.