Bedanya Peregrine dengan CG | Drh. Fira Sovica

Perbedaan CG dan peregrine

kerap ditanyakan orang yang mau memelihara burung pemburu kepada saya, baik yang bertemu secara langsung maupun yang bertanya melalui blog ini. Oh ya, artikel ini sedikit terkait dengan artikel beda antara cg, alap-alap, dan bwk.
Bedanya Peregrine dengan CG
Image taken from orientalbirdimages.org


CG dengan peregrine adalah dua jenis burung yang berbeda:
  • Peregrine biasa disebut alap-alap kawah oleh orang indonesia, sementara cg atau crested groshawk adalah jenis yang berbeda dengan peregrine. Meski termasuk burung jenis alap-alap berukuran besar, namun peregrine falcon atau umum disebut alap-alap kawah adalah jenis burung pemburu dengan rentang sayap paling pendek dibandingkan CG. Peregrine atau alap-alap kawah memiliki paruh yang lebih panjang dan lebih melengkung ke bawah.
  • Perbedaan peregrine dengan CG adalah dari warna bulunya. Warna bulu peregrine lebih gelap, antara abu-abu tua hingga hitam, sementara bulu dan corak warna CG berwarna coklat muda hingga coklat tua.
Demikian adalah pembahasan singkat mengenai

bedanya CG dan peregrine

. Semoga artikel tersebut diatas bisa membantu anda dan dapat menambah wawasan anda. Terima kasih. (FS)

36 Responses to "Bedanya Peregrine dengan CG"

  1. Dok saya mau pelihara b.o klo ngga buffy . tpi di rmah saya bnyak burung kicau nya. Apa gpp ? Di makan apa ngga ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dijaga ya gak bakalan dimakan mas, hehehehe.... asalkan dijaga aja... :)
      dan menurut saya sih kecil kemungkinan si owl atau buffy memangsa burung atau hewan lain yang dipelihara ownernya... owl biasanya tau kalau ownernya punya hewan lain...

      Delete
    2. Cg saya tadi nangkap cicak dok trus d makan gapapa dok? ( adiknya " Pambudiutomo " )

      Delete
    3. gak apa2... biar sekalian ngelatih refleksnya... :)
      tapi mas harus tetap kasih makan dia. :)

      Delete
  2. Hmm tpikan saya kerja dok jdi ga bsa ngjagain trus. Klo di smpen di kmar malah poops di ksur dok kya clepuk sya dlu . di smpen di teras kmar ada burung kicau -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dijagain artinya dipisahkan. jangan didekatkan atau jangan sampe mereka berdekatan. mas bisa menaruh si owl di ruangan lain... :)

      dulu saya juga gitu mas, hehehe. si errol ama saya dulu kan tinggal di kosan petak waktu saya masih kuliah. pupnya si errol dimana2. asalkan kita sering2 membersihkan sih aman2 aja.... coba mas cari kardus agak besar, bisa bekas tv atau bekas kulkas (pokoknya yang besar), kasih tenggeran di dalamnya. dan dindingkan kasih bolongan2. tiap kali mas mau kerja masukkin ke situ....

      Delete
  3. Ohehehe okeoke deh bu dokter. Makasih buat saranya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. jika ada yang mau ditanyakan lagi, silakan ke sini lagi... :)

      Delete
  4. Ohehehe okeoke deh bu dokter. Makasih buat saranya dok :)

    ReplyDelete
  5. Kalo CG stres gara" petasan cara ngatasinnya gmana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa ke ruangan yang tenang. kalau bisa, ruangannya benar2 sepi. biarkan selama 6 - 12 jam di ruangan itu. kasih makan seperti biasa. fesesnya gimana mas? warna apa?

      Delete
    2. Iya sudah tapi masi batting, putih hitam, kadang putih saja dok

      Delete
    3. kalau batting yah memang kadang kayak gitu. sebelum stress akibat petasan, dia gak batting mas?
      sekarang gimana keadaannya?

      Delete
  6. Sblumnya enak skill ga batting, kenak petasan langsung batting, alhamdulillah sudah mau makan tp ttp batting
    CG kalo d kasi jangkrik boleh ap nggk dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya butuh beberapa hari lagi sampe dia tenang lagi mas... :)
      tunggu aja, biasanya mendingan lagi ntar....

      jangkrik sesekali boleh. jangan keseringan.. :)

      Delete
  7. Ou iya dok makasi, ap CG harus d kasi hood biar anteng ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus. kalo udah anteng mah anteng aja, gak pake hood juga.. :)

      Delete
  8. Masalahnya masi ga bisa anteng hehe

    ReplyDelete
  9. dok, beberapa hari lalu ada burung yg sepertinya c.g. masuk rumah saya dan sekarang lagi dipelihara, tapi kok galak dan ga mau makan, saya ga tau kasi makan apa, sekarang masi searching di internet, saya baru kasi makan jangkrik aja, tingginya sudah sebesar botol air mineral 600 ml. sebaiknya diberi makan apa? apakah boleh saya jual? karna saya takut tidak bisa bertanggung jawab dalam memelihara

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya cara memelihara BOP...

      kalau buat cg, kalau gak bayi tikus, bisa juga kasih daging sapi segar. jangan yang bekuan. bagusnya yang masih agak berdarah...

      kalau emang dikira gak bisa memeliharanya, hmm, mas bisa hibahkan atau jual ke orang yang bisa memeliharanya...

      Delete
  10. assalamualaikum bu dokter, saya mau nanya bwk saya digigit sama retic di lehernya, usia bwk nya kurang lebih 1 bulan,di gigit di bagian lembung maakanannya, tapi gak berdarah dok, mohon bantuannya ya ok:(

    ReplyDelete
  11. assalamualaikum bu dokter, saya mau nanya bwk saya digigit sama retic di lehernya, usia bwk nya kurang lebih 1 bulan,di gigit di bagian lembung maakanannya, tapi gak berdarah dok, mohon bantuannya ya ok:(

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Dok cara mempercepat pertumbuhan bulu yang patah dan dipotong itu bagimana? Karna owner sebelomnya sayap cgnya di potong atau tunggu mabung. Makasi dok sebelumnya

    ReplyDelete
  15. Assalmu'allaykum dok,
    CG saya sakit. baru berbulu kapas, ciri gejala nafsu makan menurun drstis, tidak mampu berdiri, lemas, tidur, pernafasan terganggu, tramor/ gemetaran, tahik terakhir putiih saja..ini skt apa dan apa obatnya dok?

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaikum Siang dok... Mohon info dok, Saya dari Surabaya, Mau bertanya seputar CG Dok, Saya lagi rawat CG dapat dr usia Chick Mohon pencerahannya dok:
    1. Untuk Makan Sehari-hari saya kasih tit bit Daging segar ayam kadang sapi 3x makan sehari. Apa Sudah benar?
    2. Sekarang sudah 1 Minggu dr saya dapat, Nafsu Makannya berkurang, Apa perlu di dopping Vitamin? Kalo ada Vitamin apa dok?
    3. Kalo Chick waktu berdiri emang dia suka bertumpu pada tumit ya dok? Usia berapa dia bisa berdiri dengan kakinya?
    Atau perlu dilatih? Saya Khawatir lumpuh dok...
    4. Untuk memastikan kakinya tidak lumpuh gimana dok?

    Mohon maaf dok Banyak nih point pertanyaannya...
    Mohon di Respon, Terima kasih dok.
    Wasssalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. mas. saya coba jawab pertanyaannya ya... :)

      1. selama daging ayamnya dan daging sapinya bebas bahan kimia, bukan bekuan, dan dicacah kecil2 sampe mudah dicerna, saya kira aman. kalau emang bekuan, direndam dulu di air biar gak dingin dan gak beku lagi... :)

      2. silakan baca artikel saya cara agar burung hantu tetap sehat. secara prinsip sama. di sana ada obat/suplemennya.

      3. selama asupan kalsiumnya bagus, saya kira aman. nanti juga bisa berdiri sendiri. mas bisa coba kasih bubuk tulang sotong dengan cara ditaburkan di dagingnya. beli tulang sotong di toko makanan burung, tumbuk hingga bener2 halus, terus taburkan sedikit ke daging makanannya, kasih ke burungnya. cukup seminggu sekali aja kasih bubuk tulang sotongnya....

      4. selama asupan kalsiumnya bagus, saya kira aman. hmm, mungkin mas bisa baca artikel saya, cara mengobati burung yang kakinya mengangkang...

      saya tunggu kabarnya. kalo bisa, saya minta foto fesesnya. tahinya. upload di postimage.org, terus linknya taro di sini

      Delete
  17. dokk mau nanya.. dirumah saya ada peliharaan burung kicau.. trs saya mau melihara burhan .. apa si burhan ngga berisik dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski kerap mengeluarkan suara, tapi suaranya gak kenceng2 banget kok... jadi aman... :)

      maaf karena baru balas...

      Delete
  18. Dok saya pelihara elang ... saya ad kendala ketika burung tsb saya pindahkan dluar, selalu saja berusaha terbang.. Dan ingin pindah kr dalam rumah kembali.. Bagaimana caranya dia nyaman ketika saya pindah kan ke tempat lain ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisi elangnya gimana? udah jinak, udah kenal sama mas?

      kalau elangnya belum jinak dan belum kenal sama masnya, emang ada kemungkinan dia kayak berusaha terbang kalo diajak keluar...


      kalau dia udah jinak dan udah bonding, tapi tetep berusaha terbang kalau diajak keluar, kemungkinan kedua: dia belum terbiasa di tempat umum. alias dia cuma sering di dalam rumah aja. tapi jarang dibawa keluar.

      latihannya udah sampe mana, mas? :)

      Delete
  19. Maaf dok mau tanya cara membedakan alap-alap kawah jantan dan betina itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diliat dari bentuk paruhnya, mas.
      hmm, agak susah sebenernya.
      perlu bantuan ahli, dan diliat langsung.

      hmm, mas bisa kirimin gambarnya kemari? saya mungkin bisa prediksi. tapi kalau emang mas mau coba, mas bisa baca artikel saya: membedakan jenis kelamin nuri kepala hitam dan artikel membedakan jenis kelamin barn owl. untuk referensi.

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.