9 Perbedaan Antara Raven dengan Crow | Drh. Fira Sovica

Bedanya burung gagak dengan raven

pernah ditanyakan oleh beberapa pengunjung blog ini kepada saya. Perlu saya jelaskan bahwa perbedaan crow dan raven hingga saat ini masih kerap diperdebatkan para ahli di seluruh dunia. Artikel ini diharapkan bisa menambah pengetahuan, terutama kepada crow lover, umumnya kepada pecinta hewan.
Secara visual, bedanya raven dan crow adalah sebagai berikut:
Perbedaan Antara Raven dengan Crow
Gambar burung raven (common raven)
Image taken from naturemappingfoundation.org


Perbedaan Antara Crow dengan Raven
Gambar burung crow (american crow)
Image taken from biology.csusb.edu

Ada 9 perbedaan dari raven dengan crow atau burung gagak. Bedanya crow dan raven adalah sebagai berikut.
  1. Perbedaan crow dan raven yang paling terlihat adalah bulu leher dekat paruhnya. Pola bulu kepala dan leher crow membentuk pola searah, tidak ada perbedaan pola antara bulu kepala dengan leher seperti halnya burung merpati. Sementara bulu kepala dan leher raven memiliki perbedaan pola. Ada 3 pola pada bulu kepala raven: bulu dari bagian atas kepala raven membentuk alur searah hingga tepat ke belakang kepala, lalu bulu leher depan dan leher belakang berbeda alur bulu. Anda bisa melihat perbedaan yang saya maksud pada gambar di atas.
  2. Bedanya raven dan crow yang paling gampang terliihat selanjutnya adalah Perilaku terbang raven dan crow. Seperti elang, raven bisa terbang dengan sedikit mengepakkan sayap, melayang dengan terus membuka sayapnya, memanfaatkan arus udara. Sementara crow terbang seperti burung dara. Cara terbang crow adalah dengan terus mengepakkan sayapnya hingga ia mendarat.
  3. Perbedaan raven dengan crow yang selanjutnya adalah perilaku mendarat raven dan crow. Lagi-lagi, raven memiliki sifat seperti elang jika mendarat: tenang, lugas, dan kalem setelah mendarat, tidak mengibaskan bulu ekor dan sayapnya. Sementara crow sebaliknya. Seperti merpati dan jenis burung lainnya, crow kerap menjentikkan ekor dan sayap setelah mendarat. Juga, cara crow mendarat lebih mirip burung pada umumnya, tidak seperti mendaratnya burung pemburu.
  4. Dari segi ukuran, raven berukuran lebih besar daripada crow. Ukuran burung gagak (crow) biasanya sedikit lebih besar dari burung merpati, sementara ukuran raven hampir seukuran BOP berukuran besar.
  5. Dari bentuk ekornya, bentuk ujung ekor raven membentuk segitiga, sementara bentuk ujung ekor crow berbentuk lurus, kadang membentuk bulatan. Dalam beberapa spesies (umumnya common raven) juga terlihat bahwa sayap dan ekor raven tidak terlihat segaris: garis sayap raven lebih mencuat sedikit dari garis punggungnya.
  6. Bedanya burung gagak dengan raven dari bentuk paruhnya, paruh crow lebih pendek dan lebih tajam daripada paruh raven. Paruh raven umunya juga memiliki bulu bagian atas paruh yang lebih banyak dibandingkan bulu paruh crow.
  7. Bedanya raven dan crow juga bisa didengar dari suaranya. Suara raven lebih dalam dan lebih serak, namun tidak lebih keras dari suara crow. Sementara suara crow lebih keras dari suara raven serta kedengaran lebih kasar (cempreng).
  8. Dari segi lingkungan tempat tinggal, raven dan crow juga memiliki perbedaan. Raven menyukai habitat yang lebih alami, lingkungan yang sedikit-manusia seperti padang rumput, gurun, pegunungan, dan semacamnya. Raven juga hidup di dataran yang lebih tinggi dari crow. Lain halnya dengan crow. Crow kerap ditemukan di daerah pemukiman manusia, kadang juga di perkotaan.
  9. Raven dan crow juga bisa dibedakan dari umur maksimalnya. Raven memiliki usia yang lebih panjang daripada crow. Raven bisa hidup hingga berusia diatas 30 tahun, kadang hingga 35 atau 40 tahun, cukup lama untuk ukuran usia burung. Sedangkan usia crow jauh dibawah usia raven. Usia maksimal crow rata-rata dibawah 9 tahun. Namun dalam beberapa kasus, kadang ditemukan crow yang berusia diatas 10 tahun.
Demikian adalah

perbedaan antara crow dan raven

. Semoga artikel tersebut bisa membantu anda dalam memelihara raven maupun memelihara burung gagak sebagai hewan peliharaan. Terima kasih banyak, pembaca. (FS)

13 Responses to "9 Perbedaan Antara Raven dengan Crow"

  1. Kalo raven di indonesia ada ga dok? Terus dalam hal intelegensia nya apa sama? Soalnya saya pernah denger kalo crow itu burung yg cerdas. Trims dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur, kalau raven saya kurang tau. tapi dulu waktu kuliah, ada salahsatu temen saya yang bawa raven....

      kalau dari segi kecerdasan, asumsi saya raven lebih cerdas, meski crow juga cerdas. :)

      Delete
  2. Apakah makanan terbaik untuk gagak anakan?
    Dan bagai mana cara merawat gagak.
    Terima kasih dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikel cara merawat gagak udah siap publish, mas bisa cek besok. :)

      gagak itu burung omnivora, mas. bisa dikasih makan buah maupun daging. tapi kalo pengen simple, mas bisa kasih telur puyuh rebus, atau potongan pepaya matang

      Delete
  3. mbak dokter...
    kalo di Jawa org membedakan antara Gagak dan Gaok.
    apakah Gaok adalah sebutan utk Raven dlm bahasa awam? mengingat Gaok scr fisik lbh besar dan suaranya lbh dalem (spt penyiar radio).
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. di kampung saya juga burung gagak disebutnya gaok. atau mungkin juga crow, karena suaranya lebih keras.

      Delete
  4. Dok...
    Bagaimana cara bedakan jantan betina anakan raven..
    Mohon penjelasany
    Terima kasih sebelumy

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nanti akan saya buatkan artikelnya buat mas... :)

      Delete
  5. dok saya punya crow. yang jadi pertanyaan saya, apakh crow juga bisa dilatih kicau di isi masteran suara manusia dan seperti beo? ataukah hanya raven saja yang bisa? mohon penjelasannya. trmksh..

    ReplyDelete
  6. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  7. Crow dan raven bukannya satu spesies yang sama hanya beda ukuran intinya mereka juga gagak kan?

    ReplyDelete
  8. Crow dan raven bukannya satu spesies yang sama hanya beda ukuran intinya mereka juga gagak kan?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.