Mengobati Sour Crop Pada Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Mengobati burung hantu yang kena penyakit sour crop

sebaiknya tidak dilakukan oleh pemula. Penyakit sour crop juga sering disebut penyakit crop stasis. Penyakit ini pernah saya bahas sekilas di artikel jenis penyakit penyebab burung hantu mogok makan.
Mengobati Sour Crop Pada Burung Hantu
Image taken from barnowlboxes.com


Tidak seperti penyakit impaction yang pernah saya bahas di artikel cara mengobati burung hantu mogok makan, penyakit sour crop hanya terjadi pada tembolok saja. Tanda dan ciri burung hantu yang kena penyakit asam tembolok adalah bagian temboloknya menjadi membesar, kadang malah membuat burung hantu susah berdiri karena temboloknya membesar diluar normal. Penyebab membesarnya tembolok pada penyakit crop stasis tentu karena penumpukan makanan yang tidak tercerna, menyebabkan zat asam menumpuk pada tembolok burung hantu, kemudian mengganggu sistem pencernaan secara keseluruhan. Hampir semua jenis burung bisa mengalami sakit sour crop sebenarnya, tidak hanya burung hantu saja. Ciri dan tanda burung hantu yang kena penyakit asam tembolok adalah burung hantu menjadi mogok makan, jika tembolok ditekan secara perlahan kadang dari mulut burung hantu mengeluarkan gas yang agak berbau, burung hantu yang kena crop stasis juga gampang muntah, dan feses burung yang kena penyakit sour crop atau asam tembolok biasanya berwarna hijau atau putih susu.
Cara mengobati burung hantu mogok makan akibat kena penyakit sour crop bisa dikatakan susah, karena seperti saya katakan sebelumnya, burung hantu tidak mau makan samasekali. Anda bisa melakukan langkah-langkah pengobatan crop stasis sebagai berikut, namun ingat bahwa saya tidak menganjurkan cara mengobati burung hantu yang kena sour crop atau crop stasis untuk untuk dilakukan oleh pemula. Tidak sama sekali. Sebaiknya minta bantuan orang yang berpengalaman dalam mengobati sour crop pada burung hantu anda.
  • Isolasi burung hantu yang kena sour crop. Pisahkan burung hantu yang sakit dengan yang sehat.
  • Setelah itu, puasakan selama 24 jam. Nah, selama masa puasa, anda bisa memberikan obat bernama Metrodinazole 100mg (dosis: 1mg per-gram berat badan owl, diberikan 1 kali sehari), Nystatin (dosis: 1 tetes, 2 kali sehari), dan Trimecin (dosis: 1 tetes, 1 kali sehari). Pemberian obat ini dilakukan terus selama 7 hari, artinya tetap dilakukan meski masa puasa 24 jam sudah terlewati.
  • Setelah masa 24 puasa sudah terlewat, anda bisa memberi makan burung hantu dengan hati ayam mentah yang dihaluskan hingga benar-benar halus. Cara memberikan makanan pada burung hantu yang kena crop stasis adalah dengan cara forced feeding, yaitu memberi makan burung hantu dengan menggunakan suntikan yang dilengkapi selang kecil. Suntikan untuk melakukan force feeding ini biasanya sudah bisa dibeli di klinik hewan yang lengkap. Isi suntikan dengan pakan yang sudah disiapkan (blenderan hati ayam segar), lalu masukkan selang kecil khusus force feeding hingga ujung selang mencapai tembolok, lalu suntikkan makanan secara perlahan ke tembolok burung hantu sebanyak 5 hingga 15ml, tergantung umur burung hantu. Langkah pemberian makan secara force feeding ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bagi anda yang pemula, sebaiknya tidak melakukan langkah ini. Mintalah bantuan kepada dokter hewan yang sudah berpengalaman menangani burung.
  • Setelah force feeding, diamkan burung hantu hingga keesokan harinya. Jika tembolok masih terisi, puasakan lagi 24 jam, lalu ulangi pemberikan makan dengan force feeding.
Demikian adalah

cara mengobati crop stasis pada burung hantu

. Semoga artiikel ini bisa menambah wawasan anda para bird lover dan owl lover semua. Terima kasih. (FS)

48 Responses to "Mengobati Sour Crop Pada Burung Hantu"

  1. Dok,owi saya(bay owl)sekali-kali bersin,biasa.a klo bersin sehari bisa krang lebih 10-15 kali,kra2 kenapa tu dok?
    2 minggu sekali saya kasih minyak ikan,terima kasih dok

    ReplyDelete
  2. Nb:si owi saya liat gag ngluarin ingus,cma sering bersin,tpi sering saya ajak kluar duduk2 ddepan rmah klo sore ma malem

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama gak mengganggu kesehatan, nafsu makannya normal, sebenernya masih bisa dikatakan aman. cukup pastikan daerah lingkungan tempat memelihara owl-nya bebas debu. mas taruh dimana perchnya? jaga juga pola makan ya mas.

      Delete
    2. Ddlm rmh dok,stiap hari saya sllu mbrsihkan perch.a

      Delete
    3. bagus. :)
      silakan baca2 lagi artikel2 saya tentang burung hantu di blog ini :)

      Delete
  3. kira2 2 hingga 4 bulan.
    mas bisa cek juga artikel istilah dalam memelihara BOP dan siklus hidup BOP :)

    ReplyDelete
  4. Dok,kok si owi skg jrg brsuara lg Y gag sperti yg dlu2?
    Ma skg sprti.a takut ma saya,apakah krna sya tinggal Krja Y?
    Trima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya gimana? masih rakus? kalau masih rakus saya kira masih sehat. coba mas cek juga fesesnya....
      bisa jadi juga karena mas sering tinggal. berapa kali seminggu mas ajak dia main? berapa kali mas latih dia?? :)

      maaf baru saya bales. sibuk sekali akhir2 ini... :(

      Delete
    2. Klo mkn daging ma cicak dya rakus makan.a tpi klo jangkrik gag terlalu mw mkn dya dok,klo pulang kerja pasti saya ajak ngombrol.
      Klo masalah melatih owi,owi skg ja gag mw sapa taroh dtangan saya,sya paksa taroh dtangan saya malah kadang2 dya terbang ke perch.a lagi

      Delete
    3. Saya pulang kerja jam 6 sore klo masuk pagi dok

      Delete
    4. Warna fesesnya kadang warna putih kadang hijau tua

      Delete
    5. masih kurang manning lagi. kalau mas libur, sering2 ajak main. ajak ngobrol udah bagus, sering2 juga lihat matanya... :)

      kalau soal makan dan kesehatan, sepertinya gak ada masalah. gak ada salahnya observasi terus. saran saya, sesekali kasih bayi tikus... :)

      Delete
    6. Dok,klo bayi tikus gag da dt4 saya,saya da nyari kemna2 gag ktmu jga,jdi seminggu sekali saya kasih daging sapi,ma klo da cicak saya kasih cicak.semenjak tu si owi malas makan jangkrik lagi dok

      Delete
    7. gak harus bayi tikus putih. bayi tikus rumah juga gak apa2.
      kasih daging sapi segar (yang masih berdarah dan tidak dibekukan) juga gak apa2. cincang dulu dagingnya... :)

      Delete
  5. Assalamualaikum dok, sya mau tanya...
    Barn owl sya di ksih makannya ikan nila sma katak di ptong2 naaah itu bagus ga buat si burungnya?? Tapi dia lahap bgt sya ksih itu, trus biar bulu nya bagus di taruh dmna?? Sya taruh di tangkringan ehh mlah balik lg ke kandang...
    Tangkringan nya pendek bu ada lah sekitar 3 jengkal dari tanah, gtu bagusnya segimana tangkringannya ??? Trus semisalkan si burhan nya pndah2 tempat itu bakal berdampak buruk ga ke burhan nya???
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel saya ikan sebagai makanan burung hantu
      barn owl sih bagusnya indoor mas, jangan outdoor. mengenai tinggi perch (tangkringan), disesuaikan dengan umur owlnya. makin tua, makin tinggi. tapi maksimal 1,8 meter.... boleh aja sih lebih tinggi dari itu juga... :)
      banyak perch gak akan berpengaruh buruk terhadap owl. si errol aja punya 8 perch di seantero rumah saya. kebanyakan punya kakak2 saya... :)

      maaf baru bales ya mas. saya sibuk sekali... :)

      Delete
  6. Permisi dok saya mau tanya, saya punya bay owl dia usia masih bracher mungkin soalnya masih banyak bulu kapasnya, tp dia kok mulutnya bau sekali ya dok itu bau kayak bau bangkai, apakah itu normal ya dok? Mohon balasanya, terima kasih 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang biasanya dikasih makan apa mas? :)
      kalau dia masih mau makan (makannya masih rakus), kayaknya masih sehat... :)

      coba cek fesesnya, bandingkan dengan yang ada di artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      Delete
  7. Biasanya saya kasih makan daging ayam dok yg fillet trus kadang ati ayam, burung emprit sama ayam ayam kecil yg ga di kasih pewarna itu dia mau dok. Kl makanya masih rakus dok, cuma ini kok barusan aja saya bangun tidur mau kasih hubo makan kok matanya yg kiri ga bisa kebuka kayak di lem ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bersihkan bagian matanya dengan handuk bersih yang dibasahi air hangat. lalu observasi selama 4 hari ke depan. kalau dalam 4 hari belum baikan juga, mending bawa ke dokter hewan terdekat aja... :)
      kalau dari makanannya sih oke2 aja, asalkan dijaga kebersihannya ya mas... :)

      Delete
    2. Oh gitu ya dok hehehe terima kasih ya dok udah ngeluangin waktu buat ngasih solusi hehehe ini sayang taruh dia di kandang yg gede di taman dok biar dia agak sehatan dulu trus ntr saya taruh dalem rumah lagi hehehe makasih ya dok yaa :)

      Delete
    3. Oh gitu ya dok hehehe terima kasih ya dok udah ngeluangin waktu buat ngasih solusi hehehe ini sayang taruh dia di kandang yg gede di taman dok biar dia agak sehatan dulu trus ntr saya taruh dalem rumah lagi hehehe makasih ya dok yaa :)

      Delete
    4. Oh gitu ya dok hehehe terima kasih ya dok udah ngeluangin waktu buat ngasih solusi hehehe ini sayang taruh dia di kandang yg gede di taman dok biar dia agak sehatan dulu trus ntr saya taruh dalem rumah lagi hehehe makasih ya dok yaa :)

      Delete
    5. Oh gitu ya dok hehehe terima kasih ya dok udah ngeluangin waktu buat ngasih solusi hehehe ini sayang taruh dia di kandang yg gede di taman dok biar dia agak sehatan dulu trus ntr saya taruh dalem rumah lagi hehehe makasih ya dok yaa :)

      Delete
    6. jaga agar kandangnya tetep hangat ya mas. jangan sampe owlnya kedinginan. kepanasan juga gak bagus buat owlnya. jadi sebaiknya jaga agar suhu sekitarnya tetap stabil... :)

      bisa konsultasi lagi kemari kalau ada problem.. :)

      Delete
  8. Biasanya saya kasih makan daging ayam dok yg fillet trus kadang ati ayam, burung emprit sama ayam ayam kecil yg ga di kasih pewarna itu dia mau dok. Kl makanya masih rakus dok, cuma ini kok barusan aja saya bangun tidur mau kasih hubo makan kok matanya yg kiri ga bisa kebuka kayak di lem ya dok?

    ReplyDelete
  9. Dok mau tanya . Klo mengatasi ngorok pada burhan gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngoroknya seperti apa?
      silakan baca artikel saya cara mengobati perkutut ngorok. kayaknya sama aja... :)

      Delete
  10. Dok BO saya namanya Zorro masih brancher dulu (saat chick)saya kasih daging potong doq puyuh kemudian saya rendam air biar tanpa minum,tp sekarang saya kasih hidup2 saya perhatikan fesesnya hitam coklat pekat dok putihnya sedikit sekali dan kadar airnya juga,apa itu tanda dehidrasi dok,apa boleh dok saya kasih minum paksa pake suntikan ke paruhnya,apa gak bahaya tersedak dok,terimakasoh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pakai suntikan...
      mas bisa baca artikel saya cara memberi minum burung hantu....

      Delete
  11. Oh iya makasih dok,saya cuma khawatir aja kalo dehidrasi dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas. kasih aja pakai sedotan. jangan pakai suntikan..

      Delete
    2. Iya dok,emang kebutuhan kadar air pada BO itu berapa ml dok sehari?biasa umur berapa bulan dok BO udah kuat di perch,gk sabar lihat zorro bisa nangkring,salam buat padma & erol dr si zorro dok :D

      Delete
    3. iya, salam juga buat zorro. :)
      silakan mas baca artikel saya siklus hidup burung hantu.

      Delete
  12. Oh iya makasih dok,saya cuma khawatir aja kalo dehidrasi dok,

    ReplyDelete
  13. Dok.bubo saya setiap habis makan anak puyuh selalu lesu dan setelah itu dia mogok makan untuk waktu yg lama sktr 8 jam.dan sepertinya dia tidak bisa muntah.apakah bubo saya terkena sour crop ?dan langkah apa yang hrus saya lakukan?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal dia kenal sourcrop atau nggak, cek aja temboloknya. mungkin lebih jelasnya, bisa dibaca di artikel di atas....

      emang tiap makan dikasih anak puyuh? coba mas cek fesesnya juga. baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  14. Dok sy mau nanya klo badn owl tidak mau makan lalu saya lolohin dan tertelan tapi setelah beberapa jam/keesokan harinya makanannya dimuntahkan lagi (bukan pelet). Penanganannya bagaimna dok. Trima kasih atas jwbannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makannya apa? yang diloloh? daging?
      pastikan makanan atau daging yang diloloh gak terlalu besar dan gak terlalu banyak. sedikit2 aja, dan jangan sampe penuh temboloknya. dikit aja. mungkin satu atau dua kali pemberian. :)

      emang owlnya sakit apa mas? bisa kirim gambar fesesnya kemari? biar saya bantu analisa

      Delete
  15. Ka , gimana caranya biar Burhan pup ditempat yg kita sediakan. (Tidak sembarangan)

    ReplyDelete
  16. Dok saya mau nanya dok owl saya ko mogok makan udah sehari dok sama sering merem kedua matanya dok semenjak mogok makan, fesesnya warna kuning campur putih susu gtu dok dia kenapa ya dok tolong penjelasannya dok makasih :)

    ReplyDelete
  17. Selamat sore dok, mau tanya dok..
    Saya punya strix seloputo yg ga nafsu makan, padahal makananya sdh saya kasih variasi biar ga bosen, tapi ttp saja ga nafsu dok.. kondisinya skrg masih aktif dok ga ada gejala sakit
    Padahal saya sdh kasih minyak ikan juga tp ga mempan,
    Dari fesesnya kadang normal tp sesekali warna merah hati dgn bau menyengat dok, kira2 itu knp yah dok?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  18. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  19. Dok kenapa ya bubo saya sehari ini murung mata merem gak nafsu makan. Setelah makan ikan. Fasesnya warna hitam putih susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana mas?
      mas kasi mmaka apa?

      coba kasih ebodvit aja, tetesin ke mulutnya..

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.