Tuesday, February 3, 2015

Cara Agar Musang Anteng | Drh. Fira Sovica

Cara agar musang tidak kabur

saat dikeluarkan dari kandang memang banyak ditanyakan kepada saya oleh para owner musang. Banyak orang yang memelihara musang menginginkan agar musangnya anteng, atau tidak kabur-kaburan saat dikeluarkan dari kandang. Hal tersebut sebenarnya mudah saja dilakukan dengan trik-trik tertentu. Kali ini, saya akan menjabarkan lebih lanjut tentang cara agar musang anteng saat dikeluarkan dari kandang. Bagi anda yang baru saja nimbrung di blog saya, saya ucapkan selamat datang. Bagi anda yang ingin memelihara musang bulan, anda bisa membaca cara memelihara musang bulan dengan membaca cara merawat musang bulan. Bagi anda yang memelihara musang pandan, anda bisa membaca cara memelihara musang pandan. Cara merawat musang rase juga bisa anda baca di artikel cara memelihara rase.
Cara Agar Musang Anteng
Image taken from http://www.kaskus.co.id

Cara agar musang anteng di luar kandang

sebenarnya tergantung kepada musang itu sendiri. Seperti yang saya tulis di artikel musang bisa jinak sendiri tanpa dilatih, ada faktor x yang tidak diketahui dalam hal menjinakkan musang. Hal ini karena musang memiliki karakter yang unik, seperti halnya manusia. Ada yang mudah menerima manusia, dan ada pula yang sangat galak kepada manusia. Namun seperti saya tulis di artikel cara menjinakkan musang, pada prinsipnya semua musang bisa dijinakkan. Berhasil atau tidaknya, balik lagi ke usaha anda dalam menjinakkan musang itu sendiri.
Dari paragraf di atas, maka bisa disimpulkan bahwa cara agar musang anteng adalah sebagai berikut:
  • Sering-sering berinteraksi kepada musang.
  • Semakin sering anda berinteraksi dan mengajak main, maka semakin dia mengenal anda. Hal tersebut penting agar terjadinya ikatan antara anda dan musang anda. Musang yang mengenal tuannya akan anteng jika dikeluarkan dari kandang. Makin sering anda berinteraksi dengan musang anda, maka makin terikat dia dengan anda. Anda juga bisa menggendong musang anda di pundak dan membiarkannya berjalan di seantero pundak anda. Sebagai referensi, anda juga bisa membaca artikel cara agar musang bonding.
  • Sering mengelus badan dan sering memberikan makanan dengan cara disuapi (handsfeed).
  • Cara kedua agar musang tidak kabur saat diajak main adalah dengan cara sering mengelus bulu musang. Saya selalu percaya bahwa musang sebenarnya bisa membaca pikiran kita. Semua hewan bisa melakukan hal yang sama. Hal ini pernah saya tulis di artikel imprint pada musang dan hal-hal yang salah dalam menjinakkan musang. Tanamkan cinta kepada musang, jangan takut, lalu biarkan musang menatap mata anda sambil anda mengusap bulu musang. Cara tersebut efektif untuk membuat musang anteng saat dikeluarkan dari kandangnya.
  • Jangan melakukan hal-hal yang tidak dilakukan dalam menjinakkan musang.
  • Ada beberapa hal yang hendaknya tidak dilakukan dalam menjinakkan musang. Hal tersebut pernah saya bahas di artikel hal yang salah dalam menjinakkan musang yang linknya sudah saya cantumkan di poin kedua.
  • Buat musang senyaman mungkin dengan lingkungannya.
  • Melepaskan musang di ruangan rumah (freeroom) dan membiarkannya berkeliling di sekitar rumah adalah cara ketiga agar musang tidak kabur saat dikeluarkan dari kandang. Dengan sering melepaskannya di dalam rumah, dia akan merasa bahwa rumah anda sebagai rumahnya. Dengan begitu dia akan cepat jinak.
  • Sabar.
Hal terpenting dalam menjinakkan hewan buas termasuk musang adalah kesabaran yang tinggi, begitu juga agar musang tidak kabur saat dikeluarkan dari kandang. Kesabaran mutlak diperlukan untuk menjalankan beberapa poin di atas.
Demikian adalah artikel

cara agar musang anteng

. Dari poin-poin cara agar musang tidak kabur di atas, poin yang terpenting adalah kesabaran. Terutama saat anda luka digigit musang. Digigit adalah jamak dalam memelihara musang, maka hendaknya jangan mengeluh saat digigit musang. Kadang saya suka tertawa sendiri saat melihat status owner musang yang mengeluh tangannya terluka digigit musang, kadang disertai dengan foto tangan atau jari yang luka. Lebay banget. Saat digigit musang, anda cukup membersihkan luka dengan larutan air mineral (70%) dan cairan antiseptik (30%), lalu dibalut dengan kain kasa jika darah terus mengucur. Digigit musang gak sefatal digigit ular kobra. Salahsatu kenalan saya koma selama 3 minggu akibat digigit ular kobra peliharaannya, tapi tak sedikitpun dia mengeluh karena dia sadar bahwa itulah resiko memelihara ular kobra. Sekian mengenai cara agar musang tenang saat dikeluarkan dari kandang ini. Terima kasih. (FS)

265 comments

«Oldest   ‹Older   201 – 265 of 265   Newer›   Newest»

itu artinya dia belum begitu kenal sama masnya.
mending jinakkan dulu. setidaknya biar dia kenal sama masnya.

silakan baca artikel di atas...

Alhamdulillah dokk musangnya udah agak mendingan, udah mau makan sama pupnya juga udah lancar jayaa :D makasih banyak yaa buu dokterr

waaah, saya ikut senang. :D
kabari terus ya mas

Dok kok musang saya kalo di freeroom ditinggal sebentar di kamar saya kok jadi galak yah tapi kalo dah dipegang dielus sebentar jadi jinak lagi gimana caranya biar di freeroom ditinggal biar ga galak lagi musang ku pandan umur 6 bulan

emang kadang ada musang yang kayak gitu, mas.
wajar kok.
mas pelihara dia udah berapa lama?

saran saya, lebih sering main bareng lagi. dia galak karena dia belum percaya sepenuhnya sama masnya, makanya dia suka galak lagi. kalau masnya gak merokok juga mas bisa taro kaos bekas pakai yang masih bau keringet di kandangnya, biar dia bisa cium bau tubuh mas terus....

lebih sering diajak main lagi....

Baru 2 mingguan, beli nya dia galak banget tapi sekarang y gitu deh jinak,tapi kalo di freeroom galak lagi dielus sebentar jinak lagi makasih saran nya saya coba praktekan

sip. maaf karena baru balas.
jangan lupa kabari lagi

ass Bu dokter mau tanya,,, bolehka cara menjinakkan musang dgn pakai sarung tangan??
jika musangnya nyerang tangan langsung kita sodori ke mulutnya??
itu bklan cpt jinak AP mlh stres ya nantinya.
terimakasih

kalau emang gigitannya masih sangat berbahaya dan bisa menyebabkan luka serius, gak apa2 pake sarung tangan dulu mas. maaf karena baru balas... :)

Pagy donk...mwu tanya...omank (musang jantan) umur kira2 setahun lebih..
Kok musang sy sering kentut ya dok..?? Sya kasi makan kepala ayam rebus yg d mix sama nasi dok...
Kadang juga diselingi pisang..krn gk mwu makan pepaya..
Pup ny kuning berbentuk...gk encer..tp sdkit lembek..
Apakah ad masalah ya dok??
Sama mwu tanya...buluny jg rontok dok waktu d elus ..trutama d punggung dket ekor..
Sama cuaca hujan ngaruh gk dok bikin dy males n tidur trus...??
Maf ya dok bnyak tanya lg...heheheh

sehat dan wajar kok.
mungkin ayamnya aja yang harus mas cek. fresh atau nggak. karena bisa jadi ayamnya udah gak fresh atau kelamaan. makanya dia menghasilkan banyak gas di dalam perut musangnya. suka bunyi juga gak perutnya?

untuk bulunya yang suka rontok, mas bisa kasih minyak kemiri khusus musang. udah ada artikelnya, MINYAK KEMIRI KHUSUS MUSANG.

iya, cuaca kalo dingin dia suka males-malesan. wajar kok. tapi selama dia masih mau makan, dan fesesnya gak mencret kayak air, saya kira dia masih sehat....

gak apa2, mas. malah saya yang minta maaf karena baru balas. kemaren sibuk banget. kabari terus

Perut ny gk pernah q denger bunyi sih dok...cuma kentut aja...
Dok mwu tanya lg ya...hehehe
Gimana cara ny musang biar gk bau...
Omank bau kaya anjing lama gk mandi...padahal 2 hari sekali q mandiin...beberapa jam hbis mandi bau dah lg...
Ap ad parfum bwt musang ya...??
Soal ny q pngen ajarin freeroom...biar nanti kalo naik kasur atau tmpat lain gk ninggalin bau ma bulu...soal ny d tangan n pakaian sering nempel bau ny..
Sama kalo pake minyak kemiri gk malah bau tengik ya dok..???
Kaya minyak kelapa lama gitu..

sering2 dimandikan aja mas. terus abis dimandikan, kasih hair lotion buat bayi.

pake minyak kemiri yang khusus musang juga bisa. gak tengik kok. :)
udah ada artikel MINYAK KEMIRI KHUSUS MUSANG

Q dah pernah inbox yg jual ny dok,fb yg dokter saranin...gk ad respon sama sekali...
Jd q beli via lazada dngn merk yg berbeda...bau ny ya agak tengik...gk jd q pakein..hehehe..
Ad solusi lainkah dok...???hehhehe maf q cerewet...

coba aja langsung WA ke dia, mas... :)
kalo fb mungkin agak lama....

atau kalau mau pake merk yang beda juga gak apa2. mau opsi lain? mas bisa pake hair lotion merk cusson. kan harum tuh... :)

gak apa2, hehehe. dan maaf karena saya baru balas... :(

Sy sudah coba pake minyak kemiri dok...baru sekali sy pakein sih...tp bsok ny pas sy elus bulu yg rontok pas nempel di tangan gk sebanyak sebelumnny...yah lumayan berkurang lah...bulu ny juga kliatan lbh mengkilap walaupun bau ny kaya kemiri gosong...tp gpp lah...asal gk rontok aja...kasian kalo si omank botak...heehh
Makasi banyak info ny ya dok...
Lain x q tanya2 lg...
Moga dokter sehat selalu ya...

Maf dok kelupaan...fungsi hair lotion sama minyak kemiri sama gk...???
Trus pemakaian ny bisa d pakai bareng gk..???
Kaya sehabis mandi di pakein minyak kemiri...trus esok hari ny d pakein hair lotion...
Kira2 ad mslah gk ya...???
Soal ny biar bisa nutupin bau minyak kemiri yg bau kemiri gosong...heheheh
Sama 1 lg...minyak kemiri yg q beli gk sengaja tumpah dikit d lantai..trus tumpahan ny d kerubungi semut...itu bisa jadi indikasi kalo minyak ny gk pake bahan kimia gk???

mendekati sih mas. lebih bagus minyak kemiri. kalo hair lotion kan menang harum aja... :)

mending gunakan salahsatu aja mas...

atau gunakan kayak yang mas tanyakan: digunakan selang seling...

mas pake minyak kemiri merk apa?
gak apa2 kok...

Assalamualaikum dok,maaf saya mau nanya sedikit dok,kan saya baru dikasih musang sama temen saya dok,nah gigi yang bagian depannya dipangkur/dipotong dok,kalo saya boleh tau supaya giginya cepat numbuh di kasih asupan apa ya dok ???
& saya mau nanya lagi,kenapa musang saya kalo ditaro dikandang sehabis di mandikan kok gak bisa diem ya dok???

Mohon jawabannya dok..
Maaf owner pemula.

Musang saya umurnya sekitar ±3bulan keatas dok..


Terimakasih sebelumnya dok ..

Assalamu'alaikum mba
Saya mau nanya kalo beli minyak ikan dimana ya??
Terimakasih­čśŐ
Wassalamu'alaikum

Assalamu'alaikum mba
Saya mau nanya kalo beli minyak ikan dimana ya?
Termikasih­čśŐ
Wassalamu'alaikum

gak ada suplemen untuk mempercepat pertumbuhan gigi musang, mas...

Sy pake mnyk kemiri merk al khodry dok...tp sy dah gk pake lg...
Ternyta omank jamuran...
Kulit ny ad merah2 ny...
Skrang masih sy coba mandikan pake detol antiseptik...semoga cpt ilank jamur ny
Dok mwu tanya...kalo musang dijemur tiap hari pas pagy2 gpp ya dok???
Sama ad cara biar jamur ny cpt ilang gk??
Selain pake dettol???

sip. kalo boleh saya saran, mending pake shampoo khusus kucing aja mas. gak apa2 kok, bisa buat musang juga.
gak apa2 musang dijemur tiap hari, tapi ada caranya. gak boleh sembarangan. karena salah2 malah bisa bikin musangnya katarak....

Sampo kucing bisa bwt ngobatin jamuran ny dok???
Habis dimandikan merah d kulit ny nghilang...tp bsok ny pasti ada lagi...mirip bubuk cabe gitu warna ny..tp nempel d kulit...yah mirip kaya kotoran telinga musang ny..
Garuk2 dy...tp gk sering...cuma beberapa wktu aja...

Dok Musang saya Umur 4Bulan Keatas kira-kira bisa jinak ga??,terus kalo udah pake botol dielus elus diem aja dia itu tandanya udah jinak/masih galak dok

saya dulu punya musang tangkapan liar umur setahun, dan masih bisa jinak, mas. jadi tergantung kita sabar atau nggak. kalau sabar, pasti jinak.

kalau mau yang cepet jinak, mending pilih yang anakan...

kayaknya sih masih perlu manning dan penjinakan lagi, mas. jadi, jangan nyerah ya. semangat. pasti bisa jinak kok... :)

Saya Mao tanya dok . Muspan saya umur kurleb 2-3 bulan ,, itu kalo di freeroom selalu ngacir .. padahal saya sudah mengikuti metode dokter di atas , malah sejak muspan saya masih spet . Tp masih ngacir juga kalo dibawah ,, mohon pencerahannya hehe ..

dok apa bener kalo muspan serinf d mandiin bakal cepet jinaj?
saya punya muspan umur 3 bulan. jinam ga pernah gigit. cuman kalo d lepas suka kabur mulu..

udah saya jelaskan di artikel "MEMANDIKAN MUSANG BISA BIKIN MUSANG CEPAT JINAK, BENARKAH" :)

Permisi dok numpang tanya,saya punya musang umur kurang lebih 3 bulan karakter jinak total tetapi kenapa ya kalau dilepas didalam rumah/pas gathering tidak bisa anteng tapi ga kabur,mungkin ada solusi biar lebih anteng

nggak bisa anteng tapi nggak kabur itu maksudnya gimana ya mas? :D

menurut saya, dia gak kabur juga udah bagus kok. kalo mas maunya dia diem terus nggak pecicilan, malah mengkhawatirkan kalau dia begitu. karena biasanya musang sakit ya kayak gitu.

kalo dia pecicilan, setidaknya dia sehat. :)

Oke baik dok,terima kasih sarannya,maaf kalau ada kata2 yang salah

saya tunggu kabarnya lagi ya mas... :)

Dok aq baru beli muspan 2.5 bulan..
Dia gk mau dipegang terus2an gigit..
Trus kapan ngasih makan.e.. Dia blom bisa makan sendiri..
Trimakasih

ya udah, kasih makan aja. gak apa2 kok.
kalo soal gigit2, umur segitu emang masih seneng main2 gigit2an. wajar kok.

Dok mau tanya lagi nih..
Muspan umur 3 blanku kalau di keluarin kadang2 posisiya kayak mau pipis.. Direndahin gitu pantatnya.. Tpi dia gk pipis.. Itu kenapa ya..??

hay dok mau tanya untuk kesekian kalinya..
Untuk vaksin apa musang wajib di vaksin dok..??

Selamat siang dokter saya mau tanya nih, saya punya musang umur 2bulanansaya dah pelihara dari umur 2minggu, sampe sekarang dari leher sampe perutnya tidak berbulu/botak bisa tumbuh ga dok bulunya,dan ga mau makan sendiri, gmn caranya biar bisa makan sendiri dok,
Terimakasih dokter infonya

coba aja mas taro bubur bayi promina di kandangnya. dibuat agak kental gitu, jangan terlalu encer. biar dia makan sendiri.

soal bulunya, nanti dia akan tumbuh sendiri...

halo mbak, apa kabar? :D
untuk lebih tepatnya, mending langsung hubungi dokter hewan aja, mbak... paling kayak biasa, rabies dan HCP...

soal muspan yang suka ngeden2 gitu, itu wajar kok...

dok muspan sy skrng umur 1 setengah tahun .. Knp ya dok skrg jd ky agresif banget .. Kalo dilepas juga maunya naikin tangan saya aja. kaya kawin gitu. Gigit mainannya juga jadi sakit betul

dok muspan sy skrng umur 1 setengah tahun .. Knp ya dok skrg jd ky agresif banget .. Kalo dilepas juga maunya naikin tangan saya aja. kaya kawin gitu. Gigit mainannya juga jadi sakit betul

sangat amat wajar. :)
yang saya seneng, dia mau naik ke tangan mas. entah kenapa, bisa jadi karena birahi. apalagi kalo sambil gesek2 kelaminnya di tangan mas gitu.... kenapa nggak dikawinin aja?

soal gigit, wajar banget kok. :)

sakit? ya emang sakit, hehehe. tinggal dijinakkin aja kali mas.

Susah cari betinanya dok.. Rata2 org jual yg msh kecil, ada yg sdh bsr tp liar.. Oh ya dok sy ada tanya2 dikomunitas itu katanya kalo muspan lagi birahi jd tambah agresif.. Emng btl ya dok

iya. udah saya bahas di artikel ciri musang birahi.,.. :)

Dokter kalo ngasih makan bayi musang 2× sehari boleh ga?

udah ada artikelnya, cara memelihara bayi musang...

Hallo mau nanya dong, gimana sih cara agar musang kita mau main sama hewan lainnya misalnya kucing, jadi saya itu baru aja melihara kucing, terus musang saya itu jealous, dia marah dan hampir gigit kucing saya, padahal sebelumnya dia gak pernah begitu, jadi gimana ya supaya mereka akur?.

Oh ya satu lagi musang saya itu tipikal freerom, nah kucing yang baru dateng itu kan masih kecil yaa... Jadi saya sama papah saya tuh maunya dia main bareng :'V tapi ya gitu si musangnya ngambek, kuping kucing saya juga hampir digigit walaupun gak kenapa kenapa tetap aja saya was-was, selain itu padahal sebelumnya musang saya tuh gak masalah kalo ngeliat kucing tapi baru-baru ini dia ngeliat kelinci sama ayam maunya ngejar-ngejar, jadi gimana yaa supaya dia gak kayak gitu lagi, kalo bisa sih akur sama kucing saya..

sementara musangnya jangan di freeroom dulu. biarin kucingnya aja yang freeroom, musangnya cukup di dalam kandangnya aja, dan usahakan agar si musang sering melihar si kucing. tujuannya agar si musang mengenali si kucing dulu. setelah beberapa minggu, bisa coba disatuin.

Oh iya dok, dari kemarin kalau makanan kucingnya sisa dikasih ke musang saya, kata papah saya biar kenal baunya.. Itu gpp dok?, terus kemarin itu musang saya keluar kandang, nah posisi saya lagi ngringin bulu kucing pake hairdryer, terus musangnya itu deketin saya, karena saya takut, musang saya itu kan takut hairdryer jadi kemarin biar dia gak deketin saya takut takutin pake hairdryer :'v.

hmm, sebenernya secara visual, dia bisa mengenali kok. lagian kalau hanya baunya, secara prinsip musang dan kucing memiliki bau alami yang berbeda. jadi saya rasa nggak perlu sisa makanan kucing diberikan ke musang. apalagi nanti ada resiko bakteri dari si kucing malah kena ke musangnya....

kalau emang musangnya masih takut hairdryer, cukup keringkan aja musangnya pake handuk kering, mbak... setelah itu jemur... tapi jangan sembarangan... salah jemur malah bisa bikin katarak... cek artikel cara menjemur musang...

Ok dok, itu maksud saya kemarin musang saya mau deketin saya lagi ngeringin bulu kucing saya, nah terus musang saya itu deketin saya. Karena dia takut hairdryer makanya saya takut takutin dia pake hairdryer biar gak ngedeketin saya... Terus kan musang saya mulai nerima kehadiran kucingnya, udah gak kayak kemarin yang ngambek gak mau makan sama main sama saya, sekarang dia udah mulai mau main sama saya terus udah mulai mau makan kaya biasanya, oh yaa sama satu lagi musang saya itu gak terlalu suka makan pisang tapi dia suka banget makan pepaya itu gpp dok?.

gak apa2 kok. malah bagus, karena pepaya sebenernya lebih bagus dari pisang.... :D

sekarang gimana dia sama kucingnya, mbak? masih anteng dan mau temenan? :D

Yaa masih begitu..., kucingnya saya masih belum berani buat nyatuinnya, soalnya kucingnya masih umur satu bulan lebih, sedangkan musangnya udah jalan delapan bulan, tapi kalo tatap-tatapan udah sering, si kucingnya kepo mau nya ngeliatin musangnya kadang sampe saya takut ngeliatnya, soalnya musangnya juga geregetan ngeliat kucingnya.... Pas dia ngeliat kucingnya kayak mau ngegigit gitu... Tapi waktu kucingnya yang saya kandangin terus musangnya saya keluarin, musangnya yang gantian ngeliatin kucingnya

dok agar musang saya anteng di luar dan di dalam kandang

dok agar musang saya anteng di luar dan di dalam kandang

hehehehe, udah ada perubahan. bagus kok. lanjutkan aja lagi, mbak... :D

makan bagus? fesesnya gak mencret? :)

kabari terus

silakan baca artikel di atas... :D

dok kalau musang hbs perjalanan jauh (kira2 1jam ) trs langsung lemes terus susah makan itu knp ya dok.. tlg solusinya dok .. mksh

dok lokasi kliniknya dokter di jakarta? kalau mau chek kondisi dan usia anak musang bisa ga ya?? kebetulan 2 minggu lalu ada anak musang nyasar di rmh dan saya tangkap buat saya pelihara.. skrg dia msh penakut tp udh ga galak2 bgt gigitnya lbh pelan awal2 aja agak ngaget gigitnya tp tdk seperti pas pertama nangkep.

saya nggak buka klink, mas. klink saya ya di sini. di blog ini...

kasih makan bubur bayi promina, mas. jangan dikasih susu. :)

Dok kalo anakan musang di ujung lidah deket tenggorokannya kaya merah gitu knp ya.. Cuma diujungnya itu aja yg merah dok. Trs jadi susah makan dok

«Oldest   ‹Older   201 – 265 of 265   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.