Cara Agar Musang Anteng | Drh. Fira Sovica

Cara agar musang tidak kabur

saat dikeluarkan dari kandang memang banyak ditanyakan kepada saya oleh para owner musang. Banyak orang yang memelihara musang menginginkan agar musangnya anteng, atau tidak kabur-kaburan saat dikeluarkan dari kandang. Hal tersebut sebenarnya mudah saja dilakukan dengan trik-trik tertentu. Kali ini, saya akan menjabarkan lebih lanjut tentang cara agar musang anteng saat dikeluarkan dari kandang. Bagi anda yang baru saja nimbrung di blog saya, saya ucapkan selamat datang. Bagi anda yang ingin memelihara musang bulan, anda bisa membaca cara memelihara musang bulan dengan membaca cara merawat musang bulan. Bagi anda yang memelihara musang pandan, anda bisa membaca cara memelihara musang pandan. Cara merawat musang rase juga bisa anda baca di artikel cara memelihara rase.
Cara Agar Musang Anteng
Image taken from http://www.kaskus.co.id

Cara agar musang anteng di luar kandang

sebenarnya tergantung kepada musang itu sendiri. Seperti yang saya tulis di artikel musang bisa jinak sendiri tanpa dilatih, ada faktor x yang tidak diketahui dalam hal menjinakkan musang. Hal ini karena musang memiliki karakter yang unik, seperti halnya manusia. Ada yang mudah menerima manusia, dan ada pula yang sangat galak kepada manusia. Namun seperti saya tulis di artikel cara menjinakkan musang, pada prinsipnya semua musang bisa dijinakkan. Berhasil atau tidaknya, balik lagi ke usaha anda dalam menjinakkan musang itu sendiri.
Dari paragraf di atas, maka bisa disimpulkan bahwa cara agar musang anteng adalah sebagai berikut:
  • Sering-sering berinteraksi kepada musang.
  • Semakin sering anda berinteraksi dan mengajak main, maka semakin dia mengenal anda. Hal tersebut penting agar terjadinya ikatan antara anda dan musang anda. Musang yang mengenal tuannya akan anteng jika dikeluarkan dari kandang. Makin sering anda berinteraksi dengan musang anda, maka makin terikat dia dengan anda. Anda juga bisa menggendong musang anda di pundak dan membiarkannya berjalan di seantero pundak anda. Sebagai referensi, anda juga bisa membaca artikel cara agar musang bonding.
  • Sering mengelus badan dan sering memberikan makanan dengan cara disuapi (handsfeed).
  • Cara kedua agar musang tidak kabur saat diajak main adalah dengan cara sering mengelus bulu musang. Saya selalu percaya bahwa musang sebenarnya bisa membaca pikiran kita. Semua hewan bisa melakukan hal yang sama. Hal ini pernah saya tulis di artikel imprint pada musang dan hal-hal yang salah dalam menjinakkan musang. Tanamkan cinta kepada musang, jangan takut, lalu biarkan musang menatap mata anda sambil anda mengusap bulu musang. Cara tersebut efektif untuk membuat musang anteng saat dikeluarkan dari kandangnya.
  • Jangan melakukan hal-hal yang tidak dilakukan dalam menjinakkan musang.
  • Ada beberapa hal yang hendaknya tidak dilakukan dalam menjinakkan musang. Hal tersebut pernah saya bahas di artikel hal yang salah dalam menjinakkan musang yang linknya sudah saya cantumkan di poin kedua.
  • Buat musang senyaman mungkin dengan lingkungannya.
  • Melepaskan musang di ruangan rumah (freeroom) dan membiarkannya berkeliling di sekitar rumah adalah cara ketiga agar musang tidak kabur saat dikeluarkan dari kandang. Dengan sering melepaskannya di dalam rumah, dia akan merasa bahwa rumah anda sebagai rumahnya. Dengan begitu dia akan cepat jinak.
  • Sabar.
Hal terpenting dalam menjinakkan hewan buas termasuk musang adalah kesabaran yang tinggi, begitu juga agar musang tidak kabur saat dikeluarkan dari kandang. Kesabaran mutlak diperlukan untuk menjalankan beberapa poin di atas.
Demikian adalah artikel

cara agar musang anteng

. Dari poin-poin cara agar musang tidak kabur di atas, poin yang terpenting adalah kesabaran. Terutama saat anda luka digigit musang. Digigit adalah jamak dalam memelihara musang, maka hendaknya jangan mengeluh saat digigit musang. Kadang saya suka tertawa sendiri saat melihat status owner musang yang mengeluh tangannya terluka digigit musang, kadang disertai dengan foto tangan atau jari yang luka. Lebay banget. Saat digigit musang, anda cukup membersihkan luka dengan larutan air mineral (70%) dan cairan antiseptik (30%), lalu dibalut dengan kain kasa jika darah terus mengucur. Digigit musang gak sefatal digigit ular kobra. Salahsatu kenalan saya koma selama 3 minggu akibat digigit ular kobra peliharaannya, tapi tak sedikitpun dia mengeluh karena dia sadar bahwa itulah resiko memelihara ular kobra. Sekian mengenai cara agar musang tenang saat dikeluarkan dari kandang ini. Terima kasih. (FS)

344 Responses to "Cara Agar Musang Anteng"

  1. waaah, saya ikut senang. :D
    kabari terus ya mas

    ReplyDelete
  2. Dok kok musang saya kalo di freeroom ditinggal sebentar di kamar saya kok jadi galak yah tapi kalo dah dipegang dielus sebentar jadi jinak lagi gimana caranya biar di freeroom ditinggal biar ga galak lagi musang ku pandan umur 6 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang ada musang yang kayak gitu, mas.
      wajar kok.
      mas pelihara dia udah berapa lama?

      saran saya, lebih sering main bareng lagi. dia galak karena dia belum percaya sepenuhnya sama masnya, makanya dia suka galak lagi. kalau masnya gak merokok juga mas bisa taro kaos bekas pakai yang masih bau keringet di kandangnya, biar dia bisa cium bau tubuh mas terus....

      lebih sering diajak main lagi....

      Delete
  3. Baru 2 mingguan, beli nya dia galak banget tapi sekarang y gitu deh jinak,tapi kalo di freeroom galak lagi dielus sebentar jinak lagi makasih saran nya saya coba praktekan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. maaf karena baru balas.
      jangan lupa kabari lagi

      Delete
    2. ass Bu dokter mau tanya,,, bolehka cara menjinakkan musang dgn pakai sarung tangan??
      jika musangnya nyerang tangan langsung kita sodori ke mulutnya??
      itu bklan cpt jinak AP mlh stres ya nantinya.
      terimakasih

      Delete
    3. kalau emang gigitannya masih sangat berbahaya dan bisa menyebabkan luka serius, gak apa2 pake sarung tangan dulu mas. maaf karena baru balas... :)

      Delete
  4. Pagy donk...mwu tanya...omank (musang jantan) umur kira2 setahun lebih..
    Kok musang sy sering kentut ya dok..?? Sya kasi makan kepala ayam rebus yg d mix sama nasi dok...
    Kadang juga diselingi pisang..krn gk mwu makan pepaya..
    Pup ny kuning berbentuk...gk encer..tp sdkit lembek..
    Apakah ad masalah ya dok??
    Sama mwu tanya...buluny jg rontok dok waktu d elus ..trutama d punggung dket ekor..
    Sama cuaca hujan ngaruh gk dok bikin dy males n tidur trus...??
    Maf ya dok bnyak tanya lg...heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehat dan wajar kok.
      mungkin ayamnya aja yang harus mas cek. fresh atau nggak. karena bisa jadi ayamnya udah gak fresh atau kelamaan. makanya dia menghasilkan banyak gas di dalam perut musangnya. suka bunyi juga gak perutnya?

      untuk bulunya yang suka rontok, mas bisa kasih minyak kemiri khusus musang. udah ada artikelnya, MINYAK KEMIRI KHUSUS MUSANG.

      iya, cuaca kalo dingin dia suka males-malesan. wajar kok. tapi selama dia masih mau makan, dan fesesnya gak mencret kayak air, saya kira dia masih sehat....

      gak apa2, mas. malah saya yang minta maaf karena baru balas. kemaren sibuk banget. kabari terus

      Delete
  5. Perut ny gk pernah q denger bunyi sih dok...cuma kentut aja...
    Dok mwu tanya lg ya...hehehe
    Gimana cara ny musang biar gk bau...
    Omank bau kaya anjing lama gk mandi...padahal 2 hari sekali q mandiin...beberapa jam hbis mandi bau dah lg...
    Ap ad parfum bwt musang ya...??
    Soal ny q pngen ajarin freeroom...biar nanti kalo naik kasur atau tmpat lain gk ninggalin bau ma bulu...soal ny d tangan n pakaian sering nempel bau ny..
    Sama kalo pake minyak kemiri gk malah bau tengik ya dok..???
    Kaya minyak kelapa lama gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 dimandikan aja mas. terus abis dimandikan, kasih hair lotion buat bayi.

      pake minyak kemiri yang khusus musang juga bisa. gak tengik kok. :)
      udah ada artikel MINYAK KEMIRI KHUSUS MUSANG

      Delete
  6. Q dah pernah inbox yg jual ny dok,fb yg dokter saranin...gk ad respon sama sekali...
    Jd q beli via lazada dngn merk yg berbeda...bau ny ya agak tengik...gk jd q pakein..hehehe..
    Ad solusi lainkah dok...???hehhehe maf q cerewet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja langsung WA ke dia, mas... :)
      kalo fb mungkin agak lama....

      atau kalau mau pake merk yang beda juga gak apa2. mau opsi lain? mas bisa pake hair lotion merk cusson. kan harum tuh... :)

      gak apa2, hehehe. dan maaf karena saya baru balas... :(

      Delete
  7. Sy sudah coba pake minyak kemiri dok...baru sekali sy pakein sih...tp bsok ny pas sy elus bulu yg rontok pas nempel di tangan gk sebanyak sebelumnny...yah lumayan berkurang lah...bulu ny juga kliatan lbh mengkilap walaupun bau ny kaya kemiri gosong...tp gpp lah...asal gk rontok aja...kasian kalo si omank botak...heehh
    Makasi banyak info ny ya dok...
    Lain x q tanya2 lg...
    Moga dokter sehat selalu ya...

    ReplyDelete
  8. Maf dok kelupaan...fungsi hair lotion sama minyak kemiri sama gk...???
    Trus pemakaian ny bisa d pakai bareng gk..???
    Kaya sehabis mandi di pakein minyak kemiri...trus esok hari ny d pakein hair lotion...
    Kira2 ad mslah gk ya...???
    Soal ny biar bisa nutupin bau minyak kemiri yg bau kemiri gosong...heheheh
    Sama 1 lg...minyak kemiri yg q beli gk sengaja tumpah dikit d lantai..trus tumpahan ny d kerubungi semut...itu bisa jadi indikasi kalo minyak ny gk pake bahan kimia gk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendekati sih mas. lebih bagus minyak kemiri. kalo hair lotion kan menang harum aja... :)

      mending gunakan salahsatu aja mas...

      atau gunakan kayak yang mas tanyakan: digunakan selang seling...

      mas pake minyak kemiri merk apa?
      gak apa2 kok...

      Delete
  9. Assalamualaikum dok,maaf saya mau nanya sedikit dok,kan saya baru dikasih musang sama temen saya dok,nah gigi yang bagian depannya dipangkur/dipotong dok,kalo saya boleh tau supaya giginya cepat numbuh di kasih asupan apa ya dok ???
    & saya mau nanya lagi,kenapa musang saya kalo ditaro dikandang sehabis di mandikan kok gak bisa diem ya dok???

    Mohon jawabannya dok..
    Maaf owner pemula.

    Musang saya umurnya sekitar ±3bulan keatas dok..


    Terimakasih sebelumnya dok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada suplemen untuk mempercepat pertumbuhan gigi musang, mas...

      Delete
  10. Assalamu'alaikum mba
    Saya mau nanya kalo beli minyak ikan dimana ya??
    Terimakasih😊
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum mba
    Saya mau nanya kalo beli minyak ikan dimana ya?
    Termikasih😊
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  12. Sy pake mnyk kemiri merk al khodry dok...tp sy dah gk pake lg...
    Ternyta omank jamuran...
    Kulit ny ad merah2 ny...
    Skrang masih sy coba mandikan pake detol antiseptik...semoga cpt ilank jamur ny
    Dok mwu tanya...kalo musang dijemur tiap hari pas pagy2 gpp ya dok???
    Sama ad cara biar jamur ny cpt ilang gk??
    Selain pake dettol???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. kalo boleh saya saran, mending pake shampoo khusus kucing aja mas. gak apa2 kok, bisa buat musang juga.
      gak apa2 musang dijemur tiap hari, tapi ada caranya. gak boleh sembarangan. karena salah2 malah bisa bikin musangnya katarak....

      Delete
  13. Sampo kucing bisa bwt ngobatin jamuran ny dok???
    Habis dimandikan merah d kulit ny nghilang...tp bsok ny pasti ada lagi...mirip bubuk cabe gitu warna ny..tp nempel d kulit...yah mirip kaya kotoran telinga musang ny..
    Garuk2 dy...tp gk sering...cuma beberapa wktu aja...

    ReplyDelete
  14. Dok Musang saya Umur 4Bulan Keatas kira-kira bisa jinak ga??,terus kalo udah pake botol dielus elus diem aja dia itu tandanya udah jinak/masih galak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu punya musang tangkapan liar umur setahun, dan masih bisa jinak, mas. jadi tergantung kita sabar atau nggak. kalau sabar, pasti jinak.

      kalau mau yang cepet jinak, mending pilih yang anakan...

      kayaknya sih masih perlu manning dan penjinakan lagi, mas. jadi, jangan nyerah ya. semangat. pasti bisa jinak kok... :)

      Delete
  15. Saya Mao tanya dok . Muspan saya umur kurleb 2-3 bulan ,, itu kalo di freeroom selalu ngacir .. padahal saya sudah mengikuti metode dokter di atas , malah sejak muspan saya masih spet . Tp masih ngacir juga kalo dibawah ,, mohon pencerahannya hehe ..

    ReplyDelete
  16. dok apa bener kalo muspan serinf d mandiin bakal cepet jinaj?
    saya punya muspan umur 3 bulan. jinam ga pernah gigit. cuman kalo d lepas suka kabur mulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya jelaskan di artikel "MEMANDIKAN MUSANG BISA BIKIN MUSANG CEPAT JINAK, BENARKAH" :)

      Delete
  17. Permisi dok numpang tanya,saya punya musang umur kurang lebih 3 bulan karakter jinak total tetapi kenapa ya kalau dilepas didalam rumah/pas gathering tidak bisa anteng tapi ga kabur,mungkin ada solusi biar lebih anteng

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa anteng tapi nggak kabur itu maksudnya gimana ya mas? :D

      menurut saya, dia gak kabur juga udah bagus kok. kalo mas maunya dia diem terus nggak pecicilan, malah mengkhawatirkan kalau dia begitu. karena biasanya musang sakit ya kayak gitu.

      kalo dia pecicilan, setidaknya dia sehat. :)

      Delete
  18. Oke baik dok,terima kasih sarannya,maaf kalau ada kata2 yang salah

    ReplyDelete
  19. Dok aq baru beli muspan 2.5 bulan..
    Dia gk mau dipegang terus2an gigit..
    Trus kapan ngasih makan.e.. Dia blom bisa makan sendiri..
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah, kasih makan aja. gak apa2 kok.
      kalo soal gigit2, umur segitu emang masih seneng main2 gigit2an. wajar kok.

      Delete
  20. Dok mau tanya lagi nih..
    Muspan umur 3 blanku kalau di keluarin kadang2 posisiya kayak mau pipis.. Direndahin gitu pantatnya.. Tpi dia gk pipis.. Itu kenapa ya..??

    ReplyDelete
  21. hay dok mau tanya untuk kesekian kalinya..
    Untuk vaksin apa musang wajib di vaksin dok..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak, apa kabar? :D
      untuk lebih tepatnya, mending langsung hubungi dokter hewan aja, mbak... paling kayak biasa, rabies dan HCP...

      soal muspan yang suka ngeden2 gitu, itu wajar kok...

      Delete
  22. Selamat siang dokter saya mau tanya nih, saya punya musang umur 2bulanansaya dah pelihara dari umur 2minggu, sampe sekarang dari leher sampe perutnya tidak berbulu/botak bisa tumbuh ga dok bulunya,dan ga mau makan sendiri, gmn caranya biar bisa makan sendiri dok,
    Terimakasih dokter infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mas taro bubur bayi promina di kandangnya. dibuat agak kental gitu, jangan terlalu encer. biar dia makan sendiri.

      soal bulunya, nanti dia akan tumbuh sendiri...

      Delete
  23. dok muspan sy skrng umur 1 setengah tahun .. Knp ya dok skrg jd ky agresif banget .. Kalo dilepas juga maunya naikin tangan saya aja. kaya kawin gitu. Gigit mainannya juga jadi sakit betul

    ReplyDelete
  24. dok muspan sy skrng umur 1 setengah tahun .. Knp ya dok skrg jd ky agresif banget .. Kalo dilepas juga maunya naikin tangan saya aja. kaya kawin gitu. Gigit mainannya juga jadi sakit betul

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat amat wajar. :)
      yang saya seneng, dia mau naik ke tangan mas. entah kenapa, bisa jadi karena birahi. apalagi kalo sambil gesek2 kelaminnya di tangan mas gitu.... kenapa nggak dikawinin aja?

      soal gigit, wajar banget kok. :)

      sakit? ya emang sakit, hehehe. tinggal dijinakkin aja kali mas.

      Delete
  25. Susah cari betinanya dok.. Rata2 org jual yg msh kecil, ada yg sdh bsr tp liar.. Oh ya dok sy ada tanya2 dikomunitas itu katanya kalo muspan lagi birahi jd tambah agresif.. Emng btl ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. udah saya bahas di artikel ciri musang birahi.,.. :)

      Delete
  26. Dokter kalo ngasih makan bayi musang 2× sehari boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, cara memelihara bayi musang...

      Delete
  27. Hallo mau nanya dong, gimana sih cara agar musang kita mau main sama hewan lainnya misalnya kucing, jadi saya itu baru aja melihara kucing, terus musang saya itu jealous, dia marah dan hampir gigit kucing saya, padahal sebelumnya dia gak pernah begitu, jadi gimana ya supaya mereka akur?.

    ReplyDelete
  28. Oh ya satu lagi musang saya itu tipikal freerom, nah kucing yang baru dateng itu kan masih kecil yaa... Jadi saya sama papah saya tuh maunya dia main bareng :'V tapi ya gitu si musangnya ngambek, kuping kucing saya juga hampir digigit walaupun gak kenapa kenapa tetap aja saya was-was, selain itu padahal sebelumnya musang saya tuh gak masalah kalo ngeliat kucing tapi baru-baru ini dia ngeliat kelinci sama ayam maunya ngejar-ngejar, jadi gimana yaa supaya dia gak kayak gitu lagi, kalo bisa sih akur sama kucing saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara musangnya jangan di freeroom dulu. biarin kucingnya aja yang freeroom, musangnya cukup di dalam kandangnya aja, dan usahakan agar si musang sering melihar si kucing. tujuannya agar si musang mengenali si kucing dulu. setelah beberapa minggu, bisa coba disatuin.

      Delete
  29. Oh iya dok, dari kemarin kalau makanan kucingnya sisa dikasih ke musang saya, kata papah saya biar kenal baunya.. Itu gpp dok?, terus kemarin itu musang saya keluar kandang, nah posisi saya lagi ngringin bulu kucing pake hairdryer, terus musangnya itu deketin saya, karena saya takut, musang saya itu kan takut hairdryer jadi kemarin biar dia gak deketin saya takut takutin pake hairdryer :'v.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sebenernya secara visual, dia bisa mengenali kok. lagian kalau hanya baunya, secara prinsip musang dan kucing memiliki bau alami yang berbeda. jadi saya rasa nggak perlu sisa makanan kucing diberikan ke musang. apalagi nanti ada resiko bakteri dari si kucing malah kena ke musangnya....

      kalau emang musangnya masih takut hairdryer, cukup keringkan aja musangnya pake handuk kering, mbak... setelah itu jemur... tapi jangan sembarangan... salah jemur malah bisa bikin katarak... cek artikel cara menjemur musang...

      Delete
  30. Ok dok, itu maksud saya kemarin musang saya mau deketin saya lagi ngeringin bulu kucing saya, nah terus musang saya itu deketin saya. Karena dia takut hairdryer makanya saya takut takutin dia pake hairdryer biar gak ngedeketin saya... Terus kan musang saya mulai nerima kehadiran kucingnya, udah gak kayak kemarin yang ngambek gak mau makan sama main sama saya, sekarang dia udah mulai mau main sama saya terus udah mulai mau makan kaya biasanya, oh yaa sama satu lagi musang saya itu gak terlalu suka makan pisang tapi dia suka banget makan pepaya itu gpp dok?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 kok. malah bagus, karena pepaya sebenernya lebih bagus dari pisang.... :D

      sekarang gimana dia sama kucingnya, mbak? masih anteng dan mau temenan? :D

      Delete
  31. Yaa masih begitu..., kucingnya saya masih belum berani buat nyatuinnya, soalnya kucingnya masih umur satu bulan lebih, sedangkan musangnya udah jalan delapan bulan, tapi kalo tatap-tatapan udah sering, si kucingnya kepo mau nya ngeliatin musangnya kadang sampe saya takut ngeliatnya, soalnya musangnya juga geregetan ngeliat kucingnya.... Pas dia ngeliat kucingnya kayak mau ngegigit gitu... Tapi waktu kucingnya yang saya kandangin terus musangnya saya keluarin, musangnya yang gantian ngeliatin kucingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, udah ada perubahan. bagus kok. lanjutkan aja lagi, mbak... :D

      makan bagus? fesesnya gak mencret? :)

      kabari terus

      Delete
  32. dok agar musang saya anteng di luar dan di dalam kandang

    ReplyDelete
  33. dok agar musang saya anteng di luar dan di dalam kandang

    ReplyDelete
  34. dok kalau musang hbs perjalanan jauh (kira2 1jam ) trs langsung lemes terus susah makan itu knp ya dok.. tlg solusinya dok .. mksh

    ReplyDelete
  35. dok lokasi kliniknya dokter di jakarta? kalau mau chek kondisi dan usia anak musang bisa ga ya?? kebetulan 2 minggu lalu ada anak musang nyasar di rmh dan saya tangkap buat saya pelihara.. skrg dia msh penakut tp udh ga galak2 bgt gigitnya lbh pelan awal2 aja agak ngaget gigitnya tp tdk seperti pas pertama nangkep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak buka klink, mas. klink saya ya di sini. di blog ini...

      kasih makan bubur bayi promina, mas. jangan dikasih susu. :)

      Delete
  36. Dok kalo anakan musang di ujung lidah deket tenggorokannya kaya merah gitu knp ya.. Cuma diujungnya itu aja yg merah dok. Trs jadi susah makan dok

    ReplyDelete
  37. Bubur sun aja dok.. Tp ni udh lumayan lh.. Kemarin saya kasih ramuan kesehatannya dokter.. Lidahnya juga udh normal sepertinya, Sdh ky warna lidah biasa, Sy mau nanya lg dok. sy biasanya ngasih bubur sun ny sy bikin cair. Bgsnya dikasih air putih lagi ngga dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fiuh, syukurlah! :D
      lah, itu mas bubur sun dibikin cair gimana caranya kalo gak dikasih air putih lagi? :D

      maksudnya, apakah setelah makan, kasih air putih buat minum lagi, gitu maksudnya mas? kasih aja, tapi beberapa jam setelah makan... :)

      Delete
  38. Iya dok gitu maksudnya hehe, Tp makannya juga harus dipaksa dok.. Apalagi kalo makan pisang harus dibuka dulu mulutnya baru dimasukin pisangnya.. Kalo gk kygtu gamau makan dia dok.. Gimana ya dok supaya dia mau ngambil pisangnya sendiri.. Soalnya klo pke cara itu kesian musangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa nggak mas kasih bubur bayi promina aja mas? :)
      lebih gampang. kalo pisang, cukup seminggu sekali aja....

      atau kalau mas kerok dulu pisangnya gimana? maaf, musangnya umur berapa... :)

      Delete
    2. kenapa nggak mas kasih bubur bayi promina aja mas? :)
      lebih gampang. kalo pisang, cukup seminggu sekali aja....

      atau kalau mas kerok dulu pisangnya gimana? maaf, musangnya umur berapa... :)

      Delete
  39. Iya saya biasanya emang kasih bubur aja dok tapi pake dot.. Umur 2bulan lebih .. Lagi mau tumbuh gigi ni kayanya dok.. Suka gigit2 , apa aja digigit trs makin petakilan juga hehe.. Biasanya klo malam aja sy kasih pisang keroknya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana?
      jangan dikasih susu ya.

      kalau fesesnya mulai mencret dan dia keliatannya sakit, bisa kasih air kelapa muda campur sari kurma...

      Delete
  40. Bentuk fesesnya kaya krim gitu dok warna kuning, Kan sy ksh bubur bayi..

    Musangnya lincah dok gada keliatan sakit tp di selangkangan dkt kelaminnya ada luka tp udh kering kaya bintik2 kecil banyak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas....
      sekarang gimana keadaannya mas?

      dia suka garuk2 bagian deket kelaminnya?

      bisa mas fotoin nggak?

      sering lap aja bagian deket selangkangannya... pake handuk yang dibasahi air hangat...

      Delete
  41. Dok mau tanya..
    Untuk sari kurma apa ada dosisnya..??
    Trus apa tempat makan dari plastik juga ada pengaruhnya untuk bau dan rasa makanan musang..
    Terima kasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. sari kurma bisa dikira-kira aja. kalau toh misalnya kebanyakan, dia nggak ada efek sampingnya. sekira merubah rasa airnya sedikit aja mbak... :)

      untuk tempat makan plastik, nggak apa2 juga... :)

      Delete
  42. Musangnya aktif tp ngga mau makan dok, harus dipaksa langsung masukin ke mulutnya.. Selangkangannya sering dijilatinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. problem musangnya apa mas? :)
      coba kasih makan bubur bayi promina.

      Delete
  43. Saya yg nama akunnya azka pradipta diatas itu dok.. Ini saya ganti akunnya hehe

    ReplyDelete
  44. dok mau tanya sy baru beli musang wc gatot kira2 umr 2-2,5 bln.. 3 hari udah bisa jinak pundak anteng .. kira2 brp lama buat bonding soalnya kl dilepas dibawah maunya kabur aja dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering2 ajak main aja mas. lakukan terus. kalau 3 hari udah bisa jinak, itu udah bagus banget. tinggal lanjutkan aja... :)

      Delete
  45. oohh gitu ya dok...makasih ya dok sarannya

    ReplyDelete
  46. dok, saya mau dikasih temen saya musang piaraan dia. umurnya udah 1thn lebih. dulu jinak dok, sekarang galak, temen saya ampe dikejar trus digigit, klo diliat liat sih gara-gra jarang di urus, mungkin udah bosen juga dianya. makanya mau dikasih ke saya. kira-kira masih bisa gak saya jinakin lg dok? trus klo di baca dari artikel cara jinakinnya sama kaya sugar glider ya. soalnya dulu saya punya 5 sugar glider, cara jinakinnya sama kek gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, prinsip jinakin semua hewan relatif sama. sering ajak main. tapi khusus buat musang, mas juga harus kuat. soalnya musang kan hewan buas. mereka bisa gigit.
      jadi konsekwensinya, mas kudu tahan digigit. kadang sampe parah.

      tapi kalo musang yang tadinya jinak terus jadi galak karena jarang diurus, terus mau dijinakin lagi. harusnya lebih gampang kalo yang jinakin ownernya yang lama. kalo ownernya yang baru yang jinakin, agak susah karena secara memori kan dia belum kenal sama owner barunya. sementara ownernya yang lama udah dia kenal dari lama. :)

      terserah masnya sih. mau coba? :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. oiya dok, kira-kira musang bisa gak di latih biar pinter kaya anjing gitu? jenisnya musang akar dok
      maap saya nanya mulu hehe

      Delete
    4. sekarang udah 2 hari ama saya dok. musangnya aman. makan selalu handfeed, suka naek ke bahu, suka jilatin saya ampe ke bibir, kemaren sempet digigit bibir saya tpi gak sakit.
      tpi masalahnya kukunya panjang dok, kira-kira cara aman buat motongnya gimana ya? soalnya agak terintimidasi juga ama taringnya yg udh panjang hehe
      soalnya saya tanyain ke ownernya yg lama gimana cara motong kukunya. dia pake cara goblok dok. musangnya di taroh di jalan, trus ekornya di tarik. ntar ke-seret kan tuh kukunya ampe tumpul.
      ama takaran makannya segimana ya dok? dari kemaren saya kasih udang, ikan patin, paha ayam, pisang, dimakan semua dok. kaya gaada kenyangnya.. klo minumnya cuma saya kasih air putih dicampur madu, klo dikasih susu takutnya mencret

      Delete
    5. nggak apa2, mas. saya malah seneng kok bisa bantu2. :D

      kalau emang mas ragu2 buat potong kuku, bawa aja ke petshop yang bisa mandiin kucing. minta potongin kuku musangnya.

      jangan diseret2 gitu, kasian... :(

      atau kalau mau, mas bisa gabung komunitas. sering nongkrong bareng. ntar minta tolong potong kukunya... kayaknya sih udah ada panduan cara memotong kuku musang di sini....

      saya baca sih bagus perkembangannya. terutama soal kedekatan mas sama dia. :)

      Delete
  47. maaf dok mau tanya lagi.. apa musang cuma doyan sm pisang lampung aja ya dok.. musang sy dikasih pisang sere..ambon kok ga dimakan ya.. kebetulan pisang lampungnya lagi susah dok.. jd cm minum aer+sarikurma .. dihandfeed musangnya malah mlengos.. trus ngakalinnya gimana yah dok biar musangnya makan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mas kasih bubur bayi promina? coba aja kasih bubur bayi promina....

      harusnya sih pisang sere juga bisa. mungkin pisang sere-nya hasil karbitan...

      Delete
    2. promina ga dimakan dok sy rebusin putih telor 1 dimakan sampe abis.. kl makannya tiap hari mlm telor rebus trus pagi sampe sore sy kasih pisang gpp kan ya dok

      Delete
    3. boleh, mas. :)

      dengan menu telur dan pisang boleh. tapi porsi pisangnya kudu lebih banyak ya. biar gak over protein. :)

      Delete
  48. sore dok.. mau tanya lg nih dok ..kl mau vaksin musangnya umur brp yah trus brp kali vaksin dan biaya kira2 brp ya dok .. maaf nanya terus ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, saya malah seneng kok bisa bantu... :D
      sebenernya sih sejak lahir juga musang bisa divaksin, atleat beberapa minggu setelah dilahirkan.
      tapi tentu jangan asal. mending konsultasi dulu sama dokter hewan, terutama mengenai kondisi kesehatan si musang sebelum di vaksinasi... :)

      Delete
    2. dok minta saran dong kl musang karakter jinak petakilan/jumpy" kan sy freroom gimana yah kadang kejedot apa aja jd kadang luka sedikit trus kl becanda gigitnya terus2an kaki sm tangan jadi korban .. kl sy ga tahan sy masukin kandang lagi sampe pagi ..

      Delete
    3. musangnya apa mas? rase?
      dia cuma iseng aja sih itu. gak serius. dia tahu mas kesel atau takut kalo digigit tangan dan kaki, makanya dia gitu terus...

      ilangin rasa takut, itu aja sih kuncinya. kalo dia gigit, elus aja bulunya. jangan dihukum dengan dimasukkan ke kandang, kasian.

      Delete
    4. musang pandan dok.. kl takut sih udah enggak cm agak kesel aja sihh.. soalnya petakilan juga dok lompat" .. kepalanya kadang kepentok" dari pd nanti luka dok .. soalnya persis dibawah mata udah ada kegores luka kecil dikit sih .. oke dok sy coba biarin ga dimasukin kandang .. soalnya kejadiannya cuma malam aja kl pagi sampe sore mah aman" aja

      Delete
    5. hahahaha. kayaknya bener, dia isengin mas karena kalo gigit mas kesel, hehehe. dulu musang saya juga gitu, mas. :D :D

      oh, kalo malam emang mereka lebih agresif sih..

      Delete
    6. oke dok makasih
      saran nya 😀😀

      Delete
    7. pagi dok.. musang sy skrg bisa dibilang jinak .. yg sy mw tanya skrg sy cuma hendel pagi pas kasih makan sm mlm plg kerja aja nih dok itupun ga lebih dr 1/2 jam .. tp kl siang diajak main sm anak yg kelas 2 SD.. kira2 bakalan liar lg ga ya dok.

      Delete
    8. nggak. nggak bakalan liar lagi kok. selama dia masih berinteraksi sama manusia, aman... :)

      1/2 jam udah termasuk bagus. :)

      Delete
    9. iya dok.. kemaren hari minggu sempet naek keatas pohon dirumah dok..ceritanya sy lg latih biar bonding .. tau2 langsung naek kepohon.. untung masih mau dipanggil nama trus agak deket langsung sy tangkep lg sampek musangnya jerit2.. udh dapet sy kandangin lagi .. ciri2 udh bonding banget gimana sih dok.. maaf ya dok nanya mulu😊 soalnya saran dokter berhasil terus sih 😊😊

      Delete
    10. udah ada kok artikel mengenai "bedanya jinak dan bonding" :)

      coba aja baca dulu. :)

      Delete
    11. udah sy baca dok artikelnya ..cm sy bingung musang sy ini termasuk jinak..bonding banget apa bonding aja .. sy takutnya kl dinaek keatas pohon lg kabur jauh.. sy pengen kirim videonya kedokter ga tau caranya .. soalnya ini brpertama miara musang..

      Delete
    12. gak usah disuruh naek pohon, mas. hehehe. gendong aja di pundak sambil elus2... :)

      nafsu makan gimana? cuaca lagi kurang bagus buat musang...

      Delete
    13. bukan disuruh naek dok tp naek sendiri makanya langsung sy
      tangkep😊.. makan lancar .. cara kirim video gimana ya dok.. jd sy mau saran udah aman blm kl musangnya naek kepohon.

      Delete
    14. maaf karena baru balas mas. saya abis dari luar kota... :D

      saya kira mas yang suruh dia naik... :D

      video belum bisa, cuma bisa gambar aja....

      lanjut di komentar baru aja ya mas, di sini agak susah ngetiknya karena komennya udah kebanyakan, hehehe... :D

      Delete
  49. Dok ko misang saya berisik kenapa
    Umurnya baru 2 minggu ..kedinginan atau memang begitu?
    Dan makanan yang baiknya buat umur musang 2 minggu apa dok?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa kasih bubur bayi promina.
      kalo berisik biasanya dia lapar.

      coba mas baca artikel saya cara memelihara anakan musang.

      Delete
  50. dok kl susu kaleng frisian flag bagus ga ya buat musang.. mau cb dikasih susu biar nambah asupan vitamin nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. coba mas cek artikel saya: susu untuk musang

      Delete
    2. susunya udh sy ganti dok pake sgm Llm .. ada yg aneh dok sm musang sy ..kok makan batu/kerikil kl sy lepas di halaman rumah .. bahaya ga ya dok

      Delete
    3. dia merasa ada yang salah atau yang sakit dengan pencernaannya, makanya dia makan batu kecil. biasanya untuk memperbaiki sistem pencernaan. sama, kucing juga kan suka makan rumput atau daun, nah tujuannya sama....

      coba sediakan aja buah. pepaya atau pisang matang. potong2 di mangkuk....

      fesesnya gimana?

      dia berapa banyak makan batu? dan ukurannya segimana??

      mending jangan. hentikan. kurung aja di kandangnya. terus kasih buah.

      Delete
    4. fesesnya ga padet tp ga bau nyengat dok.. lg bosen makan buah kayanya dok sy ganti promina.. sy kasih paya sm pisang 2 hr ga dimakan.. kl promina br dimakan

      Delete
    5. sekarang gimana mas? :)
      maaf baru balas...

      coba kasih air kelapa muda aja, pagi dan sore...

      Delete
    6. oh iya dok gpp ☺..feses sih udh normal tp masih makan batu2 kecil .. oh iya dok kemaren sy br adop musang lg yg betina biar sepasang .. ada artikel buat satuin musang ga dok.. biar sy ga nanya terus 😊.. makasi atas jwbnnya n semoga dokter sellalu diberi kesehatan...

      Delete
    7. umurnya berapa musang yang baru? bedanya sama yang lama berapa? :)

      coba aja satuin. kalo berantem, pisah lagi. terus kandangin di 2 kandang yang berbeda, tapi taro-nya disebelahkan. taro sebelahan, biar mereka bisa saling kenal. setelah 2 atau 3 minggu, coba satuin lagi... :)
      amiiin, kabari terus ya mbak... :)

      Delete
  51. Dokter saya mau tanya apakah ada penyakit dr musang yang bisa nular kemanusia ? Soalnya musang saya ga pernah saya kandangin . Dari pagi sampe malem musang saya saya taruh dikamar . Pup dan pipisnya juga sembarangan dikamar. Saya sudah 4 bulan melihara musang dok .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada. udah ada artikelnya. selama musang dan kandangnya bersih dan divaksin, saya kira aman kok...

      saya dulu satu rumah sama orang yang hampir semuanya pelihara burung pemburu. semua keluarga saya pelihara burung pemburu kayak alap-alap, burung hantu, dll. di rumah kami, burung pemburu udah kayak kucing, hilir mudik. :D
      dan selama ini aman. karena kami menjaga kebersihan rumah kami dan burungnya. :)

      Delete
    2. Oke dokter . Terimakasih infonya dok

      Delete
  52. sore bu dokter .. kalo musang pandan tiap hari sy kasih makan pisang trus asupan protein dr susu sama jangkrik bagus ga ya dok.. soalnya kl sy kasih telor rebus kandangnya bau amis dok jd sy stop ksh telor nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. asupan protein dari bubur bayi promina aja. telur boleh dikasih seminggu sekali.

      Delete
    2. dok sy baca artikel musang birahi.. kok musang sy br umur 6 bulan udh kaya birahi ya.. tangan sy digigit sambil ditunggangin.. kl udh puncak birahi gigitnya bisa sampe parah ga ya dok

      Delete
    3. emang kadang ada musang yang birahi meski umurnya masih dibawah umur standar, mas. gak coba dikawinkan aja? :)

      ya namanya lagi birahi, biasanya emang gigitnya agak keterlaluan... :D

      Delete
    4. sy pikir birahinya diatas 1 taun dok.. jadi sy sebulan lalu beli betina yg umur 2bln .. karena msh semi jd lg dihandle dulu dok.. emang kl dikawin skrg gpp dok

      Delete
    5. mang yang jantan umur berapa? dan yang betina umur berapa? :)
      kenalin dulu. jadi kandangnya taro bersebelahan selama beberapa minggu biar mereka saling kenal. 3 mingguan lah. abis itu coba gabungkan. kalau gak saling serang, pindahkan kandangnya ke ruangan yang agak sepi, pastikan makanan selalu ada di kandang... selengkapnya, ada di artikel cara mengawinkan musang

      Delete
  53. Saya baru punya musang usia 4 bln.. tp baru 3 hari udh jinak kar3na sering bgt di ajak interaksi..

    klo musang usia 4 bln tiap malem di free room di kamar bagus ngga mba.. soalnya saya dnger dr temen klo sering free room susah bonding.. udh gitu klo di gendong ga anteng..

    ReplyDelete
  54. Saya baru punya musang usia 4 bln.. tp baru 3 hari udh jinak kar3na sering bgt di ajak interaksi..

    klo musang usia 4 bln tiap malem di free room di kamar bagus ngga mba.. soalnya saya dnger dr temen klo sering free room susah bonding.. udh gitu klo di gendong ga anteng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. salah. malah bagus, kalau di freeroom dia makin kenal sama penghuni lain selain masternya. bagusnya emag seluruh penghuni rumah sering ajak main musangnya.

      Delete
  55. Dok saya mau tanya musang saya kalo di siang hari dia jinak tapi pas malem dia agresive nya minta ampun bercandanya sampe tangan saya luka luka
    Apakah musang saya belum di kategorikan jinak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang ada musang yang kayak gitu, mas. :)
      jinak sih jinak, mas, cuma karena dia belum kenal sama masnya aja. udah berapa lama pelihara?

      Delete
  56. misi dok ma.af ganggu sebentar mau nanya nih
    ni musang saya kalau dirumah digendong di pundak dia mau anteng tapi kalau diajak di tempat rame pasti kabur2an dok apalagi kalau dijam 18.00 keatas.
    kalau kasus kaya gitu cara menanganinya gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia kayaknya belum begitu kenal sama mas, dan dia juga belum terbiasa sama manusia.
      coba taro kandangnya di tempat rame. kalo saya dulu saya taro di depan rumah yang banyak orang lewat, kebetulan jalan besar... :)

      Delete
  57. Dok, apakah musang mengalami pergantian taring selama hidupnya?
    Soalnya muskar saya 1 taringnya patah, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. udah saya jelaskan di artikel "gigi musang copot", coba aja baca dulu... :)

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. Assalamu'alaikum Dok musang saya suka kagetan. Itu penyebabnya apa yaaa ? Dan cara mengatasinya gimana ? Padahal musang saya jinak, bonding, anteng dipundak.

    ReplyDelete
  60. dok saya mau bertanya,sya kan beli musang kira2 umur 2 bulan udah jinak.tapi klo taro dipundak dia pengennyA turun aja dok,itu gimana ya sarannya? makasiii

    ReplyDelete
  61. Dok, saya beli musang umur 2 bulan, belum jinak total, terus kabur selama 5 hari, dan musang itu sudah ketangkep lagi, tapi karakternya jadi kagetan sama hissing dok, hampir strike juga, dan dikandang mutet terus nggak bisa diem, gimana cara menanganinya...terimakasih


    Rijal

    ReplyDelete
  62. Dok kalo musang Bali dikawinin sama musang Lombok gimana Dok hasi nya

    ReplyDelete
  63. Dok saya baru beli musang rase sekitar 1minggu umur sekitar 3 sampai 4 bulan kalau di dalam kandang dikasih makan di elus diam aja nggak hising tapi masih kagetan
    Pertanyaan nya : kalau musang nya saya freeroom bakalan kabur nggak dok takutnya kapegang ngacir

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.