Memelihara Burung Alap-alap | Drh. Fira Sovica

Cara memelihara burung alap-alap

hampir sama caranya dengan cara memelihara BOP jenis lainnya. Cara memelihara bop secara umum bisa anda baca di artikel cara memelihara BOP.
Sebagai burung pemakan daging, memelihara burung alap-alap sudah barang tentu lebih menantang. Seperti jenis burung pemangsa lainnya, burung alap-alap hendaknya tidak diperlakukan seperti hewan peliharaan. Perlakukan burung alap-alap anda sebagai partner, sehingga ia akan patuh kepada anda.
Memelihara Burung Alap-alap
Alap-alap kawah (Falco peregrinus atau Peregrine Falcon).
Image taken from wikipedia.org
Dan berikut adalah cara memelihara burung alap-alap yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara alap-alap:
  1. Seperti halnya memelihara celepuk dan memelihara barn owl serta memelihara BOP lainnya, alap-alap hendaknya tidak ditaruh di dalam kandang. Gunakan tangkringan khusus burung pemburu yang biasa disebut perch.
  2. Anda bisa membuat sendiri perch atau tangkringan untuk burung alap-alap anda dengan menggunakan pipa pvc yang dibentuk letter T, kaleng cat bekas, dan adukan semen. Anda bisa membuat sendiri perch atau tangkringan khusus burung alap-alap dengan membaca artikel cara membuat perch sendiri. Anda juga bisa membaca tentang arti istilah dalam memelihara alap-alap dengan membaca istilah dalam memelihara alap-alap.
  3. Makanan burung alap-alap adalah daging. Anda bisa memberikan potongan daging sapi segar sebagai makanan alap-alap. Anda juga bisa memberikan tikus putih (mencit), bayi tikus putih (pinkies), dan potongan daging ayam sebagai makanan burung alap-alap anda.
  4. Berikan makanan burung alap-alap tersebut setiap pagi, siang, sore, dan malam hari, dan usahakan daging yang diberikan sebagai makanan burung alap-alap adalah daging yang masih segar (masih ada darahnya).
  5. Anda bisa melatih burung alap-alap anda agar terlatih dan patuh terhadap anda. Cara melatih burung alap-alap sama saja caranya dengan melatih BOP atau melatih burung hantu.
  6. Tahapan-tahapan dalam melatih burung pemburu dan tahap-tahap melatih burung hantu bisa anda baca di artikel tahapan dalam melatih BOP dan tahap-tahap melatih burung hantu.
Demikian adalah

cara memelihara alap-alap

. Artikel diatas tentu masih banyak kekurangannya, maka dari itu penulis menunggu saran, kritik, dan saran dari pembaca dan pengunjung sekalian. Terima kasih. (FS)

482 Responses to "Memelihara Burung Alap-alap"

  1. agak susah sih kalo soal umur. bisanya dicek dari rongga bulunya, itupun harus sama orang yang berpengalaman. bisa saya liat fotonya? mas upload aja ke postimage.org, terus linknya ditaro di sini... mungkin bisa saya kira-kira.... ayah saya bisa memperkirakan umur bwk, soalnya beliau juga pelihara.... :) saya tunggu, dan maaf karena baru balas... kalo soal bulunya, biarin aja. nanti juga terganti sendiri pas mabung

    ReplyDelete
  2. https://postimg.org/image/nzisov2f5/
    Itu kira2 umur brp yah dok ? Kalo matanya bener2 merah itu umur brp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. juve awal kayaknya mas.
      kalo kira-kira 3-5 bulan, nggak sampe lebih dari 6 bulan....

      sebelumnya maaf karena baru balas, mas

      Delete
  3. https://postimg.org/image/nzisov2f5/
    Itu kira2 umur brp yah dok ? Kalo matanya bener2 merah itu umur brp ?

    ReplyDelete
  4. Mlm dok..
    Sya mau nax in sy ad plihra burung alap" tikus sdh mau masuk brancer tengah.. td brusn sm mau psang angket dikakinya trus mlh meronta" brungx stelh terpasang tiba" jlnx pincang dok tpi sy cek angketx g trllu ketat.. apa itu bsa smbuh dengan sndrix dok..Tlong info cara penyembuhn alternatifx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending diamkan dulu di ruangan sepi (dikarantina). terus kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu sehat. dosisnya sama.

      kalo toh mau dikasih ayam, mending pilih anak ayam aja. itupun disiangi dulu. dipotong, terus kasih dagingnya aja.

      mending jangan dipasangi angklett dulu, mas. taro aja di ruangan. :)

      Delete
  5. Dok klo alap" tikus sy ko g mau mkn ya dok sy ksh mkn mlm sy ksh ayam itu cm bbrapa aj yg dimkn trus potongan ayam yg lainx itu cm ky dicicipi aj abs tu g dmkn dok..
    Soal sy ad plihara 2 ankn alap" tikus mau masuk brancer tengah itu yg satux pas sy mau psangi angklet dikakix lngsung meronta" tp stelah sy sdh trpasang tiba" aj kakix pincang seblh dok dan pd saat saya mau ksh mkn daging ayam, kudua burung sy it sikapx sm dok, sy ksh mkn cm bbrpa ptong aj yg dmkn sisax cm diccipi sj abs it g dmknx.. tpi lbih anehx alap" sy yg kakix g knp" ,itu mlh dekatin alap" yg kakix pincang smbil triak", stiap sy mau pegang alap" yg kakix pincang, tngn saya sllu dipatuk sm yg satux.
    Alap" sy yg kakix g knp" itu seolh" ky nglindungin alap" sy yg kakix pincang..
    Untuk kakix apa bisa smbuh dengan sndrix.. tp sy raba kakix g ad yg ptah dok.. trus apa alap" sy keduax bisa kmbli mkn dengn lahap lgi dok.. mhon info alternatifx dok sy g tega ngliat bop saya..

    ReplyDelete
  6. Slamat siang dok..
    In sya btuh info alternatifx mba buat alap" yg msh ankn..
    Alx bru" aj itu tiba" ky lumpuh g bisa digerakin kakix trus klo pas ngguling kekanan atau kekiri it g bisa kmbali lg mkn aja milih" dok.. untuk bergerak jlan aj skrng pke sayap.. g ky sperti byasax yg msh bisa jlan pke kakix wlaupun msh tertatih" jlanx.. it knp ya dok.. tpi saat sy angkat dy g ad triak" ky ksakitan tpi kya ktakutan dok..
    Bru yg satux jg mulai lemes dok.. tpi mkn lancar..
    Karna brapa hari it sya taruh dirmh sya ada anjing dan sering mengonggong kmungkinan bsa jd stres atau knp ya dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya jadi putih semua ya? bener?
      kalau iya, kemungkinan emang stress.

      emang gak mas kasih super-n ya alap2nya? belum saya sarankan kasih super-n setetes setiap hari? kayaknya udah deh, di komentar sebelum ini udah saya suruh "terus kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu sehat. dosisnya sama."

      kalo mas ikutin apa kata saya, kemungkinan kecil bisa jadi lumpuh begitu...

      coba aja kasih mulai sekarang. mudah2an masih bisa ketolong.

      alap2 tikus sebenernya agak kurang cocok kalo dikasih jangkrik. kalo sesekali gak apa2, tapi kalo buat makanan sehari2 agak riskan... :)

      Delete
  7. Mlm dok.. klo burung alap" tikus yg msh anakn atau sdh mau masuk brancer tengh dikasih jangkrik gpp kh dok.. atau semacam serngga serangga apa aj yg ccok dok..

    ReplyDelete
  8. Klo alap" sya kasih ayam terus stiap hari apa bagus dok.. soalx d tmn sya bilang klo keseringan dikasih ayam bisa kna obesitas/kolestrol dan dampakx burung jd g bisa gerak.. ap betul dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      setau saya sih gak apa2 dikasih ayam, selagi ayamnya bebas bahan kimia dan masih fresh. kalo kakak saya biasanya kasih anak ayam, terus dia potong, nah yang dikasih ke alap"nya cuma dagingnya aja... :)

      kabari lagi

      Delete
  9. Siang dok, saya mau tanya, CG saya kemaren saya bawa pergi dari jam 5 sore, nyampe rumah jam 12 malem naik bis. Terus tadi pagi jam 9 saya kasih makan puyuh dia nggak mau makan itu puyuh, cuma dipegang terus. Jadi saya biarin dia di tangkringannya sambil bawa puyuh tadi. Terus lama saya perhatikan malah dia tidur sambil bawa puyuh itu, apa bener dok CG saya itu masih ngantuk dan dia butuh istirahat dulu? Atau itu gejala nggak normal? Hehe, makasih jawabannya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas... :(
      sekarang gimana cgnya? kalo abis dibawa perjalanan gitu, mending dikarantina lagi mas, sambil kasih super-n setetes setiap hari. tetep kasih makan, kalo bisa cacah dulu dagingnya kecil2, biar dia gampang makannya... :)

      fesesnya gimana? masih 3 elemen?

      Delete
  10. malem dok. saya mau tanya lagi nih. saya baru adopsi partner baru saya dok. dia jenis elang blackkite. usianya brancher dan masih ada bulu kapasnya. trus hari ini dia baru sampek rumah saya. yg saya tanyakan, krn barusan saya lihat makanannya yg saya berikan td sore di muntahkan dok. gk banyak sih ada skitar 4 potong daging kecil. pakannya saya berikan daging ayam potong dok. itu wajar apa gmn dok. dia muntahkan makannya setelah saya kasi SUPER-N satu tetes. mohon jawaban dari dokter. trimakasih dok selamat mlm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending pastikan makanannya mas udah cacah kecil-kecil biar dia gampang makannya. sampe kecil2 banget... :)

      fesesnya gimana? coba fotoin fesesnya, terus kirim kesini. caranya ada di bagian PERHATIAN di atas... :)

      cek juga artikel saya PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU, secara prinsip sama kok.. :)

      Delete
  11. Mbak saya punya alap" jambul usia msih chick,klo dikasih makan jangkrik boleh enggak??..
    Klo bleh sampai umur berapa??

    ReplyDelete
  12. Apakah dokter ada saran cara ternak alap2 sapi/kestrel? Teman sy pelihara kestrel sdh 2 thn lebih sdh dibuatkn 1 nestbox dalam 1 kandang di dlmnya ada 3 ekor kestrel yg 1 betina 1 jantan 1 nya belum di ketahui katanya. smua dipelihara dari chick... ada saran dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak variabel yang harus dicek.
      makanannya.
      nestbox.
      kenyamanannya.
      usia.
      dan lain-lain.
      dan satu lagi: jodoh dan karakter owlnya.

      yang paling penting sebenernya jodoh dan karakter owlnya, meski variabel lain juga harus dicek... :)

      Delete
  13. dokk mau nanya nih.. lebih mudah melihara alap alap apa elang.. makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. alap-alap tingkat stressnya gak setinggi elang sih, meski 22nya sebenernya sama2 mudah stress...

      mas udah pernah pelihara BOP (burung pemburu) sebelumnya? karena alap2 dan elang sama2 butuh pengalaman pemeliharaan.... jadi kalau belum pernah pelihara BOP yang lebih mudah dulu, mending jangan langsung pelihara alap2 atau elang....

      ada level2nya untuk pemeliharaan BOP, dan alap2 masuk ke level medium, dan elang bido dan sejenisnya, masuk ke level expert...

      Delete
  14. Permisi dok..? Bwk saya kayaknya sayap kiri ujung cidera gak bisa fungsi.. Usianya masih brencher.. Fitamin atau apa yang cocok buat nyembuhin..? Mohon pencerahanya trimakSih..

    ReplyDelete
  15. mbak Fira saya mau konsultasi, saya ada brancher alap-alap kestrel, saya sering kasi makan daging ayam cincang, kalo misalnya saya kasi jangkrik untuk selingan apakah baik? soalnya saya cona kasi jangkrik dia lahap juga, saya takutnya nanti berpengearuh terhadap kesehatanya, mohon masukanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cuma untuk selingan, nggak apa2 mas...
      jangan yang gede2 ya, yang sekira dia gampang makannya aja... :)

      Delete
    2. oke, terimakasih infonya mba, angklet dan jesse cocoknya dipasang pas partner umur berapa ya mba?

      Delete
    3. mulai sekarang juga bisa. tapi kalo dia udah mulai nggak nyaman, lepas aja.

      bisa juga nanti pas dia udah tenang, udah kenal sama masnya.

      Delete
    4. Halo Dok, saya cuma mau laporan nih, kestrel saya sepertinya sudah brancher akhir, karena bulu2nya sudah mulai lengkap, tetapi kakinya kenapa masih lemah ya? dan jarang mau berdiri, apakah ini karena kemarin saya pasang angjessnya terlalu dini? sudah saya lepas sih. dan dia sedikit batting sama saya, bagaimana solusinya dok, terutama kakinya,

      Delete
  16. Dok mau tanya, partner baru saya elang bondol usia masih brancher, baiknya di kasih makan apa yah?? Setahu saya elang bondol kan tergolong elang laut,, boleh gk d kasih makan ikan buat selingan?? Kalo boleh ikan apa?? Dan berapa kali dlm seminggu??

    Dan sudah boleh apa belum d kasih makan minyak ikan,, cara kasih makannya gmna?? Terimakasih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kasih ikan kecil, bagusnya sih kasih bayi tikus putih atau bayi hamster aja mas. umumnya kasih daging emprit atau daging puyuh. stock aja di freezer. kalo mau kasih makan, potong sedikit, taro di air sampe gak dingin dan gak beku, cacah, terus kasih ke burungnya....

      jangan dulu dikasih minyak ikan. kasih super-n setetes sehari aja mas.

      fesesnya gimana? cek artikel saya, PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU. secara prinsip sama....

      Delete
  17. Oke dok siap,, tp untuk bayi tiput sama hamster d sini susah nyarinya,
    Sama ini dok si "tito" nma bondolku, dia kuarang aktif/kurang ganas, sama sering duduk itu kenapa yah dok??

    Untuk pemberian super-n nya k burung caranaya gimana dok?? Terimakasih 😊

    ReplyDelete
  18. dok mau tanya, saya punya baby alap" saya kasih makannya daging ikal lele terus dok,
    menurut dokter bagus atau tidak, dan yg bagus di kasih daging apa dok,
    mohon bantu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih gak masalah, cuma menurut saya, lebih bagus pake daging emprit/puyuh.....

      rutin kasih super-n setetes setiap hari ya mbak...

      Delete
  19. Dok saya mau tanya,terima kasih sebelum nyaa.apakah benar alap-alap bwk tidak boleh dikasih makan daging ayam ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sih yang ngasih daging ayam buat alap-alapnya, tapi saya berpendapat, mending jangan.

      kalau ayamnya masih muda (doc atau anakan), masih boleh. tapi kalau ayamnya udah tua (ayam potong yang di pasar), mending jangan... :)

      Delete
  20. Dok saya mau tanya gmana cara menambah nafsu mkan kestrel

    ReplyDelete
  21. suara bwk ku ko kaya serak serak gitu kenapa ya dok ,padahal makanan dah bagus tikus putih ,baru ini aku pelihara bwk suaranya serak ,bop lain nya suaranya lantang ,knpa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada hubungannya sama cuaca.
      emang lagi gak bagus cuaca sekarang ini.

      kasih super-n setetes setiap hari, mas.
      terus kalo ada matahari pagi, jemur minimal 15 menit.

      Delete
    2. cuaca emang lagi gak bagus buat burung.
      kasih super-n setetes setiap hari.
      terus kalo ada matahari, bisa jemur. pagi2.

      Delete
  22. maaf mau tanya untuk memastikan nanti kalau mau beli. dok cara membedakan alap alap kawah jantan atau betina itu gimana ya dok?

    ReplyDelete
  23. maaf dok mau tanya untuk memastikan nanti kalau beli. cara membedakan alap alap kawah jantan dan betina itu gimana ya?

    ReplyDelete
  24. Maaf dok mau tanya, berapa lama telur alap alap kawah menetas? Itu saja pertanyaannya makasih dok tolong dijawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. telur burung alap-alap kawah menetas setelah 29 hingga 33 hari, mas... :)

      Delete
  25. Dok mau tanya klo telur alap2 kawah itu menetasnya berapa hari ya? Makasih dok.

    ReplyDelete
  26. Dok mau tanya kalau telur alap2 kawah itu dierami berapa hari ya dok? Terima kasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. telur burung alap-alap kawah menetas setelah 29 hingga 33 hari, mas...

      Delete
  27. Maaf dok, mau tanya kalau usia alap2 kawah berapa tahun ya?

    ReplyDelete
  28. Maaf dok mau tanya, kalau usia alap-alap kawah itu berapa tahun ya?.

    ReplyDelete
  29. Klo jenis alap alap yg bisa makan ikan aja apa ya dok? Takut mati lgi ky owl sy dlu... Kloisalnya tipit seminggu sekali jg nggk apa apa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada mas. sejujurnya, agak risky sih.
      mas masih tetep bisa pelihara alap-alap dan kasih ikan kecil, tapi do at your own risk... :)

      Delete
    2. Klo diseling selingin masih bisa nggk y dok? & Klo bay owl full ikan rada riskan jg nggk dok?

      Delete
    3. bisa, mas. coba aja. :)
      kalo bay owl emang dia jangkrik aja cukup...

      Delete
  30. Selamat malam. Maaf sebelumnya saya mengganggu. Saya mau tanya. Saya kan baru punya bwk tp dia g pernah bersuara apa lagi terbang. Itu knp ya? Tolong infonya ya.. saya ke bingungan. Terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya. tahinya.
      coba baca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu. secara prinsip sama kok

      Delete
  31. Assalamualaikum Dok.. Saya punya alap alap Cg masih chick yg kemarin sempat saya tanyakan penyebab dia mogok makan..sekarang dia sudah sembuh, dan makanya sangat lahap..pertanyaan saya kali ini adalah, apakah gpp kalau cg saya ini di kasih daging yg sebelumnya di taruh di feezer dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. asalkan sebelum diberikan ke burung, rendem dulu dagingnya pake air mineral sampe gak dingin dan gak beku lagi. pokoknya sampe bener2 kunak dan gak beku... abis itu cacah2, baru kasih ke BOP-nya....

      rutin kasih super-n ke cg-nya mas. setetes setiap hari. langsung tetes ke mulutnya...

      Delete
  32. Assalamualaikum dok. Saya mau tanya , cg chick klo di kasih makan daging dari freezer gimana dok? Apakah boleh?

    ReplyDelete
  33. Dok saya mau nanya,apakah baik kalau bwk usia brancher dikasi makan daging ayam filet,soal nya pup nya berwarna putih campur coklat,terus kaya ada semacam jeli jeli gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n, mas. setetes setiap hari.
      bagusnya sih kasih daging puyuh atau emprit, mas..

      Delete
  34. Dok mau tanya CG saya usia BC tengah baiknya d kasih makan apa yah dan sehari berapa kali.?
    Boleh d kasih minyak ikan gak? Soalnya responnya agak kurang,
    Terus untuk mulai melatihnya d usia apa yaah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sering. cukup seminggu sebutir aja.
      kalau mau responnya lebih tajem, kasih bayi tikus putih yang belum buluan dan masih merah. taro aja deket dia, terus tinggal....

      umumnya 2 atau 3 kali sehari mas. bagusnya kasih daging puyuh atau daging emprit. atau bayi tikus putih.

      Delete
  35. Dok Kalo Di Bandingkan Memelihara BO Sma Alap Alap Kestrel Itu Lebih Sulit Mana Ya?Bagi Pemula

    ReplyDelete
  36. Dok Kalo Di Bandingkan Cara Memelihara BO Sma Alap Alap Kestrel Itu Lebih Sulit Mana Ya?
    Bagi Pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat pemula, 22nya susah mas. tapi lebih susah kestrel sih dibandingkan BO.

      karena kan beda karakter. BO mungkin lebih anteng, tapi dia sensitif, baik dari makanan dan iklim. kalo kestrel, karakternya lebih keras dari BO, tapi dari makanan dan perubahan cuaca dia lebih kuat dari bo.

      Delete
  37. Dok, sy disaranin pelihara kestrel sama kenalan sy, katanya lebih bagus, klo untuk yg brancher perawatannya kira kira gmn ya dok? & Apa aja yg ga boleh di kasih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kestrel sih cocok-cocokan sih mas.
      belum saya publish artikelnya, meski sudah ada sih. nanti saya publish ya mas...

      Delete
  38. Mbak kenapa CG saya Muntah Setelah makan Burung puyuh, padahal burung puyuh hidup dan sehat, umurnya baru 3 bulan.
    penyebabnya apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kegedean kasihnya. coba burung puyuhnya potong dulu. ambil dagingnya aja. terus cacah aja dagingnya...

      Delete
  39. ini kira kira umur berapa ya,, baru nemu tadi sore,, susah gk melihara x ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaan mas?
      kalau kirim gambar, masukkin gambarnya di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, nah linknya taro di bagian komentar...

      Delete
  40. Assalamualaikum dok , maaf dok mau tanya , saya bunya bwk bracher kondisi agak kurus karna nafsu makan berkurang dan sistem pencernaan seprtinya sedikit terganggu , mohon dokter agar bersedia memberikan sarannya untuk saya , saya ucapkan terima kasih dan maaf sudah menggangu waktu anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mabk watin, karena saya baru balas sekarang.
      coba kasih super-n aja. cek artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat. bisa juga sih buat bwk.

      Delete
  41. Mba saya punya cg saya gatau itu umur berapa soalnya dia tiba tiba ada di rumah saya dengan keadaan lagi luka dan akhirnya saya pelihara kalo dikasih makan ikan setiap hari bagus ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya nggak liat gambarnya, agak susah sih buat memperkirakan usianya... :)

      ikan boleh, yang kecil aja atau yang kira2 dia gampang makannya. lebih bagus pake daging emprit atau daging puyuh.... :)

      Delete
  42. Assalamu alaikum bu dokter...saya baru adopt bwk juve awal...udah tiga hari dia sama saya...hari pertama datang normal sehat sehat saja cuman makannya rada sedikit (mungkin dia stress akibat 3 jam perjalanan di dalam dus) hari kedua masalahnya dateng dok, pagi harinya saya cek dia normal normal saja sepertinya (nangkring di perchnya) selang beberapa jam mau dikasih makan saya lihat dia malah ngedupruk lemes bahkan buat berdiri pun dia gak bisa sampe sekarang (sempoyongan dok) dan gak mau makan sama sekali...yang ingin saya tanyakan itu kenapa ya dok penyebabnya? apa bwk saya bisa sembuh normal kembali ga sempoyongan lagi? kasian bener liatnya dok mohon dikasih solusi yang terbaik...
    terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas?
      dan waktu hari pertama, mas kasih makan apa? kayaknya sih makanan hari pertama gak cocok sama dia...

      coba kasih super-n, kasih setetes pagi dan setetes sore... :)

      Delete
    2. fesesnya sekarang cairan putih sama ada coklat coklatnya normal gak itu dok?
      hari pertama daging sapi sama ayam potong dok
      sekarang alhamdulillah dia udah bisa bangun sama jalan dan bisa nangkring lagi di perchnya tapi msh blm bisa terbang msh lemes sepertinya dok soalnya sayapnya rada turun

      Delete
    3. itu normal kok. :)

      saran saya, coba kasih super-n aja mas. udah ada perbaikan, lanjutkan aja... :)

      Delete
  43. Mbak untuk bwk chick sebaiknua di beri makan apa ya? Awal nya saya beri ikan dia mau makan. Ini saya kasi daging sapi. Waktu saya liat lagi daging sapi nya udah di muntahin semua dan skrng gak mau makan

    ReplyDelete
  44. Brp biaya oprasi buat musang yg ambeien dok?

    ReplyDelete
  45. Dok.alap alap peliharaan makan mau,tapi kok keliatan lemas banget dia dok

    ReplyDelete
  46. fesesnya/tahinya ada berapa elemen, mas? karena kita bisa tau burung alap2 sakit atau sehat, salahsatunya dari fesesnya. alap2 sehat biasanya fesesnya ada 3 elemen: urate(warna putih seperti susu), feses (bagian hitam), dan urine (bening)... coba mas cek aja fesesnya...

    tapi kalau dia masih mau makan, saya kira dia masih sehat...

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.