Mengobati Musang Sakit Mata | Drh. Fira Sovica

Mengobati musang yang bola matanya menonjol

karena sakit mata membutuhkan penanganan yang tepat. Karena penanganan yang salah malah akan membuat penyakit mata musang malah makin parah. Artikel ini sekaligus menjawab salahsatu pertanyaan yang masuk tentang cara mengobati musang yang bola matanya keluar akibat sakit mata. Artikel ini sedikit berkaitan dengan artikel saya cara mengobati musang katarak.
Mengobati Musang Sakit Mata
Image taken from facebook.com
Cara mengobati musang yang bola matanya menonjol karena sakit mata adalah sebagai berikut:


  1. Musang yang matanya menonjol karena sakit mata biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada mata dan tidak seimbangnya asupan gizi.
  2. Infeksi ini membuat musang sering menggaruk bagian mata, yang malah membuat infeksi makin menyebar. Untuk itu, jaga agar kebersihan kandang selalu terjaga. Juga, sebaiknya jaga agar musang tidak menggaruk matanya.
  3. Jangan berikan makanan apapun yang mengandung protein. Cukup berikan buah-buahan sebagai makanan musang yang sedang sakit mata.
  4. Untuk pengobatannya, anda bisa memberikan amoxicillin dan paracetamol.
  5. Dosis amoxicillin dan paracetamol untuk musang adalah 1mg per kg berat badan musang. Sebaiknya jangan melebihi dosis yang saya sarankan. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan dosis yang tepat. Obat yang sudah ditakarkan dengan tepat bisa diminumkan kepada musang dengan cara dicairkan dengan satu sendok makan air mineral, kemudian dipipetkan kepada musang yang sakit.
Sekali lagi, saya lebih menyarankan agar anda membawa musang yang sakit ke dokter hewan terdekat agar musang yang sakit mata bisa mendapatkan penanganan yang tepat.
Lakukan poin

cara mengobati musang sakit mata

diatas selama 3 hingga 4 minggu, dan jika dalam prosesnya penyakit mata pada musang tidak lebih baik, sebaiknya segera bawa musang yang sakit ke dokter hewan terdekat. Terima kasih. (FS)

103 Responses to "Mengobati Musang Sakit Mata"

  1. dok, musang saya umur 1.5 bln, suka garuk2 gitu, tp ga ada tanda scabies ataupun kutu, lbh baik mandi pake sampo bayi atau dettol dok? soalnya msh bingung mau make sampo hewan khusus kutuan atau jamuran, blm ada tanda penyakitnya, cuma suka garuk, apa ada faktor lain selain 2hal diatas yg bikin musang garuk2 dok? suhu contohnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebersihannya dijaga gak? paling karena kebersihan aja, mas. ama coba mas sering2 lap pakai handuk yang dibasahi air hangat campur dettol cair. lap aja ya, jangan dimandikan. dan jaga kebersihan kandanynya. itu yang paling penting... :)

      Delete
  2. dok, musang saya umur 1.5 bln, suka garuk2 gitu, tp ga ada tanda scabies ataupun kutu, lbh baik mandi pake sampo bayi atau dettol dok? soalnya msh bingung mau make sampo hewan khusus kutuan atau jamuran, blm ada tanda penyakitnya, cuma suka garuk, apa ada faktor lain selain 2hal diatas yg bikin musang garuk2 dok? suhu contohnya

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah udah berkurang adegan garuk menggaruknya dok.
    kalo musang umur segitu lebih baik dikandang atau diikat dengan harness dok? soalnya kalo dikandang musangnya suka gak betahan gitu.
    kalo jatah free roomnya tiap hari pasti ada dok, bahkan lebih lama dari dia ditaro dikandang, cuma rasanya repot juga kalo mesti seharian nemenin dia kalo lagi dilepas dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah, saya ikut senang. :)
      gak usah pake harness, mas. soalnya kadang suka garuk2 bagian yang diiket harness, malah rontok bulunya. di kandang aja, gak apa2 kok asalkan kandangnya dijaga kebersihannya. :)

      Delete
  4. 2 pertanyaan terakhir dok.

    1. Musang saya suka mencakar dan menggigit kecil baju yg saya pakai, apa itu gak berbahaya buat si musangnya?

    2. ludah musang itu sekotor ludah anjing atau sebersih ludah kucing dok? soalnya musang saya suka menjilati bagian wajah saya, apa itu tidak berbahaya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya harap, mas masih terus kemari kalau ada pertanyaan, mas. saya malah seneng bisa bantu2 mas rawat hewannya. :)

      1. sekali lagi, musang umur segitu emang lagi seneng2nya main. sama aja sih kayak bayi manusia. umur segitu kan lagi seneng2nya gigit, eksplore, dll. jadi masih wajar...

      2. nggak, ludah musang bersih kok selama mas menjaga makanannya. kalau dibandingin antara ludah anjing dan kucing, sebenernya saya sendiri agak ragu. mungkin nanti saya buatkan artikelnya... :)

      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
  5. pasti dok, soalnya jarang juga ada blog yg bloggernya punya basic dalam memelihara binatang dan punya pengetahuan secara ilmiah.

    makasih buat pencerahannya dok, sukses selalu buat blog nya.

    ReplyDelete
  6. dok, sekarang musang saya umurnya 2,5 bulan jenkelnya jantan, tanpa ada penyakit apapun, cuma masalahnya saya suka kasian liat dia sendirian kalo dikandangin, nah yg mau saya tanyain, kalo saya adopt 1 musang lagi tp betina dan ditaro 1 kandang sama musang saya gmna dok? bakal berantem gak? saya mau adopt yg seumuran sama dia, jadi pas kecil bisa jadi temen mainnya pas besar bisa sekalian mating, atau lebih baik saya adopt yg jenkelnya jantan juga supaya bisa lebih akur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja adopt satu lagi. dan coba satuin. biasanya sih awal2 doang mereka strike, kalau udah biasa, nantinya anteng sendiri.

      yang beda jenis kelamin aja, mas... biar bisa sekalian mating nantinya... :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  7. Dok kalo musang mata'a berair trus sering digarukin ke benda" knapa yaa ? Kalo mata'a dielap jadi merem gitu dok. Tapi musang'a tetep aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka belekan nggak?
      sebelumnya maaf karena baru bales.... :)

      sering2 dilap aja bagian matanya. terus coba hindari protein, cukup kasih makan buah aja.... lakukan selama 2 minggu... :)

      Delete
    2. dok obat mata ini emang bisa buat baby musang dok

      Delete
  8. Dok musang saya kenapa ya kok ada merah-merah gitu di sekitar matanya kaya luka gitu tapi gak berdarah itu kira" kenapa ya dok trus caramengatasinya umurnya 1,5 tahunan jenisnya pandan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 area matanya (yang kemerahan)?
      hmm, mungkin sering2 dibersihin aja pakai air hangat + cairan antiseptik dettol cair (yang warnanya kayak teh). basahi tisu atau kain dengan cairan itu, terus dilapkan ke area yang merah.... pagi dan sore hari...

      kabari lagi...

      Delete
  9. Dok permisi dok saya mau tanya
    tiba" musang sayang mata'a jdi wrna putih smua gtu dok sblm'a emng udh ada tanda" inveksi seperti mata'a merem ngga mau melek kluar kotoran dll
    kalau sudah seperti itu gmna yah dok,mengingat msudah putih smua mata'a dok
    trimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa kayak mata musang di atas, mas? :)
      kalau emang udah parah banget, mending bawa ke dokter hewan aja biar lebih tepat penanganannya.

      bisa saya liat gambarnya? mas bisa upload ke postimage.org, terus kasih linknya di sini...

      Delete
    2. https://postimg.org/image/62vdlrpcj/

      Kurang lebih kya gtu dok
      Tdi'a merem sya bershin melek tpi lma" yg putih'a menjalaar kesmua
      Klo ke doktr kira" biaya'a brp yah dok..??

      Delete
    3. oh, itu sama kayak di atas, mas. coba aja baca artikel di atas dulu... jangan lupa dipraktekkan...

      atau bisa bawa ke dokter hewan, itu lebih bagus. biayanya sih nggak lebih dari 200k. CMIIW. :)

      Delete
  10. Sya sudh bca artikel'a dok :)
    kaya'a ngga sama deh dok yg ini ygblbih jlas
    https://postimg.org/image/rhi0nm7f7/
    atas bantuannya trimakasih bnyak dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu sama mas... :)
      maksudnya dari segi penyebabnya. meski keliatannya beda, itu sebenernya sama kok... :)

      Delete
  11. Udh aga mndingan dok udh berkurang
    trimaksih bnyk dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah, saya ikut senang. :D
      jaga pola makan dan jangan sampe kedinginan. ingat, cuaca masih kurang bagus buat musang...

      Delete
  12. apakah infeksi mata itu hanya sebelah doang dok? bisa ditanagin sendiri tidak? bagaimana pengobatannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf kalo baru balas.
      iya, sebelah mata doang juga bisa aja terjadi, mas.
      penanganannya udah saya tulis di artikel di atas...

      Delete
  13. dok, gmana cara ngobati musang rase yg terjangkit cacing pita ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dikonsultasikan ke dokter hewan terdekat dan minta obatnya. jangan memberikan obat cacing untuk manusia kepada rase ya mas/mbak. karena sistem pencernaan rase sendiri sangat rapuh.... :)

      Delete
  14. Dok ! Minta tolong
    Musang saya sakit mata ntah kenapa apa penyebabnya
    Tiba2 saya mau ngasi makan paginya
    Saya luhat matanya berair sering digaruk2 juga cara mengatasinya gimana dok.
    Mohon dok info nya

    ReplyDelete
  15. dok, itu paracetamolnya yg biasa buat manusia, apa ada khusus buat hewan.. musang saya matanya menonjol dua duanya sama yg sebelah kiri berair.. kirain saya akan sembuh sendiri nantinya. tapi udh hampir 2bln belum sembuh -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang buat manusia bisa mas. asalkan dosisnya tepat.
      sementara focus ke penyembuhan matanya aja dulu mas. soal menggemukkan musangnya, nanti aja setelah matanya sembuh....

      Delete
  16. dok musang saya ko kurus terus yaa padahal saya kasih makan banyak.. paya sama pisang, saya mau kasih yg lain kan kata dokter ga boleh soalnya lgi sakit mata, solusi nya dok..

    ReplyDelete
  17. Assalamualikum Dokter Fira..
    Maaf sebelumnya dong saya mau bertanya mengenai musang saya yg berumur 3 minggu...
    musang saya yg berumur 3 minggu sakit mata tapi bukan menonjol melainkan seperti bernanah...
    Kemarin matanya sudah melek dan sekarang gara" sakit matajya menjadi Tertutup kembali dok...
    mohon infonya dok terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan lakukan yang saya catet di artikel di atas.
      ingat pantangannya, jangan dikasih protein.

      karena kadang ada yang suka ngeyel, udah saya larang jangan dikasih protein, tapi tetep ngasih protein juga. akhirnya tambah parah. saya marahin, eh galakan dia... :(

      mas udah saya peringatkan ya, hehehehe. JANGAN DIKASIH PROTEIN. dan obatnya pun harus sesuai. :)

      Delete
  18. maaf dok, mau tanya musang umur 1bln matanya kayak kena belekan tp aku takut penyakitnya kayak yg foto diatas tp cuma sebelah mata aja dok. Gmn cara ngobatinya dok? kalau umur segitukan makannya Bubur sun sama Susu,bukannya mengandung protein ya dok? maaf kalau banyak tanya dok^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kalo kayak gitu, biasakan kasih makan selain bubur bayi. misalnya jus pepaya matang (tanpa air).....

      Delete
  19. maaf dok, mau tanya musang umur 1bln matanya kayak kena belekan tp aku takut penyakitnya kayak yg foto diatas tp cuma sebelah mata aja dok. Gmn cara ngobatinya dok? kalau umur segitukan makannya Bubur sun sama Susu,bukannya mengandung protein ya dok? maaf kalau banyak tanya dok^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. makanya stop bubur bayinya, cukup kasih jus pepaya matang. airnya dikit aja, jangan pake es, dan jangan dikasih gula...

      Delete
  20. makasih dok infonya, udh saya kasih jus papaya semenjak sakit mata.tp apakah matanya dpt sembuh dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yakin 100% bisa sembuh.
      sip, kabari terus... :)

      Delete
  21. Terima kasih infonya dok.soalnya takut kalau matanya gk bisa normal lg jd dia gk bisa main dgn bebas😭

    ReplyDelete
  22. maaf dok mau tanya lg,kok matanya udah agak normal tp jd korengan ya dok? apakah normal? takutnya jd buta dok😭

    ReplyDelete
  23. Dok musang sy matanya biru kehijau hijauan gitu... itu kenapaya?? Parah atau tidak??
    Trimakasi dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya, Musang Bermata Hijau Susah Jinak, Benarkah?

      itu bukan penyakit, mas

      Delete
    2. Bukan dok... musang sy sudah jinak.. tapi kata temen temen saya itu matanya kaya infeksi dan sbagainyalah karna telalulama kena sinarmatahari...gitu dok..

      Delete
    3. iya, tahu.
      di sana ada penjelasannya mengenai warna pada mata musang itu sebenernya apa. dan itu bukan penyakit, mas.

      matanya gak sering belekan, kan? cuma hijau aja?

      kalau hijau doang, itu bukan penyakit. emang ada musang yang kayak gitu. penyebabnya, silakan baca artikel yang saya sarankan tadi...

      Delete
  24. Bukan dok... musang sy jinak..tpi kata temen saya mata dia terlalu sering kena sinar matahari/ kena lampu.. apa bener spertiitu?? Penanganannya gmna ya dok?? Suka normal coklat.. suka keburu buruan gitu

    ReplyDelete
  25. Dok ko musang sayang setiap menit mata sebelahnya keluar belek(kotoran) terus ya ?
    Ada apa dengan musang saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa?
      buat makanannya, coba kasih jus pepaya aja.
      terus matanya sering2 dibersihkan dengan cara dilap pakai tisu.
      jaga kebersihan kandang.
      lakukan selama seminggu, lalu lapor lagi ke sini ya mas... :)

      Delete
  26. Dok mau tanya,musang saya umur 1,5 bln saya baru ambil,lha itu saya kasih makan saya spet Ndak mau saya kasih makan ditangan juga Ndak mau gmna ya dok biar musang saya mau makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. disepet aja mas pake alat loloh buat burung. bisa beli di toko makanan burung. bisa juga bikin sendiri pake suntikan mainan.
      pelan2 aja ya, jangan sampe musangnya keselek

      Delete
  27. Dok saya punya baby musang, umurnya baru 2 bulan saya temuin dijalanan, dia lagi digigit kayaknya sama ibunya, digigit kepalanya, kena di mata sebelahnya , sama yg satunya. Saya ambil karena saya kasian, saya kasih makan saya rawat, tp saya bingung gimana supaya matanya gak kenapa kenapa. Jadi yg satunya matanya putih kebiruan yg satunya sipit. Saya harus kasih obat apa ya? Pertama tama di taro dirumah dia masih gak kenapa kenapa matanya emang luka tp kalo dipegang masih mau. Tapi bsknya, gakmau keluar kandang dan selalu marah kalo di gendong trs kalo jalan suka ketabrak. Saya harus gimana dok saya kasian banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa saran dari saya:
      1. jangan dikasih makanan apapun selain buah-buahan. kasih aja jus pepaya matang atau pisang yang dihancurin. jangan dikasih makanan lain selain itu. biar matanya mendingan
      2. mas bisa mampir ke apotik, beli amoxicillin 500mg. satu tablet mas potong jadi 7 bagian sama besar, terus satu bagian mas tumbuk hingga benar2 halus, kasih 2 sendok makan air mineral, habis itu minumkan ke musangnya. lakukan 2x sehari. biar infeksi di matanya gak makin parah dan menyembuhan lukanya.

      kabari lagi

      Delete
  28. dok mau konsultasi nih... saya sudah baca artikelnya tp kok saya malah tambah khawatir ea...? saya punya baby mispand baru 1 minggu bisa melek tp tiba2 matanya putih sebelah seperti foto di atas nah saya buka Dan baca artikelnya sudah 2 hari cuma tak kasih jus pisang soalnya kalau pepaya tidak terlalu nafsu atau tidak mau, tp kok masih putih ea Dan tak liat making menonjol putihnya itu... itu bisa hilang sendiri atau butuh bantuan biar bisa hilang... atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 matanya?
      kalau boleh saya saran, mending mas segera bawa musangnya ke dokter hewan terdekat. SEGERA. kalo emang mata musangnya makin menonjol, minta antibiotik sama dokternya.... Kalo gak menonjol, cuma putih aja, hmm, mas bisa kasih gambarnya ke saya?

      ditunggu

      Delete
  29. sudah tak kirim gbrnya dok lewat postimage... tp susah foto.nya soal.e aktif... jadi tambah khawatir itu tadi habis tak bersihin... padahal baru 3 hari tp tonjolannya makin besar ea dok... Dan nafsu makan.e jadi berkurang jga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. jangan dikasih makan apapun selain buah-buahan. kasih makan buah aja.
      2. mas nanti coba beli amoxicillin 500mg. 1 tablet mas potong jadi 5 bagian sama besar, terus satu bagian mas tumbuk sampe halus, kasih air 5 sendok makan. minumkan setiap pagi dan sore.

      jangan lupa jaga kebersihan.

      lakukan ya mas.

      Delete
    2. dok anak musang saya, matanya udah putih sebelah, dan yg sebelah lg ngga bisa kebuka. gmna ya cara ngobatinnya?

      Delete
    3. dok anak musang saya, matanya udah putih sebelah, dan yg sebelah lg ngga bisa kebuka. gmna ya cara ngobatinnya?

      Delete
    4. coba mas baca artikel saya, cara mengobati musang katarak. juga mas bisa baca artikel di atas.....

      Delete
  30. https://postimg.org/image/nz1arf1d1/

    ReplyDelete
  31. https://postimg.org/image/bbzvf29h5/

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. kemaren tak tinggal kerja pupang.e dah tak beli.in obat sama antibiotic tp musang.e dah lemes... sakaratulmaut...;-( padahal baru 3 hari yg sakit tp bengkak.e di Mata.e jadi besar... ;-( ;-( makasih dok sarannya Qilla (nama musangku)dah tenang di sisi-Nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ikut sedih, mas... maaf karena saya hanya bisa bantu dari jauh....

      buat pelajaran aja ke depannya...

      Delete
  34. dok musang saya kelopak matanya kaya ada ulet kecil kecil banyak iti cara ngilanginnya pake apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      kok bisa mas? kayak belatung gitu?

      mending kasih amoxicillin. baca artikel saya, DOSIS AMOXICILLIN UNTUK MUSANG. jaga kebersihan kandang dan musangnya.

      ada kemungkinan kena flystrike juga? coba baca aja artikel CARA MENGOBATI FLYSTRIKE

      Delete
  35. Dok musang saya klo ditaruh di tempat minim cahaya retina kedua matanya putih besar. Klo ditaruh diruang terbuka normal. Apa itu sakit mata?
    Biasanya saya kasih makan bubur sun pisang.. klo buah pisang sama pepaya nunggu dia laper bgt baru dimakan.. kan kasihan
    Mohon sarannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      bukan. itu karena warna pigment dalam matanya aja. udah saya bahas di artikel MUSANG YANG MATANYA HIJAU SUSAH JINAK? baca aja dulu artikelnya... :)

      Delete
  36. Dok musang saya umur 1½ bulan,, matanya berlendir dok kaya nangis gitu,itu kenapa ya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. cukup pastikan di sekitar kandangnya bebas debu.

      mas bisa lap area sekitar matanya pake tisu...

      Delete
  37. Alhamdulillah, berarti aman dok, asli bebas debu dok, saya masukin ke kardus gede alas serutan kayu+ kain, trus tak taruh di samping kulkas(biar anget)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu. jangan pake serutan kayu, mas. gak bagus. mungkin karena itu matanya jadi berair terus...

      Delete
  38. Misi dok. ,saya punya musang umur 1blanan , pertama matanya sebelah kaya di post dan pas saya tanya ke temen saya itu kaya kena kuku saya , trus saya kompres pakai air hangat , setelah 1 hari berubah jadi merah , apakah itu proses penyembuhan apa makin parah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pake air hangat. langkah penyembuhan dari saya:
      1. kasih makan buah2an aja. jangan dikasih makan selain buah.
      2. kasih obat amoxicillin. tapi jangan sembarangan, ada dosisnya. mas bisa baca artikel dosis amoxicillin untuk hewan///

      Delete
  39. dok,musang saya baru umur 3 bln tapi kemaluannya sudah seperti musang dewasa yang birahi,cara penanganannya gimana dok? naman penyakitnya apa dana apakah wajar seperti itu?

    ReplyDelete
  40. assalamualaikum dok saya mau tanya.. muspan saya matanya lg sakit sebelah kiri akibat di garukgaruk jadi berair dan tertutup karna belekan setiap di bersihin pake air hangat abis itu di garukgaruk lg.. penanganannya gimana ya dok..soalnya takut makin parah matanya..selama ini saya kasih makan buah-buahan terus..apa amoxillin berpengaruh terhadap matanya.. kalo benar tolong minta dosisnya dok..muspan saya umurnya 2 jalan 3 bulan berat kira-kira 2kg -+.. terimakasih dok..tolong di jawab

    ReplyDelete
  41. assalamualaikum dok saya mau tanya.. muspan saya matanya lg sakit sebelah kiri akibat di garukgaruk jadi berair dan tertutup karna belekan setiap di bersihin pake air hangat abis itu di garukgaruk lg.. penanganannya gimana ya dok..soalnya takut makin parah matanya..selama ini saya kasih makan buah-buahan terus..apa amoxillin berpengaruh terhadap matanya.. kalo benar tolong minta dosisnya dok..muspan saya umurnya 2 jalan 3 bulan berat kira-kira 2kg -+.. terimakasih dok..tolong di jawab

    ReplyDelete
  42. Selamat sore dok, dok musang saya matanya petet sebelah, kira2 obatnya pake apa ya dok?

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Aslmkm dok egii mau tanya kira" knp ya muspan egii baru umur 1 bulanan dah mata sebelahnya suka gak kebuka banyak belekan gitu tpi yg sebelahnya lagimah normall dokk?? Apa karna sinar lampu/matahari atau apa karna tmpat tidurnya yg saya kasih boneka berbulu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas egi biasa kasih makan apa?
      coba makanannya diubah, kasih blender pepaya aja (senin sampe jumat), terus sabtu minggu kasih bubur bayi promina. jangan dijemur dulu. cukup pastikan kebersihan kandangnya aja...

      oh ya, beleknya bisa mas bersihkan pake tisu, 2x sehari.

      Delete
  45. Siang,dok..
    Mau tanya musang saya matanya kaya ada yang putih,itu kenapa dan penanganannya bagaimana ?
    Terus apa di umur 1,5bulan bulu musang akan rontok ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  46. Dok saya mau tanya musbul saya umur satu bulan up. Tiba" mata nya biru, dua" nya. Tp kalo d luar mngcil kadang ga klihat kaya normal gt. Trus tiap x bangun tdur belekan dok. Gimn ya dok. Saya ud sminggu ni kasi pisang blander sama paya blander. Tp g ilang"...?? Ad solusi ga dok. Tolong ya dok...??

    ReplyDelete
  47. Seblum nya saya jarang bngt jmur baby nya. Kalo pun d jmur saya tutup kandang nya pk sarung hitam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira itu bukan katarak, cuma pigment warna di matanya aja yang agak beda. kalo katarak biasanya warnanya putih.

      nggak apa2 kok. normal. :)

      Delete
  48. Musang saya udah semuanya putih hari ini.
    2 hari lalu bangun tidur, matanya belekan, terus digaruk2..
    Sehari lalu udah mulai putih.
    Hari ini udah putih semua.
    Kayaknya mirip photo di artikel atas.

    Saya bingung ngatasinya, ini katarak atau infeksi mata.?? 😢
    Nanti saya upload fotonya segera, bahkan video ke YouTube.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan, mending mas bawa ke rumah sakit hewan terdekat aja. mas tinggal di kota mana? biar saya rekomendasikan....

      udah praktekkan artikel di atas?
      di blog ini ada artikel mengenai dosis amoxicillin untuk hewan. coba berikan itu.

      sementara makannnya kasih buah aja. jangan dikasih yang lain.


      lakukan yang saya sarankan di atas.

      Delete
  49. Bu dokter, mohon rekomendasi di kota Medan untuk dokter hewan yang paling memahami musang siapa yah?? Kalo bisa kenalannya dokter Fira gitu.. 😊
    Saya ingin ngobatin mata musang saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya nggak ada kenalan dokter hewan di medan, mas.
      coba aja bawa aja ke dokter hewan mana aja di sana. tanya dulu....

      emang kenapa matanya?

      Delete
    2. Bu dokter, mata kanannya sudah sembuh.
      Mata kirinya masih ada putih infeksinya, tapi udah mulai mengecil.
      Sudah boleh gak dok dikasih bubur bayi??
      Bubur bayi merek dan rasa apa yang paling bagus??

      Fyi: saya selama kasih amoxicillin 1/6 tablet dan paracetamol 1/6 tablet saya campur pakai gulungan daging ikan nila. Soalnya kalo saya campur ke pisang dan pepaya gak mau dok. Hehe 😄

      Delete
    3. fiuh, syukurlah...
      hmm, boleh kasih bubur bayi. tapi porsinya mending sedikit aja. nanti setelah 2minggu, baru porsinya kayak biasa lagi... :)

      Delete
  50. Dok cara ngobatin musang sakit mata gara-gara dijemur terlalu lama gimna ya, umur stahun lebih, jantan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa ke dokter jhewan aja mas.. biar dicek dulu separah apa/...

      Delete
  51. dok, musang saya sakit mata seperti gambar diatas. sesuai dengan saran dokter sudah saya ikuti namun saya tambahkan obat tetes mata untuk hewan tapi setelah itu matanya jadi berwarna merah darah. itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba instruksi yang saya tulis di atas?
      merk obat tetesnya apa mas?

      Delete
  52. Dokter numpang nanya
    Muskar sya umur 2 bln, 3 bln, sama 1 tahun, udh pada mandiri dok,
    Yg umur 2 bulan sma 3 bulan matax belekan berair gtu dok, sekalix yg umur 1 tahun macam ketularan
    Apa bner menular ya dok?
    Cara mengatasix atau penyembuhanx gmna dok ?
    Trimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa? dikasih makan dogfood/catfood?
      karena kalo musang belekan gitu, biasanya karena makanannya terlalu banyak protein.

      coba kasih makan lebih banyak buah. makanan tinggi proteinnya kurangin....

      Delete
  53. Dok mata m7sang saya keluar nanah itu gimana dok ???

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.