Cara Memelihara Otter | Drh. Fira Sovica

Bisa dibilang,

cara memelihara otter

atau berang-berang atau sero lebih susah dibandingkan memelihara jenis hewan lain. Memelihara berang-berang atau otter membutuhkan ketekunan yang tinggi serta penanganan yang tepat. Tidak jarang, otter yang dipelihara oleh pemula serta tidak tahu cara memelihara otter yang benar hanya akan menyebabkan kematian pada otter yang dipelihara. Oh ya, bagi anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai otter, anda bisa membaca artikel saya tentang karakter dan sifat otter.
Cara Memelihara Otter
Image taken from kaskus.co.id
Pikirkan lagi tentang niat anda dalam memelihara otter atau berang-berang. Jangan memelihara otter hanya karena ikut-ikutan atau sedang mode. Ingat, memelihara binatang apapun berarti bertanggung jawab penuh terhadap kelangsungan hidup binatang yang dipelihara. Terlebih lagi, otter termasuk binatang yang tidak gampang dipelihara.

Terlebih, otter yang masih bayi.

Memelihara otter

yang masih bayi membutuhkan perhatian penuh dan penanganan yang tepat. Daya tahan bayi otter amat rentan. Salahsatu penyebab kematian bayi berang-berang yang dipelihara antara lain karena asupan makanan atau minuman yang salah, bakteri dan jamur, kepanasan, dan trauma fisik. Hampir 80% bayi otter yang dipelihara berakhir dengan kematian. Maka, saran saya yang pertama, adalah jangan memilih otter yang masih bayi.

Kembali ke inti artikel. Cara memelihara otter atau berang-berang yang tepat berdasarkan pengalaman praktek penulis adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah otter yang berusia lebih dari 4 bulan dan jangan pernah membeli otter yang masih bayi kecuali anda punya waktu 1x24 jam untuk merawatnya.
  2. Otter adalah hewan semiakuatik yang tidak tahan panas. Dan seperti disebutkan di atas, penyebab kematian otter yang paling utama salahsatunya adalah kepanasan. Tempatkan kandang otter di tempat teduh serta memiliki air yang menggenang di dasarnya, terutama jika otter tersebut hasil tangkapan liar atau terbiasa hidup di kandang dengan air yang menggenang. sebuah kolam berjeruji dengan tempat persembunyian di pojoknya bisa menjadi kandang otter. Persiapkan kandang ini beberapa hari sebelum anda mengadopsi otter.
    Banyak pemilik otter yang membiasakan otternya agar tidak bergantung pada air. Hal ini juga sebenarnya tidak salah selagi suhu kandang diset agar tidak terlalu panas. Meski otter pada dasarnya adalah hewan semi akuatik, namun anda tetap bisa memelihara otter di kandang jeruji yang tidak memiliki air menggenang di kandangnya dengan catatan kandang itu tidak terlalu panas.
  3. Otter atau berang-berang atau sero adalah hewan karnivora (pemakan daging). Anda bisa memberikan ikan lele untuk pakannya.
  4. Dalam keadaan apapun, JANGAN PERNAH MENJEMUR OTTER.
  5. Kandang otter bisa dibersihkan secara menyeluruh 2 minggu sekali. Jangan terlalu heran jika kandang otter atau badan otter agak berbau amis. Bagaimana cara agar otter tidak bau amis? Gampang. Jangan memelihara otter. Mencium bau amis adalah salahsatu resiko memelihara otter.

Demikian adalah cara memelihara berang-berang atau otter. Anda bisa mengirimkan komentar, saran, dan kritik di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

475 Responses to "Cara Memelihara Otter"

  1. ibu dokter sngat luar biasa skali,,sgala pertanyaan dari owner dijwab dngan penuh simpati,,jngn pernah bosan ya dok untuk shering info untuk perawatan otter ataupun hewan lainn,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng bisa bantu2 mas dan para animallover semua... :)

      Delete
    2. dokter boleh minta pinya g buat konsultasi lbih jls dan lbih gmpng lgi,,trimksih

      Delete
    3. saya hanya menerima konsultasi via komentar di blog, mas... :)

      Delete
    4. bu dokter,,,klau pngen otter obes kliatan lbih besar pakanya harus apa,,klau dari beby smpe dewasa???

      Delete
    5. haduh, kalau otternya masih baby, yang penting dia sehat dlu, mas. jangan mikirin soal obes dlu karena salah2 malah jantungnya gak kuat.... silakan baca artikel kenapa musang obesitas rentan mati....

      gak usah dikasih vitamin apa2 dlu. cukup jaga pola makan, jaga kebersihan, dan cara memelihara yang benar... :)

      Delete
  2. ada vitamin khusus jg g??? buat nmbahin berat bdanya klau masih beby

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi dok, sy mnt tolong advisnya dok. Kl kita memelihara baby otter (1,5-2 bln) di ruangan ber ac boleh gak dok (di dalam box plastik dgn alas kain tebal). Karena dikuar ruangan itu (kamar) banyak tikus sangar2 berkeliaran kl malam. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gak masalah tapi ac-nya jangan terlalu dingin ya mas. dan jaga kebersihanmnya juga.

      agak riskan sebenernya kalau di ruangan ber ac, makanya kalau ada ruangan lain yang bebas tikus, mending di ruangan itu aja.... untuk sementara, gak apa2 di ruangan ber ac asalkan jangan terlalu dingin... :)

      kasih saya kabar lagi...

      Delete
  4. Misi dok, otter saya kakinya luka kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. laaah, kenapa nanya saya, hihihihi... :D
      masnya gak tahu kenapa? jatuh mungkin? atau kegencet jeruji kandang?

      Delete
  5. Dokter.. sya ga sngaja dapet otter dari merem, skrang sudah melek saya kasih susu sgm 0-6 tiap hari 3/4 kali sehari ,sekarang matanya ada sperti selaput putih.. apa itu katarak dok.. bagaimana cara menyembuhkanya ?? Mohon respon dan jawaban secepatnya dokter... trmaksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuh, maaf karena baru balas.
      agak susah juga sih sebenernya untuk kasus kayak gini. maksudnya mas gak sengaja dapet otter merem gimana? mas nemu dijalan gitu otternya?

      mending mas kasih bubur bayi aja, jangan dikasih susu, mas.... kemungkinan karena dikasih susu itu.... tebakan saya sih begitu...

      sekarang kondisinya gimana?

      Delete
  6. Dok mau tanya otter itu bisa berenang di kolam renang gk ? contooh seperti anjing , soal nya ny air nya kn ada kandungan lain nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kolamnya ada kaporitnya, mending jangan... otter sangat sensitif terhadap zat kimia

      Delete
  7. ohhh, berarti kaya kucing ya dok gak tahan sama lactosa.

    ReplyDelete
  8. Dok saya mau nannya nih kan saya baru dapet otter tapi kurang tau usianya berapa bulan kata owner sebelumnya sih umur sebulan tapi bulunya udah hampir coklat semua tapi matanya masih merem gimana solusinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pelihara mas. tanya ama owner lamanya, biasa dikasih makan apa.

      nasihat saja, jangan dikasih susu karena gak cocok. buat makanannya, coba kasih bubur bayi... :)

      kasih saya kabar lagi

      Delete
  9. Dok mau nanya kira2 yg lebih sensitive (bisa di bilang emosi-an klo buat orang) otter betina atw jantan. Trus Lebih aktif jantan atw betina?. Thx dok klo udh mau jwb :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja sih mas, kalo dari segi emosi, otter jantan dan betina sama aja. soal keaktifan juga.

      tergantung karakter sih. sama aja kayak manusia. ada yang emang pendiem, ada yang gak bisa diem (aktif). nah otter juga gitu. :)

      Delete
  10. Malam dok saya mau tanya
    Saya punya otter umur+-2 bulan
    dia ga mau minum susu dok itu normal/gmna ya dok minta solusinya ya dok:)

    ReplyDelete
  11. Dok saya mau nanya otter saya kena diare trus tetangga saya suruh ksh pharolit tp gk ush banyak2 sama hydro coco biar gk dehidrasi gmn pendapat dokter umur 3bulanan. Harap di jwb ya dok thx

    ReplyDelete
  12. Dok apa selain lele apa boleh si otter dikasih makan seperti sosis ayam atau sosis sapi atau yg lain? Mohon penjelasannya ya dok thanks.

    ReplyDelete
  13. dok, otter saya berumur 5 bulan,
    nah botol susu lamanya udah rusak jadi di ganti yang baru, semenjK diganti yg baru, dia gamau susu sama skali dok, gimana cara mengatasinya ya?

    ReplyDelete
  14. Maaf dok kalo oyyer umur kirakira 1 bulan udah bisa d kasih lele?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, jangan mas... atau gini aja, biasain aja kasih lele tapi lelenya diblender dulu... daging lele mentah diblender... terus dikasih ke otternya... dikit2 aja...

      Delete
  15. Makasih sarannya dok oh ya satu lagi Jadi usia yg pas buat ngasih lele kapan dok?

    ReplyDelete
  16. Kirakira umur yg pas kapan ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah dewasa, kira2 umur 5 atau 6 bulanan...
      sementara itu, bisa diblender dulu lelenya...

      Delete
  17. Dok saya mau cerita dulu nih sebelum nanya. Ottersaya kasih susu sgm llm. Tapi waktu minum kok susunya ada yang keluar lewat hidung. Dan abis itu muntah busa susu sedikit. Apa ada gejala sakit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur otternya berapa?
      jangan dikasih susu, mas. saran saya, kasih air kelapa campur sari kurma aja.

      saya kira normal, mungkin tersedak aja. setelah itu, dia masih mau makan/minum?
      mending mas kasihnya dikit2 aja, jangan kebanyakan. cukup 1-2cm aja tinggi air kelapa+sari kurmanya,,,

      Delete
  18. dok otter saya kok lemes ya dok..apakah sakit dok, cara ngobatix ya apa dok,soalx di sini gk ada dokter hewan dok,mohon bantuainx dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan? fesesnya gimana? mencret?
      kalau dia gak mau makan dan fesesnya mencret atau berubah (baik warna maupun baunya), kemungkinan sakit. agak susah kalau gak dibawa ke dokter hewan, mas. apalagi saya gak liat otternya langsung...

      Delete
  19. dokter, sy baru dpt otter usia 3 minggu, tadi waktu minum susu sepertinya tersedak, trus sekarang kalau nafas jadi keluar bunyi ngik ngik gt, gmn cara mengatasinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya mas kasih susunya jangan banyak2, jadi kasihnya di mangkuk dan dikit2 aja kasihnya, jangan lebih dari 1cm tinggi susu di mangkungnya...

      diamkan aja dulu, keringin bagian hidungnya, di bagian lubang hidungnya...

      Delete
  20. Gigi anak saya copot setelah menggigit spatu saya dok .
    Apakah bisa tumbuh lagi dok .
    Untuk usia saya kurang paham ada yg bilang 3 bulan up ada yg bilang 4-5 bulan up
    Untuk media sosial apakah ada dok .
    Saya ingin mengirimkan video atau foto biar lebih jelas .

    ReplyDelete
  21. dok saya baru adopsi otter umur 3bulan dia udah bisa makan ikan emas yang masih kecil dok hari pertama dia makan 60 ekor dalam sehari , nah untuk hari ini dia gamau makan dok udah di gendong sambil disuapin malah di muntahin dok,saya juga udah sodorin ikan lele yang udah di cincang tetep dia gamau makan, terus nangis terus dok ,
    kira kira solusinya gimana ya dok?

    ReplyDelete
  22. sore dok, mau tanya otter saya sekitar 1,5 bulan setelah saya coba kasih cat food yg sudah saya rendam susu, setelah itu kok gak mau mminum susu ya... maunya makan doang, dan makannya cuman sedikit sekali.... terus cara nambah nafsu makan gimana ya... terimakasih

    ReplyDelete
  23. Sore dok , mau nnya ini dok, saya kan dapet otter dikasi ama temen sy katanya dia g bisa ngerawat . Dibilang sih umur 2 blnan . Uda 3 harian otter ini ama sy. Dia tadi habis muntah . Muntahannya warna putih gtu, trus dia spertinya agak lesu, trus nafsu makannya berkurang, tapi kalo keluar kandang dia masi bisa lari2an gtu . Itu kenapa y dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahinya/fesesnya gimana mas?
      jangan dikasih susu, coba untuk makanannya kasih bubur bayi promina aja. inget ya mas, jangan dikasih susu....

      kasih kabar lagi... :)

      Delete
  24. Fecesnya mirip ingus gtu cuman warna kuning ..
    O iya kenapa g bole kasi susu dok?
    Dari temennya sih dibilang dikasi susu , ama nasi campur lele gtu dok. Hari pertama dia makannya lahap, cuman besok2 mulai berkurang nafsu makannya .

    Kalo untuk buburnya bubur sun pisang bole ? Atau ada rasa lain yg harusnya ?
    Soalnya sy juga melihara SG . Jadi ada stok sun pisang drmh dok hehe ..

    Terima kasih sebelumnya dokk 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu bikin sistem pencernaan otter dan musang terganggu. saya berkali kali bilang kayak gini, tapi kadang mereka yang 'lebih ahli' suka ngeyel, hihihihi.... :D

      boleh aja, rasa apa aja. selama ini dikasih makan nasi campur lele? lele matang atau mentah? kalau dikasih fillet lele mau nggak? coba aja....

      bisa kasih bubur sun dulu. kasih kabar terus ya mas... :)

      Delete
  25. Hallo dok...
    Saya baru dpt baby oter 2.5bln udh bisa melek...tapi mata nya sebelah kaya ada putih2 kaya katarak gimna yah dok ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hola, :)
      biasa dikasih makan apa?
      di sekitar matanya ada beleknya?
      dia suka garuk2 daerah sekitar matanya?

      jujur aja, agak susah menentukan apakah itu emang katarak atau bukan. tapi katarak pada otter biasanya disebabkan oleh makanan yang terlalu banyak protein dan lemak. agak susah karena si otter masih bisa dikatakan masih baby....

      coba kasih makan cacahan daging ikan lele, sambil diobservasi selama 1 hingga 2 minggu ke depan....

      infokan saya mengenai makanannya saat ini... :)

      Delete
  26. Dok saya mau tanya saya baru adopt baby otter...tapi gak ttau umur brapa ..uda melek, uda bisa jalan tpi belum bisa lari masi kpeleset2...kira2 makanan untuk otter umur sgitu selain susu apa ya dok..dan brapa kali sehari mmberi susu atau mknannya..trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas biasa kasih makan apa? :)
      kalau dikasih bubur bayi, dia mau? coba aja kasih.
      opsi lain, kasih cacahan daging ikan lele... :)

      susah banget pelihara baby otter umur segitu. saya aja masih kelimpungan kalau pelihara.... :)

      Delete
  27. Dok mau tanya otter boleh mandi di pesisir pantai enggak ya ? Soal nya saya dah baca banyak artikel tapi gak ada jawaban nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya nggak mas. :)
      otter adalah hewan air tawar, saya takut kalau dia kena air laut, kulitnya iritasi.... jadi mending jangan... :)

      Delete
  28. mau tanya dok otter umur 2 bulan dimandiin gak apa2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bisa sih jangan, mas. dilap aja pakai handuk basah... :)

      Delete
  29. Dok saya mau tanya ... saya mau beli otter umur kurang lebih 8 bulan jinak banget dok tapi kira kira kalo saya beli tetep jinak apa engga yah dok ... takutnya cuman jinak sama pemilik yang lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo otter kayaknya tetep jinak deh mas.
      setau saya sih gitu....

      coba aja mas ajak main dulu. kalo pas mas ajak main dia jinak, kayaknya akan tetep jinak...

      Delete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. doc mau tanya kenapa otter klo di ajak ke tempat ramai selalu berliur doc,dikasih minum dy gamau juga doc,, ga kaya otter lainnya,, padahal dah sering di ajak ke tempat ramai

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau di tempat gak rame, gak berliur gitu, mas?
      saya kira sih dia stress. ini cuma tebakan saya aja. mungkin dia belum terlalu terbiasa dengan keramaian.

      kabari lagi

      Delete
  32. doc mau tanya kenapa otter klo di ajak ke tempat ramai selalu berliur doc,dikasih minum dy gamau juga doc,, ga kaya otter lainnya,, padahal dah sering di ajak ke tempat ramai

    ReplyDelete
  33. dok mau tanya kenapa otter sering berliur kalau di ajak ke tempat ramai? padahal dh sering di ajak ke tempat ramai

    ReplyDelete
  34. dok, ,mau nanya, fase dimana otter ganti bulu itu umur brp aja ya dan peralihan dari apa ke apa misalakan ( bayi ke anak2 )

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nanti saya post artikelnya buat mas. tunggu aja. :)

      Delete
  35. malam dok, sya baru aja seminggu adopt bayi otter yg udah melek ukurannya sebesar botol air mineral Aq*a tanggung. tiap hari sya kasih susu sgm 0-6bln pake sped suntik 20ml pagi sore mlem. 3x coba freeroom kok jalannya masih sempoyongan terus yaa, normal kah? pupnya encer ada bulir putih2,kandang pake kranjang buah yg samping kanan kiri atas saya lapisi kardus, dan bgian bawah sya biarkan biar pup langsung jatuh kewadah lain, sistemnya sperti kandang kucing besi. untuk makannya apa masih dpertahankan pakai susu terus atau sudah waktunya ditambah menu lain, soalnya gigi taring n geramam sudah tumbuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya sih mending jangan dikasih susu. coba kasih bubur bayi aja yang agak encer.

      hmm, otter umur segitu sangat gampang mati, terutama karena masalah pencernaannya, mas. harus telaten rawatnya.

      saya tunggu kabarnya lagi ya mas.

      Delete
  36. maaf dok.mau tanya kok otter saya dimatanya keluar kayak blobok tapi cair terus nanti kering jadi kayak blobok apakah itu wajar? umurnya 2bln. mohon dok dibalas takutnya itu penyakit'_'

    ReplyDelete
    Replies
    1. blobok itu maksudnya belek? tahi mata? bener?
      dia suka garuk2 matanya nggak?

      mending sering2 dilap aja mas bagian matanya pake handuk kering.... jaga kebersihan kandangnya juga...

      Delete
    2. iya dok, tapi kok keluar cairannya banyak ya warnanya putih kayak susu itu gimana dok bahaya gk?

      Delete
    3. iya dok, tapi kok keluar cairannya banyak ya warnanya putih kayak susu itu gimana dok bahaya gk?

      Delete
    4. dia suka garuk2 matanya?
      bisa mas foto kotoran yang masih nempel di matanya?

      sering dibersihkan aja. dan menurut saya, kalau dia gak sering2 garuk matanya, kayaknya aman. cuma belek biasa aja.

      Delete
  37. dok mau tanya kalau bayi otter umur 1,5bln yg pas dikasih bubur bayi apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya pake promina, mas.
      dan jangan dikasih susu....

      Delete
  38. Cat food yang bagus buat otter, dari segi kesehatan kulit maupun tubuhnya apa dok?

    ReplyDelete
  39. Cat food yang bagus buat otter buat kesehatan kulit maupun tubuhnya yang kayak gmn ya dok?

    ReplyDelete
  40. Dok mau tanya otter itu termasuk one man pet (cuma nurut sm satu orang) kah?walaupun udh sering liat org lain dr baby?

    Satu lg dok, dr masih merem udh boleh dikasih bubur bayi kah? Atau lebih baik susu buat anak kucing atau anjing? Kebetulan saya ada waktu tiap hari 24 jam buat peliharanya dok makanya mau coba yg dr baby bgt

    Terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. targentung cara memeliharanya, mas. kalau dia emang cuma berinteraksi sama satu orang doang dan jarang diketemukan sama orang lain dan jarang berinteraksi dengan orang lain, bisa aja dia jadi one-man....

      oh. kalau yang bayi banget sebenernya agak riskan, karena daya tahan tubuhnya rendah banget. tapi kalau emang mas siap dengan konsekwensinya, mas bisa kasih bubur bayi encer sebagai makanannya..... susu bisa dikasih susu khusus anak kucing :)

      Delete
  41. Terimakasih infonya dok...
    Jd lebih bagus kalo menurut dokter diberikan bubur bayi atau susu khusus anak kucing dok?apa sama saja kedua nya...kalo bubur bayi yg bagus merek apa ya dok?
    Maaf banyak nanya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng kok jika ada yang nanya. gak apa2, kalau mas bingung, bisa nanya ke blog ini. gratis. :D

      menurut saya, kasih bubur bayi encer udah bagus. yang promina ya mas. gak usah dikasih susu gak apa2, kasih bubur bayi encer aja...

      kabari lagi

      Delete
  42. dok otter saya selalu berliur kalau di ajak ke tempat ramai kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar, mas. belum terbiasa sama tempat ramai ya? bener?

      kabari lagi

      Delete
  43. Malam dok, ak lagi pelihara otter, kebetulan dpt dri temen, nemu di alam gt. Awalnya otter ku itu matanya belom kebuka, tp skt udah, jd perkiraan umur 1 bulan, pertanyaannya, knpa ya klo setiap abis pup atau abis minum susu, suka guling guling,,, mksh dok atas jawabannya.

    ReplyDelete
  44. Malam dok, ak lagi pelihara otter, kebetulan dpt dri temen, nemu di alam gt. Awalnya otter ku itu matanya belom kebuka, tp skt udah, jd perkiraan umur 1 bulan, pertanyaannya, knpa ya klo setiap abis pup atau abis minum susu, suka guling guling,,, mksh dok atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis susu yang dikasih apa ya mas?
      fesesnya gimana? mencret?

      kalau saya sarankan, mending jangan dikasih susu, mas. kasih bubur bayi encer aja.

      kabari lagi

      Delete
  45. Dok,apakah ada penangkaran otter yg udah pny izin bksda ya? Saya mau beli otter,saya posisi di jpg, otterny hurus dpt izin dari bksda

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisi mas di jepang?
      mas udah telepon ke bksda-nya? coba aja telepon dulu. ada kok artikel mengenai no telp bksda...

      mengenai penangkaran otter, saya kurang tau ya. setau saya sih belum ada. mungkin mas bisa gabung ke grup pecinta musang dan otter di facebook... :)

      Delete
  46. Dok saya tanya bagian pipi otter saya kayak benjol segede kelereng itu kenapa ya? udah 2 hari kayak gitu, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  47. Saya baru beli otter umur 3 bulan... belum sehari dirawat tapi otternya udah lemas,, tidur terus dan gak mau minum susu... trakhir nyusu jam 12 td malam... besoknya gk mau nyusu lg... gimana ngobatinnya dok?? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang saya tulis di artikel daftar hewan peliharaan yang gampang mati, otter termasuk hewan peliharaan yang mudah mati. masalahnya biasanya dari sistem pencernaan, akibat pemberian susu.

      harusnya jangan dikasih susu, cukup kasih bubur bayi promina aja.

      kalau toh mau dikasih susu, kasih yang non laktosa. kayak sgm llm.

      Delete
  48. Dok saya mau tanya, Otter saya masih baby trus setiap saya kasih susu kok sering dimuntahin lagi ya dok?
    Terus pantan dan ekornya selalu basah dok,itu kenapa ya?
    Tapi kotoran nya masih kuning berbulir, apakah dia malah sakit atau gimana dok?
    Tolong di respon cepat ya dok 😊

    ReplyDelete
  49. Dok saya mau tanya, Otter saya masih baby trus setiap saya kasih susu kok sering dimuntahin lagi ya dok?
    Terus pantan dan ekornya selalu basah dok,itu kenapa ya?
    Tapi kotoran nya masih kuning berbulir, apakah dia malah sakit atau gimana dok?
    Tolong di respon cepat ya dok 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu, stop susunya. itu bikin sistem pencernaannya dia kacau. kalau toh mau dikasih susu, kasih yang non laktosa kayak sgm llm.
      cukup kasih bubur bayi aja.

      kalo otter yang masih bayi emang rewel banget dan gampang mati.... :(

      Delete
  50. Dok kalau bubur bayi yang cocok buat baby Otter belum melek apa dok ? Soalnya kalau di kasih susu feses kadang kuning kadang ada ijo ijo berelendir itu sakit apa wajar dok ?? Kalo Otter melek di bantu sama kita atau melek sendiri dok, soalnya Otter saya belum melek melek dok :( . Mohon bantuan,a dok terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang jangan dikasih susu. kasih aja bubur bayi promina, mas... :)

      Delete
  51. Udah saya kasih promina dok rasa ayam jamur , dia mau tapi pas ngedot suka bersin bersin dok kaya yang keselek apa mungkin belum terbiasa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersin2 pas makan/minum atau pas lagi diam?
      saya kira selama dia masih mau makan dan aktif, dia masih sehat... :)

      Delete
  52. Dok mau nanya dong otter saya kaki nya bengkak gimana ya cara ngatasin nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dijelaskan lebih lanjut apa penyebab bengkaknya?
      ada luka gak?
      apakah dia keliatan kesakitan kalau bengkaknya ditekan?

      kalau saya sarankan, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat aja, mas... :)

      Delete
    2. Waktu itu di gigit sama otter lagi dok tp alhamdulillah ko dok sekarang udah membaik luka nya terimakasih ya dok udah jawab pertanyaan saya

      Delete
    3. oh syukurlah.
      kalo emang luka, jaga agar lukanya tetap bersih ya mas.. :)

      Delete
  53. Dok mau naya dong otter saya kaki nya bengkak gimana cara nanganin nya

    ReplyDelete
  54. Iya dok pasti saya jaga baik baik

    ReplyDelete
  55. dok mau tanya, otter saya berumur 3/4 bulanan.
    kenapa akhr-akhir ini bulu nya rontok dan kumis nya patah semua (bukan rontok). apakah hal itu wajar terjadi pada otter?
    mengenai fesesnya tidak ada masalah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      maksud umurnya 3 atau 4 bulanan, gitu? :)

      kandangnya gimana? bersih?

      pastikan juga daerah sekitar kandangnya tidak terlalu panas. mending pindahkan aja ke ruangan yang lebih adem... :)

      Delete
  56. Dok..
    Saya mau tanya saya punya otter umurnya kurang lebih 3 bulan udah lepas susu dan saat ini full makan lele fillet. Untuk giginya sih udah lumayan banyak ...
    Yang saya mau tanyakan kalo saya mau selingi makanan otter dengan kepala ayam bagaimana ya apakah boleh soalnya pengalaman dari temen dengan umur otter yang sama pada saat dikasih makan kepala ayam otter temen saya muntah2.
    Mohon pencerahannya Dok terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya sendiri lebih menyarankan mending jangan kasih kepala ayam, mas. gak cocok buat otter. kalau toh mau dikasih, mending kasih daging ayam mentah tanpa tulang yang sudah dicacah halus.
      kalo menurut saya, udah aja kasih lele fillet. amannya kayak gitu. apalagi otternya masih anakan, daya tahan tubuhnya masih rendah. kalo mau kasih daging ayam, nanti aja kalo udah gedean dikit otternya. umur diatas 5 bulanlah. :)

      Delete
  57. Dok, seminggu yg lalu saya beli otter umur 2,5 bulan. Masih minum susu non laktosa aja. Trus saya baca di salah satu artikel umur 2 bulan udah boleh di cemplungin air, jadi saya coba cemplungin ke air, setelah itu langsung saya keringin sekalian di mandikan.
    Nah skrg dia jadi berkurang nafsu makan nya, dot nya cuma di gigit2 aja. Mau minum paling hanya setengah dari takaran biasanya dan keliatannya jalannya kadang suka jatuh sendiri.
    Pdhl sebelumnya udah bisa lari2.
    Kira2 kenapa ya dok? Apakah dia sakit? Suara masih normal dan suhu tubuhnya seperti biasa.
    Hanya saja setelah di kasih minum dia suka langsung tidur, pdhl biasanya lari2 dulu.
    Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan dimasukkin ke air dulu, mbak. kasian. dia pasti kedinginan.
      setelah dimasukkin ke air itu, fesesnya gimana? jadi mencret?

      usahakan tetep makan. dan jaga agar ruangan tempat memelihara kandangnya tetap hangat.

      kalo bisa, fotoin fesesnya. tahinya. kirim kemari. caranya, cek bagian PERHATIAN.. :)

      Delete
  58. Iya gak di masukin ke air lagi dok.
    Feses nya sama aja dok, dari awal beli sampe skrg kaya gitu terus.
    Cair kaya pipis trus ada bulir2nya gitu.
    Nanti saya coba fotokan dok. Saya lagi diluar.

    ReplyDelete
  59. Dok, tadi kan di jemur sama pacar saya di deket jendel, trus mlah jatuh sama kandang nya dari lantai 2 :( skrg jadi lemes bgt gamau makan, dan jalan nya di seret2 trus gak kuat skrg cuma tidur terus. Kira2 masih bisa survive gak ya? 😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, saya takut kena distemper sih mbak...
      mending segera bawa ke dokter hewan terdekat. buat pertolongan pertama, bisa kasih air kelapa muda....

      Delete
  60. Dok, sy baru dapet otter dan wkt sy pindahin tempat kok nangis2 ya?? Harus digimanain dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. otternya masih anakan ya?
      kalo otternya masih anakan, emang gitu kok.

      biarkan aja. kalo mau dipindahkan, pindahkan aja.
      mungkin lebih sering lagi diajak main... biar dia nggak nangis lagi... :)

      Delete
  61. punten dok. mo tanya, saya baru adopt otter +-1.5 bln(masih merem), masih intens susu SGM llm non lactosa gpp kan ya? fesesnya encer+bulir (kadang kuning kadang ijo) apa wajar feses begitu dikarenakan asupannya? apa harus beralih ke asupan lain. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalo saya boleh saya, coba ganti susunya pake bubur bayi promina aja mas. susunya stop dulu.

      kabari lagi. :)

      Delete
  62. Dok otter saya ngedadak diem, lemes dan lesu
    Itu gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umurnya berapa?
      fesesnya mencret apa nggak?
      mas kasih susu?

      coba stop susunya, ganti pake bubur bayi promina aja.

      Delete
  63. Dok baby Otter umur 2mingguan dia susah pup terus lemes dok nafsu minum susunya juga menurun kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
  64. Dok baby Otter umur 2mingguan dia susah pup terus lemes dok nafsu minum susunya juga menurun kenapa ya dok ?

    ReplyDelete
  65. Dok saya berencana ingin membeli baby otter yg merem,nah cara merawat Ny gmn Dok? Dn usia brp baby otter melek? Rencana ane beli baby otter yg Dah tumbuh gigi dn pertanyaan Ny kl otter Dah tumbuh gigi kecil melek Ny masih lama ato gk Dok?
    Mohon info Ny

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum do', saya tanya, saya sudah sering peliharaan otter, dr galak (wc/liar), sampai jinak total, tpi baru kali ini peliharaan bayi, udah melek, umur kurang lebih 35hari dok, ada dua jantan betina, sehat walafiat, susu dilanjutkan dr owner sebelunya, Tapi yg buat pertanyaan otter yg betina selalu gigitin kelamin yg jantan sampai agak kemerahan dok, padahal udah kenyang dan yg betina kl nyusu selalu digigitin dotnya dok, apa udah indikasi minta daging.. terimakasih mohon bantuannya, salam 3B

    ReplyDelete
    Replies
    1. otter yang betina sebenernya masih pengen menyusu. mungkin alat kelamin otter jantan dia kira sebagai puting susu induknya, matanya dia gigitan...

      mas bisa pisahkan otter jantan dan betina. jadi jangan disatuin. terus mas beli aja gigit2an yang buat bayi, yang isinya air itu loh mas. kasih aja ke otter yang betina......

      Delete
  67. Misi dok saya mw tanya nih... Say kn melihara otter sejak baby jitot bonding sih tpi kl lgi bercanda gigit ny suka sakit ya... Cara biar gigit otter ngga sakit gmna ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jual aja otternya, mas. hihi. pasti dia gak gigit lagi. :D

      emang selama ini, diajak main minimal berapa menit sehari?
      harusnya mas ajak main terus, minimal sehari 10 atau 20 menit, biar dia kenal sama masnya... :)

      Delete
  68. Permisi Dok mau tanya, saya punya otter usia 3blnan, kalo di pegang atau kalo saya duduk dia sukanya gigit2 jari atau celana saya tapi sampe dikoyak kayak anjing dan gamau dilepasin,terus sukanya lari2 ga jelas mondar-mandir, apa itu tanda kutuan ya Dok?
    Satu lagi, kalo pagi saya ajak jalan2 ngikut Dok tanpa tali dia masih mau ngikut tapi kalo malem abis maghrib saya coba bawa keluar gamau ngikut Dok, malah kabur sendiri kalo dipanggil ga mau balik.
    Itu gimana Dok? Apa otter saya takut kalo ada matahari? Hehe

    ReplyDelete
  69. Dok mau tanya baby otter saya pilek trus matanya kluar lodok nya banyak gmn ya ya dok cara mengatasi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas... maaaaf banget... :(
      jaga agar otternya gak kedinginan. mas biasa kasih makan apa?
      untuk pileknya sendiri, sebaiknya mas bawa aja ke dokter hewan terdekat. ini sebenernya udah termasuk kasus urgent, jadi saya sarankan, bawa ke dokter hewan sesegera mungkin...

      Delete
  70. malem dok , saya punya ottee kurleb umurnya hampir setahun , setiap dia makan kenapa sesudahnya selalu dimuntahin ya ? padahal makanya lahap tp ga lama kemudian dimuntahin lagi . mohon jawabanya dok , makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencret nggak?
      mas biasa kasih makan apa?
      makanannya fresh?

      coba cacah dulu makanannya sampe lembut, biar dia gampang makannya....

      oh ya, fesesnya gimana? mencret?
      bisa kirim gambarnya kemari?

      Delete
  71. Dok mau tanya, gimana cara mengembalikan nafsu makan otter ya.. Skrng rada males"an makan gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya, mas gak ngasih tau umur otternya berapa. dan biasa dikasih makan apa? mas kaish susu?
      cek fesesnya aja dulu. mencret nggak? dan jangan dikasih susu.

      coba kasih cacahan daging ikan lele, mas...

      Delete
  72. Dok cara membalikan nafsu makan otter gmana ya

    ReplyDelete
  73. Dok cara membalikan nafsu makan otter gmana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya, mas gak ngasih tau umur otternya berapa. dan biasa dikasih makan apa? mas kaish susu?cek fesesnya aja dulu. mencret nggak? dan jangan dikasih susu.coba kasih cacahan daging ikan lele, mas..

      Delete
  74. Permisi dok, mau tanya. Saya punya otter anakan. Umur kayanya dibawah 1 bulan (masih merem). Baru rawat 2 hari, kandangnya kardus dibalut popok dewasa. Diganti tiap hari. Problemnya, dihari pertama otternya masih aktif dok, teriak teriak terus. Masuk dihari kedua lemes dok, keluar suara jarang jarang. Dari owner sebelumnya, otter minum susu sgm ananda 0-6. Fasesnya kuning ada bulir dikit. Mulutnya sering mangap terus dok. Pertanyaannya,
    1. Itu kenapa ya dok?
    2. Dari fasesnya, normal gak sih dok?
    3. Dia mangap terus kenapa dok? Di hari pertama engga.

    Mohon dibantu dok, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. susunya stop.
      jangan dikasih susu lagi.
      coba kasih bubur bayi promina aja. dibuat agak kental.

      langsung lakukan ya mas...

      Delete
  75. Mlm dok, saya beli otter 2 hari lalu umurnya 2 bulan. Fesesnya cair ada bulir-bulir hijau. Pipisnya kadang kuning kdg bening. Kadang suka bersin juga tapi hidungnya nggk berair dok. Itu kedinginan atau knp ya?
    Barusan saya lihat di lehernya ada benjolan bernanah gitu dok. Cara ngobatinnya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      mas kasih susu ya?
      bener?
      jangan dikasih susu ya...

      kalo soal benjolan bernanah di lehernya, mending bawa ke dokter hewan terdekat biar dapet antibiotik,mas...

      Delete
  76. Satu lagi dok, kalau otternya mau dibawa keluar bawanya pake apa ya dok? Terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
  77. Dok, Otter saya umur 4bln. Tiba2 kepalanya benjol, sepertinya terbentur karena Emang dia gabisa diem. Terus skrg kayak kesakitan gitu dan lemes. Kira2 saya harus apa? Terima kasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas...
      sekarang gimana keadaannya? ada kemungkinan kebentur?
      mending segera bawa ke dokter hewan terdekat aja, mas...

      Delete
  78. Permisi dok mau nanya otterku dikasih ikan teri fillet bole gak?

    ReplyDelete
  79. Dok kalo otterku dikasih ikan teri fillet bole gak baru bonding 3 bulan?
    Trims mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan teri kering, mas?
      pun kalo basah (ikan teri fresh), kyknya kalo ikan teri terlalu kecil deh...
      mending ikan lain...

      Delete
  80. Iya dok saya kasih susu. Kmrn kan udh dibawa ke dokter hewan nah itu dikasih vitamin. Setelah itu fesesnya jadi kuning kental kehitaman dan bau vitaminnya dok. Itu knp ya? Susunya diganti bubur promina kah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang dikasih susu, emang salahnya di situ.
      jadi mending stop susunya. dikasih bubur bayi promina aja.
      vitamin dari dokter tetep kasih...

      Delete
    2. Feses normalnya kyk gmn ya dok?
      Terimakasih sebelumnya dok

      Delete
    3. nggak mencret... :)

      sekarang gimana keadaannya, mas?

      Delete
  81. Dok makanan yg baik untuk otter apa yahh

    ReplyDelete
  82. Dok mwu tanya...kalo otter jenis cakar kecil boleh diajak mandi dipantai gk..???

    ReplyDelete
  83. Dok saya mau tanya , kalo otter umur 2 bulanan itu cuma di kasih susu SGM pagi sore malam cukup ??
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan dikasih susu, mas.
      kasih bubur bayi promina aja atau bagusnya kasih cacahan daging lele....

      Delete
    2. Dok, otter saya umur 2 bulan, seminggu yg lalu saya bawa ke dokter karna kulit kaki2nya ngelupas, dan akhirnya disuntik dan diberi obat puyer untuk di minum kan di rmh, tapi setelah minum obatnya kok malah ga mau minum susu ya dok, trus badannya jadi lemes, akhirnya setelah 2 hari konsumsi obat, obatnya saya berhentikan dulu, dan sekarang tetep ga mau minum susu, mesti di sepetin, tapi badannya tetep lemes dok, tolong pencerahan nya dok, saya bingung banget

      Delete
    3. agak aneh sebenernya. telapak kaki mengelupas, tapi disuntik dan dikasih puyer....

      dokternya tahu otternya dikasih susu?
      dan dia ngebiarin aja?

      FYI, jangan dikasih susu. kasih aja bubur bayi promina sebagai makanan utamanya.

      Delete
  84. Dok saya punya otter yg masih merem dan nangia nagis mulu itu kenapa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas nggak dikasih tau sama yang jual tentang cirinya bayi otter lapar? :(
      itu artinya dia lapar mas.

      sebelum adopt, harusnya mas baca2 dulu mengenai cara memelihara bayi otter. karena jujur, bayi otter gampang mati.

      kasih makan bubur bayi promina.

      Delete
  85. Kata yang jual sih disuruh kasih susu kambing murni dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo susu kambing sih nggak apa2, meski kalo pas diberikan dia malah mencret, mending stop aja mas....

      Delete
  86. Dok mau tanya, otter saya umur 5+ bln sehat biasa diberi cat food jika kebetulan makanannya habis, apakah boleh untuk sementara diberikan buah pisang yg sudah matang (bukan rebus/goreng).
    Mohon jawaban dan sarannya ya Dok. Sebelum dan sesudahnya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk sesekali, boleh aja mas. :)
      dan bagusnya sih kasih pepaya matang...

      maaf karena baru balas... :(

      Delete
  87. makanna ote boleh di kasih catfood/cstdog gk

    ReplyDelete
  88. Dok, saya mau tanya, pengelihatan otter mulai normal itu umur brp ya?
    Kok otter saya ga bisa ngenali saya kalau saya dtng diam2 di depannya, tapi begitu saya panggil baru dia ribut nyamperin saya, btw otter saya krng lbh umur 2,5 bln dok,..mohon pencerahan nya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin otter mas emang belum mengenali mas secara visual, emang gitu kok rata2. mereka biasanya hanya bisa mengenali suara.....

      tapi masih bisa dilatih kok biar dia kenal masnya secara visual, umur segitu masih sangat mudah dilatih soalnya...

      Delete
  89. Dok punten mo nanya saya baru adopt otter umur 1.5 bulan, promina aja ya? Itu di suapin atau diencerin trus pake dot? Trus otter mesti vaksin ngga sih dok? Kalo iya, vaksin apa n umur berapa? Saya nanya di kota saya, drh nya ngga pada tau tentang gimana vaksin otter

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas. bisa dikasih promina. disuapin boleh, pake dot juga bisa.
      soal vaksin, mending tanya ke dokter aja langsung, mas. perlu sih vaksin, tapi kudu checkup dulu sebelum vaksin.....

      mas di daerah mana? :)

      Delete
  90. Terimakasih dokter udah mau respon..
    Saya di kota Serang provinsi Banten. Kira-kira umur berapa ya otter dibawa ke drh untuk cek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di banteng/tangerang ada puskeswan kok mas. di daerah cikole kalo gak salah...

      sekarang bisa dibawa, langsung aja...

      Delete
  91. Serang ke tangerang jauh dok.. Sejam perjalanan kalo lancar, pake macet mah entah lah kapan nyampe nya, hehe.. Btw Ini hari pertama pake promina, alhamdulillah lahap nyedotnya. Sebelumnya pake SGM free lactose

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, syukurlah... :D
      kalo menurut saya, selama dia sehat2 aja, nggak divaksin nggak apa2...

      Delete
  92. Dok mau tanya, cara obatin bisul pada otter gimana ya?, otter saya bisulan di atas mata kanannya, jadi kasian liatnya😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa, mas?
      umur otternya berapa?

      kalau saya boleh saran, mending bawa aja ke dokter hewan. biar dapet antibiotik nantinya.

      Delete
    2. Umur kurleb 3 bln dok, dikasih makannya bubur promina dicampur susu..

      Delete
    3. iya, saya punya dugaan. tapi mending segera bawa ke dokter hewan aja, mas.

      Delete
  93. dok mau tnya, otter sy umur 2,5bln ko teriak2 trus ya pdhl udh pup udah dksh mkn, sy ksi mkn bubur promina, apa emg wajar sprt itu, dan klo sdh dwsa ap ttp bkl teriak2 trus gtu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar sih kalo umur segitu. gak apa2 kok.
      fesesnya gimana? mencret nggak?

      jangan dikasih susu ya mas...

      Delete
  94. klo feses ny agak mencret dok wrnany kuning ada bntik2 putih ny, oh iya dok klo otter dlatih pup d toilet bisa ga ya, biar ga kwtir freeroam pup dmn2,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencret banget? kayak air?
      sebenernya sih agak riskan bagi saya buat memberikan obat, hmmm, jadi sebaiknya mas bawa aja ke dokter hewan.... bukannya apa2, sistem pencernaan otter sangat rentan sekali... saya takut kalau saya kasih obat, nantinya malah bikin dia tambah sakit karena saya gak liat otternya langsung....

      buat referensi, mas bisa baca artikel saya dosis amoxicillin untuk hewan.....

      semantara buat otternya, pastikan makanannnya bersih.

      dan sekali lagi, jangan dikasih susu.

      Delete
  95. Dok, saya baru punya otter umur kurang dari 2 bulan. katanya BOD 25 agustus. 3-4 hari pertama makannya nafsu sekali. terakir minum susu harus rada di paksa (selalu pake pipet) jam 10 mlm oct 16. hari ini ga mau minum susu sama sekali. kalau disuapin susu, pipetnya di dorong2 sama dia. tadi saya uda bawa ke drh juga. cuma di bilang susunya salah. (sebelumnya kasih sgm ananda diinfo sama yg jual, skr saya uda beli bebelac fl setelah dari drh). smp skr jam 5 sore cuma berhasil minum sekitar 15ml. dan menurut saya hari ini dia lebih ga bawel (biasanya bawel banget) dan tidur terus. drh nya juga bilang suru di angetin pake lampu. tapi hanya 2 itu aja.
    bahaya ga ya dok? saya bisa gimana lagi supaya mau minum susu?
    Thank you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop susunya. jangan dikasih susu. itu yang bikin dia lesu. coba cek, fesesnya/tahinya mencret ya? bener?
      cukup kasih bubur bayi promina aja. agak encer.

      boleh dikasih lampu, tapi jangan terlalu deket. :)

      Delete
  96. Dok sy ada otter 2/3 bulan.. Tp kuku kaki tiba"lepas, kulit tangan ngelopek kering, udh gt merembet ke bagian perut bawah full dok, bau banget.. Gk enak. Kenapa dok. Obat apa? Kandang bersih dan kering dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan aja mas/mbak. minta dosis antibiotik. sekalian checkup aja. murah kok.

      saya punya banyak dugaan sebenernya, salahsatunya mungkin infeksi bakteri di badannya. kebersihannya dijaga nggak?

      Delete
  97. klo buat pemula umuran 3 bulan cocok gak dok>?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak riskan. mending yang lebih tua dari itu dan udah pernah dipelihara manusia, alias bukan hasil beli di pasar hewan....karena kalo beli di pasar hewan, biasanya dia hasil nangkep dari alam... :)

      Delete
  98. Permisi dok, ingin bertanya.
    saya dititipi baby otter dari teman yang pulang kampung. Baby otternya waktu di adobt masih merem. terus 3 hari yang lalu sempet melek dan semangat waktu digendong. tapi setelah dua hari di tempat saya dia tidak berisik seperti hari pertama.matanya kembali tertutup belum terbuka sampai sekarang.
    1. itu kenapa bisa merem lagi dan ga melek-melek dok?
    terus, kemarin bisa jalan dok sedikit-sedikit, sekarang jalannya agak sempoyongan dan suka miring terus terguling.
    2. itu kenapa ya dok? Apa kebanyakan memberi makan nya?
    saya kasih minum susu SGM fesesnya encer ada kuning bulet-bulet gitu dok. pipisnya kadang kuning kadang bening. selalu saya ganti underpands kalau dia poop atau pipis.
    3. kaki baby otter itu memang dingin dok ya?
    4. baby otternya banyak telur kutunya dok, gimana ya?

    terimakasih banyak dok. Blog ini sangat membantu sekali. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya agak riskan. baby otter gampang mati soalnya. :(
      emang udah terbiasa dikasih susu sgm? karena mending jangan dikasih susu sgm. kasih bubur bayi promina encer aja mbak...

      ada gejala distemper, tapi coba kasih bubur bayi promina aja. susunya stop.

      nafasnya agak susah ya? kayak terengah-engah gitu? kalau iya, ada kemungkinan gejala distemper...

      Delete
  99. dok mo tanya....otter saya umur kurang lbh 1bln mata ud melek...kerjanya tdr aj,dan terlihat lemes klo d kandang normalkah? susu nya dancow itu pun info dr owner sblm nya.umur segitu ud boleh d kasih lele halus? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih agak kurang cocok kalau dikasih dancow. kasih susu non laktosa, kayak sgm llm. kasih bubur bayi promina aja coba mas....

      Delete
  100. Pagi dok, saya mau tnya, otter saya BAB'y d sertai darah, itu knpa ya dok? Trs cara pengobatan'y gmn? Mohon pencerahan'y

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama?
      makannya gimana? masih mau makan?

      mending segera bawa ke dokter hewan aja mas...

      Delete
  101. Dok, kn sya br pelihara otter 2hr nah otternya tuh jinak sebenernya cuma dia mainya dikandang aja klo diangkat mau keluarin pasti dia ngegerem sama telentang biar ga bisa diangkat klo dipaksa tarik ekor dia ngigit trs... tp giliran keluar kandang langsung anteng palung lari berusaha kabur kadang2... gmna treatment biar dia gampang dikeluarin dr kandang buat dimainin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara jangan dipaksa. elus2 aja di dalam kandang, mas.
      atleast biar dia kenal sama mas dulu. nanti kalau dia udah kenal, dia mau kok dikeluarkan....

      Delete
  102. Kenal mah udh dok, soalnya klo sama sya dia gamau gigit tp giliran orang lain mau megang digigit jd pd takut hehe ya cuma gitu susah aja klo mau ajak main klo udh dikandang

    ReplyDelete
  103. Permisi dok mau tanya ini Otter saya badannya hangat trus kayak pilek gitu cara mengobatinya gmna ya dok? Ini badannya panas apa gara" mau tumbuh gigi atau gara" pileknya ya dok? Soalnya ada gigi yg mau tumbuh d belakang gigi taring. Oh iya dok mau nanya lagi suhu badan Otter normalnya brapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? masih mau makan?
      fesesnya mencret nggak?

      kalau nafsu makannya masih mau (meski berkurang), dan fesesnya normal, saya kira dia masih sehat. mungkin iya karena mau ada gigi.... tapi coba cek aja feses dan nafsu makannya...

      Delete
  104. Nafsu makan bagus dok masih banyak.
    Fasesnya juga bagus masih berbulir.
    Kalau malam jga Masi aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mas.. maaaaaaf banget... :(
      sekarang gimana keadaan otternya?

      Delete
  105. BAB nya sembarangan atau bisa di latih macam kucing?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.