Cara Melatih Musang Buang Air Di Tempatnya | Drh. Fira Sovica

Potty training atau

melatih musang agar berak di toilet

, bak pasir, atau di tempat yang sudah disediakan bisa dilakukan. Cara melatih musang agar tidak buang air sembarangan berikut diharapkan bisa membantu para pecinta musang dalam melatih musang agar tidak berak sembarangan atau agar musang tidak buang air sembarangan.
Cara potty training pada musang agar tidak buang air sembarangan sebenarnya sama saja dengan potty training pada kucing atau anjing. Cara agar musang buang air di toilet adalah membiasakan sedari kecil sehingga si musang menjadi terbiasa saat sudah dewasa.
Cara Melatih Musang Buang Air Di Tempatnya
Image taken from facebook.com

Dan berikut adalah cara melatih musang buang air di toilet:
  1. Lakukan saat si musang masih kecil.
  2. Tips pertama agar musang buang air di toilet adalah lakukan saat si musang masih kecil. Namun ini tidak musti. Musang yang sudah dewasa pun bisa dilatih buang air di toilet, hanya saja musang yang sudah dewasa membutuhkan waktu lebih lama untuk mengajari buang air di toilet.
  3. Jadwal makan, takaran makan, dan takaran minumnya.
  4. Pencernaan musang adalah pencernaan paling sederhana dibanding keluarga mamalia yang lain. Itulah sebabnya kenapa warna feses musang masih berwarna sama dengan makanan yang dimakannya. Nah, cara melatih musang agar bisa buang air di toilet adalah dengan menjadwal makan, takaran makan, dan takaran minumnya. Beri makan musang pada jam yang sama, takaran makan yang sama, jam minum yang sama, dan takaran minum yang sama, sehingga anda bisa tahu pasti jam berapa saja si musang akan buang air. Saat si musang akan buang air, segera pindahkan si musang ke toilet. Lakukan hal ini terus-menerus, terutama saat anda melihat si musang akan buang air. Si musang akan terbiasa dan mengerti bahwa dia harus ke tempat itu (toilet) saat akan buang air.
  5. Lakukan terus-menerus, dan jangan menyerah.
  6. Seperti yang saya tulis di artikel cara memelihara musang, setiap musang memiliki sifat dan karakternya masing-masing. Ada yang susah dijinakkan, ada juga yang mudah. Ada yang sangat defensif terhadap manusia, ada juga yang ramah. Ada yang gampang diajarkan buang air di toilet, ada juga yang tidak. Namun pada intinya, memelihara musang erat kaitannya dengan sifat si owner musang itu sendiri. Kadang, musang memiliki sifat imprint ke manusia tertentu hingga ada musang yang sangat galak ke owner lamanya menjadi sangat jinak ke ownernya yang baru. Imprint pada musang tidak bisa dijelaskan dengan logika. Untuk itulah, dibutuhkan kesabaran agar musang bisa dilatih potty training agar bisa buang air di tempatnya. Yang pasti, semua musang pasti bisa dilatih buang air di toilet atau di bak pasir, tinggal tergantung anda sebagai owner musang saja yang melatih musang buang air di bak pasir.
Demikian adalah potty training pada musang atau

cara melatih musang agar buang air di bak pasir

. Anda bisa ikut berpartisipasi dengan mengirimkan pesan pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

132 Responses to "Cara Melatih Musang Buang Air Di Tempatnya"

  1. ciri-ciri musang mau buang air gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya dia diam (tidak bergerak) di suatu posisi...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. kadang ekornya di angkat dulu trus pantat di goyang2
      mirip sama kucing

      Delete
  2. Dok, boleh tau tidak struktur tubuh musang??? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya?
      semua struktur tubuh musang sudah terlihat jelas, mas... :D

      Delete
    2. maksudnya?
      semua struktur tubuh musang sudah terlihat jelas, mas... :D

      Delete
  3. Apakah umur 1 bulan bisa diajarkan pun di toilet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja. tiap kali keliatan dia mau pup, bawa ke toilet. terus menerus seperti itu hingga kelak dia terbiasa.... :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Dok saya ingin tau jenis musang yg saya pelihara betul tidak ya merupakan jenis musang akar, saya mau upload fotonya tp disini susah buat uploadnyaq mohon petunjuk

    ReplyDelete
  6. Dok musang ku umur 4 bulan
    logikanya sebelum kita latih pop di toilet kan dia harus feerom dulu ??
    nah ini masalahnya kalo freerom orang rumah terutama ibu saya gak suka sama hewan :'( semua jenis hewan termasuk musang
    bagai mana cara meyakinkan ibu saya ini dok padahal musang saya sudah jinak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga pernah merasakan hal yang sama. memang itu kendalanya, mas. mas bisa ajak main musangnya dengan menggendongnya di pundak. biarkan dia main di pundak mas, dan ajak jalan2 di pundak. biarkan ibu mas melihat kalau musangnya jinak. memang, butuh waktu lama, tapi lama2 juga beliau akan ngerti.... :)

      nama musangnya siapa mas?

      Delete
    2. iya dok kadang waktu sore gitu kalo mo main / latihan bounding
      dari kandang nya waktu buka pintu dia langsung naik ke pundak
      suatu ketika ibu tau dan bilang "aduuuh gilani vid" (aduuuh jijik vid)
      saya ya diem aja dok heheee

      oya nama nya jiboon ini lagi nemenin online di kamar
      ini juga diem2 kalo ibu tau pasti ngomel2 jijik ...kotor ... gitu

      Delete
    3. iya dok kadang waktu sore gitu kalo mo main / latihan bounding
      dari kandang nya waktu buka pintu dia langsung naik ke pundak
      suatu ketika ibu tau dan bilang "aduuuh gilani vid" (aduuuh jijik vid)
      saya ya diem aja dok heheee

      oya nama nya jiboon ini lagi nemenin online di kamar
      ini juga diem2 kalo ibu tau pasti ngomel2 jijik ...kotor ... gitu

      Delete
    4. sama persis seperti ibu saya dulu. dia ama kelinci juga geli, padahal anaknya dokter hewan. dulu juga saya pernah punya musang, awal2 memang dia marah2 pas saya lepas di dalam rumah, tapi akhirnya dia pasrah. dia malah beli kucing buat nemenin musang saya itu, hahahaha.... :D

      coba aja pas lagi di atas pundak, kasih makan mas. biasakan terus seperti itu... :D

      Delete
  7. Setelah permasalahan susah makan musang saya terjawab berkat bantuan bu dokter skrg saya coba pindah tanya di artikel tentang cara potty training untuk musang.

    Sudah 2hari ini musang saya selalu bab di 1 tempat yg sama, kebetulan saya sudah biasakan free room di salah satu kamar kosong di rmh. Pertanyaannya
    1. Di tempat dia bab ada 3 veses yg saya sengaja ga buang supaya dia tau bau tempat itu adlh tempat buat dia bab, kendalanya kamar jadi bau dok.. :D kira2 apakah harus selalu saya buang setiap kali dia bab? Takutnya kalo saya buang tar malah cari spot baru lagi buat bab.. Rencananya saya mau pindahin vesesnya yg ada di bak pasir, mdh2an dia ngerti setiap ada pasir itu tmpat dia bab. Apakan cara saya sdh bnar?
    2.pengalaman dokter yg pernah piara musang, biasanya berlangsung brp minggu untuk potty training musang umuran 1,5-2bln?

    Maaf dok saya banyak tanya.. :)
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. *babnya selalu dipojokan kamar di atas lantai

      Delete
    2. saya akan coba jawab.
      1. itu sudah bagus. lanjutkan saja terus seperti itu. kalau perlu, iya, sediakan bak pasir. sesekali kalau mas liat dia mau pup, mas bisa langsung angkat musangnya ke bak pasirnya, agar dia tahu bahwa dia harus pup di situ... :)
      2. untuk masa latihan potty training, tergantung ke karakter musangnya mas. namun umumnya, untuk musang umur 2 bulan, dia bisa melakukan potty training antara 3 hingga 6 minggu dengan latihan yang dilakukan terus menerus... :)

      tidak apa2, saya malah seneng jika banyak tanya. hehehe... siapa nama musangnya mas? :D

      Delete
  8. bu dokter,mau konsul lagi nih..saya kan perlihara anak musang,tpi freeroom.tiap kali dia kelihatan mau buang air kecil,langsung saya angkat keluar tuh.tpi dia mlah ga jdi kencing..klo pup,saya ga prnah liat dia pup bu,soalnya dia smbunyi..gmana tuh bu solusinya biar bisa melatih dia buang air di toilet..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gini aja.
      mas sediakan wadah berpasir. nah tiap kali dia pup, mas angkat fesesnya dan buang di wadah itu. usahakan wadahnya terlihat dan mudah dijangkau oleh dia. biasanya musang akan tau dengan cara membaui fesesnya.

      bisa juga dengan mengangkat dan menaruh fesesnya di toilet, tapi jangan disiram. kalau sekira sudah banyak, baru bisa mas siram. :)
      gitu aja.. :)

      Delete
    2. thanks bu dokter,saya akan coba.
      satu lagi nih..knapa dia klo di panggil kaya ga denger gitu.dia lebih konek sma gerakan sama bau daripada suara kayanya.knapa bisa gitu ya bu??

      Delete
    3. sebenernya, semua hewan nocturnal lebih "sadar bau" daripada "sadar suara", kecuali kalau dia sudah sangat kenal dengan mas. tapi rata2 hewan nocturnal (aktif fi malam hari, termasuk musang) akan tau ownernya ada di dekat dia atau tidak hanya dengan mencium bau tubuh ownernya.....
      si errol juga begitu. kalau saya lagi di jalan dan sebentar lagi mau sampai rumah, biasanya dia langsung terbang ke balkon, nungguin saya di balkon. begitu mobil masuk halaman dan saya keluar mobil, dia langsung nyamber saya dan hinggap di bahu.... karena mereka sudah sangat tahu bau tubuh kita... :)

      untuk itu, coba mas tutup kandangnya pakai kaus bekas pakai..... :)

      Delete
  9. ga dikandangin sih bu.freeroom aja..mkanya agak ribet soal kotorannya.. :)
    ga dikandangin gitu ga apa2 kan bu??
    trus ngelatih dia supaya mau mkan tanpa dot gmana bu.? kmarin saya coba taro mkanan di smpingnya.smpe smalaman ga di apa2in bu.brisik kyak kelaparan pdahal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah dipuasakan? misalnya: biasa dikasih makan 3 kali, sekarang jadi 2 kali. pas kasih makan terakhir (setelah dipuasakan) gak pake dot, tapi langsung taruh.... udah pernah seperti itu?
      kalau freeroom harusnya dia tau bau tubuh kita dari benda2 yang kita tempel/sender. atau baju yang kita pakai. malah bagus seperti itu.

      coba nanti puasakan, setelah itu kasih makan dengan cara disodorkan gitu. soalnya repot kalau sampe gede dia didot mulu, harus dibiasakan makan sendiri... :)

      Delete
    2. klo dipuasain sih blum pernah bu.ksian klo dia ngerengek2 gitu.tapi kemarin itu saya tinggalin aja mkanannya dari malem smpe siang,ga dimakan sma dia.tpi saya coba deh bu,ribet juga klo pake dot terus.. :)
      thanks ya bu dokter..

      Delete
    3. iya, lebih baik dicoba aja dulu. kali aja bisa.... :)
      dan semoga berhasil...

      Delete
    4. ok bu saya akan coba. satu lgi nih bu.gmana caranya biar dia mau mkan mkanan yang lain.dari kmarin saya ngasih dia bubur sun rasa pisang.trus tdi saya coba kasih yg rasa beras merah.dia mlah ga mau..mkan pisang asli juga ga mau..gmana tuh bu caranya..??

      Delete
    5. sementara ini pake satu jenis makanan aja mas. seenggaknya 1 minggu sekali aja ganti makanannya. memang awal2 susah, tapi nanti dia jadi terbiasa dengan proses pergantian makanan itu.... triknya sama: puasakan dulu.... :)

      Delete
  10. Dok, musang bisa di ajarin berenang gk? Makasih,.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya, tidak bisa. :)
      mungkin mas bisa nyoba latih musang berenang? :)

      Delete
    2. Oh y dok, nanti saya coba. :)

      Delete
    3. Dok, knp musang sya klo malem merengek trus?.. bikin sya susah tdur!.. hehehe:)

      Delete
    4. musang kan emang hewan nocturnal (aktif di malam hari).... jadi wajar kalau dia berisik waktu malem... :)
      kalau gak mau berisik, pelihara ikan mas koki. dijamin, gak bakalan berisik, hihihi... :D

      Delete
  11. dok musang saya 1,5 bualan kemaren ngikutin saya ke kamar madi terus dia pup di kamarmandi tapi cuma sekali

    ReplyDelete
  12. maksud nya pada jam yang sama gimana dok ? misal nya 7 ketemu jam 7 dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, maksudnya seperti itu.... ingatkan jam makannya. kalau bisa jadwalkan. misalnya setiap jam 7 pagi, jam 2 siang, dan jam 8 malam. terus2 seperti itu... :)

      Delete
  13. makasih dok info nya.... ngebantu sekali nih....
    soalnya kan mupan saya sepasang dok (uti sama uta) umur beda 1 bulan.... tujuan nya sih biar one man dok jdi tiap mlm saya mau tdur ya kandang saya buka di kamar saya pintu kamar saya tutup.... cuman ini dia masalah nya tiap pagi saya bangun kepala saya kuning2 semua dok.... waduh di anggap jamban kali kepala saya sama uti uta....

    makasih dok atas pencerahan nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya dok di atas cara musang pup ke toilet salah satu nya kan ''Jadwal makan, takaran makan, dan takaran minumnya''
      pertanyaan nya gpp dok di jadwal makan dan minum nya untuk musang umur 1 bulan?
      tolong pencerahan nya dok.... makasih....

      Delete
    2. mungkin uta dan uti memang iseng, karakter musang kan beda-beda.
      agar uta dan uti bisa one-man, silakan mbak baca artikel one-man pada musang. bisa juga baca artikel imprint pada musang.

      takarannya sebenernya tergantung. rata2, musang umur 1 bulan hanya bisa menampung 10 hingga 30ml makanan di perutnya....

      yang sabar ya mbak urus uta dan uti. salam buat keduanya... :)

      Delete
  14. Dokter saya boleh minta kontak personnya ? Untuk informasi jika ada problen dgn musang saya :) nama musang saya "MENG" . Musang bulan usis 3 bulan dok . Saya Teuku Gerry Ramadhan dari BOGOR Timur bu Dokter.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang kenapa dengan si Meng, gerry?
      saya saat ini ada di luar kota (lagi), sedang mengikuti pelatihan.... mungkin 2 atau 3 minggu lagi baru pulang....

      Delete
    2. Dok numpang tanya , musang saya kok berisik banget , klo saya keluarin kandang langsung kebadan saya dan bisa" si omen (nama muspan saya) langsung tdur di dada saya , saya rasa dia lebih nyaman tidur di dada saya dri pada di kandang nya , saya nda bisa selalu dekat si omen , cara ngatasinya gmna dok supaya dia nyaman di kandang dan klo saya tinggal nda berisik , oh iya umur muspan saya masih 2bulanan dok

      Delete
  15. Dok numpang tanya , musang saya kok berisik banget , klo saya keluarin kandang langsung kebadan saya dan bisa" si omen (nama muspan saya) langsung tdur di dada saya , saya rasa dia lebih nyaman tidur di dada saya dri pada di kandang nya , saya nda bisa selalu dekat si omen , cara ngatasinya gmna dok supaya dia nyaman di kandang dan klo saya tinggal nda berisik , oh iya umur muspan saya masih 2bulanan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin emang sifatnya manja. dan bisa jadi juga si omen sudah imprint dengan mas, jadi auranya sudah terkoneksi dengan aura mas. silakan baca artikel saya: imprint pada musang....

      caranya biar dia betah di kandang? coba taruh kaus bekas pakai mas di kandang. tapi itu juga kalau mas gak ngerokok. kalau mas ngerokok, agak riskan juga soalnya takur residu rokok malah terhidup ke paru2nya.....

      Delete
  16. Dok mau tanya nih :D
    Kan saya mau beli musang. Masalah nya kan saya sekolah dari jam 6 sampai jam 4an. Tuh ngatur jadwal makan nya gimana ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih anakan musang yang sudah bisa makan sendiri. tiap kali mau berangkat sekolah, taruh dulu makanan di kandangnya... :)

      Delete
  17. Dok sy punya muspan umur 2 bulan skrng lg sy ajarin BAB dbelkang rumah klo dl shbs dot gk lama langsung BAB dok tp skrng gk gtu lg knp ya? Jd skrng klo dia lma mau BAB nya pst pantat dia sy pegang2 spy BAB apa itu dpt mmpngaruhi dia dok? Jd hrus dpgang dl spy BAB krn kseringan sy pgang? alsannya sih krn sy gk sabar..Dn itu bsa mnghlngkan sifat alami dia BAB gk?? Terimakasih byk dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa harus dipegang mas? gak usah dipegang soalnya nanti malah gak bisa bab kalo gak dipegang. biarin aja secara alami. emang harus sabar nunggu sih. diporsi aja makanannya... jadi misalnya mas kasih makan 4 sendok makan, lalu tunggu berapa menit sampai ia bab.... :)

      Delete
  18. Dokter, saya punya bayi buffy owl masih campur bulu jarum dan kapas..
    apakah potty trainingnya sama seperti musang diartikel di atas?

    mohon sarannya dokter, mumpung masi kecil katanya lbh mudah utk potty training..

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda, dan setau saya, agak susah untuk mengajari owl buat potty training. si errol aja bisa sendiri potty training setelah hampir 2 tahun saya latih. yah, tergantung karakter owlnya sih. kalau buffy-nya mudah menerima masternya dan mudah nurut, saya kira gampang untuk mengajarkan potty training.....

      mungkin bahasanya bukan potty training kali ya mas. tapi lebih ke mengenali dimana dia harus pup. :)

      Delete
  19. bu dokter mau tanya. saya sudah pelihara musang dari baby, sekarang umurnya sudah 4 bulan. tetapi badannya tidak bertumbuh seperti musang berumur 4 bulan, badannya kecil gak jauh beda sama pas dia baby. kenapa ya budok? apa karena memang genetiknya atau kurang gizi? saya ngasih makan bubur beras merah dan sosis bu.
    mohon jawabannya ya bu dokter, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan emang genetiknya begitu. atau mungkin mbak bisa baca artikel saya cara menggemukkan musang. :)

      saya kira malah lucu kalau musang dengan postur kecil. lucu. dan setau saya, musang cebol itu lebih mahal harganya.... tapi jangan dijual loh mbak, hehehe. pelihara aja. :D

      coba infokan saya mengenai fesesnya. cek juga artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.... :)

      Delete
  20. Assalamualaikum
    Musangku kok jarang pup dok, palingan pupnya sehari sekali
    Jenis pandan kelamin betina dok
    Warna pup normal seperti yg ia makan,
    Makannya bubur sun pisang kadang pisang mateng sama tak kasih minum susu sgm non laktosa kadang air gula+ madu
    Umur si gembul 2bulan baru dok
    Apakah wajar pupnya sekali sehari
    Namun kalo pipis lumayan sering bs 4-5x sehari
    Mohon penjelasannya dok
    Terima kasih sebelumnya
    Blog ini sangat membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia masih mau makan dan masih pup (meski cuma sehari sekali), dia masih bisa dikatakan sehat kalau emang fesesnya bagus (normal)....

      saran saya, mas bisa kasih jus pepaya campur sari kurma... dan untuk susu, lebih baik stop. susu terlalu berat buat sistem pencernaan musang...

      Delete
  21. Oke dok makasi ya dok sarannya sementara susu emng saya udah stop dok
    Nah cara ngasih jus pepayanya gmna dok, soalny kalo bru pertama kali makan yg beda gitu dia cuma cium aj, apa perlu di puasakan dahulu?
    Sama satu lg dok si gembul suka bgt bercanda gigit gigit gitu balikin badannya juga, apakah itu wajar untuk seekor baby atau blm jinak ni dok
    Terimakasi maaf loh udah bnyk tannua dan merepotkan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau umur dibawah 3 bulan, jangan dipuasakan.
      kasihnya dengan cara dipipet aja.

      wajar kok kalau musang umur 2 bulan begitu. namanya juga anak2.

      mas baca2 artikel saya mengenai musang dulu ya mas...

      Delete
  22. nah dok untuk yang ini "Beri makan musang pada jam yang sama, takaran makan yang sama, jam minum yang sama, dan takaran minum yang sama, sehingga anda bisa tahu pasti jam berapa saja si musang akan buang air. Saat si musang akan buang air, segera pindahkan si musang ke toilet. " bisa dikasih contoh ga? seperti apa gambarannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. misalnya mas kasih pisang sebanyak 100gram pada jam 10. lalu biarkan (tunggu) dia saampe pup, selama nunggu itu jangan dikasih makan...

      Delete
  23. Dok, cara Mengetahui musang ingin Pup gimana? Tolong Jelasin dengan sangat jelas yaaa ;)
    #Pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lebih menghargai pemula yang mau belajar daripada expert yang sok pintar, mas. cara mengetahui musang ingin pup biasanya bisa dilihat dari perilakunya. :)
      musang rata2 kalau pup pasti gak kayak ayam, yang bisa pup sambil lari atau sambil jalan2. rata2 musang kalau mau pup kadang tiba2 jadi diam di tempat, kadang juga ada yang agak merendahkan pantatnya, kayak ngeden gitu mas. :)

      coba mas perhatikan aja musang mas kalau lagi mau pup gimana... ketauan kok bedanya... :)

      moga membantu

      Delete
  24. Dok klw beby musang 1,5 bln di beri mkn berapa kali sehari,menu nya apa saja dlm seminggu,selang berapa jm klw mo pup dri pemberian makan..maaf nanyanya kebanyakan...

    ReplyDelete
  25. Dok klw beby musang 1,5 bln di beri mkn berapa kali sehari,menu nya apa saja dlm seminggu,selang berapa jm klw mo pup dri pemberian makan..maaf nanyanya kebanyakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara memelihara anakan musang...

      Delete
  26. Assalamualaikum, Dok Saya mau nanya, Musang Saya si Ninit udah jinak sih. Tapi kalo disamperin suka lari. Pas udah ditangkap baru mau tapi suka gak tenang Dok, dilepas langsung ngibrit. Bonding sih udah mau dikit2. Tapi itu dia masalahnya. Kenapa ya Dok?

    ReplyDelete
  27. Dok, cara ngejinakin muspan yg umurny krg lbh 6 bln gimn ya?
    Namanya Joi, klau dikluarin dri kandang musti ditarik ekornya, lalu klau dilepas ekornya mau lari.
    Dan 1 lgi dok, cara biar dia ga suka lari gimn ya dok?
    Trima kasih

    ReplyDelete
  28. Dok, cara ngejinakin muspan yg umurny krg lbh 6 bln gimn ya?
    Namanya Joi, klau dikluarin dri kandang musti ditarik ekornya, lalu klau dilepas ekornya mau lari.
    Dan 1 lgi dok, cara biar dia ga suka lari gimn ya dok?
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada kok artikelnya, cara menjinakkan musang dewasa.
      mas takut ya sama musangnya? bener? :D
      kalau mas takut, dia malah susah jinak loh mas... jadi hilangkan dulu rasa takut. :)

      maaf baru balas. saya sibuk sekali kemaren./..

      Delete
  29. Dok, saya punya muspan umur nya 3 bulanan, namanya Mala, makannya masih di dodot lagi proses belajar makan sendiri. Tapi klo makan sendiri gk pernah mau banyak dok jadi diselingin dodot, makannya masih bubur sun dan susu. Umur berapa sih dok, musang itu bisa makan sendiri?
    trus pipis nya sering sekali dok, kalau dihitung hitung bisa 10 kali sehari, itu normal dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur 3 bulan atau 4 bulan biasanya udah bisa makan sendiri. mulai kurangi didot-nya mas. dan jangan dimanjain, taro aja bubur bayinya di kandangnya, biar dia mengendus dan makan sendiri... :)

      Delete
  30. Dok, musang saya feses nya berwarna sama kayak buah yg dia makan, tapi masalahnya gk seberapa lama sehabis mkn pasti poop... itu masalah atau bukan dok?
    Trus perlu di kasih vitamin apa untuk musang dok? Kemaren sempet di kasih scott emulsion tp muntah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih scott emulsion, coba kasih aja ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya....

      normal kok kalau musang gak lama setelah makan langsung pup... :)

      Delete
  31. mau nnya dok.musang saya ada 2 ekor free room.2 2 nya udah ngerti kalau mau pup pasti masuk ke kandang.apa bisa ngerubah nya ya biar bisa kalau mau pup biar ke toilet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, apalagi dia udah ngerti kalau pup pasti ke kandangnya. coba aja pindahkan fecesnya ke kamar mandi, mas. atau coba kandangnya taruh di kamar mandi dlu selama 2 atau 3 malam, biar dia kenal daerah situ dulu... terus praktekkan artikel di atas... :)

      Delete
  32. Misi dok, mohon bantuannya dong, ini kan saya punya musang bulan, baru coba2 melihara, soalnya waktu kecil sering liat musang lewat2 kabel listrik di rmh, karna rmh juga di daerah bukit, jadi di situ lumayan banyak binatang2nya, sekarang saya sudah adopsi musang pandan ni dok, pas sama saya udah umur 2 bulan, gk suka gigit, pokonya lucu bgt, tapi kalo dia lagi main sama saya biasanya dia suka ngacir ke tempat yg gelap, terus kalo mau di ambil dia kaya mara mau gigit gitu, yg saya bingung apa yg harus saya lakuin dok, terus juga gimana caranya supaya dia gk suka lari2 ke tempat gelap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, cara agar musang anteng... :)

      Delete
  33. sore dok, saya baru saja punya dua baby musang rase yang satu 2,5 bulan dan 1,5 bulan, sebenernya saya mau ngebebasin mereka di dlm rumah dok cuma di rumah saya kebanyakan celah" gelap yang memungkinkan mereka ke sana, apakah ada saran yang tepat dok untuk itu? karena kalau itu berhasil saya mau ajarkan pup di toilet dok hehe
    terima kasih sebelumnya ya dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak diawasi, kandangin aja. kecuali kalau pas lagi mbak ajak main, bisa dilepas sambil diawasi.... :)

      fesesnya gimana? selama ini dikasih makan apa? coba baca2 artikel saya mengenai musang rase di blog ini. :)

      ditunggu lagi beritanya.... :)

      Delete
    2. iya dok makanya saya keluarkan dr kandang saat lg main aja,

      selama ini saya kasih bubur sun plus pisang dok dan klo sarapannya saya suka kasih susu dancow, untuk pupnya warna coklat dan keras seperti biasanya, saya juga sudah baca"artikel dokter yang lainya terutama khusus rase banyak membantu :)

      terimakasih ya dok

      Delete
  34. dok saya mau tanya musang saya sering malas-malasan dan suka bersembunyi di tempat yang gelap padahal sudah sering saya bawa keluar rumah untuk jalan-jalan dan terkena sinar matahari tetapi tetap saja musang saya suka bersembunyi di tempat yang gelap,,,
    tolong solusinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal. mungkin emang mentalnya aja belum bagus. lebih sering lagi ajak jalan2, ketemu manusia. bisa ikutan CFD sama komunitas musang di kota mas. :)

      Delete
  35. Dok gimana cara merawat baby rase
    Kan banyak bilang rentan mati
    kemarin keep mati gara gara kembung terus lemes

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebentar lagi saya publish artikelnya. tunggu aja. :)

      Delete
  36. Kalau musang yang diberikan minum susu SGM LLM+(NON LAKTOSA) campur pisang atau campur madu kemudian gak mau karna awalnya dari kecil udah dikasih susu kental manis itu bagaimana solusinya? Karna pernah dikasih susu bubuk laktosa kemudian mencret dan mogok makan karna susu itu.. Musang umur sekitar 5bulan dan udah mandiri tanpa ngedot lagi.. plis kasih sarannya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira, kalau udah umur 5 bulan, bisa dilatih agar mau makan apa saja. silakan mbak baca artikel saya, cara agar musang mau makan apa saja....

      kalau 5 bulan, emang udah dewasa. sudah mandiri. jadi memang seharusnya gak ngedot lagi...

      biasa dikasih makan apa? :)

      Delete
  37. Dok saya mau nanya nih...
    Musang saya beby saya pelihara dari merem... kok yg kebuka matanya cuma sebelah?? Apa emang seperti itu dok??
    Emang sih baru 2 hari matanya yg kebuka itu..
    Mohon bimbingan nya makasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu belum terbuka semuanya. biarin aja, mas... :)
      nanti juga terbuka lagi yang satu lagi...

      makannya lancar?

      Delete
  38. Dok, musang sya habis makan kertas kok tidak mau pup ya? 😭
    Saya gak tau dy makan kertas, tpi diberitahu oleh adik sya yg melihat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan pepaya matang, mas. jus aja dulu. airnya dikit.
      jangan dikasih makanan lain selain jus pepaya.

      Delete
  39. Dok,mau tanya cara musang bisa makan sendiri ...kan si ocha(musang saya) ini berumur 2,5 mau ke 3 bulan dok..makannya masih disepet dok.
    Kmrem nyoba yang pepaya dan pisang di belah kecil2 trZ ditaro kandang kita tinggalin tetep gk dimkn..saya cb puasain dya juga tetep.gk mau

    Jd saya gk tega saya kasih sun dgn bntuan sepet ...
    Minta solusi y dok biar si ocha lepas dr sepet dan bisa makan sendiri..

    Mhon solusinya dok,thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya udah bisa jalan sendiri?
      kalau udah bisa jalan, biasanya udah bisa makan sendiri.

      coba kasih bubur bayi, promina bagusnya. taro aja di kandangnya.

      Delete
  40. Dok mau tanya, mugi(nma musang sya)
    Umurny ± 1 bln,blm bsa mkn sndiri. Biar dia tumbuh sehat d ksih mkn ap dok?
    Trus ap shrusny sya buat jadwal mknny

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara agar musang anakan sehat
      1. jangan dikasih susu.
      2. minimal seminggu sekali kasih buah. iya, minimal. lebih sering lebih bagus.
      3. kasih suplemen yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG.

      Delete
  41. Anak musang saya kalo ga di kasih makan buah²an gapapa kan dok , tapi susu terus musangnya , tolong balas secepatnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan, mas. jangan dikasih susu.
      bisa bikin mencret.

      mending kasih bubur bayi promina aja...

      Delete
  42. Anak musang saya kalo ga di kasih makan buah²an gapapa kan dok , tapi di susu terus musangnya , tolong balas secepatnya dok

    ReplyDelete
  43. dok mau nanya saya mau adopt musang,untuk pupnya kalau blum knal apakah pup sembarang tempat y.mengingat musang yg mau saya adopt itu sdah berumur 5 bulanan thanks. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski musang mas udah kenal sama mas juga, kalau belum dilatih, dia akan pup sembarangan, mas. kecuali kalau mas udah latih. :)

      Delete
  44. Saya punya rase jantan usia 3 bln gigi masih pendek2 (coki).
    Knpa kl makan ga langsung dihabisin,porsi 4 sendok makan penuh.Jadi makan,istirahat,makan,istirahat. Apa memang gt atau sakit? Dia juga doyan voer buat burung.
    Trus kl dilepasin di rumah. Dia sukanya ngumpetdi belakang kulkas,apa kebiasaan ini bisa dirubah?
    Makasih sbelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang ada yang kayak gitu, mas.
      aktifitasnya gimana? masih aktif? :)

      dia ngumpet karena emang kebiasaannya di alam begitu. tinggal mas jinakin aja. umur segitu masih sangat gampang dijinakkan... :)

      Delete
  45. Dok saya punya muspan umur 6 bulan namanya rokie di panggil langsung datang kalo mau pipis / buang air besar langsung lari ke kandang misal lagi saya ajak main / saya gendong di pundak kalo mau pup/pipis langsung ngacir ke kandang jadi kandang nya selalu ku buka bagus nya kalo saya freerom di gak pup sembarangan tapi baunya gak tahan soalnya kandang nya di kamar saya.kalau kandang nya saya pindah ke ruang tengah dia berisik jadi mau saya latih pup di toilet tapi masalahnya dia gak mau pup kalo gak di kandangnya udah beberapa kali saya coba kalo mau pup lari langsung saya tangkap saya kasih ke toilet dia diem aja.gimana dok solusinya ?? Hehe maaf kalo banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng kalau mas nanya kok, hehehe...
      emang butuh kesabaran untuk latihnya, apalagi untuk musang yang emang terbiasa...

      tapi bukan berarti gak bisa... bisa kok dilatih lagi.. :)

      Delete
  46. Wah kayaknya bakalan susah nih dok musang saya mulai saya latih pup di toilet 2 Minggu yang lalu sejak saya berkomentar di blog ini.yah tapi gak ada perubahan sama seperti komentar saya sebelumya hehehe mungkin saya kurang sabar aja kali ya 😁 tambahan dok saya mau nanya obat buat jamur apa ya soalnya musang saya di bagian kaki nya jamuran terus bulu bulu di sekitar jamur nya rontok padahal tiap hari saya madiin ini saya masih bingung obat nya apa cuma saya madiin pakai sabun Anti septik

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas mandiin pake dettol antiseptik. cairan dettol antiseptik yang warna cairannya kayak teh. kayak kayak begini https://groceries.morrisons.com/productImages/117/117589011_0_640x640.jpg

      saya yakin masih bisa kok, mas. ya bener kata mas, emang kudu sabar, hehehe. :D

      kabari terus

      Delete
  47. Dok saya mau tanya, musang saya masih umur 3bulan,tapi udah 3 hari ini gak mau pup dok. Padahal makannya lumayan banyak dok. Gimana ya dok caranya biar musangnya bisa pup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak biasa kasih makan apa?
      coba selama 3 hari ke depan, kasih jus pepaya aja. jangan dikasih makanan lain selain jus pepaya yang airnya dikit aja... :)

      Delete
  48. slmt pgimbq dokter.
    Mau nanya kalo otter mulai melek di usia berapa minggu?
    Trus apa sama cara ngelatih pup di wc nya kaya musang tapi pencernaan nya kan beda?

    ReplyDelete
  49. Dok saya mau tanya muspan saya uur 2bulan kena katarak jd saya kasih makan pepaya saja apa cuma kasih makan pepaya bisa membantu penyembuhan katarak nya itu dok atau ada obat yang bisa menyembuhkan nya, terus dia suka garuk2 sepertinkena scabies dok cara menangani nya gimana dok, dan iya dok fesses musang saya lembek walaupun udah semaleman tp tetap aja kayak lembek2 gitu apa itu normal dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung apa penyebab kataraknya, mbak.
      kalau penyebab kataraknya adalah karena terlalu banyak asupan protein dan lemak, iya: ubah pola makan pake buah2an bisa membantu penyembuhan.

      kalau penyebabnya karena terlalu lama kena sinar matahari, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja....

      untuk obat scabies untuk musang, ada artikelnya kok... obat scabies untuk musang

      Delete
  50. Dok saya mau tanya muspan saya uur 2bulan kena katarak jd saya kasih makan pepaya saja apa cuma kasih makan pepaya bisa membantu penyembuhan katarak nya itu dok atau ada obat yang bisa menyembuhkan nya, terus dia suka garuk2 sepertinkena scabies dok cara menangani nya gimana dok, dan iya dok fesses musang saya lembek walaupun udah semaleman tp tetap aja kayak lembek2 gitu apa itu normal dok ?

    ReplyDelete
  51. Bu dokter tanya ini musang saya umur 2 bulan hobinya pipis sama pup pas lg dipundak saya kira-kira cara biar normal buang pup sama pipis gmn ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok, mas.
      kenapa mas paksa dia naik ke pundak, dia kan baru 2 bulan? hehehehe...

      Delete
  52. ibu dokter . apa kah musang sama dengan anjing/kucing hutan . yg suka kencing untuk menandakan teritorinya? terimakasih.mohon jawabannya buu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menandai dengan aroma, iya. mereka semua menandai teritori dengan aroma tubuh. cuma caranya beda.
      kalo kucing hutan, iya dengan pee atau poo-nya. tapi kalo musang lebih seringnya pake aroma tubuhnya. jadi dia menggesek-gesekkan bagian tubuhnya ke pohon atau sejenisnya untuk menandai daerah kekuasannya dia. kadang juga pake air kencingnya, tapi lebih sering pake aroma tubuh... :)

      Delete
  53. Dok mau tanya lagi nih..
    Si momo (nama muspanku umur 3 bulan) untuk susu saya kasih sgm amanda 0-6 bln tpi gk mencret padahal ada laktosanya.. Nah itu enaknya gimana ya dok, diganti apa dibiarin..??
    Klw dia mau pipis sampek ngompolin aq waktu digendong, aq gk berani ngusik takut.e gk mau pipis lagi..
    Gimana dok..? Aq kasian waktu ngajarinnya aq harus ngganggu "konsentrasi" dia buat pipis n pup..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak manusia, ada yang sistem pencernaannya kuat, ada juga yang lemah. ada orang yang kalo makan buah yang asam langsung mencret-mencret, ada yang biasa aja. nah musang juga gitu. ada yang tahan sama laktosa (kuat pencernaannya), ada juga yang nggak kuat...

      tapi secara keseluruhan, baik yang kuat maupun yang lemah, laktosa pasti menimbulkan efek samping kok. gak keliatan sekarang, tapi nanti. jadi mending, jangan.

      nggak apa2, usik aja pas lagi pup atau pee. nggak mungkin dia gak pup, kecuali lagi sembelit, hehehe... :)

      kalau mau saya analisa kesehatannya, mbak bisa kirim foto fesesnya kemari.

      Delete
  54. Dok saya mau tanya, musang saya si mochi (betina) kayaknya takut sama saya dok, tiap saya dekatin pasti dia langsung lari, tapi kalau saya gendong dipundak dia malah pup dan kencing di pundak saya...gmn cara mengatasinya agar si mochi tidak kencing dan pup di badan saya lgi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. wajar kok. malah bagus.
      dia eek dan kencing saat digendong karena sedang menandai mas sebagai tuannya. malah itu bagus.

      saran saya, tetep ajak main dan tetep gendong... :)

      Delete
  55. Dok mau nanya apakah mengagu ke sehatan musang saat kita mengedongnya di punda dengan merokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. mas.
      sangat mengganggu. udah ada artikelnya kayaknya di blog ini. judulnya Efek Asap Rokok Pada Sugar Glider. Secara prinsip sama kok. :)

      Delete
  56. dok, musang yang terkena rabies, bekas cakaran dan gigitannya bisa gatal2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sih mas. tergantung kondisi kulit kita juga.
      jadi bukan soal musang kena rabies atau nggak. :)

      Delete
  57. Misi dok mau nanya lagi. Musang saya masih 1,5bln itu kalo ngelatih buat buang air kencing nya gmn ya? Soalnya saya gk tau ciri saat buang air kencing. Kalau ciri buang air besarnya saya sudah tau.
    Repot juga dok soalnya waktu di pangku dia kencing, waktu dikasur dia kencing. Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk kencing emang agak susah. artikel di atas untuk bab aja.
      tapi biasanya kalau dia udah terlatih beberaknya udah di satu tempat, biasanya kencingnya juga akan teratur juga (di tempat itu juga)

      Delete
  58. Dok sy bru beli musang,hanya waktu beli ada lukanya tdk tau kenapa,entah krn terjepit wktu pngiriman atau bgaimna hanya musang saya suka takut sama hewan lain entah itu kucing atau musang yang lain,kadang dy jinak tapi kalo merasa kaget atau takut sesuatu suka gigit sy. Kenapa ya dok??mohon bantuannya..makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. dia belum mengenal tempat barunya (rumah mas), jadi masih agak stress. coba karantina dulu. taro aja musangnya di ruangan sepi suara, jangan ada suara-suara mengagetkan... biarin dia di situ selama 24 jam. kalo mau kasih makan, mbak taro aja deket dia, terus tinggal.... :)

      untuk lukanya gimana? masih basah?
      kalau masih basah, kasih betadine. totol2 pake kapas. :)

      Delete
  59. Dok musang umur 0-1 bulan dikasih makan apa? Ada yg bilang dikasih susu tapi saya baca dari komen komen diatas kata dokter gaboleh dikasih susu

    ReplyDelete
  60. Dok mau tanya . Kan saya ngeroko saya sering main sama musang saya sambil ngeroko terutama di kamar . Gaakan apa apa dok ?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.