Cara Memelihara Barn Owl | Drh. Fira Sovica

Tidak seperti burung hantu celepuk, memelihara barn owl (tyto alba) cenderung lebih susah dibanding dengan memelihara celepuk. Level kesulitan memelihara barn owl bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan memelihara celepuk, maka barn owl tidak dianjurkan dipelihara oleh orang yang pemula dalam pemeliharaan burung hantu. Burung hantu barn owl gampang sekali stress yang biasanya berakhir kepada kematian.
Cara Memelihara Barn Owl
Image taken from reallywildbirdfood.co.uk

Nah, bagaimana

cara memelihara barn owl

? Berikut adalah tips dan trik cara memelihara barn owl yang penulis rangkum dari pengalaman penulis sendiri.

  • Pilih barn owl yang masih anakan berbulu kapas (chick) saat akan membeli karena lebih mudah dijinakkan. Pastikan pula barn owl yang dibeli sehat
  • Ciri barn owl yang sehat antara lain adalah tidak lesu, aktif, saat dikeluarkan dia aktif bergerak, mata jernih dan terbuka (kelopak mata tidak menutup), serta tidak ada luka fisik di bagian tubuhnya. Memilih barn owl yang masih chick agar barn owl tersebut bisa bonding kepada anda pemiliknya.
  • Saat sampai di rumah, biarkan barn owl sendiri di dalam ruangan tertutup agar ia adaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Selama masa adaptasi, beri makan berupa potongan kecil daging sapi yang masih segar. Lebih bagus lagi jika daging sapi yang diberikan masih berdarah.
  • Setelah masa adaptasi, anda bisa memindahkan barn owl tersebut ke tangkringan (perch) yang sudah disediakan.
  • Anda bisa membuat sendiri perch dengan menggunakan pipa PVC, kaleng bekas cat, dan pipa PVC letter T. Cara membuat perch bisa anda baca di artikel saya cara membuat perch sendiri.
  • Jadwal pemberikan makanan untuk barn owl
  • Barn owl adalah jenis burung hantu dengan level pemeliharaan yang lebih susah dibandingkan celepuk, salahsatunya adalah dari segi pemberian pakan. Pakan yang diberikan bisa berupa bayi atau anakan tikus putih yang terlebih dahulu sedikit dilukai agar aroma darahnya tercium oleh si barn owl. Pemberian makan bisa diberikan 2 atau 3 kali sehari: subuh hari sekitar jam 5 atau setengah 6, siang hari sekitar jam 1 atau jam 2 (opsional), dan awal malam sekitar jam 7 atau 8 malam.
  • Latih barn owl anda dengan berbagai trik. Artikel tentang cara melatih burung hantu sudah ada di blog ini.

Demikian adalah

cara memelihara barn owl

. Semoga tips dan trik memelihara barn owl tersebut bisa membantu anda untuk memelihara dan merawat barn owl. Saran, kritik, serta komentar bisa diberikan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih (FS)

1121 Responses to "Cara Memelihara Barn Owl"

  1. jangan dikasih makan bubur bayi, mas. gak cocok buat owl. mending kasih daging puyuh. beli puyuh, siangin (ambil dagingnya aja, bisa minta tolong sama tukang ayam potong di pasar), taro di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (matang, jangan di air panas/hangat), cacah2 kecil, baru kasih ke owlnya...

    jangkrik boleh dikasih sesekali. tapi bukan sebagai makanan sehari-hari. sesekali aja.. :)

    mas kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

    ReplyDelete
  2. coba aja kirim, mas. caranya ada di bagian PERHATIAN.

    maaf baru kebalas. kemaren kelewat. :D

    ReplyDelete
  3. Permisi dok saya mau tanya saya baru adopt barn owl dia udah gede kayanya saya masih pemula banget dan adopt pun karena kaka saya yg tiba tiba ngasih nhanhah pertanyaan saya kenapa ya pas malem dia gabersuara terus pas dideketin kaya mendesah gt ,baru iemarin di adopt nya kira kira kenapa yaaa ? Duh saya bingubg soalnya baru bangey meligara hewan . makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana mas? 3 elemen? bening kayak air, putih kayak susu, dan kehitaman? kalau iya, kayaknya dia masih sehat.

      masih mau makan? biasanya mas kasih makan apa?

      kalau dia masih mau makan dan fesesnya 3 elemen tadi, dia masih sehat. cuma kurang penjinakkan aja kok.

      biar owlnya sehat terus, silakan kasih vitamin yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. kasih setetes setiap hari...

      kabari terus...

      Delete
  4. Mau nanya dok vira, dapet barn owl udah agak gede dr kebon.
    Saya bingungnya naroh dia dimana. Akhirnya tak taroh di kandang aviary. Lumayan gede. Tp saya baca saran2 dok vira, lebih baik di gudang/ruang tertutup. Nah kalo di taroh gudang, di pasang anklet ndak ya? Kalo ndak di pasangi anklet takutte lepas, pemasangan anklet sebaiknya saat yg gimana? Dan untuk pakan dok, didaerah saya susah nyari anak tikus putih, anakan puyuh, nek tak kasih ayam cincang gimana dok? Mtursuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, mbak... :(
      kalau emang ada aviari sih gak apa2, asalkan pastikan di sekitar aviarinya gak berisik. kalau udah di dalam aviari, gak usah dikasih angklett gak apa2.

      kasih aja daging puyuh, mbak. mbak beli aja puyuh hidup, terus siangin (ambil dagingnya aja). taro di freezer. nyetok aja banyak2. ntar kalau mau kasih makan burung hantunya, mbak ambil sedikit, rendem di air biasa (jangan air panas/hangat) sampe gak kerasa dingin dan gak kerasa beku lagi, setelah itu cacah, dan kasih ke owlnya satu-satu... :)

      Delete
  5. dokter. :D
    Barn owl saya barusan ga sengaja jatuh ke dalam bak dan tubuhnya basah.
    ada kemungkinan dia masuk angin atau tidak?
    kira kira dia besok dadakan pilek atau tidak? dan apa kesehatannya di esok hari bisa terancam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung keringkan dengan dilap pake handuk aja mas. kalau masih ada matahari, langsung jemur. kasih super-n aja setetes.

      nggak kok, gak mengancam jiwa asalkan langsung lakukan yang saya sarankan... :)

      Delete
  6. Apakah barn owl itu minum ngak yaa . Trus bagamana cara ngasih makannya ya . Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Dok kalo di beri makan anak puyuh gmna bisa kgk
    Ama kalo jinakin burung hantu barn owl yg juve bisa kgk????

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas stok aja daging puyuh di freezer.
      kalo mau kasih makan, ambil sedikit. rendem di air biasa. sampe gak beku dan gak dingin lagi. cacah, baru kasih ke owlnya...

      Delete
  8. Dok saya newbie,punya bo umur 2bln lebih, cara rawatnya biar ga cepet stress gmn ya? Trus kalo saya kasih makan ati ayam gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas. silakan mas baca2 artikel saya di blog ini...

      jangan kasih ati ayam. kasih daging emprit atau puyuh aja. stok aja di freezer. kalo mau kasih makan, rendem dulu di air biasa sampe gak terasa dingin lagi

      Delete
  9. Salam dok,

    Sy punya BO namanya Laylah, sy sudah adopt selama 3 mingguan dan sekarang alhamdulillah udah bisa FTTF, sy belajar owlery dr master owl setempat dia bilang katanya owl bakal cepat mati jika diberi makan puyuh terus.Sepatutnya owl diberi makan mamalia kecil. Sy khawatir dok, mencit di daerah saya mahal mahal gak mampu sy modalin terus. baru sesekali sy kasih makan BO sy mencit, sisanya puyuh semua dan klo sy perhatikan BO saya sehat-sehat kok dok. Tp, Apa nggak masalah kira-kira tu dok?
    Tp dsamping itu, sy tetap berusaha memulai ternak mencit untuk stok kedepan. Sy juga pasang jebakan tikus di sawah meskipun selama ini hasilnya nihil.Sy rencana juga beli daging sapi sebagai makanan pengganti.

    Sy salut banget sama cerita dok sama si Errol. Kayak punya ikatan batin yang luar biasa gitu hehehe. rencananya sih sy juga mau lepas si Laylah, tp biar dia pulang pulang terus gmana caranya itu ya dok? hehe

    Mohon maaf banyak nanya dok
    Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga.
      sejujurnya memang seperti itu. maksudnya di alam, secara alami barn owl memang memakan mamalia kecil. namun diberi makan daging puyuh atau daging emprit yang dicacah (sehingga dia mudah untuk mencernanya) juga tidak kenapa2. ingat: yang diberikan adalah daging puyuhnya aja. jadi gak sama bulunya dll. cukup daging puyuhnya aja. bagusnya yang masih fresh. tapi kalo gak ada yang fresh, bisa taro di freezer, kemudian kalo mau kasih makan, bisa direndem dulu di air biasa (bukan air panas) sampe gak dingin lagi, dicacah, baru diberikan ke owlnya....

      jangan daging sapi, mas. gak cocok karena seratnya terlalu besar.

      errol udah gak ada. dia pergi, tapi saya tahu, dia pergi karena emang dia ngerasa ajalnya udah deket. makanya dia pergi.... sama aja kayak kucing dan anjing, mereka juga akan pergi kalau dia merasa udah mau meninggal... :)

      hmm, mending latihan imprint aja dulu mas. ajak ngobrol sambil liat matanya, sering2 handsfeed (disuapi), dll... :D

      kabari terus ya mas...

      Delete
  10. Dok, sy sdh berhasil beli barn owl... Hehehe 200an tpi sdh dewasa, masih bisa dilatih tdk ya dok?

    ReplyDelete
  11. maaf dok mau tanya , penyebab barn owl lemas kenapa ya, padahal makanya lahap tapi lemas dan kurus, dan akhirnya mati? makasi dok

    ReplyDelete
  12. Saya baru beli BO tadi sore
    Setelah dibawa kerumah BO saya lgsg aktif. Makan lahap disuapin dari tangan..
    Apa BO saya tidak perlu adaptasi lg dg lingkungan baru...?
    Apa BO saya termasuk yg bagus atàu jelèk..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      perlu, mas. masih perlu dikarantina. tapi kalo emang udah lebih dari 3 hari sekarang, gak apa2. biarin aja. :)

      rutin kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat

      Delete
  13. Mba maaf saya mau nanya, kalo barn owl di kasih makan ikan mas kecil ga apa apa ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak riskan sebenernya. lebih baik mending jangan, mas.
      emang banyak sih owner barn owl yang ngasih makan ikan mas kecil buat burung hantu barn owlnya, tapi menurut saya agak beresiko. alasannya, kebersihannya dan teksturnya yang beda.

      udah saya bahas di artikel IKAN SEBAGAI MAKANAN BURUNG HANTU

      Delete
  14. Selamat Malam Dok,, sebelumnya saya mau tanya dok, ini saya baru beli barn owl yang bulunya masih seperti kapas,, saat pertama makan saya memberi dia Jangkrik boleh kah dok??

    Dan kalau dikasih daging sapi apa saya harus suapin atau diletak begitu saja dok?
    Terimakasih tolong dijawab dok masih baru saya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagus sih kasih daging emprit, mas. nyetok aja daging emprit atau daging puyuh di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, redem di air sampe gak terasa dingin dan gak beku lagi, cacah halus, baru kasih ke burung hantunya....

      kasih makannya dengan cara disodorin ke mulutnya...

      Delete
  15. Malam dok , mau nanya burhan saya si ortho tiba" ngga mau makan, lesu, ngga bunyi kayak biasanya , merem terus 2 hari ini kenapa ya ? Sebelumnya emang di kasih daging sapi soalnya kepepet mencitnya abis..fecesnya warna putih, tp yang biasanya ada itemnya , ini ngga ada dok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n, setetes pagi, dan setetes sore.
      kasih makan daging sapinya jangan kegedean, cacah dulu sampe agak kecil biar dia gampang makannya. opsi lain, mas bisa pake daging emprit.... nyetok aja daging emprit atau daging puyuh di freezer, kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air matang biar gak dingin dan gak beku lagi, baru kasih ke dia...

      Delete
    2. Barn owl saya akhirnya mati dok 😭😭😭 itu keesokan harinya setelah saya comment di sini.. saya bawa ke dokter hewan, dikasihnya antibiotik, vitamin sama madu dok.. Ngga ada satu jam setelah itu dia mati.. matanya ngga mau nutup malah , kaya shock gitu dok .. itu kenapa ya? Apa ada yang salah atau gimana ?

      Delete
    3. saya ikut sedih, mas... :(
      mungkin kurang cepet penanganannya. tapi saya yakin, kalau dari awal dikasih super-n, masih bisa ketolong....
      nggak apa2, buat pelajaran aja ke depannya.... :)

      Delete
  16. Mbak sya bru aja dpet BO dri tmen,?brungnya jinak,?tp setelah sya bwa pulang dan sya beri tangkringan dan sya tmpatkan ditempat sepi hnya 1malam,?dia mau dielus2 tp klo sya suapin blum mau,?dan pengenya sllu pengen terbang kyknya msih agak takut sma sya,mungkin memang blum trlalu knal sya dan blum adaptasi,?yg sya tnyain butuh brapa lama biar dia bsa adaptasi sma lingkungan dan kenal sma sya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaan owlnya mas?
      jangan lupa kasih super-n setetes setiap hari.
      kalo pas mas pulang, jangan lupa ajak main barn owlnya.

      Delete
  17. Dan yg mau tanya jga,?sya kan orangnya jrang dirumah,?paling 2hari sekali dirumah itu karna tuntutan krjaan,?dan apa kan dgn waktu yg sya miliki untuk berinteraksi dgn BO bsa membuat siBO jdi kenal sya,?dan kpan waktu yg tepat untuk ngajak BO maen,biar lbih kenal sma

    ReplyDelete
  18. Dokter, saya baru aja follow akun Anda, saya tertarik banget follow soalnya bulan depan saya mau beli barn owl.... Mohon kerja samanya dr

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. :)
      artikel yang saya sarankan: Cara Agar Burung Hantu Tetap Sehat, Porsi Makan Burung Hantu, dan artikel Parameter Kesehatan Burung Hantu. Silakan mas baca artikel tersebut... :)

      oh ya, pilih burung hantu anakan aja. yang masih bulu kapas.

      Delete
  19. selamat siang dok

    saya mau tanya kenapa barn owl saya nafsu makannya kurang ya. cara mengatasi nya bagaimana ya dok. usia sekitar 2-3 bulan dulu dapat langsung dari sarang. saya kasih makan daging ayam yang sudah saya fillet.

    Terima kasih
    Yuli saputro

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel cara agar burung hantu tetap sehat.
      kasih obat yang saya tulis di artikel itu. :)

      Delete
  20. Masa adaptasi apa harus gelap dok? Dan di biarkan lepas begitu saja di sebuah ruangan? Kebetulan saya tinggal di kost-kostan, apa ada alternatif lain dari dokter?
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak harus gelap.
      yang penting tenang, gak banyak suara2 mengagetkan.
      di kandangin, jangan dilepas gitu aja.

      pastikan ruangannya bebas asap rokok ya mas...

      Delete
  21. dok saya kn dikasih tante saya burung hantu, dia dapetnya krn burung hantu barn owl ini jatuh dr menara. nah sejak dikasih dia pup kapur terus sampe skrng udh mau seminggu dia gamau makan dan minum cuma sedikit, skrng badannya kaya lemes gitu trus lesu mukanya. aku harus kasih apa dan gimana penanganannya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana burungnya mas?
      harusnya mending bawa langsung ke dokter hewan aja mas...

      bisa dikasih super-n sih buat langkah pertamanya....

      Delete
  22. Halo dok apa kabar? Mau nanya lg dok, barn owl saya mata nya sering nutup sebelah kenapa ya? *biasanya normal. Diliat sih ga ada benjolan atau luka disekitar mata, klo makan sih msh normal, terus masih bersuara juga tiap malem.. Gada/gak kena asap rokok jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik, mas... :)
      nggak apa2, masih normal kok. dia suka garuk2 sebelah matanya? kalo nggak, saya kira dia masih sehat... :)

      rutin kasih super-n setetes setiap hari ya mas...

      Delete
    2. Klo garuk2 ngga sih, nah kebetulan saya pernah nanya dulu klo super n kata dokter di bdg ga boleh sering karena mengandung antibiotik jadi saya berhenti pemakaiannya sejak 2 bulan terakhir,apa betul dok? Oiya umur nya udh hampir setahun nih barn owl klo dilepas bisa pulang lg ga ya dok? Apa perlu di buat nest box? Di rumah sih pake block perch dan T perch.. Makasih atas bantuannya ya dok:)

      Delete
    3. mungkin dokternya punya pendapat sendiri, tapi menurut saya setetes setiap hari masih aman, mas.

      kalo owlnya belum bonding banget, mending jangan di freeflight dulu. kalo owlnya udah bonding banget, coba dulu di sekitar rumah. :)

      Delete
    4. Okay dok, makasih bnyak atas saran dan masukannya :)

      Delete
  23. dok saya mau tanya nich saya punya chick barn owl 2 hari lalu nafsu makan masih biasa tp tadi malem muntah" puyuh secara utuh pagi tadi saya kasih puyuh selang 2 jam di muntahin lagi bercampur kyak lendir warna coklat itu apakah ada penyakitnya apa gimana
    maaf masi newbie

    ReplyDelete
  24. dok saya mau tanya nich saya punya chick barn owl 2 hari lalu nafsu makan masih biasa tp tadi malem muntah" puyuh secara utuh pagi tadi saya kasih puyuh selang 2 jam di muntahin lagi bercampur kyak lendir warna coklat itu apakah ada penyakitnya apa gimana
    maaf masi newbie

    ReplyDelete
  25. dok saya mau tanya nich saya punya chick barn owl 2 hari lalu nafsu makan masih biasa tp tadi malem muntah" puyuh secara utuh pagi tadi saya kasih puyuh selang 2 jam di muntahin lagi bercampur kyak lendir warna coklat itu apakah ada penyakitnya apa gimana
    maaf masi newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanannya jangan terlalu gede. kasih dagingnya aja.
      jangan dikasih satu ekor langsung.
      jadi cacah dulu, dan kasih dagingnya aja....

      terus kasih super-n, setetes setiap hari....

      Delete
    2. tadi malem sampet makan sampek 4 ekor dok lalu tadi pagi tak liat kyakada bekas muntahan kayak lendir warna coklat mudagitu dok besertasatu ekor puyuh dalam kondisi utuh penuh lendir berbau apakah itu masih bisa di katakan normal dok tp harini udah bisa melotot agak lebar dari kemaren dok

      Delete
    3. iya itu karena makanannya terlalu besar, mas.
      makanya cacah dulu makanannya, sekira dia gampang makannya...

      Delete
  26. Dalam memelihara BO yang dewasa, sebaiknya kondisis lingkungan sekitar lebih baik senyap atau ramai dok?
    Trmksh.

    ReplyDelete
  27. Dalam memelihara BO yang dewasa, sebaiknya kondisis lingkungan sekitar lebih baik senyap atau ramai dok?
    Trmksh.

    ReplyDelete
  28. Dok saya mau nanya.. Baru 3harian mian si BO.. Awal dipinang sehat aktif. Setelah ane pinang sesampainya dirumah si BO ga mau makan dan hingga 2 hari ga makan. Disuapin dimuntahin, terus klo ditaruh dikandang berontak terus itu kenapa. Apa karna stress atau yg lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok di kandangin masbro? Umur owlny kira kira brp? Klo udh dewasa mending jgn masbro, mlah stress, mending dipakein anklet & diiket, ditaro di perch

      Delete
    2. setuju dengan mas wira.
      kalo burung hantu barn owlnya masih anakan sebenernya bisa bikin owlbox dari kardus.

      terus, makanannya dicacah sampe kecil2. itu kayaknya muntah karena mas kasihnya kegedean...

      Delete
  29. Dok kalau jenis barn .. makanannya di ganti sma jangkrik bisa ga ...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sesekali, boleh aja.
      tapi kalau buat makanan sehari-hari, jangan mas...

      Delete
  30. Misi dok mau nanya,sy kan beli bo,udh umur 3 bulan,itu saya beli 10 hari yang lalu,apa udh bisa dok saya taruh di perchnya?,kalo misalnya kabur bisa balik gak ya dok?,soalnya kata penjualnya kalo udh 10 hari dilepas keluar rumah udh bisa balik lagi.apakah itu benar dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boong itu yang jual, mas. hehehe.
      mending jangan sesekali melepaskan owl kecuali dia udah sangat bonding dan jinak sama mas.

      bagus kalo dia udah imprint. coba mas baca artikel imprint pada burung hantu

      saran dari saya: kasih super-n setetes setiap hari. super-n beli di toko makanan burung.

      Delete
  31. Dok saya mau nanya nih.saya kan udh beli bo kira kira umur 3 bulan.saya beli 10 hari yg lalu nah saya mau taruh perch tapi ragu ragu nanti takutnya terbang,apakah kalo udh 10 hari ditaruh dirumah udh bisa di taruh diperch?,kalo semisal dia kabur apakah bisa balik kerumah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang dia udah bisa terbang?
      taro aja di ruangan tertutup dulu, baru tangkringkan di perch. jadi latihan nangkring di perch di ruangan itu aja. kalo sehari2, gak apa2 di kardusnya yang biasa....

      kalo belum bonding dan belum jinak banget, jangan coba-coba di freeflight. agak khawatir gak balik soalnya. :)

      kasih super-n setetes setiap hari ya mas. cuaca lagi gak bagus buat owl..

      Delete
  32. Chick BO boleh di kasih jangkrik ga ?

    ReplyDelete
  33. Dok, BO saya udah bisa berburu tru tadi barusan dia nangkep trus makan kodok, itu gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, mas. :)
      setelah itu sehat? gak ada gejala apa-apa?

      buat jaga-jaga, kasih super-n setetes setiap hari. tetesin langsung ke paruhnya...

      Delete
  34. Keadaan belum tau dok, kemarin sudah makan dis keliaran munkin besok baru pulang biasanya. Mksih dok😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh biasa diliarkan di luar rumah, mas? :)
      sip, sip. kabari terus.

      Delete
  35. Iya dok mksih, alhamdulliah si luffy sehat dok😂

    ReplyDelete
  36. Permisi mbak mau nanya
    Aku baru beli Barn Owl brancher tengah
    Klo di kasih makam doq gt cuma di gigit tp ga mau di telan
    Pas aku taruh box berisih doq baru dimakan semua
    Itu kenapa ya?klo di pegang di elus diam nurut,tp klo mau di pindahin ke tempat lain mau bersihin perch nya kyak mode deffend gt pke suara mendesis,mohon jawaban tips nya
    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang begitu. itu artinya dia belum percaya sama masnya. biarin aja. sementara kasih makan dengan cara ditaro aja deket dia, terus tinggal....

      dan silakan mas baca artikel cara menjinakkan burung hantu.

      Delete
    2. itu artinya barn owl mas belum percaya sama mas. nggak apa2, wajar kok. sementara kasih makan dengan cara ditaro ke box-nya aja.

      rutin kasih super-n. beli di toko burung. dosisnya baca di artikel cara agar burung hantu tetap sehat...

      Delete
    3. wajar kok. itu artinya dia belum kenal sama masnya. nggak apa2, sementara kasih makan dengan cara ditaro deket dia, terus tinggal...

      kasih suplemen yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat....

      Delete
  37. mbak saya mau nanya saya melihara barn owl yg umurnya sekitar 2 bulan masih ada bulu kapasnya sedikit, saya udah buatin perch nya tapi dia nggak mau nangkring gitu, saya coa angkatin ke perch nya malah lari, dan belum seimbang. itu kira" gimana ya ? apa faktor umur nya masih muda dan belum kuat cengkraman nya. atau ada penyakit atau gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang belum kuat, mas.. nggak apa2, sementara di dus aja.
      fesesnya gimana? cek artikel parameter kesehatan burung hantu...

      rutin kasih super-n, setetes setiap hari...

      Delete
  38. Dok, kira kira waktu yg aman buat miara burhan itu bulan bulan brp ya dok? Februari udh aman belom ya dok? Takut sm cuaca dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bulan februari terus mas? :D
      kan nggak... :D

      yang penting, jangan sampe kedinginan...

      Delete
  39. Dok, maaf mau tanya,kemarin saya baru beli barn owl,masih bulu jarum&baru belajar jalan,tapi stiap mau diksh makan ga mau,saya ksh makanannya potongan daging ayam,karna dia ga mau makan terus saya coba buka mulutnya & potongan ayam tdi saya masukin kemulutnya,BO nya kaya yg ga mau nelen, trs saya dorong makanannya pepan2 Di mulutnya dia & krn makanannya yg dimulut dia saya dorong pake jari ahirnya ditemenin jga, kira2 itu caranya Salah ga dok? Minta pencerahannya,both iya BO yg msh kecil kya gtu cocoknya diksh makan apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih daging puyuh atau emprit mas. nyetok aja di freezer. tiap kali mau kasih makan, potong dikit, rendem di air aqua sampe gak beku dan gak dingin lagi. cacah-cacah, baru kasih ke owlnya.

      cara kasih makannya, coba taro dulu deket dia, terus tinggal. jangan diliatin. kalo dalam 15 menit nggak dimakan juga, baru mas suapin aja ke mulutnya...

      inget cacah2 dulu dagingnya. biar dia gampang makannya...

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. dok darurat dok, BO brancher saya abis makan kain[popok bayi jaman dulu], sampe setengah kain terus saya tarik perlahan, ternyata kainnya basah daerah luarnya[asalnya kering ring] yang belum ketelen, dalemnya yang udah ketelen warna kuning kecampur fillet, barusan saya kasih makan fillet masih lahap, sama saya sped air
    apakah itu benar ? daerah saya gk ada dokter hewan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih super-n pagi setetes, sore setetes.
      semoga aja dia nanti muntahin kain yang sempet ketelen.... :(

      kabari terus

      Delete
  42. kalau barn owl yang masih bulu kapas maupun dewasa, boleh dikasih daging sapi segar untuk makanan utamanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak kurang cocok sih, meski masih boleh. asalkan masih segar, alias bukan bekas ditaro di freezer, nggak apa2. dan dicacah dulu agar lebih mudah dicerna.

      bagusnya pake pingkies (bayi tikus putih yang masih merah dan belum berbulu), atau paging daging emprit atau puyuh... :)

      Delete
  43. dok, BO saya (bc akhir) sayapnya abis nyangkut, terus sekarang lemes sebelah, penanganannya gimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyangkut kena apa mas?
      cek dulu, apa ada luka? lalu kalau sayapnya yang turun mas agak angkat ke atas, dia keliatan kesakitan?

      harus diliat langsung sih sama dokter hewan. biar sekalian dicek... :(

      Delete
  44. gk kesakitan dok, di kalau jalan sayapnya juga ngangkat dua duanya


    ditempat saya jauh dari dokter hewan dok, sekalian tanya biayanya biasanya brp ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara observasi aja dulu mas... :)
      coba kasih super-n. beli di toko makanan burung. setetes setiap hari

      Delete
  45. Pagi dok, saya mau tanya, saya punya BO usia sekitar bc tengah mau ke akhir, sebelumnya sudah pernah handle OBAY dari chik sampe dewasa sekarang. Bo saya kemarin masih sehat2 aja dikasih makan puyuh tiap hari,lalu tadi pagi saya liat kok dia terkapar gitu kyk mau mat, itu knp ya dok? kandang saya tempatin ke kandang love bird yg besar tapi saya buka atapnya biar dia bisa keluar,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takut kena dia tetelo. :(
      coba mas kasih super-n sesegera mungkin. kasih setetes pagi dan sore.

      kalau dalam 3 hari belum mendingan, mending bawa ke dokter hewan aja mas

      Delete
  46. Dokter vira saya banyak belajar dr blog anda..alahamdulillah barn owl saya "bro" sehat dr brancer sampai sekarang juve suda bonding..tanpa stres sedikitpun berkat artikel yg sya baca..terus buat artikel yg bermanfaat..sukses dokter

    ReplyDelete
  47. Saya jg ingin sharing kpd teman2 yg suda suda memelihara bop..Si "Bro" barn owl Saya taruk luar rumah mulai brancer hingga juve..maksud saya biar terbiasa dan g manja dg lingkungannya..saya jg g biasakan pke minyak ikan untuk penambah nafsu makanya sengaja saya biarkan natural seperti d habitatnya, pemberian obat2an dan suplemen emng perlu tp tdak d jdkan hal yg wajib qt harus percya dg parner qt..yg pnting tetap sering d ajak bicara dan qt sering ada dkatnya sehingga dy merasa nyaman karna jg mengenal qt dan g mudah stres..insya4jj1 mengurangi resiko sakitnya jg karena tidak d pungkiri bop adalah binatang cerdas..jd menurut saya pelihara dg sepenuh hati pelajari resiko sebelum memelihara bop jgn hanya mempelajari cara memelihara..saya rasa artikel2 yg d tulis dr vira sangat lengkap dan bermanfaat saya banyak belajar dr artikel yg d tulis dg penjelasan yg mudah d mengerti oleh pemula (seperti saya)hehe..sukses dr vira..mohon masukanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu bener mas! emang intinya memelihara owl itu ya kepercayaan dari si owl... :D

      bagus banget sharing-nya. mungkin nanti akan saya rangkum di satu article khusus! :D

      Delete
    2. Dok..seperti biasa klo mlm saya ajak si bro kluar d smping rumah smbil ksi makan..kemudian ada 2 barn owl liar mendekat..apa mungkin 2 barn owl liar trsebut dtng karna suara si bro y..soalnya berisik emng..

      Delete
    3. iya. bener mas. karena mungkin si bro yang manggil. si errol dan padma begitu dulu. :)

      Delete
    4. Dok ada gak referensi yg menjelaskan cm tentang owlry..klo ada ksi tau donk

      Delete
    5. buku? banyak sih mas. diantaranya kalau untuk pemula, seri the illustrated

      Delete
  48. Sya punya BO msih chick.. bru adopt kmaren sya kasih daging sapi msih seger bru bli dari pasar.. tpi kok hbis itu jd diem sma perutnya buncit.. ap kebanyakan ngsih makanya??
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, overfeeding. jangan kebanyakan kasihnya.
      cek artikel saya, porsi makan burung hantu.

      dan dagingnya cacah2 dulu. sampe kecil2. sekira dia gampang nelennya.

      Delete
  49. Dok, saya abis adop BO usia juve, klo d kasih daging ngga mau, dia maunya makan yang hidup. Trus saya kasih burung emprit. Buat semua usia apa harus makan 3x sehari dok? Soalnya saya kerja juga. Solusinya gimana yh biar ngga telat makan, soalnya dia masih deff gitu, blm kenal.

    Mohon pencerahannya dok. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. taro aja deket dia, terus tinggal.
      kalau dia emang terbiasa makan makanan hidup, nanti dia akan makan sendiri.

      terus kalau masnya lagi libur, coba aja kasih potongan daging. kalo bisa yang masih seger, yang ada darahnya. bisa potong dulu empritnya, terus kasih dagingnya aja.... latihnya dengan cara begitu biar dia bisa makan daging... :)

      Delete
  50. Oke, maksih dok.

    Oia dok, ini kan udah saya karantina selama 3 hari. Apa bisa langsung d mandiin trus saya pakein anklet? Takutnya malah strees

    Soalnya waktu itu pernah adop celepuk, Aldo namanya. Emang dari kecil ngga saya pakein anklet, pas waktu itu mau saya belajarin pake anklet, 1 harian dia gigit2in terus kaya ngga nyaman gitu. Akhirnya dia kabur lewat loteng. Padahal udah pinter. D panggil dia nyamperin udah tau namanya dan kalo saya pulang kerja dia langsung nyamperin gitu..
    Jadi syedihh. Huhuhuhu
    Curhat dikit dok. Hhe

    Infonya yak dok.

    ReplyDelete
  51. Dok, kenapa barn owl di luar negri putih bersih sesangkan di indo dekil gtu kecoklatan ? Apa emang ada beberapa jenis BO ? Terima kasih.

    ReplyDelete
  52. Salam kenal dokter .terima kasih untuk artikel-artikelnya yg sangat bermanfaat .saya baru dikasi anakan barn owl yg masih bulu kapas .burungnya kayaknya agak memprihatinkan, badanny kurus&gak mau makan .mohon sarannya dok, saya harap dokter berkenan meluangkan waktunya untuk memberikan saran.terima kasih

    ReplyDelete
  53. salam kenal dok, saya memelihara barn owl namanya Brawl. baru 2 hari kemarin saya dikasih sama temen saya. Brawl sudah dewasa, sudah bisa terbang. nah dia saya kasih makan anak ayam hidup, sekali saya kasih 2 dok, kadang dari 2 itu, 1 nya masih sisa, hanya kepalanya yg dimakan, dan yg 1 nya habis. apa itu normal dok? jd kemarin aaya kasih pagi jam 8, dan siangnya saya cek masih ada, saya diemin, dan maghrib saya cek lagi dan kedapatan masih sisa. lalu saya ganti lagi anak ayamnya. paginya saya cek gitu lagi. apa itu normal dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu lagi dok, kan anak ayam suaranya berisik tuh kadang, apa itu bisa bikin Brawl setres atau tidak dok?

      Delete
  54. Selamat siang dok....
    Mau bertanya, burung hantu saya setiap hari dikasih makan daging ayam broiler, tdk apa 2 khan?

    ReplyDelete
  55. Dok,sebaiknya umur brp BO diberi angklet,sm berapa bulan jarak dr chick k Brancher,dan brancher ke juve,maaf klo keliru

    ReplyDelete
  56. Dok cara agar barn owl mudah jinak gimana ya? Soalnya saya dapet dari yang umurnya sudah lumayan dewasa, lalu bagai m

    ReplyDelete
  57. Dok cara agar barn owl mudah jinak gimana ya? Soalnya saya baru dapet dan umurunya udah lumayan dewasa, lalu untuk proses karantina sebaiknya bagaimana ya? Apa lebih baik disimpan didalam kardus? Atau di biarkan saja di ruangan kosong tapi diikat? Atau di lepaskan saja tanpa harus diikat? Tapi kalau tanpa diikat saya takut untuk susah buat nangkepnya karna ruangannya seperti gudang dan lumayan banyak barang barang

    ReplyDelete
  58. Saya punya barn owl bulu kapas, tapi matanya jika terkena sinar terdapat warna biru ditengahnya. Apakah normal? Saya takut jika burung hantu saya buta. Lalu apakah aman jika sesekali diberi makan daging ayam?

    ReplyDelete
  59. Salam dok,BO saya br bulu kapas dn blm bs berdiri sempurna,kira2 kpn waktu ny dia bs di tangkringan.slma ini msh saya taruh di kardus

    ReplyDelete
  60. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  61. Tyto alba saya masih usia bc awal ,itu baik nya di tempatkan dimana ya dok?

    ReplyDelete
  62. Mlm dok sy mau tnya..sya pnya barn owl bru tumbuh bulu tp masih ada bulu kapas udc 4 hari ini nafsu makannya berkurang trus badannya jg atk lesu saat diberi makan juga matanya selalu tertutup terbuka jg cm dikit..trus warna fasesnya sya liat warna kuning padat sedikit cairan itu kenapa ya dok..oyc burungnya saya taruh dkandang ukuran 30x50..trus makanan yg sering sya kasih ikan lele sm daging ayam segar..2 hri kemarin sya coba kasih makan burung emprit hri 1 dn 2 cm hbis 1..hri yg ketiga mlh cm dcubtin bulunya tp gk dmakan..apa itu karena stres kandang atau gmn yc dok..trus untk obat dan makanya gmn dok..terima kasih sebelumnya semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  63. WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan maximal Bonus Rp.250.000 , Dengan mininimal deposit Rp 25.000,-
    syarat TO x 8
    Contoh : 25.000 + 25.000 * 8 = 400.000
    Minimal WD 50.000


    TEMBAK IKAN ONLINE

    Bonus Deposit 50%
    Minimal Deposit Rp25.000
    Max Bonus Rp. 1.000.000,-
    TO x 15 + BONUS

    Bonus Deposit 10%
    Minimal Deposit : Rp.50.000,-
    Max Bonus : Rp. 500.000,-
    TO x 7 + BONUS

    CASHBACK 10%
    Bonus Cashback hanya diberikan kepada player yang tidak mengclaim bonus next deposit

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person WIN323 :
    BB : E3E94F65
    LINE : win323a

    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  64. Dok, saya kan punya barn owl namanya bubo (saking inginnya burhan jenis bubo), dia udah mau jttf 3 meter tapi habis nyambar doq nya terus di bawa lagi ke tangkringannya,kalau kyk giti gimana ya dok...

    ReplyDelete
  65. Permisi dok saya mau adobt Bo,tapii kebetulan saya tinggal bersama keluarga yg ga sedikit dirumah dan banyak anak" jugaa. Kira" menurut dokter tindakan yg tepat buat saya apaa?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.