Wednesday, January 22, 2014

Cara Memelihara Barn Owl | Drh. Fira Sovica

Tidak seperti burung hantu celepuk, memelihara barn owl (tyto alba) cenderung lebih susah dibanding dengan memelihara celepuk. Level kesulitan memelihara barn owl bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan memelihara celepuk, maka barn owl tidak dianjurkan dipelihara oleh orang yang pemula dalam pemeliharaan burung hantu. Burung hantu barn owl gampang sekali stress yang biasanya berakhir kepada kematian.
Cara Memelihara Barn Owl
Image taken from reallywildbirdfood.co.uk

Nah, bagaimana

cara memelihara barn owl

? Berikut adalah tips dan trik cara memelihara barn owl yang penulis rangkum dari pengalaman penulis sendiri.

  • Pilih barn owl yang masih anakan berbulu kapas (chick) saat akan membeli karena lebih mudah dijinakkan. Pastikan pula barn owl yang dibeli sehat
  • Ciri barn owl yang sehat antara lain adalah tidak lesu, aktif, saat dikeluarkan dia aktif bergerak, mata jernih dan terbuka (kelopak mata tidak menutup), serta tidak ada luka fisik di bagian tubuhnya. Memilih barn owl yang masih chick agar barn owl tersebut bisa bonding kepada anda pemiliknya.
  • Saat sampai di rumah, biarkan barn owl sendiri di dalam ruangan tertutup agar ia adaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Selama masa adaptasi, beri makan berupa potongan kecil daging sapi yang masih segar. Lebih bagus lagi jika daging sapi yang diberikan masih berdarah.
  • Setelah masa adaptasi, anda bisa memindahkan barn owl tersebut ke tangkringan (perch) yang sudah disediakan.
  • Anda bisa membuat sendiri perch dengan menggunakan pipa PVC, kaleng bekas cat, dan pipa PVC letter T. Cara membuat perch bisa anda baca di artikel saya cara membuat perch sendiri.
  • Jadwal pemberikan makanan untuk barn owl
  • Barn owl adalah jenis burung hantu dengan level pemeliharaan yang lebih susah dibandingkan celepuk, salahsatunya adalah dari segi pemberian pakan. Pakan yang diberikan bisa berupa bayi atau anakan tikus putih yang terlebih dahulu sedikit dilukai agar aroma darahnya tercium oleh si barn owl. Pemberian makan bisa diberikan 2 atau 3 kali sehari: subuh hari sekitar jam 5 atau setengah 6, siang hari sekitar jam 1 atau jam 2 (opsional), dan awal malam sekitar jam 7 atau 8 malam.
  • Latih barn owl anda dengan berbagai trik. Artikel tentang cara melatih burung hantu sudah ada di blog ini.

Demikian adalah

cara memelihara barn owl

. Semoga tips dan trik memelihara barn owl tersebut bisa membantu anda untuk memelihara dan merawat barn owl. Saran, kritik, serta komentar bisa diberikan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih (FS)

1101 komentar

«Oldest   ‹Older   1001 – 1101 of 1101   Newer›   Newest»

Dok share dong...
Aku bru di kasi barn owl. Brungx baru dapet di hutan..
Baru 3 hari ini aku kasi makan jangkrik sm bubur sun aja. Krna aku gg tau kalau dy stress it gmna. Sering aku gendong. Aku elus2 aku suapin...
Kandang juga aku pke kandang koshan ku uk.40... krna aku pkir dy blm bisa bertengger. Krna cengkramannya masih lebar..

Bagi saran dong dok sblm smuanya sia2...
Makasi

jangan dikasih makan bubur bayi, mas. gak cocok buat owl. mending kasih daging puyuh. beli puyuh, siangin (ambil dagingnya aja, bisa minta tolong sama tukang ayam potong di pasar), taro di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (matang, jangan di air panas/hangat), cacah2 kecil, baru kasih ke owlnya...

jangkrik boleh dikasih sesekali. tapi bukan sebagai makanan sehari-hari. sesekali aja.. :)

mas kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

coba aja kirim, mas. caranya ada di bagian PERHATIAN.

maaf baru kebalas. kemaren kelewat. :D

Permisi dok saya mau tanya saya baru adopt barn owl dia udah gede kayanya saya masih pemula banget dan adopt pun karena kaka saya yg tiba tiba ngasih nhanhah pertanyaan saya kenapa ya pas malem dia gabersuara terus pas dideketin kaya mendesah gt ,baru iemarin di adopt nya kira kira kenapa yaaa ? Duh saya bingubg soalnya baru bangey meligara hewan . makasih dok

fesesnya/tahinya gimana mas? 3 elemen? bening kayak air, putih kayak susu, dan kehitaman? kalau iya, kayaknya dia masih sehat.

masih mau makan? biasanya mas kasih makan apa?

kalau dia masih mau makan dan fesesnya 3 elemen tadi, dia masih sehat. cuma kurang penjinakkan aja kok.

biar owlnya sehat terus, silakan kasih vitamin yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. kasih setetes setiap hari...

kabari terus...

Mau nanya dok vira, dapet barn owl udah agak gede dr kebon.
Saya bingungnya naroh dia dimana. Akhirnya tak taroh di kandang aviary. Lumayan gede. Tp saya baca saran2 dok vira, lebih baik di gudang/ruang tertutup. Nah kalo di taroh gudang, di pasang anklet ndak ya? Kalo ndak di pasangi anklet takutte lepas, pemasangan anklet sebaiknya saat yg gimana? Dan untuk pakan dok, didaerah saya susah nyari anak tikus putih, anakan puyuh, nek tak kasih ayam cincang gimana dok? Mtursuwun

sebelumnya maaf karena baru balas, mbak... :(
kalau emang ada aviari sih gak apa2, asalkan pastikan di sekitar aviarinya gak berisik. kalau udah di dalam aviari, gak usah dikasih angklett gak apa2.

kasih aja daging puyuh, mbak. mbak beli aja puyuh hidup, terus siangin (ambil dagingnya aja). taro di freezer. nyetok aja banyak2. ntar kalau mau kasih makan burung hantunya, mbak ambil sedikit, rendem di air biasa (jangan air panas/hangat) sampe gak kerasa dingin dan gak kerasa beku lagi, setelah itu cacah, dan kasih ke owlnya satu-satu... :)

dokter. :D
Barn owl saya barusan ga sengaja jatuh ke dalam bak dan tubuhnya basah.
ada kemungkinan dia masuk angin atau tidak?
kira kira dia besok dadakan pilek atau tidak? dan apa kesehatannya di esok hari bisa terancam?

langsung keringkan dengan dilap pake handuk aja mas. kalau masih ada matahari, langsung jemur. kasih super-n aja setetes.

nggak kok, gak mengancam jiwa asalkan langsung lakukan yang saya sarankan... :)

Apakah barn owl itu minum ngak yaa . Trus bagamana cara ngasih makannya ya . Terimakasih

Dok kalo di beri makan anak puyuh gmna bisa kgk
Ama kalo jinakin burung hantu barn owl yg juve bisa kgk????

Dok saya newbie,punya bo umur 2bln lebih, cara rawatnya biar ga cepet stress gmn ya? Trus kalo saya kasih makan ati ayam gmn?

maaf karena baru balas. silakan mas baca2 artikel saya di blog ini...

jangan kasih ati ayam. kasih daging emprit atau puyuh aja. stok aja di freezer. kalo mau kasih makan, rendem dulu di air biasa sampe gak terasa dingin lagi

boleh, mas stok aja daging puyuh di freezer.
kalo mau kasih makan, ambil sedikit. rendem di air biasa. sampe gak beku dan gak dingin lagi. cacah, baru kasih ke owlnya...

Salam dok,

Sy punya BO namanya Laylah, sy sudah adopt selama 3 mingguan dan sekarang alhamdulillah udah bisa FTTF, sy belajar owlery dr master owl setempat dia bilang katanya owl bakal cepat mati jika diberi makan puyuh terus.Sepatutnya owl diberi makan mamalia kecil. Sy khawatir dok, mencit di daerah saya mahal mahal gak mampu sy modalin terus. baru sesekali sy kasih makan BO sy mencit, sisanya puyuh semua dan klo sy perhatikan BO saya sehat-sehat kok dok. Tp, Apa nggak masalah kira-kira tu dok?
Tp dsamping itu, sy tetap berusaha memulai ternak mencit untuk stok kedepan. Sy juga pasang jebakan tikus di sawah meskipun selama ini hasilnya nihil.Sy rencana juga beli daging sapi sebagai makanan pengganti.

Sy salut banget sama cerita dok sama si Errol. Kayak punya ikatan batin yang luar biasa gitu hehehe. rencananya sih sy juga mau lepas si Laylah, tp biar dia pulang pulang terus gmana caranya itu ya dok? hehe

Mohon maaf banyak nanya dok
Sukses selalu

salam juga.
sejujurnya memang seperti itu. maksudnya di alam, secara alami barn owl memang memakan mamalia kecil. namun diberi makan daging puyuh atau daging emprit yang dicacah (sehingga dia mudah untuk mencernanya) juga tidak kenapa2. ingat: yang diberikan adalah daging puyuhnya aja. jadi gak sama bulunya dll. cukup daging puyuhnya aja. bagusnya yang masih fresh. tapi kalo gak ada yang fresh, bisa taro di freezer, kemudian kalo mau kasih makan, bisa direndem dulu di air biasa (bukan air panas) sampe gak dingin lagi, dicacah, baru diberikan ke owlnya....

jangan daging sapi, mas. gak cocok karena seratnya terlalu besar.

errol udah gak ada. dia pergi, tapi saya tahu, dia pergi karena emang dia ngerasa ajalnya udah deket. makanya dia pergi.... sama aja kayak kucing dan anjing, mereka juga akan pergi kalau dia merasa udah mau meninggal... :)

hmm, mending latihan imprint aja dulu mas. ajak ngobrol sambil liat matanya, sering2 handsfeed (disuapi), dll... :D

kabari terus ya mas...

Dok, sy sdh berhasil beli barn owl... Hehehe 200an tpi sdh dewasa, masih bisa dilatih tdk ya dok?

maaf dok mau tanya , penyebab barn owl lemas kenapa ya, padahal makanya lahap tapi lemas dan kurus, dan akhirnya mati? makasi dok

Saya baru beli BO tadi sore
Setelah dibawa kerumah BO saya lgsg aktif. Makan lahap disuapin dari tangan..
Apa BO saya tidak perlu adaptasi lg dg lingkungan baru...?
Apa BO saya termasuk yg bagus atàu jelèk..?

sebelumnya maaf karena baru balas... :(
perlu, mas. masih perlu dikarantina. tapi kalo emang udah lebih dari 3 hari sekarang, gak apa2. biarin aja. :)

rutin kasih obat yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat

Mba maaf saya mau nanya, kalo barn owl di kasih makan ikan mas kecil ga apa apa ? Makasih

agak riskan sebenernya. lebih baik mending jangan, mas.
emang banyak sih owner barn owl yang ngasih makan ikan mas kecil buat burung hantu barn owlnya, tapi menurut saya agak beresiko. alasannya, kebersihannya dan teksturnya yang beda.

udah saya bahas di artikel IKAN SEBAGAI MAKANAN BURUNG HANTU

Selamat Malam Dok,, sebelumnya saya mau tanya dok, ini saya baru beli barn owl yang bulunya masih seperti kapas,, saat pertama makan saya memberi dia Jangkrik boleh kah dok??

Dan kalau dikasih daging sapi apa saya harus suapin atau diletak begitu saja dok?
Terimakasih tolong dijawab dok masih baru saya hehehe

lebih bagus sih kasih daging emprit, mas. nyetok aja daging emprit atau daging puyuh di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, redem di air sampe gak terasa dingin dan gak beku lagi, cacah halus, baru kasih ke burung hantunya....

kasih makannya dengan cara disodorin ke mulutnya...

Malam dok , mau nanya burhan saya si ortho tiba" ngga mau makan, lesu, ngga bunyi kayak biasanya , merem terus 2 hari ini kenapa ya ? Sebelumnya emang di kasih daging sapi soalnya kepepet mencitnya abis..fecesnya warna putih, tp yang biasanya ada itemnya , ini ngga ada dok ..

kasih super-n, setetes pagi, dan setetes sore.
kasih makan daging sapinya jangan kegedean, cacah dulu sampe agak kecil biar dia gampang makannya. opsi lain, mas bisa pake daging emprit.... nyetok aja daging emprit atau daging puyuh di freezer, kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air matang biar gak dingin dan gak beku lagi, baru kasih ke dia...

Barn owl saya akhirnya mati dok 😭😭😭 itu keesokan harinya setelah saya comment di sini.. saya bawa ke dokter hewan, dikasihnya antibiotik, vitamin sama madu dok.. Ngga ada satu jam setelah itu dia mati.. matanya ngga mau nutup malah , kaya shock gitu dok .. itu kenapa ya? Apa ada yang salah atau gimana ?

saya ikut sedih, mas... :(
mungkin kurang cepet penanganannya. tapi saya yakin, kalau dari awal dikasih super-n, masih bisa ketolong....
nggak apa2, buat pelajaran aja ke depannya.... :)

Mbak sya bru aja dpet BO dri tmen,?brungnya jinak,?tp setelah sya bwa pulang dan sya beri tangkringan dan sya tmpatkan ditempat sepi hnya 1malam,?dia mau dielus2 tp klo sya suapin blum mau,?dan pengenya sllu pengen terbang kyknya msih agak takut sma sya,mungkin memang blum trlalu knal sya dan blum adaptasi,?yg sya tnyain butuh brapa lama biar dia bsa adaptasi sma lingkungan dan kenal sma sya,,,

Dan yg mau tanya jga,?sya kan orangnya jrang dirumah,?paling 2hari sekali dirumah itu karna tuntutan krjaan,?dan apa kan dgn waktu yg sya miliki untuk berinteraksi dgn BO bsa membuat siBO jdi kenal sya,?dan kpan waktu yg tepat untuk ngajak BO maen,biar lbih kenal sma

maaf karena baru balas. sekarang gimana keadaan owlnya mas?
jangan lupa kasih super-n setetes setiap hari.
kalo pas mas pulang, jangan lupa ajak main barn owlnya.

Dokter, saya baru aja follow akun Anda, saya tertarik banget follow soalnya bulan depan saya mau beli barn owl.... Mohon kerja samanya dr

oke. :)
artikel yang saya sarankan: Cara Agar Burung Hantu Tetap Sehat, Porsi Makan Burung Hantu, dan artikel Parameter Kesehatan Burung Hantu. Silakan mas baca artikel tersebut... :)

oh ya, pilih burung hantu anakan aja. yang masih bulu kapas.

selamat siang dok

saya mau tanya kenapa barn owl saya nafsu makannya kurang ya. cara mengatasi nya bagaimana ya dok. usia sekitar 2-3 bulan dulu dapat langsung dari sarang. saya kasih makan daging ayam yang sudah saya fillet.

Terima kasih
Yuli saputro

silakan mas baca artikel cara agar burung hantu tetap sehat.
kasih obat yang saya tulis di artikel itu. :)

Masa adaptasi apa harus gelap dok? Dan di biarkan lepas begitu saja di sebuah ruangan? Kebetulan saya tinggal di kost-kostan, apa ada alternatif lain dari dokter?
Terimakasih..

nggak harus gelap.
yang penting tenang, gak banyak suara2 mengagetkan.
di kandangin, jangan dilepas gitu aja.

pastikan ruangannya bebas asap rokok ya mas...

dok saya kn dikasih tante saya burung hantu, dia dapetnya krn burung hantu barn owl ini jatuh dr menara. nah sejak dikasih dia pup kapur terus sampe skrng udh mau seminggu dia gamau makan dan minum cuma sedikit, skrng badannya kaya lemes gitu trus lesu mukanya. aku harus kasih apa dan gimana penanganannya dok?

sekarang gimana burungnya mas?
harusnya mending bawa langsung ke dokter hewan aja mas...

bisa dikasih super-n sih buat langkah pertamanya....

Halo dok apa kabar? Mau nanya lg dok, barn owl saya mata nya sering nutup sebelah kenapa ya? *biasanya normal. Diliat sih ga ada benjolan atau luka disekitar mata, klo makan sih msh normal, terus masih bersuara juga tiap malem.. Gada/gak kena asap rokok jg

kabar baik, mas... :)
nggak apa2, masih normal kok. dia suka garuk2 sebelah matanya? kalo nggak, saya kira dia masih sehat... :)

rutin kasih super-n setetes setiap hari ya mas...

Klo garuk2 ngga sih, nah kebetulan saya pernah nanya dulu klo super n kata dokter di bdg ga boleh sering karena mengandung antibiotik jadi saya berhenti pemakaiannya sejak 2 bulan terakhir,apa betul dok? Oiya umur nya udh hampir setahun nih barn owl klo dilepas bisa pulang lg ga ya dok? Apa perlu di buat nest box? Di rumah sih pake block perch dan T perch.. Makasih atas bantuannya ya dok:)

mungkin dokternya punya pendapat sendiri, tapi menurut saya setetes setiap hari masih aman, mas.

kalo owlnya belum bonding banget, mending jangan di freeflight dulu. kalo owlnya udah bonding banget, coba dulu di sekitar rumah. :)

Okay dok, makasih bnyak atas saran dan masukannya :)

dok saya mau tanya nich saya punya chick barn owl 2 hari lalu nafsu makan masih biasa tp tadi malem muntah" puyuh secara utuh pagi tadi saya kasih puyuh selang 2 jam di muntahin lagi bercampur kyak lendir warna coklat itu apakah ada penyakitnya apa gimana
maaf masi newbie

dok saya mau tanya nich saya punya chick barn owl 2 hari lalu nafsu makan masih biasa tp tadi malem muntah" puyuh secara utuh pagi tadi saya kasih puyuh selang 2 jam di muntahin lagi bercampur kyak lendir warna coklat itu apakah ada penyakitnya apa gimana
maaf masi newbie

dok saya mau tanya nich saya punya chick barn owl 2 hari lalu nafsu makan masih biasa tp tadi malem muntah" puyuh secara utuh pagi tadi saya kasih puyuh selang 2 jam di muntahin lagi bercampur kyak lendir warna coklat itu apakah ada penyakitnya apa gimana
maaf masi newbie

makanannya jangan terlalu gede. kasih dagingnya aja.
jangan dikasih satu ekor langsung.
jadi cacah dulu, dan kasih dagingnya aja....

terus kasih super-n, setetes setiap hari....

tadi malem sampet makan sampek 4 ekor dok lalu tadi pagi tak liat kyakada bekas muntahan kayak lendir warna coklat mudagitu dok besertasatu ekor puyuh dalam kondisi utuh penuh lendir berbau apakah itu masih bisa di katakan normal dok tp harini udah bisa melotot agak lebar dari kemaren dok

iya itu karena makanannya terlalu besar, mas.
makanya cacah dulu makanannya, sekira dia gampang makannya...

Dalam memelihara BO yang dewasa, sebaiknya kondisis lingkungan sekitar lebih baik senyap atau ramai dok?
Trmksh.

Dalam memelihara BO yang dewasa, sebaiknya kondisis lingkungan sekitar lebih baik senyap atau ramai dok?
Trmksh.

Dok saya mau nanya.. Baru 3harian mian si BO.. Awal dipinang sehat aktif. Setelah ane pinang sesampainya dirumah si BO ga mau makan dan hingga 2 hari ga makan. Disuapin dimuntahin, terus klo ditaruh dikandang berontak terus itu kenapa. Apa karna stress atau yg lain..

Dok kalau jenis barn .. makanannya di ganti sma jangkrik bisa ga ...???

kalau sesekali, boleh aja.
tapi kalau buat makanan sehari-hari, jangan mas...

Misi dok mau nanya,sy kan beli bo,udh umur 3 bulan,itu saya beli 10 hari yang lalu,apa udh bisa dok saya taruh di perchnya?,kalo misalnya kabur bisa balik gak ya dok?,soalnya kata penjualnya kalo udh 10 hari dilepas keluar rumah udh bisa balik lagi.apakah itu benar dok?

Dok saya mau nanya nih.saya kan udh beli bo kira kira umur 3 bulan.saya beli 10 hari yg lalu nah saya mau taruh perch tapi ragu ragu nanti takutnya terbang,apakah kalo udh 10 hari ditaruh dirumah udh bisa di taruh diperch?,kalo semisal dia kabur apakah bisa balik kerumah ?

boong itu yang jual, mas. hehehe.
mending jangan sesekali melepaskan owl kecuali dia udah sangat bonding dan jinak sama mas.

bagus kalo dia udah imprint. coba mas baca artikel imprint pada burung hantu

saran dari saya: kasih super-n setetes setiap hari. super-n beli di toko makanan burung.

Kok di kandangin masbro? Umur owlny kira kira brp? Klo udh dewasa mending jgn masbro, mlah stress, mending dipakein anklet & diiket, ditaro di perch

emang dia udah bisa terbang?
taro aja di ruangan tertutup dulu, baru tangkringkan di perch. jadi latihan nangkring di perch di ruangan itu aja. kalo sehari2, gak apa2 di kardusnya yang biasa....

kalo belum bonding dan belum jinak banget, jangan coba-coba di freeflight. agak khawatir gak balik soalnya. :)

kasih super-n setetes setiap hari ya mas. cuaca lagi gak bagus buat owl..

setuju dengan mas wira.
kalo burung hantu barn owlnya masih anakan sebenernya bisa bikin owlbox dari kardus.

terus, makanannya dicacah sampe kecil2. itu kayaknya muntah karena mas kasihnya kegedean...

Chick BO boleh di kasih jangkrik ga ?

Sesekali boleh, tpi makanan utama tetep daging

Dok, BO saya udah bisa berburu tru tadi barusan dia nangkep trus makan kodok, itu gimana ya dok?

nggak apa2, mas. :)
setelah itu sehat? gak ada gejala apa-apa?

buat jaga-jaga, kasih super-n setetes setiap hari. tetesin langsung ke paruhnya...

Keadaan belum tau dok, kemarin sudah makan dis keliaran munkin besok baru pulang biasanya. Mksih dok😁

oh biasa diliarkan di luar rumah, mas? :)
sip, sip. kabari terus.

Iya dok mksih, alhamdulliah si luffy sehat dok😂

Permisi mbak mau nanya
Aku baru beli Barn Owl brancher tengah
Klo di kasih makam doq gt cuma di gigit tp ga mau di telan
Pas aku taruh box berisih doq baru dimakan semua
Itu kenapa ya?klo di pegang di elus diam nurut,tp klo mau di pindahin ke tempat lain mau bersihin perch nya kyak mode deffend gt pke suara mendesis,mohon jawaban tips nya
Terima kasih dok

iya, emang begitu. itu artinya dia belum percaya sama masnya. biarin aja. sementara kasih makan dengan cara ditaro aja deket dia, terus tinggal....

dan silakan mas baca artikel cara menjinakkan burung hantu.

itu artinya barn owl mas belum percaya sama mas. nggak apa2, wajar kok. sementara kasih makan dengan cara ditaro ke box-nya aja.

rutin kasih super-n. beli di toko burung. dosisnya baca di artikel cara agar burung hantu tetap sehat...

wajar kok. itu artinya dia belum kenal sama masnya. nggak apa2, sementara kasih makan dengan cara ditaro deket dia, terus tinggal...

kasih suplemen yang saya tulis di artikel cara agar burung hantu tetap sehat....

mbak saya mau nanya saya melihara barn owl yg umurnya sekitar 2 bulan masih ada bulu kapasnya sedikit, saya udah buatin perch nya tapi dia nggak mau nangkring gitu, saya coa angkatin ke perch nya malah lari, dan belum seimbang. itu kira" gimana ya ? apa faktor umur nya masih muda dan belum kuat cengkraman nya. atau ada penyakit atau gimana ?

emang belum kuat, mas.. nggak apa2, sementara di dus aja.
fesesnya gimana? cek artikel parameter kesehatan burung hantu...

rutin kasih super-n, setetes setiap hari...

Dok, kira kira waktu yg aman buat miara burhan itu bulan bulan brp ya dok? Februari udh aman belom ya dok? Takut sm cuaca dok...

emang bulan februari terus mas? :D
kan nggak... :D

yang penting, jangan sampe kedinginan...

Dok, maaf mau tanya,kemarin saya baru beli barn owl,masih bulu jarum&baru belajar jalan,tapi stiap mau diksh makan ga mau,saya ksh makanannya potongan daging ayam,karna dia ga mau makan terus saya coba buka mulutnya & potongan ayam tdi saya masukin kemulutnya,BO nya kaya yg ga mau nelen, trs saya dorong makanannya pepan2 Di mulutnya dia & krn makanannya yg dimulut dia saya dorong pake jari ahirnya ditemenin jga, kira2 itu caranya Salah ga dok? Minta pencerahannya,both iya BO yg msh kecil kya gtu cocoknya diksh makan apa ya dok?

coba kasih daging puyuh atau emprit mas. nyetok aja di freezer. tiap kali mau kasih makan, potong dikit, rendem di air aqua sampe gak beku dan gak dingin lagi. cacah-cacah, baru kasih ke owlnya.

cara kasih makannya, coba taro dulu deket dia, terus tinggal. jangan diliatin. kalo dalam 15 menit nggak dimakan juga, baru mas suapin aja ke mulutnya...

inget cacah2 dulu dagingnya. biar dia gampang makannya...

This comment has been removed by the author.

dok darurat dok, BO brancher saya abis makan kain[popok bayi jaman dulu], sampe setengah kain terus saya tarik perlahan, ternyata kainnya basah daerah luarnya[asalnya kering ring] yang belum ketelen, dalemnya yang udah ketelen warna kuning kecampur fillet, barusan saya kasih makan fillet masih lahap, sama saya sped air
apakah itu benar ? daerah saya gk ada dokter hewan

kasih super-n pagi setetes, sore setetes.
semoga aja dia nanti muntahin kain yang sempet ketelen.... :(

kabari terus

kalau barn owl yang masih bulu kapas maupun dewasa, boleh dikasih daging sapi segar untuk makanan utamanya?

agak kurang cocok sih, meski masih boleh. asalkan masih segar, alias bukan bekas ditaro di freezer, nggak apa2. dan dicacah dulu agar lebih mudah dicerna.

bagusnya pake pingkies (bayi tikus putih yang masih merah dan belum berbulu), atau paging daging emprit atau puyuh... :)

dok, BO saya (bc akhir) sayapnya abis nyangkut, terus sekarang lemes sebelah, penanganannya gimana dok ?

nyangkut kena apa mas?
cek dulu, apa ada luka? lalu kalau sayapnya yang turun mas agak angkat ke atas, dia keliatan kesakitan?

harus diliat langsung sih sama dokter hewan. biar sekalian dicek... :(

gk kesakitan dok, di kalau jalan sayapnya juga ngangkat dua duanya


ditempat saya jauh dari dokter hewan dok, sekalian tanya biayanya biasanya brp ya dok ?

sementara observasi aja dulu mas... :)
coba kasih super-n. beli di toko makanan burung. setetes setiap hari

Pagi dok, saya mau tanya, saya punya BO usia sekitar bc tengah mau ke akhir, sebelumnya sudah pernah handle OBAY dari chik sampe dewasa sekarang. Bo saya kemarin masih sehat2 aja dikasih makan puyuh tiap hari,lalu tadi pagi saya liat kok dia terkapar gitu kyk mau mat, itu knp ya dok? kandang saya tempatin ke kandang love bird yg besar tapi saya buka atapnya biar dia bisa keluar,

saya takut kena dia tetelo. :(
coba mas kasih super-n sesegera mungkin. kasih setetes pagi dan sore.

kalau dalam 3 hari belum mendingan, mending bawa ke dokter hewan aja mas

Dokter vira saya banyak belajar dr blog anda..alahamdulillah barn owl saya "bro" sehat dr brancer sampai sekarang juve suda bonding..tanpa stres sedikitpun berkat artikel yg sya baca..terus buat artikel yg bermanfaat..sukses dokter

Saya jg ingin sharing kpd teman2 yg suda suda memelihara bop..Si "Bro" barn owl Saya taruk luar rumah mulai brancer hingga juve..maksud saya biar terbiasa dan g manja dg lingkungannya..saya jg g biasakan pke minyak ikan untuk penambah nafsu makanya sengaja saya biarkan natural seperti d habitatnya, pemberian obat2an dan suplemen emng perlu tp tdak d jdkan hal yg wajib qt harus percya dg parner qt..yg pnting tetap sering d ajak bicara dan qt sering ada dkatnya sehingga dy merasa nyaman karna jg mengenal qt dan g mudah stres..insya4jj1 mengurangi resiko sakitnya jg karena tidak d pungkiri bop adalah binatang cerdas..jd menurut saya pelihara dg sepenuh hati pelajari resiko sebelum memelihara bop jgn hanya mempelajari cara memelihara..saya rasa artikel2 yg d tulis dr vira sangat lengkap dan bermanfaat saya banyak belajar dr artikel yg d tulis dg penjelasan yg mudah d mengerti oleh pemula (seperti saya)hehe..sukses dr vira..mohon masukanya

alhamdulillah! Saya ikut senang, mas...!

iya, itu bener mas! emang intinya memelihara owl itu ya kepercayaan dari si owl... :D

bagus banget sharing-nya. mungkin nanti akan saya rangkum di satu article khusus! :D

Dok..seperti biasa klo mlm saya ajak si bro kluar d smping rumah smbil ksi makan..kemudian ada 2 barn owl liar mendekat..apa mungkin 2 barn owl liar trsebut dtng karna suara si bro y..soalnya berisik emng..

iya. bener mas. karena mungkin si bro yang manggil. si errol dan padma begitu dulu. :)

Dok ada gak referensi yg menjelaskan cm tentang owlry..klo ada ksi tau donk

buku? banyak sih mas. diantaranya kalau untuk pemula, seri the illustrated

«Oldest   ‹Older   1001 – 1101 of 1101   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.