Wednesday, January 22, 2014

Cara Memelihara Barn Owl | Drh. Fira Sovica

Tidak seperti burung hantu celepuk, memelihara barn owl (tyto alba) cenderung lebih susah dibanding dengan memelihara celepuk. Level kesulitan memelihara barn owl bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan memelihara celepuk, maka barn owl tidak dianjurkan dipelihara oleh orang yang pemula dalam pemeliharaan burung hantu. Burung hantu barn owl gampang sekali stress yang biasanya berakhir kepada kematian.
Cara Memelihara Barn Owl
Image taken from reallywildbirdfood.co.uk

Nah, bagaimana

cara memelihara barn owl

? Berikut adalah tips dan trik cara memelihara barn owl yang penulis rangkum dari pengalaman penulis sendiri.

  • Pilih barn owl yang masih anakan berbulu kapas (chick) saat akan membeli karena lebih mudah dijinakkan. Pastikan pula barn owl yang dibeli sehat
  • Ciri barn owl yang sehat antara lain adalah tidak lesu, aktif, saat dikeluarkan dia aktif bergerak, mata jernih dan terbuka (kelopak mata tidak menutup), serta tidak ada luka fisik di bagian tubuhnya. Memilih barn owl yang masih chick agar barn owl tersebut bisa bonding kepada anda pemiliknya.
  • Saat sampai di rumah, biarkan barn owl sendiri di dalam ruangan tertutup agar ia adaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Selama masa adaptasi, beri makan berupa potongan kecil daging sapi yang masih segar. Lebih bagus lagi jika daging sapi yang diberikan masih berdarah.
  • Setelah masa adaptasi, anda bisa memindahkan barn owl tersebut ke tangkringan (perch) yang sudah disediakan.
  • Anda bisa membuat sendiri perch dengan menggunakan pipa PVC, kaleng bekas cat, dan pipa PVC letter T. Cara membuat perch bisa anda baca di artikel saya cara membuat perch sendiri.
  • Jadwal pemberikan makanan untuk barn owl
  • Barn owl adalah jenis burung hantu dengan level pemeliharaan yang lebih susah dibandingkan celepuk, salahsatunya adalah dari segi pemberian pakan. Pakan yang diberikan bisa berupa bayi atau anakan tikus putih yang terlebih dahulu sedikit dilukai agar aroma darahnya tercium oleh si barn owl. Pemberian makan bisa diberikan 2 atau 3 kali sehari: subuh hari sekitar jam 5 atau setengah 6, siang hari sekitar jam 1 atau jam 2 (opsional), dan awal malam sekitar jam 7 atau 8 malam.
  • Latih barn owl anda dengan berbagai trik. Artikel tentang cara melatih burung hantu sudah ada di blog ini.

Demikian adalah

cara memelihara barn owl

. Semoga tips dan trik memelihara barn owl tersebut bisa membantu anda untuk memelihara dan merawat barn owl. Saran, kritik, serta komentar bisa diberikan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih (FS)

1009 comments

«Oldest   ‹Older   1001 – 1009 of 1009   Newer›   Newest»

Dok share dong...
Aku bru di kasi barn owl. Brungx baru dapet di hutan..
Baru 3 hari ini aku kasi makan jangkrik sm bubur sun aja. Krna aku gg tau kalau dy stress it gmna. Sering aku gendong. Aku elus2 aku suapin...
Kandang juga aku pke kandang koshan ku uk.40... krna aku pkir dy blm bisa bertengger. Krna cengkramannya masih lebar..

Bagi saran dong dok sblm smuanya sia2...
Makasi

jangan dikasih makan bubur bayi, mas. gak cocok buat owl. mending kasih daging puyuh. beli puyuh, siangin (ambil dagingnya aja, bisa minta tolong sama tukang ayam potong di pasar), taro di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (matang, jangan di air panas/hangat), cacah2 kecil, baru kasih ke owlnya...

jangkrik boleh dikasih sesekali. tapi bukan sebagai makanan sehari-hari. sesekali aja.. :)

mas kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

coba aja kirim, mas. caranya ada di bagian PERHATIAN.

maaf baru kebalas. kemaren kelewat. :D

Permisi dok saya mau tanya saya baru adopt barn owl dia udah gede kayanya saya masih pemula banget dan adopt pun karena kaka saya yg tiba tiba ngasih nhanhah pertanyaan saya kenapa ya pas malem dia gabersuara terus pas dideketin kaya mendesah gt ,baru iemarin di adopt nya kira kira kenapa yaaa ? Duh saya bingubg soalnya baru bangey meligara hewan . makasih dok

fesesnya/tahinya gimana mas? 3 elemen? bening kayak air, putih kayak susu, dan kehitaman? kalau iya, kayaknya dia masih sehat.

masih mau makan? biasanya mas kasih makan apa?

kalau dia masih mau makan dan fesesnya 3 elemen tadi, dia masih sehat. cuma kurang penjinakkan aja kok.

biar owlnya sehat terus, silakan kasih vitamin yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. kasih setetes setiap hari...

kabari terus...

Mau nanya dok vira, dapet barn owl udah agak gede dr kebon.
Saya bingungnya naroh dia dimana. Akhirnya tak taroh di kandang aviary. Lumayan gede. Tp saya baca saran2 dok vira, lebih baik di gudang/ruang tertutup. Nah kalo di taroh gudang, di pasang anklet ndak ya? Kalo ndak di pasangi anklet takutte lepas, pemasangan anklet sebaiknya saat yg gimana? Dan untuk pakan dok, didaerah saya susah nyari anak tikus putih, anakan puyuh, nek tak kasih ayam cincang gimana dok? Mtursuwun

sebelumnya maaf karena baru balas, mbak... :(
kalau emang ada aviari sih gak apa2, asalkan pastikan di sekitar aviarinya gak berisik. kalau udah di dalam aviari, gak usah dikasih angklett gak apa2.

kasih aja daging puyuh, mbak. mbak beli aja puyuh hidup, terus siangin (ambil dagingnya aja). taro di freezer. nyetok aja banyak2. ntar kalau mau kasih makan burung hantunya, mbak ambil sedikit, rendem di air biasa (jangan air panas/hangat) sampe gak kerasa dingin dan gak kerasa beku lagi, setelah itu cacah, dan kasih ke owlnya satu-satu... :)

dokter. :D
Barn owl saya barusan ga sengaja jatuh ke dalam bak dan tubuhnya basah.
ada kemungkinan dia masuk angin atau tidak?
kira kira dia besok dadakan pilek atau tidak? dan apa kesehatannya di esok hari bisa terancam?

langsung keringkan dengan dilap pake handuk aja mas. kalau masih ada matahari, langsung jemur. kasih super-n aja setetes.

nggak kok, gak mengancam jiwa asalkan langsung lakukan yang saya sarankan... :)

«Oldest   ‹Older   1001 – 1009 of 1009   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.