Kura-kura Brazil Itu Hama, Benarkah? | Drh. Fira Sovica

Mungkin artikel ini akan sedikit mengundang kontroversi diantara para pecinta kura-kura brazil. Ya, artikel ini didasarkan pada pertanyaan: apakah benar kalau kura-kura brazil adalah hama?



Kura-kura Brazil Itu Hama, Benarkah?
Artikel ini berkaitan dengan artikel saya, cara memelihara kura-kura brazil dan artikel cara membedakan jenis kelamin kura-kura brazil.
  • Apakah kura-kura brazil adalah hama? Mari kita telaah pendapat itu dengan perbandingan atas ikan sapu-sapu.
  • Pada awalnya, ikan sapu-sapu dibawa ke indonsia sebagai hewan peliharaan eksotis oleh para penjajah belanda. Cara merawat yang gampang, daya tahan ikan sapu-sapu yang kuat, mudah beradaptasi, dan makanan yang mudah didapat di indonesia membuat ikan sapu-sapu menjadi hewan peliharaan orang belanda yang pernah menjajah kita dulu.
  • Lama kelamaan, banyak dari orang belanda yang memelihara ikan sapu-sapu tersebut merasa bosan dengan ikan sapu-sapu peliharaannya, dan melepaskan ikan sapu-sapu mereka ke sungai. Saat itu, kondisi sungai di Indonesia masih sangat bersih, belum tercemar dengan banyaknya limbah seperti sekarang. Akibatnya, ikan sapu-sapu yang dilepaskan orang belanda di sungai kita itu berkembang biak menjadi tak terkendali, didukung dengan daya tahan tubuh yang kuat, makanan yang memadai, dan kondisi sungai yang masih sangat bersih.
  • Karena sudah terlalu banyak, ikan sapu-sapu dianggap hama karena 'menggusur' habitat ikan sungai lain.
  • Nah, kura-kura brazil juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Terutama kura-kura brazil yang sudah dewasa. Bukan tidak mungkin kura-kura brazil yang dilepaskan di sungai yang masih bersih di indonesia akan berkembang biak dan menjadi hama bagi hewan dan tanaman di sungai tersebut, seperti halnya terjadi pada ikan sapu-sapu.
  • Saat ini, keberadaan kura-kura brazil belum diperlakukan layaknya hama. Namun, untuk mencegah kemungkinan itu, saya menyarankan agar anda tidak membuang kura-kura brazil yang anda pelihara ke sungai, terutama jika anda sudah bosan dengan kura-kura tersebut. Anda bisa memberikan kura-kura brazil dewasa anda ke teman atau sahabat yang ingin dan mau memeliharanya, selain mungkin anda juga bisa menjualnya.
  • Di Australia sendiri, keberadaan kura-kura brazil di alam sudah dianggap sebagai hama. Hewan ini dianggap bukan merupakan hewan asli Australia, dan keberadaannya dianggap mengganggu keberadaan dan habitat kura-kura dan tanaman asli Australia. Bahkan, penduduk Australia ditugaskan untuk melapor jika melihat keberadaan kura-kura brazil di alam, agar kura-kura tersebut bisa dilacak dan ditangkap.
Demikian adalah pembahasan dan jawaban atas pertanyaan mengenai apakah benar kura-kura brazil adalah hama. Semoga artikel singkat di atas bisa sedikit membuka wawasan anda tentang kura-kura brazil. Ada pertanyaan? Silakan ajukan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Kura-kura Brazil Itu Hama, Benarkah?"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.