Sugar Glider Mengeluarkan Benang Berwarna Merah? | Drh. Fira Sovica

"Dok, sugar glider saya mengeluarkan kayak benang berwarna merah gitu dari perutnya. Itu apa ya?"

Demikian pertanyaan yang masuk ke sesi chatting saya sore ini. Karena banyaknya orang yang bertanya hal yang serupa, saya memutuskan untuk membuat artikel ini.
Sugar Glider Mengeluarkan Benang Berwarna Merah?
Artikel singkat ini berkaitan dengan artikel cara memelihara sugar glider.



  • Benang atau daging berwarna merah panjang yang keluar dari sugar glider jantan adalah alat kelaminnya. Biarkan saja. Sama seperti kucing dan anjing, sugar glider kadang menjilati alat kelaminnya untuk membersihkan area vitalnya.
  • Cuma sugar glider jantan yang memiliki alat vital seperti benang berwarna merah. Jadi jika sugar glider anda mengeluarkan merah-merah seperti daging panjang, saya yakin sugar glider anda adalah pejantan.
Demikian adalah artikel singkat mengenai penjelasan sugar glider mengeluarkan benang berwarna merah. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam memelihara sugar glider. (FS)

38 Responses to "Sugar Glider Mengeluarkan Benang Berwarna Merah?"

  1. Adu dok tadi celepuk aku yg kecil kan biasa berisik tapi suaranya aneh kyk lagi serak trs aku liat liat ad benkak di paruhnya itu harus di apain yaa dok? Ama kalo kakinya kan kata fokter pake detol yg kyk teh kl g ad pk betadine g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok ini idung yg sebelah kiri rada ketutup tp g ketutup bisa nafas kan? Sebelah doang sih grgr bengkak ketutup 1/3 lubang hidungnya

      Delete
    2. Dok celepuk boleh di kasih makan anak puyih g yg baru 1 hari? Kasihnya hidup apa mati? Kalo mati kaki ama organ organya dipotong potong g?

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas.
      owlnya masih mau makan?

      kalo untuk antibiotik buat kakinya, mending pake dettol aja, mas. jangan betadine.
      celepuk bisa kok dikasih anakan puyuh. itu juga dipotong dulu, kasih dagingnya aja. kalo soal lubang hidungnya yang ketutup, bisa mas jelaskan lagi ketutupnya gimana?

      saya tunggu kabarnya.

      oh ya, jangan lupa kasih super-n.

      Delete
    4. Iy dok dia makan masih lahap, lubang hidupnya yg sebelah kiri seperti ketutpu oleh bengkakanya di tutup di bawahnya

      Delete
    5. bisa mas foto terus kirim kemari? upload aja ke postimage.org, terus kirim linknya kemari... :)

      saya tunggu...

      sekarang gimana owlnya?

      Delete
    6. Owlnya masih sehat warna bengkak yg di paruhnya berubah
      [url=https://postimg.org/image/l09jvqxz7/][img]https://s13.postimg.org/l09jvqxz7/IMG_20170220_185017.jpg[/img][/url]

      Delete
    7. Bingung dok fotonya gimana ketutupan kumis

      Delete
    8. [url=https://postimg.org/image/ym3gq7aw1/][img]https://s16.postimg.org/ym3gq7aw1/IMG_20170220_184804.jpg[/img][/url]

      Delete
    9. Dulu kyk gini dok https://postimg.org/image/yb4po0shn/

      Delete
    10. sebelumnya maaf karena baru balas.
      nafasnya gak terganggu? dia gak sering2 garuk bagian yang bengkak itu?
      sebenernya agak susah sih. tapi coba olesin aja dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh) pake kapas. tapi jangan sampe masuk ke lubang hidungnya. bisa juga pake cottonbud.
      lakukan selama seminggu.

      Delete
    11. Maaf dok baru baca g kenotify kalo mulai dari sekarang gimana dok sekarang warna bengkaknya hitam hitam gitu kalo pake cotton bud g nyangkut kan kapasnya abisnya yg kakinya kapasnya pas itu rada nyangkut

      Delete
    12. Adu dok aku masih bingung dok kenapa yg cewe mau hunting tapi yg cowo manja baget minta disuapin mulu

      Delete
    13. Cara ngajarin dia hunting bareng kita gimana ya aku pas itu yg cewe g di latih apa apa langsung hunting jadinya bingung dok (bukan yg balik kalo dilepas malem kalo pagi balik)

      Delete
    14. halo! :D
      sekarang gimana bengkaknya? udah dioles dettol antiseptik belum? :)

      kalo soal yang jantan lebih manja (gak mau hunting), emang gitu. wajar kok. BOP jantan emang lebih keras kepala.

      kalo yang jantan mau dilatih hunting.
      dilatih huntingnya gimana? ditaro makanannya doang di kandang, begitu? kalau iya, coba aja jangan diliatin. taro makanannya, terus tinggal aja.

      bisa juga dengan cara dipuasakan dulu. didiamkan dulu selama 1 jam, gak dikasih makan, abis itu coba dilatih hunting... :)

      Delete
    15. Adu dok celepuk aku yg cewe meningal dok tadi jam 4 padahal yg itu ud bisa hunting 😭😭

      Delete
    16. sebelumnya maaf karena baru balas... :(

      saya ikut sedih....

      yang satu lagi gimana? :(

      Delete
  2. kalo udah saya potong gimana ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalo udah dipotong, kemungkinan yang terjadi, sgnya jadi mandul. gak bisa kawin. :)

      Delete
  3. kalo udah saya potong gimana ya dok soalnya kirain cacing

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Dok saya rencana mau adopt sg tapi berhubung saya aktifitasnya pagi sampai sore apa nanti sgnya akan menjadi stress karna mungkin jarang interaksi? Dan brapa jam sg mampu bertahan di travel pouch kalo saya mengendarai motor soalnya saya sabtu minggu mudik, dan kalo mudik dirumah cuma ada kandang kecil bekas hamster, apa gpp untuk sementara kandang hamster itu dipakai atau malah nanti stres? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, agak riskan juga sih mas.
      yang saya khawatirkan sebenernya bukan aktifitas mas yang dari pagi sampe sore, karena sg lebih aktif di malam hari. jadi mas bisa ajak main dia malam2.
      nah yang saya khawatirkan adalah mas bawa dia mudik naek motor. agak riskan karena sg, terutama yang maish anakan, rentan stress kalo banyak suara2 mengagetkan. kalau jalanan yang mas lalui sepi sih boleh aja.

      cuma kalau mas lewat jalan yang ramai, saya sarankan beli sg yang sudah dewasa, diatas umur 3 bulanan. jangan pilih yang anakan.

      Delete
    2. Oke trimakasih sarannya dok

      Delete
  6. Dok sg saya mukanya sperti pucat dok...yg biasanya mulut sama hidung berwarna merah muda...ini warnanya seperti agak pudar..kalo gitu kenapa ya dok dan solusinya bagaimana...terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas.
      umur sgnya berapa? dia masih mau makan?

      saya kira kalau fesesnya gak mencret,masih mau makan,dan masih aktif, saya kira dia masih sehat. soal pigmen warna di mulut dan hidungnya, itu bukan acuan kesehatannya... :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. dok sugar glider jantan kmi mencabuti bulunya disekitar area perut.. dan sptnya perutnya mmbengkak warna pucat

    ReplyDelete
  11. dok ..sg nya dikasih madu sari kurma tiap hari...bagus gak ya??

    ReplyDelete
  12. Dok scrotum sg jantan saya kok keluar kyk cacing gt cuman warna ny abu2 apa gpp itu dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada gejala lain? misalnya sering garuk2 atau gigit2?

      gak apa2 kok mas... :)

      Delete
    2. Gak ada dok..dy lincah gtu..ok dok mksih klo gt ^-^

      Delete
    3. kabari saya terus kalo ada apa2... :)

      Delete
  13. Dok Sugar Glider sy swra crabbing.y koq ky yg serak gt ya swra.y kecil? ky org klo gy ngmng ada dahak.y gt dok brsa pgn dehemmm dgr.y dan dy aga lemes ga seaktif biasa.y? Klo Makan sih normal.. ap mngkn stres? Krna dy pnghuni baru d koloni SG drmh memang kandang.y d pisah cuman kmrn 2hr yg lalu smpet d ggit ekor.y sm ttga.y tp gpp cuman lecet aja sdkt d ekor.y jd Knp ya dok..?? mhn pncerahan.y trims..

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.