Cara Memelihara Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Memang banyak

cara memelihara sugar glider

yang dilakukan para pecinta dan breeder sugar glider. Kali ini, saya ingin memberikan tips dan trik cara merawat sugar glider yang dijamin beda dan lain dari cara biasa. Panduan lengkap merawat sugar glider ini saya susun berdasarkan pengalaman memelihara dan membreeding sugar glider.
Image taken from nhsugargliders.com

Berikut adalah tips dan trik

cara memelihara sugar glider

:
  1. gunakan kandang yang memadai.
  2. sebaiknya kandang dibuat agak lebar dan tinggi karena sugar glider suka meloncat kesana kemari.
  3. pelihara minimal sepasang sugar glider.
  4. meski belum terbukti benar, namun dari literatur yang tersebar di internet banyak mengatakan bahwa sugar glider rentan stress jika dipelihara hanya seekor. sebaiknya pelihara minimal sepasang sugar glider dalam artikel cara merawat sugar glider poin kedua ini.
  5. satu kandang sebaiknya dihuni hanya oleh satu pejantan.
  6. anda boleh menempatkan satu atau lebih betina dalam satu kandang namun sangat tidak disarankan menempatkan lebih dari satu jantan di satu koloni sugar glider karena pada musim kawin, kadang dua sugar glider jantan akan bertarung sampai salahsatunya mati untuk mendapatkan betina.
  7. beri makan minimal 2 kali sehari, pagi dan malam.
  8. makanan sg bisa berupa buah-buahan, bubur bayi, madu, jangkrik, ulat hongkong dan lain-lain. pemberian serangga dapat membuat bau kotoran dan urin sg makin menyengat, jadi sebaiknya anda memberi serangga hanya dalam tempo satu minggu sekali. pemberian buah juga bisa anda berikan hanya untuk memperlancar pencernaan sg, jadi sebaiknya buah diberikan dalam jangka satu minggu sekali. untuk menu makan sehari-hari, anda bisa memberikan bubur bayi kepada sg anda. anda juga bisa memberikan sg anda madu sebagai penambah daya tahan. supplemen scott emulsion juga bisa diberikan dalam jangka waktu 2 minggu sekali.
  9. jangan mengajak sg betina yang sedang hamil atau IP
  10. hal ini untuk mencegah bayi sg lahir saat anda sedang main dengan induknya. hal ini tentu saja dapat mengakibatkan si bayi sg (joey) direject oleh induknya karena sudah anda pegang. jadi akan lebih baik jika anda tidak mengajak sg bermain saat sedang IP atau hamil.
Mungkin banyak breeder dan penghobi sugar glider yang tidak setuju dengan

cara merawat dan memelihara sugar glider

yang telah saya tulis di atas. namun, setiap breeder punya cara sendiri-sendiri dalam memelihara sugar glidernya, terserah kepada anda untuk memilih yang mana. Saran, kritik, dan pertanyaan masih saya tunggu di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

46 Responses to "Cara Memelihara Sugar Glider"

  1. Mlm Dok. Mau konsul nih Dok. Saya baru 1 minggu memelihara sg betina usia 2bulan. Sg saya beri mkn bubur sun dan kadang pepaya. Makannya 4-5x per hari.
    1. Smp skrg sg saya blm mau minum dr dot nya. Apakah harus Dok airnya saya campur dgn madu? Dan madu spti apa yg boleh?
    2. Sg saya kalo tidur sering tampak spti kejang2. Apakah itu normal Dok? Kalo tidak, kenapa dan bgmn penanganannya ya Dok?
    3. Tungkai kiri blkg sg saya ada benjolan seperti berisi nanah di bagian sblm jari2. Apakah penanganannya sm spti bengkak pd jari sg? Dan bolekah saya lubangi utk mengeluarkan nanahnya?
    4. Sg saya baru mlm ini tb2 menghisap kloakanya sampai keluar urin. Apakah ini normal Dok? Kalo tidak, kenapa dan bgmn penanganannya ya Dok?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak. saya coba jawab.
      1. minum dari dot? sg? sg kasih minum pakai botol minum hamster aja, mbak. gantung di kandangnya. kasih madu TJ boleh, madurasa juga gak apa2, agar terasa manis. :)
      2. sg kalau tidur kayak kejang, itu normal. manusia juga kayak gitu kan? kalau tidur suka kaget, lalu terbangun. sg juga gitu. mereka juga kadang mimpi... :)
      3. gak usah dilubangi. iya, penanganan jari bengkak pada sg seperti yang saya tulis di artikel saya yang lain. :)
      4. itu normal juga. apalagi untuk sg betina.
      jaga kebersihan kandang ya mbak. untuk kakinya, cukup praktekkan cara saya di artikel cara mengobati kaki sg yang bengkak selama 1 minggu. kalau tidak ada perubahan, lapor lagi kemari.. :)

      Delete
  2. Siang Dok. Tungkai sg saya yg bengkak sepertinya tadi pagi sudah dia pecahin sendiri. Skrg lukanya kering, tidak ada bengkak. Tp ada lobang gitu. Gmn ya Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati bengkak kaki pada sugar glider. cari di bagian cari artikel...
      sering2 diobati juga lukanya pake betadine. pake kapas aja yang dibasahi sedikit. jangan kasih protein dulu, kasih buah2an aja.. :)

      Delete
  3. Dok, kalo ciri" sugar glider yang hamil gimana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cek artikel siklus hidup sugar glider. dan artikel cara mengawinkan sugar glider.
      atau cari di bagian cari artikel: sugar glider hamil

      Delete
  4. Dok, kalo ciri" sugar glider yang hamil gimana yaa?

    ReplyDelete
  5. dok warna SG itu macam 2 ya.. kok yg disini dengan yg diartikel perbedaan tupai terbang dan SG berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sg itu banyak macam warnanya. mas bisa liat di artikel jenis-jenis sugar glider dan harganya http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2013/11/jenis-jenis-sugar-glider.html

      Delete
  6. Salam kenal Dok, ada yg mau saya tanyakan, saya baru adopt sg cb umur kurleb 3 bln. Di hari pertama masih crabbing dan gigit (defensive). Saya biarkan dulu untuk mengenal lingkungan baru. Nah kemudian di hari kedua saya perhatikan seperti ada perubahan sifat drastis dari hari pertama, no crabbing no biting. Jadi saya coba untuk langsung handle sg saya dan ternyata si sg langsung mau tidur ditelungkup tangan saya. Dan di hari ketiga (hari ini) si sg sudah mau tidur diatas dada saya (sambil berbaring). Pertanyaan nya apakah perilaku sg saya wajar karena baru 3 hari seperti sudah merasa nyaman dengan saya ?

    Pertanyaan kedua : selama 3 hari saya perhatikan si sg tidak pernah makan dari tempat makanan yg saya sediakan, tp ketika saya handfeed si sg mau makan (tidak banyak sekitar 3 colek jari). Kira2 penyebabnya apa dan bagaimana solusinya dok ?

    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan 1: bisa aja. sugar glider juga bisa imprint (langsung jinak karena adanya kecocokan aura/chakra dengan aura/chakra pemiliknya). silakan baca artikel saya imprint pada musang, secara teori sama aja...

      pertanyaan 2: iya, ini malah menguatkan tebakan saya kalau sg mas emang imprint. selamat, mas. tinggal mas lanjutkan lagi latihannya. yah, mau gak mau harus handsfeed. atau puasakan aja. taruh aja makanan di kandangnya, bubur bayi proi\mina yang dikasih madu asli (bukan madurasa) biar terasa manis....

      good luck

      Delete
  7. Dok kalo persilangan grey x white face blonde kemungkinan nya nerapa % keluar wf nya ya,apa bisa kluar gen wf

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau white face blonde-nya berasal dari keturunan whiteface blonde x whiteface blonde, dan greynya berasal dari 100% grey, bisa jadi 50%. itu hanya hitungan kasar saya aja ya mas.. :)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum Wr. Wb. Dok,,,
    apakah SG dapat tertular penyakit manusia seperti batuk/pilek dok?
    terimakasih.
    Wassalam...

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum Wr. Wb. Dok,,,
    apakah SG dapat tertular penyakit manusia seperti batuk/pilek dok?
    terimakasih.
    Wassalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau flu, iya sugar glider bisa tertulari flu dari kita.
      kalau batuk, sepertinya tidak... :)

      Delete
  11. Dok saya bru beli sg kmrin, tpi knp mata kirinya agak sipit ya dok? Kata pnjualnya gpp, tpi saya tkut dia jdi skit, mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya yang kiri sering belekan? dia sering menggaruk matanya yg kiri? umur sgnya berapa?

      kayaknya sih gak masalah.. :)

      Delete
  12. Dok, SG saya msh umur 2 bln, dia gk mau ulat hongkong dan buah, sama dot minum juga gak mau, gk maunya karna sering tak kasih bubur terus
    Saya mau tanya, biar dia mau makan ulat hongkong dan buah, sama biar dia minum gmna ya dok, trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. minumnya mas kasih dengan cara gimana? minumnya taro di botol minum hamster mas, terus kasih madu agar terasa manis.

      kalau soal buah, coba kasih buah2 yang manis. kayak lengkeng dan semacamnya.

      Delete
  13. Hai, dok... Terkait mslh kandang, sbnrnya kandang yg aman untuk SG itu kriterianya begimane sih? Bisa nda kayu dijadikan sebagai rangka kandang dan rak-rak [shelf]? Krn dari bbrp info di dunia maya yg saya baca katanya kandang dan juga rak-rak [shelf] dari kayu tidak direkomendasikan, tapi yg direkomendasikan adlh berbahan paralon [PVC].

    Disisi lain saya liat ada pemilik SG bikin kandang-rak dari kayu dgn dilapisi linoleum agar kencing SG tidak menyerap lgsg ke kayu. Mohon pencerahannya dok. Hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandang dari PVC buat kandang sg? hmm, gak salah?
      bukannya kalau dari PVC dia malah gak bisa mendarat sempurna setelah lompat dari bagian kandang satu ke yang lain?

      kandang yang bagus buat sg cukup kandang kelinci yang ada alasnya. gambarnya saya comot dari google http://3.bp.blogspot.com/-_83Pr8UFXNU/VeAAKrttx4I/AAAAAAAABeU/4qVHlBOw5ME/s1600/jual%2Bkandang%2Bkucing%2Bmurah.jpg

      lebih bagus kalau kandang seperti di gambar disusun 2 (2 kandang dijadikan 1, bagian yang atas dimodif biar bisa nyatu ke kandang yang dibawahnya. kandang bawahnya tetep kasih alas kandang)....

      Delete
  14. Ini bentuk kandang PVC yg saya mksd dok, tp ukurannya ga segede gini juga sih. hehe

    http://www.sugarglider.com/glidergossip/Photos/4285/100_1400.JPG

    Yg ada dalam pikiran saya mao bikin kandang sendiri dari kayu sbg rangka kandang, kawat loket/ayakan pasir atau apalah sebutannya sbg dinding/screen. Macam gambar dibawah ni dok

    https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/236x/dc/9b/6d/dc9b6d4da04c59d5901b02d5ab099b86.jpg


    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih lebih merekomendasikan yang https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/236x/dc/9b/6d/dc9b6d4da04c59d5901b02d5ab099b86.jpg daripada yang pvc, mas.

      kenapa gak beli jadi aja mas? atau saya tebak, mas mau bikin sekalian yang besar? mau ternak sg skala besar kah? :)

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Dok, sg betina saya akhir2 ini jadi pemalas trus maunya ngumpet terus di kain dan kalo udah ngumpet dia ga bakal keluar2, itu kenapa ya dok.? Apa karna pengaruh cuaca dingin.? Tapi cuma betina yg begitu, yg jantannya tidak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa jadi karena suhu dingin.
      kalau tengah malam sampe subuh gimana? dia suka keluar?

      kalau dia aktif, kayaknya sehat. cek fesesnya deh mbak. bentuk fesesnya. kasih saya kabar ya, secepatnya. :)

      Delete
  17. Dok mau nanya kata dokter kalo mau memelihara SG harus berkelompok ,dan dokter bilang kalo SG tak cukup umur utk kawin akan membuat stress , nah kalo digabung kan kita tak dapat mengkontrol mereka utk jangan kawin dl krn sy prnh baca SG betina 4 bulan saja siap kawin , jadi bagusnya gmn ya dok , Apakah dari kecil sudah terpisah atau tetap digabungkan?
    Terima kasih dik

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas. dan bener lagi bahwa kita tidak bisa mengontrol mereka untuk kawin karena mereka berbuat sesuai insting, kan?

      namun masnya perlu tahu, berkelompok tidak harus disatukan dalam kandang. jika mas memang khawatir si sg bisa memakan anaknya kelak kalau dia hamil dibawah usia yang disarankan, mas bisa pisahkan sgnya di kandang yang berlainan, tapi tetep didekatkan (bersebelahan).

      nah bagaimana mas tahu si induk bakalan memakan anaknya atau tidak? dengan eksperiment dan pengalaman. si sg ini udah pernah memakan anaknya sebelumnya atau tidak dari pengalaman mas? kalau masnya tidak tahu, nggak apa2 satukan aja dalam satu kandang, biar nantinya mas tahu aja. karena kadang ada juga induk sg yang tetep mengurus joeynya (tidak memakan joeynya) meski mereka kawin under-age....

      begitu. moga membantu... :)

      Delete
  18. Oo berarti kandangnya sy kasih skat saja, okelah dok terima kasih dan ditunggu dok resep raw foodnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. artikel mengenai rawfood untuk kucingnya masih saya riset. nanti saya post ya... sibuk soalnya, hihihi... :D

      Delete
  19. Salam..
    Dok... Sy bru plihara joey (1,5 bln) sekitar dua minggu..
    Dia ngga suka minum.. Baik pke dot maupun sendok.. Solusinya gmna ya biar mau minum..
    Apakah SG kuat dengn suhu dingin? Krena sy ad kebiasaan mndaki dan rencananya mau ngajikn SG sy.. Krn ngga ad yg jagain.. Ada hal" tertntu nggak yg wajib sy prhatikan kalau hndak mngjak dia naik gunung??

    Regards wana..
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan dibawa naek gunung mbak. sg sendiri bukan hewan yang tahan dingin. lebih baik titipin sama orang yang bisa mengurus selama mbaknya naik gunung.... mbak pelihara berapa ekor? seekor aja? dia udah bisa makan sendiri gak? kalau dia udah bisa makan sendiri, harusnya dia juga bisa minum sendiri. cukup taruh tempat minumnya (tempat minum hamster) di kandang. kasih madu aja biar terasa manis. silakan baca2 dlu artikel saya mengenai sugar glider di blog ini... maaf baru balas, saya saat ini sedang sakit.... kabari saya lagi ya mbak...

      Delete
  20. Siang dok,
    Saya mau nanya, saya baru 2 hari piahara sg umur 1.5 bulan. dia gak mau dipegang, giliran tgn saya mau megang dia malah teriak-teriak angkat 2 tangannya dia, kalau kasih makan bisanya hanya di taruh dikandangnya dia, dia ngeliat orang malah teriak, apa yang harus saya lakukan dok? saksa dia untuk dipegang? atau gimana.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider. lakukan langkah2 yang ada di artikel itu... :)

      Delete
  21. Permisi dok, apakah sugar glider berbahaya bagi ibu hamil soak saya mau pelihara sg tapi istri lagi hamil

    ReplyDelete
  22. Permisi dok, apakah sugar glider berbahaya bagi ibu hamil soak saya mau pelihara sg tapi istri lagi hamil

    ReplyDelete
  23. Halo dokter fira, saya punya 3 koloni nih. jantan 3, betina 6, 1 kandang isi 3 sg. sg betinanya ada 2 yang lagi ip dok,dan 2"nya berasal dari koloni yang berbeda. menurut dokter, siapa yang harus saya pisahkan? apakah betina yang tidak ip atau betina yang ip?
    kemudian jika yang di pisahkan adalah sg yang ip, bisa ga di gabungin sama betina yang lagi ip juga?

    saya sudah mencoba untuk memisahkan betina yang tidak ip, tetapi reaksinya dia bingung dan tidak bisa diam, seakan-akan mau lompat ke kandang sebelahnya. menurut dokter apa itu wajar? bagaimana cara menanganinya?
    terima kasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih gak usah dipindahin gak apa2.
      biarin aja.

      tapi kalau mbaknya worry, kenapa yang ip gak dipindahkan aja ke kandang khusus. beli aja kandang hamster ukuran sedang, khusus buat karantina sg yang ip. tapi jangan jauh2 di pisahnya, kandangnya taro dempetan sama kandangnya yang lama.... :)

      kabari lagi

      Delete
    2. Dijadiin satu sama betina yg ip dr kandang lain ga papa kn ya dok ?

      Delete
    3. daripada kenapa2, mending pisahin aja. jangan disatuin sama yang lagi ip juga. saya khawatir nanti diserang sama sg satunya, meski sebenernya kecil kemungkinan..... :)

      atau mau coba satuin dulu di kandang yang sama? satuin aja, tapi sambil diawasi selama beberapa hari...

      Delete
  24. dok, saya mau tanya . saya punya 2 sg umurnya sekitar 3 blnan . udah beberapa hari ini suka lemes gitu nggk aktif kaya waktu pertama aku beli, makanya juga sedikit. trs dibawah mata samping mulut kadang basah . itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret nggak?
      kalau dia masih mau makan, dan fesesnya gak mencret, saya kira dia masih sehat. dan sg emang hewan nocturnal (aktif di malam hari), jadi kalau siang mereka sering tidur...

      maaf karena baru balas

      Delete
  25. Dok, sy adopt 2 joey (bersodara dr induk yg sama)
    Krn takut stress kalo sendiri jd saya adopt dua"nya.
    Jantan dua2nya dok.
    -Trus Apa bahaya kalo di taruh dlm 1 kandang?

    Waktu adopt umur 1,5bln an. Dan udah d rumah ku sekitar 1 bln an.
    Mohon pencerahan dok.. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bahaya kok, selama kandangnya bersih dan cara memeliharanya benar... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.