Cara Merawat Ular Ball Python | Drh. Fira Sovica

Cara memelihara ular ball python

memang tidak terlalu sulit, bahkan untuk pemula sekalipun. Ball phyton memang cenderung mudah dirawat dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Berikut adalah beberapa tips cara merawat ular ball python (python regius). Harga ular ballpython bisa anda ketahui di artikel daftar pasaran harga ular.
Image taken from dim24.wordpress.com

cara merawat ular ball python

  • Sebelum ular ball python sampai ke rumah:
    1. Siapkan kandang yang tertutup namun memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebuah container box merk shinpo bervolume 40 galon (97x46x40 sentimeter) sudah mencukupi sebagai kandang. Alasi kandang dengan substrat (alas kandang) berupa koran bersih. Ganti subsrat jika dirasa sudah kotor atau berbau.
    2. Sediakan juga hiding box di dalam kandang yang sesuai dengan ukuran tubuh ular ball python (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil namun masih memungkinkan ular bisa bergerak di dalam hiding box-nya).
    3. Sediakan wadah kecil yang nantinya akan diisi oleh air minum. Tempatkan wadah air minum itu di dalam kandang.
  • Saat ular ball python sampai di rumah:
    1. Tempatkan ular langsung di dalam kandangnya. Biarkan dia membiasakan diri dengan lingkungan barunya. Masukkan air minum di dalam wadah di kandang yang sudah disiapkan, lalu biarkan si ular di dalam kandangnya satu atau dua jam. Setelah si ular terbiasa dengan kandangnya, sentuh perlahan tubuh ular dengan jari jemari anda untuk memperkenalkan diri, sekaligus menunjukkan bahwa anda adalah "partner barunya". Lalu biarkan si ular menyendiri lagi.
    2. Ball python juga termasuk ular yang sangat cerdas dan mudah untuk meloloskan diri. Maka dari itu, cek selalu keberadaan si ular atau pastikan si ular tidak mudah meloloskan diri dari kandangnya.
    3. Temperatur dalam kandang juga harus diperhatikan. Kandang ball python hendaknya bertemperatur tidak lebih dari 32 derajat celcius di siang hari dan tidak lebih dari 28 celcius di malam hari.

Perawatan harian ular ball python

a. ular ball python memerlukan pencahayaan dan sinar UVB. jemur ular di bawah matahari pagi minimal 3 menit setiap harinya.
b. menu makan ular ball python disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. pakan ular ball python adalah tikus putih atau mencit tikus putih atau pinkies, sesuai dengan ukuran dan usia si ball python. Pastikan anda membunuh tikus putih yang akan diberikan jika si tikus putih berusia tua atau ada kemungkinan melawan. ini tentu saja untuk mencegah melawannya si tikus putih terhadap ball python anda.
c. waktu pemberian makan biasanya memang menjadi hal yang krusial bagi beberapa orang. range waktu pemberian pakan pada ball python berbeda sesuai umur dan ukurannya ball pythonnya. Ada ball python yang cukup diberi makan 3 hari sekali, 7 hari sekali, bahkan ada pula yang cukup diberi makan 12 hari sekali. Sebaiknya tanyakan range pemberian pakan kepada seller saat memberi ball python.

Demikian adalah tips

cara memelihara ular ball phyton

. Semoga tips tersebut bisa membantu para pecinta ular ball phyton nantinya.

35 Responses to "Cara Merawat Ular Ball Python"

  1. permisi saya mau tanya kalau jari saya digit saya harus gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup dibersihkan dengan air dan cairan antiseptik.... :)

      Delete
  2. ga salah itu dok, "a. ular ball python memerlukan pencahayaan dan sinar UVB. jemur ular di bawah matahari pagi minimal 3 menit setiap harinya." dan porsi makan "c. waktu pemberian makan biasanya memang menjadi hal yang krusial bagi beberapa orang. ball python biasa diberi makan setiap 3 kali sehari, bahkan lebih, sesuai dengan porsi makannya. untuk ini, anda bisa berkonsultasi kepada orang yang lebih tahu tentang ball python." mengenai jemur menjemur BP sangat tidak dianjurkan dok karena dia nyerap vitamin D dari mangsanya, di produk Exoterra juga dia msuk dlam hewan yg ga membutuhkan sinar UVB. mengenai jadwal makan gila aj itu kl 3x sehari ky manusia yg ada 1x sminggu biar itu ular sehat. lebih baik di koreksi lagi dok biar ga menyesatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang poin a itu, itu menurut pemahaman saya mas sebagai mantan adopter bp dan dokter hewan. :D
      nah, untuk yang poin c, saya patut berterima kasih kepada mas dan meminta maaf kepada seluruh pengunjung blog ini. artikel ini dibuat oleh salahsatu staff saya, dan kebetulan saat itu saya sedang sangat sibuk untuk mengeceknya sebelum publish. TERIMA KASIH BANYAK ATAS KOREKSIANNYA MAS. Mohon koreksiannya lagi jika memang saya salah.... poin a sudah saya perbaiki... :D


      sukses buat mas.... punya BP berapa mas??

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. sama2 dok. bru dikit dok punya BP nya, pernah ga dok membedakan pertumbuhan BP yg suka dijemur rutin sm yg tidak. soalnya saya ga pernah jemur2 BP dan sampe sekarang sehat2 aj dok. apakah di alam liar dia suka berjemur ? Ball python bukannya nocturnal dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, ball python adalah nocturnal. :)
      meski nocturnal, di habitat aslinya ball python kadang keluar dari sarangnya pada pagi atau siang hari untuk basking. terutama jika mereka merasa 'tidak enak badan' atau merasa ada yang salah di tubuhnya mas.... :)

      Delete
  5. Mau bertanya nih : kenapa ular bp saya selalu ingin berusaha keluar dari kandang. Yang saya takutkan terjadi luka pada mulut nya karna berbenturan terus..
    Sudah gitu di anusnya kaya ada yang kluar gitu. Apa itu kelamin dari bp trrsebut atau penyakit dok ? Mohon bimbinganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ballpython emang begitu. jadi kita harus hati2 jangan sampe si bp melarikan diri...
      emang sebelumnya dikasih makan apa? pupnya lancar gak? kalo dikasih makan lancar atau dia mogok makan?
      banyak sebab, makanya saya tanyakan dulu ke mas... saya tunggu jawabannya... :)

      Delete
  6. Permisi dok..
    semoga dokter sehat selalu..
    dok coba bikin artikel tentang cara beternak BP..
    dari tahap breeding sampe penetasan telur..
    kalo bisa ditambah cara perawatan baby nya yang baru netas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. sedang saya tulis, tinggal tunggu tanggal terbitnya... :)

      Delete
  7. Permisi dok..
    semoga dokter sehat selalu..
    dok coba bikin artikel tentang cara beternak BP..
    dari tahap breeding sampe penetasan telur..
    kalo bisa ditambah cara perawatan baby nya yang baru netas..

    ReplyDelete
  8. Dok.. saya mau tanya boleh yah, mnta tlong masukannya ya Dok.. skitar satu mnggu yg lalu saya beli baby ballphyton , satu jntan dan satu betina. Pas smpe drmh yg jantan saya kasih mkan mencit langsung dia telen. Nah, yg betina ga mau dkasih makan. Udh satu mnggu dtnggu belum juga mau mkan. pas saya cek, ternyata dbagian pangkal dekat ujung ekornya ad smacam gumpalan keras gitu.. klo yg saya liat d youtube sih BP saya itu mirip sama ciri2 konstipasi pada ular. Saya mohon masukan / solusi buat BP saya yah Dok..gmana spya BP betina saya pup dan mkannya lancar kaya yg jantan.. trimakasih sebelumnya.. foto2 BP nya saya kirim via G+ yah Bu Dokter...

    ReplyDelete
  9. Dok.. saya mau tanya boleh yah, mnta tlong masukannya ya Dok.. skitar satu mnggu yg lalu saya beli baby ballphyton , satu jntan dan satu betina. Pas smpe drmh yg jantan saya kasih mkan mencit langsung dia telen. Nah, yg betina ga mau dkasih makan. Udh satu mnggu dtnggu belum juga mau mkan. pas saya cek, ternyata dbagian pangkal dekat ujung ekornya ad smacam gumpalan keras gitu.. klo yg saya liat d youtube sih BP saya itu mirip sama ciri2 konstipasi pada ular. Saya mohon masukan / solusi buat BP saya yah Dok..gmana spya BP betina saya pup dan mkannya lancar kaya yg jantan.. trimakasih sebelumnya.. foto2 BP nya saya kirim via G+ yah Bu Dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang agak repot juga kalau nanganin ball python yang konstipasi (tidak bisa berak).
      tips yang bisa digunakan untuk mengobati ball python yang tidak bisa pup adalah dengan merendam setengah bagian tubuh ballpython (dari bagian tengah ke ekor) dengan menggunakan air hangat. harap perhatian suhu airnya, jangan terlalu panas. biasanya gak lama setelah direndam, si ballpython akan pup.. bisa juga dengan merendam seluruh badannya di tempat mandi yang diisi air hangat....
      lakukan perendaman selama 5 hingga 10 menit... :)

      Delete
  10. Dok, ular saya nggak mau makan nih padahal udah mulai lemah tubuhnya
    Sebelumnya makan lahap, 3 hari sekali, terakhir abis makan mencit, nah sekarang nggak mau makan lagi udah seminggu lebih.
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. Dok, ular saya nggak mau makan nih padahal udah mulai lemah tubuhnya
    Sebelumnya makan lahap, 3 hari sekali, terakhir abis makan mencit, nah sekarang nggak mau makan lagi udah seminggu lebih.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadannya mas? maaf baru saya balas, baru pulang dinas dari luar kota...

      mending kalau kasusnya kayak gitu, bawa ke dokter hewan terdekat aja mas. soalnya banyak kemungkinan...

      Delete
  12. Hallo dokter fira ya caem...dok sy bru adopt bp pastel male..kmren dikirim dr yogya..sampai pagi..sorenya sy ksih mkn 4 rat small..hbis...tipenya kalem
    bgt..smpe sy bilang lemot banget...yg sy mau tanyakan..apkh tipe bp sprti ini..lbih byk diemnya?? Ataw ini mengindikasikan
    ada msalah..oiya dok..dr prtama klii dtg..memang sdh dihandle sm anak anaku....dah pd ga sbr buat diajak main...sy tunggu tanggapannya..thanks before..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam 1 hari dikasih makan langsung 4 ekor? Dan lahap?

      Wah ga wajar itu, bisa mogok makan kalau keseringan di push

      Delete
  13. Dok Ball python saya kok sudah seminggu belum pup juga cara agar dia pup gimana ya?ato mengobati nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba rendem pake aer anget, mas?
      coba aja search artikelnya, mengobati ular sembelit. kayaknya ada artikelnya. :)

      Delete
  14. Dok mau nanya,biasanya kita tdk boleh megang ular sehabis dia makan selama brp hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2015/10/penyebab-kenapa-ular-sering-muntah.html

      Delete
  15. Dok, apa itu normal(feses) pada ular boa saya?
    Ukurannya masih baby sekitar 40cm

    Terakhir makan Minggu kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      sekarang gimana boa-nya mas?

      Delete
    2. Sudah meninggal Dok 😭

      Delete
    3. kalo anakan boa yang masih baby emang masih rentan banget, mas. masih sangat sensitif sama suhu.

      maaf karena saya telat ngasih pengarahan.... :(

      Delete
    4. Ada tips utama untuk pelihara boa Dok?

      Saya sih ga terlalu sedih, karena ini titipan teman hehehe
      Dia bawa ular ini pas gathering kemungkinan jadi stress dan sempet saya kasih makan nolak Mulu

      Delete
    5. kalo untuk pemula, boa termasuk sulit sih mas. apalagi yang anakan, double sulitnya...

      kalo saya sarankan, kenapa nggak jenis yang lain? ball python misalnya...

      Delete
    6. Bener banget Dok, apa lg buat pemula..
      Ini sih uler punya temen saya, jadi dia nitip..

      Kasusnya sih stress karena dibawa gathering dan dimasukin ke kantong reptile abis itu dimasukin ke tas sama dia.

      Sampe rumah saya nih uler kaga mau makan sekitar 5 harian, abis itu mati deh

      Saya juga yg salah karena telat force feed, ga tau kalo bakalan secepat ini matinya 😢

      Saran saya buat temen² yg mau bawa uler baby ke gathering, usahain pake tempat yg layak dan jangan buat uler tsb stress.

      Delete
    7. bawa baby boa ke gathering juga sebenernya udah salah, mas. hehehe. kalo bawa boa, mending yang udah agak gedean dikit... dan iya bener, bawa dengan wadah yang agak luas dan nyaman buat ularnya... :)

      Delete
  16. kalo bebi bp masih umur 1 bulan biar mau makan gimna ya caraanya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.