Harga Ular | Drh. Fira Sovica

Banyak yang bertanya kepada saya mengenai

harga ular berdasarkan jenis

. Harga beberapa jenis ular tersebut akan saya rangkum di artikel harga ular ini. Di blog ini, anda juga bisa membaca cara memelihara beberapa jenis ular. Silakan search di menu cari artikel diatas atau search di archive. Nah, berikut adalah beberapa harga ular berdasarkan jenisnya:
  • Harga ular ballpython.
  • Ular ballpython adalah ular dalam keluarga python. Ular ini disebut ballpython karena mereka akan membantuk bola saat dipegang oleh manusia atau saat merasa terancam. Semua jenis python tidak memiliki bisa, dan semua ular jenis python membunuh mangsanya dengan cara melilit. Anda bisa membaca hal unik seputar ular python di artikel fakta menarik tentang ular python. Anda juga bisa membaca cara memelihara ular ballpython di artikel cara merawat ballpython.
    Harga ular ballpython
    Image taken from worldofballpythons.com 
    Harga ular ballpython bervariasi, tergantung ukuran dan coraknya. Namun, harga rata-rata ular ballpython adalah sekitar Rp. 750.000 keatas untuk ukuran ular ballpython yang masih kecil (baby, anakan) dan Rp. 1.200.000 keatas untuk ukuran ular ballpython dewasa.
  • Harga ular retic.
  • Sama halnya seperty ular ballpython, ular retic juga merupakan ular dari jenis python. Cara memelihara ular retic bisa anda pelajari di artikel cara merawat ular retic.
    Harga ular retic
    Image taken from backwaterreptiles.com 
    Harga seekor ular retic biasanya berkisar antara Rp. 400.000 hingga Rp. 750.000, tergantung seberapa pintar anda menawar harga.
  • Harga ular mono pohon.
  • Ular mono pohon adalah jenis ular yang berasal dari keluarga boa. Ular ini banyak ditemukan di papua dan biasanya hidup di atas pohon. Ular ini termasuk ular nocturnal yang biasa menghabiskan waktu siang hari dengan tidur di sarangnya di atas pohon. Anda bisa membaca cara memelihara ular mono pohon dengan membaca artikel cara memelihara ular mono pohon.
    Harga ular mono pohon
    Image taken from pensilreptile.weebly.com 
    Harga seekor mono pohon adalah berkisar antara Rp. 800.000 hingga Rp. 2.000.000, tergantung ukuran, perawatan, corak ularnya, dan kepandaian anda dalam menawar harga.
  • Harga ular chondro (GTP).
  • Ular chondro adalah jenis ular dari bangsa python yang cenderung lebih "manja" dibandingkan jenis ular python lainnya seperti ball python atau retic. Dengan alasan itulah ular chondro atau umum disebut green tree python tidak cocok untuk pemula. Anda bisa membaca cara merawat chondro dengan membaca artikel cara memelihara ular GTP.
    Harga ular chondro (GTP)
    Image taken from aussiepythons.com 
    Harga seekor ular chondro adalah berkisar antara Rp. 900.000 hingga Rp. 3.500.000 keatas. Harga tersebut biasanya tergantung pada ukuran, cara merawat ular chondro, corak, dan cara anda menawar harga.
  • Harga ular cobra.
  • Seperti yang kita ketahui bersama, ular cobra adalah jenis ular berbisa yang sangat berbahaya. Banyak sekali orang yang memelihara ular cobra di indonesia. Ular cobra sangat tidak dianjurkan oleh pemula.
    Harga ular cobra
    Image taken from myfoxmystere.wordpress.com 
    Harga seekor ular cobra adalah berkisar antara Rp. 600.000 hingga Rp 1.500.000 keatas, tergantung ukuran dan warna. Ya, tergantung warna ularnya karena ada jenis ular cobra albino yang harganya "selangit". Harga ular cobra albino adalah berkisar Rp. 7.000.000 keatas.
  • Harga ular colubrid.
  • Seperti yang saya tulis di artikel jenis ular yang pas untuk pemula, ular colubrid merupakan ular yang cocok dipelihara oleh pemula, terutama ular colubrid yang tidak berbisa. Cara memelihara ular colubrid bisa anda baca di artikel cara memelihara colubrid.
    Harga ular colubrid
    Image taken from reptilesmagazine.com 
    Harga seekor ular colubrid adalah berkisar Rp. 400.000 hingga Rp. 900.000 keatas, harga colubrid tersebut tergantung pada ukuran, warna, corak, dan kualitas ular yang dijual. Tentu saja, kepintaran anda dalam menawar harga bisa membuat anda mendapatkan harga ular yang lebih murah.
Demikian adalah beberapa

harga ular

menurut jenis ular. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam memilih jenis ular yang ingin anda pelihara. Komentar dan saran serta konsultasi mengenai kesehatan ular bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

51 Responses to "Harga Ular"

  1. terima kasih Dok artikelnya.. sangat membantu nih,:)
    saya mulai jatuh cinta sm ular dok,sy habis beli ular retic :)

    ReplyDelete
  2. iya siap Dok..
    gini Dok,sy kmrn jg abis beli ular pucuk hasil tangkepan anak kecil, kemudia sy bawa pulang dan sy simpan dalam wadah box plastik .. kemudian sy browsing pakannya apa,ada yg bilang pakannya kecoa,cicak,katak.. lalu sy cb kasih pakannya Dok,tp sampe skrg kok ga mau makan ya Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya memang mas diamkan dulu di box plastik itu selama satu atau dua hari. biarkan dia adaptasi dulu.
      makanan untuk ular pucuk adalah cicak atau kecoa madagaskar. jangan kecoak rumah. terlalu banyak bakterinya.....
      saya tunggu kabar selanjutnya... :D

      Delete
  3. hehehe sy kasih kecoak biasa Dok,kecoa madagaskar sy ada Dok,tp lg sy proses breeding dulu..:)
    td malam sy kasih katak kecil Dok..sampe skrg juga blm di makan,,

    oh iya Dok,barusan sy mau jemur retic Dok,karena gerimis sy cm kenain sinar aja di teras rumah.. kemudian mau sy cek Dok ada kutunya apa tidak gitu,belum sempet sy pegang,sy di gigit malah Dok.. itu retic sy knp ya Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibiarkan dlu biar dia adaptasi selama satu atau 2 hari. baru coba dikasih makan....

      mungkin reticnya masih kurang kenal sama mas... biarin aja dlu.... sering2 diajak main... mas sudah pernah piara retic sebelumnya??

      Delete
  4. oke Dok..:)

    belum Dok,ya sy ini pemula Dok.. ya setelah di gigit si ga takut Dok,malahan saya semakin penasaran dan tertantang .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang harusnya begitu soalnya ular termasuk sangat mudah untuk membaca pikiran kita lewat sentuhan kulitnya. kalau kita takut, dia malah makin berani dan makin susah dijinakkan... :)

      Delete
  5. ohh begitu ya Dok.. Terima kasih banyak Dok :)

    ReplyDelete
  6. Dokter Fira,kayaknya ular pucuknya sudah mau makan Dok.. :)
    kalo untuk ukuran ular pucuk kurang lbh 50cm sprt punya sy itu makannya setiap hari kah Dok?
    sy pernah baca artikel sehari 2X gt Dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... syukur jika ularnya sudah mulai mau makan...
      yang saya tahu sih ular termasuk reptil yang agak lama mencerna makannya mas. untuk ukuran 50cm biasanya cukup 4 atau 7 hari sekali dikasih makannya. kalo keseringan malah dia sering stress... :)
      tapi tentu saja, saya bisa saja salah kan? hehehe. kalau mau, mas gabung aja ke grup pecinta ular di facebook. agar bisa bertanya juga di sana.

      sehat terus buat ularnya... :D

      Delete
  7. hehehe iya makasih banyak ya Dok.. :)

    kalo si retic stelah makan itu kan ga boleh di pegang atau diangkat dulu Dok,takutnya muntah muntah.. lha baiknya brp hari setelah makan Dok,si reticnya boleh di angkat?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel cara memelihara retic, di sana sudah ada kayaknya. :D
      kalau tidak salah sih 3 atau 4 hari baru bisa dimainin...

      Delete
  8. Saya mau jual ular pucuk 6 ekor ?kalo minat Sms 08994359396

    ReplyDelete
  9. dok, kmaren saya dapet 1 ball python super pastel, baru 2 hari dia langsung kena flu setelah perawatan sekitar 1 bulan flunya membaik, pileknya sudah ga terlalu banyak keluar, tp kemaren malah 3 ular bp saya yg lainya kena flu secara bersamaan tepat setelah makan tikus,,,

    yg saya mau tanya, saya pengen ngobatin flunya yg efektif bagaimana yah? thx

    ReplyDelete
  10. dok, bulan kmaren saya dapet 1 ball python super pastel, baru 2 hari dia langsung kena flu setelah perawatan sekitar 1 bulan flunya membaik, pileknya sudah ga terlalu banyak keluar, tp kemaren malah 3 ular bp saya yg lainya kena flu secara bersamaan tepat setelah makan tikus,,,

    yg saya mau tanya, saya pengen ngobatin flunya yg efektif bagaimana yah? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. udara dan cuaca memang sedang tidak bagus untuk ular, mas.
      kalau ada matahari, jemur aja dibawah sinar matahari. lebih bagus lagi jika mas bawa ke dokter hewan aja.... selengkapnya, silakan mas baca cara mengobati ular pilek. cari aja di bagian cari artikel...

      Delete
  11. aslm dok.. saya butuh rekomended dr dokter untuk penjual ular di daerah bekasi dmna ya?

    ReplyDelete
  12. aslm dok.. saya butuh rekomended dr dokter untuk penjual ular di daerah bekasi dmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau mas kalau daerah bekasi. mungkin mas bisa gabung ke grup jual beli ular di facebook? :)

      maaf baru balas, saya sedang sakit sekarang... doakan agar cepet sembuh ya mas...

      Delete
  13. Dok kalo ular sawah di peluhara bahaya ga dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ular sawah itu ular apa mas? ular jali atau ular koros?
      setau saya sih kalau koros, cenderung aman... berbisa sih, tapi gak bahaya. paling cuma gatel2 doang. mudah dijinakkan kok...

      mungkin nanti saya buatkan artikelnya...

      Delete
  14. selamat pagi dok,

    baiklah saya mulai saja,

    saya sudah mengenal ular sejak SD (20th lalu kira2), bukan beli tapi nangkep karena rumah bersebelahan dengan lahan kosong bersemak tinggi plus beberapa pohon.
    ular gadung, gadung luwuk, sendok, weling, dan beberapa jenis ular yg lain udah jadi mainan sejak SD, tapi ya itu dok hasil nangkep, biasanya kita (saya dan teman2) pelihara beberapa hari/minggu untuk kemudian kita jual ke pasar hewan buat tambahan uang saku (hehe maklum SD kita, cilok dan es lilin selalu menggoda). beberapa kali juga dibawa ke sekolah (gadung seringnya) dan yap saya sukses bikin satu sekolah geger :D

    nah, saya baru dapet tangkapan ular cecak dok, hasil "fast response" telp temen yg istrinya teriak2 histeris(konon sampe korban piring 3, gelas 1, dan kaki yang terkilir - -).
    lalu saya baca2 artikel kalo ular cecak mangsanya katak, kadal, dan cecak.
    nah yang jadi pertanyaan selain cecak, katak dan kadal apa ada opsi lain mangsa ular cecak ini dok? (olahraga juga nangkepin cecak/katak, apalagi kadal haha) soalnya sebelumnya emang belum pernah nangkep yg beginian (yg bisa bunuh orang udah, yg makan cecak malah belum :| )

    satu lagi dok, sebelum saya akhiri curhat saya yang dibumbui pertanyaan (kalo dinilai sebaliknya terima kasih) kalo ular seukuran ini ditempatkan di wadah plastik 30an cm cukup apa kurang dok?

    terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, seneng bisa baca ceritanya mas. jadi inget masa kecil saya dulu, hehehe. bedanya, mas terbiasa handle ular, saya dan keluarga lebih sering ke BOP (burung pemburu). :D salam kenal, mas... :)

      soal makanan ular cicak, mereka juga bisa diberi bayi mamalia yang berukuran kecil (bayi tikus berukuran kecil, misalnya). di alam mereka juga makan serangga, terutama jangkrik. emang sih seringnya makan kadal dan cicak. dan menurut saya makanan ini yang bagus...

      kenapa mas gak berburu cicak aja di rumah? atau beli, biasanya hobiis ular ada kok yang jual cicak...

      container box berukuran 30cm sebenernya gak masalah buat ular cicak. :)

      kabari lagi ya mas... :)

      Delete
    2. oh ya. coba mas baca artikel saya jenis ular yang tepat untuk pemula.

      ular cicak itu jenis ular colubrid. :)

      Delete
  15. alhamdulillah dok, burung hantu saya sudah pulang abis 3malam keluyuran...menurut dokter, dia itu emang mau jalan jalan atau kawin ya?umurnya antara 3-5bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat. :D
      dia mungkin udah imprint kali sama mas. coba baca artikel imprint pada burung hantu... :D

      cek keseluruhan, cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu...

      kayaknya sih dia cuma 'main' aja, mungkin cari2 teman. sama kayak si errol dulu. saya kan awalnya cuma pelihara errol doang, cuma kemudian si errol ajak temennya buat main ke rumah... dialah padma... akhirnya saya pelihara juga padma... :)

      Delete
  16. dok, saya newbie dalam dunia perularan, meskipun dulu sempat pelihara dipong. nah rencananya saya mau pelihara baby retic, dengan persiapan container plastik tak beralas apa-apa. pertanyaanya, kira2 berapa lubang ventilasi yang cukup untuk ular saya di container tersebut ya? saya baru buat 20 lubang pakai paku yang ukuran panjang 2.5 cm, jd diameter lubang kira2 hanya 0.5 cm kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba buat ventilasi yang agak besar. kalau cuma 0.5cm kayaknya kurang besar, mas... :)

      coba baca2 dulu mengenai pemeliharaan ular di sini. :)

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
  17. Iyah mba dokter, saya perbesar lagi, td sudah baca2..hehehehe terima kasih banyak yah mba dokter

    ReplyDelete
  18. Dok, memang klo size anak ular retic 70cm itu baru netas kah?
    Di kepalanya ada luka putih gitu, kata yg jual "biasa luka krn baru keluar dr telur, nanti sembuh sendiri" Itu bener ga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sampe menimbulkan luka sih, mas.
      kalo untuk ukurannya, ukuran segitu standart... :)

      Delete
  19. Dok, ular saya merasa tdk betah di kandang lalu dia suka mencari2 celah keluar sehingga menyebabkan bibirnya jontor dan sariawan. Bagaimana solusinya yaa dok ?
    Dan apakah luka sariawan itu akan sembuh dgn sndiri nya?
    Trima kasih

    ReplyDelete
  20. Dok, ular saya merasa tdk betah di kandang lalu dia suka mencari2 celah keluar sehingga menyebabkan bibirnya jontor dan sariawan. Bagaimana solusinya yaa dok ?
    Dan apakah luka sariawan itu akan sembuh dgn sndiri nya?
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara mengobati sariawan pada ular udah ada artikelnya.
      jenis ularnya apa mas? setau saya emang beberapa jenis ular suka cari2 celah kandang. kayak retic atau ballpython. jadi kudu dipastikan kandnagnya bebas celah....

      gimana biar dia betah di kandang? buat kandangnya senyaman mungkin. kuncinya cuma 1: suhunya jangan naik turun (stabil). jangan kepanasan juga jangan kedinginan. ular suka nggak nyaman kalau suhu kamar tempat naro kandangnya terlalu dingin...

      Delete
  21. Mohon info, ngilangin kutu pada retic albino het-granit yg cepat gmn yaaa dok?

    ReplyDelete
  22. Mohon info, ngilangin kutu pada retic albino het-granit yg cepat gmn yaaa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menghilangkan kutu pada ular dengan cepat, agak susah mas. semuanya butuh proses.

      jangan disatuin sama ular lain. terus kandangnya rajin2 dibersihkan dan dijemur. begitu juga ularnya. jemur di pagi2 hari selama 10 menit, sebelum jam 9 pagi...

      Delete
  23. Cara ilangin kutu rendem di air daun sirih mas rutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, makasih banyak atas sharing knowledge-nya mas. :)
      mas bisa sering2 sharing di blog ini... :)

      Delete
  24. Cara ilangin kutu rendem di air daun sirih mas rutin

    ReplyDelete
  25. Hallo Dok,
    Saya mau nanya dong, untuk pencahayaan lewat lampu ke ular itu normalnya berapa lama ya??

    Dan ada saran lagi ga tentang perawatan ular yang albino?
    Saya punya molab ukuran 1meter, dan karena saya sibuk makanya saya beli lampu buat si ular

    ReplyDelete
    Replies
    1. 12 jam aja mas.
      itu juga kalau cuaca lagi dingin.

      kalau cuaca normal (gak lagi panas), cukup 6 jam aja tiap hari. itupun jangan terlalu dekat. dibuat agak jauh dari kandang.

      mas gak nanya sama owner lamanya biasanya dikasih lampu berapa jam? karena takutnya ada perbedaan perlakuan (kebiasaan)...

      Delete
  26. Pagi dok fira.,, ane mau tanya nih...,, harga jual ular cicak berapa ya dok...

    ReplyDelete
  27. Dok mau nanya tentang ular badan hitam kepala putih ular ukuran kira2 18cm apaan tuh berbisa apa tidak?kira2 bisa d jual berapa tuh?

    ReplyDelete
  28. Dok ini jenis ular apa ya, brpa harganya, mirip ular siput tapi kepala nya mirip sanca

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya gak bisa liat gambarnya. bisa mas kirimin?
      linknya taro di sini...

      Delete
  29. Klo ini jenis apa dok.apa termasuk cobra albino Dan harga y berapa

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.