Ulat Hongkong Sebagai Makanan Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Makanan burung hantu

memang sudah saya bahas di artikel jenis-jenis makanan untuk burung hantu, namun kali ini saya akan bahas secara lebih spesifik: apakah ulat hongkong bisa dijadikan makanan burung hantu? Anda juga bisa membaca mengenai jenis makanan burung hantu dengan membaca artikel makanan burung hantu.
Ulat Hongkong Sebagai Makanan Burung Hantu
Image taken from en.wikipedia.org
  • Secara prinsip, semua hewan (termasuk burung) membutuhkan asupan protein yang salahsatunya bisa didapat dari ulat. Ulat hongkong memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, hampir setara dengan jangkrik dan serangga lainnya. Namun, ulat hongkong bersifat panas hingga kadang pemberian ulat hongkong yang terlalu sering malah akan membuat bulu burung hantu rontok.
  • Dosis pemberian ulat hongkong kepada burung hantu bisa diberikan dengan dosis tertentu. Pemberian ulat hongkong sebaiknya dilakukan dengan dosis tertentu: 4 atau 7 hari sekali untuk burung hantu berusia chick serta 2 atau 3 hari sekali untuk burung hantu dewasa. Hentikan pemberian ulat hongkong sebagai makanan burung hantu jika ditemukan bulu yang rontok. Anda bisa membaca cara merawat bulu burung hantu jika dalam beberapa hari bulu burung hantu anda tetap saja rontok.
Demikian adalah

dosis pemberian ulat hongkong kepada burung hantu

. Saya masih menunggu saran, komentar, kritik, serta konsultasi anda di form dibawah ini. Terima kasih. (FS)

110 Responses to "Ulat Hongkong Sebagai Makanan Burung Hantu"

  1. Mau tanya ni dok untuk pemula itu sebaiknya memelihara celepuk yg chick / juve awal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas siap dengan segala persiapan termasuk resikonya, saya sih lebih menyarankan yang bulu kapas akhir (bulu kapasnya sudah mulai terganti dengan bulu asli).... itu juga kalau mas sudah siap lahir-batin dari segi pengetahuan akan cara memelihara dll.... :)

      Delete
  2. Kalau dana udah ada dok , tpi kalau untuk istilah umur"nya ga tau e

    ReplyDelete
  3. Kalau bulu kapas akhir itu juve / brancher dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal brancher. kalau juve = juvenile, itu istilah ke burung hantu yang usianya sudah dewasa.... :)
      silakan mas baca artikel istilah dalam memelihara burung hantu, search di menu cari artikel...

      Delete
  4. Dok, kalo ciri fisik celepuk yang sehat itu bisa dilihat dari mana nya ya? Saya mau coba ke jatinegara supaya ga salah pilih celetuk yg sakit. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri celepuk yang sehat antara lain:
      1. tidak murung, matanya tidak sering terpejam.
      2. aktif, sering melihat ke sekeliling. jika akan diambil dari kandangnya, dia akan merespon entah dengan menggigit ataupun dengan memperhatikan tangan kita. tidak hanya manut dan diam.
      3. dia akan menyantuk jangkrik yang disodorkan, artinya nafsu makannya baik.
      silakan mbak baca artikel cara memelihara burung hantu celepuk, search di menu cari artikel diatas... :)

      Delete
    2. oh ya, mbak juga bisa membaca mengenai penyakit-penyakit burung hantu, silakan search di menu cari artikel diatas...

      Delete
  5. Hai dok, jumpa lagi dok saya dah beli celepuk brancher akhir, namanya pupo. Apaboleh saya mandikan dia dok...??? Pasalnya bulunya bau, mungkin faktor kandang sewaktu belum saya beli. Thx dok, salam buat errol

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara memandikan burung hantu pernah saya bahas sekilas di artikel Cara Memelihara Barn Owl, silakan search di di menu cari artikel diatas

      Delete
    2. Dok, feses pupo cair terus bercampur putih n abu abu, apa normal dok...?? Tz kelihatan lemes...biasanya agresif...!!

      Delete
    3. Dok, feses pupo cair terus bercampur putih n abu abu, apa normal dok...?? Tz kelihatan lemes...biasanya agresif...!!

      Delete
    4. selama ini kandangnya bersih? kemungkinan ada bakteri yang masuk ke pencernaannya mas. coba bersihkan kandangnya, makanannya juga sebaiknya dicek dlu kebersihannya sebelum diberikan...

      untuk obat, mas bisa beri obat diare cair. cukup berikan satu tetes saja ke paruhnya. cek juga artikel cara mengobati frounce, cari di menu cari artikel, cek apakah dia kena frounce atau tidak....

      Delete
  6. Ohh,gtu dok...ok
    Untuk,obat diare cairnya itu khusus hewan atau manusia juga bisa...???
    Kalau frounce sepertinya enggak dok soalnya bagian mulutnya gda putih2, makannya juga bisa dikatakan normal, cuman semalem dia masih bertenger di perchnya tapi tadi pagi dia gag mau diperchnya maunya turun kelantai tz ngumpet ditempat tempat remang2, pernah dengar penyakit tetelo dok..??? Saya takutnya kena itu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja gak kena NCD (tetelo kalau bahasanya mas).
      coba aja kasih aja obat diare dlu. iya, untuk manusia gak apa2 asalkan yang cair.
      coba mas pindahkan ke tempat yang agak sepi perchnya. gudang atau ruang kosong aja... :)

      Delete
  7. Ok dok, saya cuba dulu.
    Kalau boleh tau gejala tetelo pada burung hantu apa ya dok...??? Tz obatnya apa dok...?? Sedih dok biasanya jam segini dia bunyi mminta makan pi sekarang diem tz banyak meremnya.

    ReplyDelete
  8. Artikel yg sesat n salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang mas.
      jika memang saya salah, saya sangat open untuk diskusi. silakan mas tunjukkan dimana kesalahan dalam artikel tersebut. :)
      salam... :)

      Delete
  9. Dok, pupo dah baikan tapi setiap pagi dia tetep gag mau diperchnya, lebih suka dilantai tz ngumpet. O ya dok mohon saya diberi pengetahuan ttg molding/molting/ ganti bulu...!!! Dari ciri,ciri tz penanganannya... Maksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja dia begitu selama seminggu. rajin2 juga dihandle ya mas. diajak main. :)
      molting atau ganti bulu biasanya terjadi saat usia burung beranjak dewasa. berikan minyak ikan selama proses berlangsung dengan dosis yang sama (satu minggu sekali). pakan harus diberikan secara rutin. :)

      salam buat pupo dari errol :)

      Delete
    2. Ok dok, maksih infonya kalau ada kendala nanti saya tanya lagi.

      Delete
    3. saya tunggu.... sehat selalu pupo...

      Delete
  10. Dok, ini seharian saya ngamati pupo. Ini tadi dia muntah sekali, tapi ketika dia mauntah kedua kalinya gkeluar muntahannya dia mau muntah lagi tapi gag keluar lagi. Oya dok saya baca sekilas amoxcilin itu untuk sakit apa ya dok...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sekarang dia nangkring tapi merem terus...!!! Apa karena belum muntah jadi alasan sakitnya dia dok...???

      Delete
    2. saya tidak bisa menyimpulkan karena memang tidak bisa melihatnya secara langsung. mas sudah baca mengenai frounce?
      coba beri makan pakai pakan mentah. daging sapi mentah. saya biasanya beli daging sapi di tukang sate, beli mentahnya, lalu saya berikan ke si errol...

      kalau amoxicillin khusus antibiotik saja. kalau fesesnya cair, berbau, berwarna mencolok (kuning atau hijau), mas bisa berikan dengan dosis 1 tablet dipotong 6 bagian sama besar, ambil 1 bagian, dan dicairkan dengan 5 sendok makan air mineral, minumkan tiap pagi dan sore....

      sehat dong pupo, biar errol ada temennya... :(

      Delete
  11. Oke dok, makasih banget dok pertolongannya...!!! Kalau posisi dok dijogja saya kasih gula, teh sama beras dok, heheheh berhubung dok diluar kota ea muga rejeki dok lancar aamiin allahummaaamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, amiiin... :D
      banyak grup pecinta burung hantu daerah jokja di facebook, mas bisa search dan gabung.... :)

      Delete
  12. jadi celepuk gak boleh terlalu sering di kasih ulat hongkong yaa dok?

    ReplyDelete
  13. Dok saya mau tanya,apa owl punya kebiasaan mematuk luka di kakinya? Soalnya kakinta luka dok spt korengan,dr kmren pagi,smpe mlm saya obatin betadin terus,mlmnya kliatan kering,tp pagi tadi udh spt bernanah lg dok,tlg responnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kemungkinan karena dia garuk2 atau emang dia patuk2. penyebabnya karena dia gatel.
      kalau mas bebat dulu gimana? pake perban.
      opsi lain, mas bisa jemur tiap hari agar lukanya kering. jangan lama2, cukup 10 menit aja tiap pagi...
      maaf karena baru balas... saya tunggu kabarnya...

      Delete
  14. Hri ini udh 2hari stlh ktauan dia punya luka krn sy smbrgn psg anklet,lukanya udah nutup dan ga berair lagi dok,bwhnya agak bengkak,saya urut2 bbrp kali dgn minyak tawon,tp hari ini dia gamau makan jangkrik dok,tapi ulat hngkong lahap,soalnya lbh srg sya kasih ulat hgkong. Tp baca di artikel dokter krg bagus kasih ulat srg2,tp rilo kynya lbh suka ulat dok,gimana ya dok,si rilo krg suka jangkrik atau stress krn lukanya? Sikapnya agak aneh juga dok hari ini. Salam buat errol dan padma dari rilo dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? oke? kesehatan burung hantu bisa diliat dari fesesnya. coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.

      iya, untuk luka bengkaknya, cukup kasih minyak urut aja. cukup oles aja, jangan diurut...

      untuk makanannya, selama parameter kesehatan burung hantu untuk fesesnya oke (3 elemen), maka boleh dikasih ulat hongkong. kalau lama kelamaan fesesnya berubah, maka stop ulat hongkongnya...

      sambil dicoba kasih jangkrik aja terus mas....

      kabari lagi ya

      Delete
  15. Feses normal dok,srg merem juga ngga,sikapnya cuma jd spt curigaan sm saya,biasanya ngga. Lukanya udah kering,cuma kerak lukanya itu terkelupas,trus ilang dok,sptnya dipatuk terus. Saya lilit perban dgn hansplast,dilepas terus dok,gimana ya penanganan lukanya,takut bernanah lg dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas kerak lukanya terkelupas, berdarah lagi gak?

      mungkin dia ngerasa gatel di lukanya. kalo diperban lepas, pasang lagi. biar dia gak ngelopekin kerak lukanya.

      bisa kirim fotonya? foto lukanya. foto, upload ke postimage.org, terus linknya taro di sini... :)

      saya tunggu...

      Delete
  16. Dok tadi saya lupa bertanya swaktu dkter on,bulu2 kakinya rilo rontok dok,sampe ankle nya,apa numbuhnya lama lagi dok? Atau ada obat yg mmprcpt prtumbuhan bulu di kakinya?

    ReplyDelete
  17. Halo dok,ntuk bbrp burung kicau,kalo burung suka menggembungkan bulunya kyk balon,yg dsb mbagong,itu katanya burung kicau itu lg sakit,yg mau saya tanya,apa di burunh hantu jg bisa jadi indikasi kurang sehat dok,kalo si rilo owl saya suka menggembumg2kan bulunya kalau saya godain. Trims,dtunggu jwbnnya dokter fira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sih mas.
      kalo ciri burung hantu yang sakit sebenernya udah saya bahas di artikel parameter kesehatan burung hantu.

      mengenai apakah burung hantu suka mbagong atau tidak, saya kira nggak. burung hantu memang suka menegangkan bulunya kalau merasa terancam, tapi itu lebih ke naluri pertahanan diri, bukan indikasi sakit. mungkin sama aja kayak landak yang suka menyembulkan durinya kalau terancam, kayak gitu. :)

      Delete
  18. Dok tlg dok,rilo dari sejak luka itu gamau makan jangkrik dok,maunya ulhong aja,lahap sih,lukanya jg udh bnr2 kring dok,tapi rilo kok keliatan makin kurus ya dok,tlg responnya dok,sy tkut rilo skt tp ga kedeteksi,pupnya normal,makan lahap,cuma mmg asupannya hanya ulhong. Apa ada suplemen penafsu makan dok? Dan slain ulhong sm jangkrik,alternatif mknan lain,apa yg bsa saya kasih dok?,trims dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. suplemennya ya paling super-n aja. udah mas kasih?

      coba beli super-n di toko makanan burung, terus kasih setetes setiap hari dengan cara langsung ditetesin ke mulutnya. lakukan! :)

      rilo jenisnya apa ya mas?

      kalau mau, coba mas beli burung emprit/puyuh. potong, siangi, kasih dagingnya aja ke rilo.... dicacah dulu kecil2, terus disodorin satu2 ke mulutnya rilo... :)

      Delete
    2. Rilo jenis celepuk dok,kalo diganti daging sapi, sate mentah bisa dok? Daerah sini susah nyari emprit yg blm diwarnain. Sudah saya kasih super n dok,udah sminggu ini,tapi setetes,duakali sehari,apa ckup skali sehari aja dok?

      Delete
    3. super n cukup setetes aja tiap hari.
      kalau jenis celepuk kan makanan utamanya jangkrik, mas... :)

      kenapa gak kasih jangkrik aja?

      Delete
  19. Itu diaa gamau jangkrik dok,kalo ga saya paksa gamau dia,digigit dilepas lagi,jadi saya kasih ulhong dan lahap. Dok rilo makin kurus,skrg suka menggaruk2 kepalanya,apa itu ngga apa2 dok? Bingung saya mau dksh makan apa,jangkrik gamau,daging sate mentah kalo ga dbuka juga ga nyambar,tapi makin kurus,super n tiap hari kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, fesesnya gimana? masih 3 element?
      coba fotoin fesesnya. upload aja di postimage.org, terus linknya taro di sini... biar saya analisa...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. https://postimg.org/image/io0o6s475/
      Ini pupnya rilo dok. Permasalahannya rilo kurang nafsu makan,apa mgkin stress ya? Padahal sudah saya plihara selama sbulan lbh. Penanggulanangannya spt apa ya dok?

      Delete
    4. masih mas kasih super-n, kan?
      kurang nafsu makan, tapi dia masih mau makan, kan? meski cuma ulat hongkong? bener?

      coba aja kasih jangkrik lagi. atau kalau boleh saya sarankan, kasih paka hidup, bayi tikus putih. beli aja di peternak tikus putih.

      Delete
    5. Dok,saya tiap minggu ngasih vitamin minyak ikan ke rilo,cuma kok bulunya ngga tebal dan masih jegrik2 gitu dok. Apa ada vitamin tambahan untuk bulunya dok?

      Delete
    6. semuanya perlu waktu mas, hihi. gak bisa langsung tebel gitu bulunya.
      dan inget, jangan terlalu sering dikasih minyak ikan...

      kayaknya sih yang paling penting makanannya, dikasih secara rutin... itu udah cukup... jadi gak usah vitamin lain... :)

      Delete
  20. Sejak smlm,rilo pupnya agak kuning ,lbh cair dan warnanya ga braturan dok,baunya jg lbh bau dr biasanya,apa ada indikasi sakit dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sakit ada aja, mas. karena emang cuaca juga lagi gak bagus. padma aja sekarang lagi sakit kok...

      kasih super n dan jaga agar rilo gak kedinginan. makanan harus rutin dikasih, dan jaga kebersihan makanannya...

      Delete
  21. Iya dok,rilo sudah sembuh skrg pupnya normal lagi. Spt saran dokter,saya kasi super n rutin. Iya cuaca dok,rilo padahal ditaro kamar terus,mgkin karena dingin juga. Cpt smbuh padma nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... :D
      saya ikut seneng... :D

      kabari terus. :D

      Delete
  22. Dok,saya pelihara rilo udah 4blnan,tapi kenapa masih batting teruss ya,padaha sudh dtaro kamar saya,makan juga disuapin terus,stiap hari saya sapa.emg sih wktu adopt rilo dia udj juve akhir,ada tips tambahan ga dok biar rilo cpt bonding?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo batting emang sejinak apapun, kadang burung hantu batting kok, terutama kalo dia kesel sama kita, hehehe.
      errol dan padma aja sama kayak begitu...

      kalo bonding, ya emang gak bisa dipaksakan karena ini bukan cuma soal hewannya, dari si ownernya juga.

      kalo untuk ukuran 4 bulanan, segitu udah lumayan. dulu saya pelihara si errol, 4 bulanan belum bisa dipegang. masih nyerang. :(

      Delete
  23. Dok,hari ini rilo muntah ngeluarin gumpalan2 jangkrik gitu dok,kenapaaa yaaa?? Duhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya pellets, mas. coba mas search artikel saya: burung hantu muntah.
      ada penjelasannya.
      sekarang gimana keadaan rilo? fesesnya gimana? masih lemes?
      mas mandiinnya bener nggak?
      rutin kasih super-n. tetep kasih makan. kabari lagi

      Delete
  24. Dok,rilo pagi ini malah saya mandiin,trus malah kek lemes gitu dok,makan juga gamau,duhh ini gimanaa ya dok

    ReplyDelete
  25. Iya dok super n setiap hari. Rilo mau makan dok,cuma mau ulhong doang kyk wktu itu. Cm msh agak lemes dok. Saya kasih makan lbh srg krn sdkit2 makannya dok. Kata forum owl sblh,minyak ikan bsa ningkatin nafsu makan itu dok,apa bner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas. saya baru pulang dari aussy, vietnam, dan china buat tugas...
      fesesnya gimana mas?
      minyak ikan bisa ningkatin nafsu makan kalau dosisnya bener. kalau dosisnya gak bener, malah bikin sistem pencernaannya terganggu.

      Delete
  26. Fesesnya normal dok,rilo sudah mendingan.minyak ikan masih sebutir seminggu. Kalau makan ulhong,byknya seberapa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang terpenting sebenernya jangan terlalu sering. :)
      kalau banyaknya, gak tentu.

      Delete
  27. Dok,sjak konsul saya yg lalu,rilo gamau jangkrik dok,jd kan sya kasih ulhong,tapi sudh 2 hari nafsu makan menurun,pupnya jrg,skalinya pup putih byk,hitamnya sdkit,apa rilo terjangkit berak kapur ya? Jadi agak.lemas juga dok,pertolongan prtamanya apa ya yg prku diberikan. Trims sblmnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas kasih makanan lain selain ulat hongkong. kasih daging emprit/anak ayam yang dicacah. ulat hongkongnya stop dulu.

      super-n masih mas kasih? rutin? jangan lupa kasih super-n secara rutin...
      cek coba bagian dalam mulutnya, ada putih2?


      Delete
  28. Nggaa dok,gaada frounce. Rilo udh ga se lemes kmaren dok,pupnya udh normal wajar,smlm saya kasih air sirih. Kalo daging kambing yg di cacah boleh dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dulu. jangan dikasih daging kambing karena sifatnya panas.
      oh, syukurlah udah agak mendingan. super-n tetep dikasih ya mas... :)

      makanannya mas ganti jadi ulet hongkong ya? coba ganti pake jangkrik lagi. dia mau?

      kabari lagi. kalau bisa, kirimin saya foto fesesnya. kayak biasa aja, upload di postimage.org

      Delete
  29. Oh ya dok,tapi pupnya yg skrg lbh bau dr biasanta dok,apa itu ngga apa2?

    ReplyDelete
  30. Ini dok pupnya https://postimg.org/image/xgwykuwc7/ rilo udh ga lemas lagi dok,cm jd agak kurus aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas. saya baru balik lagi ke indo tadi malam. :D
      masih sehat kok, cuma ulat hongkongnya aja agak dikurangi. :)
      kayak biasa aja, super-n tetep kasih... :)

      Delete
  31. Iya sudah dganti daging sapi dok,cuma ga byk itu juga. Nafsu makannya aja mnurun,gimana biar nafsu makan lagi ya dok?. Iya Super n slalu tiap hari dok :) wkwk

    ReplyDelete
  32. Dok,pagi ini wktu saya mau jemur rilo,pupnya yg smlm tiba2 warna ijo tua gtu dok. Kyk pewarna dam cair bgt.udh trcampur sm pup yg lain,itu knp ya dok? Saya tkt kna tetelo dia dok 😭😭😭

    ReplyDelete
  33. Dok maaf saya byk brtanya,stlh saya cek,saya nemu putih2 di lidahnya dok,apa itu frounce ya? Ini dok spt ini https://postimg.org/image/mpc5x539h/ pnanganan prtama nya apa ya dok,maaff saya byk brtanya,saya khwtir sm rilo dok,dokter pst ngerti rsanya :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gejala frounce, segera tangani. kasih super-n, mas bisa baca artikel cara mengobati frounce juga.
      metadinazole ada kok di apotik.
      jaga kebersihan pakan

      Delete
    2. oh ya, mas bisa kasih air jahe sebagai antibiotiknya. air jahenya jangan masih terasa hangat, jadi kasih air dulu biar rasa jahenya agak samar (gak terlalu panas di lidah). mas bisa cobain dulu sebelum kasih ke si rilo.

      Delete
  34. Sudah bava artikel dokter soal menyembuhkan frounce,tpi saya masih agak bngung pmberian dosisnya dok. Tkt salah

    ReplyDelete
  35. Dok bulu di paruh kirinya rilo malah pada rontok dok itu knp lagi yaaa,duhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bisa jadi emang si rilo lagi masa mabung, mas.
      itulah kenapa dari kemaren dia nggak fit.
      fesesnya juga mayoritas putih ya?

      saya nggak ngerti, maksudnya paruh kiri itu dimana ya mas. kan emang burung hantu paruhnya cuma satu.

      kemaren gimana, udah dikasih air jahe

      Delete
  36. Iya dok kayanya mau mabung dia,soalnya.rontoknya ga wajar dok,meluas gitu rontoknya,trus siang jadi lbh srg kuk kuk an dok. Duh maah mksdnya di paruh sblh kiri dok hehe. Sudah dok,saya minumi air jahe barusan,pup hijaunya mulai brkrg

    ReplyDelete
  37. Sudah hari keempat dok,sdh saya beri air jahe,bhkn kdg metronidazole nya saya larutkn pake air jahe jg. Tp frounce nya kok blm berkrg ya dok? Apa penanganannya kurang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? kalo fesesnya mendingan, ada kemungkinan ada perbaikan.

      bercak di lidahnya ada keraknya gitu? kalau saya liat sih gak ada keraknya mas. bisa jadi frounce, tapi saya lebih condong ke bukan frounce.

      nafsu makan gimana? kirimin aja foto fesesnya lagi. :)

      Delete
  38. Gaada keraknya dok putih aja. Pupnya membaik,biasanya agak hijau2,skrg udh normal lg 3 elemen. Msh saya kasih metronidazole dilarutkan ke air sirih atau air jahe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. maaf karena baru balas.
      yuk lapor, gimana kabar si rilo? :)

      Delete
  39. Rilo pupnya udh normal dok,tp agak byk putihnya,putih2 di lidahnya jg menyempit. Cuma ini gamau makan apa2 dia dok,jantung ayam yg biasa mau,ini ngga,jangkrik gamau jg,ulhong dia smlm masih mau,pagi ini blm makan apa2 dia gamau apa2 dok. Duh saya udh bingung. Bulunya jg rontok sdkit2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya sekarang gimana?
      nanti siang coba aja kasih makan lagi... :)

      masih rutin kasih super-n?

      Delete
  40. Aduh dok,mlm ini rilo saya paksa makan gamau,jangkrik gamau,ati ayam dilepehin,ulhong dilepehin,lemes dia merem terus. Fesesnya normal 3 element,noda di lidahnya jg udh hilang. Agak hopeless saya jdnya dok😭😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya, mas?
      coba kasih makan lagi hari ini. kalo cuma sekali gak mau makan, belum bisa jadi acuan dia sakit. kalau udah lebih dari sehari (2 atau 3 hari) dan fesesnya udah berubah, baru bisa dikatakan sakit... :)

      Delete
  41. Saya observe 2 hari ini sih kynya dia stress dok. Saya kasih jangkrik dilepeh,jd saya paksa makan ulhong sm jantung ayam dicincang sdkit2. Lagi saya biarin dikamar saya sndirian,sayanya tdur dkmr lain hihi. Mudah2an biar cpt ceria lagi dok rilonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana?
      super-n rutin ya mas.
      dan jangan sampe kedinginan. cuaca lagi gak bagus.

      kabari terus

      Delete
  42. Gapernah saya bwa kluar dok smskli,pst dkmr terusss. Rilo pagi ini may makan ulhong bbrp ekor lbh dr kmren2,tapi lemas bgt dok ilanh keseimbangan. Ini pupnya dok https://postimg.org/image/bsub9y21z/ iya super n terus rutin dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang agak kurang nafsu makan juga ya mas?
      hmm, coba kasih makan daging sapi yang dicacah kecil2 banget.
      usahakan tetep makan.

      Delete
  43. Iyaa dok berkurang nafsu mknnya,cm tadi pagi dia udah mulai nyambar yg saya suapin. Iya dok,yg pasti harus makan ya. Mnrut dokter,apa dari pup rilo ada indikasi dia sakit ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, tapi nggak serius.
      cuma mungkin makanannya aja yang agak divariasikan.
      mungkin dia bosen sama makanannya yang itu2 aja. udah coba kasih cacahan daging anakan puyuh mentah?
      coba aja beli puyuh, potong, ambil dagingnya aja... :)

      Delete
  44. Sore ini rilo muntahin smua mkanan yg saya kasih dok. Saya kasih daging sapi cincang,5mnit kmudian dimuntahin smuanyaa. Saya suapin lg,5mnit lg dmuntahin dok,rilo udh kyk sekarat yaallah 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mas coba kasih daging emprit atau daging anak ayam aja? :(
      mending bawa ke klinik hewan terdekat sesegera mungkin, mas... ;(

      Delete
  45. Rilo udh 2mlm jd lbh gerak2 lagi dok,tdnya tdur spanjang hari.tp msh lemes. Dia kyk susah nelen itu knapa ya dok. Kynya rilo ga sakit cm mgkin stress berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana rilo, mas? :(
      super-n masih suka dikasih?
      cek temboloknya, apakah besar?
      Baca artikel saya, CARA MENGOBATI SOUR CROP PADA BURUNG HANTU. Karena saya curiga dia kena sour crop.

      kasih makan daging emprit yang dicacah halus aja mas.

      Kabari terus

      Delete
  46. Rilo agak mendingan,wlpun prubahannya sdkit dok,udh bsa duduk dia. Iya kayanya dia kena sour crop soalnya kek ada yg nyumbat di tnggorokannya. Super n 2kali sehari dok stlh mkn. Iya dok dikasih selingan anak ayam sm ati ayam cincang

    ReplyDelete
  47. Ohya,itu di artikel dokter,dikasih metronidazole. Dikasih itu juga dok? Dan apa perlu dipuasakan? Soalnya rilo blm dipuasakan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dikasih metronidazole. :)
      kayaknya gak usah dipuasakan, cukup dikurangi aja porsi makannya...
      temboloknya gimana? udah agak kempes?

      Delete
  48. Iya dok,makanannya sdkit2. Soalnya prnh dia saya kasih porsi makan yg biasa,dimuntahin dok,pdhl udh ditelan. Sbnrnya temboloknya kyknya biasa aja,ngga bengkak deh dok,apa mgkn saya aja yg krg teliti. Rilo hari ini udah bisa brdiri dok,cm kalo jalan masih nyungsruk2

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas... :)
      good. fesesnya gimana? masih mayoritas putih susu?
      sekali lagi, makan kasih yang halus-halus aja...

      Delete
  49. Rilo udh gaada dok 😭😭😭,sy mnyesal krn krg telaten ngurusnya.😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. :(
      saya ikut menyesal, mas.... :(

      lama gak denger kabar rilo, eh udah nggak ada....

      Delete
  50. Saya ingin memelihara owl lagi dok,cuma saya jd tkt kalo hrs keilangan lagi spt keilangan rilo. Bgmn ya dok 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kehilangan hewan peliharaan, ya emang resikonya mati.
      gak cuma orang yang gak berpengalaman, orang yang berpengalaman pun kadang masih kehilangan hewan peliharaannya....

      saya juga beberapa kali kehilangan hewan peliharaan saya....

      tapi seenggaknya, kalo mas kan udah berpengalaman... :)

      Delete
  51. Dok,celepuk saya kok sekarang mogok makan ya, merem terus lagi, mogok makannya sih kalo saya kasih jangkrik nyambernya gak sigap kayak kemaren kemaren, kalo diliat sih fisiknya gak ada masalah, fesesnya juga masih normal dok, tapi mogok makan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana celepuknya, mas?
      kasih super-n, setetes setiap hari...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.