Cara Memelihara Chondro (GTP) | Drh. Fira Sovica

Ular jenis green tree python (GTP) atau umum disebut ular chondro adalah jenis ular berwarna mempesona yang banyak dipelihara pecinta ular. Ular yang berasal dari papua ini hidup diatas pohon (arboreal) dengan membelitkan tubuhnya ke dahan pohon.
Memelihara GTP atau

memelihara chondro

termasuk gampang-gampang susah. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam memelihara ular chondro. Nah, bagaimana cara memelihara green tree python? berikut adalah cara memelihara ular chondro.
Memelihara Chondro (GTP)
Image taken from satwaunik.com

  1. Kandang yang cocok untuk ular chondro adalah kandang yang lembab dan hangat serta bersih dari bakteri dan kuman. Untuk kebutuhan kandang ular chondro ini, anda bisa membuat kandang atau terrarium dengan ventilasi terbatas hingga kehangatan udara di dalam terrarium menjadi terjaga. Suhu yang tepat untuk kandang ular chondro adalah berkisar 28 hingga 30 derajat celcius.
  2. Kulit ular gtp atau chondro adalah jenis ular dengan kulit sangat tipis sehingga kadang sulit untuk ular chondro untuk shedding atau ganti kulit. Inilah sebabnya kenapa chondro membutuhkan kandang yang lembab, sehingga kelembaban kulitnya bisa terus terjaga dan ular chondro bisa terhindar dari kekeringan kulit. Untuk mendapatkan kelembaban yang pas untuk kandang ular chondro, cukup semprotkan air menggunakan semprotan air hingga terlihat titik-titik air kecil menempel di dinding kandang ular chondro anda, kemudian tutup kandang. 3 jam kemudian, buka kembali kandang dan lihat apakah masih ada sisa air menempel di dinding kandang atau tidak. Jika sudah tidak ada sisa air menempel di dinding kandang berarti kelembaban kandang bisa dikatakan masih kurang. Tutup salahsatu ventilasi kandang, dan lakukan penyemprotan lagi. Begitu seterusnya sehingga terlihat air masih menempel di dinding kandang dalam waktu 3 jam.
  3. Penyemprotan kandang ular chondro ini juga bisa dilakukan kepada ular chondro saat masa shedding berlangsung. Ular chondro juga kerap minum titik-titik air yang menempel di tubuhnya. Maka dari itu, gunakan air mineral untuk menyemprot kandang dan tubuh ular chondro anda.
  4. Memilih bedding atau alas kandang adalah hal krusial karena menyangkut kesehatan ular chondro. Pilih alas kandang berupa koran bekas yang bersih sebagai alas kandang, dan ganti bedding kandang ular gtp anda setiap hari dengan yang baru.
  5. Ular chondro atau ular gtp adalah jenis ular arboreal yang banyak menghabiskan hidupnya di atas pohon. Maka dari itu, tempatkan aksesoris berupa dahan pohon yang diameternya sama dengan ular chondro anda. Dahan pohon sebaiknya terpasang dengan kuat sehingga tidak mudah jatuh dan tidak bergerak saat ular naik ke atasnya. pastikan juga bahwa dahan pohon yang digunakan bebas racun.
  6. Ular chondro atau ular gtp tidak membutuhkan pencahayaan khusus sinar UVB. Cukup pastikan ada cahaya selama 12 jam dan biarkan kandang dalam keadaan gelap 12 jam berikutnya. Ular chondro adalah ular nocturnal yang aktif di malam hari. Mereka biasanya lebih menyukai suasana gelap dan lebih aktif saat gelap.
  7. makanan ular chondro atau makanan ular gtp adalah mice atau pinkies. pastikan makanan yang diberikan tidak lebih besar dari diameter tubuh ular chondro, dan berikan makanan dalam suasana gelap. perlu diingat bahwa makanan yang terlalu besar ukurannya akan membuat ular chondro anda mengalami ambeien. mice atau pinkies yang diberikan sebaiknya dalam keadaan pingsan. Dan usahakan suhu tangan anda lebih rendah daripada suhu mice atau pinkies yang diberikan karena mata ular chondro sangat sensitif dengan panas tubuh. ular gtp atau ular chondro akan menyambar tangan yang lebih panas dibandingkan mice atau pinkies. Porsi makan ular chondro yang masih bayi adalah sekali dalam seminggu (5 - 7 hari sekali), sementara porsi makan ular gtp atau chondro yang berumur 1 tahun keatas adalah sekali dalam 7 hingga 10 hari, dan porsi makan ular chondro atau gtp yang sudah dewasa adalah sekali dalam 12 hingga 14 hari.
  8. Jadwal shedding atau jadwal ganti kulit ular chondro atau gtp berbeda-beda, tergantung kepada usia dan jenis kelamin ular chondro tersebut. umumnya, jadwal ganti kulit atau shedding ular gtp bergantung pada usianya, semakin tua umur seekor ular chondro, maka semakin lama pula jadwal sheddingnya. Ular chondro yang masih bayi ganti kulit pada 6 atau 8 minggu. Penting untuk mengetahui jadwal kapan ular chondro anda ganti kulit karena memainkan chondro saat ganti kulit, memegang ular chondro saat ganti kulit, dan memberi makan ular chondro saat ganti kulit akan membuat ular stres yang biasanya mengakibatkan mogok makan dan akhirnya mati. Pastikan juga anda menjaga kelembaban kandang saat jadwal ganti kulit (shedding) ular chondro dimulai.
Demikian adalah

cara memelihara chondro

atau memelihara GTP. Artikel memelihara ular GTP diatas diharapkan bisa membantu anda para pecinta ular. Pesan dan kesan bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih.

21 Responses to "Cara Memelihara Chondro (GTP)"

  1. untuk hsrga indukan yang siap kawin berapa ya dok kira kira??

    ReplyDelete
  2. Jenis ular morelia yg keren tapi kalem apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur, saya kurang tau untuk jenis morelia. mungkin karena 'jam terbang' saya di reptil juga agak kurang.
      chondro emang gak kalem ya mas? menurut saya agak kalem juga.
      mungkin mas bisa gabung ke grup pecinta ular di facebook untuk lebih jelasnya.... :)

      Delete
  3. mba saya mau tanya .kemarin gtp saya di tinggal pergi 2 hari,setelah saya pulang,ternyata ranting tempat ular bertengger jatuh dan ular saya pun lemas tidak seperti biasanya .di beri pakan pun tidak merespon .apa yang harusnya dilakukan yah supaya ular saya bisa seperti biasa lagi .

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fesesnya. bentuk, warna, dan bau dari fesesnya. apakah mencret?

      tebakan saya sih infeksi bakteri di sistem cernanya. cuaca emang lagi gak bagus buat reptile

      Delete
  4. halo dok.gtp saya male mogok makan kurleb 6 blan mungkin..respon makan mau tp ketika dekat ama mencitnya langsung menjauh..padahal biasanya mencit jg mkanan’y..umurnya 3tahunan..apakah ada penyakit trtentu.?kalo malam kdang2 suka berkeliaramw

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? normal?
      kalau fesesnya normal, saya kira dia sehat. inget, cuaca lagi gak bagus buat reptil. jangan sampe gtp-nya kedinginan...

      Delete
  5. Klo pakan tikus gak ada bisa diganti daging ayam gak dok..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk chondro, mas?
      hmm, sejujurnya, kalau daging ayam, agak kurang cocok sih, meskipun banyak yang kasih ayam buat condro. jadi, the choice is yours. :D terserah mas mau kasih atau nggak.. hehehe... :D

      Delete
  6. permisi dok mau nanya dong, saya baru melihara gtp nih kebetulan ukurannya masih baby. udah 2 minggu ga mau makan, kemaren waktu ditempat seller udah coba tes makan cicak, nah ini saya coba kasih pinkies kok ga mau respon ya. setiap didekatkan dia malah mundur

    ReplyDelete
    Replies
    1. taro aja di kandangnya, terus tinggal.
      sebenernya sih banyak sebab yang membuat gtp gak mau makan. jadi agak sulit juga kalau gak liat langsung gtp-nya....

      baru 2 hari pelihara, mas? karantina aja dulu ularnya. jangan kepanasan, juga jangan kedinginan.

      kabari lagi...

      Delete
    2. alhamdulillah udah mau makan kok dok pas dikasih cicak, udah shedding juga. mau tanya lagi dong dok, ini kan ceritanya nambah lagi gtp cuman ukurannya udah agak gedean, nah karakternya galak. gimana caranya ya dok supaya ga strike mulu ?

      Delete
    3. wajar. namanya juga baru sampe ke tempat barunya. sementara ini diamkan aja di tempat yang agak sepi suara (jangan ada suara2 yang ngagetin).

      makannya gimana yang baru dateng ini? oke?

      reptil butuh kestabilan suhu. :)

      Delete
  7. Siang dok mau tanya. Saya baru adop chondro 1 minggu tapi dikasi makan ko ga mau ya. Saya kasih doq ayam cuma dibunuh aja karakternya jinak saya kira dia lapar makanya suka strike giliran dikasih ga dimakan cuma di bunuh doang
    Chondro saya umur 2 thn dok mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya ke ownernya yang lama, biasanya dikasih makan berapa hari sekali dan cara kasih makannya gimana.
      itu dia kemungkinan pertama: belum jadwalnya dia makan.

      kemungkinan kedua, dia nggak mau makan karena mas liatin. coba jangan diliatin. taro aja makanannya, terus tinggal. saya kira yang kedua ini yang paling mungkin.

      kemungkinan ketiga dia stress karena baru pindah ke tempat baru. udah berapa lama di mas?

      Delete
    2. Kata owner pertamanaya si tikus putih dan biasanya 2 minggu sekali kata owner pertamanya

      Ga saya liatin dok duma ditaruh tikusnya tetem ga dimakan dia malah bersahabat sama tikusnya.malah tikusnya tidur di badan dia

      Saya keep dia udah hampir 2 bulan dan 2 minggu kemaren habis sheding kata orang orang kalo abis sheding dia mau makan tapi saya kasih juga ga dimakan dok..

      Kalo misalnya saya paksakan makan boleh ga ya dok?

      Delete
    3. gak usah. gak usah dipaksakan.
      sementara kasih makan sesuai jadwal dari owner lamanya aja mas. :)

      Delete
    4. Iya ga saya paksakan ko
      Tapi biasanya ular gtp bisa tahan berapa lama dok berpuasa?

      Delete
    5. masing2 usianya, mas.
      makanya saya suruh mas ngikutin pattern dari ownernya lama...

      Delete
  8. Ada grup fb dok,, solusinya mantap

    ReplyDelete
  9. Dok, mice diganti kepala ayam bisakah? Untuk gtp Aru usia Juvenile

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.