Kenapa Musang Jarang Minum? | Drh. Fira Sovica

Kemarin, saya sempat memposting mengenai penyebab kenapa musang sering minum. Nah, kali ini, kita akan membahas mengenai sebab kenapa musang jarang minum. Penyebab kenapa musang jarang minum ini berkaitan dengan artikel saya tentang musang, cara memelihara musang rase.



Kenapa Musang Jarang Minum?
Sebelum melanjutkan topik bahasan kita mengenai sebab kenapa musang gak mau minum, perlu saya tegaskan bahwa musang yang tidak mau minum samasekali kemungkinan besar memang sedang sakit. Apalagi jika disertai adanya perubahan dari feses dan gejala sakit lain seperti musang diam saja, tidak mau makan, dan lain sebagainya. Jadi, jika memang musang anda tidak mau minum air samasekali dalam waktu seminggu, saya menyarankan agar anda membawa musang tersebut ke dokter hewan terdekat.
Langsung aja ya. Inilah beberapa sebab kenapa musang jarang minum:
  • Kemungkinan pertama yang bisa saja menjadi penyebab kenapa musang jarang minum adalah karena penyakit.
  • Musang banyak minum dan musang jarang minum, keduanya bisa menjadi tanda musang sedang sakit. Ada penyakit yang membuat musang jarang minum, dan biasanya disertai dengan gejala lain seperti tidak mau makan, murung, dan berubahnya bau dan bentuk feses. Saya sendiri lebih menyarankan agar anda membawa musang yang suspect sakit ini ke dokter hewan terdekat.
  • Kemungkinan selanjutnya dari faktor kenapa musang tidak mau minum adalah makanan yang mengandung banyak air.
  • Biasanya, musang yang makan buah dan makanan lain yang mengandung banyak air tidak minum air lagi karena memang sudah mendapatkan asupan air dari makanannya. Cukup cek fesesnya, karena musang yang sakit bisa dilihat dari bau, bentuk, dan warna fesesnya. Jika ada perubahan, baik dari bau, bentuk, atau warna fesesnya, ada sebaiknya anda curiga.
  • Kemungkinan ketiga yang menjadi jawaban kenapa musang jarang minum adalah tidak tersedianya air minum bersih untuk musang.
  • Kadang, ada musang yang tidak mau minum jika ada kotoran atau aroma yang tidak biasa di air minumnya. Selain itu, musang juga kadang tidak mau minum jika air yang diberikan 'tidak ada rasanya' alias hanya air mineral biasa. Anda bisa menambahkan madu ke dalam air minum untuk menambah rasa. Selain itu, pastikan pula air minum musang dalam keadaan bersih.
  • Kemungkinan terakhir yang bisa menjadi penyebab kenapa musang jarang minum adalah musang anda sudah minum cukup air.
  • Mengenai seberapa banyak air yang dibutuhkan musang akan saya bahas di artikel saya, berapa banyak musang minum air.
Demikian adalah beberapa penyebab kenapa musang jarang minum air. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi acuan bagi anda para musang lover. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini. (FS)

0 Response to "Kenapa Musang Jarang Minum?"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.