Hal Yang Dinilai Dari Kontes Musang | Drh. Fira Sovica

Apa saja hal penilaian dari kontes musang? Ada beberapa poin penilaian dalam lomba musang, dan umumnya faktor fisik adalah hal yang paling sering dinilai dari kontes musang. Tentu, poin-poin ini berdasarkan pengalaman saya menjadi juri di beberapa kontes musang di beberapa komunitas. Artikel ini berkaitan dengan artikel saya, cara menjinakkan musang.



Apa saja sih poin penilaian kontes musang? Berikut adalah beberapa poin penilaian kontes musang. Perlu saya ingatkan bahwa poin-poin berikut tidak mengikat. Setiap komunitas memiliki poin penilaian kontes musang sendiri-sendiri.
  • Bulu musang.
  • Kebersihan bulu, kehalusan bulu, warna bulu, dan kondisi bulu menjadi poin pertama yang dinilai dalam kontes musang. Bagi musang yang memiliki bulu lebat, penilaian tambahan berupa kelebatan bulu dan berapa panjang bulunya ditambahkan sebagai poin tambahan.
  • Badan musang.
  • Bentuk badan, termasuk kaki musang, bagian jari-jari musang, ekor musang, keseimbangan tubuh musang, kebersihan bagian tubuh musang (telapak kaki, mata, hidung, mulut, bagian dalam mulut) adalah hal yang selanjutnya dinilai dalam kontes musang.
  • Warna bulu.
  • Penilaian warna bulu musang adalah satu dari beberapa poin penilaian kontes musang. Tidak semua komunitas menetapkan warna bulu sebagai poin penilaian kontes musang, namun biasanya tingkat konsistensi warna bulu menjadi salahsatu faktor penilaian dari kontes musang. Juri relatif menyukai musang yang memiliki warna bulu yang rata, atau tidak rata namun memiliki corak yang menarik, disamping juga kebersihan bulunya.
  • Karakter musang.
  • Karakter musang adalah hal selanjutnya yang menjadi penilaian dalam kontes musang. Setau saya, penilaian mengenai karakter musang bukan hal yang mengikat, artinya tidak semua komunitas memasukkan parameter karakter musang menjadi salahsatu poin penilaiannya. Musang yang berkarakter anteng, jinak, serta kalem menjadi faktor penilaian dalam poin karakter ini.
Demikian adalah beberapa hal yang dinilai dalam kontes musang. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi sumber pengetahuan bagi anda. Sekali lagi saya tekankan bahwa poin-poin penilaian kontes musang di atas tidak semuanya sama di semua kontes. Artinya, bisa saja lomba musang di daerah anda memiliki penilaian sendiri dalam kontes musang. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawa ini. Terima kasih. (FS)

8 Responses to "Hal Yang Dinilai Dari Kontes Musang"

  1. sore dok,

    saya ada rencana mau keep musang, jadi masih tahap cari refernsi sana sini untuk belajar. terimakasih atas info-info penting di blog ini sangat membantu saya.

    dok saya mau tanya, menurut dokter pribadi antara muspan dan muskar saat dewasa lebih bagus mana dari sisi warna, bentuk badan dan secara keseluruhan view look-nya lah dokter. karena jujur saya senang musang seperti gambar yang saya kirm (gambar atas). terlepas dari perawatan yg intens pasti ada unsur genetik yang mengikuti bawaan mereka kan dok?. nah ada yg jual muspan gambar bawah, kira2 apa bisa jadi seperti gambar atas saat dia dewasa?

    terimakasih atas jawabnya dok.

    https://i.imgur.com/DD40DzE.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang yang gambarnya mas sertakan namanya musang pandan.
      secara karakter, lebih kalem musang pandan sih dibandingkan musang akar. kalo musang akar, dia lebih pecicilan dan kasar dibandingkan musang pandan, meski secara look dia lebih bagus... jadi masing2 punya kelebihan dan kekurangan masing... :D

      maaf karena baru balas, mas. saya abis keluar kota kemaren. :)

      Delete
  2. ia dok ga papa telat balas yang penting di balas :)

    sementara untuk warna saat dewasa apakah 100% persen mengikuti warna saat mereka baby. misal baby warna gelap, pasti adult bakal gelap, atau saat baby silver pasti adult bakal silver juga. karena pengalaman keep iguana dok, saat baby-juve ijo seger ehh saat adult evolusi jadi buluk, bukan karena pola makan tapi ternyata memang sifat genetik mereka bermutasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo patter bulunya tetep kok. maksudnya kalo di bulunya ada marking putih, ya sampe dewasa biasanya akan tetep kayak gitu. :)
      gak malah jadi buluk kecuali misalnya karena faktor luar kayak kotor dll. :)

      kalo musang tetep kok bulunya kayak gitu... :)

      Delete
  3. Asslkum dok..mau tanya dong..saya punya musang pandan umur 6 bln..tdinya makan lahap..tpi udh 2 hari ini tiba2 makannya jdi sdkit dok..sya bingung..pnyebabnya knp ya dok..tolong jwbannya dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya.
      fesesnya mencret nggak?

      mending segera pindahkan kandangnya ke dalam rumah. karena cuaca lagi gak bagus buat hewan.

      coba mas kasih air kelapa campur sari kurma...

      maafkan saya karena baru balas.

      Delete
  4. Dok. Tanya. Di sela2 jari musang saya ada pembengkakan itu kenapa ya dok. Cra penanganannya gi mana dok. Trimakasih

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum wr.wb
    Salam kenal dokter

    Mau tanya dok, mungkin dokter tau kisi-kisi nya kontes,secara dokter pernah jadi juri. Hehehe

    Jadi gini dok, untuk kelas baby musang dibawah 6 bulan (open musy) selain penilaian bulu, kesehatan, & kebersihan...apakah microchip & musang kita sudah vaksin itu bisa jadi penilaian oleh juri ?
    Atau 2 poin itu tidak mempengaruhi sama sekali ??

    Itu aja dok, terima kasih

    Salam,
    Deddy

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.