Penyebab Musang Terlalu Banyak Minum | Drh. Fira Sovica

"dok, musang saya sering banget minum, itu kenapa ya?" Demikian adalah pertanyaan yang baru saja ditanyakan oleh salahsatu pengunjung blog ini kepada saya. Ya, anda patut waspada bila musang dewasa milik anda jarang sekali minum atau bahkan sering minum. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara musang bulan.
Penyebab Musang Terlalu Banyak Minum



  • Penyebab musang banyak minum.
  • Anda patut curiga jika musang dewasa peliharaan anda terlalu banyak minum. Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi sebab kenapa musang peliharaan terlalu banyak minum, antara lain adalah:
    1. Jenis makanan.
    2. Jenis makanan adalah faktor pertama yang mungkin terjadi jika musang sering sekali minum. Apakah musang memakan makanan kering terlalu banyak, misalnya catfood atau dogfood kering? Bisa jadi itulah pemicunya. Seperti yang saya jelaskan di artikel catfood dan dogfood bisa menyebabkan kanker, pemberian catfood atau dogfood untuk musang sebaiknya dihindari.
    3. Penyakit hipertiroidisme.
    4. Jika menurut anda makanan musang tidak terlalu kering, maka kemungkinan kedua yang bisa saja terjadi adalah adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif bisa menyebabkan musang banyak minum. Tiroid yang terlalu aktif biasanya terjadi pada musang yang sudah tua. Selain banyak minum, gejala penyakit hipertiroid lainnya antara lain kehilangan berat badan (kurus) namun nafsu makan bertambah, rasa haus yang terus menerus, nafas terengah-engah, sering kencing, bulu yang rontok, serta hiperaktif.
    5. Diabetes.
    6. Seperti halnya manusia, musang juga bisa menderita diabetes. Secara singkat, gejala diabetes pada musang mirip dengan gejala hipertiroid pada musang yang sudah saya bahas di poin kedua. Namun, biasanya diabetes lebih sering diderita pada musang yang kegemukan. Inilah bedanya dengan hipertiroid dengan diabetes: musang yang terkena diabetes biasanya gemuk, dan musang yang terkena hipertiroid biasanya kurus. Sedangkan dari gejala, baik hipertiroid maupun diabetes hampir mirip.
    7. Penyakit saluran kemih.
    8. Penyebab selanjutnya dari alasan kenapa musang terlalu banyak minum adalah adanya penyakit pada saluran kencingnya. Selain banyak minum, musang yang terkena penyakit saluran kemih biasanya memiliki warna urin yang memerah seperti darah, kelihatan tegang atau diam kencing, dan sering menjilati kelaminnya setelah kencing. Untuk kasus kemungkinan penyakit saluran kemih ini, saya sarankan agar anda membawa musang ke dokter hewan sesegera mungkin.
    9. Penyakit ginjal yang sudah kronis.
    10. Penyebab musang sering minum yang terakhir adalah kemungkinan penyakit atau kerusakan ginjal. Penyakit ginjal yang sudah kronis biasanya ditandai dengan musang sering minum dan sering kencing. Penyakit ginjal kronis lebih banyak diderita oleh musang yang sudah tua.
  • Apa yang sebaiknya saya lakukan jika musang peliharaan saya banyak minum?
  • Saya sendiri lebih menyarankan agar anda membawa musang yang banyak minum ke dokter hewan sesegera mungkin, apalagi jika musang tersebut adalah musang obes (musang gemuk). Musang obesitas lebih beresiko mengalami kerusakan organ dibandingkan musang yang memiliki berat badan normal.
Demikian adalah beberapa penyebab musang banyak minum. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan referensi bagi anda semua. Ada pertanyaan? Silakan ajukan di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

12 Responses to "Penyebab Musang Terlalu Banyak Minum"

  1. Dok, feses musangku warnanya kok hitam ya?, padahal sebelumnya tak kasi makan cf, itu gimana dok?

    Terus kalo mau buat sertifikat pemilik hewan, pedigree itu gimana?

    Terimakasih dok 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok. yang penting fesesnya gak mencret....

      kalo buat pedigree sebenernya agak susah kalo nggak tahu silsilah musangnya. tapi breeder musang di surabaya yang namanya Roemah Moesang udah ada jasa pedigree... coba cek artikel saya, breeder musang terpercaya di surabaya

      Delete
  2. Dok musang q ko sering kencing tapi gak banyak minum cuma kalau buat makanan aq banyak air nya apa itu pengaruhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa jadi karena itu.... mas kasih makan apa?

      Delete
  3. Dok Kalo Muspan saya Kurus tapi sebulan yg lalu udah di kasih Drontal masih aja kurus dan suka nyeret bokongnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya mencret nggak mas? emang mas yakin dia cacingan, kok dikasih drontal?

      umur musangnya berapa?

      coba saya ingin tahu fesesnya kayak gimana. Dan apakah mas suka kasih susu ke dia? jangan dikasih susu lagi.

      kasih makan wetfood ke dia seminggu 3 kali. selebihnya kasih pepaya/pisang dan bubur bayi. biar agak gemukan. :)

      oh ya. seminggu sekali bisa kasih air kelapa muda.

      Delete
  4. Dok Kalo Muspan saya Kurus tapi sebulan yg lalu udah di kasih Drontal masih aja kurus dan suka nyeret bokongnya

    ReplyDelete
  5. Dok napa musaang ane kencingnya sering ya ,pdahal baru umur 2 bln

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? dan biasa mas kasih makan apa?
      mas kasih minum apa?

      kabari lagi

      Delete
  6. Dok,musang saya sering kencing terus padahal minumnya jarang,umurnya 3 bln,makannya bubur SUN itu wajar ga dok? Soalnya juga baru musim hujan

    ReplyDelete
  7. Dok musang saya ko mendadak sering pipis. Kotoran nya juga agak cair saya kasih makan telor umur 3 bulan lebih.. Itu kenapa ya dok..

    ReplyDelete
  8. Dok mau tanya musang saya kok gk bisa kencing ya udah 2 hri ini. .Perutnya jga keras tpi untuk fases nya normal aja

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.