Mengobati Musang Yang Sering Ngiler | Drh. Fira Sovica

Banyak dari pecinta musang yang bertanya kepada saya

kenapa musang peliharaannya sering ngiler

atau air liur menetes keluar mulutnya, maka artikel ini saya tulis untuk membantu anda yang memiliki musang ngiler. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara musang pandan dan artikel cara memelihara musang bulan.
Mengobati Musang Yang Sering Ngiler
Image taken from wikipedia.org



Berikut adalah penyebab kenapa musang sering ngiler dan cara mengobati musang ngiler terus:
  • Perlu anda ketahui bahwa seperti halnya manusia, musang akan mengeluarkan air liurnya jika sedang merasa mual. Musang akan ngiler jika merasa kembung dan 'tidak enak perut'. Selain itu, musang akan ngiler jika merasa sangat kepanasan. Itulah dua penyebab paling umum kenapa musang mengeluarkan air liurnya.
  • Maka hal kedua yang perlu anda lihat adalah fesesnya. Apakah feses musang ikut berubah jadi mencret atau tidak?
    1. Jika feses musang jadi mencret, kemungkinan memang ada yang bermasalah di sistem pencernaannya. Segera lakukan langkah pengobatan dengan memberikan ramuan kesehatan musang yang sudah saya tulis resepnya di artikel ramuan kesehatan musang.
    2. Jika fesesnya tidak mencret, silakan cek apakah ruangannya terlalu panas atau tidak? Jika iya, segera pindahkan musang ke ruangan lain yang lebih sejuk, dan kemudian observasi selama 2 hari, apakah air liur musang tetap menetes keluar atau tidak. Jika masih, lakukan langkah pengobatan dengan cara memberikan makanan berupa pepaya dan pisang matang selama 3 hari sambil terus diobservasi.
  • Selama pengobatan, sebaiknya musang yang sakit ditempatkan di kandang tersendiri. Dan jika kedua langkah tersebut sudah dilakukan namun musang tetap ngiler, ada baiknya jika anda membawa musang tersebut ke dokter hewan terdekat.
Demikian adalah

penyebab kenapa musang ngiler

dan cara mengobati musang ngiler. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menangani musang ngiler. Terima kasih (FS)

7 Responses to "Mengobati Musang Yang Sering Ngiler"

  1. Dok numpang tanya,musang akar saya ngiler terus banyak bngt,terus mengeluarkan dahak berwarna hijau muda dan pup nya berwarna hijau tua encer berserat,sekarang musang nya lemes
    Itu gimna penangan nya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama? coba mas kasih air kelapa campur sari kurma. untuk makanannya, kasih yang lembut2 aja dulu kayak bubur bayi promina. buburnya kalau udah 4 jam belum abis, langsung buang aja.....

      jangan dikasih makanan/minuman lain selain yang saya rekomendasikan tadi... :)

      umur musangnya berapa mas?

      Delete
  2. Dok musang saya kok lidahnya selalu keluar ya, terus selalu mengeluarkan air liur. Babnya pun tidak mencret, badannya lemas sekali, kalau jalan dia sempoyongan, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  3. Dok musang saya kaya ngadu gigi nya gitu kaya anjing itu kenapa ya, kondisinya sehat dok gak lemes dan gak ada tanda" sakit

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.