Monday, May 1, 2017

Memelihara Burung Hantu Paruh Kodok | Drh. Fira Sovica

Burung hantu paruh kodok adalah jenis burung hantu yang memiliki paruh berbentuk pendek, pipih, dan melebar ke samping. Bentuk paruhnya membuatnya disebut frogmouth atau paruh kodok. Di Indonesia, jenis burung hantu ini diketahui memiliki habitat asli di pulau kalimantan.

Cara memelihara burung hantu paruh kodok

agak mirip seperti memelihara celepuk, tentu dengan beberapa kekhasan yang diketahui hanya dimiliki oleh burung hantu paruh kodok.



Memelihara Burung Hantu Paruh Kodok
Image taken from wikimedia.org
Nah, bagaimana cara merawat burung hantu paruh kodok? Berikut adalah trik perawatan burung hantu frogmouth atau paruh kodok:
  1. Makanan burung hantu paruh kodok adalah serangga.
  2. Seperti halnya jenis burung hantu lain, burung hantu paruh kodok adalah burung karnivora. Anda bisa memberikan jangkrik berukuran kecil sebagai makanan sehari-hari, dan ulat hongkong sebagai makanan mingguan. Porsi makan burung hantu paruh kodok adalah 3 kali sehari. Selengkapnya, anda bisa membaca artikel saya, porsi makan burung hantu. Porsi makan burung hantu paruh kodok relatif sama dengan porsi makan celepuk.
  3. Burung hantu paruh kodok sebaiknya tidak dikandangkan di kandang jeruji. Anda bisa membuat owlbox dari kardus yang cara membuatnya sudah saya tulis di artikel cara membuat owlbox sederhana dari kardus. Selain itu, jika anda punya waktu lebih, anda juga bisa membuat owlbox dari kayu atau papan. Cara membuat owlbox dari kayu sudah saya tulis di artikel cara membuat kandang khusus burung hantu.
  4. Berikan suplemen untuk menambah daya tahan tubuh burung hantu. Silakan baca artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat. Berikan suplemen yang saya tulis di artikel itu sehari sekali.
  5. Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara burung hantu paruh kodok adalah bahwa tingkat stress burung hantu jenis ini relatif lebih tinggi daripada burung hantu celepuk. Hindari suara-suara keras, dan beri makan secara rutin. Dan jangan sampai telat memberi makan, karena fatal akibatnya. Kesehatan burung hantu paruh kodok bisa diketahui berdasarkan tanda-tanda tertentu. Anda bisa membaca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.
  6. Burung hantu paruh kodok bisa dilatih dan di-bonding-kan. Kunci utama penjinakkan burung hantu adalah sabar, sabar, dan sabar. Untuk referensi, silakan baca artikel-artikel saya di blog ini yang berkaitan dengan burung hantu.
Demikian adalah

cara memelihara burung hantu paruh kodok

yang saya tulis berdasarkan pengalaman memelihara burung hantu paruh kodok. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memelihara jenis burung hantu paruh kodok. Terima kasih. (FS)

62 comments

Pagi dok,, nama saya dian,, mau tnya ni, klo burung hantu d kasih makan usus nggk apa apa kan dok?

sebaiknya jangan, mas. gak cocok. :)

Dok bingung ni aku kan ada kolam ikan koi aku fikasih ikan sumpit ama temen dia g bisa ngurus gara gara di daerah rumahnya g ad tukang jual jangkrik kalo saya kan pelihara celepuk jadi banyak jangkrik bisa digabung g ya ikan sumpit ama ikan koi

This comment has been removed by the author.

Permisi dok, klo burhan celepuk satu matanya terpejam itu kenapa yah? Dan ada sedikit warna merah dibagian mata nya
Terima kasih

setau saya sih ikan sumpit sama ikan koi beda perlakuannya, mas.
jadi sebaiknya jangan disatuin.

emang ada sih yang menyatukan ikan sumpit sama ikan koi, tapi sejujurnya saya agak kurang setuju. mas bisa lakuin, tapi ya resiko tanggung sendiri, hehehe... :D

satu doang? kalau mas ajak main, matanya kebuka nggak?
dia suka garuk2 bagian matanya?

saran saya, coba mandikan. baca artikel saya CARA MEMANDIKAN BURUNG HANTU

dok saya mau nanya

kalo kotoran burung hantu saya berwarna hijau tua (hijau daun) kenapa ya?
jadi saat tidak makan dia mengeluarkan kotoran berwarna putih dan hijau tua

namun saat makan yang dikeluarkan hitam pekat rada padat.

dan dia responnya hampir tdk ada samasekali.

dikasih ikan mas takut, dikasih anak puyuh gak mau.

sementara ini saya threadmentnya mengunakan amoxicillin seperempat tablet yang dicampur 6 sendok makan air putih per tiga hari...

burung saya strix seluputo

oh ya tdnya burung hantu saya suspect tetelo karena kotorannya sempat berwarna hijau terang (walau sedikit) namun setelah saya push makan yang banyak skrng frekuensinya tdk sering namun utk kotoran yang hijau daun masih ada.

kira2 penangannya bagaimana dok??

lalu saya mau nanya, dokter hewan yang biasa menangani burung hantu dmn ya?

kontak dokter hewan di blog ini rata2 tidak bisa menangangi aves. hanya mamalia saja.

Terima kasih

kasih amoxicillinnya jangan sembarangan, mas. udah ada artikelnya kok. :)

jenis burung hantunya apa?
mas cara kasih makannya gimana?

karena kasih makan owl jangan cuma ditaro aja, disodorin ke mulutnya.

sementara stop amoxicillinnya, kasih super-n aja setetes setiap hari. silakan baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

gak sembarangan kok mas. dosisnya sangat sedikit sekali...

super n kalo dicampur air boleh gak???

soalnya kdng kalo diksh langsung malah dilepehin...

burung saya strix seluputo

dulu sempat ada respon sama makanan hidup tp habis itu gk ada respon lg.

skarang saya loloh lele terus.

saya cewek, mas... :D
udah ada kok artikel mengenai dosis amoxicillin buat hewan. super-n langsung ditetesin ke mulutnya aja.

coba kasih makan daging sapi yang dicacah aja mas. atau bisa pake daging puyuh. beli aja burung puyuh, potong, ambil dagingnya, terus simpen di freezer. tiap kali mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (bukan air hangat) sampe gak dingin dan gak beku lagi, cacah kecil2, setelah itu baru kasih ke owlnya

sekarang diloloh pake apa mas?

diloloh pake lele mbak. untuk sekedar gigit2 msh ada respon. tp dikasih berbagai macam makanan dia gak mau. anak puyuh, ikan mas apalagi ikan lele

coba mas kirim foto fesesnya/tahinya. caranya baca di bagian PERHATIAN tepat diatas kolom komentar. biar saya analisa.

kalau dagingnya anakan empritnya mas cacah halus dulu, terus mas loloh kecil2, udah coba?

kasih super-n, setetes setiap hari

oke besok insya Allah saya fotokan kotorannya

untuk daging makluk hidup belum saya coba lagi. dlu dikasih puyuh mau sedikit habis itu gk mau lagi

jadi responnya naik turun. sedangkan secara kasat mata burung strix saya sehat karena aktif dan mata melek terus

cuma ya itu tadi ketika belum makan waktu BAB kotorannya ada hijau tua (Hijau daun/hijau lumut)

oke. gak apa2, kasih makan daging aja. sedikit2 nggak apa2.
jaga agar ruangannya gak terlalu panas ya mas.

udah dikasih super-n belum? segera beri. karena itu agak bermasalah sama sistem pencernaannya...

kabari terus

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

ini donk gambar fesesnya saat sebelum makan dok

mohon diagnosanya beserta obatnya

https://s24.postimg.org/cvwaccoph/18486390_10206714242974043_2000244337171436448_n.jpg

lalu pada saat BAB setelah makan kotorannya berwarna hitam dan ada kuning gelapnya, padat dan agak berbau. setiap hari saya loloh ikan lele filet

hmm, sebenernya lele kurang cocok buat burung hantu sih mas. saya boleh saran ganti makanannya pake daging emprit atau puyuh?

kalau saya liat sih gitu, mas. agak bermasalah karena pakannya kurang cocok. saya bilang kurang cocok, bukan berarti gak boleh.

masalahnya dia gk ada respon dok...

untuk mengatasi ini pake obat apa ya? semntara saya berikan minyak ikan satu hari sekali

responnya kurang bagus kalau nggak dikasih lele ya mas? udah coba kasih pingkies? coba baca artikel cara agar burung hantu mau makan.

jangan dikasih minyak ikan, mas. apalagi dosisnya kebanyakan. minyak ikan cukup seminggu sekali aja...

mending mas kasih super-n, setetes setiap hari...

semua dok. puyuh, tikus, lele, dll tidak ada respon samasekali....
unuk obat pencernaannya tidak ada kah dok?
atau apa sebaiknya saya berikan obat cacing?

pagi dokter fira, saya mau adopt celepuk kira" bisa cari dimana ya di daerah jakarta? saya berniat cari yang masih chick atau brancher agar lebih gampang di manning, thanks dok, blog keren!

terima kasih.
di jakarta, mas bisa cari di pasar burung jatinegara, atau bisa juga di barito...

silakan baca2 dulu artikel2 saya tentang burung hantu

siang dok, saya akhirnya sudah beli burhan jenis celepuk kata yang jual sih masih brancher cuman tadi pas dirumah uda terbang"an, nih pictnya http://imgur.com/a/upndf.

oh iya saya mau tanya tadi saya coba untuk deketin, burhannya defensif banget, apa itu wajar dok? trus cara adaptasinya gimana ya dok? terakhir, makannya belum bisa disuapin dulu ya dok? saya tadi coba sodorkan jangkrik cuman sepertinya dia terlalu takut jadi ga dihiraukan jangkriknya. maaf dok banyak pertanyaan, hahaha

itu kayaknya sih brancher akhir atau juve awal. emang kalo umur segitu, lagi banyak defends... kenapa nggak pilih yang masih bayi/bulu kapas, mas? :)

tapi gak apa2, pelihara aja yang ini.

udah coba sodorin jangkrik tapi gak mau? udah coba dikarantina dulu?

sekarang gimana, udah bisa makan belum?

soalnya kemaren belinya ga dipasar dok, COD sama seller pas dia bilang masih bancher kan di kardusin COD di jalan takut terbang kalo dibuka kardusnya akhirnya pas dirumah baru buka dok.

syukurlah uda mau makan dok, kemarin malem akhirnya saya kasih 1 pinkies yg dipotong kakinya tinggalin di ruangan dia, eh langsung disodor, akhirnya saya taro 1 lagi dimakan lahap banget. abs itu yang bingung semua jangkriknya juga dimakan, padahal uda 2 hari taro jangkrik ga diapa"in sama dia.

keadaannya juga lebih tenang sekarang, tadi sempet main trus ga disangka dia mau naik ketangan saya, padahal biasa jarak 20 cm dideketin aja uda terbang kemana".

oh iya dok mo tanya saya baru lihat tadi ternyata ada 1 helai bulunya yang copot itu gapapa kan dok? bisa tumbuh lagi ga? ini gambarnya http://imgur.com/a/AC8rs

yang saya salut, mas kasih makannya bener. dikasih pingkies. dan itu bagus banget.

kalo bisa, seminggu sekali atau seminggu 2 kali bisa kasih pingkies, selebihnya bisa kasih jangkrik. :)

lanjut lagi manningnya. mungkin bisa kasih super-n, setetes setiap hari. silakan baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT.... :)

ajak ngobrol sambil liat matanya.
dan bawa ke kamar saat mas mau tidur, jadi dia bisa liat masnya tidur... :)

iya dok soalnya baca" mungkin owlnya bosan ato nggak gaperna makan jangkrik akhirnya coba kasih pinkies, oke dok nanti setiap minggu saya kasi makan pinkies.

iya dok saya mau taro kamar cuman masi belum bisa soalnya belum dipasangki anklet, masih batting banget, naik ke tangan aja butuh pengorbanan dia terbang" terus, untung"an kalo mau naik baru suapin, kalo uda naik dielus" suka ancang" mau terbang lagi jadi makein anklet masi agak, kalo tanpa anklet takut terbang"an di kamar dok haha.

oke dok nanti kalo uda battingnya berkurang saya kasih super-n, soalnya agak susah kalo mau dikasi minum gitu pasti terbang.

oh iya dok cara ngatasi batting yang kyk gitu gmana ya dok? sama kadang dia fesesnya warna coklat" gitu dok kyk gini http://imgur.com/a/s6NHc, tapi jarang sih masih kebanyakan feses normal, apa wajar dok?

oke. emang seharusnya tambah lagi aja manningnya. pembiasaan terhadap manusia. jadi sementara ini ditaro dimana mas?

bener, jangan dipaksa pake angklett. bahkan kalau menurut saya, jangan pake aja terus. biar dia percaya sama kita. saya aja pelihara burung hantu, belum pernah sekalipun dipakein angklett... :)

soal fesesnya, itu gak sering warna coklat kayak gitu, kan? biasanya kalo abis dikasih makan apa, fesesnya jadi coklat gitu?

kalo gak sering gak apa2, mungkin jaga aja kebersihan makanannya... :)

iya nih dok lagi di manning trus, suapin trus tiap hari.

kalo ga dianklet kasian dok gaperna keluar ruangannya, saya tarok di kamar mandi ga kepakai sih, lumayan gede ruangannya sekitar 2x3 m sirkulasi bagus ada jendela soalnya.

fesesnya jarang sih dok kyk gitu, seskali doang, saya perhatiin akhir" ini uda jarang kyk gitu fesesnya.

sementara latih di dalam ruangannya dulu. setidaknya sampe dia kenal sama masnya.

dia udah bisa terbang atau menclok di tangan mas? gak apa2, ruangannya udah cukup gede itu. latihan aja di dalam ruangan itu dulu.

rutin kasih super-n setetes setiap hari... :)

oke dok, saran latihannya gimana ya? suapin makan trus aja?

uda lancar dok terbangnya, kalo saya sodorin tangan ke perutnya masih belum mau naik dok, dia mau naik kalo ada di 1 rak di kamar mandi saya yang ga nyaman mungkin buat dia jadi disodor dia langsung naik ke tangan, selebihnya pasti batting.

oke dok saya kasi super n tiap hari.

melatih burung hantu sudah ada artikelnya. iya, awal2 kasih makan dengan cara disuapi dengan dikasih jarak, biar dia bisa jalan nyamperin ke arah makanannya... :)

dia belum percaya sama masnya. gak apa2, sementara bisa manning terus. :)

fesesnya gimana mas?

oke dok saya uda suapin pake tangan kanan sambil pelan" saya deketin tangan kiri saya ke badannya biasanya mau naik kalo dia uda liatin jangkriknya, kalo gadipancing pake jangkrik terbang pasti.

fesesnya normal dok cuman sesekali ya kyk coklat gitu, kyk oli bekas dan bau. ternyata banyak juga yg celepuknya feses gitu katanya normal dok, benar ga?

saya sudah kasi dia vitamin tadi nyari" super-n ga ada yang jual di sekitar dok trus direkomendasiin pake ebod vit katanya bagus juga akhirnya pake itu deh dok.

iya, mas. itu masih bisa dikatakan normal asalkan gak jangka panjang (terus menerus)... kalo cuma sesekali, masih gak apa2.. :)

gak apa2 pake ebod vit juga... :)

sekarang gimana owlnya? :)

kondisi nebula bagus banget dok, makan lahap banget sehari bisa 30-40 jangkrik saya bagi 2 sesi, jam 6 sore sama 11 malem biasa. tiap hari di maning, disuapin, uda mulai bisa naik tangan walopun kadang" masih terbang,

oh iya dok ciri" mabung gimana ya dok? soalnya bulunya ada yang copot lagi 2, jadi total 3 bulu copot, copotnya jg rapih gitu sehelai" copot, apa itu mabung?

balesnya di komentar baru aja mas, hehehe... :D

awas, kebanyakan kasih jangkrik juga gak bagus. dia bisa muntahin sisa jangkrik yang gak kemakan nantinya. jadi cukup patokan makannya 25 atau 30 jangkrik aja sekali makan... :)

mabung biasanya disertai dengan penurunan nafsu makan dan burung jadi galak. jadi sementara observasi aja dulu. terus kasih super-n setetes setiap hari...

feses oke? :)

oke dok, saya batasin 30 jangkrik aja sehari, soalnya pernah baca dimana gitu disuapin trus selama owlnya masih nyosor, akhirnya keterusan dok haha, nanti saya batasin 15 jangkrik maksimal 1 sesi.

siap dok uda saya kasi ebodvit setiap hari sesuai dosis anjuran, feses normal dok seperti feses normal yg ada di artikel lain, tapi sehari 1-2x feses kyk oli lengket dan bau, kalo saya baca" di forum luar katanya sih itu mungkin sisa-sisa makanan yang gabisa dicerna sama owlnya jadi dikeluarin hasilnya gitu.

iya, bener juga. selama dia masih mau makan, emang kasih aja. tapi kadang ada juga owl yang sebenernya dia udah kenyang, tapi masih makan aja, sampe akhirnya temboloknya kepenuhan dan dia muntahin lagi... nah untuk mencegah hal itu, mending kita batasi.... yang penting kita tahu takaran makannya segimana... :)

iya, betul. mas baca di forum mana?
so far so good. tinggal lanjut aja perawatannya. kabari lagi

oke dok saya batasin saja 30 jangkrik sehari ukuran besar.

saya baca" di forum reddit di subreddit falconry, rata" yang respon yang emang terlatih karena setau saya di US situ kalo mau pelihara rapotor kudu ada mentor dan sertifikasi.

kondisinya skrng menurut saya bagus banget sih dok, uda mulai bisa naik ke tangan walopun masih harus dipancing, biasa pancingnya tangan kanan pegang jangkrik agak jauh trus tangan kiri saya agak dideketin dan didorong pelan' ke bawah perutnya biasa 1 kaki naik secara palanya ngejer jangkriknya abis itu baru saya angkat pelan" sampe 2-2nya nangkring di tangan, oh iya saya juga latih pake peluit ultrasonic juga sih dulu bekas anjing ga kepake, saya tiup pas dia ambil jangkriknya dan pas dia nelen jangkriknya.

oh, forum luar negeri ya mas? ada kenalan saya yang aktif juga di forum itu soalnya, salahsatu owl trainer juga... :)

very good. tinggal lanjut lagi.
pokoknya, caranya tahu owl kita sehat atau nggak, bisa diketahui dari fesesnya. kayak yang saya tulis di artikel PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU... :)

iya dok forum luar,oke dok saya manning trus, oh iya dok mau tanya saya kan uda mulai bisa ngelus" palanya pake 1 jari cirinya kalau dia suka atau risih gmana ya dok? kalo saya elus dia matanya nutup kecil gitu dok, itu tandanya apa dok?

permisi dok, saya kan baru dapet burhan celepuk namanya lepi hehe lagi masa karantina dikamar mandi lampunya dinyalain kalo siang, kalo malem dimatiin baru karantina satu hari sih, makan sama minum disupain dia udah mau. udah bagus belum?

untuk pemindahan tempatnya itu langsung mindahin ke perch yang sudah ditaruh di tempat yang diinginkan saja atau ada cara lain? kalau piara outdoor (balkon rumah) aman tidak ya?

untuk pemberian vaksin tetelo itu baiknya kapan ya dan dimana kalau boleh tahu? lokasi saya di jakarta timur

terima kasih sebelumnya dok, saya baru lulus sma juga mau kuliah kedokteran hewan mohon doanya ya hehe

itu udah bagus mas. tinggal kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. sehari setetes.

kalau emang mas mau taro di balkon rumah, asalkan gak terlalu panas atau terlalu dingin, gak apa2 kok. tapi kalo boleh saya sarankan, mending taro di dalam rumah aja. mas bikin owlbox sederhana dari kardus bekas. yang besar, kayak bekas akua botol yang besar. kasih aja tangkringan di dalamnya.....

mau vaksin burung hantu, mas bisa dateng ke rumah sakit hewan di deket bonbin ragunan, jakarta timur. telepon aja dulu. udah ada kok artikelnya. :)

saya dukung, mas. hehehe. kabari terus. :)

sekarang masih di kamar mandi tapi sudah saya taruh tangkringan, tadi kasih makan abis sahur juga sudah mulai saya latih dengan peluit

ngomong2 ini cara masang ankletnya gmna ya? apakah anklet dan jesse boleh dipakai setiap saat?

terima kasih sebelumnya dok hehe

btw ini terkadang masih suka defense megarin sayap sama gerakin kepala, tapi kalo disodorin makan atau minum langsung disamber baiknya tetep karantina apa sudah boleh manning?

cara supaya dia minum sendiri gimana ya? didot terus takutnya nanti dia gak bisa minum sendiri, tempat minum sebaiknya ditaroh mana ya untuk perch? soalnya kalo taruh lantai nanti kena kotorannya

mas yakin mau masang angklett sekarang? gak takut dia stress? saran saya, mending nanti aja. penjinakkan tanpa angklett lebih bagus dibandingkan dengan angklett....

tapi kalau emang dia udah jinak, gak apa2 pakein aja.

pasang di kakinya mas... coba aja liat video tutorialnya di youtube

manningnya di dalam ruangan aja dulu. usahakan dia bisa menclok di tangan mas. terus mas kasih makan sambil dia menclok di tangan mas itu... :)

sesekali elus-elus sambil dia menclok di tangan. ajak ngobrol.

cara tersebut udah termasuk manning, kok...

cara kasih minum burung hantu udah ada artikelnya...

ini saya bales buat dua2nya ya dok

kemaren udah saya pasang anklet.. awal2 mungkin dia kaget tapi sekarang seperti tidak terjadi apa2 hehe.. dianya tetep seperti kemaren2 sebelum dipasang anklet.

iya dok, saya juga diajarin dari dulu kalo punya hewan peliharaan selalu diajak ngobrol biar makin deket sama ownernya

ini dulu saya kan punya parkit pernah dilatih juga, waktu itu parkitnya saya latih dari tenggeran ke tangan, jadi pas si burung lagi di tenggeran kita sodorin tangan sampe si burung akhirnya naik ke tangan kita lalu kasih reward. ini tadi saya praktikan ke si lepi kira2 bisa berhasil seperti itu juga gak yah? hihi
biar dia kalo disodorin tangan langsung pindah dari perch ke tangan

oke. good. kalo emang dia gak masalah pake angklett, bagus! mungkin karena dia udah kenal juga sama masnya. dikasih nama siapa owlnya?

coba ajarin aja treatment latihan yang sama, mas. :D

saya seneng denger kabarnya terus. dan progress latihan owl mas bisa dibilang cepet. mungkin karena udah terbiasa latih dan handle burung. secara prinsip, burung hantu juga sama kok... :)

maaf karena baru balas. saya kemaren sibuk banget, meeting sana, meeeting sini, belum lagi persiapan kerja keluar kota minggu depan... :(

kabari lagi.

iya gapapa dok hehe

namanya lepi dok

yang kemarin masih saya terapin sampe sekarang. ternyata bisa loh dok ahaha, jadi gampang kalo mau diajak2 tinggal sodorin tangan dia naik sendiri.

sekarang saya malah iseng latih dari tangan terbang ke perch, biar abis dari tangan gak usah disodorin lagi ke perch dia terbang sendiri. saya latihnya posisi tangan saya diatas perch kemudian tangan saya miringin sedikit dan kemudian si lepi terbang ke perch lalu beri jangkrik sebagai reward, ini masih tahap latihan jadi kadang mau kadang enggak hehe..

tapi hari ini makannya lebih sedikit dari kemaren apa karena kekenyangan ya? belakangan ini saya kasih makan 3x sehari bisa abis sampe 15 jangkrik tiap pemberian jadi kira2 sehari kurang lebih 45, tapi hari ini cuman makan 20an disodorin lagi gak mau digigit doang terus dilepeh

ini saya mau beli super-n lagi abis ditoko biasa saya beli jangkrik ;( nanti kalau udah ada saya mau beli, selain super-n ada multivitamin lain kah yang bagus untuk burung hantu dok?

ngomong2 alhamdulillah saya sudah keterima dok jadi mahasiswa kedokteran hewan di ipb :-d

jangan kebanyakan kasihnya, mas. kalo sampe 15 jangkrik, kebanyakan. udah ada kok artikel PORSI MAKAN BURUNG HANTU.

selain super-n, saya kurang tau. soalnya terbiasa pake super-n aja sih. ntar aja beli super-n nya, kalo udah ada. atau cari aja di toko makanan burung lain...

WOW!! Selamat dah masuk IPB, mas!! saya ikut senang.

kabari terus...

Oke dok, mau tanya equipment yang boleh dipake terus itu anklet doang atau dengan jessenya juga ya?

angklett dan jesse-nya, mas. kalau emang bisa, ya lengkap. tapi coba aja dulu satu. terus kalau dia nyaman, pasang satu lagi...

lanjut di komentar baru aja ya mas, hehehe... :D

kapan masuk kuliah?

Baik dok, kemaren baru aja dipasangin jesss sekalian, awalannya sih kaget gitu pas terbang ada yang ngejuntai tapi sekarang udah biasa.

Ngomong2 saya mah latih dia jttf awalannya gimana ya? Apa cuman taroh makan di tangan nunggu dia lompat? Tapi si lepinya gak lompat2 nih hihi

Nanti dok, 10 agustus baru masuk kuliah.

udah lancar FoF belum?
kalau belum lancar FoF, jangan lanjut ke JTTF aja mas...

kalau udah lancar FoF, coba FoF dengan jarak 5, 10, 15, 20.... jadi bertahap, mas... :)

Maaf baru sempet ngabarin lagi, feed on fist kan? Udah lumayan sih sekarang, maksuda fof dikasih jarak gitu nanti dia ambil makannya gimana? Hehe gak mau lompat soalnya, tapi kepalanya udah maju2 gitu


Silakan upload gambar.