Monday, May 1, 2017

Memelihara Burung Hantu Paruh Kodok | Drh. Fira Sovica

Burung hantu paruh kodok adalah jenis burung hantu yang memiliki paruh berbentuk pendek, pipih, dan melebar ke samping. Bentuk paruhnya membuatnya disebut frogmouth atau paruh kodok. Di Indonesia, jenis burung hantu ini diketahui memiliki habitat asli di pulau kalimantan.

Cara memelihara burung hantu paruh kodok

agak mirip seperti memelihara celepuk, tentu dengan beberapa kekhasan yang diketahui hanya dimiliki oleh burung hantu paruh kodok.
Memelihara Burung Hantu Paruh Kodok
Image taken from wikimedia.org
Nah, bagaimana cara merawat burung hantu paruh kodok? Berikut adalah trik perawatan burung hantu frogmouth atau paruh kodok:
  1. Makanan burung hantu paruh kodok adalah serangga.
  2. Seperti halnya jenis burung hantu lain, burung hantu paruh kodok adalah burung karnivora. Anda bisa memberikan jangkrik berukuran kecil sebagai makanan sehari-hari, dan ulat hongkong sebagai makanan mingguan. Porsi makan burung hantu paruh kodok adalah 3 kali sehari. Selengkapnya, anda bisa membaca artikel saya, porsi makan burung hantu. Porsi makan burung hantu paruh kodok relatif sama dengan porsi makan celepuk.
  3. Burung hantu paruh kodok sebaiknya tidak dikandangkan di kandang jeruji. Anda bisa membuat owlbox dari kardus yang cara membuatnya sudah saya tulis di artikel cara membuat owlbox sederhana dari kardus. Selain itu, jika anda punya waktu lebih, anda juga bisa membuat owlbox dari kayu atau papan. Cara membuat owlbox dari kayu sudah saya tulis di artikel cara membuat kandang khusus burung hantu.
  4. Berikan suplemen untuk menambah daya tahan tubuh burung hantu. Silakan baca artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat. Berikan suplemen yang saya tulis di artikel itu sehari sekali.
  5. Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara burung hantu paruh kodok adalah bahwa tingkat stress burung hantu jenis ini relatif lebih tinggi daripada burung hantu celepuk. Hindari suara-suara keras, dan beri makan secara rutin. Dan jangan sampai telat memberi makan, karena fatal akibatnya. Kesehatan burung hantu paruh kodok bisa diketahui berdasarkan tanda-tanda tertentu. Anda bisa membaca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.
  6. Burung hantu paruh kodok bisa dilatih dan di-bonding-kan. Kunci utama penjinakkan burung hantu adalah sabar, sabar, dan sabar. Untuk referensi, silakan baca artikel-artikel saya di blog ini yang berkaitan dengan burung hantu.
Demikian adalah

cara memelihara burung hantu paruh kodok

yang saya tulis berdasarkan pengalaman memelihara burung hantu paruh kodok. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memelihara jenis burung hantu paruh kodok. Terima kasih. (FS)

31 comments

Pagi dok,, nama saya dian,, mau tnya ni, klo burung hantu d kasih makan usus nggk apa apa kan dok?

sebaiknya jangan, mas. gak cocok. :)

Dok bingung ni aku kan ada kolam ikan koi aku fikasih ikan sumpit ama temen dia g bisa ngurus gara gara di daerah rumahnya g ad tukang jual jangkrik kalo saya kan pelihara celepuk jadi banyak jangkrik bisa digabung g ya ikan sumpit ama ikan koi

This comment has been removed by the author.

Permisi dok, klo burhan celepuk satu matanya terpejam itu kenapa yah? Dan ada sedikit warna merah dibagian mata nya
Terima kasih

setau saya sih ikan sumpit sama ikan koi beda perlakuannya, mas.
jadi sebaiknya jangan disatuin.

emang ada sih yang menyatukan ikan sumpit sama ikan koi, tapi sejujurnya saya agak kurang setuju. mas bisa lakuin, tapi ya resiko tanggung sendiri, hehehe... :D

satu doang? kalau mas ajak main, matanya kebuka nggak?
dia suka garuk2 bagian matanya?

saran saya, coba mandikan. baca artikel saya CARA MEMANDIKAN BURUNG HANTU

dok saya mau nanya

kalo kotoran burung hantu saya berwarna hijau tua (hijau daun) kenapa ya?
jadi saat tidak makan dia mengeluarkan kotoran berwarna putih dan hijau tua

namun saat makan yang dikeluarkan hitam pekat rada padat.

dan dia responnya hampir tdk ada samasekali.

dikasih ikan mas takut, dikasih anak puyuh gak mau.

sementara ini saya threadmentnya mengunakan amoxicillin seperempat tablet yang dicampur 6 sendok makan air putih per tiga hari...

burung saya strix seluputo

oh ya tdnya burung hantu saya suspect tetelo karena kotorannya sempat berwarna hijau terang (walau sedikit) namun setelah saya push makan yang banyak skrng frekuensinya tdk sering namun utk kotoran yang hijau daun masih ada.

kira2 penangannya bagaimana dok??

lalu saya mau nanya, dokter hewan yang biasa menangani burung hantu dmn ya?

kontak dokter hewan di blog ini rata2 tidak bisa menangangi aves. hanya mamalia saja.

Terima kasih

kasih amoxicillinnya jangan sembarangan, mas. udah ada artikelnya kok. :)

jenis burung hantunya apa?
mas cara kasih makannya gimana?

karena kasih makan owl jangan cuma ditaro aja, disodorin ke mulutnya.

sementara stop amoxicillinnya, kasih super-n aja setetes setiap hari. silakan baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

gak sembarangan kok mas. dosisnya sangat sedikit sekali...

super n kalo dicampur air boleh gak???

soalnya kdng kalo diksh langsung malah dilepehin...

burung saya strix seluputo

dulu sempat ada respon sama makanan hidup tp habis itu gk ada respon lg.

skarang saya loloh lele terus.

saya cewek, mas... :D
udah ada kok artikel mengenai dosis amoxicillin buat hewan. super-n langsung ditetesin ke mulutnya aja.

coba kasih makan daging sapi yang dicacah aja mas. atau bisa pake daging puyuh. beli aja burung puyuh, potong, ambil dagingnya, terus simpen di freezer. tiap kali mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (bukan air hangat) sampe gak dingin dan gak beku lagi, cacah kecil2, setelah itu baru kasih ke owlnya

sekarang diloloh pake apa mas?

diloloh pake lele mbak. untuk sekedar gigit2 msh ada respon. tp dikasih berbagai macam makanan dia gak mau. anak puyuh, ikan mas apalagi ikan lele

coba mas kirim foto fesesnya/tahinya. caranya baca di bagian PERHATIAN tepat diatas kolom komentar. biar saya analisa.

kalau dagingnya anakan empritnya mas cacah halus dulu, terus mas loloh kecil2, udah coba?

kasih super-n, setetes setiap hari

oke besok insya Allah saya fotokan kotorannya

untuk daging makluk hidup belum saya coba lagi. dlu dikasih puyuh mau sedikit habis itu gk mau lagi

jadi responnya naik turun. sedangkan secara kasat mata burung strix saya sehat karena aktif dan mata melek terus

cuma ya itu tadi ketika belum makan waktu BAB kotorannya ada hijau tua (Hijau daun/hijau lumut)

oke. gak apa2, kasih makan daging aja. sedikit2 nggak apa2.
jaga agar ruangannya gak terlalu panas ya mas.

udah dikasih super-n belum? segera beri. karena itu agak bermasalah sama sistem pencernaannya...

kabari terus

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

ini donk gambar fesesnya saat sebelum makan dok

mohon diagnosanya beserta obatnya

https://s24.postimg.org/cvwaccoph/18486390_10206714242974043_2000244337171436448_n.jpg

lalu pada saat BAB setelah makan kotorannya berwarna hitam dan ada kuning gelapnya, padat dan agak berbau. setiap hari saya loloh ikan lele filet

hmm, sebenernya lele kurang cocok buat burung hantu sih mas. saya boleh saran ganti makanannya pake daging emprit atau puyuh?

kalau saya liat sih gitu, mas. agak bermasalah karena pakannya kurang cocok. saya bilang kurang cocok, bukan berarti gak boleh.

masalahnya dia gk ada respon dok...

untuk mengatasi ini pake obat apa ya? semntara saya berikan minyak ikan satu hari sekali

responnya kurang bagus kalau nggak dikasih lele ya mas? udah coba kasih pingkies? coba baca artikel cara agar burung hantu mau makan.

jangan dikasih minyak ikan, mas. apalagi dosisnya kebanyakan. minyak ikan cukup seminggu sekali aja...

mending mas kasih super-n, setetes setiap hari...

semua dok. puyuh, tikus, lele, dll tidak ada respon samasekali....
unuk obat pencernaannya tidak ada kah dok?
atau apa sebaiknya saya berikan obat cacing?

pagi dokter fira, saya mau adopt celepuk kira" bisa cari dimana ya di daerah jakarta? saya berniat cari yang masih chick atau brancher agar lebih gampang di manning, thanks dok, blog keren!

terima kasih.
di jakarta, mas bisa cari di pasar burung jatinegara, atau bisa juga di barito...

silakan baca2 dulu artikel2 saya tentang burung hantu

siang dok, saya akhirnya sudah beli burhan jenis celepuk kata yang jual sih masih brancher cuman tadi pas dirumah uda terbang"an, nih pictnya http://imgur.com/a/upndf.

oh iya saya mau tanya tadi saya coba untuk deketin, burhannya defensif banget, apa itu wajar dok? trus cara adaptasinya gimana ya dok? terakhir, makannya belum bisa disuapin dulu ya dok? saya tadi coba sodorkan jangkrik cuman sepertinya dia terlalu takut jadi ga dihiraukan jangkriknya. maaf dok banyak pertanyaan, hahaha

itu kayaknya sih brancher akhir atau juve awal. emang kalo umur segitu, lagi banyak defends... kenapa nggak pilih yang masih bayi/bulu kapas, mas? :)

tapi gak apa2, pelihara aja yang ini.

udah coba sodorin jangkrik tapi gak mau? udah coba dikarantina dulu?

sekarang gimana, udah bisa makan belum?

soalnya kemaren belinya ga dipasar dok, COD sama seller pas dia bilang masih bancher kan di kardusin COD di jalan takut terbang kalo dibuka kardusnya akhirnya pas dirumah baru buka dok.

syukurlah uda mau makan dok, kemarin malem akhirnya saya kasih 1 pinkies yg dipotong kakinya tinggalin di ruangan dia, eh langsung disodor, akhirnya saya taro 1 lagi dimakan lahap banget. abs itu yang bingung semua jangkriknya juga dimakan, padahal uda 2 hari taro jangkrik ga diapa"in sama dia.

keadaannya juga lebih tenang sekarang, tadi sempet main trus ga disangka dia mau naik ketangan saya, padahal biasa jarak 20 cm dideketin aja uda terbang kemana".

oh iya dok mo tanya saya baru lihat tadi ternyata ada 1 helai bulunya yang copot itu gapapa kan dok? bisa tumbuh lagi ga? ini gambarnya http://imgur.com/a/AC8rs

PERHATIAN

1. Jangan lupa untuk mengklik NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar setiap jawaban yang saya tulisa bisa anda cek via email.
2. Kolom konsultasi ini bukan untuk kasus urgent. Sebaiknya segera bawa hewan yang sakit ke dokter hewan terdekat jika sakitnya sudah parah atau urgent.
3. Saya akan sangat berterima kasih jika anda mengirimkan FOTO FESES/TAHI hewan yang sakit. Anda bisa mengupload gambar feses hewan di postimage.org, lalu mengirimkan linknya beserta pertanyaan yang anda tanyakan.
4. BEBAS COPY PASTE dengan MENCANTUMKAN LINK ke blog saya. Anda bisa sharing artikel ini di facebook atau media sosial lainnya sebagai ucapan terima kasih, hihihi.....
EmoticonEmoticon