Saturday, April 29, 2017

Membuat Owlbox Sederhana Menggunakan Kardus | Drh. Fira Sovica

Artikel tentang membuat kandang khusus burung hantu sebenarnya sudah pernah saya bahas di artikel cara membuat owlbox dari kayu. Kali ini, kita akan mencoba membahas

cara pembuatan owlbox sederhana dari bahan box kardus

. Artikel kali ini berguna bagi anda yang ingin memelihara burung hantu.
Membuat Owlbox Sederhana Menggunakan Kardus
Image taken from maxpixel.freegreatpicture.com
Nah, inilah cara membuat kandang khusus burung hantu sederhana dari box kardus:
  • Sediakan box kardus bekas yang besarannya disesuaikan dengan jenis burung hantu yang dipelihara. Untuk burung hantu berukuran kecil seperti celepuk dan oriental bay owl, anda bisa menggunakan kardus bekas air mineral berukuran besar. Untuk jenis burung hantu yang lebih besar, besaran box kardus yang digunakan sebaiknya menyesuaikan dengan ukuran burung hantunya.
  • Peralatan lain yang digunakan adalah pisau cutter, lakban besar berwarna hitam, batang kayu untuk tempat hinggap (bisa dibeli di toko makanan burung), dan koran bekas.
  • Prinsip dasar owlbox adalah membuat burung hantu senyaman mungkin di dalam kandangnya. Secara ego, semua jenis burung pemburu (termasuk burung hantu) sangat tidak menyukai jika ada yang dianggap lebih tinggi dari dia. Itulah alasan mengapa mereka kerap hinggap di pucuk pohon, yang membuat mereka terlihat lebih tinggi dari hewan lainnya di darat. Dan juga, secara ego mereka juga tidak menyukai pengekangan. Itulah sebabnya kenapa burung hantu tidak cocok ditaruh di kandang berjeruji.
  • Dari prinsip dasar owlbox berdasarkan ego burung hantu tersebut, maka owlbox yang baik adalah yang tidak memiliki jeruji (berdinding rapat) dan memiliki jalan keluar masuk bukan dari atasnya, melainkan dari salahsatu sisi owlboxnya.
  • Maka, cara membuat owlbox sederhana dari kardus yang memenuhi prinsip dasar owlbox burung hantu adalah sebagai beriku:
    1. Buat 'pintu' di salahsatu sisi kardus dengan men-coak salahsatu sisi kardus menggunakan cutter. Besaran coakan pintu owlbox disesuaikan dengan ukuran burung hantu dan tangan kita saat mengambil burung hantu dari owlboxnya. Coakan juga dibentuk letter C sehingga pintu bisa dibuka-tutup dengan mudah.
    2. Tempatkan kayu tangkringan di dalam kardus dengan melubangi 2 sisi kandang, lalu taruh kayu tangkringan di situ. Posisi kayu tangkringan melintang di depan lubang dan berada pada 5 atau 10 senti dibawah lubang tangkringan.
    3. Setelah itu, tutup bagian atas kardus menggunakan lakban hitam.
    4. Langkah terakhir adalah menempatkan kertas koran sebagai tempat penampungan kotoran di dalam owlbox. Buang dan ganti kertas koran tiap minggu dari dalam owlbox agar owlbox tetap bersih.
  • Owlbox sederhana dari bahan kardus di atas juga bisa digunakan untuk BOP lain seperti alap-alap dan semacamnya.
Demikian adalah

cara membuat owlbox sederhana dari kardus

. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda dalam memelihara burung hantu. Terima kasih. (FS)

1 comments:

PERHATIAN

1. Jangan lupa untuk mengklik NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar setiap jawaban yang saya tulisa bisa anda cek via email.
2. Kolom konsultasi ini bukan untuk kasus urgent. Sebaiknya segera bawa hewan yang sakit ke dokter hewan terdekat jika sakitnya sudah parah atau urgent.
3. Saya akan sangat berterima kasih jika anda mengirimkan FOTO FESES/TAHI hewan yang sakit. Anda bisa mengupload gambar feses hewan di postimage.org, lalu mengirimkan linknya beserta pertanyaan yang anda tanyakan.
4. BEBAS COPY PASTE dengan MENCANTUMKAN LINK ke blog saya. Anda bisa sharing artikel ini di facebook atau media sosial lainnya sebagai ucapan terima kasih, hihihi.....
EmoticonEmoticon