Saturday, April 29, 2017

Membuat Owlbox Sederhana Menggunakan Kardus | Drh. Fira Sovica

Artikel tentang membuat kandang khusus burung hantu sebenarnya sudah pernah saya bahas di artikel cara membuat owlbox dari kayu. Kali ini, kita akan mencoba membahas

cara pembuatan owlbox sederhana dari bahan box kardus

. Artikel kali ini berguna bagi anda yang ingin memelihara burung hantu.



Membuat Owlbox Sederhana Menggunakan Kardus
Image taken from maxpixel.freegreatpicture.com
Nah, inilah cara membuat kandang khusus burung hantu sederhana dari box kardus:
  • Sediakan box kardus bekas yang besarannya disesuaikan dengan jenis burung hantu yang dipelihara. Untuk burung hantu berukuran kecil seperti celepuk dan oriental bay owl, anda bisa menggunakan kardus bekas air mineral berukuran besar. Untuk jenis burung hantu yang lebih besar, besaran box kardus yang digunakan sebaiknya menyesuaikan dengan ukuran burung hantunya.
  • Peralatan lain yang digunakan adalah pisau cutter, lakban besar berwarna hitam, batang kayu untuk tempat hinggap (bisa dibeli di toko makanan burung), dan koran bekas.
  • Prinsip dasar owlbox adalah membuat burung hantu senyaman mungkin di dalam kandangnya. Secara ego, semua jenis burung pemburu (termasuk burung hantu) sangat tidak menyukai jika ada yang dianggap lebih tinggi dari dia. Itulah alasan mengapa mereka kerap hinggap di pucuk pohon, yang membuat mereka terlihat lebih tinggi dari hewan lainnya di darat. Dan juga, secara ego mereka juga tidak menyukai pengekangan. Itulah sebabnya kenapa burung hantu tidak cocok ditaruh di kandang berjeruji.
  • Dari prinsip dasar owlbox berdasarkan ego burung hantu tersebut, maka owlbox yang baik adalah yang tidak memiliki jeruji (berdinding rapat) dan memiliki jalan keluar masuk bukan dari atasnya, melainkan dari salahsatu sisi owlboxnya.
  • Maka, cara membuat owlbox sederhana dari kardus yang memenuhi prinsip dasar owlbox burung hantu adalah sebagai beriku:
    1. Buat 'pintu' di salahsatu sisi kardus dengan men-coak salahsatu sisi kardus menggunakan cutter. Besaran coakan pintu owlbox disesuaikan dengan ukuran burung hantu dan tangan kita saat mengambil burung hantu dari owlboxnya. Coakan juga dibentuk letter C sehingga pintu bisa dibuka-tutup dengan mudah.
    2. Tempatkan kayu tangkringan di dalam kardus dengan melubangi 2 sisi kandang, lalu taruh kayu tangkringan di situ. Posisi kayu tangkringan melintang di depan lubang dan berada pada 5 atau 10 senti dibawah lubang tangkringan.
    3. Setelah itu, tutup bagian atas kardus menggunakan lakban hitam.
    4. Langkah terakhir adalah menempatkan kertas koran sebagai tempat penampungan kotoran di dalam owlbox. Buang dan ganti kertas koran tiap minggu dari dalam owlbox agar owlbox tetap bersih.
  • Owlbox sederhana dari bahan kardus di atas juga bisa digunakan untuk BOP lain seperti alap-alap dan semacamnya.
Demikian adalah

cara membuat owlbox sederhana dari kardus

. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda dalam memelihara burung hantu. Terima kasih. (FS)

22 comments

Dok saya mau konsul kan sebntar lg mau mudik dan saya hawatir kalo ninggalin burung saya dan kalo di bawa takut di stres juga dok soalnya saya mudik lumayan jauh dari bandung ke sumatera.. Kalo misal di bawa baiknya kaya gimana yah dok?

burungnya burung hantu?
mas gak bisa titip ke teman selama mudik?

atau bisa juga sih dibawa di kardus.. jenis burung hantunya apa mas?

atau bisa juga pake jasa pengiriman hewan. di facebook aja kok. namanya Yeeza cargo kalo gak salah.

Burungnya buffy dok kalo misal dibawa pake hawk box aman?? Masalahnya temen saya ada yg mudik juga dan ada yg gamau karna takut dan ga ngerti gimna ngurusnya.. .

bisa pake hawkbox, atau pake kardus. mas pulang pake apa? mobil?

setelah sampe tujuan, mas bisa kasih super-n ke dia. dan karantina di ruangan sepi..

Iyaa dok pake mobil, saya ngeri dia stres dok soalnya dia lg pinter pinternya dok udah bisa ff

kalo pake mobil, saya kira aman. asalkan jangan terlalu panas di dalam mobilnya... jadi taro di kursi penumpang aja, hehehe... :)

mudik kemana mas? dan mas dari kota mana?

Dari bandung ke sumatera dok, aman ga yah?? Soalnya saya mau bawa 2 burung saya celepuk sama buffy Terus satu lagi dok burung hantu hewan yg di lindungi ga sih? Soalnya takut nanti kena periksa dan di sita

gak. celepuk sama buffy nggak dilindungi kok...

sumatranya mana mas? :)

berapa jam perjalanan tuh?

Oh alhamdulillah aman ya dok sama saya di bawa mudik..ke lubuk linggau dok, Paling perjalanan sehari semalem dok itupun kalo ga macet ��

iya, kalo gak macet, huehehe. dulu saya pernah ke daerah sumatra juga. 2 hari baru sampe. emang gila-gilaan sih kalo macet. sejak saat itu, kapok naek mobil. mending naek pesawat dulu terus 'lawan arus' naek mobil... :D

Tp dok gimana yah td aku nyoba masukin dia ke hawk box tp si burungnya ga bisa diem, pas di dalem dia grubuk grubuk gitu dok... Gapapa kalo nanti pas mudik gitu dok?

sebelumnya maaf karena baru balas... :(

makanya selama sebelum berangkat mudik, dia dibiasakan dulu. mas. :)

emang awal-awal gitu kok, lama-lama nanti terbiasa.

sekarang gimana owlnya?

sekali lagi, maaf karena baru balas...

Belum di biasain sama boxnya sih dok tp ga akan apa apa ya dok??
Iyaaa gapapa dok :)
Multivitamin buat nanti dia mudik apa ya dok??

iya, gak apa2. :)

kasih super-n aja, pagi sama sore.

Cara membiasakan dia sama boxnya gimana ya dok??

taro aja langsung di boxnya.
gak apa2, awal2 pasti dia gerabag gerubug, tapi nanti dia terbiasa kok....

mudik kapan mas? :)

This comment has been removed by the author.

Dok kok burung hantu saya ngga mau nengger si? Dia malah lompat k bawah trus k pojokan,, cara mengatasinya gimana dok, burung saya si masih ada bulu kapasnya

Dok kok burung hantu saya ngga mau nengger sih? Dia malah lompat k bawa trus k pojokan,, burhan saya si masih ada bulu kapasnya

boleh tau klo mau piara anakan burung OWL beli dmn ya ?
mksh

di pasar hewan terdekat banyak kok mas... :)

cek dulu artikel ciri burung hantu yang sehat...


Silakan upload gambar.