Sunday, April 30, 2017

Cara Memelihara Fennec Fox | Drh. Fira Sovica

Rubah gurun, atau biasa disebut fennec fox, adalah jenis rubah yang hidup di afrika, tepatnya di gurun sahara. Fennec fox adalah jenis rubah nocturnal (aktif pada malam hari) dan omnivora (pemakan segalanya). Artikel

cara memelihara fennec fox

ini saya tulis berdasarkan wawancara beberapa sahabat saya yang pernah menangani langsung fennec fox di beberapa zoo di Amerika. Artikel ini terkait dengan artikel memelihara hewan exotis lain seperti cara memelihara prairie dog.
Cara Memelihara Fennec Fox
Image taken from wikimedia.org
Berikut adalah cara memelihara fennec fox:
  • Gunakan kandang kucing besar untuk memelihara fennec fox. Jangan menggunakan kandang kucing kecil karena akan membuat fennec fox anda stress.
  • Seperti yang sudah saya tulis di atas, fennec fox biasanya lebih banyak aktif pada malam hari. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu siang hari di kandangnya dengan malas-malasan dan tidur-tiduran. Meski demikian, anda masih bisa mengajak mereka bermain pada siang hari.
  • Makanan berupa telur rebus, daging ayam cincang, buah-buahan seperti potongan buah pear, potongan buah pepaya, dan potongan pisang bisa diberikan 3 kali sehari pada pagi, sore, dan malam hari. Taruh air minum di wadah minum di kandang dan ganti setiap hari.
  • Seperti halnya memelihara hewan lain, memelihara fennec fox diperlukan komitmen dan tanggung jawab yang tidak sedikit. Anda harus mengajaknya bermain minimal 20 menit setiap harinya agar dia mengenal anda sebagai tuannya. Pemberian makanan secara handsfeed (disuapi) juga bisa dilakukan agar fennec fox peliharaan anda bonding kepada anda.
Demikian adalah cara memelihara fennec fox yang saya tulis berdasarkan wawancara dengan beberapa sahabat yang sudah pernah memelihara fennec fox. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan wawasan bagi anda semua. Terima kasih. (FS)

PERHATIAN

1. Jangan lupa untuk mengklik NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar setiap jawaban yang saya tulisa bisa anda cek via email.
2. Kolom konsultasi ini bukan untuk kasus urgent. Sebaiknya segera bawa hewan yang sakit ke dokter hewan terdekat jika sakitnya sudah parah atau urgent.
3. Saya akan sangat berterima kasih jika anda mengirimkan FOTO FESES/TAHI hewan yang sakit. Anda bisa mengupload gambar feses hewan di postimage.org, lalu mengirimkan linknya beserta pertanyaan yang anda tanyakan.
4. BEBAS COPY PASTE dengan MENCANTUMKAN LINK ke blog saya. Anda bisa sharing artikel ini di facebook atau media sosial lainnya sebagai ucapan terima kasih, hihihi.....
EmoticonEmoticon