Sunday, April 30, 2017

Ada Bintik Putih di Mata Kura-kura, Kenapa? | Drh. Fira Sovica

Pagi ini, salahsatu pengunjung blog ini bertanya kepada saya: "Dok, ada

bintik putih di mata kura-kura

saya. Itu kenapa ya?". Artikel kali ini akan sedikit membahas mengenai adanya titik putih di mata kura-kura. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penyebab adanya bintik putih di mata kura-kura. Tentu saya sendiri lebih menyarankan agar anda memeriksakan kura-kura yang di matanya ada bintik putih ke dokter hewan terdekat untuk mengetahui sebab pastinya. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara kura-kura RES.
Ada Bintik Putih di Mata Kura-kura, Kenapa?
Image taken from freegreatpicture.com
Ada beberapa sebab kenapa muncul white spot di mata kura-kura. Dan inilah beberapa sebab dan cara menghilangkan bintik putih di mata kura-kura.
  • Katarak.
  • Ciri bintik mata pada kura-kura dengan sebab katarak biasanya hanya ada satu bintik putih di matanya. Katarak biasanya muncul pada kura-kura dengan usia tua atau saat mata kura-kura terpapar sinar matahari atau sinar UVB dalam waktu yang lama. Akan lebih baik jika anda membawa kura-kura anda ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan mengobati mata kura-kura yang ada bintik putih karena katarak tersebut.
  • Kualitas air yang jelek.
  • Kualitas air yang buruk juga bisa membuat timbulnya bercak putih di mata kura-kura. Sebaiknya cek kualitas air jika muncul bercak putih pada mata kura-kura anda. Gunakan air murni yang tidak mengandung bahan kimia (kaporit dll) dan tidak tinggi zat besi. Saya sendiri menyarankan agar anda menggunakan air tanah murni yang sudah diendapkan semalaman. Ganti air secara rutin minimal 2 atau 3 hari sekali. Oh ya, gunakan water heater untuk menaikkan suhu air sedikit, agar sistem imun kura-kura bisa terjaga.
  • Gizi yang tidak seimbang.
  • Penyebab ketiga dari penyebab ada bintik putih di mata kura-kura adalah tidak seimbangnya gizi pada kura-kura, terutama lemak dan protein. Mengendapnya sisa lemak atau protein di lensa juga menjadi penyebab terjadinya katarak. Maka dari itu, bintik pada mata yang terjadi akibat gizi yang tidak seimbang lebih sering terjadi pada kura-kura berusia tua. Cara mengobati kura-kura yang ada titik putih di matanya akibat lemak dan protein adalah dengan menyeimbangkan gizinya. Berikan asupan serat berupa sayuran dan buah-buahan kepada kura-kura peliharaan anda. Batasi asupan daging dan pellet.
  • Jamur dan infeksi pada mata.
  • Sebab terakhir dari timbulnya bintik putih pada mata kura-kura adalah karena jamur, biasanya diiringi dengan membengkaknya kelopak mata kura-kura dan kura-kura jadi tidak mau makan, serta suka menggaruk-garuk bagian matanya. Segera cek kualitas air, karena air yang bersih dan berkualitas bagus tidak akan menjadi sarang jamur. Anda juga bisa menambahkan garam ikan di airnya, dan menggunakan water heater untuk menaikkan suhu air gara bakteri dan jamur mati. Berikan asupan vitamin A kepada kura-kura anda dengan memberikan sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel dan semacamnya. Untuk obatnya, anda bisa memberikan salep Gentamicin atau obat tetes mata Chloramphenicol dengan dosis sekali sehari. Segera bawa kura-kura yang sakit ke dokter hewan terdekat jika dalam 4 hari tidak ada perubahan pada kura-kura anda.
Demikian adalah beberapa

penyebab kenapa muncul bintik putih di mata kura-kura

. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi penambah wawasan bagi anda semuan, serta bisa menjadi acuan. Saran, komentar, dan pertanyaan bisa anda ajukan di bawah ini. Terima kasih. (FS)


Silakan upload gambar.