Saturday, January 21, 2017

Cara Memelihara Prairie Dog | Drh. Fira Sovica

Memelihara prairie dog

cukup mudah, namun anda harus punya komitmen dalam merawat hewan unik ini. Prairie dog memang bukan hewan peliharaan populer di Indonesia. Meski dinamakan 'dogs' (anjing), namun sebenarnya prairie dog adalah hewan sebangsa tupai tanah. Hewan ini disebut prairie dogs yang artinya 'anjing padang rumput' karena berukuran lebih besar dibandingkan tupai lainnya dan kerap ditemui di padang rumput. Artikel cara memelihara prairie dog ini saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri sebagai dokter hewan.



Cara Memelihara Prairie Dog
Image taken from wikipedia.org
  • Karakter prairie dog.
    1. Prairie dog adalah hewan herbivora (pemakan tumbuhan). Di habitat aslinya, hewan ini banyak bersarang di lubang-lubang padang rumput.
    2. Prairie dog bukan hewan yang bisa jinak ke semua orang. Mereka adalah hewan yang sangat teritorial, yang tidak sungkan menyerang orang asing yang masuk ke 'wilayahnya'. Meski begitu, hewan ini juga bisa sangat dekat (bonding) kepada tuannya, yaitu orang yang biasa bermain dengannya. Maka wajib hukumnya untuk mengajak prairie dog peliharaan anda bermain, minimal 10 atau 20 menit sehari.
    3. Prairie dog adalah hewan sosial, sama seperti sugar glider. Mereka adalah hewan yang membutuhkan teman sesamanya, baik itu untuk bermain maupun berinteraksi. Jika ingin memelihara prairie dog, saya sarankan agar anda memelihara minimal dua ekor atau sepasang prairie dog dalam satu kandang.
  • Cara memelihara prairie dog
    Cara Memelihara Prairie Dog
    Image taken from online onlive1.com
    1. Siapkan kandang yang cukup besar untuk menampung 2 ekor prairie dog. Kandang ideal untuk prairie dog adalah kandang yang memungkinkan prairie dog peliharaan anda bisa bergerak bebas dan bermaindi dalamnya. Sebagai tempat tidur prairie dog peliharaan anda, anda bisa menaruh kotak plastik berisi kain di dalam kandangnya. Saya sendiri dulu menggunakan nampan berukuran sedang untuk tempat tidur prairie dog.
    2. Pada dasarnya, prairie dog adalah tupai tanah. Anda bisa menambahkan aksesoris berupa terowongan dari pipa PVC sebagai tempatnya bermain. Modifikasi terowongan tersebut sesuai dengan tingkat kreatifitas anda.
    3. Anda bisa memberikan rumput hay sebagai makanan utama prairie dog peliharaan anda. Selain rumput hay, makanan lain prairie dog adalah oats. Anda bisa memberikan bubur oats instan yang banyak dijual dipasaran sebagai makanan prairie dog anda. Saya sendiri menggunakan oats instan sebagai makanan prairie dog peliharaan, dan seminggu sekali memberikan campuran rumput hay dan cacahan wortel mentah sebagai makanan tambahan prairie dog peliharaan saya.
    4. Bersihkan kandang minimal seminggu sekali. Akan lebih baik lagi jika anda memiliki kandang cadangan yang bisa digunakan secara bergantian setiap minggunya.
    5. Dan seperti yang sudah saya tulis di atas, ajaklah prairie dog peliharaan anda bermain, minimal 20 menit sehari, agar dia bisa mengenal anda sebagai tuannya.
Demikian adalah artikel

cara memelihara prairie dog sebagai hewan peliharaan

. Semoga artikel singkat tentang merawat prairie dog ini bisa menjadi acuan bagi anda para penggemar hewan eksotis. Terima kasih. (FS)

8 comments

Dok kepana ya musang saya kok gemeteran trus ? Dan kenapa ya di telapak kakinya kok kayak luka2 gtu umur sekitar 2bln

coba kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang.
satu lagi. Jangan dikasih susu. STOP susunya. karena itu yang bikin dia sakit.
buat makanannya, mas bisa kasih bubur bayi promina...

lakukan, dan kabari lagi

Siang Dok, prairie dog bisa di dapatkan dimana ya? tempatnya?

kalo yang jual, tempo hari ada yang jual di kaskus. entah sekarang masih ada atau nggak, mas...

atau mas bisa cari di grup jual beli hewan eksotis di facebook

Harga parairie dog d indonesia brp y dok?

sejujurnya, saya kurang tau. tapi tempo hari saya liat di grup jual beli facebook, harga prairie dog adalah 3 jutaan, mas.... CMIIW...

Makasih infonya dok. Btw kl dibreeding d indo yg iklim tropis gini kira2 bs gk y dok?

saya yakin bisa, mas. udah ada kok yang pelihara di indo. :)


Silakan upload gambar.