Cara Menjaga Kesehatan Landak Mini | Drh. Fira Sovica

Tips

cara agar landak mini tetap sehat

berguna bagi mereka yang memelihara landak mini sebagai hewan peliharaan. Hewan peliharaan yang imut ini memang banyak diternakkan oleh para penghobi hewan peliharaan. Artikel tentang cara menjaga kesehatan landak ini saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan.



Cara Menjaga Kesehatan Landak Mini
Image taken from mentalfloss.com
Nah, berikut adalah beberapa poin dalam menjaga kesehatan landak mini:
  1. Jaga agar bedding (alas kandang) landak selalu bersih, baik itu dari feses ataupun dari urine.
  2. Untuk menjaga bedding agar tetap bersih, anda bisa menggunakan sekop kecil untuk membuang bedding yang basah akibat urine dan feses. Cukup buang bagian bedding yang kotor saja. Lakukan setiap hari. Dan ganti keseluruhan bedding setiap minggu.
  3. Mandikan landak mini minimal seminggu sekali.
  4. Setelah dimandikan, keringkan duri-durinya menggunakan hair dryer. Selengkapnya, anda bisa membaca artikel saya cara memandikan landak mini.
  5. Agar sistem pencernaan landak mini anda tetap sehat, anda bisa memberikan potongan buah-buahan.
  6. Jenis buah yang aman untuk makanan tambahan landak mini antara lain pepaya, pisang, apel, pir, melon, dan semangka. Berikan buah-buahan kepada landak mini peliharaan anda minimal seminggu sekali.
  7. Jaga suhu kandang agar tetap stabil. Jangan terlalu dingin, juga jangan terlalu panas.
Demikian adalah

cara agar landak mini tetap sehat

. Semoga artikel singkat ini bisa anda jadikan referensi bagi anda yang ingin memelihara landak mini sebagai hewan peliharaan. Terima kasih. (FS)

9 Responses to "Cara Menjaga Kesehatan Landak Mini"

  1. Dokter saya ingin tanya , landak mini saya dibagian kupingnya ada jendolan sperti kutil dok , sblmnya menyebar lalu saya olesin pake salep itchytol, sudah sampe sembuh total hilang jendolannya , namun skrg nongol lg dok jendolan sperti kutil itu dibagian telinganya , mohon bantunanya dok harus bagaimana penaganan nya agar penyakit itu ilang dr landak mini saya . Padahal pakan yg saya berikan cf di selingin dengan serangga dan pemberian air pun air matang , saya pikir spertinya alergi dok jd mohon bantuan jawabnya ya dok bgaimana penaganannya . Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering mas mandikan nggak landaknya?
      cek kebersihannya, mas. setelah dimandikan, bisa kasih salep itchytol lagi.....

      rajin jemur juga minimal seminggu sekali atau dua kali....

      Delete
  2. Sering dok alas pun selalu terjaga kebersihannya dan udah terlatih pooty training , sblm mandi dan sesudah mandi pun perawatan ditetesi VCO , selama ini sih saya blm pernh jemur dok , nanti akan saya jemur dok . Terimakasih banyak ya nantu saya update lg perkembangnya takut bentolnya menyebar dok :)

    ReplyDelete
  3. Dokter..landak saya sedang sakit. Lemas, g mau makan/minum, rebahan terus. Saya khawatir banget dok. Apa yg hrs saya lakukan biar dia mau makan? Apa saya paksa..maksudnya makan dan minum pake spet? Caranya bagaimana krn pakannya selama ini cf kering. Didaerah saya ada dokter hewan tp g pernah nangani landak mini. Sya bingung apa yg harus saya lakukan. Apa ada nutrisi tambahan yg tersedia secara luas, yg bs sya berikan ke landak saya? Tlg saya dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sih, mending segera bawa ke dokter hewan lain aja mas.

      sebelum sakit ini, ada gejala lain? misalnya mencret. nafasnya susah? atau lain-lain....

      bisa aja sih kena distemper, terutama kalau dia sesak2 nafas gitu...

      Delete
  4. Dok landak saya kalau malem hiperaktif sekali. Lari melingkar" di kandang trs semuanya digulingin. Itu kenapa ya? Seperti stress soalnya dia smlaman penuh dia lari" smua ditabrakin. Kalau siang tidur trs. Hampir ga bangun"

    ReplyDelete
  5. dok saya mau nanya, kalau pup landak yang sehat itu bentuknya seperti apa??? apakah padat atau lembek seperti odol???

    ReplyDelete
  6. Kak, klo mau ngasih buah-buahan porsinya brpa bnyak?

    ReplyDelete
  7. Dok gimna caranya agar landakbbisa gemuk??

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.