Mengetahui Jenis Kelamin Nuri Kepala Hitam | Drh. Fira Sovica

Dok, bagaimana membedakan burung nuri kepala hitam jantan dan nuri kepala hitam betina?

Demikian pertanyaan yang diajukan salahsatu pengunjung blog ini kepada saya. Cara mengetahui jenis kelamin nuri kepala hitam akan coba saya bahas di artikel berikut ini. Artikel ini berkaitan dengan artikel bedanya burung hantu jantan dengan burung hantu betina.



Mengetahui Jenis Kelamin Nuri Kepala Hitam
Image taken from parrots.org
  • Burung nuri kepala hitam adalah jenis burung monomorphic, artinya relatif susah dibedakan secara visual mana burung nuri kepala hitam jantan dan mana burung nuri kepala hitam betina.
  • Cara paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin burung nuri kepala hitam adalah dari test DNA atau melalui operasi. Namun jika anda ingin mengetahui jenis kelamin burung nuri kepala hitam dengan mudah, mungkin anda bisa berpedoman pada poin-poin berikut ini:
    1. Panjang tubuh burung nuri kepala hitam betina lebih panjang dibandingkan burung nuri kepala hitam jantan. Panjang tubuh burung nuri kepala hitam diukur dari ujung kepala hingga ujung bulu ekor.
    2. Burung nuri kepala hitam betina memiliki badan yang lebih ramping, sementara burung nuri kepala hitam jantan cenderung lebih berisi.
    3. Panjang culmen burung nuri kepala hitam betina lebih panjang dibandingkan culmen burung nuri kepala hitam jantan. Culmen adalah ukuran panjang paruh yang diukur dari ujung paruh hingga bulu pertama di persambungan paruh atas-kulit. Untuk lebih jelas, anda bisa melihat gambar culmen area culmen dibawah ini:
      Cara mengukur panjang culmen pada burung (Image taken from wikipedia.org)
Demikian adalah beberapa prinsip dalam

membedakan atau bedanya nuri kepala hitam jantan dan betina

. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi acuan bagi anda untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin burung nuri kepala hitam. Terima kasih (FS)

7 Responses to "Mengetahui Jenis Kelamin Nuri Kepala Hitam"

  1. Maaf dok ini jantan atau betina ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana mas? :)

      masukkin di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, nah linknya copas di komentar baru

      Delete
  2. Selamat malam Dokter..
    Dok saya punya nuri kepala hitam, pagi ini ga lincah ky biasanya, bunyinya juga ky meringkih dan jarang dok, biasanya nyaring dan sering bunyi. Kalau saya kasih super N gapapa dok? Saya udah melihara sekitar 2 taun dok, terakhir sy kasih makan jagung dan sampai sore ini makannya masih lahap dok, tp msh jarang bunyi dan ga lincah..
    Terimakasih sebelumnya dok ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman, mas. kasih aja super-n. :) udah biasa dikasih jagung belum? boleh aja sih kasih jagung... :) fesesnya gimana? bagus? kalau fesesnya gak mencret dan nafsu makannya bagus, dia masih sehat kok... :)

      Delete
  3. Punya saya jantan sama betina gk dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.