Daftar Hewan Yang Gampang Mati | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

hewan yang sangat rentan dengan kematian

. Bagi anda yang pemula dalam memelihara hewan, hindari memelihara hewan berikut ini. Artikel ini terkait dengan artikel memelihara hewan sebagai sarana investasi.
Daftar Hewan Yang Gampang Mati
Image taken from satujam.com
Berikut adalah hewan peliharaan yang gampang mati jika si pemilik tidak tahu cara memeliharanya:



  1. Musang rase.
  2. Musang rase, terutama musang rase anakan, sangat rentan mati. Sangat sedikit bayi atau anakan musang rase yang dipelihara manusia, yang bisa bertahan sampai dewasa. Penyebab kematian musang rase anakan sudah saya bahas di artikel penyebab kematian musang rase.
  3. Baby otter.
  4. Baby otter adalah hewan kedua yang termasuk hewan peliharaan yang sangat gampang mati. Penyebab kematian pada baby otter biasanya disebabkan oleh cara pemeliharaan yang salah dan daya tahan tubuhnya yang sangat rentan.
  5. Baby kura-kura.
  6. Hewan ketiga yang saya kategorikan sebagai hewan yang mudah mati adalah bayi kura-kura. Jangan coba-coba memelihara kura-kura yang masih bayi, baik itu bayi sulcata atau bayi kura-kura apapun itu, jika anda tidak mengetahui cara memeliharanya dengan baik dan benar. Pelajari sebaik mungkin apa yang dibutuhkan dalam memelihara sulcata atau bayi kura-kura lainnya. Risetlah sebanyak-banyaknya, baik itu dengan membaca artikel saya di blog ini, maupun dengan bertanya kepada orang yang berpengalaman. Dengan begitu, resiko kematian bayi kura-kura peliharaan anda bisa diminimalisir.
  7. Kucing hutan, terutama kucing hutan tangkapan liar.
  8. Hewan selanjutnya yang saya masukkan ke daftar hewan yang gampang mati bila tidak tahu cara mengurusnya adalah kucing hutan tangkapan liar. Penyebab kematian kucing hutan yang dipelihara manusia rata-rata karena sistem pencernaan kucing hutan tangkapan liar yang belum bisa beradaptasi dengan makanan yang diberikan manusia. Gejala yang muncul sebelum kucing hutan yang dipelihara mati biasanya feses yang berubah jadi cair (mencret), dan nafsu makan berkurang hingga nafsu makan hilang samasekali (mogok makan).
  9. Baby garangan.
  10. Hewan selanjutnya yang saya masukkan ke dalam list daftar hewan yang gampang mati adalah bayi garangan. Jika anda berniat memelihara garangan, minimal pilih garangan anakan yang sudah bisa makan sendiri.
  11. Ikan buntal anakan.
  12. Anakan ikan buntal adalah hewan peliharaan keenam yang saya masukkan ke daftar hewan peliharaan yang gampang mati. Penyebab kematian ikan buntal yang dipelihara oleh manusia biasanya dikarenakan kondisi air yang kurang sesuai, serta makanan yang kurang tepat.
Demikian adalah

daftar hewan peliharaan yang gampang mati

. Tentu saja, daftar di atas bisa saja salah jika anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk memelihara salahsatu dari hewan di atas. Maka kuncinya adalah riset sebelum memutuskan memelihara hewan-hewan di atas. Terima kasih (FS)

17 Responses to "Daftar Hewan Yang Gampang Mati"


  1. Percakapan Obrolan Dimulai
    3:02
    asallamuallaikum dokter fira, selamat pagi dok maaf menggangu selarut ini, dok saya punya musang akar kakinya baru saja ter selip potongan2 kain, saya tidak tau kenapa kakinya seperti patah tulang, saya goyang2kan kakinya, kakinya tetep letoy gitu dok.. mohon sarannya apa yang harus saya lakukan 😞 trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kakinya mas tekan atau gerakkan, musangnya kesakitan nggak? dan udah berapa lama? :(
      kalau musangnya kesakitan pas kakinya yang lemas disentuh, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat, mas... biar dapet penanganan....

      Delete
  2. dok, saya punya forsteni baby ukuran 8/9 cm,, dikasih makan kok ga mau, tidur aja dipojokan,, saya udah rendem air hangat tapi masih suka tidur dipojokan
    memang ukurannya segitu banyak tidur ato gmna dok?
    saya udah coba ngasih sawi,selada,pisang,timun,wortel,kembang sepatu tapi makannya segigit dua gigit aja
    kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama? fesesnya gimana? tahinya? mencret? lubang hidungnya gimana? suka basah nggak?
      untuk kura2 ukuran segitu emang daya tahan tubuhnya masih sangat lemah. coba cek artikel saya cara mengobati kura-kura pilek...

      Delete
    2. Mba Fira saya mau nanya lagi ,,, kalau misalkan saya angkat hamster/SG/res di taro tangan tiba-tiba pee itu tandanya apa ya ?

      Delete
  3. Maaf dok , saya mau nanya ,kalau banyak iStar sama banyak iguana , kalo dijemur jam 1keatas boleh ga si dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. *baby istar , aih . Prediksi HP bikin typo ni , maaf dok

      Delete
    2. hihihi, kirain saya aja yang suka kesel sama auto correct-nya hp... :D

      jangan mas, jangan sampe dijemur 1 jam. malah stress nantinya. cukup 10 sampe 15 menit aja, pagi2 sebelum jam 9.

      Delete
    3. Maksud saya dijemurnya jam 1 keatas dok , bukan lama waktunya , soalnya baru isi KRS ternyata dpt jam pagi semua 😥

      Delete
    4. ohh, kirain 1 jam lamanya.
      hmm, sabtu minggu mas masuk kuliah juga? jemurnya seminggu sekali atau 2x aja mas... atau kalau mau praktis, mas bisa pake lampu uvb khusus reptil aja.. :)

      Delete
    5. oh gitu ya , saya kira harus dijemur setiap hari . oh iya dok , kalau melihara celepuk di kamar , dia bakalan pop sembarangan apa gimana dok ?

      Delete
    6. nggak harus tiap hari sih.
      awalnya mungkin iya, si celepuk bakalan pup sembarangan. tapi kalau mas melatih agar dia gak pup sembarangan, lama2 bisa kok.. si errol sekarang pup di kertas koran yang terbuka di lantai terus... yah, kecuali kalau dia lagi kesel sama sama... biasanya dia pup di atas kepala saya... :D

      Delete
    7. Mba Fira saya mau nanya lagi ,,, kalau misalkan saya angkat hamster/SG/res di taro tangan tiba-tiba pee itu tandanya apa ya ?

      Delete
    8. malah bagus.
      mereka menandai daerah kekuasaannya dengan kencing/pup. sama aja kayak kucing. kalo dia mengencingi tangan mas, itu artinya: "orang ini milik saya! jangan dekati" :)

      Delete
  4. maaf cara ngilangin racun pada kukang itu gmn,cara merawat elamg jawa,bondol dan brontok itu gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa, mas. hmm, mungkin bisa juga dioperasi, tapi jujur saya belum pernah denger ada operasi pengangkatan racun kukang...

      lagian racun kukang cuma jenis racun mild yang gak bahaya, mas....

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.