Penyebab Kematian Bayi Musang | Drh. Fira Sovica

Kematian bayi musang peliharaan

adalah hal yang kerap kali ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya. Agak susah sebenarnya untuk mengetahui kenapa bayi musang bisa mati tanpa melihat langsung kondisi musangnya. Namun berdasarkan pengalaman dan beberapa sumber buku, saya akan merangkum beberapa penyebab kematian pada bayi musang yang dipelihara oleh manusia. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara musang pandan, cara memelihara musang bulan, dan cara memelihara musang rase.


Penyebab Kematian Bayi Musang
Image taken from pinterest.com
Berikut adalah beberapa penyebab kematian pada bayi musang yang dipelihara:
  • Kedinginan.
  • Kedinginan adalah penyebab utama kematian bayi musang yang dipelihara oleh manusia. Hipotermia (kematian akibat suhu dingin) pada bayi musang menyebabkan terganggunya sistem pencernaan bayi musang, menyebabkan penumpukan zat asam pada sistem cerna bayi musang. Maka dari itu, penting untuk menjaga agar bayi musang tetap hangat. Jangan memandikan bayi musang. Anda cukup mengelapnya dengan handuk yang dibasahi air hangat beberapa kali, lalu mengelapnya lagi dengan handuk kering.
  • Tersedak makanan atau minuman.
  • Penyebab kedua dari faktor kematian bayi musang adalah tersedak makanan atau minuman. Umumnya, ada sebagian kecil cairan makanan atau minuman yang masuk ke saluran pernafasan, menyebabkan terganggunya pernafasan pada bayi musang. Hal ini lebih sering terjadi pada bayi musang yang makannya masih disepet (pemberian makanan menggunakan suntikan atau dot). Maka dari itu, pemberian makanan dengan cara disepet sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati.
  • Penyakit.
  • Penyebab kematian bayi musang yang terakhir adalah karena penyakit. Seperti yang sudah saya sebutkan di artikel mengobati bayi musang yang berjalan mundur dan gemetar, bayi musang sangat rentan penyakit karena secara alami dia masih sangat membutuhkan asupan susu dari induknya. Dan tidak ada susu buatan manusia yang bisa menyamai susu induk musang, baik dari sisi gizi maupun lainnya. Pemberian susu formula juga tidak membantu karena susu formula kerap kali membuat sistem pencernaan musang terganggu.
Bagi anda yang baru akan memelihara musang, saya sangat menyarankan agar anda tidak mengadopsi musang yang masih bayi. Anda bisa membaca artikel saya tentang usia musang yang ideal untuk dipelihara.
Demikian adalah artikel singkat tentang

penyebab kematian pada bayi musang

. Saran, kritik, dan konsultasi kesehatan hewan bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih banyak. (FS)

24 Responses to "Penyebab Kematian Bayi Musang"

  1. terimakasih dok buat artikelnya, saya belum pernah pelihara musang,cuman setelah membaca artikel ini saya jadi pingin pelihara.
    oia blog nya di jadiin website aja kak gratis dan cepat selesai
    membuat website gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak atas tawarannya, mas. mungkin nanti saya pertimbangkan dengan temen2 IT blog ini.>> :)

      Delete
  2. Hi doc...uda keburu adopt bayi musangx dan matax jg blum melek gtu...sy kasi mnum susu tp kadang susux ga ditelan gtu stelah brp menit kluar deh putih susu yg mngental dr mulutx gtu...dan pemberian susux brp x shari ya doc??bis mnum susux malah fesesx mencret gtu dok ke kuning2an...saranx dong doc...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. stop susu, cukup kasih bubur bayi promina campur sari kurma aja. kalau bisa, kasih ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya...

      dia ngiler gitu karena ngerasa mual dengan susunya... kadang ada yang begitu...

      kabari lagi soal fesesnya...

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Obat buat musang yang mulut nya terluka apa ya dok?? Soalnya gg mau makan.. trus kalo mau di kasih tmn, bagus nya yg seumuran ato gmna??

    ReplyDelete
    Replies
    1. lukanya karena apa mas?
      coba mas timbang berat musangnya. mas beli aja amoxicillin 500gr di apotik, tumbuk satu tablet amoxicillin, lalu takar dengan dosis 1 miligram amoxiciliin bubuk per kilogram berat badan musang (misalnya: berat badan musang 5kg, maka dosis amoxicillinnya cukup 5mg aja).

      kalo berat musangnya kurang dari 1kg, cukup berikan 1mg aja. kasih 2x sehari, pagi dan sore... :)

      Delete
    2. Selamat Pagi Dok, saya juga pemula memelihara musang setelah lebaran kemarin saya baru beli., saya punya 1 muspan 3 bln, 2 muskar borneo 2 bln, 2 musbul aceh 2 bln dan 4 bln.
      Yang saya ingin tanyakan:
      1. boleh kah saya kasih vitamin setiap hari tapi diselang seling beda vitamin, hari 1 stimuno, ke 2 scot em.. 3. virbac gel klu sabtu atau minggu dikasih jangkrik tanpa kaki diberikan 20 jangkring ke setiap musang. apakah ini berlebihan atau ada dampak negatif ?
      2. boleh gak saya hanya kasih makan buah2an saja seperti pepaya , pisang , melon dan bursun, saya gak kasih kepala ayam atau ceker..karena bau dan amis, apakah kebutuhan gizi musang sudah tercukupi ?
      3. Apakah pepmberian makan saya sudah benar, pagi saya kasih minum susu dicampur bursun , saya buat agak cair tapi saya pake dot agar musangnya punya chemistry setiap pagi, siang jam 12 saya kasih pisang, sorenya jam 5 saya kasih pepaya, malam saya kasih bursun campur susu agak kenta, mohon tanggapannya Dok ?
      4. Apakah kebersihan sudah cukup baikkah, musang setiap malam saya washlap dengan tisu basah Wetz non alkohol, kandang selalu saya washlap juga dengan cairan antiseptik, bak penampungan pup selalu dialasi koran dan diganti setiap malam, tempat minum saya kasih sepert botol minum kelinci agar selalu bersih air minumnya, semua air minum pakai air aqua. mohon saran atau wejangan untuk pemula.
      terimaksih atas bantuannya, salam

      Delete
    3. kenapa mas dedi gak post pertanyaan sendiri dan ngepost pertanyaan di komentarnya mas alaozy? :D tapi oke, saya coba jawab...
      1. untuk vitaminnya, saya kira berlebihan. yang masih kasih semua itu bisa dibilang gak alami, punya kandungan bahan kimia. kalau saya jadi mas sih saya gak perlu itu semua, saya cukup kasih sari kurma aja ke setiap musang, dan makanannya saya kasih buah tiap 2x seminggu, selebihnya saya kasih kepala ayam rebus yang dicacah. itu udah cukup.
      obat-obatan yang mas sebut semua itu, kalau gak cocok malah bikin musangnya mencret... :)
      2. kalau mau kasih buah-buahan aja sebenernya gak masalah. untuk kepala ayam dan ceker, sebenernya asupan protein bisa dari situ, mas. tapi kalau emang kasih kepala ayam dan ceker bikin bau, untuk asupan proteinnya mas bisa kasih jagung manis rebus tanpa bonggol (jadi dikasih bulirnya aja). udah ada artikelnya jagung sebagai makanan musang. bisa juga kasih kacang kedelai buat pengganti ceker dan kepala ayam, cek artikel saya kacang kedelai sebagai makanan musang...
      3. kecuali susunya. sebaiknya ganti pakai sari kurma. susu bisa bikin musangnya mencret... oh ya, bubur bayinya ganti pake promina aja, jangan pake sun...
      4. cukup dilap pakai handuk yang dibasahi air hangat, kalo bisa satu musang satu handuk (jangan pake satu handuk untuk bareng2). gak usah pake tisu basah. :)

      kabari lagi ya...

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Selamat malam dok,
    saya ingin bertanya, yang pertama. Usia musang pandan yang baru akan melihat (melek) itu umurnya berapa minggu ya ?
    Kedua, Musang pandan saya uda jinak dan freeroom, tapi ketika saya ajak ke taman dia menjadi gelisah dan agresif, ketika saya lepas musangnya lari jauh seolah olah ingin membebaskan dirinya, padahal dirumah musangnya uda terbiasa dengan keadaan ramai, apa dia ingin kembali ke alamnya apa musangnya trauma ?
    solusi untuk permasalahan yang kedua bagaimana dok ?

    terimakasih sebelumnya...
    semoga bu dokter diberi kesehatan selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, soal musang pertama kali melek, udah ada di artikel cara mengawinkan musang.
      yang kedua, soal dia suka ngibrit kalau banyak orang, artinya dia masih belum terbiasa dengan keramaian. dengan orang rumah mungkin dia udah kenal baunya, tapi tidak dengan orang yang betul2 belum dia kenali baunya. musang mengenali lingkungannya dengan bau.

      gak apa2, lanjut aja tahap penjinakkannya. dia udah mau bonding sama mas ya? bener gak tebakan saya? kalau mas elus2 anteng? coba aja tetep bawa ke keramaian, tapi jangan ditinggalin. digendong di pundak mau?

      kabari lagi

      Delete
  6. Baik Bu dokter, akan saya lanjutkan

    Bu dokter tau aja munmun (nama musang saya) Uda sedikit bonding jika saya panggil, dan bonding kuat kalo dia lagi lapar 😁

    Jika saya perhatikan, jika munmun tidurnya cukup, dia anteng banget Bu dokter, bahkan kalo di panggil dia datang ke saya, tapi kalo tidurnya kurang pasti gak begitu suka jika di elus, maunya cari tempat gelap abis itu dia stay disana.

    Munmun kalo di taruh di pundak mau kok dok, tapi ya kalo istirahat nya kurang dia mondar-mandir aja di pundak,

    Saya harus bagaimana ya Bu dokter ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, mas tahu kan kalau musang itu hewan nocturnal? mereka aktif pada malam hari. ajak main musang di siang hari boleh aja, tapi jangan seharian diajak main. :)

      maaf karena baru balas. infokan mengenai fesesnya ya mas. dan kabari lagi.

      Delete
  7. Malam dok ijin mau tanya musang saya kan umur nya baru 1 buln lebih trus kalo saya kasih makan susu non laktosa campur ama bubur sun muntah muntah gitu apa solusi nya dok

    ReplyDelete
  8. Malam dok ijin mau tanya musang saya kan umur nya baru 1 buln lebih trus kalo saya kasih makan susu non laktosa campur ama bubur sun muntah muntah gitu apa solusi nya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending mas stop susunya. kasih bubur bayi promina aja.

      Delete
  9. Selamat malam Dr, maaf mau sedikit cerita agak panjang
    Jadi saya nemu baby muspan di gudang obat tempat saya kerja, kira2 umurnya sebulan dengan kondisi hiopovolemik shock nampaknya sudah ditinggal lama oleh induk, badan sudah lembek kepala gemetar, tidak ada respon Dan akhirnya Kita beri sedikit rawatan Dan mulai membaik
    Awalnya says bagi bubur milna dengan Susu non laktosa berbagai merk tapi si musang diare Dan kondisi Makin parah, jadi akhirnya saya stop Susu Dan kasih baby muspan bubur milna sesendok dengan larutan (nacl 1 liter + glukose 1ml) sebanyak 3 ml setiap 5-6 jam
    Sekarang kondisi sudah mulai ok Dr, sudah bisa jalan dengan ke 4 kaki nya walau terkadang masih alami seizure atau gemeteran. Poop nya juga sudah normal Dan bagus
    Yang mau saya tanyakan sebaiknua untuk larutan tadi saya stop ganti air gula biasa atau lanjut sampai gejala gemeteran nya ilang ya Dr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya seneng baby muspan itu jatuh ke tangan orang yang tepat seperti mas. :)
      coba nanti kasih air kelapa campur sari kurma aja untuk tambahan tenaga. setelah dikasih glukose, fesesnya mencret atau nggak mas?

      kabari terus

      Delete
  10. Saya juga khawatir kalau saya kasih glukose terus nanti efek ke organ dalam nya, sekarang feses bagus sekali Dr , tidak terkalu keras dan tidak lembek dia juga sufah aktif jalan Sana sini
    Jadi saya ganti air kelapa aja ya? Sari kurma saya Cari gak nemuu Dr

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. ganti pake air kelapa aja.
      sari kurma bisa mas beli di indomart atau alfamart. di toko obat juga kadang ada....

      Delete
  11. Selamat Pagi dok.
    Saya punya bayi musang umur 1 bulan, kondisi tidak mau makan dan terbaring lemah.
    Perawatan baik apa yg harus saya berikan dok ?

    ReplyDelete
  12. dok musang aku tadi melahirkan tapi susah untuk keluar trs saya bawa ke dokterhewan terdekat,trs berusaha di keluarkan tu janin musang nya,tapi sayang kepala nya putus tertinggal di perut si ibu nya,kata dokter nya tadi dak ada masalah baik"saja gtu, dok,emang klok kayak gtu bisa hancur dengan sendiri nya ta dok bekas janin yang tertinggal tadi?

    ReplyDelete
  13. Assalamuailaikum dok..
    saya mau tanya dok ...
    saya punya musang tapi sedang sakit distemper , sudah pake penanganan pertama cuma skrang masih tidak mau mkan dan diam lesu terus .. seperti lumpuh .. cuma mau minum air kelapa dan madu ... bagaimna solusinya yah dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.