Mengobati Hewan Yang Muntah Lendir | Drh. Fira Sovica

Artikel ini saya tulis berdasarkan pertanyaan yang masuk mengenai

anjing yang muntah lendir kental

, menyerupai sagu. Pertanyaan serupa juga ditanyakan oleh pengunjung lain mengenai musang peliharaan yang kerap muntah berbentuk busa. Maka artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai penyebab hewan muntah lendir kental dan cara mengobati musang yang suka muntah. Artikel ini berkaitan dengan artikel Cara Mengobati Deciduous Teeth Pada Anjing.


Mengobati Hewan Yang Muntah Lendir
Image taken from kinja-img.com
  • Penyebab anjing dan musang muntah.
  • Ada beberapa penyebab kenapa anjing dan kucing muntah. Sama halnya seperti manusia, anjing, kucing, dan musang serta hewan lain akan 'ngiler' (mengeluarkan air liur dari mulutnya) saat merasa mual. Disaat rasa mual itu sudah tidak tertahan lagi, maka hewan-hewan tersebut akan muntah. Nah, mengetahui kenapa hewan peliharaan anda sering muntah, bisa dilihat dari warna dan tekstur muntahannya. Fokus kita dalam artikel ini adalah muntahan dengan tekstur seperti sagu (kental), berwarna bening atau kekuningan. Musang, kucing, dan anjing yang muntah dengan tekstur muntahan seperti itu kemungkinan mengalami penyumbatan usus, radang perut akut, atau penyumbatan yang terjadi pada usus.
  • Cara mengobati anjing dan musang yang muntah lendir.
  • Jujur saja, saya lebih menyarankan anda untuk mengunjungi dokter hewan terdekat untuk mengobati hewan yang muntah lendir. Memang, anda bisa mencegah hewan peliharaan anda muntah dengan menghentikan rasa mual dengan memberikan obat dengan resep dokter hewan. Namun selama penyebabnya tidak ditangani, maka anjing, kucing, dan musang anda akan terus mengalami hal yang sama.
Demikian adalah sekelumit tentang langkah

pengobatan bagi kucing, musang, dan anjing yang muntah lendir kental

. Semoga artikel di atas bisa membantu anda para pecinta hewan sekalian. Komentar dan konsultasi baik via chatting maupun komentar di bawah posting masih saya tunggu. Terima kasih. (FS)

26 Responses to "Mengobati Hewan Yang Muntah Lendir"

  1. dok, bo saya kan escape tuh selama dua hari. nah kemaren pagi dia dateng lagi..hari ini dia pergi lagi, dia bakal balik lagi ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas sengaja melepaskan dia pergi yang kedua kalinya?
      harusnya begitu dia balik lagi, mas jaga baik2...


      kemungkinannya 50% - 50%.... semoga aja balik lagi ya mas

      Delete
  2. ga sengaja dok, udh saya rantai..lepas sendiri lagi

    ReplyDelete
  3. Selamat Pagi Dok, MusPan saya setiap pagi muntah busa dan cairannya bening, muspannya kena penyakit apa ya? sebaiknya dikasih apa ? saya ke beberapa dokter hewan tidak mau menangani musang, ,aunya hanya kucing dan anjing..dilihat dari kesehatan, makannya masih normal, gerakannya kurang agresif seperti biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tebak, musangnya masih anakan? dibawah 3 bulan ya? bener? biasa dikasih makan apa?

      pastikan makanannya masih fresh (tidak basi). kalau dikasih makan bubur bayi, kalau baunya udah asem (basi) mending angkat....

      untuk treatmentnya, silakan baca artikel saya ramuan kesehatan musang. biar sistem pencernaannya bagus lagi...

      infokan saya mengenai tahinya... :)

      Delete
  4. fesesnya normal dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih ramuan kesehatan musang. udah ada artikelnya... :)

      Delete
    2. ternyata muspan umur 3 blnnya klu muntah busa hanya pas dimobil pagi hari saja , klu dikandang atau free room gak muntah...apa mabuk naik mobil ya...hehehehe sedangkan musbul dan muskar gak muntah

      Delete
    3. oh iya, bisa jadi juga karena 'mabuk akibat guncangan' atau 'mabuk perjalanan'. hmm, coba jangan dikasih makan dulu sebelum bepergian, mas.... :)

      Delete
    4. musangnya saya kasih makan terakhir jam 8 malam, dia ikut anterin anak2 sekolah jam 6 pagi, jadi dia belum makan, nanti makan jam 8an..pastinya proses PUP atau pipis sudah tadi malam...apa dia kena maag ?, apakah perlu saya kasih polysilane ? klu iya berapa cc ya, atau ada alternatif lain dok ?
      dok, apakah feses atau pipis musang termasuk Najis seperti hewan Anjing ??
      terimaksih

      Delete
    5. jangan dikasih obat macem2 mas. siapa tuh yang nyuruh musang dikasih polisilane? :((
      dan setau saya musang gak kena maag.....

      soal kotoran musang termasuk najis yang mana, udah saya jawab di pertanyaan mas di post lain... coba cek dlu...

      Delete
  5. terlalu general, terlalu banyak kemungkinan. bisa jadi kurang darah atau anemia. atau..... ada kemungkinan keracunan?

    coba kasih minum air kelapa campur sari kurma untuk menetralisir (mungkin) racun di dalam tubuhnya. larutan tadi juga bisa menambah sel darah merah di tubuhnya...

    saya sarankan, mending segera bawa ke dokter hewan.... karena mau tidak mau harus didiagnosa langsung sama dokter, mas.... :(

    ReplyDelete
  6. dok, anjing saya tiba tiba jadi gak aktif yg dari biasanya aktif ga mau makan dan minum, terus sering muntah mengeluarkan busa putih gitu, lalu dia mencret warnanya ungu ke coklatan gitu. itu kenapa ya dok, apa perlu penanganan dari dokter hewan langsung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sih diminumkan air kelapa.
      air kelapa campur madu sedikit.

      lakukan dalam 3 hari. kalau dalam 3 hari belum mendingan juga, bawa ke dokter hewan sesegera mungkin...

      Delete
  7. Dok. Anjing sya 4thn gga mau makan , lemas , lesu , hanya mau minum . muntah berlendir warna kuning ..
    Badannya jd sangat kurus.
    Itu knapa yya ? Harus saya kasi apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan keracunan?
      sebelumnya dia makan apa?

      selain kemungkinan keracunan, jujur saya takut kena distemper sih, mas. coba mas kasih minum air kelapa muda aja. selama 3 hari. kalau dalam 3 hari gak mendingan juga, mending segera bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  8. Halo dok, mau tanya, anjingku umur 3 thn, jantan. Dia pagi ini persis dengan artikel dokter, muntah lendir yg kaya sagu. Aku mau bawa ke dokter tp kebetulan anjingnya susah dipegang (suka menggigit). Sekarang anjingnya diem di kolong-kolong terus (kolong mobil, kolong lemari, dll) dikasih makan pun gamau. Pertolongan pertamanya gmn ya dok? Ada kemungkinan salah makan ngga ya itu? Soalnya kasian dia teriak teriak terus. Makasih

    ReplyDelete
  9. Permisi dok..saya mau tanya, musang saya umur kurang dari 3bulan..dan kenapa setiap habis makan,habis minum itu mesti muntah...tapi dia tetep lincah dan seperti tidak ada apa2...apa yg harus saya lakukan dok? Drh tidak mau mengatasi musang saya..mohon bantuannya dokterrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya kasih minumnya gimana? dia minum sendiri atau mas loloh ke mulutnya pake selang kecil?

      fesesnya selama ini gimana? mencret?

      coba masih kasih minum air kelapa campur sari kurma...

      maaf karena saya baru balas

      Delete
  10. Halo dok..anjing sya ga mau makan udah 3hari..trus muntahnya busa berlendir wrna putih..kurus pula anjngnya.. Kira-kira itu sakit apa ya dn obatnya apa Dok ? Thnx

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafasnya keliatan susah?
      mending segera bawa ke dokter hewan aja mas. saya takutnya kena distemper.

      Delete
  11. halo dok, saya mau bertanya, kucing saya sekitar jam 11 malam muntah dua kali dengan jarak 1 jam an, muntahnya berupa lendir dan agak kekuningan samapai besoknya kucing saya enggak muntah lagi tapi nafsu makannya hilang, padahal sebelum jam 11 itu kucing saya sehat2 saja dan masih lari2 Juga loncat2 seperti biasa. sekarang cuma tidur, meski kadang masih lari2 sedikit tp lebih banyak diam.....apakah ada hubungannya sama karena saya mandikan pada malam hari ? sekitar jam 9 malam saya mandikan karena gak sengaja lepas keluar rumah dan guling2 ditempat berdebu, dan bulunya kotor,saya mandikan dengan air hangat, dan langsung saya keringkan dengan hairdryer....jenis kucing saya persian medium long hair....moHon pencerahnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan, mbak. banyak sebab, dinataranya bisa jadi kembung atau masuk angin, atau kemungkinan kedua, saya takut dia kena distemper. semoga aja kemungkinan terakhir nggak terjadi.

      untuk pencegahan aja, jangan mandikan kucing malam-malam.

      sekarang gimana keadaannya? cek artikel saya, cara mengobati kucing kembung

      Delete
  12. Dok saya mau tanya anjing saya diare trus pupnya encer dan sekarang muntah berbusa badannya lemas baget berbahaya gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana?
      mending segera bawa ke dokter hewan aja mas. saya takut dia kena virus atau distemper... :(

      maaf karena baru balas. saya abis sakit kemaren.

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.