Kenapa Drh. Fira Tidak Mau Memberi Obat? | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa pertanyaan yang masuk, bertanya kenapa saya tidak mau memberikan obat kepada hewan yang sakit. "Sampean kan dokter hewan, kok gak berani kasih obat ke hewan saya?" demikian pertanyaan yang masuk via chatting kepada saya. Bagi anda yang mau tahu caranya chatting dengan saya, anda bisa membaca artikel saya Cara Chatting Dengan Drh. Fira Lewat HP.

Kenapa Drh. Fira Tidak Mau Memberi Obat?
Iya, saya hanya memberikan tips-tips penyembuhan lewat makanan, serta obat alami. Kenapa saya tidak memberikan obat kepada pertanyaan yang masuk via chatting dan komentar lewat blog?
  • Saat menjawab konsultasi kesehatan hewan online lewat pertanyaan di blog dan chatting, saya jarang sekali memberikan obat kepada hewan yang sakit kecuali saya tahu pasti apa penyebab pasti dari hewan yang sakit tersebut. Mengetahui kenapa hewan tersebut sakit sangat penting untuk menentukan obat apa yang diberikan dan seberapa banyak dosis yang diberikan. Termasuk berat badan hewan yang sakit.
  • Maka dari itu, sangat penting untuk melihat dan memeriksa hewan yang sakit secara langsung, sedangkan konsultasi kesehatan hewan online lewat blog dan chatting tentu tidak memungkinkan untuk melihat hewan tersebut secara langsung. Itulah alasan kenapa saya memilih untuk tidak memberikan obat kepada hewan yang sakit. Saya hanya memberikan tips-tips yang bisa dilakukan oleh owner hewan tersebut, yang sekira bisa meringankan atau bisa mengobati hewan yang sakit. Biasanya saya memberikan obat-obatan herbal yang sekira aman untuk diberikan kepada hewan yang sakit.
  • Kalau toh saya bisa memberikan obat, saya biasanya meminta si owner untuk menimbang berat hewan yang sakit, dan obat yang sekira bisa didapatkan dengan mudah. Tentu saja, jika dalam jangka waktu tertentu hewan yang sakit belum menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, biasanya saya akan menyarankan si owner untuk membawa hewan yang sakit ke dokter hewan terdekat.

Itulah alasan kenapa saya tidak memberikan obat kepada hewan yang sakit jika pertanyaan konsultasi kesehatan hewan masuk lewat blog dan chatting. Semoga artikel singkat ini bisa menjelaskan pertanyaan tersebut. Terima kasih. (FS)

17 Responses to "Kenapa Drh. Fira Tidak Mau Memberi Obat?"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ass... dok..
    Saya mau nanya dok kalo kasih minyak ikan/vitamin di campur ke makanan kucing nya itu gpp kan dok??
    Trus ngasih minyak ikan/vitamin kekucing 7th itu berapa kali y dok ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 dicampur ke makanannya.
      jangan terlalu banyak atau terlalu sering, mas. nanti saya publish deh artikelnya... :)

      Delete
  3. Bu dok aku punya kucing umur nya 5 th nama nya si nosy dalem bibir bawah nosy item tp cuma pasdibagian tengah doang pingir" nya g ad,item" nya td nya g ad tp semenjak pas item" nya muncul dia jd g mau makan" nan keras jd mau nya di alusin atau d kasih air ke makanan nya kira" nosy sakit apa y bu dok?? Aku blum sempet bawa ke dokter hewan

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya ada perubahan nggak? mungkin jadi mencret dan baunya lebih busuk?
      kalau ada perubahan, mending bawa ke dokter hewan terdekat. kalau fesesnya baik2 aja, observasi aja dlu selama beberapa hari ke depan.

      kalau hanya bagian hitam saja di dalam mulutnya tanpa ada perubahan feses dan gejala sakit lain, masih sehat... :)

      Delete
  4. Mau tanya, kura2 emys saya ga mau makan, cuma diendus makanannya, dan tiap pagi muncul lendir putih yg keluar dr ekornya, mohon bantuannya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih rajin pup? kalau dia kesulitan pup, kemungkinan konstipasi alias susah buang air besar. biasanya salah makan.
      mas pakai alas kandang apa? cocopeat? kalau iya, coba ganti aja pakai koran bekas, mas. karena cocopeat yang kemakan biasanya bikin susah buang air.

      bagusnya sih lebih baik mas bawa ke dokter hewan aja biar sekalian dicek... :)

      Delete
  5. O.. gitu yMaksih bu dok,Bu dok peraktek di pet shop mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sini. di blog, hehehe.
      klinik hewan saya tutup karena saya sibuk kerja di instansi. akhirnya, buka klinik hewan online deh... :D

      Delete
  6. Ga pernah pup, saya ga kasih alas, kira2 brp ya biayanya klo dibawa ke dokter hewan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak tahu sih dia sebenernya kenapa, cuma kalau emang bener kura-kura mas sembelit (susah buang air besar), murah kok... biasanya si dokter akan kasih obat pencahar biar BAB-nya lancar...

      beda lagi kalau emang ternyata bukan sembelit, mas... biayanya tergantung sakitnya apa. :)

      Delete
  7. Dok mata musang saya iritasi , gimana cara obatiin nya? Apa langsung bawa ke dokter hewan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. parah nggak? kalau nggak parah, cukup diberi makan buah2an aja. jangan dikasih makanan lain selain buah2an. lakukan selama 2 minggu...

      Delete
    2. Dok burung hantu saya (xena) jenis buffy dulu awal saya beli responnya aktif banget dan makannya lahap sekarang napsu makannya berkurang drastis, dulu saya memang terlalu banyak memberi makan dari dulu saya memberi 10 sekarang berkurang sehari makan 3-4 emprit dan kelihatan murung (terlihat sakit) apa yg dapat saya lakukan dok? Saya sdh memberi minyak ikan dan vaksin untuk tetelo, obat apa yg sekiranya diberikan utk kesembuhan xena?

      Delete
    3. fesesnya gimana mas? coba cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu.

      dia suka mengeluarkan/memuntahkan pellets? coba mas baca artikel saya "kenapa burung hantu muntah" untuk tahu apa itu pellets....

      tebakan saya sih dia gak mau makan karena pelletsnya belum dimuntahkan. atau dia kesulitan memuntahkan pelletsnya.

      coba mas kasih super-n, kasih setetes tiap hari. beli super-n di toko makanan burung.

      kabari terus

      Delete
  8. Selamat Pagi dok, saya mau nanya nih, saya punya pupies shitzhu umur 3 bulan, nah 2 hari ini puppies saya ini pilek n bersin" terus, kira" apakah harus saya beri obat dok? kalo iya obat apa yang saya harus berikan dok? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. *fesesnya normal, makan normal n masih aktif banget*

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.