Usia Musang Yang Ideal Untuk Dipelihara Pemula | Drh. Fira Sovica

Mungkin terdengar sepele, namun pertanyaan seperti

"dok, enaknya pelihara musang dari umur berapa, ya?"

kerap ditanyakan oleh pengunjung blog ini kepada saya. Terima kasih atas pertanyaan yang saya terima dari beberapa pengunjung blog ini. Artikel ini adalah jawaban atas pertanyaan tentang usia musang yang ideal untuk dipelihara oleh pemula.


Usia Musang Yang Ideal Untuk Dipelihara Pemula
Image taken from hubpages.com
Usia musang yang saya sarankan dipelihara oleh pemula adalah musang anakan yang sudah bisa makan sendiri, atau musang yang berusia 2 hingga 3 bulan. Jangan sesekali memelihara bayi musang yang masih merem atau yang masih bayi banget jika anda benar-benar pemula dalam memelihara musang. Jika anda sudah kadung membeli bayi musang yang masih bayi banget dan masih merem, saya sarankan anda membaca artikel tentang cara memelihara bayi musang yang masih bayi.
Keuntungan dari memelihara musang yang sudah bisa makan sendiri adalah anda tidak harus memberi makan dengan cara dipipet, yang tentu saja merepotkan. Anda cukup menaruh wadah berisi makanan di kandangnya, dan musang peliharaan anda bisa makan sendiri dari tempat makannya.
Bagi anda pemula dalam memelihara musang, saya sangat menyarankan agar anda membaca artikel-artikel tentang cara memelihara musang di blog ini. Pelajari semua hal tentang musang yang artikelnya sudah saya tulis. Jika ada yang ingin ditanyakan, anda bisa menulis komentar dibawah postnya.
Demikian adalah artikel singkat tentang

usia musang yang ideal dipelihara oleh pemula

. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dalam memelihara musang. Terima kasih. (FS)

34 Responses to "Usia Musang Yang Ideal Untuk Dipelihara Pemula"

  1. dok, kalo artikel tentang biul sendiri ga ada ya?

    ReplyDelete
  2. Malam dok, saya tertarik pelihara biul.. kalo resiko pelihara biul itu sendiri sama kaya pelihara musang kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, relatif sama dengan pelihara musang. dan ada tambahan, yaitu bau biul. hehehe. emang kalo biul lebih bau dibandingkan musang biasa. :D

      saya juga dulu pelihara biul kok. seru. udah kayak doggy/ :D

      Delete
  3. oooh begitu ya dok. bau banget emang ya dok? trus kalo kotorannya itu gimana dok? apa sama kaya kucing? apa bisa diajarkan untuk poop di box pasir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baunya mirip ban terbakar, hihihi. bisa sih dikurangi baunya, udah ada artikelnya kok.

      bisa kok diajarin pup di bak pasir. kotorannya nggak kayak kucing, dia semacam kayak krim gitu... :)

      Delete
  4. emm gitu yaa oke dok hehehe trus kenapa dokter ga lanjut pelihara biul nya dok? apa karna lebih tertarik ke owl aja?

    cara ngajarin poop di baknya bisa di share ga dok? hehehe trus kalo kaya krim gitu berarti kaya kotoran burung bukan dok? maaf saya banyak tanya dok.. sangat tertarik ke biul :)

    satu lagi dok, owl saya kelihatan murung dan lemes gitu. padahal dari kotorannya normal kok, saya khawatir dia dehidrasi, tapi dia gamau minum sama sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. iya, mas. saya bisa dibilang kurang cocok pelihara hewan lain selain burung hantu. emang 'jodohnya' di burung hantu, hihihihi. si biul meninggal karena emang udah tua banget.... dan meninggalnya juga saya nggak tahu dimana.... mendadak ilang dari rumah.... yah, sama aja kayak kucing, kalau dia merasa ajalnya udah deket, dia akan pergi ninggalin masternya, dan mati di tempat yang nggak diketahui masternya.... tentu biar masternya gak sedih.... :)

      intinya sih biul kotorannya nggak padat. kadang juga semi padat, yang pasti gak padat2 amat... :) caranya sama dengan cara mengajarkan musang buang air di toilet, hanya saja tempatnya diganti jadi bak pasir, bukan toilet... :)

      dia mau makan? cuaca emang lagi gak bagus buat owl. jadi pindahkan ke dalam ruangan. dan coba mas beli super-n, kasih setetes sehari. :)

      saya malah seneng bisa bantu2. kabari terus ya mas... :D

      Delete
  5. kalo ngajarin untuk di toilet itu gimana dok? hehe bingung sya :D

    owl saya mati dok, 2 hari yang lalu. tanpa saya tahu penyebabnya apa. dari feses padahal normal. dia tiba-tiba murung, besoknya kaya lemes banget, duduk aja di lantai dan paginya ngegeletak gitu aja :,( saya 2 kali pelihara owl dan keduanya mati dok.. apa saya memang ga cocok pelihara owl? soalnya owl nya mati selalu tanpa sebab yang saya tahu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi emang nggak cocok. bisa jadi juga karena emang faktor cuaca sekarang lagi kurang bagus, mas. emang lagi banyak hewan mati akhir2 ini... ada kemungkinan stress nggak owlny?

      cara melatih musang berak di toilet udah ada artikelnya... :)

      Delete
    2. begitu ya dok.. padahal seneng banget sama owl, berasa punya temen yang se-karakter :(.. kalo menjaga owl dari cuaca yang akhir2 ini gimana dok? mungkin ada sih dok, karena ga pernah saya keluarkan dari kamar kos saya yang "kecil" dan agak pengap + lembab.. ngaruh emang dok?

      Delete
    3. ada kemungkinan stress? mungkin karena suara keras? atau masnya merokok?

      kalau nggak liat owlnya langsung, terlalu banyak sih kemungkinannya. tapi tebakan saya, kalo gak cuaca ya stress. :)

      Delete
    4. gatau sih dok, cuma kemungkinan ajaa.. ga ada suara-suara keras.. saya ga merokok juga :(

      mungkin lebih ke cuaca dok.. tapi yaa gitu deh dok, saya bingung.. jadi trauma untuk keep lagi.. ada saran untuk saya baiknya keep apa? trus kira kira ruangan kamar saya itu ada virus atau bakteri yang harus disterilkan ga dok pasca matinya owl saya

      Delete
    5. mungkin mas bisa baca2 dulu soal owl kalo mau pelihara. dan buat pengalaman aja. oh ya, nanti kalo pelihara owl lagi, kasih super-n setetes tiap hari buat penambah daya tahan tubuhnya.

      sama jaga jangan sampe kedinginan. dan pola makan.

      kalo mas mau pelihara lagi, boleh aja sih. tapi kalo saya sarankan, nanti aja kalo cuaca udah agak mendingan. sementara, riset dulu tentang owl.. :D

      semangat, mas!

      Delete
    6. Okedeh dok.. Makasih banyak atas sarannya.. Tapi kalo untuk ruang kamar saya sendiri. Itu perlu disterilkan ga? Takutnya nanti pas saya keep hewan apaaa gitu misalnya, eh ada bakteri atau virus gitu dari owl2 yang mati sebelumnya..

      Delete
    7. yang penting jaga sirkulasi udaranya. jendela buka2in. boleh dipel dulu. :)

      paling itu aja. :D

      Delete
    8. makasih banyak dok :) berarti keep hewan laginya butuh waktu lagi ya dok berhubung cuaca kurang baik utk hewan..

      kalo saran dokter, mending saya keep bay owl atau celepuk dok? saya rencananya mau keep yg chick

      Delete
    9. kalau untuk pemula, mending celepuk atau oriental bay owl aja mas... :)

      maaf baru balas, saya habis sakit kemaren hihihi. kabari lagi ya

      Delete
  6. Dok mau tanya?musang enak ya di kasih susu merek apa.saya takut salah kasih malah mencret.dan musang saya kulit y ngelupas hampir seluruh tubuh dan bulu ya rontok.cara ngobati ya bagaimana ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu, karena sangat rentan mencret kalo gak cocok. mas bisa kasih sari kurma tambah air sebagai penggantinya...

      cuaca emang lagi gak bagus buat musang, jadi jangan sampe musangnya kedinginan. kalau mas taruh dia di luar rumah, mending pindahin ke dalam rumah.

      dia suka garuk2 badannya? coba mas baca artikel kenapa musang sering garukk garuk

      Delete
  7. dok, mo tanya... kalau musang dilepas bakal giring kandang nggak? apa kabur ya?

    anak musangnya umur 3 bulan udah dipelihara 2 bulan.

    sebelumnya, terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bisa aja sih, tapi sangat jarang. karena mereka biasanya mengenal tuannya aja (bonding), bukan mengenali kandangnya...

      Delete
  8. makasih banyak dok :) berarti keep hewan laginya butuh waktu lagi ya dok berhubung cuaca kurang baik utk hewan..

    kalo saran dokter, mending saya keep bay owl atau celepuk dok? saya rencananya mau keep yg chick

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk pemula, mending celepuk atau oriental bay owl aja mas... :)

      maaf baru balas, saya habis sakit kemaren hihihi. kabari lagi ya

      Delete
    2. wah, semoga sehat selalu dok.. cuaca mempengaruhi owner juga ya ;) hehe

      oke dok, makasih banyak sarannya..

      Delete
    3. iya mas. kemaren mah emang lagi la-nina (perubahan iklim), sekarang udah agak redaan. eh malah ownernya yang tumbang.... :D

      Delete
  9. selamat sore dok....
    sy baru pertama kali memelihara musang
    ada yg menyarankan saya utk mencampurkan anti biotik (super tetra)pada air minuma musang.
    apakah hal ini yg perlu sy lakukan?
    berpengaruh baik/buruk kah utk musang peliharaan sy?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah. dan hati2, karena kalau antibiotik diberikan tanpa alasan, malah akan melemahkan sistem pertahanan tubuh itu sendiri. jadi malah tambah sakit....

      Delete
  10. Jadi makanan yg paling ideal untuk rase itu apa dok? Saya handle rase tmn kostan saya ktika dia sibuk bgt,tp mnrut saya dia krg paham soal rase,jd dksh makan sesukanya,kdg pepaya,pisang,bhkan kangkung jg dimasukin dok,dia blg,umurnya skitar 1-5-2bln. Jadi apa makanan idealnya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya rase itu karnivora, mas. secara basic musang itu carnivora. tapi pada kenyataannya, musang rase sendiri lebih ke omnivora. bahkan di alam, musang rase suka makan buah dan tanam tanaman juga.

      untuk musang rase yang dipelihara manusia, tergantung ke kebiasaan musang rase itu. apakah selama ini gak ada masalah apa2 pas dikasih makan kangkung itu, mas? jujur agak riskan sih kalau rase dikasih makan kangkung. dan wajar menurut mas dia kurang paham, karena menurut saya juga salah....

      idealnya kalo buat umur segitu bubur bayi promina atau bisa juga hati ayam rebus yang dicacah halus...

      Delete
  11. Skrg jadi saya yg rawat dok,saya kasih ati ayam rebus yg di cacah,telur rebus sm nasi yg agak lembek,itu bisa dok? Trus,kn kdg saya free room dkmr kost saya,ada zorro juga bo saya yg msh brancher,apa mreka bkal slg ganggu ga ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan yang mas kasih udah bagus.
      kecil kemungkinan mereka saling serang sih. tapi sebaiknya awal2 mas awasi aja dulu. takutnya mereka saling serang. namanya hewan kan kita nggak tahu...

      Delete
  12. Iya dok,saya bikin bola2 nasi,jadi handfeednya juga ga susah ga belwpotan. Smlm saya dkatin kandanf rase saya si coco sm zoro yg blm saya anklet dan berjalan berkeliaran di kosan saya sampai pupnya berpulau2 hehe,tapi adanya coco ga mengganggu zorro sih,dia msh bebas aja spt gaada apa2,prlu di observe dlu ya dok? Sblm saya bnr2 lepas coco dikostan

    ReplyDelete
    Replies
    1. observasi aja dulu mas. atau mas bisa satuin kalau lagi sama mereka aja. kalau mas mau pergi, mas bisa kembalikan ke kandang masing2... :D

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.