Cara Memelihara Luwak | Drh. Fira Sovica

Memelihara luwak

atau memelihara musang sebenarnya jauh sudah saya bahas di artikel sebelumnya, yaitu artikel cara merawat musang pandan. Merawat luwak pandan sebagai hewan peliharaan amat mudah dilakukan dengan beberapa syarat yang harus dilakukan adopter dalam memelihara musangnya.
Cara Memelihara Luwak
Image taken from tmpo.co
Berikut adalah beberapa tips dalam memelihara luwak yang penulis rangkum dari artikel cara memelihara musang pandan:


  1. Pertama, pahami bahwa musang atau luwak adalah hewan buas. Di beberapa daerah, binatang luwak bahkan dianggap sebagai hama dan banyak diburu karena sering memangsa hewan ternak. Maka dari itu, digigit adalah hal lumrah dalam memelihara musang. Memelihara luwak berarti siap digigit.
  2. Musang yang pas untuk pemula sebaiknya pilih musang anakan yang masih mudah dijinakkan dan sudah bisa makan sendiri. Musang luwak berumur 2-4 bulan bisa jadi pilihan anda.
  3. Makanan luwak pandan adalah buah-buahan. Namun anda juga bisa memberikan bubur bayi kepada musang anda. Sesekali, anda bisa memberikan daging ayam rebus, ceker ayam rebus, atau kepala ayam rebus jika luwak peliharaan anda suka. Jadwal pemberian makanan musang diberikan 3 hingga 4 kali sehari. Sebagai hewan nocturnal artinya hewan yang aktif di malam hari, musang biasanya lebih banyak aktif di malam hari. Berikan asupan makanan lebih banyak pada malam hari.
  4. Jaga kebersihan kandang dan badan musang. Anda bisa memandikan musang anda seminggu sekali. Silakan baca artikel cara memandikan musang dewasa dan cara memandikan anakan musang.
  5. Jangan lupa berinteraksi dan mengajak musang anda bermain. Hal ini penting agar terjadi keterikatan antara owner luwak dan luwak peliharaannya. Luangkan waktu minimal 20 menit setiap harinya untuk berinteraksi dengan luwak peliharaan anda.
  6. Terakhir, jangan lupa belajar dan terus belajar agar kita lebih paham cara memelihara musang luwak. Anda bisa membaca artikel-artikel tentang luwak di blog saya ini atau gabung ke komunitas pecinta luwak di kota anda.
Demikian adalah

cara memelihara luwak

. Semoga anda bisa sedikit terbantu dengan artikel merawat luwak tersebut. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Memelihara Luwak"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.