Cara Agar Musang Tidak Gigit | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya, agak frustasi (dan geli) juga kalau dengar pertanyaan, "dok, gimana sih biar

musang nggak gigit

?". Pertanyaan tersebut bukan hanya datang dari para pemula yang baru memelihara musang, namun beberapa teman seprofesi sayapun kadang menjahili saya dengan pertanyaan serupa. Maka artikel ini saya buat memenuhi rasa ingin tahu dan rasa ingin tertawa para pengunjung semua. Tidak seperti artikel lain tentang musang di blog ini, artikel ini hanya bertujuan untuk bercanda, karena itulah saya menempatkan artikel ini di dalam kategori joke. Artikel (serius) lain tentang musang yang ada di blog ini antara lain cara agar musang bonding dan cara agar musang anteng.


Cara Agar Musang Tidak Gigit
Image taken from meleklermekani.com
Ada beberapa cara agar anda tidak digigit musang. Berikut adalah beberapa cara agar musang tidak menggigit:
  • Cara pertama agar anda tidak digigit musang adalah: jangan memelihara musang.
Digigit adalah hal lumrah dan jamak dalam memelihara musang. Maka hal pertama yang harus anda lakukan agar tidak digigit musang adalah jangan memelihara musang. Jika anda tidak memelihara musang, maka kecil kemungkinan (bahkan mustahil) anda akan digigit musang.
  • Jika anda ingin memelihara musang tapi tidak mau digigit, cobalah pelihara ikan di dalam akuarium kosong (tidak ada airnya).
Memaksakan musang untuk tidak menggigit mungkin sama mustahilnya dengan memelihara ikan di daratan. Saya berpendapat, sejinak apapun musang, dia akan tetap menggigit, baik gigit becanda maupun gigit serius. Hal ini sudah pernah saya bahas di artikel resiko memelihara musang.
  • Jika anda ingin pelihara musang yang bisa jinak 100%, dijamin nggak gigit, dan tidak butuh makanan, 'pelihara' saja boneka musang. 
Beberapa waktu yang lalu, sub usaha dari Zombie's bernama Zom Clothes yang menjual pakaian dan aksesoris lain yang berkaitan dengan musang meluncurkan produk boneka musang. Ini adalah solusi bagi anda yang ingin memelihara musang tapi tidak mau digigit, jinak total 100%, dan tidak mau repot memberi makan. Anda bisa membeli boneka musang ini di fanpage Zom Clothes di https://www.facebook.com/zomcloth
Image taken from https://www.facebook.com/zomcloth
Demikian adalah artikel

cara agar musang tidak menggigit

minggu siang ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan menghibur anda yang tengah menikmati akhir pekan. Terima kasih. (FS)

121 Responses to "Cara Agar Musang Tidak Gigit"

  1. Dok kenapa ya mulut hidung dan pelipis mata muusang saya luka memerah gitu dok.kadang berdarah juga.ditambah flu juga dok.gmana cra ngrawatnya dok? Adakah obat yg bsa mempercepat pengeringan lukanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga kebersihan kandang. sering dijemur musangnya, minimal seminggu sekali. kalau lukanya berdarah, bisa dikasih betadine (kasih ke kapas sedikit, lalu ditotol2 di bagian yang luka).... :)

      Delete
  2. Replies
    1. gigitan musang cenderung bahaya karena musang tidak hanya menggigit, tapi juga mengoyak... :)

      Delete
    2. hahaha dokter bisa aja bercanda...

      Delete
  3. Dok gigitan musang biasanya menularkan penyakit apa ke manusia? Kalo mulai faksin usia brp si musang nya....
    makasih dok....
    mohon prncerahan nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penyakit yang bisa menular ke manusia, mbak bisa cek artikel penyakit musang yang bisa menular ke manusia dan artikel cara aman memelihara musang. vaksin diberkan saat usia musang sudah 8 bulan keatas.... :)

      Delete
  4. Dok ada pin atw contacts number?

    ReplyDelete
  5. selamat siang dok.... aku punya musang dagh umur 3 bulan.... baiknya taringnya fi pangur atau ga uasah dok....
    skarang klo gigit dagh mulai sakit....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hanya sakit doang, gak usah dipangkur. kalau udah menimbulkan luka serius (misalnya daging mas sampai terkoyak parah), bisa dipangkur. :)

      lagian digigit mah udah resiko pelihara musang mas... silakan baca artikel saya resiko memelihara musang... :)

      Delete
  6. buahahahaha ijin shareeee wkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. Asslm dok ..mau share aja nih ..musang sya buntutnya hairloss kira kira bisa normal lagi gak yah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa.
      ada banyak artikel di blog ini mengenai cara mengobati hairloss pada musang atau artikel cara mengobati musang yang bulunya rontok atau cara melebatkan bulu musang.. :)

      Delete
  8. Dok kalau musang dipangkur apakah giginya bisa numbuh lg dok?trs musang kalo gigit di keplak kepalanya boleh gak dok?

    ReplyDelete
  9. Dok kalau musang dipangkur apakah giginya bisa numbuh lg dok?trs musang kalo gigit di keplak kepalanya boleh gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. apakah musang yang dipangkur bisa tumbuh lagi? bisa tapi agak lama emang. :)
      2. jangan mas. karena percuma kalau mas keplak kepalanya tapi dia tahu masnya takut, malah makin sering kayak gitu. yang penting adalah dibiasakan digigit biar gak kaget... kalau mas udah terbiasa digigit, masnya jadi gak takut... dan karena gak takut itulah si musang jadi mudah jinaknya... :)

      Delete
  10. Dok, kuta baru dapet musang semalem, trus cara kasih makan musang yg baru umur 2.5 bln gimana yaa?sebaiknya di kasih makan apa?dan sehari kasih makan berapa kali? Waktu dateng kita kasih minum air putih pake dot kucing gitu sama pisang di potong kecil2...maaf byk tanya..ini beli musang karena anak yg minta dan lom tau cara kasih makan dan meliharanya..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya udah bisa makan sendiri gak bu? kalau udah bisa makan sendiri, coba kasih bubur bayi aja. buat agak kental (jangan encer2). sekira bisa dibentuk pake tangan (mirip adonan)... kasih aja makan itu.... minumnya taruh aja di wadah, kasih madu sedikit airnya.... :)

      Delete
  11. Dok, kuta baru dapet musang semalem, trus cara kasih makan musang yg baru umur 2.5 bln gimana yaa?sebaiknya di kasih makan apa?dan sehari kasih makan berapa kali? Waktu dateng kita kasih minum air putih pake dot kucing gitu sama pisang di potong kecil2...maaf byk tanya..ini beli musang karena anak yg minta dan lom tau cara kasih makan dan meliharanya..terima kasih

    ReplyDelete
  12. Dok mau tanya nih,,saya kan udah banyak luka digigit si momo muspan saya...apakh sebaiknya sy pakai sarung tangan terus untuk bawa gath kemana mana.,mohon pencerahannya dok.soalnya sy cinta banget sm muspan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang lukanya membahayakan, gak apa2 pake glove aja.
      dan perlu mas tahu, musang gak akan menggigit kalau kita bersikap biasa aja (tidak takut dan tidak kaget) saat dia menggigit. kalau masnya takut atau kaget, dia malah akan sering kayak gitu, mas.... iya, musang akan tahu kalau kita takut. mereka bisa baca pikiran kita lewat tatapan mata. semua hewan kayak gitu....

      bersikap biasa aja kalau digigit. gak usah takut, atau terlalu berani... :)

      Delete
  13. Nice artikel dok..sukses atas shared ilmunya..Semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi hobiis yang menjalaninya ...Aaminn..salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas... :)

      kalau mau nanya2, silakan chat atau tinggalkan pesan..

      Delete
  14. artikel keren ... makasih ilmunya !

    ReplyDelete
  15. Siang dok.. mau tanya.. saya adopt musbul aceh usia 3 bulan up.. untuk seusia itu apakah masih bisa bonding..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu musang bulan saya usia 1 tahun up juga masih bisa jinak dan bonding. tergantung masnya sebenernya, yakin bisa ngebondingin atau nggak. kalau gak yakin dan gak tau caranya, ya gak bakalan bisa... :)

      untuk usia segitu, mending jangan dulu. lap pakai handuk yang dibasahi air hangat aja. kalau udah 4 bulan up, baru bisa coba dimandikan...

      Delete
    2. Sebelumnya thanks dok atas responnya...

      Alhamdulillah dok, sedikit demi sedikit, plus info yg saya terima dr Blog ini..musbul saya mulai mengikuti kmn saya jalan.. sekarang malah minta becanda terus sambil gigit2 jail.. meski ada luka krn cakaran.. tapi suatu kebanggan nerimanya.. krn rasa sakit terbalas dgn karakter musbul saya yang makin hari makin lucu.

      Btw.. di rumah dokter, apa menyediakan hewan yg bisa diadopsi ?

      Delete
    3. saya nggak menyediakan hewan untuk adopsi, mas...

      untuk dimandikan, mending tunggu sebulan lagi, 4 bulan. :)

      silakan mas baca2 lagi artikel saya yang lain ya... kalo saya lagi online, chat aja... :)

      Delete
  16. Satu lagi dok.. untuk seusia itu apakah sudah bisa dimandikan..

    ReplyDelete
  17. dok, musang saya usia nya 4 bulan, kenapa ya dok dia gigit gigit nya sama saya aja, kalo sama orang lain ga mau gigit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur sama saya, masnya takut ya sama dia? atau kalau dia gigit, mas kaget? bener?
      musang bisa baca pikiran kita loh mas. kalau kita takut atau kaget atau ragu2, dia malah seneng ngisengin kita... :)

      Delete
  18. ga dok, saya sama sekali ga takut dok. justru malah saya sengaja ajakin becanda dok.
    dia gigit tuh karena dia benci sama saya apa gimana dok?
    soal nya saya suka jailin dia dok, kadang saya suka kagetin dia atau kadang saya suka cubit kuping nya, itu juga nggak knceng cubit dok cuma gemes aja gitu dok..
    yang saya takut kan itu dia gigit gigit terus sampe dia udh gede nanti dok. trus kira kira sampe usia berapa dia gigit gigit kaya gitu dok?
    sebelum nya terima kasih udah bales komentar komentar dari saya .
    saya sangat senang bisa konsultasi di blog ini, dan ini sangat bermanfaat dan membantu saya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas, mas. saya sekarang sedang sakit. doakan ya mas biar cepet sembuh.

      soal problem mas, coba tiap kali dia gigit, mas bilang aja ke dia jangan gigit. dia ngerti kok cuma gak bisa jawab aja... :)

      dan lagi, gigitan musang biasanya lebih sering berarti 'ini bisa dimakan nggak ya?' daripada buat menyakiti. :)

      Delete
  19. Dok, aku udah punya rencana melihara musang tapi pas tau dia gigit dan ngoyak agak ngeri juga. Kalo rakun apa udah ada di pet shop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rakun juga gigit, mbak. jadi ya sama aja. :D
      coba aja pelihara ferret. :)
      silakan baca artikel cara memelihara ferret..

      Delete
  20. Assalamualaikum dokter, sya nemu musang d parit dpan rmh sdh 1 mnggu ini, masalhny dia susah makn kdang mau kdang enggk tp ttp makn wlwpun 1 suap sy ksih pisang ambon d cmpur madu, sy sdh baca artikel tntang knpa musang tdk mau makan. Agak susab ya dok utk mngecek anusny apakh sembelit atau tdk 2 hri BAB ny jg 2 hri sekli dok tp apa mungkin dia msih stres dgn lingkungan baru?
    Terimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya, saya juga punya dugaan, dia masih stress dengan lingkungan baru. coba pindahkan kandangnya ke ruangan sepi suara, diamkan, lalu kasih makan pepaya matang yang dipotong2 biar pencernaannya lancar....

      taruh aja di kandangnya... nanti dia makan sendiri.. :)

      Delete
    2. Baik dok, trimakasih
      Sekarang ad masalah baru, matany kena katarak dok d seblah kiri jd putih smua, jln satu"nya hrus d bwa ke dokter hewan ya? Apa ad pngobatan alaminy gtu dok?

      Delete
  21. Dok , minimal handle musang seharinya berapa kali ? Yang bagusnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada batasan, yang pasti makin sering makin bagus... :)

      kalo saya dulu bawa si bruno kemana2, ke kantor, ke mall, dan lain2... pernah diusir juga karena bawa hewan ke mall, hihihihi....

      Delete
  22. Dok numpang tanya musang saya umur 5 bulan,,kenapa ya kalo di kasih pisang gk mau tapi klo di kasih makanan yg keras" kaya teriplek gituh langsung di makan sama musangnya?? Kenapah dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? serius dia suka makan triplek?
      bener2 dimakan atau cuma digigit2 doang, mas?

      Delete
  23. Dok..apakah diberi mkan palyam..musang jadi lebih agresif,suka gigit2..apa ada faktor lain knpa dy(musang)jadi lebih agresif..tlong djwab dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, judulnya Apakah Daging Membuat Musang Jinak Jadi Galak

      Delete
  24. Dok permisi numpang tanya.
    Saya hari ini kn adopsi musang umur 3bln.
    Pas smpek rumah dia di kandang muter2 trs gk brhenti2. Dah saya ksh makan ttep aja nggak berhenti2. Coba saya lepas keluar (freerom) bawaannya gigitin kaki saya tts dok. Kadang sering pengen naik ke pundak tp pas smpek pundak malah kuping saya digigit beneran dok.
    Mohon solusinya dok soalnya saya baru kali ini pelihara musang. Terima kasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya jangan takut.
      kalau mas takut, dia malah makin sering begitu...

      dia masih adaptasi sama tempat baru, jadi wajar kok dia suka mondar mandir di kandangnya....

      coba baca artikel saya cara menjinakkan musang...

      maaf karena baru balas... kabari terus...

      Delete
  25. Dok,sya masih newbie ni dok dlm melihara muspan,jdi gini dok,sya pnya muspan umur 1 bln lebih,tpi kenapa ya dok di bagian bawah leher smpai ke perut nya gak ada bulunya ya dok...
    Apakah emang d bagian tsb tidak tumbuh bulu atau muspan saya ada kelainan...😉
    Tolong pencerahan nya dok.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo umur segitu, wajar kok.
      karena emang mau tumbuh bulu baru.

      yang penting, kalo abis makan dan ada sisa makanan yang menempel di badannya, mas buru2 lap aja... :)

      nafsu makannya gimana? bagus? jangan dikasih susu.
      kasih kurma tahnik aja. baca artikel saya suplemen penambah daya tahan tubuh musang...
      cuaca lagi gak bagus. jadi jangan sampe musangnya kedinginan. lagi banyak kasus anakan musang mati akhir2 ini.... :(

      Delete
    2. Jdi wajar ya dok,kirain musang sya ada kelainan..

      Klo habis mkan sih,sya lnsung lap dok klo ad yg menempel dibulunya..Yah Bu dokter.manggil sya masss..Akang aja dok...Wkwkwk(just kidding dok)

      Klo utk nafsu makannya sih Alhamdulillah bagus..
      Sya kasih makan sun pisang aja dok...
      Kadang pisang sya potong kecil2..
      Cman jarang sya kasih pisang yg d potong2 takut nnti musangnya keselek..

      Makasih infonya dok.

      Delete
    3. fesesnya gak mencret kan? :D
      jangan lupa kasih kurma tahniq juga...

      Delete
    4. Nggak mencret dok..
      Utk saat ini aman...
      Ok dok nnti d ksik kurma..
      Mksih info nya dok

      Delete
    5. O ya dok..
      Ad yg ktnggalan,utk pemberian kurma tahniq brpa kali Shri dan brpa sendok..

      Delete
    6. setetes atau dua tetes aja sehari sekali, mas... :)

      sip, kabari terus ya, :)

      Delete
    7. O ya dok..
      Ad yg ktnggalan,utk pemberian kurma tahniq brpa kali Shri dan brpa sendok..

      Delete
    8. 2x sehari aja mas. setetes atau dua tetes masing2.

      Delete
  26. Dok saya baru kemarin pagi digigit biul peliharaan saya di bagian jari, umurnya masih 3 bln (menurut sellernya) giginya masih kecil tapi gigitnya cukup terasa, walau luka tapi nggak keluar darah banyak cuma setitik. sehabis itu jari saya terasa sedikit kaku dibanding jari yg lainnya, itu kenapa ya dok? Apa perlu ditindak lanjuti? Saya udah cuci tangan dengan sabun detol dan pakai antiseptic nya setelah digigit. Apa saya perlu suntik tetanus atau rabies? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaan lukanya?
      mas jadi panas dingin/demam setelah digigit?
      kalau iya, mending segera ke dokter.
      kalau nggak, nggak usah. :)

      lukanya gimana? udah mendingan?
      jadi sakit nggak?

      kabari lagi

      Delete
    2. Kalau untuk luka nya emang kecil aja dok, dan udah nutup. Untuk demam/panas sejauh ini nggak sih, tapi tangan saya terasa agak pegal di tangan yg bekas digigit dan sepertinyamenjalar dari jari sekarang ke lengan, untuk tangan yg satunya fine2 aja soalnya.

      Delete
    3. Atau kalau ciri2 musang rabies itu gimana ya dok? Makasih banyak dok untuk respon nya

      Delete
    4. kayaknya udah ada deh artikelnya. judulnya saya lupa, hehehe. kalo gak salah PENYAKIT MUSANG YANG BISA MENYEBAR KE MANUSIA.

      kabari lagi

      Delete
  27. Dok saya baru kemarin pagi digigit biul peliharaan saya di bagian jari, umurnya masih 3 bln (menurut sellernya) giginya masih kecil tapi gigitnya cukup terasa, walau luka tapi nggak keluar darah banyak cuma setitik. sehabis itu jari saya terasa sedikit kaku dibanding jari yg lainnya, itu kenapa ya dok? Apa perlu ditindak lanjuti? Saya udah cuci tangan dengan sabun detol dan pakai antiseptic nya setelah digigit. Apa saya perlu suntik tetanus atau rabies? Thanks

    ReplyDelete
  28. Dok klo dikasih sari kurma buat semua usia dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas.
      sari kurma bisa buat semua usia musang... :)

      Delete
  29. Dok klo dikasih sari kurma buat semua usia dok?

    ReplyDelete
  30. Dok... Kalo musang akar saya di kasi pirang putih ekor nya, biar kaya ekput gitu aman gak buat bulu musang, sekian pertanyaan tolol ini makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada pertanyaan tolol mas, hehehe. semua pertanyaan penting kok. :)

      maksudnya mau mas cat bulunya?
      jangan mas, hehehe. takutnya malah iritasi nantinya. :)

      Delete
  31. Ujung nya doang dok, tapi kalo iritasi nanti bakal gimana??

    ReplyDelete
  32. Ujung nya doang dok, tapi kalo iritasi nanti bakal gimana??

    ReplyDelete
  33. Dok saya mw tnya, saya pnya muspan sktar umur 2bln up tpi klo dkasih mkn ko suka batuk" ya dok tersedak gtu pdhal dia mkn sndri dok?
    Mhon pncerahan nyaa 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia makannya terlalu cepat ya mas? gak apa2, biarin aja...

      Delete
  34. Gk ngaruh kn dok dgn kshatn nya nnti?
    Trs klo untuk mkan nya sperti buah"an itu yg di suka muspan ap sh dok, krna sya pernh ksh pisang ambon dya gk terlalu suka dok dmkan tpi cma bberpa gigitan aj..
    Trs saya baca di artikel" gtu kn musang suka makn nasi jga, eh pas saya cba pake nasi dyaa jga gk mw mkn dok pdahal nasi nya saya campur dengan telur dok..
    Sebaik nya gy mna ya dok?
    Mash newbie dok mash blm paham mknan yg disuka muspan ap ��

    ReplyDelete
  35. Gk ngaruh kn dok dgn kshatn nya nnti?
    Trs klo untuk mkan nya sperti buah"an itu yg di suka muspan ap sh dok, krna sya pernh ksh pisang ambon dya gk terlalu suka dok dmkan tpi cma bberpa gigitan aj..
    Trs saya baca di artikel" gtu kn musang suka makn nasi jga, eh pas saya cba pake nasi dyaa jga gk mw mkn dok pdahal nasi nya saya campur dengan telur dok..
    Sebaik nya gy mna ya dok?
    Mash newbie dok mash blm paham mknan yg disuka muspan ap ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ngaruh kok dengan kesehatannya :)
      coba kasih pisang yang ada aromanya kayak pisang lampung yang kecil2 itu. tapi pilih yang bukan karbitan, udah ada artikel CARA MEMBEDAKAN PISANG KARBITAN. jadi yang bener2 matang pohon. selain pisang, bisa kasih pepaya.
      selengkapnya mas bisa baca artikel MAKANAN UNTUK MUSANG.
      musang biasanya gak mau makan kalau pisangnya terlalu bau karbit...
      nasi bisa campur kecap, secukupnya aja, asalkan nasinya udah berubah jadi kayak warna kecap sedikit. jangan sampe item banget nasinya. terus coba kasih. :)

      selama ini dikasih makan apa mas? dan umur musangnya berapa?

      Delete
  36. Oh gtu yaa dok ap mngkin pisang yg saya bli itu krbitan kli ya mknya si muspan gk mw mkn..
    Oke dok nnti saya cba buka" lg artikel tentang mknan untuk musang.
    Klo msalh nasi dikash kecap, kecap ap yaa dok bysa nya yg dsuka musang?😀
    Ya saya kash pepaya aj dok trs diselingi dengan susu sgm ananda itu yg 0-6 bulan..
    Saat ini sh umur nya 2bulan up dok si mobie jantan mash seneng gigit" manja gtu 😆😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. :D
      kecap apa aja. tapi yang rasanya manis. mas tinggal dimana? kalo di jawa barat/dki, ada yang namanya kecap cabai gunung. ya gitulah pokoknya, gambarnya gambar gunung sama cabai, hehehe...

      selama dikasih susu, fesesnya gimana mas? mencret nggak?

      hahaha. umur segitu emang lagi seneng2nya main...

      Delete
  37. Mlm bu dokter. Saya saya punya musang umur kurang lbih 2 bulanan.keleuhan nya.dia suka gigit gig it ga d kandang gk d liar pastI gigit.klw sma sya mau d elus2 tu gak Maui malah gigit. Solusi ny gonna ya dok. Trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau sejinak apapun musang, dia pasti gigit, mas. gak ada musang yang gak gigit. emang dari pabriknya gitu, hehehe...

      apalagi musang umur 2 bulan, masih seneng2nya main. jadi wajar kok.

      Delete
  38. Oh iyaaa dok tmpt saya gk ad dok kecap bgtuan 😆😆
    Saya tnggal nya di bandar lampung dok paling saya bliin kecap bango aj deh 😀
    Iyaaa dok dyaa agk cair gtu sh pas di kasih susu hmpir mrip lah sma susu nyaa
    Tpi skrng dyaa gk mw lg dok dkasih susu, malah lebih milih air yg dkasih madu trs saya cmpur minyak ikan dok biar npsu mkn nya bnyak 😀😀
    Tpi manja dok klo mw mkn mw nya disuapin klo gk dsuapin pke tngan gtu ditro wadah mkn nya dkit dok 😑

    ReplyDelete
  39. Oh iyaaa dok tmpt saya gk ad dok kecap bgtuan 😆😆
    Saya tnggal nya di bandar lampung dok paling saya bliin kecap bango aj deh 😀
    Iyaaa dok dyaa agk cair gtu sh pas di kasih susu hmpir mrip lah sma susu nyaa
    Tpi skrng dyaa gk mw lg dok dkasih susu, malah lebih milih air yg dkasih madu trs saya cmpur minyak ikan dok biar npsu mkn nya bnyak 😀😀
    Tpi manja dok klo mw mkn mw nya disuapin klo gk dsuapin pke tngan gtu ditro wadah mkn nya dkit dok 😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecap bango oke.. :D
      kalo selama dikasih susu fesesnya mencret, mending stop susunya mas. kayaknya dia agak terganggu sistem cernanya karena susu.

      ganti pake bubur bayi promina aja...

      masnya kerepotan nggak kalau dia minta disuapin mulu? :)

      maaf karena baru balas. :)

      Delete
  40. Iyaa dok udh saya cba kasih nasi sma kecap mash gk dmkan dok, saya campur ceker ayam, ceker nya aj yg dmkn dok 😆😆
    Promina ya dok, itu dkasih bubur smpe umur brpa ya dok?
    Klo udb dwasa mash boleh dkasih bubur?
    Repot dok masalh nya sya kerja kn dri pgi smpe sore kdang mgrib bru pulng bru bsa ktmu mlm kn klo dya gk mw mkn dwadah kn kasihan saya nya dok 😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang perlu pembiasaan.
      mas bisa baca artikel saya, CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA.

      bubur bayi promina bisa buat musang semua umur, kok. :)

      cara satu2nya adalah latih dia biar dia bisa makan sendiri. caranya baca artikel CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA, yaitu dipuasakan....

      Delete
  41. Okee dok nnti saya bca" artikel nyaa deh..
    Mkasih yaa dok atas saran dn wktu nya 😊

    ReplyDelete
  42. Okee dok nnti saya bca" artikel nyaa deh..
    Mkasih yaa dok atas saran dn wktu nya 😊

    ReplyDelete
  43. Dok musang saya udah 4 bulan saya pelihara dari memrem sampe sekarang 4 bulan padahal saya sayang banget sama si mona (namanya mona dok musangnya) kok dia suka gigit dok sama siapa aja juga gigit padahal saya ngga kurang ngasih sayangnya dia gigitnya rada getet dok kalo masalah gigit saya udah terbiasa si,trus kalo di elus dia ga mau dia langsung balik badan trus gigit" jari, tapi masalahnya saya ko iri liat musang" yg di pelihara komunitas" yg ada di tv ko jinakjinak banget ngga gigit sama sekali,, apa emang kalo umur segitu emang lagi nakal yah dok,,,apakah musang saya bisa jinak banget kaya di komunitas" musang yang ada di tv dok, sekian terimakasih dok,,mohon balasannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang karakternya begitu kayaknya mas...
      iseng. geregetan. gak sampe luka kan gigitnya?

      Delete
  44. Engga dok aman,, cuma saya iri liat musang" yg ada di komunitas tu kan di taroh di pundak anteng mau tiduran, di gendong anteng, lah musang saya tak taroh pundak digigitlah kuping saya dok, wkwk,,, iri dok sama yg anteng musangnya,,,trus dia juga maunya makan bubur aja dok ga mau makan buah, makan nasi kecap cuma di makan sedikit banget,, kan umur udah 4 bulan yah dok apa udah boleh di terapin cara puasa biar dia mau makan apa aja,, tapi sayanya yg ga tega liat dia kelaperan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... namanya hewan kan karakternya beda-beda, mas.
      tapi bisa kok musang mas dibikin anteng. caranya, ajak main terus menerus. minimal 15 menit sehari. dan lakukan setiap hari.
      mau sekeras apapun karakter musangnya, nantinya bakalan anteng....

      iya puasakan aja. udah bisa kok itu... :D

      Delete
  45. Oke dok,,, tapi ternyata tadi saya digigit jempolnya ampe berdarah dok, waaaaa taiittt dok,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana ya... emang udah resikonya pelihara musang ya begitu mas... hehehee....

      :D

      Delete
  46. Dok sy beli musang umur 1 bln
    Dan makan jg harus di paksa kl ga dia gamauu makan, dipegang juga gamauu tp diletak di pundak aman aja dok
    Mhon solusi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang begitu mas, kasih makannya.
      disepet gitu kan?

      bisa mas pake apa kasih makannya? alatnya? pake suntikan/alat loloh?

      Delete
  47. Kalo di pangkur giginya gimana dok?? Boleh gak?? Trus kalo mau pangkur giman??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. mending jangan.
      kalau toh mau pangkur, di dokter hewan aja mas.

      coba gabung ke komunitas musang di kota mas, tanya aja ke mereka... :)

      Delete
  48. Iya dok pake suntikan, trus kalo dipegang gamauu itu cmana ya dok

    ReplyDelete
  49. Dok musang saya 6 bulan, biasanya mah baik" aj . Tapi pas di bawa ke tempat ramai dan banyak musang si musang nya malah jadi galak strike ke orang tapi ke saya engga. Apa karna jarang di bawa ke tempat ramai? Pas di bawa pulang malah jadi kagetan trus gigitnya makin kenceng. Tapi klo di pundak dia anteng dok. Itu kenapa ya , mohon solusinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tau istilah musang one-man?
      coba baca artikel saya tentang musang one-man.

      dan kayaknya sih iya, musang mas termasuk musang one-man. dan belum terbiasa sama keramaian juga.

      coba kalo cuaca bagus (misalnya pas pagi hari), mas taro aja dia di dalam kandangnya, terus kandangnya taro di tempat rame..... kalo saya dulu saya taro di depan rumah saya, kebetulan di depan rumah saya itu jalan raya ramai... :)

      Delete
  50. Dok mau tanya.. Usia berapa yak kuku musang boleh di potong... Soalnya si lili sering saya lepas di pohon cery karena dia paling senang makan cery tapi ketika sudah kenyang dia turun dengan sendirinya atau turun ketika di panggil... Cuma kalo lagi minta naik kepundak.. Abis lahh kulit saya kena cakarannya.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang salahsatu hal unik dari memelihara musang ya kena cakaran dan gigitan, hihihi. makanya saya suka tahu orang pelihara musang kalo jarinya luka atau ada baret bekas cakaran di tangannya, hehehehe....

      kalau kukunya udah tajem, bisa kok dipotong kuku....

      Delete
  51. Dok kenapa tiap kali makan, musang saya 2hari terakhir ini suka banget gigitan kaki depannya sampe guling guling gitu dok? Apakah akan bahaya buat musang nya dok? Kira kira gimana solusinya ya? Saya takut dia sakit dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas nggak tahu kenapa dia gigit2in?
      sampe luka nggak kakinya?
      mungkin ada luka kecil kecil akibat gigitan?

      sering mas mandikan?
      coba cek dulu... mungkin jaga kebersihan aja, kebersihan musang dan kandangnya....

      Delete
    2. Saya gk tau dok, kandang dan tempat makan tiap hari saya bersihkan. Untuk kaki tidak ada luka, tapi kemarin kejang sampe guling-guling terus lemes bahkan orang rumah mikir ya udah mati. Akhirnya saya kasih air sari kurma alhamdulillah sekarang sudah baik dan bisa lari lagi. Saya takutnya stres dok, apa perlu saya pisah kandang sama sodaranya ya? Tapi untuk pagi ini keadaannya sudah jauh lebih baik dari kemarin

      Delete
    3. saya takutnya kena distemper sih; kalo boleh saran, mending bawa ke dokter hewan aja. dan pisahkan dulu dari musang lain.

      sementara kasih air kelapa campur sari kurma aja...

      Delete
  52. Keadaan saat ini saya pikir sudah jauh lebih baik dok, gak ada tanda tanda seperti 2hari lalu. Makan juga sudah seperti biasa, gerakannya juga sudah lincah lagi, tapi air minumnya tetap saya kasih sari kurma

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, sementara observasi aja dulu. tetep waspada. kasih minum air kelapa campur sari kurma... :)

      Delete
  53. Tanya dok saya punya musang umur 4 bln baru 4 hari saya jinak.in nya dok sudah bisa d elus" tpi kalau saya pegang d bagian ekor nya kk agak agresif gtu dok .itu solusinya apa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo baru 4 hari, masih kurang, mas. apalagi musang umur segitu. butuh interaksi lagi. :)

      Delete
    2. Dok, saya mau tanya si ninis musang saya baru saja gigit tangan saya karena seharian ini fia hilang. Tapi karena gugitn itu tangan saya terasa pegal. Itu bukan tanda rabies kan dok? Si ninis brlum pernah di vaksin umurnya sekitar 7 bln.

      Delete
    3. nggak mbak. :)
      karena efek sakit aja kayaknya.

      kalau musang habis hilang, mending karantina dulu biar dia anteng dulu... :)

      Delete
  54. Dok,saya punya anak musang yang kira2 umurnya 3 blnan gitu, terus dia suka menggigit,itu akan terbiasa gak dok sampai besar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung mas sering ajak main dia atau nggak.
      terus ajak main, minimal sehari 20 menit... biar dia kenal sama mas... :)

      Delete
  55. Dok, saya punya musang pandan umur 5bulan, saya takut untuk handle atau pegang jd nya pake benda untuk sentuh dia. apa kalo lama lama kaya gitu bisa buat dia jinak? walaupun pake sarung tangan tebel nyali saya ciut dok hehe. trs kalo dipangkur boleh ga?

    ReplyDelete
  56. Memelihara musang tergantung pada yang menjinakan nya... kalo yang menjinakan nya ahli, bagus, MUSANG TIDAK AKAN PERNAH MENG GIGIT... tapi kalo yang menjinakan nya belum ahli cuma ngandelin dokter hewan ngikutin cara dokter hewan , MUSANG GAK BAKALAN JINAK , MASIH TETAP MENGIGIT... pengalaman saya menjinakan musang sampai MUSANG BENAR BENAR KAPOK TIDAK PERNAH MENG GIGIT SAMA SIAPAPUN DALAM KEADAAN APA PUN... bahkan di gebukin sama anak kecil , di banting , di siram MUSANG TETAP AMAN TIDAK MENG GIGIT... sekian dulu dari saya MASTER MENJINAKAN MUSANG PANDAN...

    ReplyDelete
  57. Selamat siang dok..
    Maaf mau nanya .
    Sya punya muspan betina usia 18 bln. Taring masih ori.. trus klo gigit kenceng bgt di koyak sampe bolong apa aja yg dia gigit pasti bolong.. mau itu botol pelastik yg tebel bekas minuman , sendal , sarung tangan safty (yg biasa bwt elang ) smuanya kalah sma gigitan musang betina . Bahkan mnurut sya di gigit yg jantan walaupun badannya jumbo dripada betina tp klo gigit ga sampe bolong gitu paling bekas doang.
    Itu saran dari dokter gimna ya ?
    Haruskah sya pangkur full atw biarin aja ?
    Smenjak birahi gigit nya keras bgt sya ga pernah kluarin free room lg sampe skarang..

    Tolong di jawab dok.
    Trimkasih..

    ReplyDelete
  58. Dok kalo saya mau beli musang yang sudah jinak total dari orang lain bisa gak dok?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  59. Dok musang saya awal nya tidak mengigit tapi sudah 2 hari ni dipegang mengigit terus. Ituh knpa ya. Dia si lg bersin* mlu dan cara menyembuhkan nya gmna ya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.