Apakah Sugar Glider Boleh Dipakaikan Baju? | Drh. Fira Sovica

"Apakah sugar glider boleh dipakaikan aksesoris berupa baju, dok?" Demikian pertanyaan yang ditanyakan salahsatu pengunjung blog ini kepada saya. Maka artikel berikut akan membahas

aksesoris berupa baju untuk sugar glider

. Bagi anda yang akan beternak sugar glider, anda bisa membaca artikel saya cara menternakkan sugar glider.
Apakah Sugar Glider Boleh Dipakaikan Baju?
Image taken from critterlove.com


  • Memakaikan baju untuk sugar glider adalah tindakan yang kurang tepat, dengan tegas saya sampaikan. Benar jika sugar glider yang dipakaikan baju akan terlihat lebih lucu dan menggemaskan, namun memelihara hewan bukan hanya soal lucu atau tidaknya hewan tersebut.
  • Seperti yang telah diketahui, sugar glider memiliki membran di samping kanan-kiri tubuhnya yang membantu sugar glider saat melompat dari pohon satu ke pohon lain. Dengan memakaikan baju untuk sugar glider, maka fungsi membran ini tidak akan berguna lagi. Mungkin anda beralasan, "ah, ini kan sugar glider yang saya pelihara. Dan dia tidak lagi hidup di pohon, jadi membran-nya gak lagi berguna," tapi dalam faktanya, keberadaan baju sugar glider yang dipasangkan secara paksa oleh pemilik sugar glider akan membuat sugar glider terluka saat mencoba membuka membrannya.
  • Keberadaan membran pada tubuh sugar glider juga membantu sugar glider ketika melompat. Maka, jika membran sugar glider tertutupi baju, akan sangat mungkin sugar glider tidak akan bisa melompat karena terhalangnya membran ini. Resiko terjatuh akibat tertahannya membran akan jauh lebih besar.
Saya sendiri tidak punya hak untuk melarang anda memasangkan

baju untuk sugar glider

. Saya hanya memberikan akibat yang akan timbul karena pemasangan baju sugar glider tersebut. Selebihnya, kembali ke kesadaran masing-masing bahwa memelihara hewan bukan hanya sekedar lucu. Memelihara hewan berarti siap dengan segala konsekwensi dan resiko yang akan ditanggung dan diterima saat memelihara hewan. Terima kasih. (FS)

1 Response to "Apakah Sugar Glider Boleh Dipakaikan Baju?"

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.