Kawin Sedarah Pada Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya, materi tentang larangan

kawin sedarah pada sugar glider

pernah saya bahas sekilas di artikel hal yang salah dalam mengawinkan sugar glider.
Kawin Sedarah Pada Sugar Glider
Image taken from pinterest.com


Banyak sekali hal yang salah dalam mengawinkan sugar glider, salahsatunya adalah tentang kawin sedarah pada pada sugar glider. Gosip bahwa mengawinkan sugar glider dalam perkawinan sedarah katanya akan menghasilkan jenis sugar glider lain seperti sugar glider albino atau leucistic masih terus saja beredar, entah siapa pelakunya. Gosip tersebut tentu saja salah.

  • Kawin sedarah adalah perkawinan dua hewan yang masih ada pertalian darah diantara keduanya. Misalnya, perkawinan induk dengan anaknya, atau anak dengan anak yang lain (kakak-adik). 
  • Perlu saya tegaskan lagi bahwa kawin sedarah pada sugar glider hanya akan menghasilkan keturunan yang tidak bagus. Kecacatan pada sugar glider yang dilahirkan dari perkawinan sedarah sangat mungkin terjadi. 
  • Selain itu, joey hasil kawin sedarah juga sangat mungkin mengalami ketidakstabilan emosi (cenderung sangat galak, susah untuk berteman dengan sugar glider lain, agresif, dan lain sebagainya).
  • Kemungkinan lain yang bisa terjadi pada perkawinan sedarah pada sugar glider adalah induk sugar glider akan memakan anaknya sendiri tak lama setelah OoP (out of pouch). Penyebab induk sugar glider memakan anaknya sendiri bisa dibaca di artikel kenapa induk sugar glider makan joey sendiri.
Demikian adalah artikel tentang

larangan kawin sedarah pada sugar glider

. Ingat, memelihara sugar glider bukan hanya soal keuntungan semata. Membuat sugar glider yang kita pelihara tetap sehat dan terawat adalah hal utama dalam beternak sugar glider. Terima kasih. (FS)

51 Responses to "Kawin Sedarah Pada Sugar Glider"

  1. Dok, kalo antar sodara tiri dikawinkan boleh/tidak? Beda ibu tapi satu bapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masih dikatakan sedarah, mas.
      cara memelihara tarsius sedang menunggu giliran terbit. tunggu saja, mungkin besok jadwalnya... :)

      Delete
  2. Oiya, maaf melenceng dok, soalnya saya search artikelnya nggak ada. Bagaimana cara pelihara tarsius dok....? Susah/tidak?

    ReplyDelete
  3. dok saya baru beli SG, habis beli SGnya langsung di bawa mudik pake motor saya masukan pouch, pas dijalan td kebrisikan suara motor sama truk, pas sampe rumah jd agresif padahal di ownernya jinak banget, apakah SGnya stres gara2 dijalan? mohon di kasih solusi dok buat sg saya supaya jinak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mas. diamkan saja di kandangnya selama beberapa hari sambil terus kasih makan, mas masukkan juga kaus bekas pakai mas ke dalam kandang agar dia kenal sama bau mas. itu juga kalau masnya gak ngerokok. kalau ngerokok sebaiknya jangan/. selengkapnya silakan baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider

      Delete
  4. sama saran buat jinakinnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara menjinakkan sugar glider. cari di bagian cari artikel... :)

      Delete
  5. dok kalo misal SG yg giginya sudah dipotong, apakah itu bsa tumbuh lagi? klopun bisa berapa lama ? thx dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya, tidak bisa. sekalinya dipotong, mereka gigi sg tidak bisa tumbuh lagi.

      Delete
  6. dok saya mau gabungin SG jantan umur 6 bulan dengan SG betina umur 4 bulan buat temen kandang...boleh gak dok?kalo misal mereka kawin anaknya ada kemungkinan di reject gak dok untuk SG umur segitu?terimkasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ada kemungkinan direject kalau umurnya segitu. kalau memang mau mengawinkan, mending pilih indukan yang agak lebih tua...

      tergantung faktor lucky juga sih.....

      Delete
    2. tapi niatnya bukan untuk dikawinkan dok,cuma biar ada temen kandang aja...boleh gak dok?

      Delete
    3. oh, begitu. kalau menurut saya sih amannya mending cari yang seumuran. yah namanya hewan ya mas. boleh disatukan, namun tentu saya tidak menjamin. :)
      satuin aja gak apa2.. :)

      Delete
  7. dok, bahgaimana cara agar bisa menbhasilkan sugar glider type lain, seperti mosaic, albino dan leucistic. terima kasih :D

    ReplyDelete
  8. Dokter saya baru beli sg, trus dia saya kasih anggur, pas saya baca baca gataunya anggur dan kismis penyebab gagal ginjal, trus gmn sg saya udh terlanjur dimakan anggurnya klu dia kena gagal jantung gmn 😭😭😭😭

    ReplyDelete
  9. Lalu munculnya keturunan albino dan leucistic itu dr mana dok? Apakah ada metode yg bs diterapkan? Untuk perkawinan sedarah,apakah bs dihitung prosentase potensi munculnya lethal gen dan kecacatan fisik dan mental? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. prosentasi kecacatan yang mungkin muncul bisa aja dihitung, nanti mungkin saya buatkan artikel khususnya. :)

      munculnya keturunan albino dan leucistic tentu dari indukan yang sama2 albino atau leucistic, mas... itu satu2nya metode yang bisa diterapkan untuk menghasilkan sg leu atau albino... )

      Delete
  10. Dok, SG betina ku usia 8 bulan mau d kawin in sm SG jantan temen ku usia 1 thn,,
    Bsa g ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, lebih baik sih betinanya yang lebih tua. meski dalam kasus ini bisa aja sih... :)

      coba aja, mbak. :)

      Delete
    2. Akan ada kemungkinan buruk yg akan terjadi g? Jika ttep dikawinkan?

      Delete
    3. direject maksudnya? ada aja kemungkinan. namun kalau menurut saya 8 bulan sudah dewasa kok. kemungkinan direject lebih kecil... :)

      Delete
    4. Oke, terima kasih y dok,, :)

      Delete
  11. Assalamualaikum dokter, sekarang sugar glider saya udah baik lagi kondisinya :)
    Saya mau tanya nih dok, kebanyakan kan ketika ternak orang memasukan 1 jantan dan biasanya 3-5 betina, ketika sudah beberapa indukannya hamil dan oop, itu boleh gak sih dok antara joey indukan A dan joey indukan B di kawinkan nantinya ? Makasih sebelumnya ya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masih dikatakan sedarah, mas. kalau mau, mas bikin 2 grup, hehehe. 4 betina, 2 jantan, dikelompokin jadi 2 betina 1 jantan. nanti anakanya baru bisa dikawinkan... :)

      Delete
  12. Ohh begitu ya dokk, okedeh terimakasih infonya dookk :)

    ReplyDelete
  13. dok saya punya sg sepasang (bukan sedarah) namun udah 2 bulan lebih kok blum kawin yaa? malah waktu dberi makan terkadang berantem, apa yg harus dlakukan supaya cpet bsa kawin ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak bilang umur sgnya berapa.
      ada banyak sebab kenapa sg gak kunjung kawin. pertama, ya itu tadi, umur. kedua, karena dia menganggap suasananya gak mendukung (makanan belum tersedia dengan baik, atau ruangan yang terlalu rame, banyak asap rokok, dll). kadang juga ada induk sg yang pemilih dalam cari pasangan.

      coba cek lagi dari yang saya sampaikan tadi.. :)

      Delete
  14. Dok clasic grey dikawinkan dgn leu/mozaik bisa gak? Jika boleh yg bagus jantannya yg CG atau betinya? Seberapa persen kemunculan anak untuk leu/moza nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, sugar glider grey bisa dikawinkan dengan sugar glider leucistic dan mozaik. tapi, keturunannya nantinya gak murni lagi. gen-nya udah tercampur antara grey (50%) dan leucistic/mozaic (50%). maka kemungkinan menghasilkan anakan leucistic atau mozaic pun jadi 50%.

      kalau bisa sih kawinkan lagi aja dengan pure leucistic/mozaic.

      Delete
  15. Tolong tanya
    1. Dalam 1 kandang, 1 ekor sg jantan boleh dicampur maksimal dengan berapa ekor betina?
    2. Apa boleh memelihara sg dlm jumlah besar dlm 1 kandang besar, misal 3 jantan + 6 betina dlm 1 kandang besar. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau maksimalnya, sejujurnya banyak pendapat dikalangan breeder. ada yang bilang 5, ada yang bilang 10. tapi sepengalaman saya, maksimal satu koloni sg terdiri dari satu penjantan dan 6 atau 7 betina, meski di luar negeri ada yang coba bikin koloni besar yang jumlahnya 1 penjantan dan 12 betina, dan ternyata berhasil...

      pendapat saya sih, agak kurang manusiawi ya kalau satu penjantan sampai harus mengawini 12 betina. kasian. :D

      mas udah baca artikel saya soal cara memelihara sugar glider (https://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2013/10/cara-memelihara-sugar-glider.html)? jangan mencampurkan lebih dari satu pejantan dalam satu koloni. khawatirnya saling serang untuk memperebutkan betina.

      Delete
  16. Dok ada yang bilang. leucistik kan warnanya putih terus kalau udah adult katanya warnanya bakal kekuning2an. Benar dok? Itu alami?klu g alami apa penyebab dan cara ngatasinya dok? Makasi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. sebenernya sih aslinya tetep putih, meski sudah dewasa. nah yang kekuningan itu juga gak terlalu kuning. jadi cuma bias2 aja. warna kekuningan sebenernya tergantung lingkungannya, jadi faktor external. :)

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya mas.

      Delete
  17. Dr mau tanya... Kalau memang induk tidak boleh kawin dg anaknya, mulai umur berapa anaknya harus di pisah? (Anaknya betina) thx dr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat si anak sudah independent.
      soal sugar glider yang sudah independent ini pernah saya bahas di artikel istilah dalam memelihara sg dan artikel siklus hidup sg

      Delete
  18. Dr vira saya mau tanya , saya kan barusan beli sg wf sepasang. Nah niat saya mau diternak. Tpi sg nya sedarah.
    a) Apakah bisa untuk diternak ya ?
    B) apa ada pengalaman lain dri dokter sendiri/breeder lain yg pernah mncoba mengawinkan sg sedarah tpi berhasil?
    Tolong penjelasannya dok. Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kalau pertanyaannya apakah sg white face yang sedarah bisa diternakkan atau nggak, tentu bisa. cuma anakannya kemungkinan bakalan cacat. meski gak cacat juga dari segi genetik kurang bagus karena mas udah merusak genetic chain-nya. jadi mending jangan.
      2. ada. tempo hari ada yang sharing di blog ini kalau dia ternak sg yang sedarah dan berhasil. saya sendiri sudah mengatakan bahwa sg yang dikawinkan sedarah bakalan ada efek samping negatifnya, tapi ya dia memutuskan untuk terus melakukan itu. ya sudah, terserah dia. saya gak bisa memaksa. :)

      Delete
    2. Oh begitu ya dok, terimakasih dok atas informasinya

      Delete
  19. Dok saya mau tanya . Sg betina saya anakan dari leu x wf hasilnya itu wf . Trus sqya mau breed kan sama grey kira2 hasilnya apa dok joy nya . Trims dr

    ReplyDelete
  20. Dok mau tny
    Sg saya betina terlanjur hamil sedarah
    Stlh melahirkan dan nantinya di kawinkan lg sama sg yg gak sdrh
    Apakah anak nya normal?
    Atau sudah terlanjur rusak gara gara perkawinan sedarah yg awal td
    Trims

    ReplyDelete
  21. dok saya ada sg cg , beli satuan antara betina 1thn dan jantan 10bln . betina ini udah hamil 2kali. yg terakhir joey nya baru umur 2bln. kalo saya lgsg kawinkan lagi dgn yg jantan 10bln itu berhasil gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan berhasil, mas... kenapa nggak coba aja? :)

      Delete
  22. Dr mau nanya nih,,kenapa sg gk boleh di kawin sedarah,,
    Emang di alam liar juga mereka gk kawin sedarah gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kawin sedarah bisa merusak susunan genetika, mas. jadi kemungkinan bakal menghasilkan keturunan yang cacat sangat mungkin terjadi jika dilakukan kawin sedarah.... jika toh misalnya nggak cacat, secara genetika sebenernya sg tersebut sudah rusak. jadi ada kemungkinan keturunan selanjutnya akan cacat.

      sg mengenali sesama sg biasanya dari aroma. sama aja kayak manusia. dulu waktu masih bayi, kita juga mengenali ibu kita dari aroma tubuhnya saat kita lagi nenen sama ibu kan? nah sama sg juga gitu. mereka mengenali ibu dan saudara-saudaranya dari aroma yang mirip dengan aromanya dia sendiri. dan mereka biasanya akan kawin dengan aroma yang beda dengan aroma keluarganya.... :)

      Delete
  23. Dok mau tanya, kalo kura kura kawin sedarah (satu induk) bisa ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hewan apapun sebaiknya gak dikawinkan inbreed (kawin sedarah), mas....

      Delete
  24. Dok mau nanya nih, saya kan punya SG joey umur 1 bulan bdh OOP tp msh sering nempel ke induknya, cuma beberapa hari yg lalu induknya lepas & nggk kembali. Jdi skrg dekat sama kakakx yg kebetulan betina, itu gpp ato gmn cara rawatx klu kasus gtu. Terima kasih atas jawabanx

    ReplyDelete
  25. Dok mau tanya,kalau sg umurnya sama,bisa dikawinin gk dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.