Mengobati Pilek Pada Kura-Kura | Drh. Fira Sovica

Pilek adalah penyakit yang biasa menjangkiti semua jenis kura-kura, baik itu kura-kura darat, kura-kura full akuatik, atau kura-kura semi akuatik. Dalam artikel berikut, penulis akan mengetengahkan judul

cara mengobati pilek pada kura-kura

. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Berikut adalah ulasan lengkap cara mengobati kura-kura yang pilek.
Image taken from en.wikipedia.org
  • Penyebab Pilek Pada Kura-kura.
  • Sebab pilek pada kura-kura sama seperti penyebab pilek pada ular, yaitu ketidakstabilan suhu dalam kandang atau dalam air tempat memelihara kura-kura tersebut. Pada kura-kura darat, penyebab pilek pada kura-kura darat seperti sulcata, pardalis, dan emys adalah suhu kandang yang naik turun. Hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan cuaca dan lain sebagainya. Pada kura-kura akuatik seperti labi-labi, common snapping, dan alligator snapping serta kura-kura semi akuatik seperti kura-kura brazil, penyebab pilek pada kura-kura akuatik dan kura-kura semi akuatik adalah suhu air yang terlalu dingin atau suhu air yang fluktuatif, suhu naik turun atau tidak stabil.
  • Ciri Pilek Pada Kura-Kura.
  • Ciri pilek pada kura-kura air (kura-kura full akuatik) dan kura-kura semi-air (kura-kura semi akuatik) adalah jika anda mengangkat kura-kura itu dari air, maka akan muncul gelembung dari lubang hidungnya. Kura-kura air dan kura-kura semi air yang pilek juga mengalami mogok makan. Pada kura-kura darat seperti kura-kura pardalis, kura-kura sulcata, dan kura-kura emys, ciri kura-kura darat yang kena pilek adalah hidung dan mulut kura-kura tersebut terlihat basah, mata kura-kura kadang terpejam, dan nafsu makan kura-kura berkurang.
  • Mengobati Kura-Kura Yang Pilek.
  • Pilek pada kura-kura air dan kura-kura semi air bisa diobati dengan memberikan garam ikan ke dalam air tempat pemeliharaanya. Anda juga bisa menaikkan suhu air secara bertahap sebanyak 5 celcius dari suhu normal air. Penjemuran juga bisa dilakukan untuk mengobati kura-kura yang pilek, baik itu kura-kura full akuatik, kura-kura semi akuatik, atau kura-kura darat. Penjemuran kura-kura darat bisa dilakukan dibawah matahari pagi dibawah jam 10 siang selama 10 menit, sementara menjemur kura-kura akuatik dan semi akuatik cukup dilakukan selama 5 menit dibawah jam 10 siang. Penjemuran bisa dilakukan setiap hari selama satu minggu sambil terus diobservasi dengan cara fisik (dilihat hidungnya) serta dengan cara non fisik (dilihat nafsu makannya, apakah sudah normal atau belum. Jika ciri fisik dan non fisik dari ciri kura-kura pilek sudah tidak terlihat, lanjutkan proses pengobatan selama 3 hari lagi untuk memastikan pilek pada kura-kura benar-benar sudah sembuh.
  • Obat untuk mengobati pilek pada kura-kura.
    Untuk obat untuk kura-kura yang pilek anda bisa menggunakan Terramycin yang banyak dijual di toko obat, apotik, atau di toko hewan khusus reptil. Sedot terramycin dengan menggunakan suntikan, lalu teteskan satu tetes terramycin ke hidung torto atau kura-kura. Ingat, hanya DITETESKAN lewat hidung, bukan disuntikkan lewat hidung. Lakukan pengobatan dengan Terramycin dengan dosis satu kali sehari selama satu minggu berturut-turut.
Demikian adalah cara

mengobati pilek pada kura-kura

. Artikel diatas diharapkan bisa membantu anda dalam merawat dan menyembuhkan kura-kura yang pilek. Terima kasih dan semoga bermanfaat. (FS)

274 Responses to "Mengobati Pilek Pada Kura-Kura"

  1. Hi Dok, ini Fiat - sambungan dari blog comment dan chat online (26 Apr 2017 siang), mengenai 2 ekor baby kura2 RES yang disarankan untuk diberikan air jahe (bukan di rendam :D) .

    yang satu akhirnya tewas, keliatan terlalu lemah :(

    yang satu lagi di paksakan untuk air jahe, tapi mulut nya gak mau buka, akhirnya di berikan 3-4 tetes, di bagian mulut, dengan harapan ada sedikit yang masuk. reaksinya dari yang merem dan diem, agak meronta.
    saya perhatikan lebih dekat, ternyata satu hidung nya sepertinya tersumbat, pilek ini.

    dari artikel ini, disarankan selain garam ikan, diberikan Terramycin.
    pertanyaannya, apakah perlu ditangani dengan garam ikan dulu, atau boleh langsung Terramycin? asumsi jika saya keliru ambil kesimpulan, ternyata bukan pilek, apa ada efek membahayakan bila diberikan setetes Terramycin di hidungnya?
    trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung aja pake terramycin, mas...
      kalau toh misalnya bukan pilek, gak ada efek sampingnya kok....

      hiks, saya ikut sedih dengernya. buat pelajaran aja ke depannya ya, mas...... :(

      Delete
    2. terima kasih informasinya.
      akan di berikan terramycin, dok.

      iya nih, dulu piara yang baby sepertinya gak gede banget effortnya. hehe.

      Delete
    3. sip. ditunggu terus kabarnya. :D

      Delete
    4. malam Dok,
      tetramycin yang kubeli seperti ini:
      https://s4.bukalapak.com/img/965808201/m-1000-1000/1444459831787.jpg

      mau make sure aja, karena ini sepertinya sekali pakai. jika betul, apakah boleh di bungkus dan masukkan ke kulkas lagi?

      trims.

      Delete
    5. iya betul yang kayak gitu mas.
      dipakenya pake suntikan. jadi dikeluarkannya disedot pake suntikan gitu, lalu dari jarum suntikannya, cuma diteteskan aja dikit ke lubang hidungnya.

      awas, jangan sampe nusuk ke hidungnya...

      Delete
    6. trims,
      karena pakai cuma sedikit, sisa nya boleh bungkus plastik, diikat karet dan di simpan lagi di kulkas?

      jika boleh, max berapa lama di keep?

      Delete
    7. boleh, mas. taro aja di kulkas.
      soal berapa lama penyimpanan, coba mas tanya sama yang jual...

      Delete
    8. siang, mau update aja.
      ini hari ke 4, saya tetap berikan air jahe sehari 2x.

      terramycin sudah di tetes semalam, entah dosis kedikitan ato gimana, saat kena hidung, si kura2 gosok2 hidung, setelah di letakkan di container, kembali nutup mata dan tiduran terus.

      pagi ini dijemur, seperti biasa matanya buka, gak sampe 5 menit, mulai jalan dan sembunyi di tempat teduh. kembali ke kontainer sama lagi.

      trims.

      Delete
    9. oke. sip. fesesnya gimana mbak? :)

      sekarang gimana?

      maaf karena baru balas, saya abis sakit kemaren..

      Delete
    10. sore, bukan mbak nih, dok :D

      anyway...
      rutin berikan terramycin sejak 28 April, jika nanti malam diberikan sudah hari ke 5.

      setiap kali di tetes kura2 nya buka mata dan 'ngamuk' ngais2 kaki. sama saat diberikan air jahe (belum masuk mulut juga) - kura2 nya juga menolak pipet nya.

      setelah itu dimasukkan ke kontainer, kadang mulai berenang dan kemarin makan jentik2 gitu. tapi tidak mau makan pellet.

      tiap pagi rutin di jemur 5 menit secara langsung, saat sudah jalan ke teduhan, saya masukkan ke bashing bucket dengan air, tanpa kena matahari langsung selama 5 menit juga. Selama dijemur selalu buka mata. begitu masuk ke ruangan merem lagi.

      jika sudah seminggu, apa terramycin perlu lanjut?
      trims.

      Delete
    11. oh ya, tentang feses, gak gitu keliatan karena makan nya dikit, Dok.

      wah dokter nya sempat sakit, semoga sudah recover.

      Delete
    12. malam dok,
      kura2 ku, gunakan terramycin sejak 28apr sampai 4mei.

      sementara saya hentikan karena tidak terlihat hidung basah.

      kondisi skr, pagi2, sering berenang2 seperti cari makan, tapi tidak mau makan pellet. gak lama, naik ke batu dan tiduran terus.

      malam nya saya tetap berikan sedikit air jahe. setelah itu biasa dia akan renang2 sebentar cari makan dan tidur lagi. apakah normal? untuk air jahe apa perlu diberikan terus? trims

      Delete
  2. Siang dok,

    Kura" saya matanya 22nya berwarna putih kira" napa ya dok? Saya sudah celupin daun sirih dan sering ganti airnya beberapa hari terakhir ini, tapi makin putih matanya.

    Nafsu makan ama lincah sih masih tapi dok

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel saya ADA BINTIK DI MATA KURA-KURA.

      Delete
  3. Dok....baby kura" brazil jnis RES klo diksih blich ich trus drendem smalaman gk ap" kan..(soalnya dia kena jamur dikulitnya) mksih😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sekarang gimana keadaan kura-kuranya, mas...?
      mas tahu darimana dia jamuran?

      gak masalah sih. kabari lagi. :)

      Delete
  4. Mlm dok saya punya kura2 , udh mau seminggu kura2 saya g mau makan,asalnya dia aktif berenang, sekrng jdi murung gitu, tidur terus kaya yg mati, tpi dia hidup, knpa iya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab sih....
      coba angkat dari air, terus liatin lubang hidungnya, kayak ada gelembung yang keluar gitu nggak?

      kasih minum air rebusan daun sirih, sekali sehari.

      terus kurangi air di akuariumnya, sekita kepalanya masih gampang nyembul di atas air kalau dia berdiri di akuarium...

      Delete
  5. Dokter saya mau tanya ini ular saya sariawan juga pilek sampai " matanya gak kelihatan kenapa ya dok...gimana cara ngobatinnya ya... sampai sekarang gak mau makan soalnya

    ReplyDelete
  6. dok mau tanya res saya kena flu mau jemur tiap hari ndak bisa karena kondisi rumah yg ndak kena sinar matahari.. ada alternatif lain selain dijemur matahari tidak? klo pakai lampu led bisa mengganti cahaya matahari tidak?.. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake lampunya lampu UVB, gak bisa pake lampu LED, mas....

      coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA.... kasih air jahe, tapi cara buatnya, liat di artikel itu...

      Delete
  7. Halo dokter, saya mau tanya. Kura2 saya biasanya mau makan, aktif juga. Tp 2-3 hari ini gak mau makan dan tidur terus. Hari ini saya baru keliatan kalo waktu dia di air terus buang nafas, ada residu semacem kotoran gitu. Kira2 ini kenapa dan gmn cara mengatasinya ya dok?

    ReplyDelete
  8. Halo, dokter. Kura2 saya biasa makannya teratur dan aktif, tp 2-3 hari ini dia mogok makan dan tidur terus. Hari ini baru sadar waktu dia buang napas, keluar residu kyk debu warna putih. Ini kenapa ya dok? Apa ada hubungannya dgn mogok makan dia? Hari pertama kedua meski gak makan dia msh pup, tp skrg udah gak lagi. http://i.imgur.com/u0iHGKI.jpg

    ReplyDelete
  9. dok mau tanya kalo di obatin pake daun sirih itu untuk pengobatan penyakit apa ya? pada kura kura brazil

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas udah baca artikel saya, obat alami untuk kura-kura?
      coba baca dulu..

      secara prinsip, air rebusan daun sirih itu bisa digunakan sebagai antibiotik alami...

      Delete
  10. Kak klo cuma kasi air anget sama di jemur bisa sembuh ga?
    Terus dulu kura kura yg sebelumnya pilek juga kenapa di kasih obat mala mati ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilek? bisa mbak kasih obat yang saya tulis di artikel OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA juga mbak. itu juga kalo belum terlalu parah....

      dulu mbak kasih obat apa?
      jemurnya jangan kelamaan... yang paling penting adalah ruangan tempat memeliharanya jangan terlalu dingin, airnya kurangi aja, jangan sampe 'kelelep'.... sekira dia masih bisa jalan2..

      Delete
  11. terramycin ini yg merk apa dok kalau mau beli di apotek?
    jauh dari petshop soalnya.
    sama kalo pake cotton bud buat ngolesin obatnya di torto bisa gx dok?
    soalnya pake jarum jahiy gx steril menurut saya dok.
    mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terramycin ya terramycin, mas.
      jangan pake cotton bud, mas. ditetesin ke hidungnya aja.
      makanya jangan pake jarum jahit, tapi pake suntikan...

      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  12. Dok, mau tanya..
    Kura kura seperti sesak nafasnya.. Dan saya liat dihidungnyabterdapat sumbatan.. Itu penanganannya seperti apa ya?

    ReplyDelete
  13. Dok, mau tanya..
    Kura kura seperti sesak nafasnya.. Dan saya liat dihidungnyabterdapat sumbatan.. Itu penanganannya seperti apa ya?

    ReplyDelete
  14. Dok kura2 saya jenis kura darat atau air yah terus 3 hari ini tidak mau makan ciri2nya kayak flu yaitu keluar gelembung2 udara apa boleh saya taruh diakuarium kering. dan apa benar bisa pakai terramycin? tks dok

    ReplyDelete
  15. Dok kura2 saya jenis kura darat atau air yah terus 3 hari ini tidak mau makan ciri2nya kayak flu yaitu keluar gelembung2 udara apa boleh saya taruh diakuarium kering. dan apa benar bisa pakai terramycin? tks dok

    ReplyDelete
  16. Dok mau nanya, kalo di kolam kura" ada kek macem gumpalan putih itu apa yah?

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikuk dokter mau nanya kura-kura saya dulu lahap makan sekarang udh 2 munggu lebih gk mau makan padahal masih baby terus kyknya enggak pilek org gk ada lendirnya cuma tiba2 mogok makan, gimana dok solusinya ,klo kelamaan nggk makan nnti bisa AlM,,,
    Mohon bantuannya dok terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam....
      kalau masih baby emang rentan banget... :(

      coba cek artikel saya, obat alami untuk kura-kura. kasih air jahe yang saya tulis di sana. baca dulu artikelnya. :)

      Delete
  18. siang dok. maaf saya ingin curhat panjang lebar mengenai kura2 brazil saya..
    saya baru pelihara kura-kura brazil masih baby, 2 ekor. namanya Leo dan Luna. Leo sudah mati karena memang saya lihat sudah sakit smenjak beli.. Jadi tinggal Luna saja. saya tempatkan luna di aquarium kaca berukuran sekitar 40 cm X 60 cm. saya beri batu besar untuk nangkringnya, dan sisanya air.. tapi masalahnya saya gak bisa pakai filter karena kadar airnya terlalu rendah. untuk membersihkannya, saya pakai cara manual dengan selang yang disedot. dan saya jarang bersihkan karena tidak sempat, terlalu sibuk. ohiya, dia sejak saya beli tanggal 22 november belum mau makan sampai sekarang, saya udah beri pelet hijau khusus kura-kura, tapi tetap saya luna gak mau makan. disentuh pun tidak. akhir2 ini saya lihat mata nya selalu menutup dan kurang aktif daripada pas pertama saya beli. hidungnya sering keluar gelembung dan terkadang mulutnya terbuka. oke, saya tau itu pilek. dan dengan suhu dingin bandung yang ada di rumah saya, menurut saya itu yang jadi penyebabnya, karena airnya memang dingin.. terlebih lagi, saya belum beli lampu UV B karena saya pikir ini terlalu mahal (?) dan kalau boleh boleh tau, gunanya lampu UV B itu untuk apa yah? kalau sekedar penghangat, apakah bisa diganti dengan lampu bohlam kuning hangat biasa yang biasa dipakai untuk mengahangatkan kandang ayam?
    lalu untuk masalah selanjutnya mengenai makan, bagaimana cara ngasih makanannya ya ke kura-kuranya? karena mulutnya juga cenderung jarang terbuka. bagaimana untuk memaksanya makan?
    butuh sarannya dok mengenai hal ini.. terimakasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurangi airnya. yang pasti, jangan pake akuarium yang terlalu besar. biar suhu airnya tetap terjaga.

      setelah dipindah ke akuarium kecil, coba kasih obat yang saya tulis di artikel obat alami untuk kura-kura. di sana ada resep air jahe. coba aja kasih....

      saya gak jamin sembuh, tapi coba aja... lebih bagus sih sebenernya kalo dibawa ke dokter hewan aja,...

      Delete
  19. Permisi dok.kalau kura kura semi akuatik jika sedang sakit pilek apakah boleh diberi obat flu seperti bodrex panadol dll?

    ReplyDelete
  20. Kak kura 2× saya jarang gerak , makan nya dikit tapi idung nya ga ada bubble nya tapi kayanya ada ingus ga tau itu kulit kelupas atau ingus

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis kura-kuranya apa? :)
      apa berenangnya miring2?

      umur kura-kuranya berapa? anakan? masih kecil?

      silakan kasih air jahe seperti yang saya tulis di artikel obat alami untuk kura-kura. baca dulu, jangan sembarangan kasih air jahenya. ada cara buatnya. :)

      kabari lagi

      Delete
  21. Selamat sore dok. Saya punya dua kua kura. Yang satu suka berjemur dan sering merem dan jarang berenang. Yang satu suka tidur di air. Saya duga pilek yang berjemur terus dok. yang saya tanyakan apakah kura² pilek boleh kita karantina di box tanpa air Sampai bbrp hari , kura² saya kura² RES

    ReplyDelete
    Replies
    1. maafkan saya karena baru balas.
      cuaca akhir2 ini emang bisa bikin hewan sakit, mas. mending pisahin keduanya. dan coba kasih/minumkan air jahe. tapi jangan sembarangan. ada resepnya: cek artikel obat alami untuk kura-kura

      Delete
  22. Halo dok, kura2 saya tempurungnya ada warna putih semacam kek ngelupas gitu. kenapa ya? Terus solusinya apa?
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak kelupas gimana mbak? :)
      karena biasanya kura-kura kalau mau ganti keping tempurung juga gitu. keping tempurungnya jadi putih, terus terkelupas, dan lepas sendiri.....

      nafsu makannya gimana mbak?

      Delete
  23. Dok saya mau tanya cara mengobati pilek yg ampuh pada sulcata gimana ya? Saya dah obatin dengan berbagai macam obat.. Tp yg ini gk sembuh2 dr pilek nya.. Jemur rutin sudah setiap saat.. Sampe saya sedot tuh ingus nya udah jg tp ttp ada lg ada lg.. Kondisi kura sih lubang hidung besar plong tp pilek ya.. Mata bersinar bersih seger.. Kura nya jg aktif sehat.. Makan rakus .. Tp pilek nya gk ilang2.. Gimana nih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya balas sebenernya di postingan sebelah, hehehe. tapi saya tambahin aja:
      kayaknya klalau dia masih nafsu makan dan aktif, kayaknya dia nggak pilek. mungkin masalah debu or something aja... :)

      Delete
    2. Pilek sih dok.. Soalnya di hidung nya meler or keluar ingus or gelembung2 gitu dok.. Gimana ya dok.. Need help.. Terramicin atau Breathy dok yg efektif.. Dok mohon maaf coba Search Breathy deh.. Sama Terramicin bagusan mana ya tq bgd dok

      Delete
    3. sekarang nafsu makannya gimana mas?
      bisa kasih terramycin sih mas. tetes ke lubang hidungnya...

      maaf karena baru balas. saya abis sakit kemaren... :)

      Delete
    4. Nafsu makan sih mau makan mah.. Tp standar.. Dok sudah saya ksh terramycin,, koq jd kaya mampet ya.. Terus keluar gelembung2 ingus gitu dr hidungnya.. Apa efek Terramicin gitu kah?

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. nggak apa2. usahakan cairan terramicyn-nya masuk ke dalam lubang hidungnya ya mas...

      sekarang gimana? :)

      kabari terus...

      Delete
    7. Iya dok siapp.. Skrng sih sebelum saya Tetesin ke idung nya.. Saya sedot dolo tuh ingus nya.. Baru saya Tetesin.. Saya tungguin ampe masuk..eh udah kaya masuk ke dalam hidung nya tp dia bisa keluarin lg dok beserta ingus nya hahaha.. Apa emank gitu ya? Ini hari ke 2 saya Tetesin terramycin.. Tq dok..

      Delete
    8. bagus, bagus banget! :D
      so far so good, tinggal lanjut dan lapor sini aja ya mas... :D

      eh iya, nafsu makan gimana? :)

      Delete
    9. Untuk nafsu makan nya sih dok.. Mau makan tp gk gitu nafsu.. Dolo saya ksh Pelet doyan bgd skrng tidak.. Tp kalo ksh sayur msh mau dok walau gk rakus.. Sedih liat nya 😢

      Delete
    10. kalau emang dia maunya pellet, boleh aja sehari kasih pellet, tapi asupan sayuran dan buah kudu lebih banyak dari pelletnya ya. jangan sampe pelletnya lebih banyak dari sayurannya... :)

      Delete
    11. Haloo dok.. Kura saya msh pilek aja nih.. Udah semingguan nih dok.. Nafsu makan sih oke dok.. Makan Peletnya.. Kalo makan sayur udh gk doyan dok.. Gimana ya dok buat pilek nya .. Tq dok

      Delete
    12. kalau dia beneran pilek, biasanya nafsu makannya juga berkurang, mas. jadi asumsi saya, kayaknya sih dia bukan pilek.

      coba kasih reptile booster aja buat mempertahankan daya tahan tubuhnya dia. cek artikel cara agar reptil tetap sehat...

      cek juga cairan yang keluar dari hidungnya, cairan pileknya. apakah bentuknya kayak air biasa atau mirip lendir gitu?

      agak susah sebenernya kalo gak liat kura-kuranya langsung. tapi coba observasi 1 minggu lagi. kalo masih sama dan nafsu makannya berkurang, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
    13. Iya dok yg keluar dr hidungnya sih kek air biasa tp gk meler lg dok.. Cuman ada beberapa di dalam hidung nya.. Jd nya gimana dok? Apakah saya lanjutkan dengan pemberian terramycin terus atau gimana dok tq.. Nafsu makan sih bagus Wkkwkwkwk tp ya gitu hidungnya gk kering 100% tq dok

      Delete
  24. Selamat malam Dokter.
    Mohon masukanya, kura kura sulcata saya hidungnya mampet, mata nutup terus dan nafsu makanya hilang.
    Dikasih obat apa ya dok?
    Terimakasih 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur kura-kuranya berapa?
      jenis kura-kuranya apa?

      coba pake terramycin aja.
      tetesin ke idungnya.

      Delete
    2. Kalau umur mungkin sudah 1th dok, ukuran karapas 11 cm, jenisnya sulcata.
      Tapi kalau dikasih ke hidung saya bingung ngasihnya kemana, karena hidungnya mampet semua dokter, dan tidak ada celah buat nafas, nafasnya pakai mulut

      Delete
    3. kalo umur udah dewasa kayak gitu, biasanya daya tahan tubuhnya lebih kuat.

      ada keraknya di lubang hidungnya? coba aja bersihkan dulu keraknya sampe lubangnya kebuka. bisa pake ujung jarum jahit yang tidak tajam, bersihkan keraknya pelan2.... dan hati2 jangan sampe melukai....

      Delete
    4. Baik dokter, akan saya coba dulu, terimakasih banyak dokter atas saranya 😊

      Delete
  25. dok saya adopsi baby sulcata sejak tgl 10 november, dia aktif rakus dan hanya suka makan sayur,, kalo sayur nya ak kasih sotong halus dia gamau makan. jadi sampai 20 hari di rumah saya kasih sayur
    karena takut kuranggizi saya belikan pelet mazuri tapi dia ga suka akhirnya ak belikan pelet gt freek
    nah itu kan maksud aku hanya uji coba tapi ternyaata keterusan sampai sekarang cuman mau makan pelet
    sbenernya udh aku kombinasi dengan sayur tapi yang di makan cuma peletnya aja
    terus bbrapa hari yang lalu dia gabisa poop 2 hari sempet panik mau dibawa ke dr hewan tp ternyata waktu paginya dia udh bisa poop akhirnya gajadi dibawa
    tapi skrg tbtb dia pilek kayaknya grgr tdi sore jungkir balik trs kena air hidungnya
    terus harus gimana ya ? kalau dijemur aaja bisa smbuh ga? soalnya kasian kallo harus dikasih obat

    ReplyDelete
  26. Dok sulcata saya masih ukuran 6.5 dia cuman mau makan pelet
    Sayurny udh dikombinasi sama pelet tp yg dimakan peletnya aja gmn dong pdhl dlu suka bgt sama sayur bahkan gamau sama skali dikasih pelet
    Alasan kasi pelet biar makin bergizi

    ReplyDelete
  27. selamat malam dok
    maaf barangkali menggangu liburan hehe
    mau tanya anjuran pemakaian terramycin inject pada kura sulcata baby. saya lihat di blog dokter kalo pemakaian tidak boleh masuk ke mulutnya kura, tapi dalam catatan sang penjual obat dibolehkan walau masuk ke mulut kuranya, mohon pencerahannya dok. terimakasih����

    ReplyDelete
  28. Dok sulcata saya udh 3 mnggu pilek awalnya lubang hidung ketutup tp skeg udh kebuka kata dr hewan saya ga boleh dikasi terramicyn lewat hidung gmn itu dok penjelasanya?

    ReplyDelete
  29. Dok mau tanya dong tolong :( kura kura aku gamau makan, matanya merem terus tapi masih bisa buka kadang kalo lg mau ngecek bentar trus merem lagj, engga aktif gerak padahal uda dipencet2 kaki tangannya, trus kaki sm tangan sm kepalanya gamau dia masukin ke tempurung. Dia diam saja dan gamau makan pokonya dan napas seperti dr mulut. Kura kura saya kura brazil dan sudah besar (lbh dr 10thn) sama kita gakenapa napa br kali ini ada masalah. Itu sakit apa dok saya bingung dia pilek atau pneumonia :( krn dia tidak menjulur palanya dan gaberenang miring spt pneumonie lebih ke diam saja dan ga jalan ataupun masukin kaki ke tempurung.. terimakasih tolong bantuannya dok..

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.