Cara Memelihara Labi-labi | Drh. Fira Sovica

Labi-labi atau bulus (softshell turtle) memang sedang digandrungi sebagai hewan peliharaan, membuat banyak teman saya yang bertanya tentang cara memelihara bulus atau

cara memelihara labi-labi

. Cara memelihara softshell turtle sendiri masih bisa dibilang mudah, meski ada syarat dan prasyarat sama seperti halnya memelihara jenis kura-kura yang lain seperti memelihara kura-kura brazil.
Cara Memelihara Labi-labi
Image taken from theturtlesource.com
Dan berikut adalah cara memelihara labi-labi yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman sendiri:
  1. Sifat labi-labi.
  2. Labi-labi adalah hewan full akuatik yang hidup di dasar sungai. Di habitat aslinya, labi-labi biasanya tinggal di dasar sungai berarus sedang hingga deras. Labi-labi adalah hewan teritorial dimana masing-masing mereka biasanya memiliki wilayah kekuasaan sendiri-sendiri di dasar sungai.
  3. Perlengkapan memelihara labi-labi atau bulus.
  4. Dibutuhkan beberapa perlengkapan dalam memelihara labi-labi. Akuarium standart dengan filtrasi dan aksesoris lainnya, pasir sebagai dasar akuarium, dan kebersihan air dalam akuarium tempat memelihara labi-labi yang harus terjaga. Anda juga bisa menambahkan lampu aquarium di atas penutup akuarium sebagai aksesoris tambahan. Labi-labi atau bulus atau softshell turtle adalah hewan full aquatik, tidak seperti kura-kura brazil yang semi-akuatik. Maka dari itu, tidak dibutuhkan basking spot atau tempat berjemur diluar air.
  5. Makanan labi-labi atau bulus.
  6. Labi-labi adalah hewan karnivora sejati. Dia hanya memakan daging atau ikan kecil. Labi-labi sangat suka akan pakan hidup seperti ikan kecil (sesuai dengan ukuran labi-labi), anak udang hidup, cacing darah, dan lain sebagainya.
  7. Cara merawat bulus atau labi-labi.
  8. Berikan makan setiap pagi, sore, dan malam hari, serta usahakan pakan yang diberikan langsung habis alias tidak ada sisa yang tertinggal di akuarium. Hal tersebut untuk menghindari timbulnya penyakit akibat pengumpulan sisa makanan di akuarium. Angkat makanan dari dalam akuarium jika masih ada sisa makanan. Untuk menjaga kebersihan air, akuarium sebaiknya dibersihkan minimal 2 minggu sekali atau jika air sudah terlihat keruh.
Demikian adalah cara memelihara bulus atau

cara memelihara labi-labi

sebagai binatang peliharaan. Anda bisa bertanya langsung kepada saya dengan mengirimkan pesan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

241 Responses to "Cara Memelihara Labi-labi"

  1. Siang kk, tadi pagi saya nemuin labi" di selokan.. msih kecil, seukuran telapak tangan aja..
    tapi saya gg punya akuarium, saya taruh ember hehehe.. mau tanya nih, kalo bikin kolam sendiri, ukurannya & kedalamannya berapa y..? terus apa ngasih makannya apa harus ber-variasi..?
    tolong pencerahannya y kk.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawabannya ada semua di artikel di atas, mas... :)

      Delete
  2. emm, jadi makannya harus bervariasi (ganti", misal, hari ini udang besoknya cacing ) gitu..?
    tapi abis aku liat, kok malah kayak kura" y.. punya cakar, terus tepurungnya ada pola segi 6
    kaya kura" ama penyu.. aku gg tau bedainnya.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus bervariasi juga. satu jenis makanan juga cukup.
      kalo ada pola segi 6 di kura2nya, kemungkinan emang kura2. lebih baik foto terus share di sini fotonya. bisa juga upload di imageshack terus kasih linknya di sini....

      bedanya kura2 ama penyu: kalo kura2 hidup di air tawar dan berjalan dengan kaki. kalo penyu hidup di air asin dan berjalan dengan sirip. kalo bulus masuknya ke kura2 karena dia lebih banyak ditemui di air tawar (sungai) meski ada beberapa jenis yang hidup di laut.....

      silakan foto tempurung kura2nya ya mas, lalu share di sini... salam.. :)

      Delete
  3. saya punya bulus seuukuran telapak tangan sudah sy pelihara 3 bln. waktu beli dalam kondisi gemuk sekarang tipis/ kurus, sy dah beri makan cacaing sutra,ikan balon kecil dan jangkrik tapi tetap tidak mau makan juga. gimana caranya biar si bulus mau makan dan gemuk lagi ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak coba cek kesehatannya mas? coba lihat apakah bintik putih di badannya? apakah kebersihan air tempat memelihara bulus selalu terjaga kebersihannya? apakah mas selalu mengangkat sisa makanan yang tidak termakan? yang paling penting: apakah mas sudah memelihara bulus sesuai dengan cara di atas? :)

      Delete
  4. mhn bantuannya, saya punya labi2, tapi kok bersembunyi terus di dalam pasir, terus kok gak mau makan, sudah saya coba kasih impun,udang, tetep gak mau dimakan. lalu pinggir tempurungnya memang lunak ya? dan saya lihat seperti ada bintik2 putih. mohon bantuannya sis DRH. FIRA SOVICA

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kena penyakit white spot kayaknya mas....
      selama ini akuariumnya bersih? airnya bukan air pam kan?? soalnya kalo air pam zat besinya terlalu tinggi. coba ganti airnya..... airnya yang baru kasih garam ikan, bisa dibeli di toko ikan hias. selengkapnya bisa baca artikel saya di cara mengobati white spot pada labi-labi.

      Delete
  5. ak pnya bulus tp kakinya cacat sblah kiri buntung :( kaki dpan

    ReplyDelete
  6. Mau tanya, Mba...saya baru beli 3 ekor bulus, awalnya dijual untuk dimasak karena tidak tega jadi saya beli saja. Tapi saya tidak ada waktu untuk memelihara, inginnya dilepas saja. Boleh tahu cocoknya dilepas di habitat seperti apa? Oh iya, saya tinggal di daerah Pluit...disana ada semacam cagar alam buatan (ada sungai yang bermuara ke laut), apakah cocok saya lepaskan disana? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. labi-labi cocok dipelihara di kolam air tawar. sebaiknya sebelum melepaskan labi2 di cagar alam yang mas maksud, bisa dicek dulu apakah airnya tawar atau agak asin. karena labi2 tidak cocok di air asin... :)

      kalau mas mau, bisa mas berikan ke kenalan yang memang bisa merawatnya. atau ajukan di grup pecinta kura2 di facebook. :)

      Delete
  7. Malam Dr,Fira,
    aku baru dapat bulus betina seminggu lalu, ditempatkan di palstik box diisi air 25 cm, aku beri pakan ikan kecil dan pelet halus, seminggu kemudian , tepatnya tadi malam ia keluar dari box, ternyata bertelur 14 biutir dilantai, hari ini satu lagi, semua telur aku taruh dipot dan ditimbun pasir sedalam 2 cm, dan aku kasih lampu halogen diatasnya, apa cara aku sudsah tepat? terima kasih atas waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam juga....
      kalau kasusnya seperti itu, agak susah juga sebenernya. perlu perhatian khusus sampe telur2 itu menetas.

      sementara itu udah benar caranya. sebenernya kelembaban pasirnya juga perlu di jaga, usahakan agar tetap hangat tapi juga lembab dengan suhu yang terjaga. bisa semprot bagian atas pasirnya dengan air hangat tiap 12 jam sekali..... nanti saya buatkan artikelnya ya mas.... semoga membantu... :)

      Delete
    2. Mba maff.. Saya dirumah punya labi2 sudah cukup besar. Trus lw saya angkat dia kya mau menggigit... Yg saya mau tanyakan lw labi2 menggigit bahaya ap tidak... Trmkh

      Delete
    3. iya, labi-labi cnderung menggigit. setau saya sih gak membahayakan. tapi lebih baik berhati2... :)

      Delete
  8. Mbak saya mau tanya. Kalo di pelihara di aquarium kecil kira-kira 20 cm persegi, Gak apa-apa?. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ukuran kura-kuranya kecil, boleh aja... :)

      Delete
    2. Mba, labi2 memang ada totol2 putih dilehernya ya?

      Delete
    3. biasanya sih gak. dia susah makannya gak? matanya merem terus? kalau iya, mungkin sakit. silakan cek artikel cara mengobati penyakit white spot

      Delete
  9. Gk susah sih kadang2 dia makan, tapi gak merem terus, melek. Gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang dia masih suka makan (makannya gak susah), masih sehat. mas cukup jaga kebersihan airnya, kalau ada sisa makanan, ambil aja. terutama kalau abis dikasih makan. soalnya sisa makanan yang tertinggal dan tidak termakan biasanya akan menjadi bakteri.... dia keliatan aktif gak di akuariumnya? suka gerak2? atau hanya diem aja di satu tempat?

      Delete
    2. Gk aktif sih suka ngubur diri di bebatuan kecil, kalo malem dia aktif,gitu.

      Delete
    3. oh berarti masih sehat. jaga kebersihan air dan jangan lupa kasih makan... :)

      Delete
  10. Oh. Tapi si labi2 nya dikasih ikan2 kecil tapi dia gk bisa nangkepnya, jadi suka disuapin. Gitu, emang dia belum bisa nangkep ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur labi-labinya berapa mas? ukurannya berapa? kalau udah dewasa biasanya bsa nangkep sendiri. kalau masih anakan, mas bsa sesuaikan ikan pakannya yang agak kecil juga.... atau buat ikannya pingsan dulu. taruh aja ikannya di tangan mas sampe dia lemes, baru nanti taruh ke akuariumnya. kalau tidak dimakan, langsung buang dr dalam akuarium.... :)

      Delete
    2. Ukurannya sebesar telur ayam, kira2 berapa bulan?. Tapi kalo dikasih ikan mati dia bisa nangkepnya.

      Delete
    3. iya, kasih ikan mati yang masih segar. maksudnya, matinya gak terlalu lama. mas matiin dulu sebelum dikasih. sebesar telur ayam kira2 3 hingga 4 bulan.... tergantung nutrisinya juga sih. tapi kira2 umur segitu... :)

      Delete
  11. Drh fira, kalo aquariumnya di kasih lampu si labi2 nya gk apa2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. tapi lampu khusus akuarium aja ya mas. yang sekira2 tidak membuat suhu air naik... :)

      Delete
  12. mba labi labi kalo dikasih makan pelet blh ga?

    ReplyDelete
  13. Mba kalo labi2 dikasih makan pelet boleh ga? Trus kalo bikin air labi labi setengah badannya atau melebihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik kasih ikan kecil.. jangan pellet...
      kalau soal tinggi airnya, silakan baca lagi artikel di atas... :)

      Delete
  14. Replies
    1. pasir yang biasa buat akuarium... kalau tidak ada, bisa pakai pasir biasa juga (pasir sungai)

      Delete
  15. Dr.Fira saya ingin bertanya,
    apa saja langkah dan pengobatan yang harus dilakukan ketika labi2 terserang penyakit? Dan biasanya penyakit apa saja yg terjadi pada labi2 tsb?

    Dan saya juga memelihara labi2 yang di tempatkan dalam aquarium dengan tinggi air sedikit melebihi dari tempurung labi2 tsb,
    Tapi pada pagi hari sering saya jemur sebentar agar terkena cahaya matahari,,
    Apakah itu sudh cukup untuk perawatan labi2?

    Trmks Dr atas jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya penyakit labi2 lebih disebabkan oleh air yang kotor.... air yang kotor ini biasanya lebih disebabkan oleh sisa makanan yang tidak dimakan oleh si labi...
      penyebab lain? suhu air yang fluktuatif. usahakan suhu air selalu stabil. kalau perlu, tempatkan termometer air di dalam air agar kita selalu bisa tahu suhu airnya....

      itu udah cukup. tinggal kebersihan airnya saja yang harus mas jaga... dan suhu air juga... :)

      Delete
  16. Saya baru nemuin labi labi cara ngerawat nya gimana kira kira cocok gk di aqarium ikan

    ReplyDelete
  17. mau d tanya ya... labi2 sy ini di beri oleh org lain.. tetapi bila smpai pada sy.. dia lgsg tidak mau makan.. bagaimana itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. matanya, apakah terbuka atau tertutup?
      bila diangkat dari air, apakah muncul gelembung dari lubang hidungnya?

      maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

      Delete
  18. mau d tanya ya... labi2 sy ini di beri oleh org lain.. tetapi bila smpai pada sy.. dia lgsg tidak mau makan.. bagaimana itu?

    ReplyDelete
  19. mau d tanya ya... labi2 sy ini di beri oleh org lain.. tetapi bila smpai pada sy.. dia lgsg tidak mau makan.. bagaimana itu?

    ReplyDelete
  20. Mau tanya cara penetasan telur labi labi pake inkubator gmn caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penetasan dan breeding labi-labi sendiri, mungkin akan lebih jelas bila mas bergabung dengan komunitas pecinta labi2 di facebook. setau saya sih jangan pakai incubator. :)

      maaf baru saya balas, saya habis perjalanan dinas ke luar kota.... :)

      Delete
  21. halo mba,,assalamualaikum,,, kemarin aqu ketemu bulus dibelakang rumah pas depan pintu dapur pas hujan deras,,agak aneh,,dari mana itu bulus bisa muncul ya???aqu sampe kaget,,baru kali ini lihat,,aqu kira pertamanya kura kura,,aqu nanya tetangga apa ada pelihara kura kura ,,itu kura kuranya lepas,,tapi kata tetangga mungkin itu bulus,,dan aqu pun tidak banyak tanya langsung ,,langsung aja searching google dan mencari tau bulus itu apa..ehh tapi anehnya kenapa bisa ada bulus itu di lantai belakang rumahqu ya mba??padahal itu dibelakang rumahqu memang ada tanaman sedikit juga tembok keliling,,setelah qu searching google ternayta bulus binatang langka,,nyesal gak langsung qu tangkap bulusnya,,malah aqunya ketakutan mba,,dan qu biarkan dia pergi sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulus bisa lewat mana aja, gorong2, got, dan lain sebagainya. bulus belum termasuk hewan langka, namun ada beberapa jenis yang emang dilindungi...

      kalau emang mbak gak bisa memeliharanya, mungkin emang lebih baik dia bebas di alam... :)
      maaf baru balas mbak.. :)

      Delete
  22. Asalamualaikum....saya dari Malaysia...saya mahu bertanya..apa yang harus dilakukan jika bulus mempunyai kecederaan ringan pada cengkerang nya yang lembut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.. :)
      keep the water clean. change water atleast once in two day. if you keep more than one softshell turtle in a tank, separate the sick one into another tank. observe in 4 days, and if sick not get better in 4 days, take softshell turtle to the nearest vet.... :)

      Delete
  23. Mba..mau nanya kalau labi2 saya ada bintik putih di atas matanya ..itu kenapa yah?cara mengobatinya bagaimana ..dia jadi ƍäª mau makan skrg..makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan infeksi bakteri karena air yang dingin atau kurang terjaga kebersihanya.
      jaga kebersihan air aquarium dan jaga suhunya agar tetap stabil. selama ini dikasih makan aapa mbak? kebersihan air dijaga?

      saya sih lebih menyarankan agar dibawa ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang lebvih tepat...

      Delete
  24. Dear Drh fira yg budiman..
    sy mau bertanya sy memiliki labi2 akan tetapi ada kekhilafan atas kekurang pengetahuan sy campur dgn kura2 hijau yg umum ditemui di pasaran..
    dan ternyata labi2 sy habis digigitnya..
    boleh tau referensi dokter hewan di daerah jakarta dan obat/vit/supplemen sementara yg dpt dicampur di air.. terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kasusnya kayak gitu, mending bawa ke vet terdekat deh mas.
      silakan buka artikel saya alamat dan nomor telepon dokter hewan daerah jakarta raya. cari di bagian cari artikel...

      Delete
  25. mba, labi2 saya tidak mau makan. sementara penyakit white spot tidak ada. gejala mata merem dan hidung berbusa ketika diangkat ke luar akuarium tidak ada. sementara saya kasih anak ikan mas dan anak ikan lele yang pingsan tetap tidak dimakan. apa kira2 makanan yang cocok? apakah sayuran bisa jadi alternatif?

    ReplyDelete
  26. mba, labi2 saya tidak mau makan. sementara penyakit white spot tidak ada. gejala mata merem dan hidung berbusa ketika diangkat ke luar akuarium tidak ada. sementara saya kasih anak ikan mas dan anak ikan lele yang pingsan tetap tidak dimakan. apa kira2 makanan yang cocok? apakah sayuran bisa jadi alternatif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi hanya tidak mau makan aja, begitu? :)
      suhu air stabil gak mas? soalnya suhu air yang naik turun kadang jadi penyebab. umur lagi2nya berapa? sayuran bisa jadi alternatif sih, namun coba kasih cacing darah.... :)

      Delete
    2. oh, bisa jadi suhu ya?
      cacing darah sama dengan cacing sutra tidak mbak?
      kalo misalnya terkena penyakit white spot, mengobatinya gimana mbak?

      Delete
    3. bloodworm beda dengan cacing sutra, nanti saya publish artikelnya.
      atau mas bisa juga kasih cacing sutra

      cara mengobati penyakit white spot pada ikan bisa mas search artikelnya... :)

      Delete
  27. Aku punya labi labi nihh
    Baru dikasih temen
    Uda gede panjang tempurungnya 15 cm
    Tapi..
    Dia gamau makan ikann
    Setiap makan juga cuma digigit gigit doang
    Ada ga makanan yg hidup+ga ngotorin selain ikan?
    Thx:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya ama temen mas yang kasih, biasa dikasih makan apa labi2nya....

      dan waktu kasih makan, jangan diliatin. tinggal aja. kadang kalau diliatin kadang dia gak mau makan...

      Delete
  28. Mbak... aq Ada labi2 seukuran 30cm... mayu nanya nieh... knapa labi2 sy suka berkubur dlam pasir?? Dan gmana caranya mau tau jantina nya?.. mohon d balas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengetahui jenis kelamin kura2. secara prinsip sama.

      emang kalau labi2 seperti itu, mas. bisa juga karena dia kedinginan. lagi musim pancaroba soalnya. mending jaga agar suhu air tetap hangat.

      Delete
  29. mbak fira, teman aku mancing disungai dapat labi2, dikasihkan ke aku, kailnya masih nyangkut ditenggorokannya, senar pancing udah diputus.. kata orang2 nggak apa2 ntar juga lepas sendiri kailnya, apakah iya seperti itu mbak? mau aku lepasin kailnya nggak brani, galaknya bukan main...skrg masih di aquarium,campur sama ikan2 lain...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeri juga sih mas.
      soal bisa lepas sendiri apa nggak, tergantung seberapa dalem 'nancep'nya.
      kalau saran saya sih, bawa aja ke dokter hewan terdekat, mas...

      Delete
  30. mbak saya punya labi2 ukuran 30 cm, sejak pertama sy beli dia gak doyan makan ikan, kalo sy kasih cicak hidup atau kecoa malah dimakan. sy samle heran sendiri. kenapa bs gitu ya? sy yg capek harus nangkepin cicak & kecoa di belakang rumah tiap malem. pdhal kalau makannya ikan kan lebih gampang, tinggal beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikasih jangkrik, mau? kasih jangkrik aja mas. biasanya dia mau.

      kayaknya dari owner sebelumnya emang gak dibiasakan makan ikan. harus dibiasakan. :)

      emang gak ada yang jual cicak di daerah mas? biasanya bisa dibeli di toko makanan ular.

      atau mas bisa pancing cicak pakai jangkrik berukuran kecil (yang kira2 gak ditakutin ama cicak). ikan jangkriknya dengan benang jahit dengan panjang 60 senti, lalu gantung di ujung lidi. jadi, kayak mancing ikan (jangkriknya = umpan, benang jahit = benang pancing, lidi = batang pancing). dekatkan ke dinding yang sekira banyak cicak di situ...

      Delete
  31. Dok,saya mau bertanya.saya pelihara labi2 d rumah,saya beli dr msh kecil,skg mungkn umurnya 9th.dr kemarin saya perhatikan sepertinya agak lemas,d ksh makan jg tdk dimakan.nafasnya agak aneh,seperti agak berat,krn mulutnya terbuka tertutup trs,posisinya mengambang saja,kdg2 baru bergerak.saya ksh makan selama ini pelet yg khusus reptil karnivora,ulat,kecoa,kdg2 ikan.air aquarium max 4 hr sekali saya ganti.Menurut dokter,apa yg terjadi dgn labi2 saya ini?krn saya baca d artikel dan komen2 diatas blm ada yg menyebutkn kondisi lemas pada labi2 spt ini.mohon bantuannya.thanks dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya buat artikelnya. silakan cek artikel cara mengobati pilek pada kura-kura, penyakit pada kura-kura, dan cara mengobati pneumonia pada kura-kura.

      kalau mbaknya worry, mending bawa ke dokter hewan aja. :)

      Delete
  32. Labi2 sy br netas dr telurnya apa sbaiknya dipindah ke wadah baru atay tetap d tempat netasnya saja? Untuk ketinggian air sebaiknya setinggi badan labi2 atau lebih dalam? Kmarin sy coba kasih makan cacing tubifex kering tp ga dimakan. Sebaiknya gimana ya dok? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas, mas. baru pulang dari palu. :D
      untuk labi-labi baby, bisa ditaruh di kolam berisi air yang tidak terlalu dalam dengan temperatur air yang terjaga, gak turun naik suhunya, dan bersih... kalau dikasih cacing sutra atau cacing darah, dia mau mas? :)

      sekali lagi maaf karena baru balas....

      Delete
    2. Kemarin sy kasih cacing sutra dimakan tp masih sisa banyak (hidup). Total telur ada 10 tp yang netas baru 4 dok. Kalo yg 4 jarak netasnya cm beda sehari, tp yg 6 sisanya msh blm netas udh 2 harian. Apa memang bs agak jauh jarak netasnya ya dok? Di baki tetasnya sy kubur sedikit di dlm pasir, disorot pakai lampu belajar dan di luar baki ada air di dkatnya buat yg baru netas.makasih jawabannya dok

      Delete
    3. sekarang gimana yang sisanya? udah hatching lagi? menetas... ?

      gak apa2 makan dikit, yang penting masih mau makan... mending mas gabung ke komunitas pecinta kura2 di kota mas, mungkin mereka bisa bantu dateng kalo ada apa2... :)

      Delete
  33. Belum netas lg dok. Yg 4 ekor sering ngubur diri di pasir. Cuma sesekali nongol kepalanya keluar air atau makan. Ok makasih dok nanti sy report lg klo udh netas. Kebetulan sy jg dulu ga sengaja lg mancing di danau pik kailnya nyanģkut di kaki induknya. Trus pas dipiara di rmh malah bertelur di kolam. Tp besoknya si induk mati. Jd ngerasa brsalah aja klo ga bs ngurus anak2nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tunggu kabar selanjutnya. maaf kalau saya hanya bisa bantu dari jauh, mas.... :(

      kalau mau, mas bisa gabung ke komunitas pecinta kura2 di kota mas... mungkin ada yang bisa bantu2... :)

      Delete
  34. HALO DOKTER FIRA. ATAU SEMUA REKAN YANG SUDAH KOMENT DISINI. BARANGKALI ADA YANG TAHU , DIMANA PEMBUDUDAYA LABI-LABI, SAYA BUTUH ALAMAT JELAS DAN NOMER HP NY JG. KARENA SAY MEMELIHARA LABI LABI CUMA SATU, INGIN PUNYA INDUKAN LAGI AGAR SYA BISA MEBUDIDAYAKAN NYA. KARENA DIDAERAHKU BANYUWANGI SUDAH TERGOLONG LANGKA..MOHON YA MBK. ATAU SIAPOA SAJA YG MENGETAHUI. BERBAGI INFO. LABI LABI SAYA BETINA BERAT SUDAH 6KG , SUDAH BESAR, UMUR YA SAYA TDK BISA MEMPREDIKSI UMUR BERAPA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mas bisa gabung ke grup pecinta kura2 di gfacebook. biasanya mereka tahu kok... :)

      Delete
  35. saya lagi butuh Labi labi jantan.. yang punya hub saya ya. email sya bisa atau call aja ke nomer sya. 085259866888.saya mas sulai Banyuwangi, terimakasih.

    ReplyDelete
  36. mba saya kemarin menu labi2 di taman sekolah saya, ukurannya masih kecil skali, kira2 sebesar koin 500an.. saya tempatkan di box plastik (khusus kura2 yg biasa di jual di pinggir ja;an)

    lalu saya beri air kurang lebih 3cm, lalu saya kasih batu agak besar di dalamnya agar labi2nya bisa berjemur.
    untuk makanannya saya kasih cacing darah beku.

    saya ganti airnya setiap hari, karena setiap hari kelihatan nya selalu keruh, apa ada yang salah mba dengan cara perawatan yg saya lakukan? mhon masukannya. tksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah bagus kok. :)
      tambahan aja mungkin dari saya: tempat memeliharanya jangan ditaruh di luar biar suhu airnya terjaga. taruh aja di dalam ruangan... karena labi2 umur segitu musuh utamanya cuma 2: kebersihan yang kurang dijaga dan suhu air yang gak stabil. suhu air yang gak stabil membuat si labi2 daya tahan tubuhnya menurun (sakit), nah kalo ditambah kebersihan yang kurang terjaga, nanti masuklah penyakit dari situ... :)

      sementara ini cara memelihara mas udah bagus... tinggal lanjutkan...

      kabari lagi..

      Delete
  37. iya mba terimakasih banyak masukannya, setiap hari saya taruh d kamar kok mba paling setiap pagi sktr jam 9-10an saya bwa kluar kotaknya agar labi2 nya bs berjemur.

    oiya mba boleh mnta link grup sosmed buat para pecinta labi2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok grup di facebook. pecinta kura2, search aja di facebook... :)

      kabari saya terus ya mas...

      maaf karena baru balas... sibuk sekali keliling indonesia 3 harian ini....

      Delete
    2. iya mba tksh bnyak.. nanti saya kabari lagi perkembangannya.. "

      Delete
  38. saya mau bertanya nih mbak,saya semalam menemukan labi2 -+ sebesar mangkok.labi2 apa boleh di kasih pakan jangkrik atau tidak ya mbak ?tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pakan labi-labi, ada kok keterangannya di atas.. disesuaikan aja ukuran pakannya... :)

      Delete
  39. Saya mau tanya mbak, saya kan punya labi" umurnya sudah 16 thn, nah setiap di ganti air dia suka gigit tangannya sendiri kira" sekitar 2-3 menitan setelah itu biasa kembali, itu kenapa ya mbak ? Oh iya saya setiap hari kasi makan pellet dan air nya di ganti setiap 10 jam sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia biasanya begitu cuma iseng doang. cuma main2 doang. :)

      gimana solusinya? coba kasih mainan di dalemnya. yang kira2 bisa digigit2 tapi gak sampe hancur kalo kegigit hingga nggak ketelan. bisa juga kasih anakan ikan ke dalam kolamnya, biar dia bisa ngejar2 ikannya dan makan kalau ketangkep... :)

      seberapa besar kolamnya, mas?

      Delete
    2. Oh cuma main" doang dikira tangannya gatel atau apalah itu haha. Kalo di kasi mainan takutnya ketelan, palingan di kasi ikan kecil itu kesukaanya. Ga pake kolam mba cuma pake ember yg gede karna lingkar labi"nya ga gede" amat cuma gemuk aja. Oh ya terimakasih atas infonya mba

      Delete
    3. oke. kabari terus ya mas.
      oh ya, jangan ditaro di luar rumah kalau malam atau kalau lagi dingin... :)

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Iya sip mba, ditaro di kamar mandi ko labi"nya

      Delete
  40. Saya punya labi-labi telah bertelur apa patut saya buat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapkan media penetasan berupa bak berisi vermiculite, lalu kubur telur labi-labi tersebut di kedalaman 10cm dari permukaan vermiculite, setelah itu beri penyinaran di atas vermiculite-nya hingga suhunya mencapai 26 hingga 28 derajat celcius.... gunakan termometer udara untuk mengetahui suhu vermiculite-nya... :)


      Delete
  41. Hai.. assalammuaalaikum..saya Dari Malaysia..saya nak Tanya,boleh tk saya Bela labi labi dalam baldi??

    ReplyDelete
  42. Hai.. assalammuaalaikum..saya Dari Malaysia..saya nak Tanya,boleh tk saya Bela labi labi dalam baldi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bucket? boleh.:)
      yang agak lebih besar... agar labi-labinya bisa bergerak dengan mudah... :)

      Delete
  43. mbak saya dikasih saudara saya labi2 dan saya pelihara di bak mandi saya yang tak terpakai....kira2 labi2 bisa bertahan hidup brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur labi2nya berapa?
      sebesar apa labi2nya? coba aja ukur, berapa cm... :)

      kalau dipelihara dengan baik, lama kok waktu hidupnya...... :)

      Delete
    2. Kurang tau juga umurnya dok...soalnya nemu dirawa daerah Kalteng untuk panjang cangkangnya kurang lebih 47cm dok....saya taro di bak mandi gak terpakai dengan air hujan kurang lebih seperempat bak mandi itu sampai seluruh tubuh labi2nya terendam semua. saya kasih makan 1 ekor ikan tiap hari soalnya lebih dri itu dia gak mau makan... dan saya bersihkan kandangnya setiap 2 minggu sekali saya sikat dengan cairan wipol (karbol pengharum) kemudian saya bilas dan isi air hujan lagi dan masukkan si labi2 ini lagi.....ada tambahan atau kritikan dok?? Terimakasih banyak sebelumnya.

      Delete
    3. udah lumayan besar ya labi2nya. kalo dari ukuran tempurungnya sih sekitar 6 tahun keatas itu mas. antara 7 sampe 8.5 tahun.
      bersihin kolamnya jangan pake karbol, mas. disikat aja. boleh pake karbol tapi jangan kebanyakan dan jangan sampai ada sisa karbol di airnya....

      tenang, kalau udah sebesar itu, daya tahan tubuhnya bagus kok. gak cepet sakit. lebih tahan sama cuaca juga.

      so far, so good cara memelihara labi-labi ala masnya, hehehe. maaf baru balas. kabari lagi... :)

      Delete
  44. Dok saya punya labi labi ukuran besar dapat dari nangkap di sungai. Ini saya pelihara hampir 2 minggu belum mau makan sm sekali. Padahal sudah saya beri ikan kecil, udang dan beberapa serangga seperti jangkrik tetap gak mau. Kira kira kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  45. Malam dokter, saya mau tanya nih. Ibu saya kan baru beli labi labi yg masih kecil, sekecil telur puyuh (mungkin baru menetas dari telur 😐) apakah ada saran untuk memeliharanya? Dan kenapa tidak boleh dimasih makan pelet?


    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja cacing beku, mas. atau mas bisa kasih pellet ikan cupang (yang kecil2 butirannya)... :)
      kabari lagi

      Delete
    2. Iya dok sudah saya kasih pelet dan sepertinya dia mau makan baik baik saja. Kalo untuk pasir kira kira pakai pasir apa ya?

      Delete
    3. pasir yang buat akuarium aja, mas... :)
      sekarang gimana kabarnya? dah mau makan?

      Delete
    4. Kemaren kan airnya udah saya ganti pake air minum, soalnya saya dirumah make air pam. terus udah saya kasih pasir malah gak mau makan dok. dianya malah diem dipojokan terus. kira kira kenapa ya?

      Delete
    5. masih adaptasi dengan airnya kayaknya. sekarang gimana? udah mau makan?

      Delete
  46. Kak mau Tanya kenapa ko labi2 punya saya gak mau makan? Udah sekitar 1 minggu trus pas saya angkat mau di bersihkan tempurung nya. Kaya yang lemas. Gimana caranya biar dia mau makan. Mohon bantuan nya ka. Saya kasih makan pakai ikan hidup. Terus ukuran takaran air aquarium nya harus full banyak atau sedikit atau cuma sebatas tempurung nya saja?

    ReplyDelete
  47. Kak mau Tanya kenapa ko labi2 punya saya gak mau makan? Udah sekitar 1 minggu trus pas saya angkat mau di bersihkan tempurung nya. Kaya yang lemas. Gimana caranya biar dia mau makan. Mohon bantuan nya ka. Saya kasih makan pakai ikan hidup. Terus ukuran takaran air aquarium nya harus full banyak atau sedikit atau cuma sebatas tempurung nya saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. labi-labinya masih anakan ya mas? betul?
      kurangi aja airnya, sebatas tempurungnya aja. biar suhu airnya tetap stabil. sementara taro di dalam ruangan dulu. dan usahakan tetep kasih makan. mungkin kasih ikan hidup yang ukuran kecil2 aja dulu... :)

      Delete
  48. Kalau labilabi uk 10cm daya tahan tubuhnya kuat blm mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, masih lemah daya tahan tubuhnya.
      asalkan airnya gak dingin, jadi kalau pelihara labi2 ukuran segitu, mending di dalam ruangan aja. di dalam rumah. jangan diluar rumah....

      Delete
  49. halo mbak, saya kemarin barusan beli labi2 dari pemancing di bengawan solo panjangnya 20 cm. karena di rumah kolamnya udah kepakai kura2 brasil 3 ekor, misal di campur masih berani gak. kura2 brasilnya ukurannya segedhe tutup gelas gede dikit. sementara si labi tak kasih makanan ikan kayak si brasil. cuman masih ogah2an. tak kasih cicak juga masih utuh gak kesentuh. minta sarasnnya , makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas...
      sekarang gimana labi-labinya? udah mau makan?
      kalau belum, coba pindahkan dulu ke dalam rumah. taro aja di bak mandi, terus erus taro di dalam ruangan. usahakan ruangannya jangan terlalu berisik, biar si labi-labi tenang dalam masa karantinanya... setiap pagi dan sore bisa kasih makan ikan kecil... kasih aja ikan kecil, terus tinggal... jangan diliatin
      kabari lagi ya mas :)

      Delete
  50. Selamat pagi, mau tanya, apakah labi-labi perlu dijemur? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. tapi kalo labi-labi masih anakan, jemurnya sebentar aja. cukup 5 menit aja. :)

      Delete
  51. labi labi ukuran 3-4cm itu usia brp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara 2 hingga 3 bulanan kayaknya mas.
      itu perkiraan aja ya. :)

      Delete
    2. klo ukuran segitu dikasih makan apa? apakah sudah bisa menangkap ikan sendiri? ukuran segitu amankah dipelihara di aquarium gabung dengan ikan hias? terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. mending dipelihara di akuarium sendiri. akuarium atau wadah kecil aja. bisa diberi makan cacing sutra atau ikan kecil

      Delete
  52. Slmt siang bu dokter..
    Sy barusan dpt labi2 ukuran 10cm nemu di parit (airnya air batu, dingin). Ingin sy letakkan d dlm kolam semen tmpt jatuh air talang kucuran hujan. Biasanya kolam terisi air 70cm.
    1. Apakah hewan ini sensitif thd kandungan asam dari air hujan?
    2. Dalam kolam seringkali banyak kecebong, apakah jenis makanan disukai dan ini baik buat labi2?
    3. Air kolam sering berwarna hijau karena ganggang/lumut. Apakah tdk berbahaya untuk labi2 tsb.
    Terima kasih sebelumnya bu dokter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas. saya coba jawab.
      1. biasanya sih kalau labi-labi hasil tangkapan alam daya tahannya lebih bagus. jadi gak apa2 taro aja di kolam penampungan air hujan itu. jangan lupa lepasin ikan2 kecil untuk makannya dia... ukurannya yang kira2 bisa dia makan...
      2. oh ya udah, kalau udah ada kecebong, gak apa2 gak usah dikasih ikan lagi. nanti dia makan kecebong.
      3. gak apa2. gak bahaya kok buat labi2nya... :)
      kabari lagi...

      Delete
  53. Permisi bu, saya mau tanya ...
    Semalem kan saya baru dikasi teman saya baby labi2 katanya sih baru seminggu netas sudah diajari juga cara merawatnya cuma yg saya bingungkan ini di sekitar kepalanya ada kayak bercak putih itu apa yah bu ? Trus cara mengatasinya bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bercak putihnya kayak gimana? bisa mas kirim gambarnya kemari? silakan baca bagian PERHATIAN...
      untuk referensi, mas bisa baca artikel saya CARA MENGOBATI WHITE SPOT

      Delete
    2. Bercak putih disekitar leher sama kepala sih dok

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. udah coba dikasih garam ikan?
      sekarang gimana kabar labi2nya mas? :)

      maaf karena baru balas...

      Delete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu labi2, emang kalo labi-labi ya gitu, cangkangnya empuk.
      nama bahasa inggris labi-labi adalah softshell turtle (kura-kura tempurung lunak)... :)

      Delete
  55. Dok saya mau bertanya, apa saja cara untuk menghilangkan fungus pada bayi bulus/labi-labi?

    ReplyDelete
  56. mbak kok kepala labi2 ku kayak ada lumutnya apakah baik baik saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersihkan aja pake sikat gigi bayi, mas... :)
      pelan2 aja....

      Delete
  57. Mbak kalo bulus jamuran obatnya apa mabk yg ampuh ?
    Kira kira peka bisa gak ?

    ReplyDelete
  58. Permisi sis, ane baru beli labi2 kira2 -+ 5cm.
    Apakah msh rentan dan perlu perawatan khusus?
    Bisakah labi2 di campur dgn tanaman air?
    Bolehkah digabung dgn kura2 brazil?
    Thx sis untuk share ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. masih.
      terutama suhu air.
      selama suhu airnya terjaga (stabil), gak apa2 kasih tanaman air dan digabung sama kura2 lain...

      maaf karena baru balas... kabari lagi...

      Delete
  59. Tadi saya nemu labi labi didepan rumah ukuran sekitar telapak tangan anak 7 thn
    Gimana ya makannya?

    ReplyDelete
  60. Selamat siang dokter Fira... Saya baru punya Bulus dengan ukuran 30cm... bagaimana cara saya memindahkan Bulus pada saat saya akan mengganti Air Akuarium? bagian mana dari bulus yang aman sayan pegang krn Bulus mempunyai Leher lumayan panjang dan Rahang yang kuat. terima kasih dokter Fira

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari belakang aja mas.
      jadi mas serok gitu dari bagian ekornya pake tangan kanan, pegang bagian bawah tubuhnya, tangan kiri pegang bagian atasnya, terus angkat...

      opsi lain: pake sarung tangan karet yang tebal....

      Delete
  61. ada yang bisa bantu? saya di manado, ingin membeli labi-labi sepasang untuk di pelihara... ada yang bisa bantu kirim sampai dimanado? bagi yang bisa bantu, mohon email ke kbsmanado@gmail.com thx

    ReplyDelete
  62. Dok ini saya nemu labi labi terus saya pengen meliharanya, cuman posisi saya di hutan jadi saya susah nyari daging/ikan/udang, terus makanan apa selain makanan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangkrik kecil ada? kalo ada, coba aja kasih.
      atau ulet hongkong juga bisa.

      mas ngapain di hutan? emang rumahnya di situ?

      Delete
  63. dok saya punya labi labi di sekitar lehernya kok kaya ada lumut warnanya putih bagaimana cara membersihkannya? saya udh coba pake cutton bud tapi malah kepalanya masuk kedalam makasih ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak bintik2 atau ada bentuk fisiknya, mas?
      ada kemungkinan whitespot bukan? coba baca artikel cara mengobati whit spot pada ikan, apakah seperti itu??

      agak susah sih soalnya saya gak liat labi2nya langsung. bisa mas kirim fotonya kemari?

      Delete
  64. Dr saya mau tanya.. labi2 anakan bisa di gabung dalam 1 aquarium atau harus dipisah ? besok saya ada rencana mau beli labi labi. trma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih anakan, bisa disatuin...

      meski begitu, awasi aja dulu mas... kalau emang saling serang, mending pisahin segera...

      Delete
  65. Dok saya mau tanya..sya punya labi UK sekitar 20cm hasil Nemu dari sungai belakang rumah..lalu sya sekarang beli labi UK 5cm apa bisa di rawat dalam 1 aquarium?
    Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan, mas. pisahin aja. biasanya kalo yang satu gede, satu kecil, yang gede biasanya suka nyerang yang kecil... :)

      Delete
  66. Dok mau tau, 3 hari yang lalu saya dapat labi labi di depan rumah,, ukurannya sekitar 2 telapak tangan, tapi sampe sekarang kok nggak mau makan.. padahal udah di ganti2 terus makanannya

    ReplyDelete
  67. Dok mau tau, 3 hari yang lalu saya dapat labi labi di depan rumah,, ukurannya sekitar 2 telapak tangan, tapi sampe sekarang kok nggak mau makan.. padahal udah di ganti2 terus makanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kasih ikan kecil? taro di bak yang agak besar, pake air tanah murni, kasih ikan kecil di dalamnya, terus taro di ruangan yang nggak ada suara (sepi suara) dan jangan diliatin...

      Delete
  68. Pagi mba. Saya semalan nemuin labi" kecil pnjang skitar 7cm tempurungnya, biasanya kdiberi makan apa? Dikasih udang gak mau makan 😭

    ReplyDelete
  69. Pagi mba. Saya semalan nemuin labi" kecil pnjang skitar 7cm tempurungnya, biasanya kdiberi makan apa? Dikasih udang gak mau makan 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan ikan kecil, mas. taro aja di akuariumnya... terus tinggalin, jangan diliatin terus/.

      Delete
  70. hai mbak,,,sy br beli bulus 2 ekor msh kecil2,,, pertanyaan saya :
    1. apakah tdk apa2 dtempatkan d 1 aquarium kecil yg sama krn smpat bc hidupny tdk brkelompok dn mudah brkelahi
    2. apakah memang bulus kecil krg mnyukai pelet ikan uk kecil,,,wktu sy kasih cacing darah beku lbh suka utk dimakan
    3. apakah nanti bs sy gabungkan di aquarium dgn isi ikan2 kecil sperti guppy dll dgn ktinggian air 30cm
    4. apakah prlu dsediakan tumpukan batu utk sesekali mreka berjemur
    5. apakah prlu dijemur matahari utk menghilangkan bakteri pd tubuhny

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya ini saya mnggunakan air pam yg sdh difiltrasi utk minum dan diendapakan seharian,,,apakah sdh benar

      Delete
    2. hai mbak,,,pagi ini sy br sj kehilangan 1 labi2 :( sy ga ngrti knp,,,yg mati malah yg doyan mkn dn aktif gerak,,,smlm jg br dganti dgn air filtrasi yg sdh dipendam seharian,,,ap mgkn krn airny sy ganti semua smlm? atau kbnyakan mkn / gerak? kl mlm apakah hrs dberikan cahaya? apakah hrs dberikan bubble d akuariumny? mhn petunjukny. thx

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas.
      yang pasti, anakan kura-kura emang masih rentan banget mati, mas. biasanya karena suhu. coba cek artikel saya: hewan peliharaan yang gampang mati...

      yang pasti, airnya jangan banyak2.. sekira dia bisa berenang aja. jangan sampe banyak banget. :) mungkin sekitar 10 atau 15 cm aja tingginya...

      Delete
    4. oh gt,,,pagi ini br aj mati yg 1 ny lg T_T smlm sy cb cemplungkan ke akuarium sy yg isiny ikan2 hias air tawar krn sy pikir lbh ramai dan variatif drpd d akuarium sblmny cm ad pasir doang dn sndirian,,, tinggi akuarium ny sktr 25cm,,,dn krn sy pikir bulus itu full aquatik jdny ga mslh,,,lalu mslh 1 lg ini sm kyk yg sblmny ud mati,,,d bdn ny suka ada kyk lumut2 putih,,,itu wajar atau jamur yah?? td pagi jasadny sy buang ke got yg k2 ini kog tenggelam yah? ap mgkn krn kmsukan air? mhn pnjelasanny,,, dn kl emg rentan ap ad tips utk memeliharany biar awet,,,krn sy ud naksir sm bulus,,,hahah Thx u sblmny

      Delete
    5. saya takutnya dia kena white spot atau mungkin jamur, mas.
      dan cuaca emang lagi gak bagus buat hewan, terutama reptil...

      kalau emang mau awet, coba pelihara bulus yang agak gedean, mas. :)

      Delete
    6. ok mbak makasih bnyk infonya :)

      Delete
  71. Dok, sy bru dapet bulus nih 15cm, kok dia gamau makan ya? Ikan mas ga disentuh sm sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak parameternya, mas. stress, mungkin? atau airnya yang ada kaporitnya?

      kemungkinan sih stress. itu kemungkinannya.

      sekarang gimana keadaan bulusnya?

      pastikan airnya nggak mengandung bahan kimia, terus kurangi aja airnya. sekira dia masih bisa nyelam kepalanya, tapi jangan tinggi2 airnya.
      terus pindahin ke ruangan yang sepi suara. kasih makan berupa ikan mas kecil hidup, terus tinggalin.

      Delete
    2. Dulu sy pertama kali taro di kolam kura kura saya, tpi di sekat biar ga diinjek sm red ear slider sy, mungkin krn airny nggk tenang jdi ga mau makan, akhirnya saya pindahin, ke tempat lain, yg ada pasirnya, airnya jg nggk tinggi dok, sy juga meratiin klo dia kykny kena white spot, trus sy kasih blitz ich (klo kt orang obat biru), cocok ga ya dok?

      Delete
    3. umur kura-kuranya berapa, mas?
      cek juga kondisi airnya....

      bisa dikasih obat biru... sekarang gimana keadaannya?

      Delete
    4. Klo umurny sy juga ggk tau, tpi klo ukuran udh sekitar 15-20an cm.. udh mulai makan kykny dik, ikan masny mulai ilang

      Delete
    5. iya, berarti bener dia kemaren masih stress. :)
      jadi kalo mau kasih makan, sekarang taro aja ikan, terus tinggalin... :)

      Delete
    6. Ohbiya dok, peacock bass sasaysasayba matanya ky ada putih putih gitu, trus agak nonjol bagian putihnya, itu knp ya dok?

      Delete
  72. maaf Dr. saya numpang tanya bagaimana cara memegang labi2 ukuran 23 cm dengan aman,,,soalnya lehernya bisa panjang hmpir setengah tubuhnya takut ke gigit,, saya mencoba pegang dr arah ekor dengan tangan kiri, tangan kanan di bagian plastronnya, apakah cara ini sdh benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah menjelaskannya. yang pasti dipegang diantara kedua kakinya. mungkin mas bisa lihat gambar ini: http://www.baba.vn/getattachment/1724bda7-b2e4-43d8-a9c0-ddcd817781d4/cua-dinh2.jpg.aspx?width=&height=

      biar aman, mungkin bisa sambi pake sarung tangan tebal... :)

      Delete
  73. Asalammualaikum dok,saya seminggu kebelakang nemuin labi labi yang baru menetas dan saya rawat di akuarium dengan ketinggian air 30 cm.apa sudah benar,dan mau tanya makanan yang cocok buat bayi labi labi apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah cukup mas. kasih pellet ukuran kecil aja. pellet kura-kura yang ukuran kecil

      Delete
    2. Saya juga punya mbak yang kecil begitu. Saya udah kasih pelet, kenapa masih gak dimakan juga ya

      Delete
    3. airnya kurangi coba mas. dan akuariumnya jangan lebar2. :)

      Delete
  74. halo dokter, apakah labi" bisa dipelihara didalam aquarium bersama ikan" lain? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau labi-labinya masih anakan, bisa aja sih.
      kalau labi-labinya sudah dewasa, mending pisahkan.

      Delete
    2. kebetulan labi"nya masi anakan, nah makanan yang cocok untuk labi" anakan apa ya?

      Delete
    3. bisa pake pellet ukuran kecil, mbak. pellet buat ikan kecil misalnya.

      Delete
  75. dok, saya nemu diselokan, mau saya pelihara, saya kasih makan udang gak mau dimakan dok, udah 2 hari gak makan, gimana ya dok supaya labi labinya mau makan, saya kasih udang dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukurannya segimana? kalau masih kecil, pake pellet cupang aja mas. tapi kalau emang udah gede, kasih ikan kecil aja. yang masih hidup. ikan mas kecil, biasanya di toko ikan hias jual kok.

      taro aja di tempat labi-labinya, terus tinggal. jangan diliatin.

      Delete
    2. Besar dok sekitar seukuran piring, iya dok nanti dikasih ikan hidup makasih dok

      Delete
    3. iya, kasih ikan hidup aja mas. :)

      sekarang gimana? kalo ukuran segitu sih daya tahan tubuhnya bagus

      Delete
  76. Halo dokter fira, mohon izin dok. Tolong dikoreksi apabila salah saya pelihara labi labi msh anakan di ember pakai air tanah dan setiap hari saya ganti airnya,,,,

    Untuk pakan saya berikan cacing beku dan ulat hongkong dy suka, tapi blakangan ini dy gamau makan dok? Entah apa dy kekenyangan atau dy sakit?

    pertanyaan nya
    Apa salah klo saya taruh didalam rumah deket jemuran tempat terbuka tp gak langsung kena sinar matahari.

    Terakhir apa pengaruhnya klo dikasih pakan hrs dtinggal dok

    ReplyDelete
  77. Halo dokter fira, mohon izin dok. Tolong dikoreksi apabila salah saya pelihara labi labi msh anakan di ember pakai air tanah dan setiap hari saya ganti airnya,,,,

    Untuk pakan saya berikan cacing beku dan ulat hongkong dy suka, tapi blakangan ini dy gamau makan dok? Entah apa dy kekenyangan atau dy sakit?

    pertanyaan nya
    Apa salah klo saya taruh didalam rumah deket jemuran tempat terbuka tp gak langsung kena sinar matahari.

    Terakhir apa pengaruhnya klo dikasih pakan hrs dtinggal dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah pake tanah. dan airnya dikit aja. sekira dia masih bisa nyembulin kepalanya dengan mudah. :)

      kalau dia gak mau makan atau berhenti makan samasekali, kayaknya suhunya turun naik. lebih baik embernya taro di dalam ruangan jangan di luar/beranda, biar suhunya tetap stabil.. :)

      bisa ditinggal kok kalau pas makan.. :)

      Delete
  78. Maksudnya pake air tanah dok hehe.
    Ini dbadan labi labi peliharaan saya ada bintik putih di karapasnya dan di kaki (kecil2 gitu) itu menular ke temenny gak ya dok?
    Rencanany saya mau kasih acriflavine nh dok, supaya sehat lagi.


    Apa saran dokter fira?

    Thanks regards

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu menular. jadi mending pisahkan dulu. setelah dipisahkan, bisa kasih acriflavine. :)

      maaf karena saya baru balas.
      kabari terus ya mas

      Delete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Saya baru beli kura moncong babi dua hari yang lalu Dok. Ukurannya 5cm dan saya taro di kolam ikan halaman yg cukup besar.Namun kura saya tiap saya ksh makan tdk mau. Pdhl sdh saya ksh pelet tenggelam. Untuk jaga2 saya masukan ikan mas dan udang kecil2 agar siapa tau diburu dan dimakan. Kira2 apa yang salah dgn kura saya Dok? Apakah menu makannya harus diganti?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.