Tuesday, April 1, 2014

Jenis-jenis Burung Hantu dan Tingkat Kesulitan Memeliharanya | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

jenis burung hantu

yang umum dipelihara oleh para pecinta BOP. Dan berdasarkan tingkat kesulitan pemeliharaannya, ada beberapa tingkat dalam memelihara burung hantu. Tingkat kesulitan dalam memelihara burung hantu tersebut didasarkan pada kesulitan burung hantu yang dipelihara.

Berdasarkan tingkat kesulitannya, ada tiga tingkat kesulitan dalam memelihara owl alias memelihara burung hantu, yaitu tingkat pemula untuk burung hantu yang paling mudah dipelihara, tingkat pertengahan untuk burung hantu yang relatif sedikit lebih menantang, dan tingkat lanjut untuk burung hantu yang susah dipelihara serta memiliki tingkat stress yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa kelas kesulitan dalam memelihara burung hantu.
  • Pemeliharaan burung hantu tingkat pemula (beginner, mudah dipelihara)
  • Jenis burung hantu yang pas untuk dipelihara oleh pemula adalah jenis Javan Scoop Owl (otus sp) atau celepuk dan jenis owl berpostur kecil lainnya.
    burung hantu celepuk, jenis burung hantu yang paling mudah dipelihara
    Burung hantu celepuk
    Image taken from digdeep1962.blogspot.com 
    Bisa dikatakan, burung hantu celepuk adalah jenis burung hantu yang paling mudah dipelihara. Hal utama yang harus diperhatikan dalam memelihara celepuk adalah jangan sampai telat memberi makan dan minum. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca artikel tentang cara memelihara celepuk.
    Jenis burung hantu lain yang termasuk dalam kelas mudah memeliharanya adalah burung hantu jenis Javan Owlet (glaucidium clastanopterum) dan burung hantu jenis Oriental Bay Owl (phodilus badius).
    burung hantu javan owlet, jenis burung hantu yang mudah dipelihara
    Burung hantu jenis javan owlet
    burung hantu oriental bay owl, jenis burung hantu yang mudah dipelihara
    Burung hantu jenis oriental bay owl
    Image taken from kaskus.co.id 
    Secara prinsip, cara memelihara burung hantu javan owlet dan cara memelihara oriental bay owl hampir sama dengan cara memelihara celepuk.
  • Pemeliharaan burung hantu tingkat pertengahan (medium)
  • Tingkat selanjutnya dalam artikel tingkat kesulitan dalam memelihara burung hantu ini adalah tingkat pertengahan atau tingkat medium. Artinya, burung hantu yang termasuk ke dalam klasifikasi ini termasuk mudah dalam dipelihara namun tetap harus diperhatikan dalam beberapa halnya. Sedikit saja anda lengah, maka burung hantu yang anda pelihara akan mati. Jenis burung hantu yang masuk ke dalam kategori pertengahan dalam segi perawatannya adalah burung hantu jenis Brown Hawk Owl (Ninox Scutulata) dan burung hantu jenis Barn Owl (Tyto Alba).
    burung hantu brown hawk owl, jenis burung hantu yang relatif lebih susah dipelihara
    Burung hantu jenis brown hawk owl.
    Image taken from owlpages.com
    burung hantu barn owl, jenis burung hantu yang relatif lebih susah dipelihara
    Burung hantu jenis barn owl.
    Image taken from wikipedia.org 
    Cara memelihara burung hantu barn owl pernah saya tulis di artikel cara memelihara barn owl.
  • Pemeliharaan burung hantu tingkat mahir (advanced)
  • Bagi anda yang baru pertama kali memelihara burung hantu, sebaiknya jangan memelihara burung hantu jenis berikut ini. Tingkat stress yang tinggi, penanganan yang tidak boleh dilakukan sembarangan, dan kesehatan burung hantu yang harus selalu dicek membuat burung hantu jenis Buffy Fish Owl (ketupa ketupu), burung hantu jenis Spotted Wood Owl (Strix Seleputo), dan burung hantu jenis Barred Eagle Owl (Bubo Sumatranus) tidak mudah dipelihara oleh pemula.
    burung hantu buffy fish owl, jenis burung hantu yang susah dipelihara
    Burung hantu jenis buffy fish owl.
    Image taken from owlpages.com
    burung hantu spotted wood owl, jenis burung hantu yang sulit dipelihara
    Burung hantu jenis spotted wood owl atau sering disebut strix sekeouto.
    Image taken from naturecore.blogspot.com
    burung hantu barred eagle owl, jenis burung hantu yang susah dipelihara
    Image taken from andysparadise.com 
    Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara burung hantu tingkat mahir antara lain makanan yang harus selalu diberikan tepat waktu, ketenangan tempat, dan suhu ruangan yang terjaga. Burung hantu jenis Buffy Fish Owl sangat rentan stres, begitu pula burung hantu jenis spotted wood owl dan burung hantu jenis barred eagle owl.
Demikian adalah artikel tentang

jenis burung hantu

yang banyak dipelihara serta tingkat kesulitan dalam memelihara burung hantu. Saya berharap artikel diatas bisa membantu anda dalam memelihara burung hantu. Saran, kritik, dan komentar bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. Respon atas artikel ini akan segera dibalas sesegera mungkin. Terima kasih. (FS)

264 comments

«Oldest   ‹Older   201 – 264 of 264   Newer›   Newest»

Dok, kira2 umur berapa burung hantu jenis bay owl bisa dipasangin angklet ? Obay saya umur sekitar 2bulanan, bulu disayap sudah lengkap, cuman bulu di dada aja yang masih kapas, sudah bisa belum dipasang angklet ? Thanks

Dok, kira2 umur berapa burung hantu jenis bay owl bisa dipasangin angklet ? Obay saya umur sekitar 2bulanan, bulu disayap sudah lengkap, cuman bulu di dada aja yang masih kapas, sudah bisa belum dipasang angklet ? Thanks

bisa aja dikasih angklett... cuma jangan dipaksa.... kalau dia nggak nyaman, mending lepas aja. emang perlu pembiasaan. mending awal2 pakaikan aja sehari satu jam, lalu lepas. 2 minggu, pasang 2 jam, begitu terus.... :)

Dok, kenapa ya obay saya umur 3bulanan, suka teriak2 ? Padahal saya kasih makan cukup banyak

mungkin emang karakternya gitu.
justru bagus kalau dia teriak2, mas. salahsatu ciri owl sehat dia suka mengeluarkan suara. justru mas harus takut kalau dia diem aja.. :)

Dok kalau burung hantu yang bau, memandikannya makai air saja atau ada tambahan lain?

gak usah pakai apa2... cukup habis dimandikan bulunya dikeringkan dengan cara diangin2kan (ditaruh di ruangan terbuka yang sejuk).... :)

Dok urgent, burung saya lemes banget sampe sampe berdiri aja jatoh dan hari ini hari minggu, dr hewan entah tutup entah buka, saya harus ngapain dok help

sekarang gimana keadaannya?
kayak gak kuat berdiri gitu ya owlnya?

cek fesesnya, mas. warnanya ijo ya? kalau iya, kemungkinan tetelo. mending mas bawa aja owlnya ke dokter hewan...

Dok, saya newbie yang rencananya mau pelihara celepuk
Nah tapi sebelumnya saya udh baca2 artikel di web ini soal jenis dan perawatannya

Yang saya mau tanya detailnya ke dokter, cara bedain celepuk yang sakit dan celepuk yang sehat/kualitas bagus..
Kali aja yang jual ga tau kalo burung yang dia jual punya ke unggulan sendiri hehehehe

Soalnya saya pernah liat beberapa kasus newbie sering salah memilih kualitas burung celepuk

Makasih atas jawaban dokter, yang namanya udah sering disebut2 di beberapa grup facebook hehehe

Hallo dok, mau tanya nih, jenis celepuk yg warnanya coklat muda termasuk ke jenis celepuk apa ya dok? Baru adopt molly td sore, dan lg proses karantina hehe

yang paling penting dalam memilih burung hantu adalah yang penting dia sehat dulu. silakan baca artikel saya ciri burung hantu sehat..... :)

saran sih beli yang emang sebelumnya dipelihara sama orang, jangan beli burung hantu di pasar hewan...

bagus mas owlnya. molly sehat?
silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu.

kayaknya sih jenis common scoop owl... :)

Sehat dok,ini udh lepas karantina mollynya, udah bisa d elus" jg, soalnya kemaren saya jg belinyaudh rawatan org, bkn CW hehe. Tinggal masuk sesi training aja nih dok kayanya...

langsung training aja, mas. :)
silakan baca2 dlu artikel saya mengenai burung hantu di blog ini ya mas...

kabari saya kalo ada apa2... :)

Hallo dok,mau tanya nih, molly ga mau nangkring di tangan nih, jadi susah mau fof, gmn ya dok biar dia mau? Trus kadang klo saya kasih makan(disuapin) sehabis makan kaya ada bunyi clak" gtu d mulutnya kaya bunyi dia mainin lidahnya, apa itu normal? Thanks dok sebelumnya, salam buat owl dokter dr molly :)

This comment has been removed by the author.

Klo bunyi gtu normal ga ya dok?

kayaknya sih emang molly belum terlalu percaya sama masnya. itu wajar kok, karena kadang emang owl butuh beberapa hari sampe beberapa minggu hingga dia percaya dan mau menclok di tangan....

kalau owl sering bunyi malah itu bagus, mas. itu artinya dia sehat. coba mas baca artikel saya kenapa burung hantu sering bunyi. di sana ada penjelasannya...

maaf karena saya baru balas ya mas.... :)

Bunyinya bukan bunyi kicau burung dok, bunyinya tuh kaya paruh beradu gtu, atau lidah yg d adu sm diding mulut bagian atas, clak" gtu bunyinya..

oh, bersuara kayak mau nakut2in kita gitu ya? suaranya ctak, ctak, ctak gitu? iya, itu wajar. dan ini makin bikin saya yakin kalau molly emang masih berusaha jaga jarak atau bikin masnya takut. dan itu wajar....

hmm, kalau molly mas angkat lalu mas taruh di pergelangan tangan? dia mau nggak? :)

Ooh, pantes aja, tp bunyi gtu cuma pas abis d kasih mkn aja dok, masih normal? Belom mau naik mollynya ke tangan, harus sabar ini hehe

Hallo dok, molly udh mau naik ke tangan nih, tp masih belum mau makan di tangan, makannya jg kadang susah, apa harus di puasain makan dlu dok? Trus kan molly itu d adopt dr chick, buat balikin insting berburunya lg gmn dok caranya? Makasi...

gak harus dipuasain, mas. jangan. mending pdkt aja terus. ajak ngobrol sambil liat matanya....

cara mengembalikan insting berburunya, bisa mas kasih bayi tikus putih yang masih merah (pinkies)... taruh aja deket kakinya, terus tinggalin... :)

Dok saya baru adop burhan celepuk, niatnya mau saya taruh luar tapi tertuup sama seng cuma kalo misal ada kucing yang liat entar burungnya stres engga dok?

Dok saya baru adop celepuk untuk bisa sampai hunting berapa lama ya? ( kaya errol)
Trus bagaimana cara agar burhannya engga kabur kalo engga di iket?

silakan mas baca dulu artikel cara agar burung hantu bisa berburu sendiri... :)

agak lama emang. dan saya sebenernya gak ngelatih si errol biar bisa berburu sendiri secara khusus. saya cuma ngelatih dia yang dasar2, nggak banyak nuntut dia harus begini harus begitu, dan berusaha sayang sama dia sepenuhnya. bakat juga kali ya, karena semua anggota keluarga saya semuanya pelihara BOP, jadi ada turunan, hehehe.... akhirnya ya si errol bisa bonding 100% sama saya... :)

kalau si errol butuh lebih dari setahun.... burung hantu lain bisa aja lebih cepet kalau emang karakternya lebih soft dari errol (si errol keras kepala banget, sama kayak saya, hehehehe)..

This comment has been removed by the author.

Nyari pinkiesnya yg susah, harus hidup ya dok?
Ni si molly kadang makannya susah, kadang mau pake tangan, trus abis 3-4 jangkrik langsung batting lg kaya takut sm tangan, pdhl sblmnya mau.... Kenapa ya dok?
Oia td molly mkn burung emprit dok, gapapa?

kasih emprit dan puyuh nggak apa2...
hmm, fesesnya gimana mas? maaf karena baru bales.... :(

Iyaa dok gapapa, kemaren pagi molly d kasih burung emprit hidup" dok, pas malemnya ngeluarin pellet sebesar 2 ruas jari kelingking, hehe.
Fesesnya normal" aja si dok, warna putih, ada cairan sm ada hitam" nya, lebih banyak putihnya. Oia dok mau tanya, klo pemberian minyak ikan untuk ukuran celepuk dosisnya gmn ya dok? Trims. Salam dari molly buat errol :)

ada kok artikelnya, dosis minyak ikan untuk burung hantu. :D

bagusnya kasih emprit atau puyuh yang masih anakan, mas. yang bulunya dikit....

saya tunggu kabar molly selanjutnya. :)

dok saya niatnya si mau melihara burhan obay tapi kalau seminggu sekali dikasih makan hamster gpp dok

gak apa2. obay kan makanan utamanya jangkrik, kenapa masnya malah mempersulit dengan kasih makan hamster? :)

coba baca artikel cara memelihara oriental bay owl...

Dok saya mau melihara burhan jenis tyto lebih baik umur brp ya dok,
sama pakannya terus kandangnya gmn dok, makkum dok pemula baru mau nyoba

pilih yang bulu kapas aja mas. usia 2 hingga 3 bulan...

kalau masnya belum pernah pelihara burung hantu, saran saya mending pelihara yang mudah dulu kayak celepuk atau oriental bay owl... ada kok artikel cara memeliharanya...

Dr.Fira ane habis nemu burhan celepuk(masih liar) trus ane masukin kandang habis itu ane sodorin jangkrik dia kyknya marah sama waspada itu harus gimana dok

karantina dulu. diamkan di ruangan yang sepi.
selengkapnya, silakan baca artikel saya cara karantina burung hantu

Dok saya baru beli brown hawk owl. Udah remaja, nah kalo burung ny didekatin paruh ny beradu kayak mau matuk gitu, itu kenapa ya dok. Butuh berapa hari untuk adaptasinya dok?

itu namanya clicking. termasuk suara yang dikeluarkan owl kalau merasa terancam. wajar kok... masnya jangan takut, kalau takut malah makin sering dia kyk gitu...

Pagi dok ada yang mau saya tanyain sekarang musim ujan dan obay sama buffy saya simpan di gudang yang sama ,tapi gini dok brhubung buffy suka main air jadi klo malem bulunya belum kering kan terus cuaca dingin apakah saya harus pasang lampu 60 watt untuk penghangat ruangan ato gmn dok mohon saranya mkasih coz saya smpet baca artikel doktr mslah buffy

sebelumnya maaf karena baru balas.
kalau bisa, jangan dibiasain main air, mas. apalagi kalau udah sore. takutnya ya kayak mas takutkan, udah malem tapi bulunya masih basah.

coba owlnya kasih super-n, setetes tiap hari, beli super-n di toko makanan burung....

Assalamu'alaikum wr.wb...Dok. katanya kalo pelihara owl itu harus bisa menjaga insting alaminya ya?..biar masih ada sifat buasnya kan harus dikasih darah tiput segar/hewan yg masih hidup....tpi klo insting alaminya dijaga apa gak tambah galak? apa gak susah dok jinakinnya...1 lgi dok. celepuk itu apa bisa diajarin berburu dok? kya BO DLL...
ma'af banyak nanya..newbie :D
mohon pencerahanya dok.

sebelumnya maaf karena baru balas.
segalak-galaknya burung hantu, kalau dia udah kenal sama kita, dia bakalan tetep jinak sama kita.

dan makanan sebenernya gak ngaruh mengenai kejinakannya dia. kalau emang dasarnya jinak, dia tetep akan jinak. :)

maaf baru balas. kabari terus ya mas..

Assalamu'alaikum
Saya mau tanya Dok,
Di kosan saya kan banyak tikus, jadi saya ingin memelihara burung hantu untuk mengatasi tikus di kosan,cocoknya burung hantu jenis apa ya, tapi yang cocok untuk pemula?

barn owl cocok buat memburu tikus. di daerah jawa tengah sudah ada kok petani yang menggunakan barn owl buat memburu tikus di ladangnya... :)

Dok saya mau tanya, sulit mna melihara tyto alba sama buffy, terus tingkat stress nya tinggian yg mna?

silakan baca artikel di atas, hehehehe... :D

Dok buffy saya bulu nya udh lumayan lengkap tpi kok blum bisa terbang yah? Gk kaya celepuk saya

emang setau saya kalau buffy emang gitu, mas. dan dia liat ruang dulu kalau mau terbang atau latihan terbang.

coba mas bawa ke ruangan yang agak lebih luas....

Ok dok siap, terus dok klo saya kasih ikan nilem hidup" yg segede 2 jari gpp dok?

dia keliatan kesulitan gak makannya?
kalau agak kesulitan, mending yang lebih kecil... :)

Enggak dok langsung di sikat😁

waah, good. :)
sekarang gimana keadaannya mas?

maaf karena baru balas.

Kemarin kaki dia k gantung dok, kaki kiri nya bengkak terus jalan juga jdi pincang and nafsu makan turun dok, saya harus gmna dok?

kakinya yang bengkak, ada lukanya? kalau ada, pakein betadine. kalau gak ada, kasih minyak urut...
tapi masih mau makan, kan? cuma sedikit?
kalau makan cuma sedikit, gak apa2 kasih aja. mas bisa kasih super-n juga. coba baca artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT.

fesesnya gimana?

Luka gk ada sih tpi kakinya membengkak dok,alhamdulillah skrng nafsu makannya naik gk kyak kmrin, klo dikasih super-n udah dari dulu dok

Terus dok buffy saya insting berburunya gk ke latih dok, soalnya waktu sama majikan yg dulu jrng di latih, ngelatihnya gmna yah soalnya susah bgt di latih nya, apkh ada cra lain dok?

sip, sip... fiuh, syukurlah! saya seneng dengernya.
langkah pertama agar mudah dilatih mungkin ditajamkan dulu insting berburunya. mas kasih makan dia apa?
coba kasih bayi tikus putih yang masih merah (pingkies).... karena secara naluri, owl suka mangsa yang keliatan lemah.... seperti yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU MAU MAKAN...

setelah seminggu diberi makan bayi tikus putih, bisa mulai dilatih.... :)

Siap dok,Saya biasa kasih makan, ikan,tiput,ayam

Assalamualaikum Dok saya Muhammad dari malaysia. Mau nanya, ini burung hantu jenis apa ya.

Ini gambarnya dok, terima banyak dok
https://i.imgur.com/ivz6AOd.jpg,

jenisnya celepuk. :D
salam buat pecinta owl di malaysia... :)

«Oldest   ‹Older   201 – 264 of 264   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.