Pasaran Harga Musang | Drh. Fira Sovica

Harga musang memang bervariatif tergantung jenis dan usia musang yang dijual. Harga musang termurah adalah jenis musang rase, dan harga musang paling mahal adalah jenis musang pandan albino.

Harga musang termahal

adalah jenis musang albino karena musang pandan albino adalah jenis musang pandan langka yang terlahir karena cacat genetik yang membuat seluruh bulu dan kulitnya berwarna putih pucat. Sebenarnya, julukan musang pandan albino tidak tepat untuk musang pandan unik ini karena matanya masih berwarna hitam layaknya musang pandan biasa. Ini berarti, musang pandan tersebut masih punya pigmen warna yaitu berada di matanya. Maka, sebutan musang pandan albino tidak pas untuk musang pandan dengan kelainan genetik ini. Musang pandan ini lebih cocok disebut musang pandan leucistic karena masih memiliki pigmen warna di matanya.

Sebutan yang sama juga bisa dikaitkan dengan sugar glider leucistic dan sugar glider albino. Bedanya sugar glider albino dan sugar glider leucistic bisa dibaca di artikel jenis-jenis sugar glider.

Harga musang paling murah

adalah jenis musang rase. Musang rase masih banyak ditemui di persawahan dan tegalan. Bisa dikatakan, dari semua jenis musang yang pernah saya pelihara, jenis musang karnivora ini adalah musang yang paling susah dipelihara karena kondisi daya tahan tubuh yang rapuh, tidak tahan lapar, dan bulu musang rase yang mudah rontok. Anda yang berniat ingin memelihara musang rase bisa membaca cara memelihara musang rase di artikel cara memelihara musang rase.

Kembali ke topik awal.
Pasaran harga musang memang cenderung naik seiring bertambahnya minat masyarakat untuk memelihara musang. Dan berikut adalah harga musang dari berbagai jenis:
  1. Harga musang rase
  2. Seperti yang saya katakan di atas, musang rase adalah jenis musang yang harganya paling murah dibandingkan jenis musang yang lain.
    harga musang rase
    Musang rase, jenis musang yang harganya paling murah.
    Harga seekor musang rase adalah berkisar antara 150.000 hingga 350.000 rupiah perekornya.
  1. Harga musang pandan
  2. Harga musang pandan yang masih bayi cenderung lebih murah dibandingkan harga musang pandan yang sudah dewasa dan sudah jinak.
    harga musang pandan
    Musang jenis musang pandan.
    Image taken from http://kaskus.co.id 
    Harga musang pandan yang masih bayi berkisar antara 250.000 hingga 400.000 rupiah. Tentu saja, makin pintar anda menawar maka makin murah harga yang anda akan dapatkan. Harga musang pandan yang sudah jinak dan sudah dewasa berkisar antara 450.000 hingga 800.000 keatas, tergantung seberapa gemuk (obesitas) musang tersebut, perawatan yang diberikan, kualitas bulu, kelengkapan fisik, dan faktor lainnya. Semakin bagus musang yang dijual, maka semakin tinggi pula harga musang tersebut. Anda bisa membaca cara menggemukkan musang di artikel cara menggemukkan musang. Namun ingat: musang yang menderita obesitas lebih rentan penyakit dan lebih beresiko terkena sudden death (mati secara tiba-tiba akibat gagal jantung). Sebaiknya, imbangi berat badan musang dengan porsi olahraga sehingga musang lebih sehat dan resiko terkena sudden death bisa ditekan sekecil mungkin.
  1. Harga musang biul
  2. Seperti yang saya ungkapkan di artikel cara memelihara musang biul, musang biul adalah jenis musang tanah yang lebih cerdas dibanding 'saudaranya' yang lain.
    Harga musang biul
    Musang biul
    Image taken from http://ceriwis.com 
    Meski demikian, bau yang lebih menyengat dari jenis musang lain membuat para pecinta musang enggan untuk mengadopsi musang biul. Padahal, dibanding jenis musang lainnya, musang biul paling gampang dirawat dan dipelihara. Harga pasaran musang biul berkisar antara 250.000 hingga 350.000 rupiah.
  1. Harga musang bulan dan harga musang akar
  2. Harga musang bulan dan harga musang akar memang lebih mahal dibanding dua jenis musang yang sudah disebutkan diatas. Meski cara memelihara musang bulan dan cara memelihara musang akar sama saja dengan cara memelihara musang pandan, namun dari harganya, harga musang bulan dan musang akar jauh lebih tinggi dibandingkan harga musang pandan.
    Harga musang bulan
    Musang bulan
    Image taken from careuhkujang.blogspot.com 
    Untuk harga musang bulan yang masih bayi dan harga musang akar yang masih bayi atau anakan relatif lebih mahal dibandingkan harga musang bulan dewasa. Harga anakan musang bulan dan harga anakan musang akar berkisar antara 2 juta hingga 2,9 juta rupiah, sementara harga musang bulan yang sudah dewasa berkisar antara 1,4 hingga 1,8 juta rupiah, tergantung kualitas, jinak atau tidaknya, dan faktor lain.
    Harga musang akar
    Musang akar
    Keberanian anda untuk menawar akan menjadi sangat penting jika anda menginginkan harga musang bulan dan harga musang akar yang lebih murah.

Demikian adalah beberapa perbandingan harga musang yang bisa menjadi acuan anda sebelum membeli musang. Saran, kritik, dan komentar akan senang hati saya terima di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

228 Responses to "Pasaran Harga Musang"

  1. saya pengen punya musang pandan dewasa. kriteria jinak total, sehat, tidak cacat, doyan makan. budget saya 1jt. kalau ada yang bisa bantu hub 085736700888

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masnya tinggal di daerah jakarta, mas bisa gabung ke grup jual beli musang di facebook seperti grup RAMLI (rumah adopsi musang lover bekasi). musang dewasa jinak biasanya berkisar antara 650rbu hingga 900k, tergantung perawatannya. semoga membantu, :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Replies
    1. di surabaya sama harganya seperti dicantumkan diatas, mas, tinggal pintar2 menawar saja... :)

      Delete
    2. kalau yg surabaya jualnya daerah mana ya?

      Delete
    3. cari aja di pasar hewan di surabaya.
      atau bisa beli di grup jual beli musang di facebook, cari yang penjualnya dari surabaya. :)

      Delete
    4. di RAMLI recomended banget gan, saya baru dapet nih musang pandan usia 3 bulanan 300K ajah. Jinaaaaaaaaaaaaaaaaak banget, di pegang2 adek ga gigit2 gitu......... lucu pula

      Delete
    5. Saya minat gan gk bsa kurang lg harga nya . Pm ke bbm saya ajh nih pin nya :
      57a37112 . Thx

      Delete
  3. saya pengin mulai memelihara musang sebagai pet,saya seorang newbie,
    menurut bu dokter,apakah saya sebaiknya memelihara musang dewasa yang sudah jinak atau memualai dengan belajar memelihara musang anakan ?
    Ths atas petunjuk dan saran bu dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang benar2 pemula, saya menyarankan musang dewasa yang sudah jinak karena daya tahan tubuhnya relatif lebih kuat dibanding musang yang masih baby. anda bisa juga memilih musang anakan yang sudah bisa makan sendiri.... :)

      Delete
  4. Sy ingin adopt musang pandan.. apakah bisa d kirim ke tanjungpinang kepulan riau

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa cari di grup2 jual beli musang di facebook. terutama yang daerah riau dan sekitarnya. bukannya apa2, kalau dikirim dari jakarta, saya takut musangnya stress... :D

      Delete
  5. sya punya anakan musang bulan dan musang pandan

    ReplyDelete
  6. Ada yg anakan umur 1-3 bulan ga ? Brapa harga?

    ReplyDelete
  7. Saya punya musang jantan umur 2th, tapi sudah 4hari ini g mau makn sama sekali dan sekarang kaki belakangnya lumpuh. Mohon petunjuk cara pengobatannya bu dokter. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur 2 tahun? mas baru pelihara atau pelihara musangnya dari kecil? coba dipaksa makan pisang, pake suntikan saja kalau susah. beli pisang sunpride, blender, kasih air sedikit (jangan terlalu encer) lalu suntikkan perlahan ke mulutnya..... nama musangnya siapa mas?

      Delete
  8. Saya pelihara mulai dri blom tumbuh gigi satupun bu,. Sudah saya coba kasih pakan pisang pake suntikan tp dimuntahkan lagi. Kaki yg belakang malah sekarang dah lumpuh total. Nama musang saya tyson.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya kenapa mas? kok bisa begitu? atau pernah jatuh, mungkin?
      saya kira dia kena paralisis.
      coba beri kalsium bubuk seperti repcal di makanannya. kalau memang dimuntahin, mas bisa bawa ke dokter terdekat....:(

      cepet sembuh tyson.

      Delete
  9. Tolong bisa mnta pin bb nya bu. Urgent. Tks

    ReplyDelete
  10. Saya dibandung jual musang bulan.yg minat comen kasih no telp makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas gabung ke grup jual beli musang bandung... di sana banyak yg nawarin....

      Delete
    2. saya minat ini no hp saya 082319811011

      Delete
  11. saya pengen punya musang pandan yang masih kecil tapi sudah bisa makan sendiri, grup jual beli musang di facebook di sumatera utara ada gk dok....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada. daerah sumut banyak kok yang jual. silakan search di facebook pake kata kunci: "jual beli musang", atau "pasar hewan". bisa juga post di RAMLI (Rumah Adopsi MUSANG LOVER INDONESIA).... bilang aja mau beli musang anakan... :)

      Delete
  12. ok. dok
    tapi dok lama kali di setujuinya saya tuk dapat bergabung di grup RAMLI

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu saja... nanti begitu diapprove langsung posting... :)

      Delete
  13. dok, kebanyakan adpsi musangnya adanya di jakarta, makasar, n jawa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok yang jual daerah medan dan sekitarnya.... coba cari aja di forum jual beli hewan di kaskus.... atau di grup facebook juga ada...

      Delete
    2. kan bisa kirim kirim,,,tpi pas transaksi minta di videoin,,

      Delete
  14. dok saya mau nanya, lebih bagus yang jantan tw yang betina tuk tuk pemula kaya saya dok...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja kok. usahakan yang masih anakan, tapi juga jangan yang bayi. yang anakan dan sudah bisa makan sendiri..... :)

      Delete
    2. oh ya, mbak thesa bisa cek harga pasaran musang di artikel harga musang

      Delete
  15. dok , ane numpang tanya nih , biasanya musang siap di kawinkan itu kisaran umur berapa ya?? ane punya muspan ekor cincin betina umur 3 bulan , niat ane pengen beli8 lg yang jantan buat ternak , mksh dok

    ReplyDelete
  16. dok..., gimana kalo digigit musang ? ada rabiesnya gak itu atau seperti digigit anjingharus suntik vaksin rabies ? Trim dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, musang bisa menyebarkan rabies pada manusia. hanya tidak perlu terlalu dirisaukan. ada vaksin rabies yang bisa diberikan saat musang sudah berusia satu tahun keatas. silakan konsultasi ke dokter hewan terdekat untuk info lebih lanjut... :)

      Delete
  17. Aku mau adopsi baby muspan ekput jantan, tp susah bgt yg lepas adopsi juga jarang. Sekalinya ada juga mahal bgt-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mbak cari di grup jual beli musang di facebook. biasanya banyak yang jual. harganya berkisar 400rbu hingga 700rbu. :)

      Delete
  18. Ada yg jual musang rase? Pengen euy. Klo ada info lah ke bbm 7ed9aded. Lokasi bandung klo ada. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang jual kang. cari aja di pasar hewan di bandung.
      di grup jual beli musang daerah bandung di facebook juga banyak... :)

      Delete
    2. Tapi harganya gak sesuai ama tulisan teteh ituloh. Ahahahaha. #salam kenal

      Delete
    3. pinter2 nawar aja mas. biasanya bisa kok nego. :D
      salam kenal juga :)

      Delete
  19. apakah boleh musang yg masih kecil di kasih susu pedera soalnya punya saya di kasih susu itu tapi kayaknya gak gede gede apa saran anda buat pemula seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu bendera masuknya??
      lebih baik jangan. susu bendera memiliki lactosa yang cukup tinggi.
      cara menggemukkan musang bisa mas baca di artikel cara menggemukkan musang. silakan search di menu cari artikel...

      Delete
  20. bayi musang yg blom bs buka mata kira2 umur berapa dok? saya ada nemu, tp gk tau cara merawatnya. atau ada cara gk, biar induknya bisa nemuin anaknya? saolnya pohon tempat sarangnya ud terlanjur d bongkar, buat d bonsai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya nanti induk musang akan mencari anaknya ke rumah mas. dia akan mencium bau anaknya. sementara mas bisa baca artikel CARA MERAWAT BAYI MUSANG YANG MASIH MEREM.... search di bagian cari artikel di atas.....

      Delete
  21. saya baru dapat musang ... vitamin apa dan makanan apa yang baik ini, mengingat tadi pagi gak mau makan..he..he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas search makanan musang di bagian cari artikel... :)

      Delete
  22. Saya mau pelihara musang rase , kira kira disini jual tidak ??

    ReplyDelete
  23. bagaimana dengan musang binturung kenapa tidak di bahas

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas sarannya... akan saya update harga musang di atas. terima kasih banyak... :)

      Delete
  24. Ka klo musang'' yg biasa berkeliaan d,kebon atw rumah'' itu musang apa ya?
    Kira'' yg umur,a 1,5 smpe 3bln brpa harga'a ya ka #makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan baca pasaran harga musang. ada gambar musangnya juga di sana.
      yang biasanya berkeliaran di kebun atau atap rumah biasanya musang pandan. tandanya musangnya bau pandan. :)

      Delete
  25. Dok apa bisa dengan bantuan dokter hewan musang saya bisa melahirkan anak musang albino,leucistic,hypo dan morb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung musang mas musang apa. :D
      kalau musang mas musang biasa (bukan musang albino, leucistic, hypo, atau morph) dan tidak sepasang dan belum dikawinkan, tentu tidak bisa...

      Delete
  26. Dok, saya mau melihara musang nih. Kira musang umur brp ya yg bagus buat pemula ky saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur 3 - 4 bulan, yang kira2 udah bisa makan sendiri... :)

      Delete
  27. Dok,ane mau tanya,bisa gak ya musang bulan dikawinkan dengan musang pandan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas. silakan baca artikel saya cara kawin silang musang.

      Delete
    2. Klo tempat jual muspan atau grup daerah tangerang tuh apa?

      Delete
    3. silakan gabung ke grup RAMLI di facebook... :)

      Delete
    4. silakan gabung ke grup RAMLI di facebook... :)

      Delete
  28. Lebih sush musang akar atau pandan dok untuk di pelihara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. relatif sama sih mas. cuma lebih enak musang pandan kalau menurut pendapat saya... :)

      Delete
    2. Klo dr aroma nya gmn dok? Apa kh sama?

      Delete
    3. beda. musang akar tidak memiliki pigment aroma di tubuhnya. saya sendiri lebih seneng aroma musang pandan... :)

      Delete
  29. Dok mau tanya dong kok musang pandang saya kepalanya nunduk trs yah dok umurnya br 2bln dok. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati musang yang berjalan mundur....

      Delete
  30. dok salah gk klo musang biul dijadiin pet. trus gmna cra ngilangin baunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel cara mengurangi bau musang biul... :)
      cara memelihara biul juga mas bisa baca di blog ini.... :)

      Delete
  31. Dokter, di bandung ada dokter hewan seperti dokter Fira yang suka/pelihara musang? punya alamat dan no contactnya? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bandung saya kurang tau mas... :)
      mas bisa telpon kok. saya sudah bikin list nomor telepon dokter hewan daerah jawa barat di blog ini. cari aja di bagian cari artikel...

      Delete
  32. saya baru dapat musang akar dewasa,,
    bagi yang berminat silahkan hubungi ke no ni :
    082374650446

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Mba saya mau vaksin rabies buat musang bulan sama musang akar saya..
    Ada minimal umur ga yakh??...
    Saya ada 3 musang bulan junak total umur 3 bulan...
    Dan musang akar 7 bulan betina jinak total...
    Musang saya dari Liwa lampung barat karna teman punya pengolahan kopi luwak disana..
    Jadi bukan tangkapan..
    Kalau ada yg berminat...silahkan hub saya 081213138887

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang bisa divaksin saat umurnya diatas 1 tahun. :)

      Delete
  35. Dok,masa produktif musang betina biasanya umur berapa & yg jantan juga umur berapa ya???
    Trus tanda tanda musang pandan betina & jantan saat menginjak masa birahi biasanya tanda tandanya bagaimana??
    Pingin coba konservasi musang pandan.
    Soalnya dijogja sudah benar benar langka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca cara mengawinkan musang, cara merawat musang yang sedang hamil, dan siklus hidup musang... sudah saya tulis sebelumnya...

      Delete
  36. Dok, mau tanya nih, musang saya msh umur 2 bln an, apa kah sampe besar nanti musang saya tetap akan sering menggigit ya dok? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas sering mengajak dia main, nanti bsisa jinak kok...
      silakan baca artikel cara menjinakkan musang....

      Delete
  37. ni d mes saya kedatangan musang liar trus berhasil tak tangkep trus tak iket pakai rafia.keesokan hrnya lepas tp anehnya gk mau pergi msh ngumpet ja dbwah meja.pdhal udah 4hr lpasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. mungkin dia merasa terikat secara aura dengan mas. biasanya, musang yang seperti itu akan mudah jinak kalau mas sabar.... saya pernah membahas hal tersebut di artikel IMPRINT PADA MUSANG, silakan mas search di bagian cari artikel.... :)

      Delete
  38. Dok mau tanya, rabies pada musang berdampak berbahaya gak buat kesehatan manusia..

    Trus saya punya musang wkt umur 4 blan sudah bonding tp skrg usianya mulai memasuki 8 bulan udah gak bonding lagi, minta saran nya dok.. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rabies bisa menular ke manusia tapi efeknya tidak banyak. silakan mas search cara mengobati rabies di bagian cari artikel....

      selama di mas, musangnya jarang di ajak main? gak sering berinteraksi? kalau iya, ada kemungkinan gara2 itu.
      kemungkinan lain, dia mulai sadar kalau ownernya beda. musang sangat lihai membaca pikiran kita, sama seperti kuda yang bisa tahu sifat dan karakter penunggangnya hanya dari sentuhan. kalau musang hanya dari tatapan mata saja. mungkin gara2 itu juga sebabnya. owner yang sebelumnya memiliki karakter kuat, sementara mas mungkin agak sedikit beda dengan owner sebelumnya....

      tapi tentu saja masih bisa dibondingkan lagi. dulu musang bulan saya hasil tangkapan liar dan saya dapetnya udah tua banget, tapi alhamdulillah bisa bonding. tinggal cara kita aja sebenernya. silakan baca artikel cara agar musang bonding... :)

      Delete
    2. Iya dok blakangan ini saya jarang ajak main dia hehe maklum agak sibuk, klau mengajak musang main itu kira2 waktu yg paling tepat itu kapan ya dok??

      Delete
    3. makin sering diajak main, makin cepet dia jinak mas. :)
      mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan musang dan cara membondingkan musang.... :)

      Delete
    4. Okee dok.. oiya saya mau tanya memandikan musang itu bagusnya brp x dalam sminggu, terus kalo kita potong kuku si musang knp dia terasa sakit ya padahal potongnya gak trlalu dalam..

      Delete
    5. itu karena dia belum terbiasa saja. makanya mungkin agak kaget. kalau saya biasanya hanya ujung kukunya aja, cukup bagian tajamnya saja. 1mm sudah cukup... :)

      Delete
  39. RAMLI RECOMENDED, forumnya DEWASA gan. ada Rules anggota2nya dewasa no tipu2 COD diutamakan. saya dapat musang pandan 3 Blan Jiiiiiiiiiiiinaaaak poolll cuma 300K.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pm ke pin gw fadil gw minat nih pin bb gw : 57a37112 / 081586682122

      Delete
    2. Fadil
      Gw minat pm ke pin bb gw : 57a37112 / 081586682122

      Delete
  40. ada yg punya anakan muspan di daerah bandung barat.?

    ReplyDelete
  41. Replies
    1. iya. :)
      di beberapa daerah memang musang asal mau nangkepnya aja mas... :)

      Delete
  42. Saya mau jual musang akar umur 2 bulan sudah jitot,warna abu2 Rp 2juta aj lokasi bekasi timur babakan mustikasari
    Yg minat bisa hub.087750727530

    ReplyDelete
  43. bisa minta nama group fb buat adopsi baby musang daerah bandung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kayaknya mas. mas bisa search di facebook: grup jual beli musang bandung

      Delete
  44. Saya lagi nyari musang anakan nih. Ada yg jual gak? Saya daerah jakarta timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cek artikel penjual hewan terpercaya atau artikel penjual musang terpercaya... :)

      Delete
  45. kira-kira jenis musang yang paling jinak yang mana ya?

    ReplyDelete
  46. dok, kemarin saya baru beli musang rase di pasar jatinegara,umurnya 2 menuju 3 bulan , warna musang nya kuning keemasan, dan saya cari referensi yg saya baca bahwa musang rase ini telah di warnai olah si penjual dan saat dewasa nanti akan berubah menjadi warna asal. tetapi saya tidak melihat adanya tanda2 bahwa musang ini di warnai. menurut dokter giman?, apakah rase ada jenis yg warna kuning keemasan juga ? mohon masukannya dok, takutnya kalo memang benar di warnai, takutnya cepat mati. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas/mbak beli musang rasenya berapa? biasanya musang rase albino harganya bisa jutaan. kalau mbak/mas belinya hanya ratusan ribu, kemungkinan besar memang hasil pewarnaan...

      selengkapnya bisa baca artikel saya cara membedakan musang hasil bleachingan...

      Delete
  47. Dok,puny musang yg di jual secara online gak ? Musang biul atau bulan, kalau ad bisa gk kirim ke ketapang-kalimantan barat ? Trus harga berapa? Klw bisa anakan 1bln... Dan dokter tau gk habitat musang bulan itu sering ad di mana kalau di hutan liar,di kebun kah atau dimanakah? Dan gmn ya cara nangkap liar hidup"... Tolong di kasi infonya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pasaran harga musang, sudah saya buatkan artikelnya...
      silakan cari di grup jual beli hewan atau grup jual beli musang di facebook...
      selebihnya, silakan mas baca cara menangkap musang... :)

      Delete
  48. Alamat peternakan musang bulan di bandung dimana ya ? Mohon infonya, sy butuh mau beli. Didin 081312485725

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau mas. silakan mas gabung ke grup pecinta musang bandung di facebook.
      maaf baru balas, mas. saya sibuk sekali akhir2 ini.. :)

      Delete
  49. mau tanya dok sy punya anak musang tapi gak tau berapa umurnya utk mengetahuinya bagaimana dok ? maklum dapet dikasih he..he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diketahui dari jumlah giginya mas. anakan musang biasanya memiliki gigi yang lebih sedikit. selengkapnya, mas bisa baca artkel saya bedanya musang dengan ferret...

      maaf baru balas, mas... :)

      Delete
  50. Dok sy mau tnya nih ...?sy kan pnya muspan trus sy kasih makan sehari" nasi kecap,pepaya,susu SGM apakah makanan tersebut bs membuat musang jd obes atau tdk dok...?mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara agar musang obes udah saya buatkan artikelnya di blog ini. silakan cari di bagian cari artikel.

      maaf baru balas ya mas. saya sibuk banget... :(

      Delete
  51. bu dr.. saya sedih kenapa yah rubend musang saya pas saya beli jinak pas sampai dirumah sudah 3 hari jadi agak galak.. solusinya bgaimana/

    ReplyDelete
  52. perubahan karakter yg tidak menentu bu dr musang sya//

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas ya mbak. saya sibuk banget akhir2 ini. saya coba jawab.
      mbak tahu kalau musang bisa tahu sifat kita? semua hewan bisa tahu sifat manusia yang memeliharanya. mbak penakut atau mungkin mbak takut sama musangnya? kalau iya, musang pasti tahu. dan biasanya ini yang menyebabkan musang jadi galak. selengkapnya mungkin mbak bisa baca artikel saya perubahan perilaku pada musang... :)

      Delete
  53. Dok kira kira harga musang pandan ring tail kisaran berapa ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ringtail itu maksudnya yang ekornya berbentuk melingkar atau yang ada bulu berwarna putih yang berbentuk seperti cincin di ekornya mas? soalnya kadang orang salah mengerti.

      biasanya musang yang ada corak bulu berbentuk cincin di ekornya lebih mahal. nggak tau apa kelebihannya... :)

      kalau musang yang ekornya berbentuk melingkar biasanya harganya gak beda jauh...

      Delete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Assalamu'alaikum..
    Lam kenal cemuaa, ternyata secara the musang era yaa..!!
    Di daeeahku msih bnyak musang, kalau mau saya tangkepin deh beberapa bagi yg minat pengen pelihara musang. Tapi ga tahu tuch yg di sekitaran gubug saya tuh musang jenis apa.
    Buat bu dokter:
    Kalau berhasil menangkap indukan (musang dewasa) dari hutan, trik menjinakkannya gimana ya?
    Makacriit

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cari di bagian cari artikel = cara menjinakkan musang.. :)

      Delete
  56. Dok, kemarin saya baru dapet musang pandan, kira kira umur 2-3 bulan lah. Saya ingin menjinakkannya, tapi agak takut, karena katanya musang bisa menularkan rabies. Kalo misalkan digigit musang apa sudah pasti terkena rabies dok? Dan kira kira ciri apa yg ditimbulkan orang yg terkena rabies? Terimakasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas takut, dia malah makin berani dan makin susah jinak.
      soal rabies, selama mas menjaga kebersihan kandang dan badan musangnya, aman kok. digigit musang aman, gak akan terkena rabies kalau musangnya gak mengandung virus rabies. yang terpenting adalah menjaga kebersihan musangnya dan kandangnya. itu aja dulu... silakan baca2 artikel saya yang lain mengenai musang... :)

      Delete
  57. Doc minta info nya dong, musang binturong jawa umur 3buln pasarannya kena berapa doc? Makasih

    ReplyDelete
  58. Doc minta info nya dong, musang binturong jawa umur 3buln pasarannya kena berapa doc? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pasarannya saya kurang tau... yang pasti mahal.. :D

      Delete
  59. Asalamualaikum dok , boleh minta pin bbnya saya mau tanyatanya nih tentang menjinakan musang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekali lagi, saya tidak menyediakan jalur komunikasi lain selain di blog ini.
      banyak kok artikel yang berkaitan dengan cara menjinakkan musang di blog ini, mas...

      Delete
  60. Dok biul sya di kandang bnyak semut merah nya.ap berbahay pda biul nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending pake kandang lain aja mas.... atau bersihkan semutnya... :)

      Delete
  61. Mbak apa link komunitas jual beli musangnya ? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas tinggal di daerah jabodetabek, gabung aja di komunitas RAMLI (rumah adopsi musang lover bekasi).... banyak juga grup sejenisnya...

      Delete
  62. Replies
    1. ada di artikel saya: silakan cari dibagian search
      penjual musang terpercaya

      Delete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. apakah susu beruang cocok untuk muspan ??

    ReplyDelete
  65. Selamat mlm dok. Saya mau tanya. Saya beli musang pandan 2 minggu yg lalu kisaran 4bulan. Saya kasih makan pake tangan dan saya pegang2. Tapi knpa yah tetep ga jinak dan masih galak. Mohon sarannya dok. Terimakasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mlm dok. Saya mau tanya. Saya beli musang pandan 2 minggu yg lalu kisaran 4bulan. Saya kasih makan pake tangan dan saya pegang2. Tapi knpa yah tetep ga jinak dan masih galak. Mohon sarannya dok. Terimakasihhh

      Delete
    2. Selamat mlm dok. Saya mau tanya. Saya beli musang pandan 2 minggu yg lalu kisaran 4bulan. Saya kasih makan pake tangan dan saya pegang2. Tapi knpa yah tetep ga jinak dan masih galak. Mohon sarannya dok. Terimakasihhh

      Delete
    3. baru 2 minggu mas pegang2 dan kasih makan pakai tangan?
      kalau cuma 2 minggu, masih kurang mas. saya dulu sampe 1 tahun lebih menjinakkan musang yang tadinya galak total jadi jinak. sabar.

      silakan mas baca artikel saya cara menjinakkan musang dan hal yang salah dalam menjinakkan musang.

      kabari saya

      Delete
  66. Baik bgt nih dokternya, merespon setiap pertanyaan juga gk pelit ilmu. Sehat selalu panjang umur bu dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti saya balas kok, kalau ada pertanyaan. itung2 bagi2 ilmu mas, hehehe... :)

      Delete
  67. Aslmualaikum bu dokter..saya mau tanya nih,saya kan punya jenis musang pandan yah,, kok warnanya beda ya seperti musang pandan lainnya ,,kali punya warnanya kaya bule bulenya gitu ..
    thx bu dokter yang baik hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang ada yang kayak gitu. faktor genetik dan lingkungan juga mas.
      coba mas baca artikel saya perbedaan warna bulu musang pandan...

      Delete
  68. Dok saya mau nanyaa, knapa mjsang rase saya kadang suka ngikutin kmnapun, kadang engga. Selalu sering mengendus2 gitu, terus suka nempelin bokongnya ke tembok atau lainnyaa, itu knapa dok, maaf sebelumnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasenya masih anakan ya mas? kalau masih anakan emang gitu kok. :)

      Delete
    2. Kurang lebih 3 bulan setengah dok

      Delete
    3. Maaf dok banyak nanyaa hehehe, kalo rase untuk makannya berapa kali sehari dok? Jam berapa aja? Maaf dok masih pemula hehe

      Delete
    4. saya seneng kok bisa jawab pertanyaannya... :)

      coba mas baca dlu artikel saya cara memelihara musang rase... :)

      Delete
    5. Alhamdulilah saya sudah hampir semuaaanyaa di baca dok artikelnya hehehe

      Delete
    6. mas bisa kesini lagi kalau ada yang ingin ditanyakan. saya tunggu... :)

      Delete
  69. Dok ati ayam rebusnyaa untuk rase bagusnyaaa dicampur apaa yah, terus digimanain dok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. direbus aja, lalu cacah-cacah kecil.
      terus kasih ke rasenya... :)

      Delete
    2. Kadang pisang juga jarang di makan dok, dia lebih suka catfood dokk, gmnaa kalo pake catfood?

      Delete
    3. boleh kasih catfood, tapi sebaiknya sih jangan kebanyakan. kalau emang dia gak terbiasa dikasih ati ayam, awal2 campur aja ke catfood. makin kesini, catfoodnya dikurangi dan hati ayam cacahnya ditambah terus sampe dia gak sadar kalau catfoodnya udah gak ada (hanya sisa hati ayam)... :)

      Delete
  70. Oh iyaaaaaiyaaaa makasih banyaak dokk udh ngasih saran2 yg bermanfaat, semogaaaa ada perkembangan baru buat raseku hehehe

    ReplyDelete
  71. assalamualaikum dok..saya punya bayi musang pandan yang blum mlek..susu apa ya yang bagus buat perkembanfan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu non latosa kayak sgm llm.
      tapi dicek aja mas, kalau abis kasih susu dia jadi mencret, mending stop pemberian susunya...

      yang terpenting dalam memelihara bayi musang adalah dia mau makan dulu dan sehat. itu aja dulu. soal susu dan sebagainya, mas bisa kasih nanti kalau dia udah agak dewasa...

      silakan mas baca artikel saya cara merawat bayi musang... :)

      Delete
  72. kenapa ya dok ada yang keluar bentuk cairan kental dari mata nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takutnya kena infeksi. kentalnya gimana mas? kayak putih telur? terus warnanya apa?

      udah berapa lama kayak gitu? terus dia suka garuk2 matanya nggak?

      saran saya mending bawa ke dokter hewan terdekat biar dicek, mas. dan coba baca artikel saya cara mengobati musang katarak. lakukan saja intruksi saya di artikel itu... :)

      Delete
  73. seperti susu kental manis kekuning kuningan...

    enggak tuh gak garuk garuk

    ReplyDelete
  74. baru tadi pagi dok kejadian nuya...

    mudah mudahan itu tanda tia mau melek

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending sering2 dibersihkan aja. saya bersyukur banget dia gak sering garuk2.

      sekali lagi, kebersihan adalah nomor satu ya mas, terutama area sekitar mata. jaga baik2 kebersihan kandangnya... :)

      saya tunggu kabar selanjutnya....

      Delete
  75. Dok rase saya knapa yah muntah2 terus gitu, kaya yg keselek tapi ga keselek

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? mencret? umur musangnya berapa dan biasa dikasih makan apa? :)

      Delete
  76. Mencret enggaaa dok, biasa normal, tapi dia muntah2 kaya yg ke selek gituh, dan ngeluarin air liur warna putih ,saya biasaaa kasih pisang ,dan kadang2 ati rebus jugaaaa, suka di seling sama catfood, jadi diaaa diem tidurr ajaaaa teruss ,kesehariannyaa yg biasanyaaa gabiaa diem loncat2 lari2 akhir2 ini jadi diem terusss, dan kalo di kencarin suka nyamperin tidur di pundak sayaa dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama suka ngiler gitu mas?
      observasi aja selama seminggu ini ya. cek terus fesesnya, jaga kebersihan makanannya terutama dari zat kimia dan kebersihannya. terutama ati ayam rebusnya, mas. :)

      kasih saya kabar lagi ya...

      Delete
  77. Alhamdulilah sudah sembuh dok udh lincah lagi sekarang, Saya kasih makan pisang ajaaa dikasih madu, alhamdulilah sehat lagi dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik... :)
      kabari saya kalau ada apa2 ya mas... ":)

      Delete
  78. Dok saya dua hari yang lalu nemu anak musang pandan masuk kamar saya. Kamar saya emg dilantai dua dan sekelilingnya semak2. Musang nya waktu saya tangkap gak galak dan gak gigit terus saya masukin ke kandang dan saya pelihara udah dua hari. Tiap interaksi dianya keliatan jinak dan anteng gak banyak gerak. Tapo entah knp baru malam ini dia keliatannya gelisah gitu mondar2 terus dan suka gigitin kandangnya. Malah kalo mau saya deketin dia kaya pengen di ajak main gitu. Tp pas saya pegang dianya malah gigit tangan saya tp gak sakit sih dan itu nggigitnya terus2an. Kalo saya blh tau itu knpa ya musang saya?
    Dan apa benar dok bahwa musang semi jinak akan jadi buas pada malam hari
    Trims:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas pertanyaannya. saya coba jawab.
      pertama, musang akan tetep jinak meski siang atau malam. kalau emang dasarnya jinak, ya dia akan tetap jinak kok.
      kedua, mengenai perilaku musangnya mas. saya kira itu wajar, mas. karena musang mas masih 'terikat' dengan alam. lakukan terus langkah penjinakkan sering2 ajak main. mas bisa baca artikel saya hal yang salah dalam menjinakkan musang. silakan baca juga artikel lain saya tentang musang di blog ini... :)

      Delete
  79. Terima kasih banyak dokter..satu lagi dok
    Hari ini pagi sekitar jam 8 saya ksh makan tp gak mau dok. Pisang pepaya bubur bayi dia nya gak mau. Pas saya kasih susu baru dia mau dan lahap sekali dok. Itu apa gak apa2 dok?..saya khawatir kurang asupan gizi kalo dia cuma mnum susu..trus setelah itu saya ajak main saya gendong di tangan saya. Awalnya dia anteng trus lompat ke lantai dan lari abis tu ya saya tangkep dok. Dia malah nyrang jari saya sampe berdarah tp ttp saya pegang saya masukin ke kandang lagi. Yang saya mau pastikan itu brti saya harus lbh sabar lgi ya dok biar Mimi bisa bonding dengan saya?
    Trims;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul mas. karena kadang musang sengaja galak ke kita dengan tujuan menakut-nakuti kita. kalau pas dia galak kita malah takut, dia malah makin jadi. malah makin sering nyerang. jadi, kalau dia galak, bersikap saja biasa2 saja....

      soal makanannya, cukup taruh makanannya di kandang. nanti dia akan belajar makan sendiri... :)

      Delete
  80. Ohh gitu..mksih bnyak ya dokter. Semoga aja Mimi bisa cepat akrab sama saya

    ReplyDelete
  81. Dok apaakah musang rase bisa obrsitas yahhh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. agak butuh waktu lama, tapi musang rase bisa kok obesitas... :)

      Delete
  82. Dok Mimi kalo di usap2 kepala sama perutnya diam anteng keenakan gitu...tp kadang lagi dia malah gigit2 kecil gtu smpe lama kelamaan jdi gigit betulan...itu knpa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mimi masih dibawah 4 bulan ya mas? bener?
      kalau musang anakan emang suka gitu. wajar kok. itu sebenernya dia ngajak main. jarang ada anakan musang yang gigit karena ingin melukai. :)

      penyebab lain, si mimi tahu mas akan takut kalau dia gigit masnya. makanya dia jadi sering gigit mas. kalau digigit musang, bersikap biasa aja, mas. jangan kaget, dan jangan takut.... :)

      Delete
  83. Kira2 makanannyaaa dikasih apaa yah dong supayaa bisa osbes gituu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih protein kayak daging2an, bisa juga kasih cacahan hati ayam rebus... :)

      Delete
  84. Gpp dok? Gaada efek sampingnyaaaaaa gitu? Aman dok pake jangkrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 asalkan kaki belakang jangkriknya yang tajam itu dilepasin dulu.... dan mungkin pastikan jangkriknya bersih aja... :)

      saya emang belum pernah nyoba kasih jangkrik ama musang rase, tapi saya rasa aman kok... karena musang rase emang aslinya karnivora... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.