Cara Memelihara Kura-kura Brazil | Drh. Fira Sovica

Cara memelihara kura-kura brazil

atau red ear slider (res) memang tergolong sangat mudah. tidak diperlukan perlengkapan mahal untuk merawat jenis kura-kura air ini. berikut ini saya menyuguhkan beberapa tips cara memelihara kura-kura brazil. Bagi anda yang ingin tahu harga kura-kura brazil, anda bisa membaca artikel saya harga kura-kura semi akuatik.
images taken from pet-care-portal.com

1. jaga kebersihan air dan ganti maksimal 1 minggu sekali
meskipun kura-kura brazil termasuk hewan semi akuatik, namun kebersihan air tempat ia hidup perlu diperhatikan. air yang kotor sama halnya seperti udara yang kotor bagi manusia, hal ini bisa menimbulkan penyakit-penyakit terutama yang berkaitan dengan jamur dan parasit. pemberian garam ikan secukupnya di air tempat kura-kura barzil hidup bisa dilakukan jika diperlukan. harap perhatikan ukuran takar garam ikan yang diberikan di air tempat kura-kura brazil anda hidup.

2. nafsu makan berkurang bisa menjadi tanda kura-kura brazil sakit.
kurangnya nafsu makan bisa menjadi tanda penyakit pada kura-kura. segera bawa kura-kura anda ke dokter terdekat atau berkonsultasi dengan orang yang lebih pengalaman dalam perawatan kura-kura brazil.

kura-kura brazil umumnya berumur panjang, lebih dari 10 tahun. semakin tua umur kura-kura brazil, maka semakin kuat pula daya tahan tubuhnya.

demikian tips

cara memelihara kura-kura brazil

. semoga artikel singkat ini bisa menjadi penambah wawasan bagi anda yang ingin memelihara kura-kura brazil. Saran, komentar, serta kritik bebas anda tulis dibawah ini. Terima kasih.

73 Responses to "Cara Memelihara Kura-kura Brazil"

  1. mbak,aku mw tanya,,aku khan pny 3 kura2 brazil,2 ekor aku beli setahun yg lalu,yg 1 itu aku beli pertngahan sptmber kmrn,,,
    wktu itu sie aku beli 2 ekor,tp 1 mati krn sakit (muncul bentol2 coklat dikulitnya)
    semenjak kura2 ku yg baru ini sendirian,dia jd pendiem gt,trs jd kurang lincah...
    apa dia kesepian y???sejak awal emnk aku gak campur tmpt tnggl ny sm kura2 yg lama,takutnya berantem,,,,
    kira2 aku hrs beli kura2 lg g bwt tmnin kura2 ku yg sendirian???
    tlng infony y mbak..maakasihh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? rakus atau berkurang? matanya sering terpejam (merem)? kalau mbak angkat dari akuariumnya, lihat lubang hidungnya, apakah kayak ada gelembung?? kalau semua pertanyaan itu jawabannya "TIDAK", saya pikir sehat2 saja. kalau ada salahsatu yang IYA, kayaknya dia sakit. kemungkinan air tempat memeliharanya kena bakteri atau semacamnya karena kura2 yang mati dulu satu akuarium bareng yang sehat. penyakit kura-kura yang mati kemungkinan kena whitespot, mbak bisa baca di mengobati penyakit white spot pada kura-kura dan ikan
      coba mbak dateng ke toko akuarium, kemudian beli garam ikan. berikan sedikit garam ikan ke air tempat memeliharanya. sedikit saja. kira2 tidak mengubah rasa air jadi asin. semoga sembuh ya mbak.. :D

      Delete
  2. mbak kura2 saya gak mau makan dan mata nya selalu merem,juga lebih sering berjemur.apakah itu tandanya dia sakit? kalu ia,bagaimana untuk sembuhinya? trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kalau tidak nafsu makan dan matanya merem, bisa dipastikan sakit.
      jenis kura2nya kura-kura air apa kura-kura darat mas? kalau kura2 air, coba angkat dari air, lalu perhatikan, apakah muncul gelembung seperti gelembung ingus saat di darat atau tidak. kalau ada gelembungnya, ada kemungkinan kena pilek. silakan baca cara menyembuhkan flu pada kura-kura..... kalau kura2 darat, biasanya bagian hidungnya basah.... :)

      Delete
  3. kalo masih kecil dikasih sawi boleh nggak??
    makanan apa aja yang cocok untuk kura kura yang masih kecil??

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kasih sawi. kasih cacaan apel merah (yang manis, jangan yang asem) juga bagus... :)

      Delete
  4. kura2 sy ada semacam benjolan di kanan kiri panngkal ekornya yg sy curigai telor. apa yg musti sy lakukan, mengingat ke2 nya spertinya betina.. mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? masih mau makan?
      umur kura2nya berapa mas? ukuran panjang kura2nya berapa?

      amannya sih mending bawa ke dokter hewan terdekat mas. takutnya egg binding atau bahkan tumor. tapi mudah2an gak.

      Delete
  5. Mba, saya baru aja beli kura-kura brazil, masih kecil banget.
    Pas di toko, dia aktif banget, gerak terus. Tapi sekarang diem aja. Lebih sering ada di air juga.
    Itu kenapa ya mbah? Sakit atau memang lagi adaptasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih baby banget ya?
      agak riskan sebenernya kalau masih baby karena masih rentan.

      tapi biasanya kura-kura brazil sakit karena perubahan suhu air. atau fluktuasi suhu air. terlebih kalau lagi pancaroba kayak gini, banyak reptil sakit.

      jaga agar suhu air tetap stabil. selengkapnya, silakan mbak baca artikel saya penyakit pada kura-kura

      Delete
  6. dok. kira kira minimal kandang kura kura brazil sebesar apa ya dok ?
    kalau di kolam itu bagus gak sih

    ReplyDelete
  7. Dok, maaf mw numpang tnya..
    Sya punya kura2 brazil, sminggu kmarin dia sakit, matanya sperti trtutup slaput, smenjak itu sya rutin mnjemur stiap jam 8 slma 5 mnit. Stelah smbuh, tiba2 dia sakit lagi dan parah. Kaki blakang dan ekornya seperti tdak ada respon, seperti lumpuh dok... Klau sperti itu kira2 skit pa ya dok? Gmna nymbuhinnya? Yg bsa gerak hanya kpla dan kaki dpan.. Mhon pncerahannya dok.. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibaca dari cerita mas, kayaknya sih kurang kalsium. coba kasih asupan kalsium. biasa dikasih makan pellet?
      coba mas kasih exoterra suplemen kalsium aja. biasa ditaruh di air? jaga agar suhu airnya tetep stabil. kalau berenang, dia miring2 nggak?

      saya tunggu kabarnya... :)

      Delete
  8. dok apakah benar kura kura res baby cenderung karnivora?

    ReplyDelete
  9. kalo kura kura res ada bintik putih dikepalanya di kerapasnya ada warn putih terus tempurungnya lembek itu penyakit apa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya.
      itu kena whitespot dan kurang kalsium. silakan baca artikel saya cara mengobati whitespot, dan artikel cara mengobati tempurung kura-kura lunak...

      Delete
  10. Dok ane mau nanya ,ane bli kura2 lumbayan dah gede 9 cm ,trus dia di air dah 3 hari padahal ane dah sediain buat berjemur nya dok ,kira kira kbapa ya ,..

    ReplyDelete
  11. Dr kok kura kura saya tempurung nya ada bintik putihnya ya terus bagai mana cara menanggapinya dan di leher kaki dan jarikaki seperti ada bintik putih itu jamur atau bukan jika jamur bagai mana cara menhobatinya ? Tapi dia nafsu makan dan lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      sekarang gimana keadaannya? jenis kura2nya apa? kura-kuranya masih anakan?
      coba cek artikel saya cara mengobati white spot pada kura2. sebenernya saya kurang yakin juga itu white spot, tapi lakukan aja langkah2 pengobatan di artikel itu... lakukan segera...

      Delete
  12. Dr kok kura kura saya tempurung nya ada bintik putihnya ya terus bagai mana cara menanggapinya dan di leher kaki dan jarikaki seperti ada bintik putih itu jamur atau bukan jika jamur bagai mana cara menhobatinya ? Tapi dia nafsu makan dan lahap

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Dok....kapan baiknya menyinari kura2 dengan lampu? Apakaj siang atau malam. Mengingat kandangnya tidak terkena sinar matahari langsung (dalam ruangan).

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cuaca lagi dingin aja. misalnya pas lagi ujan terus.
      meski demikian, wajib untuk menjemur kura2 di bawah sinar matahari minimal seminggu sekali. gunanya biar dapet asupan kalsium dari situ.

      cukup 7 sampe 10 menit aja, sebelum jam 9 pagi.

      Delete
  15. Dok kura" res saya gak mau makan pelet sejak saya beli akhirnya saya coba kasih udang kering (ebi) dan dia suka, bagus gak ya dok udang kering itu? Soalny gak ada kulkas untuk nyimpan cacing beku.

    Dan apakah menjemur di matahari sore sama bagusnya karena menurut yang saya baca keduany kaya akan sinar uvb?

    Makasih ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penjemuran sebenernya bagusnya pagi, mas. kalo sama2 uvb sih iya sama, tapi lebih bagus sinar uvb pagi...

      umur kura-kuranya berapa mas? masih anakan? udang ebi-nya asin nggak? kalau asin, mending cuci dulu sampe gak kerasa asin lagi. baru boleh diberikan. :)

      Delete
  16. Iya dok masih anakan hehehe...oh sebaiknya dicuci ya dok. Kalo boleh tau apa ada efek samping dari asinnya y dok?

    Satu lg dok kuku yg patah/copot bisa tumbuh lg gak ya?

    Makasih ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebaiknya dicuci. takutnya malah ganggu ke sistem cernanya nanti.

      kuku kura-kura yang copot nanti bisa tumbuh lagi kok..

      Delete
  17. Dok saya mau tanya saya punya kura" brazil kecil.. di tempurungnya ada bercak putih. Apa itu kena white spot ya dok. Saya udah baca artikelnya dokter yg white spot itu dok tapi buat kura" sama ikan sama ada ya dok. Tapi ini kura" saya bintik putihnya besar" dok?? Gimana itu ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penanganan whits spot pada ikan dan kura2 sama kok. coba baca artikel saya cara mengobati white spot pada ikan... :)

      oh ya, silakan baca2 komentar di artikel penyakit kura-kura

      maaf karena baru balas. kabari lagi.

      Delete
  18. Dok,saya rencananya mau melihara kura2 berbagai jenis tapi dalam 1 akuarium,kaya kura2 brazil terus ada kura2 ambon,gapapa kan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2 kok. asalkan kalau satu kura-kura sakit, nah yang sakit itu harus dipisahkan dengan yang sehat (dipindahkan)...

      Delete
  19. Dok mau tanya soal karapas res, sekilas kalo dilihat di dalam air tidak masalah tetapi jika diangkat keluar dan dibiarkan mengering karapasnya banyak bompel kecil... itu kenapa ya?

    Trus yg satunya lagi (ada 2) karapasnya warna hijau muda tetapi sewaktu mengering menjadih putih2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, pisahin yang kedua kura-kura yang sakit...

      maksudnya bompel apa ya mas? kayak bopeng gitu?
      atau lebih bagus, mas bisa kirim gambarnya kemari. caranya, baca di bagian PERHATIAN...
      sama satu lagi: pastikan asupan kalsiumnya bagus. biasa mas kasih makan apa? pellet? kalo kasih makan pellet, seharusnya asupan kalsiumnya udah bagus...

      yang satu lagi, yang keputihan, saya kira lebih ke kualitas airnya. mas pake air apa? pam? bagusnya pake air tanah..... coba cek artikel saya MENGHILANGKAN KERAK MINERAL PADA KURA-KURA, apakah putih2nya kayak gitu... :D

      Delete
    2. Iya dok bopeng2 gitu saya fikir jamuran sudah sering jemur terkadang mereka suka berjemur sendiri.

      Ini si arpi, kondisinya masih basah jadi ga terlalu terlihat putih2nya
      https://postimg.org/image/3yfuedd5t/

      Iya pake air pam tapi ada filter air pakai karbon aktif tetap ga ngaruh ya?

      Yang satu ini si arpo
      https://postimg.org/image/lu8pw8kgv/

      Iya bopeng hehe 😁 kalo dizoom kelihatan ada sedikit kerusakan pada bagian atas karapas.

      Makanan dua2 nya pelet, nafsu makannya luar biasa takut kelebihan makan jadi pyramiding
      Terkadang kasih cacing kering, ikan guppy dalam 1 bulan cuma 1x

      Karena lokasi mereka di alam terbuka, ada waspada soal lumut pada kandang yang suka tumbuh tetapi dialam terbuka yah sedikit sulit menjaga kualitas air tanpa berlumut jadi setiap 1 minggu karapasnya saya bersihin dengan sikat gigi halus dari lumut2... nah baru sadar si arpi nya ada putih2 di karapasnya

      Delete
    3. soal yang tempurungnya bopeng2 itu, itu lebih ke masalah airnya. mending pastikan airnya bagus, kalo bisa jangan pake air pam.

      terus kasih garam ikan. sedikit aja, jangan sampe merubah rasa airnya...

      soal makanannya, untuk mencegah pyramiding, bisa kasih makanan tambahan berupa sayuran sebanyak seminggu sekali. taro aja di airnya. :)

      kalau bisa sih jangan ditaro di luar ruangan. hmm, boleh ditaro di luar, tapi kalo cuaca lagi gak bagus, misalnya ujan deras atau udah beberapa hari ujan melulu, mending pindahkan ke dalam ruangan.. :)

      Delete
    4. Kalo air pam dimasak dulu gmn dok?

      Nah bingung saya buat tau rasa airnya ga terlalu asin bagaimana.. takaran air 1 liter pake garam ikan 1gr saja?

      Kalau sayuran saya suka kasih kangkung sama wortel 1 minggu sekali gantian cuma tiap kasih sayur pada nyisa di filter >.< ada tips buat kasih makan sayuran yg rapih?
      Apa harus diangkat dari kandangnya dlu,pindahin ke wadah yg ada airnya?

      Kandangnya gede hihi cape pindahinnya malah ada rencana buat kolam khusus arpo & arpi... kalo dibawa kedalam rumah dengan alas lantai keramik gpp dok? Jadi sementara didaratan dlu dikala hujan deras

      Delete
    5. tetep jangan, mas.
      kalo mau, pake air galon isi ulang aja. itu lebih mendingan...

      iya, bisa dosisnya seperti itu bisa. 1gram perliter air.

      iya, kalo mau makan sayuran, bisa pindahkan dulu ke wadah kecil yang ada airnya sedikit... :)

      kalo gitu, kura-kuranya aja pindahkan ke dalam kalau udara lagi dingin, mas...

      Delete
    6. Buat air garamnya dicampur sama yg dikandangnya apa dipisah baiknya dok?

      Kalo dipisah bearti metode direndam dengan kondisi brp lama direndam dok?

      Di alas keramik takut kedinginan ga dok?

      Maaf banyak nanyanya hihi

      Delete
    7. gak apa2, dicampur aja sama yang di kandang...

      gak apa2 di alas keramik... emang ukuran kura2nya berapa mas?

      gak apa2, saya malah seneng bisa bantu. emang itu tujuan dari blog ini. kabari terus.

      Delete
    8. Ukurannya berdua hampir sama sekitar 15 cm. Soalnya kalo di keramik kadang dinginnya dari AC dikamar bisa sampe ke ruang tamu hihi

      Soal garam ikan, kalo udah kelamaan terus ada filter air harus kasih lagi kan? Ato tunggu ganti air baru kasih lagi?

      Tadi rencana malah mau nanya dokter praktek dimana biar bisa lsng nanya hihi

      Delete
    9. garam ikannya dilarutin di airnya, mas. jadi sebelum dicemplungin ke air akuarium, mas taro dulu di gelas, kasih air dikit, aduk2 sampe larut, terus baru dituang ke akuariumnya. :)

      domisili saya di bogor, jawa barat. tapi saya gak buka praktek offline lagi karena terlalu sibuk di instansi pemerintahan. jadinya saya buka praktek online aja di blog ini, hehehe....

      sekarang gimana kura-kuranya? :)

      Delete
    10. Iya, biasa saya larutin dulu baru dicampur tapi lama-lama bukannya makin asin ya?
      Kalo pake filter air bukannya tetep asin yak?

      Oh sudah ga praktek yah, cuma terima kasih banyak loh masih mau urus blognya sendiri hihi

      Saat ini kondisi putih2 setelah digosok cuka mulai pelan-pelan menghilang tapi bopeng2 nya bakal lama sembuhnya ya?

      Delete
    11. kalo bopeng2 itu, selama gak makin luas dan makin banyak bopeng2nya, saya kira gak kenapa2.... mungkin emang kondisi air di owner sebelumnya gak bagus, terlalu basa, jadi ngikis tempurung kura-kuranya yang mayoritas kalsium...

      sekarang gimana? nafsu makan oke? :)
      kabari terus.

      Delete
    12. Nah kalau bopengnya meluas gimana dok? Boleh diolesin pasta gigi ga ya?
      Sewaktu beli si arpo bagian bawahnya ada sedikit cacat ga perhatiin jadi sedikit rada somplak

      Nafsu makan sih masih tetep rakus dua2nya cuma ini si arpi suka gigitin bagian belakang tempurung si arpo yg lancip biasanya ga pernah baru 2 hari ini saya perhatiin

      Delete
    13. mungkin mas bisa baca artikel terbaru saya, CARA MENGOBATI SHELL ROT PADA KURA-KURA.... obati dengan cara yang tertulis di artikel itu...

      Delete
  20. Drh. Fira Sovica, saya punya kura-kura RES, akan tetapi tidak ada yang merawat karena kuliah saya di luar kota. Untuk itu, adakah kawan dokter atau siapapun yang ingin merawat kura-kura saya? Sudah agak lumayan besar juga. Sempat nangis pada saat saya pulang buat nengok, terus sisik-sisik cangkangnya mengelupas. Kasihan. Ditawarin ke temen juga pada nggak berani.
    Semoga ada orang yang berbaik hati merawat raku chan kura-kura RES saya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mbak tawarin di grup facebook pecinta kura-kura, mbak... :)

      Delete
  21. Drh. Fira Sovica, saya punya kura-kura RES, akan tetapi tidak ada yang merawat karena kuliah saya di luar kota. Untuk itu, adakah kawan dokter atau siapapun yang ingin merawat kura-kura saya? Sudah agak lumayan besar juga. Sempat nangis pada saat saya pulang buat nengok, terus sisik-sisik cangkangnya mengelupas. Kasihan. Ditawarin ke temen juga pada nggak berani.
    Semoga ada orang yang berbaik hati merawat raku chan kura-kura RES saya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  22. Dok mau tanya, ponakan saya punya dua kura RES beli udah sebulanan, karena ga bisa ngerawat akhirnya saya yang ngerawat..
    yang satu pipinya merah, satunya pipinya kuning,. yang pipi kuning normal banget, makannya juga normal, cuma emang sukanya di bawah air, apa itu normal? seinget saya ga pernah sengaja naik ke basking area kalo ga saya yang naroh, ke daratnya cuma kalo sengaja saya angkat buat dijemur pagi-pagi di dry dock aja, normal kan kalo RES saya sukanya di dalem air dan jarang naik ke darat?

    Nah sekarang yang lagi masalah yang pipi merah..
    yang pipi merah waktu abis dibelikan, di rumah baru ketauan kalo berenangnya ngambang, karena ponakan saya ga tau kalo kura RES yang ngambang itu sakit, jadi tetep dibeli dulu..
    awal beli makannya normal, karena mengambang dan saya pernah baca tips untuk pakai air rebusan sirih, sempat saya rendam pake rebusan air daun sirih 3 harian akhirnya berenangnya normal lagi dan bisa nyelam air.
    nah yang pipi merah ini saya perhatiin makin hari ke hari garis garis hitam pemisah scutenya makin berwarna hitam dan makin tebal warna hitamnya, terus muncul bercak hitam di karapaksnya, bukan dipermukaan, karena sudah saya coba bersihkan tidak bisa, bukan shell rot juga, itu kenapa ya? apa bakteri?
    dan dua mingguan lalu tiba-tiba dia ngambang lagi dan ngambangnya kali ini kayak berat sebelah,, jadi susah nangkep pelet yang ngambang sampe akhirnya udah semingguan ini dia ga mau makan. itu kenapa ya dok? dia jadi sukanya di darat terus di basking area, ga mau ke air.

    sekedar info,awalnya kura kura saya taruh di teras belakang rumah di dalam satu box kontainer, keadaan teras saya tertutup tembok dan kanopi jemuran, kedalaman air cuma sekitar 5 cm dan dikasih batu buat basking area, pagi rajin dijemur di dry dock jam 7 pagi sekitar 20 menitan karena di teras belakang tidak ada cahaya matahari langsung, setelah itu baru dikasih makan di kontainer khusus makannya. air diganti sehari sekali. air pakai air pam yang di deklorinasi, kenapa pakai air pam? karena sempat beberapa minggu pakai air minum galon bermerk, kura yang pipinya merah malah kulitnya jadi sering mengelupas dan normal lagi begitu balik pake air pam yg didchlorine.. sekarang kura kuranya dipisah kontainernya.

    mohon bantuannya ya dok.
    berikut foto kura saya yang pipi merah dengan bercak hitam di karapaks dan garis scute yang menebal hitam.
    http://i66.tinypic.com/30dhvf8.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf gambarnya salah link, ini yang benar.
      http://bit.ly/2f2dObs

      Delete
    2. halo mas.
      kura-kura pasti suka nyembul di air, meski mas mungkin liatnya pas dia lagi nyelem aja. dan itu bisa dikatakan normal.

      kura-kura yang ngambang belum tentu sakit. kecuali kalau dia ngambang dan miring-miring, kayak nggak stabil. itu bisa dikatakan sakit. udah ada artikelnya: CARA MENGOBATI PNEUMONIA PADA KURA-KURA

      untuk bercak hitam di karapaksnya, saya kira kalo sedikit nggak kenapa2. kecuali kalau banyak. kalau banyak, bisa kasih garam ikan di airnya. dosisnya ada di artikel PENYAKIT KURA-KURA...

      gambarnya tetep nggak muncul mas, hehehe. tapi dari penjelasan mas, saya udah cukup jelas kok. :)

      Delete
  23. dok, kura kura brazil saya kok ada benjolan wrna kuning di bawah leher itu knpa ya, masih baby sih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian yang benjolan itu?
      coba mas kasih betadine aja...

      taro di daratan, terus kasih betadine obat merah. biarin sampe kering. baru taro lagi ke air.

      pastikan airnya bersih.

      Delete
  24. dok, kura kura brazil saya kok ada benjolan wrna kuning di bawah leher itu knpa ya, masih baby sih,

    ReplyDelete
  25. Dok saya punya baby kura kura udah beberapa hari ini dia berada di darat terus kalau ditaruh diair di kembali lagi didarat dok terus bagian kaki nya ada ada putih putihnya terus kura kura kayak buka buka mulut kadang kadang dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya pilek. berenangnya miring2 nggak?
      udah ada artikelnya: cara mengobati pilek kura-kura

      Delete
  26. Selamat siang Drh. Fira

    Saya punya kura2 brazil ukuran 10 cm usianya kurang lebih 7 bulan.
    Dari awal pelihara kura2 ini sudah kena pneumonia, sembuh sendiri, lalu sepsis, sembuh sendiri.

    Kura2 saya sangat aktif sekarang, makan lahap (tapi dari beli sampai sekarang hanya makan pelet, tidak pernah diberi vitamin/suplemen), tiap pagi dijemur 2 jam di bawah sinar matahari langsung. Akuarium saya lebarnya 2,5 kali lebar kura2 saya, kedalaman 30 cm, ada tempat keringnya, pakai filter dan tiap hari airnya diganti dan disikat punggungnya. Tapi dok, sudah 1 bulan ini tempurungnya putih2, disikat tidak mau hilang. Awalnya cuma di bagian belakang, sekarang sudah sampai tempurung depan. Di badannya juga ada putih2 seperti selaput2 terbang2. Harus saya apakan ya dok?

    Fotonya ada di link ini:
    https://postimg.org/gallery/25h85v8lk/

    Dokter praktik dimana ya dok?
    Terima kasih banyak sebelumnya Dok.

    Salam,
    Kartika

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow! saya salut dengan kemampuan survive kura-kuranya, mas. hehehe... :)

      soal bercak putih, coba mas baca artikel cara mengobati shell rot pada kura-kura.

      maksudnya putih-putih terbang-terbang gimana ya mas? kayak kulit mati gitu? gak bisa mas lepasin pake pinset?

      Delete
    2. Iya dok, makanya saya sayang sekali sama kura2 saya :D
      Putih2nya nempel di kaki tangannya seperti jamur dok, mungkin bisa dilepaskan dengan pinset, tetapi kura2 saya tidak bisa diam. Kalau dipegang mendengus2.

      Saya sudah baca tentang shell rot dan sekarang hari ke-2 saya mengobati kura2 saya dengan betadine. Bercak putihnya tidak berkurang dok. Kira2 pengobatannya berapa lama ya dok? Saat ini saya hanya memasukkan kura2 saya ke tank air-nya untuk makan pagi & sore saja dok. Sisanya di drydock. Apakah tidak masalah untuk kura2 brazil berada di darat >20 jam sehari dok?

      Bagaimana membedakan putih2 karena shell rot dengan deposit mineral dok? Karena saya baru tahu kalau tidak boleh pakai air PAM T_T Jadi baru 2 hari ini saya ganti pakai air sumur yg diendapkan.

      Terima kasih banyak atas jawaban dokter. Ngomong2 saya Mbak Kartika dok, alias perempuan. Hehehehe

      Delete
    3. nggak apa2, sementara di drydock aja mbak.

      nah, mungkin karena mineral yang tinggi di air pam. kalo mineral deposit, dia ada bagian yang kayak kasar gitu kalo dipegang.... permukaannya gak halus, kayak ada pasir/bagian kasar gitu kalo disentuh....

      bisa mbak kirim gambarnya kemari? :D

      Delete
    4. Berikut fotonya dok:

      https://postimg.org/image/p2ggiz2gl/
      atau
      https://i.imgur.com/8v7TVjS.jpg

      Delete
    5. Oia dok, cuka makanan di rumah keasaman 25%. Perlu saya encerkan menjadi berapa persen dok? atau pakai 25% tidak apa2?

      Setelah disikat dengan cuka langsung dibilas kan dok? Terima kasih dok

      Delete
    6. ikutin aja di artikelnya, mbak. hehehe. kayaknya sih gak usah diencerkan nggak apa2.

      setelah disikat, langsung bilas pake air mineral aja mbak... :)

      kalo saya liat sih itu mirip mineral deposit. tapi nggak begitu parah. CMMIW....

      Delete
    7. Mulai tadi pagi sudah saya sikat dengan air cuka dok. Semoga hilang dalam beberapa hari ya dok. Hehehehe.
      Terima kasih ya dok untuk jawaban2nya, sangat membantu saya.

      Delete
  27. Selamat siang dokter Fira.
    Dok, saya ingin bertanya ini apa ya dok? Hitam2 di kloaka kura2 saya.
    Saya baru lihat siang ini.

    https://postimg.org/image/i3l8m0i51/

    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa difoto dari jarak dekat, mbak?
      coba gosok pake sikat gigi yang halus, mbak... udah berapa lama? dan kalo disentuh, apakah ada teksturnya?

      Delete
  28. selamat malam dokter, saya ada 2 kura brazil udah pelihara 9 tahun ini, sejak umur 6-7th mereka uda ngga mau makan pelet kura2 dokter. saya coba kasih cat food ternyata mau sampai sekarang. apa ngga masalah ya dok?
    mereka makannya selalu lahap, kadang diseling udang, ikan atau serangga, sayur buah sama sekali ngga mau

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu sering dikasih dogfood. cukup 2 minggu sekali aja. usahakan lebih sering dikasih ikan hidup atau sayuran, buah juga oke. biar mereka mau makan buah atau sayur, coba puasakan dulu. caranya, ada di artikel terbaru saya, tentang puasa pada kura-kura

      Delete
    2. jadi ngga boleh sering2 ya dok 😫
      dokter ada saran sayuran yang pas? pernah saya kasih wortel diiris tipis memanjang gitu cuma dimakan 2 kali aja

      Delete
    3. iya jangan terlalu sering. takutnya malah kena pyramiding. tempurungnya terlalu tinggi. bisa mbak cek di http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2014/09/penyakit-kura-kura-dan-cara-mengobatinya.html

      bisa kasih potongan pisang, potongan pepaya matang, dan wortel juga oke. kura-kuranya taro di daratan dulu, baru kasih. sebelum dikasih buah atau sayuran, bisa dipuasakan dulu... :)

      Delete
  29. dok kura kura saya ada bengkak di bagian bahu, belakang kaki depan, gimana ya dok cara mengatasinya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.