Cara Menetaskan Telur Gecko | Drh. Fira Sovica

Menetaskan telor tokek hias memang terbilang agak tricky bagi pemula. Nah, berikut adalah artikel singkat mengenai cara menetaskan telur gecko yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Artikel ini terkait dengan artikel saya, bulatan merah pada perut gecko. Artikel ini juga berkaitan dengan artikel saya lainnya, telur gecko penyok.


Cara Menetaskan Telur Gecko
Langsung saja. Bagaimana cara menetaskan telur gecko?
  • Peralatan penetasan telur gecko:
    1. Inkubator, bisa menggunakan wadah persegi (kotak) yang dilengkapi dengan tutup. Bagian dalam wadah sebaiknya bisa dilihat dari luar tanpa membuka penutupnya. Anda bisa menggunakan tupperware.
    2. Cuci bersih wadah dengan air hangat, kemudian diamkan hingga kering.
    3. Media penetasan telur gecko berupa vermiculite atau perlite atau campuran antara keduanya. Timbang berat media penetasan yang akan dimasukkan ke dalam wadah penetasan dengan timbangan.
    4. Air mineral. Takar/timbang air mineral menggunakan timbangan agak beratnya sama dengan berat media penetasan di poin kedua. Contoh: bila berat media penetasan adalah 500gram, maka berat air yang digunakan juga 500gram juga.
    5. Termometer udara untuk ditempatkan di dalam wadah penetasan telur tokek hias. Suhu untuk menetaskan telur gecko adalah berkisar antara 30 hingga 33 derajat celcius. Jangan melebihi suhu tersebut.
    6. Sendok untuk mengaduk media penetasan dan untuk memindahkan atau menempatkan telur ke dalam media penetasan.
  • Proses penetasan telur gecko:
    1. Siapkan semua peralatan untuk menetaskan telur gecko saat gecko mulai dikawinkan.
    2. Iya, anda harus mempersiapkan peralatannya sebelum gecko bertelur, kira-kira 3 minggu setelah gecko dikawinkan. Jadi, pastikan anda sudah membeli dan mempersiapkan media penetasan saat gecko mulai dikawinkan.
    3. Saat gecko betina mulai meletakkan telurnya (kira-kira 3 hingga 4 minggu setelah kawin), segera siapkan media penetasan.
    4. Masukkan media penetasan ke dalam wadah tupperware, kemudian masukkan air mineral dengan berat yang sama dengan berat media penetasan yang dimasukkan. Aduk hingga rata menggunakan sendok. Tempelkan termometer udara ke dinding wadah penetasan, kemudian tutup wadah tersebut dan taruh di ruangan dengan suhu kamar. Diamkan selama 20 menit agar suhu di dalam wadah stabil, kemudian cek suhu yang terlihat di termometer tanpa membuka tutupnya. Apabila suhu di dalam wadah penetasan sudah menunjukkan angka antara 30 hingga 33 derajat celcius, maka wadah penetasan siap digunakan.
  • Inilah langkah paling krusial: memindahkan telur gecko ke dalam wadah penetasan.
  • Pindahkan telur gecko menggunakan sendok dari kandang induknya ke dalam wadah penetasan dengan cara disekop bagian alas kandangnya menggunakan sendok. Ya, saya menyarankan agar anda menyekop juga alas kandang di bagian bawah telur agar memastikan bahwa posisi telur tidak berubah: bagian bawah telur tetap berada di bagian bawah, dan bagian atas tetap ada di bagian atas. Jangan sesekali menaruh telur gecko dalam posisi terbalik dari posisi awal di kandang induknya karena bisa menyebabkan telur gagal menetas. Segera tutup kembali wadah penetasan setelah anda meletakkan telur yang pertama.
  • Lakukan hal yang sama saat induk gecko mengeluarkan telur lagi. Letakkan telur secara teratur dengan jarak 3 hingga 5 cm antar telur.
  • Jaga agar suhu di dalam wadah penetasan tetap stabil. Caranya? Jangan membuka penutup wadah hingga telur gecko menetas. Anda juga bisa menempatkan plastik berisi air hangat di bawah wadah penetasan jika suhu di dalam wadah terlalu rendah.
  • Telur akan menetas setelah kurang lebih 60 hari.
  • Jadi, siapkan kandang yang diberi sekat untuk menempatkan bayi gecko. Kandang untuk bayi gecko sebaiknya berukuran besar dengan banyak hiding box dari mangkuk plastik yang diberi lubang dan ditempatkan secara ditangkupkan, sehingga bayi gecko bisa bersembunyi di dalamnya. Satu hiding box berisi satu ekor bayi gecko.
  • Jangan langsung memberi makan bayi gecko. Biarkan bayi gecko beradaptasi dengan kandang barunya dulu sebelum diberi makan. Setelah dua atau tiga hari, sodorkan jangkrik berukuran kecil atau ulat hongkong ke arah gecko, dan biarkan gecko makan makanan pertamanya.
  • Bayi gecko cukup diberi makan sebanyak satu ekor jangkrik kecil setiap hari.
Demikian adalah artikel tentang cara menetaskan telur gecko dan cara mengurus bayi gecko baru menetas. Semoga artikel singkat ini bisa berguna bagi anda yang ini ternak gecko. Ada pertanyaan? Silakan ajukan dibawah ini. Terima kasih (FS)

4 Responses to "Cara Menetaskan Telur Gecko"

  1. Dr fira mau tanya, sebenarnya alasan ilmiahnya kenapa telur gecko pas pengambilan dari laying box tidak boleh berubah posisi ya? Apa yang menyebabkan perubahan posisi telur menyebabkan kegagalan embrio? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. alasan ilmiahnya, selaput telur reptil itu lebih tipis daripada selaput telur bagian dalam unggas. dan lebih rapuh dibandingkan selaput telur unggas.
      sedangkan di dalam telur itu ada rongga berisi udara agar fetus reptile bisa bernafas/mengambil udara untuk bernafas di dalam telur.

      masalahnya adalah, kantong udara ini rawan hancur karena selaput dinding telur reptil yang lebih tipis dibandingkan selaput dinding telur unggas. dan membalikkan telur reptil udah pasti bisa menghancurkan kantung udara itu. :)

      semoga bisa membantu. :)

      Delete
  2. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    AGEN POKER DAN DOMINO TERPERCAYA
    CARA MENANG DI KENARIPOKER
    AGEN JUDI ONLINE BERKUALITAS
    AGEN POKER SANGAT AMAN TERPERCAYA
    AGEN SICBO BERKUALITAS TERJAMIN AMAN
    BANDAR CEME TERPERCAYA TERBAIK
    KENARI POKER
    AGEN DOMINO TERAMAN DAN TERPERCAYA
    BANDAR CAPSA YANG PALING AMAN

    ReplyDelete
  3. Ijin Post Yahh
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!
    www(.)edenpoker(.)xyz

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.