Reptil Yang Cocok Untuk Pemula | Drh. Fira Sovica

Ada banyak jenis hewan reptil yang bisa dipilih sebagai hewan peliharaan. Ular, kura-kura, iguana, gecko (tokek), dan lain sebagainya. Namun, jenis reptil apa yang cocok dipelihara oleh pemula? Artikel ini terkait dengan artikel saya, cara memelihara gecko.
Ada beberapa jenis reptil untuk pemula, diantaranya kura-kura semi dewasa, dan gecko. Dua jenis reptil tersebut relatif mudah dipelihara oleh orang yang baru belajar memelihara reptil.
Reptil Yang Cocok Untuk Pemula
Gecko sangat mudah dalam pemeliharaannya. Meski demikian, kebersihan pakan dan kandang, serta kestabilan suhu kandang patut Anda perhatikan. Selebihnya, anda bisa membaca artikel saya tentang memelihara gecko sebagai hewan peliharaan yang linknya sudah saya tulis di atas.
Pada dasarnya, kura-kura lebih mudah dipelihara dibandingkan gecko. Tapi ingat: kura-kura yang masih bayi atau kura-kura anakan memiliki daya tahan yang sangat rapuh alias gampang mati, seperti yang sudah saya bahas di artikel hewan peliharaan gampang mati. Itulah sebabnya saya merekomendasikan kura-kura yang sudah semi-dewasa (yang sudah agak besar) untuk dipelihara bila Anda termasuk pemula dalam memelihara reptil. Syaratnya sama seperti memelihara gecko: kebersihan makanan dan kandang, serta kestabilan suhu kandang wajib diperhatikan.
Dari poin di atas, saya sama-sama menekankan kestabilan suhu sebagai syarat wajib memelihara reptil, kenapa? Karena reptil sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Suhu yang turun naik secara mendadak akan membuat reptil Anda sakit, karena pada dasarnya, suhu tubuh reptil mengikuti suhu udara di sekitarnya.
Demikian adalah penjelasan mengenai jenis reptil untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih. (FS)

2 Responses to "Reptil Yang Cocok Untuk Pemula"

  1. dok.bagaimana sih cara merawat tokrk yg bener?,dan tokek apa perlu di jemur?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gecko nggak perlu dijemur, mas...
      udah ada artikel cara memelihara leopard gecko

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.