Mengobati Kura-kura Bisul Telinga | Drh. Fira Sovica

Cara mengobati kura-kura yang telinganya bisul bisa anda lakukan sendiri. Kali ini, saya akan membahas mengenai mengobati kura-kura yang bengkak di telinga. Penyakit kura-kura yang telinganya bisulan lebih sering terjadi pada kura-kura akuatik dan kura-kura semi akuatik. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara mengobati kura-kura tidak mau makan.


Mengobati Kura-kura Bisul Telinga
  • Sebenarnya, agak riskan untuk menuliskan trik mengobati kura-kura yang telinganya bisul ini. Bagi anda yang memang ragu-ragu untuk mempraktekkan, saya sarankan agar anda membawa saja kura-kura yang sakit ke dokter hewan, terlebih jika jenis kura-kura anda adalah jenis kura-kura full akuatik. Karena jika anda keliru dalam mempraktekkan langkah pengobatan kura-kura bisul telinga berikut, hal terburuk yang akan terjadi adalah infeksi berkepanjangan, yang mungkin saja berakhir dengan kematian.
  • Sebelum mempraktekkan artikel berikut, akan lebih baik jika anda membaca artikel dosis amoxicillin untuk hewan. Siapkan juga obat luka betadine, salep antibiotik gentamicin, plester untuk menutup luka, jarum yang sudah direndam dengan air panas, dan kapas steril.
  • Trik mengobati bisul pada telinga kura-kura ini hanya bisa anda lakukan untuk kura-kura semi akutik saja seperti kura-kura brazil dan jenis kura-kura semi akuatik lainnya. Bagi anda yang memiliki kura-kura full akuatik seperti labi-labi dan sejenisnya, sebaiknya bawa kura-kura anda ke dokter hewan.
  • Berikut adalah cara mengobati bisul pada telinga kura-kura:
    1. Bersihkan kura-kura anda secara menyeluruh dengan air yang mengalir dari keran, lalu lap tubuhnya dengan handuk bersih.
    2. Taruh kura-kura di permukaan yang datar, ambil jarum yang sudah direndam dalam air panas, lalu coba tusuk bagian bisuk pada telinga kura-kura. Anda bisa meminta bantuan teman untuk memegangi kura-kura saat melakukan langkah ini.
    3. Pencet bisul pada telinga kura-kura anda hingga cairan nanah di dalamnya keluar semua. Setelah memastikan cairan nanah dalam bisul sudah bersih, ambil kapas dan basahi dengan obat luka betadine, lalu usap pada bagian bengkak beberapa kali. Kemudian tutup lubang bekas tusukan jarum dengan plester luka yang sudah dipotong kecil sesuai dengan area tusukan jarum.
    4. Berikan dosis amoxicillin kepada kura-kura anda sesuai dengan dosis yang sudah saya rekomendasikan di artikel dosis amoxicillin untuk hewan. Amoxicillin diberikan sekali sehari
    5. Jangan memasukkan kura-kura ke dalam air. Sementara, pelihara kura-kura anda di daratan saja. Agar lukanya cepat kering dan bengkaknya tidak kambuh lagi, akan lebih baik jika anda memberikan makan berupa potongan pepaya kecil.
    6. Biasanya, bisul pada kura-kura akan sembuh setelah 5 hingga 7 hari setelah 'operasi' pengeringan bisul. Jika anda yakin bahwa bisulnya sudah sembuh, lepaskan plester yang masih menempel, kemudian masukkan kembali kura-kura ke dalam air akuariumnya
Demikian adalah cara mengobati kura-kura bisulan yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel ini bermanfaat. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tulis komentar anda. Terima kasih (FS)

1 Response to "Mengobati Kura-kura Bisul Telinga"

  1. Kalo masih bayi bagaimana mau membuang bisulnya ibu dr?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.