Dosis Amoxicillin Untuk Hewan | Drh. Fira Sovica

Antibiotik amoxicillin bisa digunakan untuk mengobati hewan yang sakit akibat infeksi bakteri atau sejenisnya. Tentu saja,

dosis amoxicillin untuk hewan

berbeda dengan dosis amoxicillin untuk manusia. Dan berikut adalah dosis antibiotik amoxicillin untuk hewan peliharaan Anda. Sebelumnya saya tekankan bahwa akan lebih baik jika Anda sebaiknya membawa hewan yang sakit langsung ke dokter hewan saja. Tentu agar penanganannya lebih tepat. Dan juga, sebelum memberikan amoxicillin untuk hewan, pastikan Anda belum memberikan antibiotik lain kepada hewan, hewan yang sakit tidak memiliki penyakit yang berkaitan dengan fungsi ginjal dan hati, juga hewan tidak memiliki riwayat alergi obat. Artikel ini berkaitan dengan artikel saya, cara mengobati shell rot pada kura-kura.
Dosis Amoxicillin Untuk Hewan
Image taken from centralparkpaws.net



Dosis amoxicillin untuk musang, anjing, atau kucing adalah 5-10mg/kg setiap 12 jam.
Hentikan pemberian amoxicillin dan segera bawa hewan yang sakit ke dokter hewan jika feses/tahi hewan yang sakit menjadi mencret atau berdarah setelah diberi amoxicillin.
Demikian adalah artikel

dosis amoxicillin untuk hewan peliharaan Anda

. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan bagi kita semua. Terima kasih. (FS)

52 Responses to "Dosis Amoxicillin Untuk Hewan"

  1. dok, kalo amoxicillinnya cair dosisnya brp dok ? kalo pakai ml, saya bingung cara ngepasinnya brp sendok teh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk kucing, dosis resminya sih 5mg/kg berat badan. 2x sehari. lakukan selama 7 hari.
      sebenernya agak riskan sih kalo saya nentuin dosis di sini, mas. karena saya gak liat langsung hewannya gimana.
      apa nggak lebih baik bawa ke dokter hewan aja? :)

      Delete
  2. Dok anjing saya 5 hari yg lalu keguguran,suhu badan'nya tinggi dan masih keluar darah hitam.apa bisa diberikan amoxicilin???

    ReplyDelete
  3. Dokter kucing saya terkena FUS/ Flud waktu d bawa k klinik warna urin masih normal sehari setelah itu urinnya bercampur darah, oleh dokternya sudah d suntikan antibiotik dan di beri obat untuk melindungi kantung urinnya . Pakan yg saya gunakan sekarang RC urinary sampai hr ini urinnya bercampur darah dan kesakitan saat buang air , apakah boleh saya memberikan amoxilin untuk mengobati rasa sakitnya dokter ? Usia nya 2th berat badan 2-+kg

    ReplyDelete
  4. berapa dosis amoxilin untuk kura" brazil umur -+8bulan, dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal ditimbang aja, mas. terus liat di artikel di atas. :)

      Delete
  5. Pagii dok... dok sy pya kucing persia med,, umur 4 th buln feb besok. Nah,kucingku itu mmang punya riwayat susah pis donk, pas umur 1 th udah ke dokter.. Nah kmren kambuh lagi dok.. Ga mau makan minum 3 hari.. Lemesss jalan aja ga selera truss bawa ke dokter lagi donk.. Di pacu pake suntikan di kelaminnya eh pipisnya udah warna merah segar gitu dok .. Nahh ini malah ttp sama dok masih kaya pas sblum ke dokter malah ada lukaa di badan depan kaki belakang dan sudah di kepung belatung" kecil banyakk sekali dok.. Penanganan pertama haruss gimana ya dok? Apa harus di kasih amoxilyn ??

    ReplyDelete
  6. Dok, say punya kucing persia med 3 abiss kena fludt sudah dibawa ke dokter dan air kemihnya sudah bercampur darah dok warnanya merah darah.. Seharii setelahnya masih tdk mau makan minum dok,, masih malas bergerak juga - dan sehari setelahnya saya baru sadar ada bekas luka di badan depan kaki belakang kanan kiri dok sudah di krumunin blatung kecil" banyak sekali,, kayanya lukanya bekas dri dr. Nya pas penanganan ngluarin urinnya..
    Nah itu haruss gimana ngilangin belatungnya dan mengembalikan kesehatan kucingnya lagi yah dok??
    Saya khawatir sekali.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending bawa aja ke dokternya lagi mbak. saya takutnya kena flystrike. udah ada artikelnya: cara mengobati flystrike....

      Delete
  7. Dok saya ada amoxicilin anak syrup. Kalo d takaran ml itu brpa ml ?? Kucing saya umur kurang 1 th berat sekilo an.. Kalo mg binguung.. Thank dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang ragu2, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan aja mbak....
      sebelum pemberian amox, mending ditimbang dulu biar pasti...

      Delete
  8. dok anjing saya kalo kencing sperti menahan sakit sampu tidur sambil kencing kira2 kenapa ya dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan terdekat. takutnya kena batu ginjal, mas...

      Delete
  9. Dok kok anjing saya yg beratnya 2kg, kakinya gerak" terus yg depan dan jalannya jdi pncang, trus spnjang hari nangis gtuu kdang smpe mnjerit kya kesakitan, uda bwa ke dokter dan dksih obat flu tapi ga smbuh", hrus gmna ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata dokternya apa? penyakitnya apa?
      kalau toh emang udah diperiksa sama dokter hewan namun mbak masih kurang yakin, saya sarankan cari second opinion dari dokter hewan lain. bawa juga obat dari dokter pertama.

      kalau kakinya mbak sentuh, dia kayak kesakitan nggak? cuaca emang lagi gak bagus buat hewan....

      Delete
  10. Dok anjing saya abis digigit anjing kampung, sehari hrs brp x ya dok kasih amoxilinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. parah nggak? kalau emang parah banget, mending bawa ke dokter hewan aja, mbak.

      kalau gak parah, bisa ikutin dosis di atas. sekali aja sehari.

      Delete
  11. Tanya dong, anjing saya rott 3bln tidak mau makan dan muntah itu knpa ya? Bgaimn cara penanganannya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, mending segara bawa ke dokter hewan, mbak. apalagi jika dibarengi dengan feses yang mencret dan baunya beda kayak biasanya. mending segera bawa ke dokter hewan.

      Delete
  12. Dok kalau musang sudah sehat amoxilinnya dihabidkan tidak??trinakadih soalnya barubpake sekali alhamdulillah sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7 hari, mas. setelah sembuh total, amoxicillin tetep dikasih hingga 7 hari setelahnya. abis itu, stop. :)

      Delete
    2. Berarti total pemberian 14 hari ya dok? Kalo utk sakit calici pada kucing antibiotik nya apa ya dok? Udah 2 x berobat, tpi belum sembuh juga...

      Delete
    3. mas berobatnya ke dokter hewan?
      iya, totalnya 14 hari.

      Delete
  13. Dok, mau tanya, kemarin hewan peliharaan saya dikasih antio biotik untuk 7 hari. Aturannya, setiap hari diberikan 1 kapsul pada pagi hari dan sore hari. Nah, karena suatu kesalahan, sempat di hari pertama, saya langsung memberikan 2 kapsul sekaligus di satu waktu. kira-kira bagaimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mas dapet aturan sehari satu kapsul dikasih tau sama siapa? dari dokter hewannya? emang disuruh seperti itu? karena kalau bukan dari dokter hewan, dan dosisnya agak tinggi, malah bahaya nanti. kecuali kalau emang mas udah disuruh kasih 1 kapsul perhari sama dokter hewan... :)

      setelah diberi 2 kapsul itu, gimana dia? apakah fesesnya jadi mencret?


      saya dan tim mengucapkan selamat hari raya idul fitri. maafkan jika banyak pertanyaan yang telat dibalas ya mas/mbak... :)

      Delete
  14. dok, kucing sya gusi nya bengkak dan keluar liur, tuk di kasi amoxilin berat 500 gram kurang dr sekilo kira2 brp ya dok takaran nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kucingnya 500gr, berarti dosisnya antara 2,5 s/d 5mg per 12 jam, mas. :)

      Delete
  15. Assalamualaikum dok. Saya mau tanya kucing saya umurnya kira2 7 bulan kemarin pas saya cek kok dibawah rahangnya ada benjolan kecil tapi dua hari setelanya agak membesar. Kira2 itu sakit apa? Trus penanganannya gimana? Misal di kasih antibiotik boleh tidak? Soalnya saya nggak tau dokter hewan di daerah saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      ini kemaren mbak yang chatting ya? :)
      udah saya chat kemaren ya mbak... :)

      Delete
    2. Dok saya sudah kasih antibiotik selama 6 hari tapi benjolannya tidak hilang.dan selama saya kasih antibiotik itu nafsu makanya jadi baik dan biasanya setelah pagi saya kasih obat dia langsung tidur. Apakah itu efek dari antibiotik??

      Delete
    3. benjolannya gak hilang?
      coba stop antibiotiknya. dan selama 3 hari ke depan, liat apakah ada perubahan pada benjolannya atau nggak...

      iya, emang efek antibiotiknya.

      saya tunggu kabarnya lagi ya mbak

      Delete
  16. Iya benjolanya nggak hilang. Cuma yang satu mengecil tapi yang satu tetep dok. Ok mulai besuk saya stop dulu antibiotiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok anjing Saya badan,bawah perut diraba banyak bentol tapi tidak bernanah, gatal, ekornya botak. Boleh ngga dikasih antibiotic oral ?

      Delete
    2. mending konsul dulu aja ke dokter aja mas... saya sih takut dia kena scabies...

      Delete
    3. Dok antibiotiknya sudah nggak saya kasih selama tiga hari sekarang benjolanya agak mengecil.

      Delete
    4. oke. lanjut aja terus ya.
      nafsu makan gimana?

      ada perubahan perilaku?

      Delete
    5. Berarti antibiotiknya nggak usah di kasih lagi dok?.
      Untuk nafsu makannya tetep baik kayak dia pas dia minum antibiotik.
      Untuk perubahan perilaku nggak ada dok. Dia tetep aktif kayak biasanya

      Delete
    6. sementara observasi aja dulu mbak. sekarang gimana bengkaknya? terus berkurang atau bengkak lagi? coba observasi lagi selama 3 hari ke depan... :)

      Delete
    7. Nggak bengkak lagi sih dok. Tapi juga belum hilang.baik dok.. ☺

      Delete
  17. Dok, saya dpt anak kucing liar sy bawa plg. Tp ada pembengkakan dianusnya bab nya jd gak beraturan konsistensinya lembek.jd selalu belepotan.sudah saya kasi obt cacing n banyak cacing yg keluar..trus untuk pembengkakan dianusnya apa boleh saya kasi antibiotik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja kasih antibiotik, meski sebenernya saya lebih menyarankan agar mas bawa aja ke dokter hewan.... :)

      Delete
  18. Siang dok,,saya mau tanya ,,burung lovebird saya terkena penyakit snot (sakit pernafasan) apa bisa dikasihkan obat amoxilin,,kalau bisa berapa takarannya dok..
    Makasih dokter

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum dok mau tanya. Kucing saya udah 2 hari ini anusnya merah dan ngeluarin cairan bening tapi nggak berbau. Dan nafsu makannya menurun dok makannya cuma sedikit2. Kemarin sudah saya kasih obat cacing tapi belum ada perubahan kalau misal dikasih amoxcillin boleh nggak ya??

    ReplyDelete
  20. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete
  21. Dok mau tanya kalo burung kena penyakit snot dimata trus nafas sesak gmana dok?udah kasih amoxcilin sedikit tapi gak ada perubahan . Gmana menurut dokter?terima kasih

    ReplyDelete
  22. Dok mau tanya saya baru di kasih landak mini sama orang
    Proses pemberian lanmin nya itu lewat jasa travel setelah saya terima lanmin saya seperti terkena flu dan muntah trus dia gk mau makan catfood yg saya kasih
    Padahal CF yg saya kasih sama dgn CF yg di kasih sama pemilik sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Gimana cara penanganan nya yg tepat ya dok ?
    Saya takut lanmin nya mati

    ReplyDelete
  24. dr. mau nanya.. anak anjing saya umur 2 bulan perutnya membesar, seperti infeksi dalam perutnya
    apa bisa di obati dg amoxilin?
    berapa dosis pemberian obatnya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  25. Bossku , Dalam Permainan pastinya ada Menang & Kalah nya dong !
    Tapi kalau kalah terus Menang pun Jarang Mungkin Rezeki Bossku gak di sana , kalau udah seperti itu Buruan pindah bosku ke EDENPOKER .
    BERMINAT menambah penghasilan join ke edenpoker(.)XYZ

    # Minimal Deposit IDR 15.000,-
    # Minimal Withdraw IDR 15.000,-
    # Bonus New Member 10.000,-
    # Bonus Deposit 5%,-
    # Bonus Rollingan 0.5%,-
    # Bonus Referral 10%,-

    WA : +855 7863 3569
    LINE : edenpoker

    ReplyDelete
  26. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.