Gejala Scabies Pada Musang, Kucing, dan Anjing | Drh. Fira Sovica

Ada

gejala spesifik dari kucing atau anjing yang kena scabies

. Scabies adalah penyakit yang diakibatkan oleh tungau. Saya sendiri sudah menulis beberapa artikel mengenai scabies, diantaranya obat untuk mengobati scabies dan artikel cara mengobati scabies.



Gejala Scabies Pada Musang, Kucing, dan Anjing
Image taken from thecatsite.com
Nah, apa tanda kucing atau anjing atau musang yang kena scabies?
  • Gejala klinis hewan yang kena scabies antara lain timbulnya kerak dan bintik di bagian kulit yang terinfeksi. Pada awal penyebarannya, biasanya scabies menjangkiti daerah telinga dan leher hewan sebelum akhirnya menyebar ke seluruh bagian tubuh jika tidak ditangani secara cepat.
  • Anda sebaiknya cepat-cepat mengecek bagian kulit musang, anjing, atau kucing anda jika hewan peliharaan anda tersebut sering menggaruk-garuk bagian leher atau telinga. Apabila ditemukan bintik-bintik berwarna merah atau kerak atau ketombe, ada kemungkinan hewan peliharaan anda menderita scabies.
  • Scabies juga merupakan penyakit menular karena penyakit ini ditimbulkan oleh kutu. Maka sebaiknya, karantina hewan yang suspect scabies.
  • Saya sendiri lebih menyarankan agar hewan yang suspect scabies segera dibawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan penanganan. Atau anda bisa membaca artikel obat untuk mengobati scabies yang sudah saya tulis sebelumnya.
Demikian adalah

tanda hewan yang kena scabies

. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan pengetahuan bagi kita semua. Terima kasih (FS)

4 Responses to "Gejala Scabies Pada Musang, Kucing, dan Anjing"

  1. Bu mau nanya musang saya kaya bersin2 gitu kenapa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. lingkungannya banyak debu?
      idungnya keliatan basah? ingusan?
      Nafasnya keliatan susah?
      fesesnya mencret?

      kalau jawaban dari semua pertanyaan di atas adalah "nggak" dan dia masih lahap makan, saya kira nothing to worried. mungkin pindahkan aja ke dalam ruangan, jangan ditaro di tempat terbuka....

      sama coba minimal seminggu 2x kasih air kelapa muda campur sari kurma...

      Delete
  2. Dok saya punya musang rase umurnya sekitar 3-4 bulanan.Saya liat hampir setiap hari hidung musang saya ada airnya tapi kadang kadang kering sih tapi dia jarang bersin.itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya gimana? fesesnya mencret nggak?
      kalau nafsu makannya masih bagus dan fesesnya gek mancret, saya kira dia masih sehat.
      mungkin pastikan aja kandangnya jangan banyak debu. :)

      saya dan tim mengucapkan selamat hari raya idul fitri. maafkan jika banyak pertanyaan yang telat dibalas ya mas/mbak... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.