Cara Memelihara Corn Snake | Drh. Fira Sovica

Memelihara corn snake adalah salahsatu artikel yang sering direquest pengunjung blog ini. Ular jagung, atau umum disebut corn snake, adalah jenis ular berukuran kecil yang relatif mudah untuk dipelihara. Corn snake tidak berbisa, relatif mudah untuk dipelihara, jarang menggigit dan relatif jinak, serta memiliki warna yang bagus, membuat jenis ular ini populer dipelihara oleh pemula dalam memelihara ular. Dan berikut adalah cara memelihara corn snake:


Cara Memelihara Corn Snake
  1. Sediakan akuarium plastik yang diberi bedding (alas kandang) berupa koran bekas yang bersih. Corn snake adalah ular soliter, artinya terbiasa hidup sendiri. Maka saya sarankan agar anda cukup menempatkan satu ekor ular jagung di satu kandang saja.
  2. Corn snake adalah ular yang sangat pintar dan pandai melepaskan diri dari kandang. Jadi, pastikan bahwa kandang selalu tertutup. Suhu kandang juga sebaiknya selalu stabil, berkisar antara 80 hingga 70 fahrenheit (21 hingga 26 derajat celcius). Ganti bedding kandang setiap 2 minggu sekali atau jika sudah terlihat kotor.
  3. Sediakan ranting panjat dan hiding box (tempat bersembunyi) bagi corn snake anda, karena jenis ular ini senang sekali bersembunyi.
  4. Anda bisa menempatkan sepotong pipa PVC di dalam kandang agar ular corn snake anda bisa bersembunyi di dalamnya.
  5. Sediakan juga wadah berisi air mineral di dalam kandang.
  6. Makanan corn snake adalah tikus putih berukuran kecil. Anda juga bisa memberikan cicak, pinkies (bayi tikus putih), dan kodok berukuran kecil.
  7. Sebaiknya jangan memberikan jangkrik sebagai makanan corn snake karena tidak cocok. Oh ya, corn snake dewasa bisa diberimkana 10 hingga 12 hari sekali, dan bayi serta anakan corn snake bisa diberi makan 5 hingga 7 hari sekali.
  8. Seperti halnya memelihara ular lain, jangan memegang ular setelah diberi makan. biarkan ular mencerna makanannya terlebih dahulu. Anda baru bisa memegang corn snake peliharaan anda 12 jam setelah diberi makan.
  9. Jika corn snake menunjukkan gejala ganti kulit, anda bisa menyemprotkan air menggunakan spray ke tubuh corn snake sebanyakan 3 kali sehari agar corn snake mudah dalam melepaskan kulitnya saat shedding.
  10. Selebihnya, anda bisa membaca artikel tentang ular di blog ini.
  11. Triknya sebenarnya sama: jaga kebersihan kandang, jaga suhu agar selalu stabil, jaga asupan makanan.
Demikian adalah cara memelihara corn snake yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Jika anda masih ada yang ingin ditanyakan, silakan ajukan pertanyaan di kolom komentar dibawah ini. (FS)

2 Responses to "Cara Memelihara Corn Snake"

  1. Terimakasih infonya sangat membantu jangan lupa kuunjungi website kami http://bit.ly/2Mb63lq

    ReplyDelete
  2. Perlu di mandikan sambil di jemur ga?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.