Saturday, May 27, 2017

Cara Memelihara Kasuari | Drh. Fira Sovica

Kasuari adalah jenis burung yang tidak bisa terbang. Dan setahu saya, di indonesia belum ada yang

memelihara burung kasuari

secara individu (perorangan). Kasuari adalah jenis burung yang dilindungi, maka dari itu, kasuari tidak bisa dipelihara tanpa izin dari BKSDA kecuali jika anda ingin masuk bui. Artikel ini hanya ditujukkan untuk tujuan riset dan pengetahuan saja. Artikel singkat tentang merawat burung kasuari langka ini berkaitan dengan artikel saya cara memelihara monyet pantai.
Cara Memelihara Kasuari
Image taken from wikimedia.org



Bagimana cara merawat burung kasuari secara baik dan benar? Berikut adalah cara memelihara kasuari dengan benar:
  • Kandang yang digunakan untuk kandang kasuari sebaiknya kandang aviari berukuran lebar dan besar. Kondisi di sekeliling kandang juga sebaiknya dihindari dari suara-suara keras dan mengagetkan.
  • Makanan untuk kasuari yang dipelihara adalah potongan buah pepaya dan potongan buah pisang.
  • Kuku burung kasuari adalah senjata utama burung kasuari. Hati-hati akan serangan burung kasuari. Burung kasuari anakan relatif lebih mudah jinak.
  • Kesehatan burung kasuari biasa diketahui dari nafsu makannya dan bentuk serta bau fesesnya. Burung kasuari sehat biasanya memiliki nafsu makan yang takus, bau feses yang khas (tidak terlalu berbau busuk), serta feses yang tidak mencret. Burung kasuari sehat juga tidak murung.
  • Kandang burung kasuari bisa dibersihkan minimal seminggu sekali.
Demikian adalah

cara memelihara burung langka kasuari

. Sekali lagi saya ingatkan, memelihara burung kasuari tanpa izin dari BKSDA adalah tindakan melanggar hukum. Terima kasih. (FS)

2 comments

belum punya buurung kasuari

emang perlu izin kalau mau pelihara, mas... :)


Silakan upload gambar.